TUGAS MANDIRI
HUKUM ISLAM
(PPKN4405)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Secara etimologi pengertian hukum (Arab)
adalah itsbatu syaiin ala syai’in, maknanya adalah ....
A. menempatkan sesuatu pada tempatnya
B. memberikan sesuatu kepada yang berhak
C. memutuskan suatu sesuai dengan kasusnya
D. memutuskan suatu perkara berdasarkan suatu
aturan
2. Berikut ini adalah definisi hukum dalam
pengertian khitab, kecuali ....
A. kebenaran yang logis menurut aqliyah
B. pilihan maupun ketentuan konvensional
C. secara normatif berupa perintah dan larangan
D. ketentuan Allah yang berkaitan dengan orang
yang mukallaf
3. Bentuk-bentuk ibadah yang bersifat mahdah
dalam hukum Islam didefinisikan sebagai syarat yang bersifat ....
A. zhanny
B. qath’i
C. syar’i
D. wadh’i
4. Berikut ini landasan-landasan dalam hukum
Islam yang ditetapkan untuk manusia, kecuali ....
A. hifzhud diin
B. hibzhul Nafs
C. hibzhul lisan
D. hibzhul maal
5. Jika seseorang melaksanakan suatu perintah
memperoleh pahala, dan jika seseorang tidak melaksanakan perintah memperoleh
siksa, pernyataan ini termasuk salah satu al-ahkam al khamsah yaitu ....
A. haram
B. sunnat
C. wajib
D. jaiz
6. Hukum Islam tidak hanya mengatur tentang
masalah ubudiyah, tetapi juga mengatur masalah muamalah dan jarimah
hudud.Pengertian muamalah dan jarimah hudud adalah hukum ....
A. perdata dan tindak pidana yang mengatur
delik-delik ekonomi
B. perdata dan tindak pidana kriminal
C. pidana dan delik perdata perdagangan
D. pidana dan tindak pidana kriminal
7. “Tiga orang yang dibebaskan dari
pertanggungjawaban hukum yaitu anak kecil sebelum dewasa orang yang tidur dan
orang yang hilang kesadarannya (orang gila)”. Pernyataan ini adalah termasuk
....
A. qiyas
B. Al-qur’an
C. Al-hadist
D. Ijma ulama
8. Berikut ini periodisasi pertumbuhan dan
perkembangan hukum Islam, kecuali ....
A. masa nabi Muhammad SAW
B. masa Khulafa’al Rasyidin
C. masa Kebangkitan kembali
D. masa Reformasi shahabat
9. “Apa yang dibawanya ikutilah dan apa yang
dilarangnya” jauhilah. Terjemahan ayat al-qur’an ini tercantum dalam surat ....
A. Al-Baqarah 7
B. Al-Hasy 7
C. Al-Maidah 7
D. Al-A’laq 7
10. Usaha yang sungguh-sungguh dengan
menpergunakan sepenuh kemampuan yang dilakukan oleh ahli hukum dalam menentukan
garis hukum yang belum jelas atau tidak ada ketentuan dalam Al-qur’an dan
Hadist. Upaya ini dalam hukum Islam dikenal dengan istilah ....
A. Sunnah
B. qiyas
C. Ijma
D. Ijtihad
11. Konsensus pengangkatan Abu Bakar menjadi Khalifah didasarkan
ketika Nabi dalam keadaan sakit, beliau yang mengimani sholat. Pertimbangan ini
dalam hukum Islam disebut ....
A. Ijma
B. Ijtihad
C. qiyas
D. Mujtahid
12. Kurun waktu pembinaan dan pengembangan hukum Islam tercatat pada
sejarah Islam terjadi pada masa pemerintahan kekhalifahan ....
A. umayyah dan Abbasiyah
B. Abu Bakar dan Umar
C. Usman dan Ali
D. Umar dan Usman
13. Perbedaan antara Mujtahid dan ijtihad adalah ....
A. Mujtahid adalah ahli hukum dalam mengambil keputusan, Ijtihad
adalah perbuatan pengambilan keputusan
B. Mujtahid adalah perbuatan pengambilan keputusan dan Ijtihad adalah
ahli hukum dalam mengambil keputusan
C. Mujtahid adalah hakim yang memvonis hukuman, Ijtihad adalah vonis
hukum
D. Mujtahid adalah mahkum fih, ijtihad adalah mahkum alaih
14. Urutan sumber hukum menurut Imam Syafi’i adalah ....
A. Al-quran dan sunah-ijma-pendapat sebagian sahabat-pendapat yang
kuat dari sahabat-qiyas
B. Alqur’an dan sunah-pendapat sebagian sahabat-ijma-quyas-pendapat
yang kuat dari sahabat, pendapat sebagian sahabat
C. Alqur-an-sunah-ijma-qiyah-pendapat yang kuat dari sahabat-pendapat
sebagian sahabat
D. Alqur’an-sunnah-qiyas-ijtihad-pendapat yang benar dari
sahabat-ijma-pendapat sebagian sahabat
15. Para ahli hukum Islam pada saat ini (abad X – XIX M) tidak lagi
menjadi hukum dari sumber aslinya, tetapi hanya mengikuti pendapat para ahli
sebelumnya, perbuatan tersebut dalam Islam dikenal sebagai ....
A. Ijtihad
B. Taqhid
C. Itba’i
D. Taskim
16. Pengertian konsep yang terkandung dalam Alqur’an adalah ....
A. nilai yang diberikan rasulnya kepada umatnya
B. nilai yang diberikan Allah kepada Rasulnya
C. nilai yang diberikan oleh Allah kepada manusia melalui Rasul
D. nilai yang diberikan oleh Allah kepada manusia
17. Proses dalam memahami nilai dalam Alqur’an memerlukan pendekatan
integratif secara ....
A. tekstual dan kontekstual
B. tekstual dan integratif
C. tekstual tapi tidak konsektual
D. tekstual yang aplikatif
18. Kalimat-kalimat dalam Alqur’an bersifat insya’iyah dan khabariyah,
artinya “dalah” ....
A. instruktif dan konstruktif
B. instruktif dan integratif
C. instruktif dan informatif
D. instruktif dan variatif
19. Berikut ini makna ayat-ayat Al-qur’an tentang perintah Allah
kepada manusia dalam pengertian bahasa, kecuali ....
A. shariah
B. majmal
C. kinayah
D. amaliyah
20. Perbedaan terhadap penafsiran Al-qur’an terutama dalam ayat-ayat
zhanny al-dalalah adalah hal yang mungkin terjadi, Rasul memberi rambu-rambu
terhadap hal tersebut dengan ungkapan ....
A. ikhtilafu ummati sawa’un
B. ikhtilafu rahmatun ala ummati
C. ikhtilafu ummati rahmatu
D. rahamatum ala umati fi ikhtilafi
21. Strategi pendekatan integral tekstual memerlukan kemampuan
menguasai ....
A. bahasa percakapan orang Arab
B. tradisi bahan orang Arab
C. linguistik bahasa Arab
D. gramatika bahasa Arab
22. Dalalah hukum yang membuka peluang berbagai kemungkinan penafsiran
sesuai dengan situasi dan kondisi disebut dengan kategori dalalah ....
A. qath’i
B. zhanni
C. syar’i
D. ashli
23. Pandangan inkar rumah yang terjadi pada abad pertama hijriyah
disebut faham ....
A. zhahiriyah
B. qodariyah
C. mutazilal
D. jabariyah
24. Pencetus faham zhahiriah pada abad pertama hijriyah adalah ....
A. Nabi Dawud
B. Daud Beureuh
C. Abu Dawud
D. Daud Az-Zhahiry
25. Pengertian sunnah yang menjadi landasan operasional dalam Islam
adalah ....
A. perbuatan yang boleh dikerjakan dan boleh juga tidak
B. sebaiknya dikerjakan
C. ekspresi kepribadian Rasul
D. catatan tentang perilaku Rasul
26. Perbedaan hadist shahih dengan hadist dhaif adalah ....
A. hadist shahih adalah palsu sedangkan hadist dhaif adalah benar
B. hadist shahih adalah bukan dari Rasul, hadist dhaif benar dari Rasul
C. hadist dhaif digunakan sebagai sumber hukum, hadist shahih
tertolak
D. hadist shahih adalah benar-benar dari Rasul, sedangkan hadist
dhaif adalah bukan dari Rasul dan tertolak
27. Al-qur’an memerintahkan agar umat Islam melaksanakan shalat namun
tidak disertai dengan teknik/caranya. Rasul melalui hadistnya memberikan
penjelasan tentang tata cara pelaksanaannya shalat. Penjelasan tata cara
tersebut (Hadist Rasul) berfungsi sebagai dasar ....
A. menfasilitasikan makna/himbauan Al-qur’an
B. menfungsionalkan makna/himbauan Alqu’ran
C. suruhan makna/himbauan Al-qur’an
D. petunjuk makna/himbauan Al-qur’an
28. Berikut ini sifat-sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW, kecuali
....
A. amarah
B. siddik
C. fathanah
D. tabligh
29. Uswah terhadap Rasulullah tidak hanya dalam segi ubudiyah tetapi
juga dalam muamalah. Diantara hal-hal berikut yang bukan prinsip uswah adalah
....
A. dalam konteks hukum menegakkan keadilan
B. sesuai antara perkataan dengan perbuatan
C. perilaku Rasul dalam seluruh kehidupan
D. memaksakan penafsiran secara bebas terhadap sunah Rasul
30. Ukuran dalam menilai seseorang bersikap adil dalam hukum Islam
adalah memperhatikan ....
A. prinsip utama suatu hukum
B. kepentingan pribadi
C. kepentingan keluarga
D. kepentingan umum
31. Akad yang menghalalkan pergaulan antara laki-laki dan perempuan
yang bukan muhrim dengan berbagai konsekuensi yang ditimbulkan, baik yang
menyangkut kewajiban dan tanggungjawab maupun hak antara keduanya, pernyataan
ini adalah merupakan pengertian nikah secara ....
A. istilahi
B. lughawi
C. maknawi
D. sifati
32. Bagi seseorang yang berkeinginan untuk menikah dengan kondisi
sandang dan pangan yang dimiliki sudah berkecukupan, maka bagi orang tersebut
untuk melakukan pernikahan menurut hukum, Islam adalah ....
A. wajib
B. sunnat
C. makruh
D. haram
33. Pernikahan asal hukumnya mubah (balik), alasannya selanjutnya
hukum perkawinan menjadi wajib, haram, sunnat, makruh adalah bergantung kepada
....
A. eksternal
B. rational
C. emosional
D. kondisional
34. Gharizah jinsiah merupakan faktor yang kuat terhadap seseorang
untuk melakukan perkawinan. Istilah Gharizah jinsial tersebut pengertiannya
sepadan dengan istilah dalam Al-qur’an yaitu ....
A. hubbud diin
B. hubbud dunya
C. hubbus syahawat
D. hubbul wathan
35. Secara psikologis perkawinan bertujuan untuk mewujudkan keterangan
jiwa dalam kehidupan berkeluarga, dalam Alqur’an surat Ar-Rum ayat 21 istilah
ketenangan jiwa disebut ....
A. sakinah
B. mawaddah
C. Rahmah
D. Syafaah
36. Insting manusia sebagai makhluk sosial untuk hidup bermasyarakat
yang tidak dapat dipungkiri. Dalam Al-qur’an manusia sebagai makhluk sosial
diistilahkan dengan kata ....
A. Al-insan
B. An-Naas
C. Al-Basyar
D. Al-Baab
37. Berikut ini adalah fungsi keturunan bagi manusia yang dikemukakan
oleh Al-Ghazali kecuali ....
A. mencari syafaat dengan kematian anak kecil,
apabila anak itu meninggal sebelum ia meninggal
B. mencari keberkatan doa anak yang sholeh sesudah meninggal dunia
C. mencari kecintaan Rasulullah SAW untuk membanyakkan orang dimana
dengan banyaknya itu beliau dapat membanggakan
D. mencari kecintaan dan pengganti peran untuk memberikan
kesejahteraan kepada orang tua apabila sudah tua renta
38. “Perempuan
dinikah karena empat hal karena cantiknya, hartanya keturunannya dan agamanya, pilihlah
karena agamanya, niscaya engkau mendapat keuntungan”. Pernyataan ini
diungkapkan dalam ....
A. logika
B. gaul ulama
C. hadist
D. Al-qur’an
39. Pertanyaan para nomor 38 secara tidak langsung memberikan isyarat
bahwa jangan sampai seorang muslim/muslimat nikah dengan orang yang berbeda
agama (musyrik). Hal ini diperkuat oleh Al-qur’an pada surat ....
A. Al-Baqarah ayat 221
B. Al-Baqarah ayat 220
C. Al-Baqarah ayat 219
D. Al-Baqarah ayat 218
40. Berikut ini adalah wanita-wanita yang harum dinikah, kecuali
....
A. ibu dan seterusnya ke atas
B. anak perempuan dan seterusnya ke bawah
C. anak perempuan dari saudara perempuan terus ke bawah
D. anak perempuan yang sudah yatim piatu
41. Berikut ini alasan-alasan tentang wanita-wanita yang haram
dinikahi, kecuali ....
A. karena sunnah Rasul
B. karena turunan
C. karena suatu perkawinan
D. karena susuan
42. Pernikahan dinyatakan syah apabila terkumpul rukunnya yaitu ....
A. calon pasangan-dua orang saksi-mahar dan ijabqabul
B. calon pasangan-dua orang saksi dan ijabqabul
C. calon pasangan-wali-dua orang saksi-mahar dan ijabqabul
D. calon pasangan-wali-mahar dan dua orang saksi
43. Perbuatan yang halal tapi dibenci Allah, dalam hukum Islam adalah
....
A. nikah
B. iddah
C. thalak
D. rujuk
44. Thalak yang dijatuhkan suami ketika istrinya sedang haid atau
sedang suci tetapi telah dicampuri, thalak jenis ini termasuk thalak ....
A. sunni
B. raj’i
C. sarih
D. bidh’i
45. Jika bekas istrinya bisa dirujuk kembali oleh bekas suaminya
dengan tidak memerlukan nikah kembali, maka tindakan demikian thalak ....
A. raj’i
B. sunni
C. sarih
D. bidh’i
46. Sesuai dengan peran dan tanggungjawab keluarga, perbandingan
pembagian kewarisan antara pria dan wanita adalah ....
A. dua berbanding satu
B. satu berbanding tiga
C. satu berbanding dua
D. dua berbanding tiga
47. Berikut ini beberapa hal yang harus didahulukan untuk dilakukan
sebelum harta waris (pusaka) dibagikan kepada ahli waris, kecuali ....
A. hak yang bersangkutan dengan harta itu
B. biaya pengurusan mayat
C. utang yang belum dibayar
D. memberikan hibah tanpa wasiat
48. Berikut ini adalah rukun wasiat yang harus dipenuhi, kecuali
....
A. yang berwasiat hendaknya mukallaf
B. sesuatu yang diwasiatkan dapat berpindah milik
C. lafadz wasiat dapat dipahami
D. tidak ada lafadz wasiat
49. Salah satu sebab yang menghalangi mendapat pusaka dari keluarga
yang meninggal dunia adalah ....
A. orang yang menuntut untuk diberi
B. orang yang keluar dari agama Islam
C. orang yang kaya
D. orang yang miskin
50. Berikut ini sebab-sebab mendapat harta waris (pusaka) pada masa
jahiliyah, kecuali ....
A. keturunan
B. anak angkat
C. perjanjian sumpah
D. perkawinan
51. Seseorang yang berhak memperoleh harta waris adalah ....
A. anak pungut
B. anak angkat
C. anak yang dipelihara dari kecil
D. anak kandung
52. Hukum
pembagian waris dalam agama Islam telah diatur dalam Al-Qur’an. Dalam surat
Al-Baqarah ayat 188, dinyatakan ....
A. dan janganlah sebagian kamu menimbun Harta sebagian yang lain
diantara kamu dengan jalan bathil
B. dan janganlah harta sebagian yang lain di jualbelikan diantara
kamu dengan jalan bathil
C. dan janganlah harta sebagian yang lain diberikan dengan jalan
bathil
D. dan janganlah harta waris itu dikuasai oleh seseorang
53. Orang-orang yang mungkin mendapat pusaka dari seseorang yang
meninggal dunia ada 25 orang dengan pembagian ....
A. 15 orang pihak laki-laki dan 10 orang dari pihak perempuan
B. 15 orang pihak perempuan dan 10 orang dari pihak laki-laki
C. 25 orang tidak mempertimbangkan jenis kelamin
D. jumlah 25 orang tidak menjadi kriteria
54. Jika 15 orang dari pihak laki-laki semua ada, maka yang mendapat
harta pusaka dari mereka adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. bapak
B. suami
C. anak laki-laki
D. anak perempuan
55. Jika 10 orang dari pihak perempuan ada semua, maka yang mendapat
harta waris dari mereka adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. isteri
B. anak perempuan
C. nenek
D. ibu
56. Jika seorang bapak meninggal dunia dan meninggalkan dua orang anak
perempuan atau lebih tanpa ada anak laki-laki, maka mereka mendapat harta
pusaka tersebut ....
A. 2/3 dari harta pusaka
B. 1/3 dari harta pusaka
C. 1/4 dari harta pusaka
D. 3/4 dari harta pusaka
57. Pertanyaan pada nomor 56, jawabannya berdasarkan Al-Qur’an pada
surat ....
A. An-Nisa 11
B. An-Nisa 10
C. An-Nisa 9
D. An-Nisa 8
58. Ahli waris yang mendapat 1/6 dari harta peninggalan adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. ibu dengan syarat tertentu
B. ibu tanpa syarat
C. bapak dari si mayat
D. saudara perempuan yang sebapak
59. Istilah Ashabah dalam ketentuan hukum waris, pengertiannya adalah
....
A. yang membagikan semua harta atau semua sisa
B. yang menghabiskan semua harta atau semua sisa
C. yang mengeluarkan semua harta atau semua sisa
D. yang membelanjakan semua harta atau semua sisa
60. Jika
seorang suami meninggal, dan meninggalkan isteri baik satu atau terbilang, anak
(laki-laki atau perempuan) atau anak dari anak laki-laki (laki-laki atau
perempuan), maka isteri yang ditinggalkan memperoleh bagian harta sebanyak ....
A. 1/5
B. 1/6
C. 1/7
D. 1/8
No comments:
Post a Comment