TUGAS MANDIRI
PENDIDIKAN POLITIK
(PPKN4404)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 41, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pendidikan mempersiapkan individu untuk
mengontrol dirinya sendiri dalam kehidupan masyarakat demokratis, pendapat dari
....
A. John Dewey
B. Rousseau
C. Langeveld
D. Chandler
2. Pendidikan lebih memperhatikan pemupukan
bakat anak, merupakan konsep model pendidikan ....
A. Muhammadiyah
B. Taman Siswa
C. INS Kayutanam
D. Nasional setelah Indonesia merdeka
3. Yang bukan merupakan konsepsi pendidikan
nasional adalah ....
A. pendidikan hanya berlangsung di sekolah
B. pendidikan bersifat semesta
C. pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan
dan masyarakat
D. pendidikan harus menjadi alat pelestarian dan
pembangunan kebudayaan
4. Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar
untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan
berlangsung seumur hidup, hal tersebut ditegaskan dalam ....
A. SK Mendikjarbud No. 104/Bhg. 0 Th 1996
B. UU RI No. 2 Th 1989
C. Ketetapan MPR No. II/MPR/1983
D. Ketetapan MPR No. IV/MPR/1973
5. The
Golden Rules merupakan aturan atau
tatacara kehidupan yang disosialisasikan oleh setiap keluarga pada anak,
dikemukakan oleh ....
A. Alfred
B. Chandler
C. L. Kohlberg
D. Rousseau
6. Menanamkan nilai-nilai dasar Pancasila pada
generasi muda, merupakan salah satu tujuan dari pendidikan ....
A. ilmu negara
B. politik
C. tatanegara
D. hukum
7. Faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnya
Inpres No. 12 Th 1982 adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. proses nations and character building
B. pentingnya pendidikan politik bagi generasi
muda
C. proses regenerasi kepemimpinan bangsa
D. pengkaderan tokoh-tokoh politik
8. Kendala yang dihadapi dalam mengembang-kan
nilai kejuangan antara lain ....
A. keterbatasan dana
B. sikap feodalisme
C. formalisme
D. individualisme
9. Faktor-faktor pendorong nilai kreativitas
adalah sebagai berikut ....
A. solidaritas
B. pengekangan
C. sumberdaya manusia
D. formalisme
10. Politik merupakan suatu rangkaian
asas/prinsip, keadaan serta jalan, cara dan alat yang akan digunakan untuk
mencapai tujuan tertentu, baik yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang,
merupakan pengertian istilah politik ditinjau dari segi ....
A. kepentingan
B. sifatnya
C. tingkat partisipasi
D. jumlah pelaku
11. Politik pada hakikatnya merupakan per-tarungan untuk kekuasaan,
pendapat dari ....
A. Karl W. Deutsch
B. Talcott Parsons
C. Peter Von Oertzen
D. P. Vallcen burg
12. Pendefinisian ilmu politik menurut hakikat kekuasaan dapat dibagi
dalam beberapa golongan, salah satunya adalah pendekatan postulation dengan
tokohnya ....
A. Catlin
B. Charles Merriam
C. Laswell
D. Schumann
13. Di negara Jerman, Perancis dan Austria perkembangan ilmu politik
memasuki abad kedelapan belas sangat dipengaruhi oleh ilmu ....
A. pemerintahan
B. sosiologi
C. sosial
D. hukum
14. Salah satu ciri pendekatan tradisional adalah bersifat ....
A. historis - yuridis
B. sosiologis - psikologis
C. empiris
D. politis
15. Ilmu politik harus bergerak menuju sebuah disiplin ilmu
pengetahuan yang ilmiah, merupakan esensi dari pendekatan ....
A. tradisional
B. behavioral
C. post behavioral
D. relativisme nilai ilmiah
16. Pendekatan tradisional bersifat filosofis, sedangkan pendekatan
behavioral bersifat ....
A. empiris
B. praktis
C. politis
D. yuridis
17. Peletak dasar atau pelopor bagi pendekatan post behavioral adalah
pendekatan ....
A. relativisme nilai ilmiah
B. tradisional
C. behavioral
D. empirisme
18. Pokok-pokok reaksi aliran post behavioral pada intinya adalah
sebagai berikut, kecuali ....
A. pengetahuan seseorang membawa dampak terhadap tindak dan
perilakunya
B. merupakan tugas para intelektual untuk mempertahankan nilai-nilai
kemanusiaan
C. penelitian dengan mengembangkan nilai dan norma merupakan tugas
ilmu hukum
D. kesesuaian dengan masalah-masalah yang mendesak lebih penting
daripada kecermatan penelitian
19. Menurut Miriam Budiardjo, teori politik adalah bahasan dan
renungan tentang ....
A. tujuan dan kegiatan politik
B. sejarah perkembangan ide-ide politik
C. oranisasi dan administrasi internasional
D. fungsi ekonomi dan sosial dari pemerintah
20. Teori politik yang termasuk golongan teori normatif adalah ....
A. filsafat politik
B. sosiologi politik
C. ekonomi politik
D. sejarah politik
21. Kekuasaan dapat bersumber dari berbagai segi, salah satunya adalah
....
A. kekuatan fisik
B. kecerdasan
C. kebijakan
D. kehormatan
22. Tahap pertama dalam proses pengambilan keputusan adalah ....
A. mengetahui atau mempelajari persoalan-persoalan yang perlu diambil
keputusannya
B. merumuskan persoalan/masalah dengan jelas
C. membuat daftar tujuan yang akan dicapai
D. mengetahui sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan
yang disusun
23. Pendidikan politik merupakan usaha yang sadar untuk mengubah
proses sosialisasi politik masyarakat sehingga mereka memahami dan menghayati
betul nilai-nilai yang terkandung dalam suatu sistem politik yang ideal yang
hendak dibangun, pendapat dari ....
A. A. Kosasih Djahiri
B. A. Sudiharto Djiwandono
C. Alfian
D. Koentjaraningrat
24. Organisasi politik pertama yang disebut-sebut sebagai organisasi
modern di Indonesia adalah ....
A. Budi utomo
B. Serikat Islam
C. Partai Nasional Indonesia
D. Partai Indonesia
25. Pendidikan politik bagi generasi muda harus menunjang terbinanya
persatuan dan kesatuan bangsa serta menjamin stabilitas serta kepemimpinan
nasional, hal tersebut sesuai dengan asas ....
A. umum
B. demokrasi
C. keterpaduan
D. manfaat
26. Landasan historis dari pendidikan politik adalah ....
A. Pancasila
B. GBHN
C. UUD 1945
D. Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan
27. Untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan politik secara
optimal, proses pendidikan politik harus memperhatikan kaidah-kaidah sebagai
berikut, kecuali ....
A. bahan pengajaran harus bertitik tolak dari apa yang diketahui oleh
masyarakat generasi muda
B. pendekatan yang dipergunakan dalam pendidikan politik harus
diperuntukkan bagi generasi muda
C. program pendidikan politik harus ditekankan kepada faktor
integrasi bangsa
D. program pendidikan politik merupakan suatu kegiatan khusus suatu
golongan saja
28. Suasana yang perlu diciptakan untuk menunjang tercapainya tujuan
pendidikan politik, antara lain ....
A. aparatur negara harus bertindak sebagai teladan dalam tindakannya
sehari-hari
B. kebijakan pemerintah mencerminkan kepentingan golongan saja
C. memimpin masyarakat berasal dari kalangan tertentu
D. program pendidikan politik diperuntukkan khusus suatu golongan
saja
29. Alasan pentingnya pendidikan politik menurut Hasan Habib adalah
....
A. keterlantaran pendidikan (politik) dalam keluarga
B. sejarah bangsa Indonesia telah mengalami pengalaman pahit dalam
kehidupan berbangsa
C. pengaruh dari luar, terutama terhadap ideologi Pancasila menganut
paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila
D. Pendidikan politik yang berlangsung secara alamiah akan berkembang
secara sendiri-sendiri sebab ia bersumber dari berbagai aspirasi politik yang
berbeda
30. Kesadaran politik adalah suatu kondisi psikologis yang tanggap
terhadap hal ihwal negara, pendapat dari ....
A. A. Kosasih Djahiri
B. M. Taopan
C. Ramdlon Naning
D. Sudiharto Djiwandono
31. Kesadaran atau kepatuhan yang tidak jelas dasar dan alasan atau
orientasinya, merupakan salah satu tahap kesadaran yang bersifat ....
A. anomous
B. heteronomous
C. sosionomous
D. autonomous
32. Partisipasi politik adalah kegiatan-kegiatan sukarela dari warga
negara/masyarakat melalui mana mereka mengambil bagian dari proses pemilihan
penguasa dan secara langsung atau tidak dalam proses pembentukan kebijakan
umum, merupakan pendapat ....
A. Joan M. Selson
B. Herbert Mc Closky
C. Nouman H. Nie
D. Samuel P. Huntington
33. Partisipasi dapat dikelompokkan dalam dua kelompok, yakni
partisipasi yang otonom dan partisipasi yang dimobilisasi, hal tersebut
ditinjau dari ....
A. tingkatannya
B. sifatnya
C. jumlah pelakunya
D. tujuannya
34. Pengajaran hendaknya bersifat humanistik, yaitu suatu pola
berpikir dan pola kerja yang dilakukan dengan cara ....
A. menciptakan suasana kelas yang akrab penuh kekeluargaan
B. menerapkan asas Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
C. menerapkan asas multimetode, multi-media, dan multievaluasi
D. memberi kesempatan berpartisipasi dan berekspresi dalam jalur dan
arah yang sesuai dengan bahan yang diajarkan
35. Pendidikan politik menekankan penanaman nilai-nilai tertentu yang
dilakukan melalui indoktrinasi dan aksositori, merupakan tahapan ....
A. patriotic/ traditional political education
B. institutional political education
C. behavioristic political education
D. profesional political education
36. Dalam pendekatan evokasi, siswa diberi kebebasan penuh untuk
mengemukakan tanggapan dan perasaannya terhadap sesuatu yang diberikan guru,
sedangkan dalam pendekatan sugesti terarah ....
A. siswa melalui stimulasi yang direncanakan digiring secara halus
menuju suatu kesimpulan atau pendapat yang sudah ditentukan
B. siswa melalui suatu kegiatan tertentu dituntut untuk
mengklasifikasi dirinya atau nilai-nilai orang lain
C. siswa diminta mengklasifikasikan dirinya serta meningkatkan nilai
moralnya melalui dialog antarpotensi dirinya
D. siswa diajak menganalisis nilai yang ada dalam suatu media atau
stimulus mulai dari analisis seadanya sampai pengkajian secara akurat
37. Pertumbuhan dan perkembangan kepribadian manusia (anak remaja)
dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor intern, yang
meliputi ....
A. tingkat kematangan berpikir
B. pergaulan
C. masyarakat
D. lingkungan sosial
38. Yang termasuk pada kategori generasi muda ialah golongan manusia
yang berusia ....
A. 12 - 20 tahun
B. 13 - 25 tahun
C. 14 - 27 tahun
D. 15 - 30 tahun
39. Pengembangan sebagai insan sosial budaya, insan sosial politik dan
sebagai insan patriot pembela bangsa, merupakan arah orientasi ....
A. ke atas kepada Tuhan Yang Maha Esa
B. ke dalam terhadap dirinya sendiri
C. ke luar terhadap lingkungan
D. ke samping terhadap kehidupan politik bangsa
40. Untuk meningkatkan kesadaran warga negara akan hak, kewajiban
serta tanggung jawabnya, maka pelaksanaan pendidikan politik perlu
memperhatikan hal-hal berikut, kecuali ....
A. contoh dan keteladanan merupakan faktor yang sangat menentukan
keberhasilan proses pendidikan politik
B. pendidikan politik merupakan monopoli pemerintah
C. pemerintah mengambil prakarsa untuk lebih menggiatkan pelaksanaan
pendidikan politik
D. nilai-nilai akan tetap berjalan secara alami
41. Yang termasuk lembaga politik menurut UNESCO 1950 meliputi ....
A. Ketetapan
B. Keputusan
C. Garis-Garis Besar Haluan Negara
D. Undang-Undang Dasar
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 42
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
42. Sumber masyarakat menurut B.J. Chandler meliputi ....
1) bentuk pemerintahan
2) sistem ekonomi
3) kesehatan
43. Materi pendidikan politik perlu memfokuskan terhadap ....
1) nilai-nilai moral dan etika
2) nilai-nilai keilmuan
3) organisasi, kepemimpinan dan mana-jemen
44. Berkenaan dengan mekanisme pelaksanaan program OKP pada umumnya
diusahakan langkah-langkah sebagai berikut ....
1) evaluasi melalui rapat harian terhadap pelaksanaan program
2) rapat kerja menjabarkan ketetapan ke dalam bentuk program kerja
yang operasional
3) rapat presidium menyiapkan kerja organisasi tiap minggu
45. Bidang garapan ilmu politik menurut Cenley H. Dillon, meliputi
....
1) teori politik
2) administrasi negara
3) perbandingan politik
46. Kajian ilmu politik menurut Carlton Clymer Rodee, meliputi ....
1) politik legislatif
2) filsafat politik
3) proses eksekutif
47. Ilmu politik menurut Miriam Budiardjo dibagi beberapa bidang,
antara lain ....
1) Undang-Undang Dasar
2) Pemerintah Nasional
3) Hukum Internasional
48. Pada intinya ruang lingkup ilmu politik meliputi ....
1) filsafat dan teori politik
2) hukum dan lembaga-lembaga internasional
3) struktur dan lembaga-lembaga politik
49. Negara memiliki sifat-sifat khusus dalam rangka mewujudkan
tujuannya, yaitu ....
1) memaksa
2) monopoli
3) mencakup semua
50. Unsur-unsur pokok yang harus dimiliki oleh suatu negara adalah
....
1) wilayah
2) penduduk
3) kedaulatan
51. Contoh kebijakan negara antara lain ....
1) memelihara ketertiban umum
2) mengorganisir berbagai aktivitas
3) menyelenggarakan kesejahteraan rakyat
52. Tujuan pendidikan politik menurut Inpres No. 12 Th 1982 adalah
....
1) secara sadar taat pada hukum dan UUD
2) berpandangan jauh ke depan
3) sadar akan perlunya pemeliharaan lingkungan
53. Kelemahan metode penugasan antara lain sulit dikontrol, memberi
rasa beban pada siswa, hanya dikerjakan oleh sebagian siswa saja, sedangkan
kelemahan metode tanya-jawab adalah ....
1) memerlukan waktu yang cukup lama
2) memberikan rasa was-was dan takut pada siswa
3) membuat siswa verbalisme
54. Masalah-masalah umum yang dihadapi generasi muda menurut hasil
seminar nasional pembinaan generasi muda Indonesia, adalah ....
1) kekurangpastian generasi muda terhadap hari depannya
2) terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia bagi generasi muda
3) pergaulan bebas diantara muda-mudi yang menunjukkan gejala
penyimpangan moral
55. Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah maupun badan/organisasi
masyarakat dalam membina pertumbuhan dan perkembangan kepribadian remaja,
adalah ....
1) organisasi karang taruna
2) kegiatan pramuka
3) senat mahasiswa
56. Ciri aspek intelek dan kejiwaan adalah ....
1) mampu mengambil prakarsa, inovatif dan kreatif
2) bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3) berjiwa mantap, seimbang dan selaras
57. Kelompok jalur utama, terdiri atas jalur ....
1) keluarga
2) generasi muda
3) masyarakat
58. Taraf pertama dalam penahapan kemajuan yang akan diperoleh dalam
pendidikan politik meliputi ....
1) pengetahuan
2) pengertian
3) penerimaan
59. Dalam kehidupan berkelompok dan dalam hubungannya dengan manusia
lainnya (bermasyarakat), pada dasarnya setiap manusia menginginkan beberapa
nilai, yaitu ....
1) kekuasaan
2) kekayaan
3) pendidikan
60. Fungsi partai politik adalah sebagai sarana ....
1) komunikasi politik
2) sosialisasi politik
3) pengatur konflik
No comments:
Post a Comment