TUGAS MANDIRI
B E R B I C A R A 2
(PISA4448)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 36, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Kata “komunikasi”
berasal dari bahasa latin “communicatio”
yang berarti sama ....
A. makna
B. rasa
C. tujuan
D. fungsi
2. Pak John dan Pak Yakup sama-sama menggunakan
bahasa Indonesia dalam komunikasi, tetapi Pak Yakup tidak dapat memahami isi
pesan yang disampaikan Pak John. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam
pembicaraan itu tidak ada kesamaan ....
A. bahasa yang digunakan
B. materi percakapan
C. situasi dan kondisi
D. media komunikasi
3. Menurut Lasswell, pola urutan proses
komunikasi adalah ....
A. komunikator - pesan - komunikasi - saluran -
efek
B. komunikan - komunikator - pesan - saluran - efek
C. pesan - komunikan - komunikator - saluran -
efek
D. pesan - komunikator - komunikan - pesan -
saluran - efek
4. Pak Hasan meminta izin kepada pimpinannya
melalui telepon, “Pak saya tidak dapat masuk bekerja karena sakit”. Dalam
aktivitas komunikasi tersebut, Pak Hasan berperan sebagai ....
A. komunikator
B. komunikan
C. pesan
D. saluran
5. Orang-orang di pasar yang sedang menge-rumuni
tukang obat, termasuk jenis khalayak ....
A. homogen
B. heterogen
C. ekstrinsik
D. intrinsik
6. Pak Arman tetap menggunakan pengeras suara
walaupun beliau hanya berbicara di depan 10 orang pendengar dalam ruang
pertemuan yang relatif kecil. Kasus tersebut menunjukkan bahwa Pak Arman ....
A. pandai memanfaatkan media dalam komunikasi
B. tidak mempertimbangkan dasar peng-gunaan
media komunikasi
C. suka berhemat suara agar beliau tidak perlu
bersuara keras
D. memahami manfaat media dalam komunikasi
7. Contoh efek behavioral dalam komunikasi
adalah ....
A. dari tidak tahu menjadi tahu
B. dari ceroboh menjadi teliti
C. dari benci menjadi suka
D. dari lambat menjadi cepat
8. Contoh efek afektif adalah ....
A. dari tidak tahu menjadi tahu
B. dari miskin menjadi kaya
C. dari musuh menjadi sahabat
D. dari lambat menjadi cepat
9. Setelah mengikuti les privat, Adam menjadi pintar
matematika. Dalam kasus tersebut terdapat efek komunikasi jenis ....
A. afektif
B. behavioral
C. psikomotorik
D. kognitif
10. Jauh dekat dan banyak sedikitnya komunikan
dalam komunikasi berdampak pada perlu tidaknya penggunaan ....
A. pesan
B. sumber
C. media
D. efek
11. Pak Arman marah-marah, “Habisin semua”!
sambil mengacungkan kepalan tangan kepada anak-anak yang mencuri mangga
miliknya. Teriakan Pak Arman yang bermakna sebaliknya tersebut termasuk
komunikasi noverbal jenis ....
A. pengulangan
B. kontradiksi
C. pelengkap
D. memberi tekanan
12. Untuk mempertegas bahasa verbalnya Pak Arman mengacungkan jempol
sebagai pelengkap kalimat “Bagus”.
Acungan jempol tersebut tergolong nonverbal jenis ....
A. pengulangan
B. kontradiksi
C. pelengkap
D. memberikan tekanan
13. Untuk mempertegas bahasa verbalnya komunikator sering “mengeraskan suara bicaranya”. Pengerasan
suara tersebut merupakan jenis komunikasi nonverbal jenis ....
A. substitusi
B. memberikan dukungan
C. pelengkap
D. memberikan tekanan
14. Pak Arman berjabat tangan kepada temannya yang berhasil
dipromosikan menjadi direktur pemasaran di perusahaan-nya. Jabat tangan
tersebut merupakan jenis komunikasi nonverbal jenis ....
A. pengulangan
B. kontradiksi
C. memberi dukungan
D. substitusi
15. Komunikator yang tidak menguasai materi pembicaraan, gugup, dan
tidak lancar dalam berbicara, menunjukkan bahwa ia tidak menguasai unsur ....
A. verbal
B. nonverbal
C. bilingual
D. multilingual
16. Aktivitas mempelajari berbagai buku, mengadakan pengamatan, banyak
bergaul dengan orang yang berpengalaman dalam bidang permasalahan yang akan
diwawan-carakan adalah usaha calon pewawancara untuk ....
A. menjadi ahli bidang yang akan diwawan-carakan
B. mempersiapkan jawaban pertanyaan dari orang yang diwawancarai
C. menguasai masalah yang akan diwawan-carakan
D. menyiapkan komentar dalam mengawali dan mengakhiri wawancara
17. Wawancara untuk tayangan TV berbeda dengan wawancara penelitian,
keperluan talk show, dan survei
pasar. Oleh sebab itu pewawancara yang baik perlu memahami ....
A. tujuan wawancara
B. materi yang akan diwawancarakan
C. status orang yang diwawancarai
D. saluran yang digunakan dalam wawan-cara
18. Dalam wawancara, pendengar yang baik dapat dengan cepat ....
A. mengambil kesimpulan walaupun per-tanyaan belum selesai
B. membuang informasi yang tidak diketahui
C. menyela pembicaraan jika tidak sepen-dapat dengan pewawancara
D. mempergunakan waktu untuk mengana-lisis apa dan mengapa masalah
tersebut ditanyakan
19. Kemampuan tentang cara mengajukan pertanyaan secara singkat dan
padat perlu dimiliki oleh seorang pewawancara TV karena ....
A. waktu terbatas
B. penonton menginginkan informasi yang banyak
C. pewawancara merupakan wakil penonton
D. dapat menggali jawaban
20. “Tadi Bapak menjelaskan
bahwa program JPS harus tepat jumlah, tepat sasaran, dan tepat waktu”.
Langkah-langkah apa yang sudah Bapak lakukan berkaitan dengan beredarnya berita
bahwa di daerah ... JPS justru jatuh ke orang yang tidak berhak, dan si miskin
malahan tidak dapat apa-apa?”. Dari
contoh jenis pertanyaan tersebut menunjuk-kan bahwa pewawancara memiliki
kemam-puan dalam mengajukan pertanyaan ....
A. dikhotomis
B. pendukung
C. menggali
D. penuntun
21. Pewawancara secara spontan dan santai berbincang-bincang dengan
responden untuk memperoleh data penelitian tanpa diketahui oleh responden bahwa
dia sedang diwawan-carai. Wawancara tersebut menggunakan pendekatan ....
A. formal
B. informal
C. langsung
D. tidak langsung
22. Apa Anda cemas? Apakah kecemasan itu beralasan? Apakah Anda
suka dengan perlakuan seperti itu?
Bagaimana pendapat Anda
tentang contoh pertanyaan tersebut?
A. Bagus karena dapat dijawab dengan singkat.
B. Bagus karena dapat dijawab secara objektif dengan “ya” atau “tidak”.
C. Terlalu dikhotomis, jawaban hanya berupa “ya” atau “tidak”.
D. Terlalu memaksa responden untuk men-jawabnya dengan “ya” atau “tidak”.
23. Pidato adalah pengungkapan dalam bentuk pikiran dengan kata-kata
yang ditujukan kepada orang banyak. Pernyataan tersebut terdapat dalam ....
A. buku karangan Rahmadi
B. buku karangan Gorys Keraf
C. pidato seorang pemimpin dunia
D. Kamus Besar Bahasa Indonesia
24. Pembicara yang memiliki tanggung jawab terhadap materi pidatonya
akan dapat mem-berikan ....
A. reaksi yang cepat dan tepat terhadap stimulus khalayak
B. jawaban langsung jika ada pertanyaan dari khalayak
C. jalan keluar jika khalayak mendapatkan kesulitan
D. tangkisan/sanggahan terhadap tanggapan khalayak
25. Pembicara menyapa dengan hangat, tersenyum, menghargai, dan tidak
meng-anggap bodoh khalayaknya menunjukkan bahwa ia memiliki ....
A. pengetahuan yang luas
B. penguasaan massa yang baik
C. rasa kemitraan yang tinggi
D. tanggung jawab yang kuat
26. Pak Arman seorang tokoh masyarakat sedang menghadiri tasyakuran
kelahiran cucu pertama di tempat sahabatnya. Tiba-tiba Pak Arman diminta
memberikan sambutan. Beliau berbicara hanya berdasarkan pengetahuan,
pengalaman, dan kemahirannya. Pidato Pak Arman tersebut menggunakan metode ....
A. impromtu
B. ekstemporan
C. menghafal
D. naskah
27. Pembicara tiba-tiba lupa materi pidato yang seharusnya disajikan,
pembicara juga tidak dapat berimprovisasi dan berkreasi, sehingga pidato
menjadi macet. Kasus tersebut merupakan ilustrasi dari kelemahan metode ....
A. impromtu
B. ekstemporal
C. naskah
D. menghafal
28. Agar khalayak dapat dengan mudah memahami isi pidato, pembicara
berusaha menjelaskan istilah-istilah teknis yang digunakan. Sikap pembicara
tersebut menun-jukkan bahwa ia ....
A. memiliki kemampuan linguistik yang memadai
B. memahami kemampuan intelektual khalayak
C. memahami situasi yang dihadapi khalayak
D. memahami tujuan yang diinginkan khalayak
29. “Mudah-mudahan uraian
singkat yang akan saya sampaikan nanti dapat menambah wawasan kita tentang
bahaya narkoba bagi anak-anak yang kita cintai”. Di dalam kalimat yang
disajikan pembicara ini tersirat ....
A. ilustrasi isi pidato yang akan diuraikan pada bagian inti
B. simpulan isi yang disajikan pada akhir pidato
C. tujuan yang ingin dicapai pembicaa dalam pidato
D. bahaya narkoba bagi khalayak pendengar pidato
30. Tujuan pidato seyogianya disajikan secara ....
A. tersirat pada awal pidato
B. tersurat pada awal pidato
C. tersirat pada inti pidato
D. tersurat pada inti pidato
31. Berdasarkan maksud disajikannya pidato jenis ucapan selamat
datang, perkenalan, dan perpisahan termasuk jenis pidato ....
A. penyambutan
B. perpisahan
C. kekeluargaan
D. perkenalan
32. Promosi penjual obat di pasar, pidato kampanye di lapangan, dan
pidato promosi gelar akademis berdasarkan maksudnya tergolong jenis pidato
untuk ....
A. melaporkan
B. kekeluargaan
C. meyakinkan
D. merundingkan
33. Mengkonfirmasikan topik pidato kepada pihak pengundang penting
dilakukan agar dapat ....
A. segera digandakan oleh panitia
B. dipublikasikan kepada calon peserta
C. direvisi kesalahannya oleh panitia
D. memenuhi kebutuhan khalayak
34. Data yang diperoleh melalui pertanyaan “Apakah khalayak mengetahui topik yang disajikan?” Bagaimana minat dan keinginan khalayak?”
adalah data ....
A. umum
B. khusus
C. penunjang
D. tambahan
35. “Sejak krisis moneter tahun
1997 yang lalu, ada sekitar 30 juta penduduk miskin di Indonesia. Sampai
sekarang penduduk miskin ini belum berkurang, bahkan terus bertambah. Keadaan
ini harus kita atasi. Tentu saja dengan berpikir, bekerja keras, serta berdoa
agar kemiskinan cepat berakhir”.
Uraian yang disajikan oleh pembicara tersebut menggunakan
pembuktian ....
A. etos karena pembicara mengajak berpikir keras dalam memberikan
pembuktian
B. logos karena pembicara menggunakan logika dalam memberikan
pembuktian
C. patos karena pembicara menggunakan efek emosional dalam memberikan
pem-buktian
D. arogos karena pembicara menggunakan arogansi dalam memberikan
pembuktian
36. Menguraikan kerangka pidato secara detail dimaksudkan untuk ....
A. memperjelas dan mendukung ide yang akan disajikan
B. memperluas uraian agar mendalam
C. memperpanjang uraian sesuai dengan waktu yang disediakan
D. memperjelas istilah teknis agar mudah dipahami pendengar
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 37
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
37. Manusia sebagai makhluk “homo
commu-nicus” memiliki ciri-ciri....
1) selalu mengadakan komunikasi karena saling membutuhkan
2) berkembang melalui komunikasi
3) komunikasi satu-satunya kebutuhan hidupnya
38. Contoh sajian berita kolektif terdapat dalam ....
1) berita koran
2) berita TV
3) berita burung
39. Unsur bahasa nonverbal dalam komunikasi digunakan untuk ....
1) menjelaskan kata-kata abstrak
2) mempertegas makna pembicaraan
3) memperluas pesan yang disampaikan
40. Unsur bahasa nonverbal yang biasa menyertai peristiwa komunikasi
adalah ....
1) gerak-gerik tubuh dan perubahan raut muka
2) pengulangan, pergeseran, perlambatan bagian-bagian yang dianggap
penting
3) penggunaan makna sebaliknya
41. Bahasa merupakan simbol untuk menjelaskan konsep tertentu, yaitu
sebagai upaya untuk ...
1) mendayagunakan informasi yang ber-sumber dari persepsi manusia
2) berkomunikasi secara santun dengan diri sendiri/orang lain
3) berkomunikasi dengan Tuhan waktu berdoa
42. Di dalam wawancara didapati karaktersitik berikut ....
1) pewawancara dan yang diwawancarai jarang berganti peran
2) topik meloncat-loncat dan dapat berganti setiap saat
3) terencana, bertujuan, dan ada simpulan
43. Istilah wawancara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaknai
sebagai tanya jawab antara ....
1) reporter atau wartawan dengan pejabat, para ahli, tokoh masyarakat
dan sebagai-nya yang diperlukan
2) Direksi, Kepala Personalia, Kepala Humas atau pejabat sederajat
dengan pelamar pekerjaan
3) peneliti dengan nara-sumber atau responden
44. Ciri-ciri wawancara informasl adalah ....
1) antara pewancara dan terwawancara sering berganti peran
2) topik berubah-ubah
3) topik tetap
45. Untuk memperkaya pengetahuannya tentang topik yang akan
diwawancarakan, yang perlu dilakukan seorang pewawancara adalah ....
1) membaca buku dan media cetak lainnya yang berkaitan dengan topik
yang akan diwawancarakan
2) banyak mengikuti pembicaraan tentang topik yang akan
diwawancarakan
3) mengamati kegiatan di masyarakat atau objek yang berkaitan dengan
topik yang akan diwawancarakan
46. Pemahaman tentang konteks wawancara perlu dimiliki oleh ....
1) pewawancara
2) terwawancara
3) pengamat wawancara
47. Pewawancara untuk siaran TV harus mem-punyai kemampuan
intelektual, artinya ia harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang ....
1) topik yang dipersoalkan
2) cara mengajukan pertanyaan secara singkat dan padat
3) cara mengajukan pertanyaan yang meng-gali permasalahan
48. Jika seorang pewawancara TV ingin mem-peroleh informasi tentang
dampak positif dari program JPS, maka responden yang tepat untuk diwawancarai
adalah ....
1) wakil pemerintah yang mengeluarkan program JPS
2) masyarakat penerima program JPS
3) pakar pemerhati masalah sosial
49. Hal-hal yang dapat digali dari responden dalam wawancara
penelitian antara lain ....
1) pengetahuan, pengalaman, dan per-buatan responden tentang hal yang
pernah dikerjakannya
2) perasaan, pendapat, tanggapan, dan penafsiran responden tentang
sesuatu
3) status sosial, keluarga, daerah asal responden, dan sebagainya
50. Seorang pembicara mula-mula menginfor-masikan tentang pahala dan
keuntungan-keuntungan beramal. Kemudian ia mengajak khalayak agar dengan
ikhlas beramal. Dari langkah-langkah
tersebut dapat diketahui bahwa tujuan pidatonya ....
1) memberikan informasi
2) meyakinkan/membujuk
3) menghibur/menyenangkan
51. Pembicara yang menguasai unsur kebahasa-an dengan baik baik
berarti ia menguasai ....
1) bahan dan pengungkapannya
2) kosakata dan pemilihannya
3) struktur dan variasi kalimat
52. Deman panggung dapat diatasi dengan ....
1) menarik napas panjang-panjang saat menuju panggung
2) berpikir cepat tentang garis besar materi yang akan disajikan
3) berpikir optimis bahwa saya mampu melakukannya
53. Topik pidato yang akan disampaikan sebaik-nya yang ....
1) sudah diketahui oleh calon pembicara
2) menarik bagi pembicara dan bagi khalayak
3) sesuai dengan daya tangkap khalayak
54. Calon pembicara sebaiknya mempertimbang-kan topik pembicaraaan
berdasarkan ....
1) keadaan dan sikap khalayak
2) peristiwa yang melatari
3) kelayakan topik
55. Langkah menyusun uraian meliputi langkah ....
1) mengumpulkan bahan
2) membuat kerangka uraian
3) membuat uraian secara detail
56. Penggunaan pembuktian cara etos, logos, dan patos dapat dilakukan
bersama-sama dengan ....
1) berselang seling
2) berfokus pada salah satunya
3) porsi harus seimbang
57. Jawaban dari pertanyaan “Apa
maksud khalayak berkumpul? Bagaimana adat istiadat khalayak? Apa ada acara yang
mendahului-nya? Kapan acara diselenggarakan? Di mana tempatnya? Apa status
sosial, pendidikan, keinginan, dan keyakinan khalayak pada umumnya?”.
Pertanyaan ini digunakan oleh pembicara untuk ....
1) menyesuaikan topik yang akan dibicara-kan dengan kebutuhan
khalayak
2) menentukan keluasan, dan kedalaman materi yang akan disajikan
3) mengetahui imej khalayak tentang materi yang akan disajikan
58. Isi bagian penutup pidato pada umunya berupa ....
1) simpulan uraian pidato
2) penegasan bagian-bagian penting
3) salam penutup
59. Judul yang baik sebagai label pidato adalah ....
1) relevan dengan isi
2) provokatif
3) singkat dan padat
60. Untuk mendapat bahan pidato yang benar, terpercaya, dan sah dapat
dilakukan melalui ....
1) wawancara dengan narasumber
2) angket yang dibagikan kepada responden
3) observasi, membaca buku, dan penelitian
No comments:
Post a Comment