TUGAS MANDIRI
PENGAJARAN KETERAMPILAN
BERBAHASA
(PISA4372)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 33, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Dari ilustrasi kegiatan berikut ini, yang
menunjukkan pengajaran tentang keterampil-an berbahasa adalah
A. Di kelas Bu Ani mengajarkan pokok bahasan
memparafrase puisi. Untuk itu, ia memulai dengan penjelasan tentang arti
parafrase puisi dan memberikan contohnya. Kemudian Bu Ani membagi-kan dalam
kelompok sebuah puisi lain untuk mereka bahas. Sebelum pelajaran dimulai
berakhir Bu Ani meminta mereka untuk melaporkan hasil parafrase puisi kelompok
mereka di depan kelas.
B. Pak Ali mengajarkan pokok bahasa mengembangkan
paragraf. Ia langsung memberikan ide pokok kepada setiap siswa untuk
dipraktikkan. Hal tersebut dilakukan karena penjelasan tentang cara
mengembangkan paragraf sudah ada di buku paket. Kemudian Pak Ali tadi minta
beberapa siswanya untuk menuliskan paragraf tadi berdasarkan kalimat utama dan
kalimat-kalimat penjelas dan didis-kusikan secara bersama-sama.
C. Pak Koko mengajarkan keterampilan menulis
notulen rapat. Ia langsung memberi tugas bahwa sekarang di kelas tersebut
sedang rapat OSIS yang membicarakan topik acara Bulan Bahasa. Beberapa siswa ditunjuk untuk menjadi ketua
OSIS, seksi-seksi yang menunjang acara tersebut, dan notulis rapat. Setelah itu
Pak Koko membagi kelas menjadi 4 kelompok untuk menyusun laporan dari notulen
rapat tadi dan melaporkan hasil diskusi kelompok tadi ke depan kelas.
D. Bu Dewi mengajarkan membaca berbagai bacaan,
menemukan macam-macam pola pengembangannya, pengakhiran, atau penyimpulannya.
Ia memulai menerangkan teknik membaca berbagai bacaan dan cara-cara menemukan
pola pengembangan dan pengakhiran bacaan tersebut, serta menunjukkan cara
penyimpulannya. Untuk keperluan tersebut Bu Dewi memberikan contoh-contoh
bacaan dengan contoh pola pengembangan dan pengakhiran, serta penyimpulannya.
Dari kegiatan tersebut siswa-siswa Bu Dewi dapat memahami dengan baik cara
membaca berbagai bacaan.
2. Kegiatan berikut ini yang sesuai dengan
pengajaran dalam pokok bahasan menyusun kalimat dalam atau poster adalah
A. mencari iklan atau poster.
B. penugasan penulisan iklan atau poster.
C. membuat kliping iklan lowong pekerjaan.
D. menjelaskan teknik membuat iklan atau poster.
3. Manfaat pengajaran keterampilan berbahasa
untuk pembelajar adalah, kecuali
A. melatih kemampuan mengungkapkan perasaan ikut
berduka cita.
B. melatih kemampuan menyatakan pujian atas
keberhasilan teman yang mendapat bea siswa.
C. melatih kemampuan menonton per-tunjukan
drama.
D. melatih kemampuan menata hubungan logis dalam
paragraf.
4. Selain buku teks yang merupakan sumber materi
pembelajar keterampilan berbahasa adalah, kecuali
A. kalender.
B. pengalaman berbahasa.
C. jurnal.
D. novel.
5. Materi pembelajaran keterampilan berbahasa
dapat dibedakan atas macam-macam hal berikut, kecuali
A. fakta.
B. konsep.
C. organisasi.
D. prosedur.
6. Kegiatan menafsir pada keterampilan proses
dalam pengajaran bahasa Indonesia ditunjukkan dengan kegiatan
A. memperhatikan dan mencoba memahami apa yang
disampaikan atau dibicarakan orang.
B. membuat kalimat baru sesuai sesuai dengan
contoh.
C. mencoba memberi makna terhadap apa yang
diamati dan mengatakannya kembali secara lisan maupun tulis.
D. menyusun pertanyaan-pertanyaan men-jadi
sebuah keterangan.
7. Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusun-an
buku teks adalah, kecuali
A. kesejajaran dengan buku teks.
B. berlandaskan pada ilmu jiwa belajar bahasa.
C. penentuan atau pembatasan bahan.
D. berdasarkan pada linguistik dan linguistik
terapan.
8. Ruang lingkup materi penyusunan buku teks
bahasa Indonesia berdasarkan atas
A. keterampilan reseptif dan produktif.
B. keterampilan memahami bahasa lisan dan tulis.
C. keterampilan memproduksi bahasa lisan dan
tulis.
D. keterampilan memahami dan mem-produksi bahasa
tulis.
9. Rumusan tujuan umum pembelajaran yang
termasuk penguasaan adalah
A. siswa mampu menjawab pertanyaan dengan
kalimat lengkap.
B. siswa mampu mencari informasi dari berbagai
sumber.
C. siswa mampu menyampaikan gagasan atau
pengalaman.
D. siswa mampu menulis pesan tertulis untuk
berbagai keperluan.
10. Rumusan tujuan umum pembelajaran yang termasuk penggunaan
adalah
A. siswa mampu membahas karangan yang dibuat dan menyempurnakan
karangan berdasarkan hasil pembahasan.
B. siswa mampu menarik suatu kesimpulan dari informasi yang
disajikan.
C. siswa mampu menyampaikan gagasan, pendapat, atau pengalaman dalam
bentuk ceramah.
D. siswa mampu menemukan kata-kata yang mengalami perkembangan dan
perubahan makna dalam bacaan.
11. Rumusan tujuan umum pembelajaran yang termasuk pemahaman
adalah
A. siswa mampu membaca tajuk rencana surat kabar untuk mengetahui
maksud, tujuan, atau pandangan redaksi dan menanggapinya.
B. siswa mampu menyusun kerangka karangan dan mengembangkannya.
C. siswa mampu menulis pengalaman yang menarik dalam bentuk drama.
D. siswa mampu menggunakan definisi, istilah, dan ungkapan dalam
makalah untuk menyampaikan gagasan, pendapat, maupun pengalaman.
12. Perubahan makna kata tentang contoh-contoh amelioratif, peyorasi,
sintesia, dan asosiasi adalah
A. prinsip kebahasaan.
B. fakta kebahasaan.
C. prinsip kesastraan.
D. fakta kesastraan.
13. Contoh menanggapi cerpen, membuat syair, dan menganalisis naskah
drama adalah
A. prinsip kesastraan.
B. prinisp kebahasaan.
C. fakta kesastraan.
D. fakta kebahasaan.
14. Tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa sesuai dengan rumusan
tujuan terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 dan dituangkan dalam GBHN adalah
A. tujuan pendidikan nasional.
B. tujuan kurikuler.
C. tujuan pendidikan dan pengajaran.
D. tujuan pembelajaran umum.
15. Yang dimaksud dengan behavior pada komponen TIK adalah
A. tingkat keberhasilan yang harus dipenuhi atau ukuran yang
menunjukkan bahwa siswa telah mencapai tujuan khusus.
B. tingkah laku yang diharapkan dapat dikerjakan oleh warga belajar
setelah berakhir program pengajaran tertentu.
C. dapat menyebutkan dua contoh kata benda, dapat menuliskan satu
definisi kalimat majemuk, dan dapat menerang-kan komponen TIK/TPK.
D. keadaan yang berupa syarat yang harus dipenuhi pada saat tingkah
laku dilakukan warga belajar ketika perbuatan tersebut dievaluasi.
16. Kegiatan pembelajaran seperti motivasi, apersepsi, dan pretes
terdapat pada kegiatan pembelajaran
A. pendahuluan.
B. inti.
C. penyampaian materi.
D. penutup.
17. Peristiwa, bahan, atau bahkan alat yang dapat menciptakan kondisi
yang memungkinkan siswa untuk menerima pengetahuan keterampilan dan sikap
disebut
A. lingkungan pembelajaran.
B. kondisi pembelajaran.
C. media pembelajaran.
D. bahan pembelajaran.
18. Kegiatan yang bertujuan untuk memantapkan pemahaman peserta
terhadap materi atau pesan pengajaran yang hendak disampaikan melalui media
disebut prosedur
A. persiapan.
B. penyajian.
C. penerimaan.
D. tindak lanjut.
19. Pada saat guru menetapkan apakah media tersebut dapat digunakan
secara individual atau berkelompok disebut prosedur
A. persiapan.
B. penyajian.
C. penerimaan.
D. tindak lanjut.
20. Fungsi laboratorium dalam pembelajaran bahasa adalah sebagai
berikut, kecuali
A. membantu pengajar bahasa Indonesia penutur asli untuk menyajikan
lafal yang tepat.
B. memberikan kemungkinan pengajar melakukan pembetulan dan penilaian
secara langsung dan objektif berdasarkan perilaku bahasa yang ditampilkan.
C. sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses
belajar mengajar bahasa Indonesia.
D. membantu kegiatan pembelajar/berlatih tanpa sepengetahuannya.
21. Peranan laboratorium yang merupakan teaching aids bercirikan
sebagai berikut, kecuali
A. materi laboratorium dipilih sesuai dengan kebutuhan.
B. materi dan segala prosedurnya telah tersedia dalam
rekaman-rekaman.
C. laboratorium merupakan tambahan alat.
D. pengajar betul-betul pengajar pembelajar.
22. Sasaran pembelajaran bahasa terlihat sebagai penguasaan
unsur-unsur sistem yang pada umumnya dibatasi dalam kesatuan-kesatuan,
fonologis, gramatikal, operasi gramatikal, dan butir leksikal. Hal tersebut
merupakan teori bahasa menurut pandangan
A. tradisional.
B. struktural.
C. fungsional.
D. interaksional.
23. Bahasa merupakan wahana bagi realisasi hubungan antarpribadi dan
bagi performansi transaksi-transaksi sosial di antara para individu. Hal tersebut
merupakan teori bahasa menurut pandangan
A. tradisional.
B. struktural.
C. interaksional.
D. fungsional.
24. Berikut ini yang termasuk komponen kemampuan reseptif adalah
A. berbicara dan membaca.
B. menyimak dan membaca.
C. menyimak dan berbicara.
D. membaca dan menulis.
25. Pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi struktur dan kosakata
termasuk dalam komponen
A. pemahaman.
B. kebahasaan.
C. penggunaan.
D. kesastraan.
26. Siswa diperdengarkan pembacaan puisi oleh W.S. Rendra. Kemudian
siswa diajak mem-bahas tema dan isi puisi tersebut, lalu siswa diminta untuk
memparafrasekan puisi tadi. Kegiatan berbahasa tersebut memadukan keterampilan
A. membaca - berbicara - kesastraan.
B. menyimak - berbicara - menulis.
C. berbicara - menulis - membaca.
D. membaca - berbicara - menulis.
27. Keterampilan berbahasa berikut yang termasuk keterampilan
berbahasa reseptif adalah
A. mendengarkan siaran berita, memberikan sambutan di depan rapat RT.
B. membaca koran, memparafrasekan puisi Taufik Ismail.
C. menonton siaran langsung sidang Tahunan MPR, menikmati musik
dangdut.
D. berdeklamasi di depan kelas, membuat laporan hasil kunjungan
wisata.
28. Siswa diperkenalkan dengan sikap gemar membaca untuk kesenangan
dan hiburan adalah jenjang ke-
A. 2.
B. 3.
C. 4.
D. 5.
29. Siswa mulai percaya diri dalam kemampuan membaca dengan berani
mengambil buku, majalah, ataupun koran dan mulai membaca untuk kepentingan dan
kesenangan diri sendiri termasuk jenjang ke-
A. 6.
B. 5.
C. 4.
D. 3.
30. Jumlah tingkat kegiatan membaca dalam jenjang pelatihan
keterampilan membaca menurut Wilga Rivers adalah
A. 3.
B. 4.
C. 5.
D. 6.
31. Teknik pembelajaran keterampilan membaca pada tahap paling awal
adalah
A. diperkenalkan dengan sikap untuk gemar membaca.
B. menghafal dan membaca kalimat-kalimat dasar dialog dalam bentuk
tulisan.
C. membaca materi yang dihafalkan yang telah disusun kembali dan
dikombinasi-kan lagi.
D. memantapkan pelatihan atau menghenti-kan kegiatan membaca dengan
bantuan guru.
32. Urutan penyajian dalam strategi pembelajaran ekspresif-reseptif
adalah
A. menyimak - membaca - berbicara.
B. membaca - berbicara - menulis.
C. berbicara - menulis - menyimak.
D. menulis - membaca - menyimak.
33. Urutan penyajian dalam strategi pembelajaran reseptif-ekspresif
adalah
A. menyimak - berbicara - membaca.
B. menulis - membaca - menyimak.
C. membaca - menulis - berbicara.
D. berbicara - menyimak - menulis.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 34
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
34. Ciri pelatihan penggunaan bahasa ditandai oleh
1) ada tidaknya kegiatan yang secara langsung melatih siswa berbahasa
2) dominasi kegiatan tersebut pada keseluruhan waktu belajar
3) berorientasi pada siswa sebagai subjek belajar
35. Tujuan pengajaran keterampilan berbahasa adalah untuk meningkatkan
1) kemampuan intelektual
2) kematangan emosional
3) kematangan sosial
36. Keaktifan siswa dalam pengajaran keteram-pilan berbahasa
ditunjukkan dengan indikasi kegiatan siswa sebagai berikut
1) menghafal teknik berwawancara
2) membuat ikhtisar wacana
3) mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif
37. Kegiatan yang menunjukkan upaya pen-capaian tujuan pengajaran
keterampilan berbahasa adalah
1) melatih siswa menulis pesan tertulis
2) mengarahkan siswa menjawab per-tanyaan dengan kalimat lengkap
3) mengarahkan siswa mendengarkan pem-bacaan puisi
38. Fungsi pengajaran keterampilan berbahasa dari segi kebahasaan
ditandai dengan kegiatan
1) menerampilkan siswa dalam mengguna-kan kalimat efektif
2) menggunakan kata atau kalimat baku saat diskusi ilmiah
3) menugaskan siswa membuat kalimat majemuk dari kalimat tunggal
39. Manfaat pengajaran keterampilan berbahasa untuk melatih kemampuan
mengungkapkan perasaan terlihat dari contoh
1) pelatihan menyatakan kegembiraan atas keberhasilan memenangkan
lomba karya ilmiah
2) pelatihan menyatakan rasa hormat kepada orang tua
3) pelatihan menyatakan kesedihan
40. Manfaat pengajaran keterampilan berbahasa untuk melatih kemampuan
bernalar terlihat dari contoh
1) melatih kemampuan mengungkapkan pendapat dalam diskusi kelompok
2) melatih kemampuan mengembangkan paragraf dari kalimat utama dan
kalimat-kalimat penjelas
3) melatih kemampuan mengaitkan tema dan amanat dalam puisi dengan
masalah sosial budaya
41. Buku teks sebagai sumber bahan pelajaran dapat berfungsi sebagai
1) sarana komunikasi belajar-mengajar antara guru dengan siswa
2) sarana yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran
3) sumber atau bahan yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang
ditemukan selama berlangsungnya proses belajar-mengajar
42. Dalam kurikulum 94, pengajaran bahasa di antaranys meliputi aspek
1) kebahasaan
2) pemahaman
3) penggunaan
43. Kegiatan menerapkan kaidah bahasa pada keterampilan proses dalam
pengajaran bahasa Indonesia ditunjukkan dengan kegiatan
1) menyusun telegram surat sesuai dengan contoh atau instruksi
2) membuat suatu karangan yang bercorak tertentu
3) mengajukan pertanyaan yang mengarah kepada pemahaman aplikasi,
analitis, sintesis, dan evaluasi
44. Hal yang menjadi pertimbangan pada pem-batasan masalah dalam
penyajian buku teks bahasa Indonesia adalah
1) kemampuan siswa
2) waktu yang tersedia
3) tujuan program
45. Penyajian materi dalam buku teks bahasa Indonesia mencakup ragam
1) informal
2) indah
3) baku
46. Sumber tujuan pembelajaran umum di antara-nya adalah
1) pendapat ahli bidang studi
2) hasil analisis tugas
3) hasil observasi
47. Kriteria pemilihan dan pengembangan materi pembelajaran di
antaranya berdasarkan
1) penggunaan pendekatan yang dapat merangsang banyak alat indera
2) isi bahan pembelajaran berkaitan dengan tujuan khusus pembelajaran
3) isi pembelajaran dapat dipertanggung-jawabkan
48. Di antara media pembelajaran berikut yang dapat digunakan untuk
pembelajaran keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca adalah
1) radio
2) kaset audio
3) televisi
49. Pada saat guru merencanakan menggunakan media pembelajaran, yang
harus diperhatikan adalah sebagai berikut
1) apakah isinya sesuai untuk menunjang tercapainya tujuan pengajaran
yang telah ditetapkan?
2) apakah isinya sesuai dengan pokok-pokok materi yang akan
diajarkan?
3) apakah isinya dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang
akan dipelajari?
50. Langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam prosedur penggunaan
media pengajaran adalah
1) persiapan
2) pelaksanaan
3) tindak lanjut
51. Syarat agar penggunaan laboratorium bahasa dapat maksimal yaitu
1) peralatan elektronik dan fasilitas yang berkualitas tinggi
2) tenaga pengelola yang cakap
3) lokasi dan ruangan yang memenuhi syarat
52. Jenis keterampilan berbahasa yang dapat dilatihkan di laboratorium
bahasa antara lain adalah
1) keterampilan menyimak
2) keterampilan berbicara
3) keterampilan membaca
53. Pendekatan dalam pembelajaran bahasa, penekanan yang dipentingkan
dalam pandangan fungsional adalah dimensi
1) semantik
2) gramatikal
3) komunikatif
54. Hal-hal yang mendasari pendekatan pembelajaran bahasa adalah
proses
1) psikolinguistik
2) sosiolinguistik
3) kognitif
55. Berikut ini, yang termasuk komponen kemampuan ekspresif adalah
1) membaca
2) berbicara
3) menulis
56. Pendekatan pembelajaran disarankan oleh GBPP Bahasa Indonesia SLTP
Kurikulum ‘94 adalah
1) terpadu
2) komunikatif
3) struktural
57. Trend Mode Rambut dan Problem yang ditimbulkan.
Mempunyai rambut yang indah, yang lagi ngetrend dan sehat, adalah dambaan setiap insan. Hal yang biasa
dilakukan kaum wanita khususnya yang menginginkan rambutnya tampil indah dan trendy di era serba modern dan praktis
ini, yakni pewarnaan (coloring). Tanpa disadari, keseluruhan aktivitas tersebut
dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut, yakni hilangnya kelembaban alami,
rambut menjadi kering, kusam, kasar, bercabang, dan rapuh. Kerusakan karena
faktor luar ini akan diperburuk apabila juga ada faktor dari dalam, berupa
ketidaknormalan fungsi kulit kepala yang menyebabkan keluarnya minyak secara
berlebihan dan ketombe sehingga rambut akhirnya mengalami kerontokan.
Perhatikan perintah berikut!
1. Bacalah dengan
cermat wacana tersebut, lalu pahami
isinya
2. Apakah jenis
karangan tersebut, coba jelaskan?
3. Tuliskan
ringkasan wacana tersebut dalam 2
kalimat!
Bentuk keterampilan berbahasa yang dapat disajikan dari bahan
pelajaran tersebut adalah
1) membaca
2) berbicara
3) menulis
58. Keterampilan berbahasa berikut yang termasuk keterampilan
berbahasa produktif adalah
1) menonton pertandingan sepak bola, mendengarkan pembacaan puisi
2) mendiskusikan keadaan ekonomi sekarang, menulis laporan kemajuan
kegiatan di OSIS
3) berpidato di dalam rapat, mewawancarai salah satu anggota DPR
59. Dalam setiap kegiatan pembelajaran, guru dapat menyajikan komponen
pembelajaran
1) kebahasaan
2) pemahaman
3) penggunaan
60. Teknik yang dapat digunakan untuk keterampilan menulis menurut
Wilga Rivers adalah
1) menyalin naskah
2) memproduksi apa yang telah didengar dan dibaca
3) menulis terpimpin
No comments:
Post a Comment