Cloud Hosting Indonesia

23 April, 2014

Soal English For Children



TUGAS MANDIRI
ENGLISH FOR CHILDREN
(PING3372)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  30, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Ekuilibrium menurut Piaget adalah ...
A.   perkembangan anak di dalam lingkungan-nya.
B.   adaptasi anak terhadap lingkungannya.
C.   adaptasi anak terhadap orang dewasa.
D.   adaptasi secara terus menerus terhadap lingkungannya oleh anak-anak dan orang dewasa.

2.   Pada usia kira-kira 2 tahun, anak-anak berada pada periode sensorimotor, dimana pada tahap ini anak ...
A.   sudah mengenal dirinya secara utuh.
B.   bisa membedakan teman seusianya.
C.   mulai mengenal dunianya, melalui gerakan mulut dan jari-jarinya.
D.   mulai mengerti isyarat yang diberikaan oleh orang tuanya.
     
3.   Proses berpikir anak dari pra-operasional ke- operasional terlihat ...
A.   dari dunia imajinasi beralih ke dunia fakta.
B.   sifat kekanak-kanakan menjadi dewasa.
C.   bersikap menjadi lebih toleran.
D.   lebih tenang dalam bertindak.

4.   Saat anak berusia 8 sampai 12 tahun, dimana ia mulai mencari perkara yang hilang dan memantapkan kekuatan indrawi berkenaan dengan permanensi benda (objects permennence) terjadi pada periode ...
A.   pra operasional.
B.   operasional konkrit.
C.   operasional formal.
D.   senserimotor.

5.   Ketika anak berusia 6 tahun sampai 11 tahun, pada tahapan dimana anak mampu menangani fakta-fakta konkrit secara logis, namun belum bisa berpikir secara abstrak. Periode ini disebut ...
A.   operasional konkrit.
B.   operasional formal
C.   pra operasional.
D.   sensorimotor.

6.   Dalam konsep Piaget, struktur kognitif dikenal dengan sebutan ...
A.   asimilasi.
B.   akomodasi.
C.   ekuilibrasi.
D.   skema.

7.   Ada beberapa perbedaan pendapat antara Jerome S. Bruner dan Piaget tentang tahapan-tahapan perkembangan intelektual anak, antara lain bahwa
A.   pelajaran diberikan pada kelas yang berbeda dengan cara pengajaran yang berbeda sesuai dengan tingkatnya.
B.   pelajaran diberikan sesuai dengan tingkatan usia anak.
C.   kelas maupun usia tidak banyak mempengaruhi.
D.   pendekatan pada saat di kelas adalah yang utama.

8.   Seorang anak yang tidak mampu mencerita-kan pengalamannya, namun dia mampu menunjukkannya melalui gerakan fisik, seperti mendorong-dorong sesuatu. Hal seperti ini dalam perkembangan kognitif anak disebut modus representasi ...
A.   enaktik.
B.   holofrastik.
C.   ikonik.
D.   simbolik.

9.   Kemampuan anak untuk menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan orang, barang, dan kejadian, disebut modus representasi ...
A.   ikonik.
B.   enaktik.
C.   kognitif.
D.   simbolik.

10.   Pada saat seseorang dihadapkan pada suatu masalah, dimana ia menemukan berbagai jawaban dengan memperhitungkan kelebihan & kekurangannya, proses berpikir yang demikian disebut ...
A.   divergen.
B.   konvergen.
C.   general,
D.   spesifik.

11.   Usia 6 bulan, dimana anak mulai merespon pada lingkungan internal dan eksternalnya, anak pada masa tersebut mulai memasuki tahapan ...
A.   holofrastik.
B.   enaktik.
C.   meraban.
D.   simbolik.

12.   Kemampuan anak merangkaikan dua kata atau tiga kata menjadi frase-frase yang mengandung makna yang lebih spesifik dibanding tuturan berkata satu, disebut ...
A.   holofrastik.
B.   ujaran telegrafis.
C.   meraban.
D.   enaktik.

13.   Holofrastik adalah kemampuan bertutur anak dengan ...
A.   kalimat-kalimat yang mengandung satu kata.
B.   kalimat-kalimat yang mengandung dua kata.
C.   kalimat-kalimat yang mengandung beberapa kata.
D.   kalimat yang mendekati sempurna.

14.   Seorang anak menunjukkan pemakaian kalimat kompleks dan kalimat panjang dengan frekuensi yang agak banyak pada usia di atas ...
A.   4 tahun.
B.   5 tahun.
C.   6 tahun.
D.   7 tahun.

15.   Menurut Felik, interferensi bahasa pertama tidak merupakan masalah utama dalam pemerolehan bahasa kedua ditinjau dari segi struktur ...
A.   semantik.
B.   phonology.
C.   morphology.
D.   sintaktis.

16.   Pada proses pembelajaran bahasa secara umum, pemerolehan bahasa kedua akan lebih mudah jika ...
A.   bahasa pertama sudah dipelajari lebih dahulu.
B.   bahasa kedua adalah bahasa perantara.
C.   bahasa pertama dan bahasa kedua dipelajari secara bersamaan.
D.   bahasa pertama dan bahasa kedua mempunyai banyak persamaan.

17.   Proses pembentukan kebiasaan yang berawal dari bahasa pertama dalam pemerolehan bahasa kedua adalah merupakan ...
A.   peran bahasa pertama dalam pemeroleh-an bahasa kedua.
B.   pemerolehan ide-ide baru yang dipelajari dalam memori.
C.   asosiasi tanggapan tertentu terhadap rangsangan tertentu.
D.   tahap lanjutan dari kemampuan ber-bahasa.

18.   Kesalahan yang bersifat “ambiguous” menurut Dulay dan Burt adalah ...
A.   kesalahan yang tidak dapat dikategorikan kedalam kesalahan seperti interferensi maupun kesalahan perkembangan bahasa pertama.
B.   kesalahan tidak mencerminkan struktur bahasa pertama dan tidak ditemukan dalam data pemerolehan bahasa pertama.
C.   kesalahan yang mencerminkan struktur bahasa pertama dan tidak dalam data pemerolehan bahasa pertama.
D.   kesalahan yang tidak mencerminkan strutkur bahasa pertama dan tidak ditemukan dalam data pemerolehan bahasa pertama.

19.   Bahasa antar bersifat permeable menurut selinder adalah ...
A.   bahasa antar pembelajar bahasa secara terus menerus berubah.
B.   aturan yang merupakan pengetahuan pembelajaran pada tahap tertentu masih bisa berubah.
C.   menggunakan bahasa kedua berdasarkan sistem aturan.
D.   aturan yang merupakan pengetahuan pembelajaran pada tahap tertentu tidak akan berubah.

20.   Istilah “variabilitas” dalam pembelajaran bahasa adalah ...
A.   gaya bicara seseorang dalam berkomunikasi.
B.   bahasa pertama yang digunakan sebagai bahasa pengantar.
C.   bahasa asing yang dipelajari seseorang sebagai bahasa kedua.
D.   gaya bahasa yang ditunjukkan seseorang dalam menggunakan bahasa asing yang sedang dipelajari.

21.   Seseorang yang menggunakan gaya bahasa yang khas untuk ungkapan tertentu namun mengandung pengertian yang sama, disebut variabilitas ...
A.   sistematik.
B.   non-sistematik.
C.   bebas.
D.   kontekstual.

22.   Manakah pasangan variabilitas di bawah ini yang termasuk dalam jenis variabilitas kontekstual ...
A.   faktor linguistik & situasional.
B.   sistematik & non-sistematik.
C.   individual & kontekstual.
D.   bebas & kontekstual.

23.   Variabilitas berbahasa seorang yang ber-bahasa asing atau bahasa kedua sangat dipengaruhi oleh ...
A.   bahasa daerah asal siswa.
B.   kondisi lingkungan.
C.   bahasa kedua.
D.   komunikasi siswa dengan teman.

24.   Menurut Mc. Dnough bakat adalah kemampuan yang khusus menyangkut  ...
A.   suatu bidang ilmu / keterampilan.
B.   beberapa bidang ilmu / keterampilan.
C.   keinginan untuk mencapai sukses.
D.   kesadaran untuk mau melakukan sesuatu.

25.   Yang dimaksud dengan citra diri adalah pandangan siswa terhadap ...
A.   dirinya sendiri.
B.   gurunya.
C.   temannya.
D.   siswa.

26.   Formulaic Speech dalam proses pembelajar-an yang digunakan siswa adalah merupakan kebutuhan untuk ...
A.   menghafalkan sesuatu.
B.   berkomunikasi.
C.   mengingat sesuatu.
D.   mempelajari sesuatu.

27. Menurut Faerch dan Kasper reseptif adalah salah satu cara hipotesis, dimana siswa ...
A.   menelaah masukan B2nya & mem-bandingkan dengan hipotesis yang ia tarik dari data yang ada.
B.   membuat ujaran dalam B2 berdasarkan hipotesis yang ia buat dan menilai ketepatannya.
C.   siswa bertanya pada guru, penutur asli.
D.   menyimpulkan perbaikan dari lawan bicaranya.

28.   Strategi minimal dan strategi perencanaan menurut Ellis dipakai untuk ...
A.   memudahkan pemakaian B2.
B.   memudahkan pemakaian B1.
C.   menumbuhkan keberanian ber-komunikasi.
D.   memulai percakapan.

29.   Menurut Chomsky, pemerolehan adalah proses belajar bahasa yang tak terganggu oleh pertumbuhan / pendewasaan, sedangkan perkembangan adalah ...
A.   proses belajar bahasa yang sering dengan meningkatnya kemampuan kognitif.
B.   proses belajar melalui tahapan usia.
C.   kesadaran berlaku seperti orang dewasa.
D.   keinginan untuk mempelajari banyak hal.

30.   Pemerolehan bahasa kedua bagi anak-anak maupun dewasa secara alami ataupun campur pada pengajaran formal tidak menunjukkan pengaruh pada ...
A.   urutan morfem.
B.   struktur.
C.   aksen.
D.   tata bahasa.

PETUNJUK:        UNTUK SOAL NOMOR  31  SAMPAI  39,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

31.   Menurut teori Jerome S. Bruner, perkembangan intelektual berhubungan dengan belajar & mengajar.
sebab                 
Teori perkembangan itu akan sedikit sekali kegunaannya bila tidak dipertautkan dengan pendidikan.

32.   Menurut Wilhelm Stern, inteligensi anak berkembang mengikuti usia, seperti halnya tinggi dan berat badan. Oleh karena anak yang berusia sama ada yang lebih pandai dan lebih bodoh dari teman sebayanya.
sebab                 
Usia mental dan usia kronologis tidak selalu sejajar.
33.   Inteligensi adalah abstraksi tingkah laku pada sebuah budaya tertentu.
sebab                 
Inteligensi bertemali dengan tingkah laku yang dituntut pada waktu dan tempat tertentu.

34.   Terdapat korelasi yang tinggi antara keterampilan verbal dengan skor dalam tes inteligensi.
sebab                 
Orang yang terampil menggunakan dan memahami kata akan cenderung mempunyai skor yang tinggi, sedangkan orang yang kurang cekatan dalam menggunakan bahasa ia akan berskor rendah.

35.   Dalam pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua, bahasa daerah mempunyai pengarah yang kuat.
sebab                 
Dalam proses pengajaran bahasa asing atau bahasa kedua, gejala variabilitas kontekstual terutama yang tergolong dalam variabilitas yang disebabkan oleh faktor-faktor linguistik, bisa dijadikan cermin meninjau kemampuan siswa.

36.   Penfield dan Roberts menyatakan bahwa usia dimana pemeroleh kemampuan berbahasa terjadi secara optimum adalah 10 tahun pertama dari kehidupan individu.
sebab                 
Pada masa puber, kedua belahan otak kanan dan kiri mulai memperoleh fungsi yang tetap dengan belahan otak kiri lebih berfungsi untuk menyimpan kemampuan berbahasa, sedangkan sebelum masa puber, kemampuan ini masih merata pada kedua belahan otak.

37.   Tuturan kreatif merupakan hasil dari pemakaian aturan-aturan bahasa kedua.
sebab                 
Dengan memakai tuturan kreatif siswa telah dapat menggunakan bahasa kedua sesuai dengan konteks-konteks linguistik dan situasionalnya.


38.   Dalam pemerolehan bahasa kedua diungkapkan bahwa strategi kemunikasi berkaitan dengan penggunaan bahasa kedua.
sebab                 
Dengan memakai strategi komunikasi, siswa dapat terus berkomunikasi walaupun ia mendapat kesulitan dalam mengeluarkan tuturannya.

39.   Dalam pemerolehan bahasa kedua, ditemukan bahwa orang dewasa juga melalui proses tahapan sama seperti anak-anak.
sebab                 
Pemerolehan adalah proses belajar bahasa yang tidak terganggu oleh pertumbuhan.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   40    SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
40.   Menurut Jerome S. Bruner & Piaget perkembangan intelektual anak adalah melalui tahapan. Bruner menguraikan tahapan-tahapan tersebut melalui sebutan
1)   enaktif
2)   ikonik
3)   simbolik

41.   Piaget & Bruner adalah dua tokoh psikologi anak yang menyimpulkan bahwa orang dewasa dan anak-anak sangat berbeda dalam
1)   memandang dunia & sekelilingnya
2)   mengorganisasikan pengetahuan yang diperolehnya
3)   menilai dirinya sendiri

42.   Menurut R.B. Cattell
1)   intelegensi yang tidak tetap mencakup kecerdasan dan adaptibilitas
2)   intelegensi terbentuk dihasikan dari pengalaman & pendidikan tinggi
3)   intelegensi yang tidak tetap tanpa pengalaman & pendidikan akan kekurangan dalam intelegensi terbentuknya

43.   Menurut Binet perkembangan inteligensi bisa dipercepat melalui
1)   pelatihan
2)   pengajaran
3)   latihan mental

44.   Dalam buku “Linguitics Across Cultures”, Lado menjelaskan alasan yang menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar bahasa asing, antara lain adalah dengan mempelajari
1)   bahasa
2)   budaya
3)   geografis

45.   Perbedaan konsep dan kaitan bahasa antar menurut Selinker, Nemser dan Corder
1)   bahasa antar mengacu kepada sistem tersetruktur yang dibentuk oleh pebelajar pada tahap tertentu dalam perkembang- annya
2)   serangkaian sistem yang saling bertautan yang membentuk silabus yang mantap dari pebelajar
3)   pada waktu tertentu tahap kemahiran yang sama kurang lebih sama

46.   Istilah bahasa antar menurut Corder disebut juga
1)   approximate system
2)   idiosyncrotic dialects
3)   transitional competence

47. Beberapa  asumsi yang mendasari teori bahasa antar menurut Nemser adalah
1)   pada waktu tertentu, sistem aproksimatif berbeda antara bahasa pertama dan bahasa kedua
2)   sistem aproksimatif itu membentuk rangkaian yang terus berkembang
3)   dalam situasi hubungan tertentu, sistem aproksimatif, pebelajar pada tahap kemahiran yang sama kurang lebih sama

48.   Menurut Selinker ada beberapa karakteristik bahasa antar, yaitu bahasa antar bersifat
1)   permeable
2)   dinamis
3)   sistematis

49.   Rod Ellis menjelaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan individu siswa dalam mempelajari bahasa asing / bahasa kedua adalah
1)   faktor perseorangan
2)   faktor umum
3)   faktor pembelajaran

50.   Faktor perseorangan yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mempelajari bahasa asing / bahasa kedua, mencakup
1)   sikap guru dan bahan pembelajaran
2)   dinamika kelompok
3)   teknik cara-cara belajar individu

51.   Pemakaian atau produksi bahasa terdiri atas proses-proses hirarkis yang melibatkan
1)   perencanaan
2)   artikulasi
3)   program motor

52.   Penelitian empiris dalam strategi komunikasi, menunjukkan bahwa penggunaan strategi komunikasi tergantung pada
1)   tingkat kemampuan siswa
2)   sifat sumber masalahnya
3)   kepribadian & situasi belajar

53.   Menurut Chomsky, dalam pembentukan Universal Grammer ada beberapa alasan yang menyebabkan input tidak memadai dalam penguasaan bahasa Ibu. Hal tersebut disebabkan
1)   adanya struktur-struktur yang jarang dipakai
2)   tidak adanya umpan balik negatif bagi anak untuk hipotesisnya yang salah
3)   tata bahasa pada dasarnya bersifat abstrak

54.   Universal Grammer, menurut Chomsky terdiri dari
1)   substantive universals
2)   gormal universals
3)   linguistic universals

55.   Beberapa kesimpulan Markedness theory tentang peran transfer dalam pemerolehan bahasa kedua adalah
1)   efek B1  akan tampak lebih kuat jika berkaitan dengan aturan-aturan periferi B2
2)   transfer bentuk khusus dapat terjadi pada tahapan awal pemerolehan bahasa kedua
3)   transfer bentuk umum B1  terjadi jika bentuk B2  yang terkait sifatnya lebih khusus

56.   Hipotesis studi empiris tentang pengaruh Linguistics Universals terhadap bahasa antar adalah
1)   bahasa antar, seperti bahasa alamiah lainnya, mendapat kendala dari linguistic universal
2)   implicational universals dapat dipakai untuk memperkirakan urutan B2  yang muncul dalam bahasa antar
3)   siswa B2  menguasia aturan-aturan umum B2  sebelum mempelajari aturan khusus

57.   Salah satu tujuan pengajaran bahasa adalah untuk mengajarkan sistem formal bahasa kedua yaitu
1)   tata bahasa
2)   fonologi
3)   kosa kata




58.   Pada penelitian longitudinal Felix menyimpulkan bahwa
1)   pemerolehan bahasa kedua yang alami dan yang diajarkan melibatkan proses belajar yang sama
2)   dalam kelas ada keterbatasan dalam memanipulasi dan mengontrol sikap verbal siswa
3)   pemerolehan bahasa kedua diajarkan secara alami

59.   Yang termasuk pengajaran formal adalah pengajaran yang
1) merupakan hasil dari metode-metode deduktif
2)   berakar dari metode induktif seperti audiolingual
3)   berdasarkan silabus national / fungsional yang melatih bentuk linguistik tertentu

60.   Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa pengajaran formal tidak mempengaruhi urutan alami pemerolehan bahasa kedua tentang mempercepat perkembangannya. Teori tersebut adalah
1)   ten non - interface position
2)   the interface position
3)   the variability position

No comments:

Post a Comment