Cloud Hosting Indonesia

03 May, 2014

Soal Pengajaran Keterampilan Berbahasa



TUGAS MANDIRI
PENGAJARAN KETERAMPILAN
BERBAHASA
(PISA4372)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  33, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Dari ilustrasi kegiatan berikut ini, yang menunjukkan pengajaran tentang keterampil-an berbahasa adalah
A.   Di kelas Bu Ani mengajarkan pokok bahasan memparafrase puisi. Untuk itu, ia memulai dengan penjelasan tentang arti parafrase puisi dan memberikan contohnya. Kemudian Bu Ani membagi-kan dalam kelompok sebuah puisi lain untuk mereka bahas. Sebelum pelajaran dimulai berakhir Bu Ani meminta mereka untuk melaporkan hasil parafrase puisi kelompok mereka di depan kelas.
B.   Pak Ali mengajarkan pokok bahasa mengembangkan paragraf. Ia langsung memberikan ide pokok kepada setiap siswa untuk dipraktikkan. Hal tersebut dilakukan karena penjelasan tentang cara mengembangkan paragraf sudah ada di buku paket. Kemudian Pak Ali tadi minta beberapa siswanya untuk menuliskan paragraf tadi berdasarkan kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas dan didis-kusikan secara bersama-sama.
C.   Pak Koko mengajarkan keterampilan menulis notulen rapat. Ia langsung memberi tugas bahwa sekarang di kelas tersebut sedang rapat OSIS yang membicarakan topik acara Bulan Bahasa.  Beberapa siswa ditunjuk untuk menjadi ketua OSIS, seksi-seksi yang menunjang acara tersebut, dan notulis rapat. Setelah itu Pak Koko membagi kelas menjadi 4 kelompok untuk menyusun laporan dari notulen rapat tadi dan melaporkan hasil diskusi kelompok tadi ke depan kelas.

D.   Bu Dewi mengajarkan membaca berbagai bacaan, menemukan macam-macam pola pengembangannya, pengakhiran, atau penyimpulannya. Ia memulai menerangkan teknik membaca berbagai bacaan dan cara-cara menemukan pola pengembangan dan pengakhiran bacaan tersebut, serta menunjukkan cara penyimpulannya. Untuk keperluan tersebut Bu Dewi memberikan contoh-contoh bacaan dengan contoh pola pengembangan dan pengakhiran, serta penyimpulannya. Dari kegiatan tersebut siswa-siswa Bu Dewi dapat memahami dengan baik cara membaca berbagai bacaan.

2.   Kegiatan berikut ini yang sesuai dengan pengajaran dalam pokok bahasan menyusun kalimat dalam atau poster adalah
A.   mencari iklan atau poster.
B.   penugasan penulisan iklan atau poster.
C.   membuat kliping iklan lowong pekerjaan.
D.   menjelaskan teknik membuat iklan atau poster.
     
3.   Manfaat pengajaran keterampilan berbahasa untuk pembelajar adalah, kecuali
A.   melatih kemampuan mengungkapkan perasaan ikut berduka cita.
B.   melatih kemampuan menyatakan pujian atas keberhasilan teman yang mendapat bea siswa.
C.   melatih kemampuan menonton per-tunjukan drama.
D.   melatih kemampuan menata hubungan logis dalam paragraf.

4.   Selain buku teks yang merupakan sumber materi pembelajar keterampilan berbahasa adalah, kecuali
A.   kalender.
B.   pengalaman berbahasa.
C.   jurnal.
D.   novel.

5.   Materi pembelajaran keterampilan berbahasa dapat dibedakan atas macam-macam hal berikut, kecuali
A.   fakta.
B.   konsep.
C.   organisasi.
D.   prosedur.

6.   Kegiatan menafsir pada keterampilan proses dalam pengajaran bahasa Indonesia ditunjukkan dengan kegiatan
A.   memperhatikan dan mencoba memahami apa yang disampaikan atau dibicarakan orang.
B.   membuat kalimat baru sesuai sesuai dengan contoh.
C.   mencoba memberi makna terhadap apa yang diamati dan mengatakannya kembali secara lisan maupun tulis.
D.   menyusun pertanyaan-pertanyaan men-jadi sebuah keterangan.

7.   Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusun-an buku teks adalah, kecuali
A.   kesejajaran dengan buku teks.
B.   berlandaskan pada ilmu jiwa belajar bahasa.
C.   penentuan atau pembatasan bahan.
D.   berdasarkan pada linguistik dan linguistik terapan.

8.   Ruang lingkup materi penyusunan buku teks bahasa Indonesia berdasarkan atas
A.   keterampilan reseptif dan produktif.
B.   keterampilan memahami bahasa lisan dan tulis.
C.   keterampilan memproduksi bahasa lisan dan tulis.
D.   keterampilan memahami dan mem-produksi bahasa tulis.

9.   Rumusan tujuan umum pembelajaran yang termasuk penguasaan adalah
A.   siswa mampu menjawab pertanyaan dengan kalimat lengkap.
B.   siswa mampu mencari informasi dari berbagai sumber.
C.   siswa mampu menyampaikan gagasan atau pengalaman.
D.   siswa mampu menulis pesan tertulis untuk berbagai keperluan.

10.   Rumusan tujuan umum pembelajaran yang termasuk penggunaan adalah
A.   siswa mampu membahas karangan yang dibuat dan menyempurnakan karangan berdasarkan hasil pembahasan.
B.   siswa mampu menarik suatu kesimpulan dari informasi yang disajikan.
C.   siswa mampu menyampaikan gagasan, pendapat, atau pengalaman dalam bentuk ceramah.
D.   siswa mampu menemukan kata-kata yang mengalami perkembangan dan perubahan makna dalam bacaan.

11.   Rumusan tujuan umum pembelajaran yang termasuk pemahaman adalah
A.   siswa mampu membaca tajuk rencana surat kabar untuk mengetahui maksud, tujuan, atau pandangan redaksi dan menanggapinya.
B.   siswa mampu menyusun kerangka karangan  dan mengembangkannya.
C.   siswa mampu menulis pengalaman yang menarik dalam bentuk drama.
D.   siswa mampu menggunakan definisi, istilah, dan ungkapan dalam makalah untuk menyampaikan gagasan, pendapat, maupun pengalaman.

12.   Perubahan makna kata tentang contoh-contoh amelioratif, peyorasi, sintesia, dan asosiasi adalah
A.   prinsip kebahasaan.
B.   fakta kebahasaan.
C.   prinsip kesastraan.
D.   fakta kesastraan.

13.   Contoh menanggapi cerpen, membuat syair, dan menganalisis naskah drama adalah
A.   prinsip kesastraan.
B.   prinisp kebahasaan.
C.   fakta kesastraan.
D.   fakta kebahasaan.

14.   Tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa sesuai dengan rumusan tujuan terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 dan dituangkan dalam GBHN adalah
A.   tujuan pendidikan nasional.
B.   tujuan kurikuler.
C.   tujuan pendidikan dan pengajaran.
D.   tujuan pembelajaran umum.




15.   Yang dimaksud dengan behavior pada komponen TIK adalah
A.   tingkat keberhasilan yang harus dipenuhi atau ukuran yang menunjukkan bahwa siswa telah mencapai tujuan khusus.
B.   tingkah laku yang diharapkan dapat dikerjakan oleh warga belajar setelah berakhir program pengajaran tertentu.
C.   dapat menyebutkan dua contoh kata benda, dapat menuliskan satu definisi kalimat majemuk, dan dapat menerang-kan komponen TIK/TPK.
D.   keadaan yang berupa syarat yang harus dipenuhi pada saat tingkah laku dilakukan warga belajar ketika perbuatan tersebut dievaluasi.

16.   Kegiatan pembelajaran seperti motivasi, apersepsi, dan pretes terdapat pada kegiatan pembelajaran
A.   pendahuluan.
B.   inti.
C.   penyampaian materi.
D.   penutup.

17.   Peristiwa, bahan, atau bahkan alat yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa untuk menerima pengetahuan keterampilan dan sikap disebut
A.   lingkungan pembelajaran.
B.   kondisi pembelajaran.
C.   media pembelajaran.
D.   bahan pembelajaran.

18.   Kegiatan yang bertujuan untuk memantapkan pemahaman peserta terhadap materi atau pesan pengajaran yang hendak disampaikan melalui media disebut prosedur
A.   persiapan.
B.   penyajian.
C.   penerimaan.
D.   tindak lanjut.

19.   Pada saat guru menetapkan apakah media tersebut dapat digunakan secara individual atau berkelompok disebut prosedur
A.   persiapan.
B.   penyajian.
C.   penerimaan.
D.   tindak lanjut.

20.   Fungsi laboratorium dalam pembelajaran bahasa adalah sebagai berikut, kecuali
A.   membantu pengajar bahasa Indonesia penutur asli untuk menyajikan lafal yang tepat.
B.   memberikan kemungkinan pengajar melakukan pembetulan dan penilaian secara langsung dan objektif berdasarkan perilaku bahasa yang ditampilkan.
C.   sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar bahasa Indonesia.
D.   membantu kegiatan pembelajar/berlatih tanpa sepengetahuannya.

21.   Peranan laboratorium yang merupakan teaching aids bercirikan sebagai berikut, kecuali
A.   materi laboratorium dipilih sesuai dengan kebutuhan.
B.   materi dan segala prosedurnya telah tersedia dalam rekaman-rekaman.
C.   laboratorium merupakan tambahan alat.
D.   pengajar betul-betul pengajar pembelajar.

22.   Sasaran pembelajaran bahasa terlihat sebagai penguasaan unsur-unsur sistem yang pada umumnya dibatasi dalam kesatuan-kesatuan, fonologis, gramatikal, operasi gramatikal, dan butir leksikal. Hal tersebut merupakan teori bahasa menurut pandangan
A.   tradisional.
B.   struktural.
C.   fungsional.
D.   interaksional.

23.   Bahasa merupakan wahana bagi realisasi hubungan antarpribadi dan bagi performansi transaksi-transaksi sosial di antara para individu. Hal tersebut merupakan teori bahasa menurut pandangan
A.   tradisional.
B.   struktural.
C.   interaksional.
D.   fungsional.

24.   Berikut ini yang termasuk komponen kemampuan reseptif adalah
A.   berbicara dan membaca.
B.   menyimak dan membaca.
C.   menyimak dan berbicara.
D.   membaca dan menulis.

25.   Pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi struktur dan kosakata termasuk dalam komponen
A.   pemahaman.
B.   kebahasaan.
C.   penggunaan.
D.   kesastraan.

26.   Siswa diperdengarkan pembacaan puisi oleh W.S. Rendra. Kemudian siswa diajak mem-bahas tema dan isi puisi tersebut, lalu siswa diminta untuk memparafrasekan puisi tadi. Kegiatan berbahasa tersebut memadukan keterampilan
A.   membaca - berbicara - kesastraan.
B.   menyimak - berbicara - menulis.
C.   berbicara - menulis - membaca.
D.   membaca - berbicara - menulis.

27.   Keterampilan berbahasa berikut yang termasuk keterampilan berbahasa reseptif adalah
A.   mendengarkan siaran berita, memberikan sambutan di depan rapat RT.
B.   membaca koran, memparafrasekan puisi Taufik Ismail.
C.   menonton siaran langsung sidang Tahunan MPR, menikmati musik dangdut.
D.   berdeklamasi di depan kelas, membuat laporan hasil kunjungan wisata.

28.   Siswa diperkenalkan dengan sikap gemar membaca untuk kesenangan dan hiburan adalah jenjang ke-
A.   2.
B.   3.
C.   4.
D.   5.

29.   Siswa mulai percaya diri dalam kemampuan membaca dengan berani mengambil buku, majalah, ataupun koran dan mulai membaca untuk kepentingan dan kesenangan diri sendiri termasuk jenjang ke-
A.   6.
B.   5.
C.   4.
D.   3.

30.   Jumlah tingkat kegiatan membaca dalam jenjang pelatihan keterampilan membaca menurut Wilga Rivers adalah
A.   3.
B.   4.
C.   5.
D.   6.

31.   Teknik pembelajaran keterampilan membaca pada tahap paling awal adalah
A.   diperkenalkan dengan sikap untuk gemar membaca.
B.   menghafal dan membaca kalimat-kalimat dasar dialog dalam bentuk tulisan.
C.   membaca materi yang dihafalkan yang telah disusun kembali dan dikombinasi-kan lagi.
D.   memantapkan pelatihan atau menghenti-kan kegiatan membaca dengan bantuan guru.

32.   Urutan penyajian dalam strategi pembelajaran ekspresif-reseptif adalah
A.   menyimak - membaca - berbicara.
B.   membaca - berbicara - menulis.
C.   berbicara - menulis - menyimak.
D.   menulis - membaca - menyimak.

33.   Urutan penyajian dalam strategi pembelajaran reseptif-ekspresif adalah
A.   menyimak - berbicara - membaca.
B.   menulis - membaca - menyimak.
C.   membaca - menulis - berbicara.
D.   berbicara - menyimak - menulis.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   34  SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
34.   Ciri pelatihan penggunaan bahasa ditandai oleh
1)   ada tidaknya kegiatan yang secara langsung melatih siswa berbahasa
2)   dominasi kegiatan tersebut pada keseluruhan waktu belajar
3)   berorientasi pada siswa sebagai subjek belajar

35.   Tujuan pengajaran keterampilan berbahasa adalah untuk meningkatkan
1)   kemampuan intelektual
2)   kematangan emosional
3)   kematangan sosial

36.   Keaktifan siswa dalam pengajaran keteram-pilan berbahasa ditunjukkan dengan indikasi kegiatan siswa sebagai berikut
1)   menghafal teknik berwawancara
2)   membuat ikhtisar wacana
3)   mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif

37.   Kegiatan yang menunjukkan upaya pen-capaian tujuan pengajaran keterampilan berbahasa adalah
1)   melatih siswa menulis pesan tertulis
2)   mengarahkan siswa menjawab per-tanyaan dengan kalimat lengkap
3)   mengarahkan siswa mendengarkan pem-bacaan puisi

38.   Fungsi pengajaran keterampilan berbahasa dari segi kebahasaan ditandai dengan kegiatan
1)   menerampilkan siswa dalam mengguna-kan kalimat efektif
2)   menggunakan kata atau kalimat baku saat diskusi ilmiah
3)   menugaskan siswa membuat kalimat majemuk dari kalimat tunggal

39.   Manfaat pengajaran keterampilan berbahasa untuk melatih kemampuan mengungkapkan perasaan terlihat dari contoh
1)   pelatihan menyatakan kegembiraan atas keberhasilan memenangkan lomba karya ilmiah
2)   pelatihan menyatakan rasa hormat kepada orang tua
3)   pelatihan menyatakan kesedihan

40.   Manfaat pengajaran keterampilan berbahasa untuk melatih kemampuan bernalar terlihat dari contoh
1)   melatih kemampuan mengungkapkan pendapat dalam diskusi kelompok
2)   melatih kemampuan mengembangkan paragraf dari kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas
3)   melatih kemampuan mengaitkan tema dan amanat dalam puisi dengan masalah sosial budaya

41.   Buku teks sebagai sumber bahan pelajaran dapat berfungsi sebagai
1)   sarana komunikasi belajar-mengajar antara guru dengan siswa
2)   sarana yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran
3)   sumber atau bahan yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang ditemukan selama berlangsungnya proses belajar-mengajar

42.   Dalam kurikulum 94, pengajaran bahasa di antaranys meliputi aspek
1)   kebahasaan
2)   pemahaman
3)   penggunaan

43.   Kegiatan menerapkan kaidah bahasa pada keterampilan proses dalam pengajaran bahasa Indonesia ditunjukkan dengan kegiatan
1)   menyusun telegram surat sesuai dengan contoh atau instruksi
2)   membuat suatu karangan yang bercorak tertentu
3)   mengajukan pertanyaan yang mengarah kepada pemahaman aplikasi, analitis, sintesis, dan evaluasi

44.   Hal yang menjadi pertimbangan pada pem-batasan masalah dalam penyajian buku teks bahasa Indonesia adalah
1)   kemampuan siswa
2)   waktu yang tersedia
3)   tujuan program

45.   Penyajian materi dalam buku teks bahasa Indonesia mencakup ragam
1)   informal
2)   indah
3)   baku

46.   Sumber tujuan pembelajaran umum di antara-nya adalah
1)   pendapat ahli bidang studi
2)   hasil analisis tugas
3)   hasil observasi

47.   Kriteria pemilihan dan pengembangan materi pembelajaran di antaranya berdasarkan
1)   penggunaan pendekatan yang dapat merangsang banyak alat indera
2)   isi bahan pembelajaran berkaitan dengan tujuan khusus pembelajaran
3)   isi pembelajaran dapat dipertanggung-jawabkan

48.   Di antara media pembelajaran berikut yang dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca adalah 
1)   radio
2)   kaset audio
3)   televisi

49.   Pada saat guru merencanakan menggunakan media pembelajaran, yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut        
1)   apakah isinya sesuai untuk menunjang tercapainya tujuan pengajaran yang telah ditetapkan?
2)   apakah isinya sesuai dengan pokok-pokok materi yang akan diajarkan?
3)   apakah isinya dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang akan dipelajari?

50.   Langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam prosedur penggunaan media pengajaran adalah
1)   persiapan
2)   pelaksanaan
3)   tindak lanjut

51.   Syarat agar penggunaan laboratorium bahasa dapat maksimal yaitu       
1)   peralatan elektronik dan fasilitas yang berkualitas tinggi
2)   tenaga pengelola yang cakap
3)   lokasi dan ruangan yang memenuhi syarat

52.   Jenis keterampilan berbahasa yang dapat dilatihkan di laboratorium bahasa antara lain adalah
1)   keterampilan menyimak
2)   keterampilan berbicara
3)   keterampilan membaca

53.   Pendekatan dalam pembelajaran bahasa, penekanan yang dipentingkan dalam pandangan fungsional adalah dimensi        
1)   semantik
2)   gramatikal
3)   komunikatif

54.   Hal-hal yang mendasari pendekatan pembelajaran bahasa adalah proses           
1)   psikolinguistik
2)   sosiolinguistik
3)   kognitif

55.   Berikut ini, yang termasuk komponen kemampuan ekspresif adalah       
1)   membaca
2)   berbicara
3)   menulis

56.   Pendekatan pembelajaran disarankan oleh GBPP Bahasa Indonesia SLTP Kurikulum ‘94 adalah 
1)   terpadu
2)   komunikatif
3)   struktural

57.   Trend Mode Rambut dan Problem yang ditimbulkan.

        Mempunyai rambut yang indah, yang lagi ngetrend dan sehat, adalah dambaan setiap insan. Hal yang biasa dilakukan kaum wanita khususnya yang menginginkan rambutnya tampil indah dan trendy di era serba modern dan praktis ini, yakni pewarnaan (coloring). Tanpa disadari, keseluruhan aktivitas tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut, yakni hilangnya kelembaban alami, rambut menjadi kering, kusam, kasar, bercabang, dan rapuh. Kerusakan karena faktor luar ini akan diperburuk apabila juga ada faktor dari dalam, berupa ketidaknormalan fungsi kulit kepala yang menyebabkan keluarnya minyak secara berlebihan dan ketombe sehingga rambut akhirnya mengalami kerontokan. Perhatikan perintah berikut!
        1.      Bacalah dengan cermat wacana tersebut, lalu pahami isinya
        2.      Apakah jenis karangan tersebut, coba     jelaskan?
        3.      Tuliskan ringkasan wacana tersebut        dalam 2 kalimat!

        Bentuk keterampilan berbahasa yang dapat disajikan dari bahan pelajaran tersebut adalah
1)   membaca
2)   berbicara
3)   menulis

58.   Keterampilan berbahasa berikut yang termasuk keterampilan berbahasa produktif adalah            
1)   menonton pertandingan sepak bola, mendengarkan pembacaan puisi
2)   mendiskusikan keadaan ekonomi sekarang, menulis laporan kemajuan kegiatan di OSIS
3)   berpidato di dalam rapat, mewawancarai salah satu anggota DPR

59.   Dalam setiap kegiatan pembelajaran, guru dapat menyajikan komponen pembelajaran
1)   kebahasaan
2)   pemahaman
3)   penggunaan

60.   Teknik yang dapat digunakan untuk keterampilan menulis menurut Wilga Rivers adalah              
1)   menyalin naskah
2)   memproduksi apa yang telah didengar dan dibaca
3)   menulis terpimpin

No comments:

Post a Comment