TUGAS MANDIRI
ENGLISH FOR CHILDREN
(PING3372)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 30, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Ekuilibrium menurut Piaget adalah ...
A. perkembangan anak di dalam lingkungan-nya.
B. adaptasi anak terhadap lingkungannya.
C. adaptasi anak terhadap orang dewasa.
D. adaptasi secara terus menerus terhadap
lingkungannya oleh anak-anak dan orang dewasa.
2. Pada usia kira-kira 2 tahun, anak-anak berada
pada periode sensorimotor, dimana pada tahap ini anak ...
A. sudah mengenal dirinya secara utuh.
B. bisa membedakan teman seusianya.
C. mulai mengenal dunianya, melalui gerakan
mulut dan jari-jarinya.
D. mulai mengerti isyarat yang diberikaan oleh
orang tuanya.
3. Proses berpikir anak dari pra-operasional ke-
operasional terlihat ...
A. dari dunia imajinasi beralih ke dunia fakta.
B. sifat kekanak-kanakan menjadi dewasa.
C. bersikap menjadi lebih toleran.
D. lebih tenang dalam bertindak.
4. Saat anak berusia 8 sampai 12 tahun, dimana
ia mulai mencari perkara yang hilang dan memantapkan kekuatan indrawi berkenaan
dengan permanensi benda (objects permennence) terjadi pada periode ...
A. pra operasional.
B. operasional konkrit.
C. operasional formal.
D. senserimotor.
5. Ketika anak berusia 6 tahun sampai 11 tahun,
pada tahapan dimana anak mampu menangani fakta-fakta konkrit secara logis,
namun belum bisa berpikir secara abstrak. Periode ini disebut ...
A. operasional konkrit.
B. operasional formal
C. pra operasional.
D. sensorimotor.
6. Dalam konsep Piaget, struktur kognitif
dikenal dengan sebutan ...
A. asimilasi.
B. akomodasi.
C. ekuilibrasi.
D. skema.
7. Ada beberapa perbedaan pendapat antara Jerome
S. Bruner dan Piaget tentang tahapan-tahapan perkembangan intelektual anak,
antara lain bahwa
A. pelajaran diberikan pada kelas yang berbeda
dengan cara pengajaran yang berbeda sesuai dengan tingkatnya.
B. pelajaran diberikan sesuai dengan tingkatan
usia anak.
C. kelas maupun usia tidak banyak mempengaruhi.
D. pendekatan pada saat di kelas adalah yang
utama.
8. Seorang anak yang tidak mampu mencerita-kan
pengalamannya, namun dia mampu menunjukkannya melalui gerakan fisik, seperti
mendorong-dorong sesuatu. Hal seperti ini dalam perkembangan kognitif anak
disebut modus representasi ...
A. enaktik.
B. holofrastik.
C. ikonik.
D. simbolik.
9. Kemampuan anak untuk menggunakan
simbol-simbol untuk menggambarkan orang, barang, dan kejadian, disebut modus
representasi ...
A. ikonik.
B. enaktik.
C. kognitif.
D. simbolik.
10. Pada saat seseorang dihadapkan pada suatu masalah, dimana ia
menemukan berbagai jawaban dengan memperhitungkan kelebihan &
kekurangannya, proses berpikir yang demikian disebut ...
A. divergen.
B. konvergen.
C. general,
D. spesifik.
11. Usia 6 bulan, dimana anak mulai merespon pada lingkungan internal
dan eksternalnya, anak pada masa tersebut mulai memasuki tahapan ...
A. holofrastik.
B. enaktik.
C. meraban.
D. simbolik.
12. Kemampuan anak merangkaikan dua kata atau tiga kata menjadi
frase-frase yang mengandung makna yang lebih spesifik dibanding tuturan berkata
satu, disebut ...
A. holofrastik.
B. ujaran telegrafis.
C. meraban.
D. enaktik.
13. Holofrastik adalah kemampuan bertutur anak dengan ...
A. kalimat-kalimat yang mengandung satu kata.
B. kalimat-kalimat yang mengandung dua kata.
C. kalimat-kalimat yang mengandung beberapa kata.
D. kalimat yang mendekati sempurna.
14. Seorang anak menunjukkan pemakaian kalimat kompleks dan kalimat
panjang dengan frekuensi yang agak banyak pada usia di atas ...
A. 4 tahun.
B. 5 tahun.
C. 6 tahun.
D. 7 tahun.
15. Menurut Felik, interferensi bahasa pertama tidak merupakan masalah
utama dalam pemerolehan bahasa kedua ditinjau dari segi struktur ...
A. semantik.
B. phonology.
C. morphology.
D. sintaktis.
16. Pada proses pembelajaran bahasa secara umum, pemerolehan bahasa
kedua akan lebih mudah jika ...
A. bahasa pertama sudah dipelajari lebih dahulu.
B. bahasa kedua adalah bahasa perantara.
C. bahasa pertama dan bahasa kedua dipelajari secara bersamaan.
D. bahasa pertama dan bahasa kedua mempunyai banyak persamaan.
17. Proses pembentukan kebiasaan yang berawal dari bahasa pertama
dalam pemerolehan bahasa kedua adalah merupakan ...
A. peran bahasa pertama dalam pemeroleh-an bahasa kedua.
B. pemerolehan ide-ide baru yang dipelajari dalam memori.
C. asosiasi tanggapan tertentu terhadap rangsangan tertentu.
D. tahap lanjutan dari kemampuan ber-bahasa.
18. Kesalahan yang bersifat “ambiguous” menurut Dulay dan Burt adalah
...
A. kesalahan yang tidak dapat dikategorikan kedalam kesalahan seperti
interferensi maupun kesalahan perkembangan bahasa pertama.
B. kesalahan tidak mencerminkan struktur bahasa pertama dan tidak
ditemukan dalam data pemerolehan bahasa pertama.
C. kesalahan yang mencerminkan struktur bahasa pertama dan tidak
dalam data pemerolehan bahasa pertama.
D. kesalahan yang tidak mencerminkan strutkur bahasa pertama dan
tidak ditemukan dalam data pemerolehan bahasa pertama.
19. Bahasa antar bersifat permeable menurut selinder adalah ...
A. bahasa antar pembelajar bahasa secara terus menerus berubah.
B. aturan yang merupakan pengetahuan pembelajaran pada tahap tertentu
masih bisa berubah.
C. menggunakan bahasa kedua berdasarkan sistem aturan.
D. aturan yang merupakan pengetahuan pembelajaran pada tahap tertentu
tidak akan berubah.
20. Istilah “variabilitas” dalam pembelajaran bahasa adalah ...
A. gaya bicara seseorang dalam berkomunikasi.
B. bahasa pertama yang digunakan sebagai bahasa pengantar.
C. bahasa asing yang dipelajari seseorang sebagai bahasa kedua.
D. gaya bahasa yang ditunjukkan seseorang dalam menggunakan bahasa asing
yang sedang dipelajari.
21. Seseorang yang menggunakan gaya bahasa yang khas untuk ungkapan
tertentu namun mengandung pengertian yang sama, disebut variabilitas ...
A. sistematik.
B. non-sistematik.
C. bebas.
D. kontekstual.
22. Manakah pasangan variabilitas di bawah ini yang termasuk dalam
jenis variabilitas kontekstual ...
A. faktor linguistik & situasional.
B. sistematik & non-sistematik.
C. individual & kontekstual.
D. bebas & kontekstual.
23. Variabilitas berbahasa seorang yang ber-bahasa asing atau bahasa
kedua sangat dipengaruhi oleh ...
A. bahasa daerah asal siswa.
B. kondisi lingkungan.
C. bahasa kedua.
D. komunikasi siswa dengan teman.
24. Menurut Mc. Dnough bakat adalah kemampuan yang khusus
menyangkut ...
A. suatu bidang ilmu / keterampilan.
B. beberapa bidang ilmu / keterampilan.
C. keinginan untuk mencapai sukses.
D. kesadaran untuk mau melakukan sesuatu.
25. Yang dimaksud dengan citra diri adalah pandangan siswa terhadap
...
A. dirinya sendiri.
B. gurunya.
C. temannya.
D. siswa.
26. Formulaic Speech dalam proses pembelajar-an yang digunakan siswa
adalah merupakan kebutuhan untuk ...
A. menghafalkan sesuatu.
B. berkomunikasi.
C. mengingat sesuatu.
D. mempelajari sesuatu.
27. Menurut Faerch dan Kasper
reseptif adalah salah satu cara hipotesis, dimana siswa ...
A. menelaah masukan B2nya & mem-bandingkan dengan
hipotesis yang ia tarik dari data yang ada.
B. membuat ujaran dalam B2 berdasarkan hipotesis yang ia
buat dan menilai ketepatannya.
C. siswa bertanya pada guru, penutur asli.
D. menyimpulkan perbaikan dari lawan bicaranya.
28. Strategi minimal dan strategi perencanaan menurut Ellis dipakai
untuk ...
A. memudahkan pemakaian B2.
B. memudahkan pemakaian B1.
C. menumbuhkan keberanian ber-komunikasi.
D. memulai percakapan.
29. Menurut Chomsky, pemerolehan adalah proses belajar bahasa yang tak
terganggu oleh pertumbuhan / pendewasaan, sedangkan perkembangan adalah ...
A. proses belajar bahasa yang sering dengan meningkatnya kemampuan
kognitif.
B. proses belajar melalui tahapan usia.
C. kesadaran berlaku seperti orang dewasa.
D. keinginan untuk mempelajari banyak hal.
30. Pemerolehan bahasa kedua bagi anak-anak maupun dewasa secara alami
ataupun campur pada pengajaran formal tidak menunjukkan pengaruh pada ...
A. urutan morfem.
B. struktur.
C. aksen.
D. tata bahasa.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 31
SAMPAI 39, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
31. Menurut teori Jerome S. Bruner, perkembangan intelektual
berhubungan dengan belajar & mengajar.
sebab
Teori
perkembangan itu akan sedikit sekali kegunaannya bila tidak dipertautkan dengan
pendidikan.
32. Menurut Wilhelm Stern, inteligensi anak berkembang mengikuti usia,
seperti halnya tinggi dan berat badan. Oleh karena anak yang berusia sama ada
yang lebih pandai dan lebih bodoh dari teman sebayanya.
sebab
Usia
mental dan usia kronologis tidak selalu sejajar.
33. Inteligensi adalah abstraksi tingkah laku pada sebuah budaya
tertentu.
sebab
Inteligensi
bertemali dengan tingkah laku yang dituntut pada waktu dan tempat tertentu.
34. Terdapat korelasi yang tinggi antara keterampilan verbal dengan
skor dalam tes inteligensi.
sebab
Orang
yang terampil menggunakan dan memahami kata akan cenderung mempunyai skor yang
tinggi, sedangkan orang yang kurang cekatan dalam menggunakan bahasa ia akan
berskor rendah.
35. Dalam pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua, bahasa daerah
mempunyai pengarah yang kuat.
sebab
Dalam
proses pengajaran bahasa asing atau bahasa kedua, gejala variabilitas
kontekstual terutama yang tergolong dalam variabilitas yang disebabkan oleh
faktor-faktor linguistik, bisa dijadikan cermin meninjau kemampuan siswa.
36. Penfield dan Roberts menyatakan bahwa usia dimana pemeroleh
kemampuan berbahasa terjadi secara optimum adalah 10 tahun pertama dari
kehidupan individu.
sebab
Pada
masa puber, kedua belahan otak kanan dan kiri mulai memperoleh fungsi yang
tetap dengan belahan otak kiri lebih berfungsi untuk menyimpan kemampuan
berbahasa, sedangkan sebelum masa puber, kemampuan ini masih merata pada kedua
belahan otak.
37. Tuturan kreatif merupakan hasil dari pemakaian aturan-aturan
bahasa kedua.
sebab
Dengan
memakai tuturan kreatif siswa telah dapat menggunakan bahasa kedua sesuai
dengan konteks-konteks linguistik dan situasionalnya.
38. Dalam pemerolehan bahasa kedua diungkapkan bahwa strategi
kemunikasi berkaitan dengan penggunaan bahasa kedua.
sebab
Dengan
memakai strategi komunikasi, siswa dapat terus berkomunikasi walaupun ia
mendapat kesulitan dalam mengeluarkan tuturannya.
39. Dalam pemerolehan bahasa kedua, ditemukan bahwa orang dewasa juga
melalui proses tahapan sama seperti anak-anak.
sebab
Pemerolehan
adalah proses belajar bahasa yang tidak terganggu oleh pertumbuhan.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 40
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
40. Menurut Jerome S. Bruner & Piaget perkembangan intelektual
anak adalah melalui tahapan. Bruner menguraikan tahapan-tahapan tersebut melalui
sebutan
1) enaktif
2) ikonik
3) simbolik
41. Piaget & Bruner adalah dua tokoh psikologi anak yang
menyimpulkan bahwa orang dewasa dan anak-anak sangat berbeda dalam
1) memandang dunia & sekelilingnya
2) mengorganisasikan pengetahuan yang diperolehnya
3) menilai dirinya sendiri
42. Menurut R.B. Cattell
1) intelegensi yang tidak tetap mencakup kecerdasan dan adaptibilitas
2) intelegensi terbentuk dihasikan dari pengalaman & pendidikan
tinggi
3) intelegensi yang tidak tetap tanpa pengalaman & pendidikan
akan kekurangan dalam intelegensi terbentuknya
43. Menurut Binet perkembangan inteligensi bisa dipercepat melalui
1) pelatihan
2) pengajaran
3) latihan mental
44. Dalam buku “Linguitics Across Cultures”, Lado menjelaskan alasan
yang menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar bahasa asing, antara lain adalah
dengan mempelajari
1) bahasa
2) budaya
3) geografis
45. Perbedaan konsep dan kaitan bahasa antar menurut Selinker, Nemser
dan Corder
1) bahasa antar mengacu kepada sistem tersetruktur yang dibentuk oleh
pebelajar pada tahap tertentu dalam perkembang- annya
2) serangkaian sistem yang saling bertautan yang membentuk silabus
yang mantap dari pebelajar
3) pada waktu tertentu tahap kemahiran yang sama kurang lebih sama
46. Istilah bahasa antar menurut Corder disebut juga
1) approximate system
2) idiosyncrotic dialects
3) transitional competence
47. Beberapa asumsi yang mendasari teori bahasa antar
menurut Nemser adalah
1) pada waktu tertentu, sistem aproksimatif berbeda antara bahasa
pertama dan bahasa kedua
2) sistem aproksimatif itu membentuk rangkaian yang terus berkembang
3) dalam situasi hubungan tertentu, sistem aproksimatif, pebelajar
pada tahap kemahiran yang sama kurang lebih sama
48. Menurut Selinker ada beberapa karakteristik bahasa antar, yaitu
bahasa antar bersifat
1) permeable
2) dinamis
3) sistematis
49. Rod Ellis menjelaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan individu siswa dalam mempelajari bahasa asing / bahasa kedua
adalah
1) faktor perseorangan
2) faktor umum
3) faktor pembelajaran
50. Faktor perseorangan yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam
mempelajari bahasa asing / bahasa kedua, mencakup
1) sikap guru dan bahan pembelajaran
2) dinamika kelompok
3) teknik cara-cara belajar individu
51. Pemakaian atau produksi bahasa terdiri atas proses-proses hirarkis
yang melibatkan
1) perencanaan
2) artikulasi
3) program motor
52. Penelitian empiris dalam strategi komunikasi, menunjukkan bahwa
penggunaan strategi komunikasi tergantung pada
1) tingkat kemampuan siswa
2) sifat sumber masalahnya
3) kepribadian & situasi belajar
53. Menurut Chomsky, dalam pembentukan Universal Grammer ada beberapa
alasan yang menyebabkan input tidak memadai dalam penguasaan bahasa Ibu. Hal
tersebut disebabkan
1) adanya struktur-struktur yang jarang dipakai
2) tidak adanya umpan balik negatif bagi anak untuk hipotesisnya yang
salah
3) tata bahasa pada dasarnya bersifat abstrak
54. Universal Grammer, menurut Chomsky terdiri dari
1) substantive universals
2) gormal universals
3) linguistic universals
55. Beberapa kesimpulan Markedness theory tentang peran transfer dalam
pemerolehan bahasa kedua adalah
1) efek B1 akan
tampak lebih kuat jika berkaitan dengan aturan-aturan periferi B2
2) transfer bentuk khusus dapat terjadi pada tahapan awal pemerolehan
bahasa kedua
3) transfer bentuk umum B1 terjadi jika bentuk B2 yang terkait sifatnya lebih khusus
56. Hipotesis studi empiris tentang pengaruh Linguistics Universals
terhadap bahasa antar adalah
1) bahasa antar, seperti bahasa alamiah lainnya, mendapat kendala
dari linguistic universal
2) implicational universals dapat dipakai untuk memperkirakan urutan
B2 yang muncul dalam bahasa
antar
3) siswa B2 menguasia aturan-aturan umum B2 sebelum mempelajari aturan khusus
57. Salah satu tujuan pengajaran bahasa adalah untuk mengajarkan
sistem formal bahasa kedua yaitu
1) tata bahasa
2) fonologi
3) kosa kata
58. Pada penelitian longitudinal Felix menyimpulkan bahwa
1) pemerolehan bahasa kedua yang alami dan yang diajarkan melibatkan
proses belajar yang sama
2) dalam kelas ada keterbatasan dalam memanipulasi dan mengontrol
sikap verbal siswa
3) pemerolehan bahasa kedua diajarkan secara alami
59. Yang termasuk pengajaran formal adalah pengajaran yang
1) merupakan hasil dari
metode-metode deduktif
2) berakar dari metode induktif seperti audiolingual
3) berdasarkan silabus national / fungsional yang melatih bentuk
linguistik tertentu
60. Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa pengajaran formal tidak
mempengaruhi urutan alami pemerolehan bahasa kedua tentang mempercepat
perkembangannya. Teori tersebut adalah
1) ten non - interface position
2) the interface position
3) the variability position
No comments:
Post a Comment