TUGAS MANDIRI
TELAAH KURIKULUM IPA SMP I
(PIPA3117)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 90, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Dalam mempelajari biologi, sasaran yang akan
dibahas adalah mempelajari
A. susunan tubuh makhluk hidup.
B. proses terjadinya makhluk hidup.
C. segala hal yang berkaitan dengan makhluk
hidup.
D. lingkungan yang mempengaruhi makhluk hidup.
2. Disiplin ilmu berikut ini yang mempelajari
fungsi dan kerja organ tubuh individu adalah
A. anatomi.
B. fisiologi.
C. genetika.
D. taksonomi.
3. Keberadaan mikologi dalam biologi merupakan
bagian dari disiplin ilmu
A. zoologi.
B. botani.
C. protista.
D. mikrobiologi.
4. Biologi seluler mempunyai wawasan yang jauh
lebih luas dari sitologi. Hal ini disebabkan karena biologi seluler membahas
tentang
A. fungsi organela sel secara mendalam.
B. struktur kimia dan struktur sel.
C. cara penurunan sifat pada kromosom.
D. struktur dan susunan ADN.
5. Untuk usaha pembuatan vaksin AIDS, disiplin
ilmu berikut ini yang terlibat langsung adalah
A. rekayasa genetika.
B. biologi perkembangan.
C. mikrobiologi.
D. biologi populasi.
6. Disiplin ilmu berikut ini yang khusus
mempelajari tentang burung, adalah
A. herpetelogi.
B. ichtyologi.
C. ornitologi.
D. anthropologi.
7. Apabila Anda akan mempelajari tentang
hubungan timbal balik antara lingkungan dengan organisma, maka disiplin ilmu
yang paling tepat untuk dipelajari adalah
A. histologi.
B. paleontologi.
C. evolusi.
D. ekologi.
8. Untuk mempelajari aspek biologis dan
cara-cara perkembangbiakan dari tumbuhan mangga, dapat dipelajari dalam
disiplin ilmu
A. Phanerogamic biology.
B. Cryptogamis botany.
C. Herpatologic biology.
D. Ichthyologic biology.
9. Dalam pengembangan keterampilan proses, semua
langkah berikut ini adalah benar, kecuali
A. observasi.
B. mengkomunikasikan masalah.
C. menginterpretasikan data.
D. menyusun rumus pemecahan masalah.
10. Dalam menanamkan sikap ilmiah anak didik, langkah pertama yang
harus ditempuh adalah
A. melatih anak mengenal masalah.
B. merangsang anak rajin ke sekolah.
C. menyadarkan pada anak akan adanya masalah yang harus dipecahkan.
D. melatih anak menyusun masalah.
11. Nilai positif yang mungkin kita temukan dalam pengembangan
keterampilan proses, adalah
A. mendapatkan pengalaman dan keterampilan untuk menunjang masa
depan.
B. mempertinggi kepedulian sosial.
C. mempererat hubungan sosial diantara anak didik.
D. mempertinggi kemauan belajar.
12. Untuk melihat keberhasilan pendidikan IPA yang telah dilaksanakan,
dapat diamati dari
A. keberhasilan untuk meraih nilai tinggi.
B. perubahan sikap sesuai dengan yang diharapkan.
C. kemampuan untuk mengenal masalah.
D. keterampilan dalam mencari kebenaran ilmiah.
13. Bunyi hipotesa yang paling benar tentang peranan ragi dalam
pembuatan roti adalah
A. mengapa ragi membuat roti me-ngembang.
B. adonan roti mengembang karena ragi.
C. peranan ragi dalam mengembangkan roti.
D. membuat roti tanpa ragi tidak akan bisa mengembang.
14. Cara yang paling benar untuk menguji hipotesa adalah dengan
melakukan
A. dengar pendapat dengan para ahli.
B. membaca teori yang terdapat di dalam buku.
C. mengumpulkan masalah-masalah di lapangan.
D. eksperimantasi di laboratorium.
15. Terbentuknya sikap ilmiah pada anak didik, dapat diamati dari
keadaan berikut ini, kecuali
A. timbul sikap ingin tahu.
B. menghargai pendapat orang lain.
C. menghargai bukti dan kenyataan dari penemuan orang lain.
D. kepedulian sosial pada anak didik tampak meningkat.
16. Minyak bumi dikatakan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui, hal ini disebabkan karena
A. sulit untuk menemukan keberadaannya di lapisan bumi ini.
B. tidak dapat dibentuk kembali dalam waktu singkat.
C. bahan bakunya di lapisan bumi cepat habis.
D. alam tidak mampu untuk memperbaharui-nya lagi.
17. Di dalam komunitas perairan, organisma berikut ini yang
menghasilkan energi tertinggi adalah
A. decomposer.
B. phytoplankton.
C. zooplanton.
D. ganggang biru.
18. Perlindungan dan pengawetan sumber daya alam perlu dan harus
dilaksanakan karena
A. bahan bakunya sulit didapat.
B. biaya pengolahannya sangat tinggi.
C. manusia sangat tergantung akan sumber daya alam.
D. persediaannya sangat terbatas.
19. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengembalikan nitrogen
ke atmosfer, adalah
A. membakar minyak bumi.
B. membusukkan bangkai hewan.
C. membakar dedaunan yang kering.
D. membusukkan kayu-kayuan.
20. Sumber daya alam berikut ini yang tidak dapat diperbaharui, adalah
A. alkohol.
B. methanol.
C. batubara.
D. gandum.
21. Lapisan hidup yang berada di air, daratan dan udara yang membentuk
suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai sistem, disebut
A. ekosistem.
B. biosfer.
C. ekologi.
D. atmosfer.
22. Peran, jabatan dan fungsi dari makhluk hidup di dalam suatu
ekosistem, didasarkan atas
A. perilakunya.
B. cara berkembang-biaknya.
C. makanannya.
D. kedudukannya dalam taksonomi.
23. Jabatan yang diperankan oleh seekor singa yang baru saja melalap
habis seekor serigala di dalam suatu komunitas adalah sebagai
A. produsen.
B. konsumen tingkat I.
C. konsumen tingkat II.
D. konsumen tingkat III.
24. Individu berikut ini yang tergolong autotrof, adalah
A. benalu.
B. sapi.
C. pohon mangga.
D. kelinci.
25. Untuk mengetahui tingginya tingkatan kedudukan organisme dalam
jaring-jaring makanan, dapat diketahui melalui
A. jumlah komponen dalam populasi.
B. jenis makanan yang paling disukai.
C. cara berkembang biaknya.
D. cara memperoleh makanan.
26. Di dalam tubuh organisma, ion hidrogen dari air berperan untuk
A. pembentukan energi.
B. metabolisme lemak.
C. pembentukan urine.
D. metabolisme protein.
27. Apabila kita ingin mengelola sumber daya alam dengan baik, maka
cara-cara berikut ini dapat kita lakukan, kecuali
A. efisiensi dalam penggunaannya.
B. keseimbangan antara penggunaan dengan pengawetan.
C. mencegah bencana alam.
D. reboasasi yang terencana.
28. Penggunaan sumber daya alam harus disesuaikan dengan daya dukung
alam, hal ini untuk mencegah terjadinya
A. pemborosan energi.
B. pencemaran lingkungan.
C. perusakan sumber daya alam.
D. kekurangan bahan alam.
29. Manusia merupakan bagian komponen lingkungan hidup. Dalam konteks
ini peran manusia sangat diharapkan sebagai
A. pengelola.
B. pemanfaat.
C. pengawet.
D. pelindung.
30. Untuk perlindungan dan pengawetan tanah, cara-cara berikut ini
dapat dilakukan, kecuali
A. membuat sengketan.
B. membuat sumur serapan.
C. membuat tanggul penyanggah.
D. membuat sumur bor.
31. Pada pola kehidupan darat, semua faktor berikut ini tergolong
lingkungan fisis (abiotik), kecuali
A. suhu udara.
B. bakteri pembusuk.
C. sinar matahari.
D. air hujan.
32. Pada bioma tundra, usaha biota untuk mem-pertahankan hidupnya di
saat musim dingin tiba, adalah dengan
A. imigrasi.
B. urbanisasi.
C. dormansi.
D. translokasi.
33. Ciri spesifik dari Bioma Taiga, adalah terdapatnya
A. sinar matahari yang cukup sepanjang tahun.
B. tumbuhan berdaun jarum.
C. hewan pemakan serangga.
D. curah hujan yang tinggi.
34. Apabila Anda ingin mendapatkan pohon api-api (Avecinnia sp) maka
dengan mudah Anda akan mendapatkannya di hutan
A. tropis.
B. mangrove.
C. sabana.
D. gugur ugahari.
35. Air laut menjadi asin disebabkan oleh
A. penguapan yang tinggi.
B. terkumpulnya garam mineral dari daratan.
C. permukaan yang sangat luas.
D. terkumpulnya air sungai ke lautan.
36. Terjadinya “blooming” di perairan kolam dapat disebabkan oleh
meningkatnya populasi
A. ganggang.
B. bakteri.
C. jamur.
D. enceng gondok.
37. Beberapa tumbuhan dapat berperan sebagai oksigenerator di
perairan, hal ini disebabkan karena adanya kegiatan
A. kemosintesis di perairan.
B. fotosintesis di perairan.
C. pembusukan di perairan.
D. penguraian di perairan.
38. Untuk
menjaga kelangsungan hidup biota lautan, cara terbaik yang harus ditempuh adalah
mencegah
A. limbah
industri sampai ke laut.
B. proses pembusukan di laut.
C. penguapan yang tinggi.
D. suhu yang tinggi.
39. Terjadinya rasa asin pada air laut, diakibatkan oleh adanya
unsur-unsur garam yang tinggi. Adapun unsur tersebut adalah
A. natrium dan magnesium.
B. natrium dan chlor.
C. magnesium dan chlor.
D. magensium dan sulfur.
40. Penyakit “minamata” diakibatkan oleh pencemaran yang tinggi pada
air laut dan bersifat akumulatif. Adapun bahan pencemarnya adalah
A. detergent.
B. logam berat.
C. insektisida.
D. herbisida.
41. Interaksi antar individu (spesies) dimana spesies yang satu
memakan (memusnahkan) yang lain, adalah
A. kompetisi.
B. komensalisme.
C. predasi.
D. mutualisme.
42. Akibat positif yang dapat diamati dari adanya simbiosa antar dua
spesies, antara lain
A. pola kehidupan yang rukun.
B. daya tahan tubuh terhadap perubahan lingkungan lebih baik.
C. perkembang-biakan lebih cepat.
D. angka kematian semakin rendah.
43. Alasan para ahli tertarik untuk meneliti interaksi negatif dari
kehidupan antar individu, adalah karena
A. adanya perubahan yang mencolok terhadap populasi dan
penyebarannya.
B. semua individu sama-sama mendapatkan keuntungan.
C. salah satu individu akan musnah.
D. meningkatkan daya tahan individu terhadap perubahan lingkungan.
44. Simbiose antar individu berikut ini yang terlihat sebagai simbiose
mutualisme, adalah
A. jamur dengan pennisilin.
B. alga dengan kerang.
C. protozoa dengan rayap.
D. rusa kutub dengan snowshoe.
45. Kehidupan cacing pita di dalam usus manusia, menunjukkan adanya
pola kehidupan
A. antibios.
B. predasi.
C. parasitisme internal.
D. parasitisme eksternal.
46. Dalam dunia tumbuhan maupun hewan, pedoman dalam klasifikasi
berdasarkan atas persamaan struktur
A. anatomi dan fisiologi.
B. anatomi dan morfologi.
C. morfologi dan fisiologi.
D. morfologi dan histologi.
47. Untuk membuktikan adanya perkembangan evolusi pada tumbuhan,
keadaan berikut ini merupakan petunjuk yang jelas, kecuali
A. perkembangan jaringan pembuluh.
B. degenerasi pada organ tertentu.
C. perubahan bentuk dan fungsi pada bunga.
D. perubahan bentuk luar yang sangat nyata.
48. Maksud dan tujuan dari diadakannya pengkla-sifikasian makhluk
hidup adalah memudah-kan kita untuk mengenal
A. tingkat kesempurnaan.
B. cara perkembang-biakan.
C. keaneka-ragaman.
D. perkembangan organ tubuh.
49. Keuntungan yang kita peroleh dari diadakannya klasifikasi makhluk
hidup, adalah karena kita dapat
A. merangkum pengetahuan tentang makhluk hidup.
B. pengenal perkembangan evolusi tentang makhluk hidup.
C. mengetahui struktur anatomi dan morfologi makhluk hidup.
D. mengetahui keaneka-ragaman makhluk hidup.
50. Banyak sedikitnya kesamaan makhluk hidup dalam satu takson
menunjukkan adanya tingkat
A. keaneka-ragaman.
B. kesamaan.
C. kesempurnaan.
D. kekerabatan jenis.
51. Untuk membedakan Amoeba dengan manusia, berdasarkan dari
A. sistem organ tubuhnya.
B. anatomi dan morfologinya.
C. jumlah sel yang menyusun tubuhnya.
D. jenis makhluknya.
52. Dalam menyusun diskripsi lengkap suatu jenis tumbuhan dari peri
kehidupannya, harus memuat hal-hal berikut ini, kecuali
A. perawakan tumbuhan.
B. keadaan batangnya.
C. kemampuan reproduksinya.
D. keadaan daunnya.
53. Perbedaan yang mendasar antara ikan hiu dengan ikan paus, terletak
pada
A. susunan siripnya.
B. rangka tulangnya.
C. bentuk rahangnya.
D. cara reproduksinya.
54. Langkah pertama yang harus ditempuh untuk membentuk sistem
klasifikasi biner, adalah
A. mengamati bentuk luarnya.
B. mempelajari sistem fisiologinya.
C. mengidentifikasi ciri-cirinya.
D. memeriksa anatomi tubuhnya.
55. Dalam menyusun klasifikasi dengan sistem klasifikasi bertingkat,
langkah pertama yang harus ditempuh adalah mengidentifikasi ciri-ciri yang
paling
A. umum.
B. mudah.
C. khusus.
D. sulit.
56. Dalam sistem klasifikasi biner, seperangkat objek dipilih menjadi
dua perangkat yang lebih kecil, langkah ini bertujuan untuk mengidentifikasi
... yang dimiliki oleh objek tertentu.
A. satu ciri
B. dua ciri
C. dua sifat
D. satu sifat
57. Dalam pengelompokkan makhluk hidup ke dalam suatu kelompok
klasifikasi, kunci yang terpenting adalah menentukan kesempatan dalam hal
A. memilih kriteria yang dipakai dalam pengelompokkan.
B. cara mencari kesamaan dan perbedaan dari objek.
C. cara memahami ciri-ciri objek.
D. memisahkan objek yang berbeda struktur anatomi dan morfologinya.
58. Jika kepada siswa Anda disodorkan sejumlah nama-nama hewan
seperti: kuda, cecak, kobra, singa, katak, elang, lele dan paus maka katagori
pengelompokkan berikut ini muncul, kecuali
A. bertelur dan tidak bertelur.
B. berdarah panas dan berdarah dingin.
C. bertulang belakang dan tidak bertulang belakang.
D. hewan darat dan hewan air.
59. Dalam menyusun pengalaman belajar model latihan klasifikasi, semua
langkah berikut ini harus diperhatikan, kecuali
A. mulailah dengan objek yang jarang dilihat oleh siswa.
B. jumlah objek ditambah berangsur-angsur.
C. pemberian pengalaman secara bertahap.
D. guru berperan sebagai fasilitator.
60. Dalam melaksanakan kegiatan belajar model latihan klasifikasi,
guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan kriteria
pengelompokkannya sendiri. Dengan demikian siswa akan memperoleh
A. pengalaman melakukan pengelompokkan alternatif.
B. pengetahuan yang mudah dipahami.
C. pengetahuan yang mudah dihafal.
D. pengalaman belajar secara mandiri
No comments:
Post a Comment