TUGAS MANDIRI
KURIKULUM BAHASA INDONESIA SLTP
1994
DAN BUKU TEKS
(PISA4371)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 41, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Tujuan perubahan kurikulum adalah
A. supaya semua warga negara Indonesia
mendapatkan kesempatan sekolah.
B. agar siswa lulusan SLTP dapat berbahasa
Inggris.
C. supaya pendidikan di Indonesia sesuai dengan
kebutuhan masyarakat dan zaman.
D. agar bangsa Indonesia bebas buta huruf dan
buta hitung.
2. Kurikulum yang berorientasi pada bahan
pelajaran adalah
A. Kurikulum 68.
B. Kurikulum 75.
C. Kurikulum 84.
D. Kurikulum 94.
3. Setelah lulus dari sekolah menengah industri
pariwisata, siswa-siswinya mampu bekerja di bidang industri pariwisata.
Pernyataan tersebut adalah tujuan
A. instruksional.
B. kurikulum.
C. institusional.
D. nasional.
4. Kurikulum yang berorientasi pada tujuan
adalah
A. Kurikulum 68.
B. Kurikulum 75.
C. Kurikulum 84.
D. Kurikulum 94.
5. Kelemahan Kurikulum ‘75 antara lain kecuali
A. guru harus mengetahui TIU dan TIK setiap
pokok bahasan yang akan diajarkan.
B. membebani guru dalam menyusun satuan pelajaran.
C. menuntut guru harus menyusun tes untuk alat
evaluasi.
D. bila materi pokok bahasan yang akan diajarkan
tidak terdapat dalam buku paket, harus mencari sumber lain.
6. Kurikulum yang bertujuan untuk mengem-balikan
pengajaran bahasa Indonesia kepada fungsi komunikasi adalah
A. Kurikilum 68.
B. Kurikulum 75.
C. Kurikulum 84.
D. Kurikulum 94.
7. Yang termasuk komponen pembelajaran
penggunaan adalah
A. menyimak dan berbicara.
B. berbicara dan membaca.
C. membaca dan menulis.
D. menulis dan berbicara.
8. Yang merupakan kemampuan menggunakan bahasa
Indonesia adalah kecuali
A. berpidato.
B. parafrase.
C. menulis surat.
D. membaca koran.
9. “Siswa dapat menggunakan tanda baca dengan
tepat, bila diberikan sebuah wacana”. Kemampuan yang terdapat pada tujuan
khusus tersebut terjabar dalam komponen
A. kebahasaan.
B. apresiasi sastra.
C. pemahaman.
D. penggunaan.
10. Di dalam salah satu butir pembelajaran kelas II tertulis
“mengungkapkan kembali dengan kata-kata sendiri sesuatu yang dibaca atau
didengarnya”. materi pembelajaran butir tersebut termasuk dalam komponen
A. kebahasaan.
B. apresiasi sastra.
C. penggunaan.
D. pemahaman.
11. Siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan tepat. Kemampuan
yang terdapat pada tujuan umum tersebut terjabar dalam komponen
A. pemahaman.
B. penggunaan.
C. kebahasaan.
D. apresiasi sastra.
12. “Selamat pagi Bu, bagaimana kabar pagi ini?” kata Tina kepada
ibunya.
Bahasa pada pernyataan di atas digunakan untuk fungsi
A. interaksional.
B. imajinatif.
C. direktif.
D. personal.
13. “Evion mengandung vitamin E yang dibutuhkan kulit Anda agar selalu
halus, mulus, dan lembut. Jadi lawanlah keriput sebelum Anda mengalaminya.”
Bahasa dalam pernyataan di atas digunakan untuk fungsi
A. heuristik.
B. informatif.
C. interaksional.
D. direktif.
14. Cara berbahasa dalam situasi formal relatif berbeda dengan
berbahasa pada situasi informal. Perbedaan itu terjadi pula bila tindak
berbahasa menggunakan media lisan dan tertulis. Variasi bahasa seperti itu
disebut
A. ragam bahasa.
B. dialek bahasa.
C. keterampilan berbahasa.
D. kompetensi bahasa.
15. Kegiatan pembelajaran bahasa berikut dapat mempertinggi kemampuan
berpikir siswa, kecuali
A. mengapresiasikan puisi yang sudah dibaca.
B. mendengarkan siaran berita di televisi.
C. membaca novel dan membuat kritiknya.
D. membuat laporan hasil kunjungan ke kebun raya.
16. “Sudah kukatakan jangan injak rumah ini lagi!” “Pergi kau sekarang juga!”
Bahasa yang dipakai dalam pernyataan tadi digunakan
untuk fungsi
A. interaksional.
B. informatif.
C. imajinatif.
D. personal.
17. Bu Lusi membacakan naskah drama anak-anak “Pak Lebai Malang”. Pembacaan naskah drama
tersebut dimaksudkan agar para siswa belajar merekam informasi yang didengar.
Pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Lusi adalah
pembelajaran
A. apresiasi sastra.
B. kebahasaan.
C. pemahaman.
D. penggunaan.
18. Pengajaran bahasa dan sastra Indonesia merupakan kegiatan untuk
memahami dan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan konteksnya. Kegiatan
pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan
penggunaan tersebut merupakan pembelajaran
A. kebahasaan.
B. pengetahuan.
C. apresiasi sastra.
D. penerapan.
19. Pak Agus mengajar murid-muridnya ke kebun binatang. Sebelum pergi
ke kebun binatang, Pak Agus menjelaskan bahwa tujuan pergi ke kebun binatang
adalah untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kebun binatang
tersebut. Jadi murid-murid harus mendapatkan informasi dengan cara menginterviu
petugas di sana.
Pembelajaran yang diinginkan oleh Pak Agus adalah
A. pemahaman.
B. penggunaan.
C. kebahasaan.
D. apresiasi sastra.
20. Pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat menggunakan bahasa
yang baik dan benar adalah tujuan pembelajaran
A. pemahaman.
B. penggunaan.
C. kebahasaan.
D. apresiasi sastra.
21. Di SLTP Dharma Karya sedang berlangsung masa kampanye pemilihan
ketua osis. Para calon ketua osis pada hari Senin ini berkampanye mengemukakan
rencana masing-masing. Tujuan para calon ketua osis tersebut agar dirinya yang
dipilih.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu pembelajaran
rutin yang dilaksanakan. Pembelajaran tersebut termasuk ke dalam pembelajaran
A. pemahaman.
B. penggunaan.
C. kebahasaan.
D. apresiasi.
22. Menyusun iklan dengan menggunakan berbagai bentuk bahasa merupakan
contoh pembelajaran
A. membaca.
B. berbicara.
C. menulis.
D. menyimak.
23. Pembelajaran pemahaman dilakukan melalui kegiatan
A. menyimak dan membaca.
B. membaca dan berbicara.
C. berbicara dan menulis.
D. menulis dan menyimak.
24. Para siswa memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Ibu guru
yang ulang tahun merupakan pembelajaran
A. menyimak.
B. membaca.
C. berbicara.
D. menulis.
25. Di bawa ini yang termasuk butir pembelajaran berbicara adalah
A. merangkum isi ceramah.
B. berkotbah di masjid.
C. membuat undangan.
D. membuat iklan obat batuk.
26. Pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat menyerap gagasan yang
terdapat dalam artikel di surat kabar adalah pembelajaran
A. menyimak.
B. membaca.
C. berbicara.
D. menulis.
27. Menghubungkan lambang tulis dengan ide dan rujukan yang ada di
belakang lambang huruf merupakan prinsip pembelajaran
A. berbicara.
B. menyimak.
C. menulis.
D. membaca.
28. Siswa dapat menemukan konflik yang ada dalam roman “Salah Asuhan”
adalah prinsip pembelajaran
A. membaca.
B. menyimak.
C. menulis.
D. berbicara.
29. Siswa-siswa kita ajak untuk menjadi peserta seminar dalam rangka
bulan bahasa. Kegiatan ini merupakan prinsip pembelajaran
A. menulis.
B. berbicara.
C. membaca.
D. menyimak.
30. Siswa kelas III SLTP diberi tugas untuk membaca sebuah artikel
dari koran. Kemudian guru memberikan tes tertulis tentang penjelasan kata-kata
yang terdapat dalam artikel tersebut. Kasus di atas merupakan pembelajaran
tentang
A. istilah.
B. arti kata.
C. kata serapan.
D. peribahasa.
31. Jelaskan arti kata-kata bidang pendidikan dan buatlah kalimat
dengan menggunakan kata-kata berikut
catur wulan
indeks prestasi kumulatif
siswa berprestasi ulangan umum
ijasah ujian sumatif
Contoh di atas adalah
pembelajaran
A. istilah.
B. peribahasa.
C. sinonim.
D. kata serapan.
32. Model-model pembelajaran kosakata dapat diciptakan oleh guru
dengan memperhatikan
A. model pembelajaran kosakata.
B. alternatif pembelajaran kosakata.
C. prinsip pembelajaran kosakata.
D. konsep pembelajaran kosakata.
33. Pembelajaran sastra merupakan bagian integral dari pembelajaran
komponen
A. apresiasi.
B. kebahasaan.
C. penggunaan.
D. pemahaman.
34. Materi sastra yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepekaan
rasa pada budaya bangsa Indonesia adalah
A. karya sastra terjemahan dari bahasa asing.
B. karya sastra daerah-daerah Indonesia.
C. karya sastra melayu.
D. karya sastra modern.
35. Ketika seseorang sedang mendengarkan siaran berita di Radio,
bentuk dan sifat komunikasinya adalah
A. lisan, reseptif.
B. lisan, produktif.
C. lisan, interaktif.
D. lisan, komunikatif.
36. Aktivitas komunikasi berikut yang termasuk dalam aspek pemahaman
adalah
A. mendengarkan siaran berita dan membuat rangkumannya.
B. membaca pengumuman dan mengisi formulir.
C. membaca surat dan membalasnya.
D. melihat film Jepang dan membaca teks terjemahannya.
37. Kegiatan yang melibatkan keterampilan penggunaan bahasa adalah
A. menontotn pertunjukan drama.
B. membaca koran pagi.
C. membuat telegram untuk nenek.
D. mendengarkan pidato presiden.
38. Ita ingin mencari iklan lowongan pekerjaan di koran. Kegiatan
membaca tersebut termasuk dalam membaca
A. skimming.
B. scanning.
C. previewing.
D. reading task.
39. Bu Ani memberi sebuah wacana tanpa judul. Siswa-siswanya disuruh
membaca sekilas dan sekali saja, kemudian disuruh memberikan judul. Kegiatan
membaca tersebut termasuk dalam membaca
A. skimming.
B. scanning.
C. preview.
D. reading task.
40. Menulis dan berbicara memiliki persamaan, yaitu sama-sama
melibatkan proses mental dan fisik untuk menghasilkan
A. kaidah-kaidah kebahasaan.
B. fonem-fonem segmental dan supra segmental.
C. bunyi-bunyi bahasa untuk menyampaikan pesan.
D. simbul-simbol verbal untuk menyampai-kan pesan.
41. Tujuan khusus pembelajaran sastra men-cakup tiga aspek sebagai
berikut
A. pengenalan, pemahaman, praktek.
B. kebahasaan, pemahaman, praktek.
C. kebahasaan, pemahaman, penggunaan.
D. kognitif, efektif, psikomotor.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 42
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
42. Undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan
nasional berisi antara lain
1) memperoleh kesempatan pendidikan seluas-luasnya,
sekurang-kurangnya ta-mat pendidikan dasar
2) pendidikan nasional merupakan tanggung jawab bersama antara
keluarga, masyarakat, dan pemerintah
3) muatan lokal berisi pengenalan dan pengembangan potensi dari
daerah setempat
43. Pada saat menyusun kurikulum pendidikan perlu memperhatikan
1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2) penyelenggaraan sistem pengajaran nasional
3) kebutuhan pembangunan nasional
44. Pelaksanaan undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang sistem
pendidikan nasional ditunjang oleh
1) PP Nomor 28 tahun 1990
2) Kepres nomor 67 tahun 1992 dan nomor 64/M/tahun 1988
3) Kepmen PDK nomor 060/U/1993
45. Kelebihan kurikulum 1968 antara lain
1) guru terikat oleh tujuan yang tercantum dalam kurikulum
2) guru menjadi lebih kreatif dalam menyusun bahan
3) guru lebih fleksibel dalam menyusun bahan yang akan diajarkan
46. Kekurangan kurikulum 1968 adalah
1) bahan pelajaran kurang jelas arah dan tujuannya
2) guru mengalami kesulitan dalam menentukan metode
3) aspek yang dinilai setelah siswa menyelesaikan pelajaran kurang
jelas
47. Penekanan umum mata
pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 1994 adalah
1) mengembangkan pengetahuan dan kemampuan siswa dalam berkomunikasi
dengan bahasa Indonesia
2) menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa
nasional dan bahasa negara
3) meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar
48. Yang dimaksud dengan mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia
adalah
1) program untuk mengembangkan pengetahuan
2) keterampilan berbahasa
3) sikap positif terhadap bahasa Indonesia
49. Siswa-siswi kelas III SLTP Dharma Karya mengadakan pagelaran Drama
Ramayana. Pagelaran tersebut adalah kegiatan rutin setiap akhir tahun untuk
kelas III. Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, kegiatan tersebut berfungsi
sebagai sarana
1) pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
2) pelestarian dan pengembangan budaya
3) penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia
50. Dalam GBPP kurikulum 1994 yang termasuk dalam sasaran belajar
adalah
1) kebahasaan
2) pemahaman
3) penggunaan
51. Siswa-siswa kelas III SLTP Dharma Karya diberi tugas membuat
resensi buku-buku karya penulis Pujangga Baru.
Kegiatan dalam pembelajaran ini menggunakan komponen
1) kebahasaan
2) pemahaman
3) penggunaan
52. Pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
dan penggunaan bahasa adalah pembelajaran yang menyangkut
1) sintaksis bahasa Indonesia
2) morfologi
3) kosa kata
53. Berdasarkan prinsip pembelajaran kebahasa-an, maka pelajaran tata
bahasa dilaksanakan secara
1) induktif
2) sistematis
3) deduktif
54. Pembelajaran kebahasaan yang fungsional dan bermakna ditentukan
oleh kemampuan
1) sosiolinguistik
2) strategi
3) linguistik
55. Pembelajaran kebahasaan tertuju pada penggunaan bahasa secara
1) sistematis
2) fungsional
3) bermakna
56. Pengembangan kosa kata berlangsung secara berjenjang sesuai dengan
perkem-bangan
1) kognitif siswa
2) pengalaman siswa
3) kosa kata siswa
57. Perbedaan antara berbicara dan menulis terletak pada
1) simbol yang dipakai
2) faktor akurasi
3) keterampilan isolatif
58. Bahan pembelajaran kesastraan untuk siswa SLTP meliputi
1) cerpen
2) sastra lama
3) drama
59. Unsur-unsur kebahasaan yang digunakan sebagai bahan pengajaran di
SLTP mencakup antara lain
1) struktur kata
2) tanda baca dan ejaan
3) kosa kata
60. Tujuan pengajaran sastra di sekolah yang merupakan ranah afektif
antara lain
1) dapat merasakan keindahan sastra
2) menemukan nilai-nilai kehidupan
3) dapat menganalisis suatu bentuk karya sastra
No comments:
Post a Comment