Cloud Hosting Indonesia

19 May, 2014

Soal Pendidikan Politik



TUGAS MANDIRI
PENDIDIKAN POLITIK
(PPKN4404)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 41,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pendidikan mempersiapkan individu untuk mengontrol dirinya sendiri dalam kehidupan masyarakat demokratis, pendapat dari ....
A.   John Dewey
B.   Rousseau
C.   Langeveld
D.   Chandler

2.   Pendidikan lebih memperhatikan pemupukan bakat anak, merupakan konsep model pendidikan ....          
A.   Muhammadiyah
B.   Taman Siswa
C.   INS Kayutanam
D.   Nasional setelah Indonesia merdeka
     
3.   Yang bukan merupakan konsepsi pendidikan nasional adalah ....
A.   pendidikan hanya berlangsung di sekolah
B.   pendidikan bersifat semesta
C.   pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan masyarakat
D.   pendidikan harus menjadi alat pelestarian dan pembangunan kebudayaan

4.   Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup, hal tersebut ditegaskan dalam ....
A.   SK Mendikjarbud No. 104/Bhg. 0 Th 1996
B.   UU RI No. 2 Th 1989
C.   Ketetapan MPR No. II/MPR/1983
D.   Ketetapan MPR No. IV/MPR/1973

5.   The Golden Rules  merupakan aturan atau tatacara kehidupan yang disosialisasikan oleh setiap keluarga pada anak, dikemukakan oleh ....
A.   Alfred
B.   Chandler
C.   L. Kohlberg
D.   Rousseau

6.   Menanamkan nilai-nilai dasar Pancasila pada generasi muda, merupakan salah satu tujuan dari pendidikan ....
A.   ilmu negara
B.   politik
C.   tatanegara
D.   hukum

7.   Faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnya Inpres No. 12 Th 1982 adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   proses nations and character building
B.   pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda
C.   proses regenerasi kepemimpinan bangsa
D.   pengkaderan tokoh-tokoh politik

8.   Kendala yang dihadapi dalam mengembang-kan nilai kejuangan antara lain ....
A.   keterbatasan dana
B.   sikap feodalisme
C.   formalisme
D.   individualisme

9.   Faktor-faktor pendorong nilai kreativitas adalah sebagai berikut ....
A.   solidaritas
B.   pengekangan
C.   sumberdaya manusia
D.   formalisme

10.   Politik merupakan suatu rangkaian asas/prinsip, keadaan serta jalan, cara dan alat yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, baik yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang, merupakan pengertian istilah politik ditinjau dari segi ....
A.   kepentingan
B.   sifatnya
C.   tingkat partisipasi
D.   jumlah pelaku

11.   Politik pada hakikatnya merupakan per-tarungan untuk kekuasaan, pendapat dari ....
A.   Karl W. Deutsch
B.   Talcott Parsons
C.   Peter Von Oertzen
D.   P. Vallcen burg

12.   Pendefinisian ilmu politik menurut hakikat kekuasaan dapat dibagi dalam beberapa golongan, salah satunya adalah pendekatan postulation dengan tokohnya ....
A.   Catlin
B.   Charles Merriam
C.   Laswell
D.   Schumann

13.   Di negara Jerman, Perancis dan Austria perkembangan ilmu politik memasuki abad kedelapan belas sangat dipengaruhi oleh ilmu ....
A.   pemerintahan
B.   sosiologi
C.   sosial
D.   hukum

14.   Salah satu ciri pendekatan tradisional adalah bersifat ....
A.   historis - yuridis
B.   sosiologis - psikologis
C.   empiris
D.   politis

15.   Ilmu politik harus bergerak menuju sebuah disiplin ilmu pengetahuan yang ilmiah, merupakan esensi dari pendekatan ....
A.   tradisional
B.   behavioral
C.   post behavioral
D.   relativisme nilai ilmiah

16.   Pendekatan tradisional bersifat filosofis, sedangkan pendekatan behavioral bersifat ....
A.   empiris
B.   praktis
C.   politis
D.   yuridis

17.   Peletak dasar atau pelopor bagi pendekatan post behavioral adalah pendekatan ....
A.   relativisme nilai ilmiah
B.   tradisional
C.   behavioral
D.   empirisme

18.   Pokok-pokok reaksi aliran post behavioral pada intinya adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   pengetahuan seseorang membawa dampak terhadap tindak dan perilakunya
B.   merupakan tugas para intelektual untuk mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan
C.   penelitian dengan mengembangkan nilai dan norma merupakan tugas ilmu hukum
D.   kesesuaian dengan masalah-masalah yang mendesak lebih penting daripada kecermatan penelitian

19.   Menurut Miriam Budiardjo, teori politik adalah bahasan dan renungan tentang ....
A.   tujuan dan kegiatan politik
B.   sejarah perkembangan ide-ide politik
C.   oranisasi dan administrasi internasional
D.   fungsi ekonomi dan sosial dari pemerintah

20.   Teori politik yang termasuk golongan teori normatif adalah ....
A.   filsafat politik
B.   sosiologi politik
C.   ekonomi politik
D.   sejarah politik

21.   Kekuasaan dapat bersumber dari berbagai segi, salah satunya adalah ....
A.   kekuatan fisik
B.   kecerdasan
C.   kebijakan
D.   kehormatan

22.   Tahap pertama dalam proses pengambilan keputusan adalah ....
A.   mengetahui atau mempelajari persoalan-persoalan yang perlu diambil keputusannya
B.   merumuskan persoalan/masalah dengan jelas
C.   membuat daftar tujuan yang akan dicapai
D.   mengetahui sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang disusun

23.   Pendidikan politik merupakan usaha yang sadar untuk mengubah proses sosialisasi politik masyarakat sehingga mereka memahami dan menghayati betul nilai-nilai yang terkandung dalam suatu sistem politik yang ideal yang hendak dibangun, pendapat dari ....
A.   A. Kosasih Djahiri
B.   A. Sudiharto Djiwandono
C.   Alfian
D.   Koentjaraningrat

24.   Organisasi politik pertama yang disebut-sebut sebagai organisasi modern di Indonesia adalah ....
A.   Budi utomo
B.   Serikat Islam
C.   Partai Nasional Indonesia
D.   Partai Indonesia

25.   Pendidikan politik bagi generasi muda harus menunjang terbinanya persatuan dan kesatuan bangsa serta menjamin stabilitas serta kepemimpinan nasional, hal tersebut sesuai dengan asas ....
A.   umum
B.   demokrasi
C.   keterpaduan
D.   manfaat

26.   Landasan historis dari pendidikan politik adalah ....
A.   Pancasila
B.   GBHN
C.   UUD 1945
D.   Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan

27.   Untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan politik secara optimal, proses pendidikan politik harus memperhatikan kaidah-kaidah sebagai berikut, kecuali ....
A.   bahan pengajaran harus bertitik tolak dari apa yang diketahui oleh masyarakat generasi muda
B.   pendekatan yang dipergunakan dalam pendidikan politik harus diperuntukkan bagi generasi muda
C.   program pendidikan politik harus ditekankan kepada faktor integrasi bangsa
D.   program pendidikan politik merupakan suatu kegiatan khusus suatu golongan saja

28.   Suasana yang perlu diciptakan untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan politik, antara lain ....
A.   aparatur negara harus bertindak sebagai teladan dalam tindakannya sehari-hari
B.   kebijakan pemerintah mencerminkan kepentingan golongan saja
C.   memimpin masyarakat berasal dari kalangan tertentu
D.   program pendidikan politik diperuntukkan khusus suatu golongan saja

29.   Alasan pentingnya pendidikan politik menurut Hasan Habib adalah ....
A.   keterlantaran pendidikan (politik) dalam keluarga
B.   sejarah bangsa Indonesia telah mengalami pengalaman pahit dalam kehidupan berbangsa
C.   pengaruh dari luar, terutama terhadap ideologi Pancasila menganut paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila
D.   Pendidikan politik yang berlangsung secara alamiah akan berkembang secara sendiri-sendiri sebab ia bersumber dari berbagai aspirasi politik yang berbeda

30.   Kesadaran politik adalah suatu kondisi psikologis yang tanggap terhadap hal ihwal negara, pendapat dari ....
A.   A. Kosasih Djahiri
B.   M. Taopan
C.   Ramdlon Naning
D.   Sudiharto Djiwandono

31.   Kesadaran atau kepatuhan yang tidak jelas dasar dan alasan atau orientasinya, merupakan salah satu tahap kesadaran yang bersifat ....
A.   anomous
B.   heteronomous
C.   sosionomous
D.   autonomous

32.   Partisipasi politik adalah kegiatan-kegiatan sukarela dari warga negara/masyarakat melalui mana mereka mengambil bagian dari proses pemilihan penguasa dan secara langsung atau tidak dalam proses pembentukan kebijakan umum, merupakan pendapat ....
A.   Joan M. Selson
B.   Herbert Mc Closky
C.   Nouman H. Nie
D.   Samuel P. Huntington

33.   Partisipasi dapat dikelompokkan dalam dua kelompok, yakni partisipasi yang otonom dan partisipasi yang dimobilisasi, hal tersebut ditinjau dari ....
A.   tingkatannya
B.   sifatnya
C.   jumlah pelakunya
D.   tujuannya

34.   Pengajaran hendaknya bersifat humanistik, yaitu suatu pola berpikir dan pola kerja yang dilakukan dengan cara ....
A.   menciptakan suasana kelas yang akrab penuh kekeluargaan
B.   menerapkan asas Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
C.   menerapkan asas multimetode, multi-media, dan multievaluasi
D.   memberi kesempatan berpartisipasi dan berekspresi dalam jalur dan arah yang sesuai dengan bahan yang diajarkan

35.   Pendidikan politik menekankan penanaman nilai-nilai tertentu yang dilakukan melalui indoktrinasi dan aksositori, merupakan tahapan ....
A.   patriotic/ traditional political education
B.   institutional political education
C.   behavioristic political education
D.   profesional political education

36.   Dalam pendekatan evokasi, siswa diberi kebebasan penuh untuk mengemukakan tanggapan dan perasaannya terhadap sesuatu yang diberikan guru, sedangkan dalam pendekatan sugesti terarah ....
A.   siswa melalui stimulasi yang direncanakan digiring secara halus menuju suatu kesimpulan atau pendapat yang sudah ditentukan
B.   siswa melalui suatu kegiatan tertentu dituntut untuk mengklasifikasi dirinya atau nilai-nilai orang lain
C.   siswa diminta mengklasifikasikan dirinya serta meningkatkan nilai moralnya melalui dialog antarpotensi dirinya
D.   siswa diajak menganalisis nilai yang ada dalam suatu media atau stimulus mulai dari analisis seadanya sampai pengkajian secara akurat

37.   Pertumbuhan dan perkembangan kepribadian manusia (anak remaja) dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor intern, yang meliputi ....
A.   tingkat kematangan berpikir
B.   pergaulan
C.   masyarakat
D.   lingkungan sosial

38.   Yang termasuk pada kategori generasi muda ialah golongan manusia yang berusia ....
        A.   12 - 20 tahun
B.   13 - 25 tahun
C.   14 - 27 tahun
D.   15 - 30 tahun

39.   Pengembangan sebagai insan sosial budaya, insan sosial politik dan sebagai insan patriot pembela bangsa, merupakan arah orientasi ....
A.   ke atas kepada Tuhan Yang Maha Esa
B.   ke dalam terhadap dirinya sendiri
C.   ke luar terhadap lingkungan
D.   ke samping terhadap kehidupan politik bangsa
     

40.   Untuk meningkatkan kesadaran warga negara akan hak, kewajiban serta tanggung jawabnya, maka pelaksanaan pendidikan politik perlu memperhatikan hal-hal berikut, kecuali ....
A.   contoh dan keteladanan merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan proses pendidikan politik
B.   pendidikan politik merupakan monopoli pemerintah
C.   pemerintah mengambil prakarsa untuk lebih menggiatkan pelaksanaan pendidikan politik
D.   nilai-nilai akan tetap berjalan secara alami

41.   Yang termasuk lembaga politik menurut UNESCO 1950 meliputi ....
A.   Ketetapan
B.   Keputusan
C.   Garis-Garis Besar Haluan Negara
D.   Undang-Undang Dasar


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   42   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
42.   Sumber masyarakat menurut B.J. Chandler meliputi ....
1)   bentuk pemerintahan
2)   sistem ekonomi
3)   kesehatan

43.   Materi pendidikan politik perlu memfokuskan terhadap ....
1)   nilai-nilai moral dan etika
2)   nilai-nilai keilmuan
3)   organisasi, kepemimpinan dan mana-jemen

44.   Berkenaan dengan mekanisme pelaksanaan program OKP pada umumnya diusahakan langkah-langkah sebagai berikut ....
1)   evaluasi melalui rapat harian terhadap pelaksanaan program
2)   rapat kerja menjabarkan ketetapan ke dalam bentuk program kerja yang operasional
3)   rapat presidium menyiapkan kerja organisasi tiap minggu

45.   Bidang garapan ilmu politik menurut Cenley H. Dillon, meliputi ....
1)   teori politik
2)   administrasi negara
3)   perbandingan politik

46.   Kajian ilmu politik menurut Carlton Clymer Rodee, meliputi ....
1)   politik legislatif
2)   filsafat politik
3)   proses eksekutif

47.   Ilmu politik menurut Miriam Budiardjo dibagi beberapa bidang, antara lain ....
1)   Undang-Undang Dasar
2)   Pemerintah Nasional
3)   Hukum Internasional

48.   Pada intinya ruang lingkup ilmu politik meliputi ....
1)   filsafat dan teori politik
2)   hukum dan lembaga-lembaga internasional
3)   struktur dan lembaga-lembaga politik

49.   Negara memiliki sifat-sifat khusus dalam rangka mewujudkan tujuannya, yaitu ....
1)   memaksa
2)   monopoli
3)   mencakup semua

50.   Unsur-unsur pokok yang harus dimiliki oleh suatu negara adalah ....
1)   wilayah
2)   penduduk
3)   kedaulatan

51.   Contoh kebijakan negara antara lain ....
1)   memelihara ketertiban umum
2)   mengorganisir berbagai aktivitas
3)   menyelenggarakan kesejahteraan rakyat

52.   Tujuan pendidikan politik menurut Inpres No. 12 Th 1982 adalah ....
1)   secara sadar taat pada hukum dan UUD
2)   berpandangan jauh ke depan
3)   sadar akan perlunya pemeliharaan lingkungan

53.   Kelemahan metode penugasan antara lain sulit dikontrol, memberi rasa beban pada siswa, hanya dikerjakan oleh sebagian siswa saja, sedangkan kelemahan metode tanya-jawab adalah ....
1)   memerlukan waktu yang cukup lama
2)   memberikan rasa was-was dan takut pada siswa
3)   membuat siswa verbalisme
54.   Masalah-masalah umum yang dihadapi generasi muda menurut hasil seminar nasional pembinaan generasi muda Indonesia, adalah ....
1)   kekurangpastian generasi muda terhadap hari depannya
2)   terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia bagi generasi muda
3)   pergaulan bebas diantara muda-mudi yang menunjukkan gejala penyimpangan moral

55.   Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah maupun badan/organisasi masyarakat dalam membina pertumbuhan dan perkembangan kepribadian remaja, adalah ....
1)   organisasi karang taruna
2)   kegiatan pramuka
3)   senat mahasiswa

56.   Ciri aspek intelek dan kejiwaan adalah ....
1)   mampu mengambil prakarsa, inovatif dan kreatif
2)   bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3)   berjiwa mantap, seimbang dan selaras

57.   Kelompok jalur utama, terdiri atas jalur ....
1)   keluarga
2)   generasi muda
3)   masyarakat

58.   Taraf pertama dalam penahapan kemajuan yang akan diperoleh dalam pendidikan politik meliputi ....
1)   pengetahuan
2)   pengertian
3)   penerimaan

59.   Dalam kehidupan berkelompok dan dalam hubungannya dengan manusia lainnya (bermasyarakat), pada dasarnya setiap manusia menginginkan beberapa nilai, yaitu ....
1)   kekuasaan
2)   kekayaan
3)   pendidikan

60.   Fungsi partai politik adalah sebagai sarana ....
1)   komunikasi politik
2)   sosialisasi politik
3)   pengatur konflik

No comments:

Post a Comment