TUGAS MANDIRI
SOSIOLINGUISTIK
(PISA4442)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 51, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Kajian linguistik yang mempelajari sistem
internal bahasa atau struktur bahasa, disebut kajian ....
A. psikolinguistik
B. sosiolingustik
C. mikrolinguistik
D. makrolinguistik
2. Kajian bahasa yang lebih memperhatikan
perangkat tingkah laku bahasa, lazim dimasukkan dalam kajian ....
A. sosiolinguistik
B. linguistik
C. psikolinguistik
D. linguistik interdispliner
3. Perangkat sistem yang abstrak dan seragam
bagi semua pemakai bahasa, disebut juga ....
A. tanda bahasa
B. semiologi
C. langue
D. parole
4. Bahasa adalah suatu bentuk tingkah laku
budaya manusia, berarti bahasa itu ....
A. tunggal
B. seragam
C. homogen
D. heterogen
5. Variasi bahasa yang digunakan dalam
stratifikasi sosial dikelompokkan pada kriteria tertentu, kecuali ....
A. kriteria material
B. kriteria ekonomi
C. kriteria sosial
D. kriteria politik
6. Dalil bahwa bahasa adalah bentuk tingkah laku
budaya manusia, berarti bahasa itu ....
A. tunggal
B. seragam
C. homogen
D. heterogen
7. Sosiolinguistik yang memusatkan perhatiannya
pada penggunaan bahasa dalam sosial budaya, disebut ....
A. sosiologi bahasa dinamis
B. sosiologi bahasa deskriptif
C. etnografi komunikasi
D. sosiolinguistik struktural
8. Sosiolinguistik yang berupaya memberikan
pengorganisasian penggunaan bahasa dan perilaku terhadap bahasa yang lazim
diterima dalam masyarakat tutur, lazim disebut ....
A. sosiologi bahasa dinamis
B. sosiolinguistik deskriptif
C. sosiolinguistik interaksional
D. etnografi komunikasi
9. Dimensi
kajian bahasa dalam sosiolinguistik berhubungan
dengan variabel sosial dan ....
A. kultural
B. fungsional
C. linguistik
D. kontekstual
10. Variasi
dialek sosial yang dianggap berfungsi dalam
masyarakat disebut ....
A. akrolek
B. kronolek
C. basilek
D. sosiolek
11. Fungsi bahasa yang bertindak untuk mengawasi serta untuk
mengendalikan oleh Halliday dimasukkan dalam fungsi ....
A. instrumental
B. representasional
C. regulasi
D. interaksi
12. Bilingualisme setara adalah bilingualisme yang ....
A. tingkat penguasaan bahasanya sama
B. usia penutur bahasanya sama
C. bahasa kedua penuturnya tidak sama
D. tingkat penguasaan bahasanya tidak sama
13. Salah satu contoh situasi penggunaan varian bahasa jenis ragam
tidak baku dalam situasi diglosia, yaitu ....
A. dia pergi ke Jakarta
B. dia pergi beneran ke Jakarta
C. kemarin dia pergi ke Jakarta
D. dia benar-benar pergi ke Jakarta
14. Pada masyarakat bilingual, diglosia berkait dengan pilihan ....
A. bahasa tinggi dan rendah
B. bahasa dan ragam tinggi, serta bahasa dan ragam rendah
C. ragam tinggi dan ragam rendah
D. bahasa dan ragam tinggi, bukan bahasa dan ragam tinggi
15. Salah satu contoh penggunaan ragam/bahasa tinggi adalah penggunaan
....
A. komunikasi kedinasan
B. percakapan dengan teman
C. dalam syair
D. dalam novel
16. Bahasa Indonesia baku mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali
digunakan ....
A. dalam wacana teknis
B. dengan orang yang dihormati
C. dalam komunikasi resmi
D. dengan teman sekantor
17. Situasi + bilingualisme yang - diglosia terjadi jika pilihan
bahasa ....
A. berkaitan dengan status bahasa tinggi dan rendah
B. tidak berkaitan dengan status bahasa
C. terjadi karena bahasa yang digunakan oleh mitra tutur
D. terjadi karena topik tutur
18. Situasi diglosia bilingualisme terjadi jika ada kondisi berikut,
kecuali masyarakat menggunakan ....
A. satu bahasa saja
B. satu bahasa yang tidak beragam
C. satu bahasa yang disukai
D. bahasa yang memiliki ragam tinggi dan ragam rendah
19. Ketika Anda melihat seorang pelayan yang hanya menguasai bahasa
daerah bercakap-cakap dengan majikannya, Anda sedang melihat praktik ....
A. diglosia
B. bilingualisme
C. bilingualisme tanpa diglosia
D. diglosia tanpa bilingualisme
20. Seoarang ustad sedang memberikan pengajian di Masjid Istiqlal
dengan menggunakan pengantar bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Ustad tersebut
sedang melakukan praktik ....
A. diglosia dan bilingualisme
B. bilingualisme tanpa diglosia
C. diglosia tanpa bilingualisme
D. bilingualisme dan diglosia
21. Mengapa masyarakat tutur itu dapat berbentuk?
A. karena tidak ada saling pengertian.
B. karena ditentukan hanya oleh sikap pemakai bahasa.
C. karena kebersamaan dalam kode-kode linguistik
D. karena ditentukan bukan atas kepercayaan pemakai bahasa
22. Kompleksnya masyarakat tutur ditentukan oleh ....
A. banyaknya variasi bahasa
B. luasnya variasi bahasa
C. terbatasnya variasi bahasa
D. banyak dan luasnya variasi bahasa
23. Masyarakat tutur yang besar dan beragam memperoleh verbal
repertoirnya dari ....
A. referensial yang lepas dari intergrasi simbolik
B. interaksi verbal langsung di dalam kegiatan
C. non-integrasi dalam kegiatan di daerah
D. penggunaan variasi bahasa dengan sistem isyarat yang sama
24. Penamaan bahasa masyarakat tutur seorang tutor dilandasi oleh
kreteria pelapisan sosial berdasar pada kriteria ....
A. ekonomi
B. politik
C. intelektual
D. profesi
25. Masyarakat tutur yang memiliki kompetensi berbahasa lebih dari
tiga bahasa atau lebih, termasuk masyakat tutur ....
A. monolingual
B. bilingual
C. multillingual
D. upper lingual
26. Yang termasuk masyarakat tutur berdasarkan ketaatan beragama,
adalah ....
A. khutbah Jumat
B. khutbah Natal
C. istiqosah kubro
D. majelis taklim
27. Pilihan berikut adalah penyebab hadirnya variasi bahasa eksternal,
kecuali ....
A. struktur sosial
B. lingkungan linguistik
C. penata sosial
D. kemajemukan sosial
28. Variasi atau ragam itu terjadi sebagai akibat dari adanya
keragaman ....
A. kode dan realisasi
B. relisasi dan fungsi bahasa
C. sosial dan fungsi bahasa
D. interaksi dan komunikasi
29. Berikut pengkategorian variasi bahasa berdasarkan penuturnya, kecuali
....
A. siapa yang menggunakan bahasa itu
B. bagaimana kedudukan sosialnya di dalam masyarakat
C. kapan bahasa itu digunakan
D. bahasa itu digunakan untuk apa
30. Dialek Banten dan dialek Cirebon termasuk bahasa yang sama, karena
kedua dialek tersebut berasal dari ....
A. bahasa sunda
B. bahasa Jawa
C. bahasa Padang
D. bahasa Betawi
31. Penggunaan kronolek dalam masyarakat pada kurun waktu tertentu
akan tampak berbeda. Perbedaan ini paling tampak pada segi ....
A. sintaksis
B. leksikon
C. lafal
D. ejaan
32. Perubahan penggunaan kronolek dalam masyarakat pada kurun waktu
tertentu telah terjadi akibat ....
A. perubahan sosial ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi
B. perubahan sosial politik, ilmu agama dan teknologi
C. perubahan sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi
D. perubahan sosial, ilmu ekonomi dan meteorologi
33. Sosiolek merupakan variasi bahasa yang menyangkut masalah pribadi
para penuturnya, antara lain keadaan ....
A. sosial ekonomi
B. psikologi
C. fisiologi
D. geografis
34. Perhatikan kegunaan bahasa para buruh, pedagang, kecil, para guru,
para mubalig, dan para penguasaha. Anda pasti akan menangkap variasi bahasa
mereka yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan bahasa mereka
karena faktor ....
A. asal kelahiran
B. jenis kelamin
C. suku bangsa
D. lingkungan pekerjaan
35. Bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Bali mengenal “Unda Usuk”.
Unda usuk adalah variasi yang berkenaan dengan tingkat kebangsawanan. Contoh
kosakata, yaitu ....
A. mati - mangkat
B. mati - wafat
C. mati - meninggal
D. mati - pulang ke rahmatullah
36. Akrolek merupakan variasi sosial yang lebih tinggi atau lebih
bergengsi dari pada variasi sosial lainnya. Salah satu contoh akrolek, yaitu ....
A. dialek Banyumas
B. dialek Yogyakarta
C. dialek Jakarta
D. dialek Cirebon
37. Seorang peneliti sedang menganalisis hasil pembahasan penelitian
nilai Budaya Sastra Lisan Banyumas . Agar sastra lisan Banyumas bisa
dilestarikan, maka kaitannya dengan kebudayaan, bahasa berfungsi sebagai ....
A. penyiaran kebudayaan
B. informasi kebudayaan
C. perekam kebudayaan
D. pengembangan kebudayaan
38. Berikut ini termasuk fungsi bahasa perorangan, kecuali ....
A. fungsi instrumental
B. fungsi transaksional
C. fungsi imajinatif
D. fungsi informatif
39. Mengenali dialek seseorang dari karya tulisnya memang lebih sulit
daripada melalui ....
A. penampilan
B. gerak
C. berbicara
D. ekspresi
40. Berikut ini gambar yang termasuk situasi bilingualisme setara
penggunaan bahasa B, yaitu ....
41. Hal-hal berikut merupakan faktor penyebab bilingualisme, kecuali
....
A. bahasa apa digunakan mitra tutur
B. apa yang dibicarakan dalam tuturan
C. dengan siapa penutur berkomukasi
D. bagaimana enaknya berkomunikasi
42. Pertimbangan pilihan bahasa atau ragam dalam diglosia dilakukan
penutur berdasarkan pertimbangan ....
A. derajat ragam dan bahasa yang terlepas dari fungsinya
B. fungsi bahasa yang terkait dengan derajat bahasa
C. fungsi ragam dan bahasa yang terkait dengan derajatnya
D. fungsi ragam dan bahasa yang tidak perlu terkait dengan derajatnya
43. Penggunaan dialek tinggi atau rendah yang tidak cocok dengan
situasinya menyebabkan si penutur bisa menjadi cemoohan atau tertawaan orang
lain. Kasus ini perlu dipertimbangkan, jika situasi perintah pada pekerja,
digunakan ....
A. pilihan bahasa rendah
B. pilihan bahasa tinggi
C. pilihan bahasa rendah dan tinggi
D. pilihan dialek tinggi
44. Berikut ini wacana kodifikasi formal dalam standardisasi ragam
tinggi, kecuali ....
A. kamus
B. tata bahasa
C. karya sastra
D. petunjuk lafal
45. Salah satu ketentuan perbedaan bahasa tinggi dan bahasa rendah,
yaitu ....
A. ceramah situasi formal
B. fungsi bahasa pilihan
C. wacana teknis
D. kedaerahan
46. Mengapa dalam situasi resmi, bahasa Indonesia dipilih dalam
kebiasaan bilingualisme?
A. Karena bahasa Indonesia lebih mudah dipakai.
B. Karena bahasa Indonesia lebih rendah daripada bahasa daerah.
C. Karena bahasa Indonesia berkedudukan lebih tinggi daripada bahasa
daerah.
D. Karena bahasa daerah lebih mudah digunakan untuk berkomunikasi.
47. Hubungan antara bilingualisme dan diglosia terletak pada ....
A. titik temu dan titik pisah antara bilingualisme dan diglosia
B. titik antara bilingualisme dan diglosia
C. titik pisah antara bilingualisme dan diglosia
D. titik kecocokan antara bilingualisme dan diglosia
48. Mengapa diglosis tanpa bilingual tidak dapat disebut sebagai satu
masyarakat tutur? Sebab kedua kelompok tersebut ....
A. terjadi interaksi
B. kurang interaksi
C. tidak berinteraksi
D. sangat bervariasi
49. Manakah pernyataan yang benar?
A. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat bilingual.
B. Masyarakat Indonesia adalah diglosik.
C. Masyarakat Indonesia adalah bilingual dan diglosik.
D. Masyarakat Indonesia adalah tanpa bilingual.
50. Negara manakah yang tidak menggunakan bahasa mereka sebagai alat
komunikasi dalam kesatuan kedaulatan?
A. Indonesia.
B. Singapura.
C. Malaysia.
D. Perancis.
51. Fishman (1972:102) mengatakan bahwa bilingualisme adalah
karakteristik kemampuan penggunaan bahasa yang individual. Berdasarkan tingkat
keformalannya, variasi bahasa tersebut termasuk ....
A. ragam resmi
B. ragam usaha
C. ragam santai
D. ragam beku
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 52 SAMPAI
60, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
52. Sosiolinguistik dapat membantu dalam menjelaskan struktur formal
bahasa dan pemakaian bahasa,
sebab
menurut
sosiolinguistik, bahasa dipandang sebagai sistem terbuka.
53. Penerapan praktis merupakan dimensi sosiolinguistik yang
menghasilkan pendekatan komunikatif dalam pengajaran bahasa,
sebab
pendekatan
komunikatif harus memberikan informasi, latihan, praktik, dan pengalaman
berbahasa dalam peristiwa komunikatif.
54. Masyarakat sastra lisan dibentuk berdasarkan profesi,
sebab
pembentukan
masyarakat tutur dilandasi oleh common
ancestry.
55. Pidato nasihat pada upacara hajat khitanan merupakan kegiatan
tindak tutur,
sebab
pidato
tersebut merupakan bentuk nyata kegiatan tutur dalam masyarakat tutur.
56. Meskipun perbedaan akademik, pangkat militer dan pendapatan, namun
dalam interaksi verbal antara Ali dengan kelompok sosialnya memiliki kesamaan
kaidah bertutur, sikap terhadap bahasa yang dipakai, dan etnis. Berdasarkan
kasus ini Ali dapat dimasukkan dalam masyarakat lapisan atas,
sebab
masyarakat
lapisan atas memiliki sikap mental dan aktivitasnya statis.
57. “Di sana ia berobat ke rumah sakit” kalimat ini menggunakan bahasa
standar,
sebab
kalimat
tersebut tidak memiliki atribut standardisasi.
58. “Sebaiknya Anda menelepon dulu”. Jika dilihat dari segi kontak
penutur dan pendengar, maka fungsi bahasa menjalin hubungan atau solidaritas
sosial,
sebab
berdasar
pada kontak antara penutur dan pendengar penggunaan bahasa tersebut dapat
berfungsi juga sebagai metalinguistik.
59. Dalam masyarakat Indonesia dewasa ini banyak penutur berbahasa
Indonesia menyelipkan kosakata bahasa Inggris bukanlah penguasaan bahasa
Inggrisnya menjadi lebih baik,
sebab
sikap
bahasa penutur cenderung diarahkan pada tindakan ingin bergengsi.
60. Penguasaan terhadap B1 dan B2 tidak perlu
sama baiknya, kurangpun boleh,
sebab
seorang
bilingual tidak perlu aktif menggunakan kedua bahasa itu, tetapi cukup bisa
memahaminya.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 61.
SAMPAI 70, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
61. “Gubernur tinjau daerah banjir”. Kalimat ini tidak baku karena
menggunakan ragam bahasa jurnalistik. Berdasarkan variasi bahasa dalam
pemakaian bahasa, mengapa kata tinjau tidak mendapatkan awalan me?....
1) karena sengaja merusak
2) karena keterbatasan ruang media cetak
3) karena keterbatasan waktu
62. Pemberian ciri-ciri dua bahasa atau lebih yang dikaji para linguis
abad ke -19, cenderung dimanfaatkan untuk ....
1) pencarian bahasa proto
2) pengelompokan bahasa
3) penentuan asal-usul dan migrasi bahasa
63. Sosiologi bahasa pada hakekatnya menkaji interaksi antara dua segi
perilaku manusia, yaitu ....
1) penggunaan bahasa
2) pengorganisasian bahasa
3) pendeskripsian bahasa
64 Kajian linguistik adalah identik dengan sosiolinguistik, jika
....
1) langue dan parole merupakan bentuk konkret bahasa
yang monolitik
2) langue dan parole merupakan kesatuan utuh dalam
pemerian bahasa
3) langue dan parole tidak
dipisahkan dalam pemerian bahasa
65. Pilihan berikut berpandangan sama bahwa bahasa dipandang sebagai
sistem yang heterogen karena pluralitas masyarakat pemakaianya, yaitu ....
1) linguistik diakronis
2) sosiologinguistik
3) sosiologi bahasa
66. Pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan pendekatan
intergratif. Kegiatan balajar tersebut secara terpadu dilakukan melalui ....
1) membaca
2) menyimak
3) berbicara
67. Rekaman tindakan pada layar kaca televisi, misalnya demonstrasi
dan pertandingan sepak bola cenderung menggunakan bahasa dan varian bahasa yang
berbeda-beda. Penggunaan bahasa seperti itu karena dipengaruhi oleh dimensi
....
1) tempat dalam interaksi
2) sikap bahasa dalam interaksi
3) waktu dalam interaksi
68. Siswa membaca wacana, kemudian wacana didiskusikan. Hasil diskusi
ditulis siswa secara ringkas. Kegiatan tersebut termasuk bagian dari
pembelajaran bahasa dengan kecepatan ....
1) komunikatif
2) intergratif
3) keterampilan proses
69. Contoh kegiatan interaksi sosial bentuk interaksi disasosiatif,
yaitu ...
1) menghina seseorang
2) membenci seseorang
3) mencintai seseorang
70. “Samin, mobil sudah dicuci?” “Sampun
Ndoro!” Mengapa pada dialog tersebut terjadi
pemilihan kode yang berbeda? Kita perlu menyadari bahwa kedua pelaku tersebut
sering terjadi interaksi di rumah. Penggunaan bahasa itu tidak salah, tindakan
apakah yang perlu kita ketahui?
1) Memahami identitas sosial penutur.
2) Memahami strata sosial penutur.
3) Memahami peranan sosial penutur.
Please send the key answer to me liessa234@gmail.com
ReplyDeletePlease send the key answer to me liessa234@gmail.com
ReplyDeleteSend me key please zakianaklistrik@gmail.com
ReplyDeleteSend me key please ahmadadhia@gmail.com
ReplyDeletePlease send the key answer to me
ReplyDeletesakmawati1@gmail.com
Please send the key answer to me aghniamelati@gmail.com
ReplyDeleteplease send the key answer to me nisagita30@gmail.com
ReplyDeleteplease send the key answer to me
ReplyDeletehanafatimah020@gmail.com
Hai kak could you send me the key answer to nauliahnisa@gmail.com
ReplyDeletePlease send me the answer to yuaime498@gmail.com
ReplyDeleteTolong kitimkan saya jawaban ke ukesuhayati@gmail.com
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletePlease send the key answer to me suryaninurlatifah@gmail.com
ReplyDeleteTolong kirim kunci jawaban ke saya lisnanurf@gmail.com
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletePlease send the key answer to me cania89puspita@gmail.com
ReplyDeletePlease send the key answer to me dorsiatheo@gmail.com
ReplyDelete