TUGAS MANDIRI
PSIKOLINGUISTIK
(PISA4441)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 30, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Yang dimaksud dengan psikolinguistik adalah
....
A. ilmu yang mempelajari linguistik
B. bidang studi yang menghubungkan psikologi dan
linguistik
C. bidang ilmu yang mempelajari psikologi dan
tuturan
D. ilmu yang mempelajari proses terjadinya
kalimat
2. Tujuan utama seorang psikolinguis yaitu ....
A. menganalisis interaksi bahwa antara para
penutur bahasa
B. menyempurnakan proses psikologis seseorang
dalam bertutur
C. menemukan struktur dan proses yang melandasi
kemampuan manusia untuk berbicara dan memahami bahasa
D. menentukan proses yang melandasi seseorang
dalam menghasilkan kalimat
3. Psikolinguistik perkembangan membi-carakan
tentang ....
A. aspek-aspek sosial bahasa
B. pemerolehan bahasa
C. hubungan bahasa dengan otak manusia
D. penerapan temuan-temuan keenam subdisiplin
psikolinguistik
4. Yang dimaksud dengan aliran empirisme yaitu
aliran yang cenderung ....
A. mengkaji prinsip-prinsip akal yang bersifat
batin
B. mementingkan faktor bakat atau pembawaan yang
bertanggungjawab mengatur perilaku manusia
C. mengkaji bagian-bagian yang membentuk suatu
benda sampai ke bagian terkecil dan mendasarkan kajiannya pada faktor dari luar
yang langsung dapat diamati
D. mengkaji akal sebagai satu kesatuan yang utuh
dan menganggap batin sebagai faktor yang penting untuk diteliti guna memahami
perilaku manusia
5. Hubungan antara psikologi dan linguistik
menurut Humbold yaitu ....
A. bila akan mengkaji bahasa secara tuntas dan
cermat, selayaknya menggabungkan linguistik dan psikologi
B. bahasa merupakan ekspresi pengalaman yang
lahir karena tekanan emosi yang kuat
C. psikologi dapat memberikan dasar yang kuat
bagi kajian bahasa
D. bahasa menentukan pandangan masyarakat
penuturnya
6. Yang dimaksud dengan teori behaviorisme
menurut Watson adalah ....
A. menempatkan perilaku bahasa pada tingkatan
yang sama dengan perilaku manusia yang lain
B. bahasa manusia mempunyai tiga fungsi, yaitu
ekspresi, evokasi, dan representasi
C. bahasa sebagai wujud perilaku bila seseorang
menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya
D. bahasa merupakan perilaku yang kompleks
7. Yang dimaksud dengan teori mentalistik adalah
teori yang ....
A. mengkaji bahasa dan perkembangannya dengan
mengana-lisis bahasa anak-anak
B. menggolongkan psikologi kata-kata yang
diucapkan anak-anak
C. menentukan perbandingan antara kata kerja
bantu dan kata depan
D. berpendapat bahwa antara unsur-unsur perasaan
dengan unsur-unsur mental terjadi pertukaran
8. Isi buku psikolinguistik yang diterbitkan
oleh Thumb dan Marbe berisi tentang ....
A. psikolog bahasa dari sudut psikologi dan
bahasa
B. dasar-dasar psikologi pembentukan analogi
pertuturan
C. pokok-pokok dalam perkembangan linguistik dan
psikologi
D. kaidah-kaidah dalam mempelajari psikologi dan
linguistik
9. Teori
mediasi adalah suatu teori yang
A. memberi respon terhadap stimulus dari teori
sebelumnya
B. mengulas psikolinguistik dengan teknik-teknik
penyelidikan
C. mengkaji peristiwa batin yang menengah
stimulus dan respon untuk memperkuat peranan akal dalam psikologi
D. memiliki kecenderungan untuk mempertahankan
fenomena-fenomena dalam ilmu bahasa
10. Tugas
psikolinguistik menurut Miller adalah
....
A. menguraikan proses seseorang menggunakan kalimat
B. menganalisis terbentuknya sebuah tuturan
C. memilah-milah perkembangan linguis-tik berdasarkan periodesasi
D. mengembangkan hasil kajian pendahuluannya
11. Perubahan teori psikolinguistik secara radikal pada periode ke-2
yaitu ....
A. pandangan teori behavioristik dan taksonomi struktural
mempengaruhi teori psikolinguistik selama 50 tahun
B. pandangan mentalistik kognitivis dan transformasional selama tahun
60-an dan awal tahun 70-an mendominasi semua aspek psikolinguistik
C. aspek bahasa dalam teori transformasional mempengaruhi teori
psikolinguistik dan pengajaran bahasa
D. diusulkannya model integratif pada tahun-tahun terakhir
12. Menurut Chomsky, pada hakikatnya bahasa adalah operasi
kebergantungan struktur artinya ....
A. bahasa sama dengan struktur
B. bahasa memiliki seperangkat kaidah yang berupa struktur internal
C. pengoperasian bahasa didahului oleh pengoperasian struktur
D. tidak ada bahasa bila tidak ada struktur
13. Sifat arbitrer pada bahasa manusia bermakna ....
A. hanya manusia yang memiliki bahasa
B. manusia sering kali berlaku sewenang-wenang
C. tidak ada hubungan antara lambang dengan yang dilambangkan
D. selain sebagai suatu sistem, bahasa juga merupakan lambang-lambang
yang bermakna
14. Bahasa memiliki ciri sebagai transmisi budaya. Hal ini terbukti
bahwa manusia ....
A. digunakan secara turun menurun
B. dapat digunakan di berbagai tempat
C. diciptakan oleh manusia
D. dapat hidup sepanjang masa
15. Ciri bahasa bersifat bergiliran terlihat pada peristiwa komunikasi
berikut ini ....
A. Pak Tino sedang menjelaskan makna konotatif
B. Nurul dan Nisa sedang bermain jual-beli
C. Harun sedang menyusun sebuah kalimat efektif
D. Yanti sedang menyimak berita kenaikan BBM
16. Di rumah Bu Aminah, ibu-ibu arisan membicarakan kue yang disajikan
Bu Tita : Enak ya kuenya.
Bu Lili : Bu Am beli di mana sih kuenya?
Bu Siti
: Ini kue kesenangan saya.
Beragamnya ujaran untuk satu topik yang
sama menandakan bahwa bahasa memiliki ciri ....
A. kebermaknaan
B. penggunaan spontan
C. kreativitas
D. keterpisahan
17. Berikut ini adalah kegiatan komunikasi yang menunjukkan ciri
keterpisahan bahasa ....
A. seorang murid bertanya pada gurunya
B. guru menjelaskan terjadinya Candi Prambanan
C. Nina berbicara dengan bonekanya
D. Linda menghafal pelajarannya
18. Ciri dualitas atau artikulasi ganda menandakan bahasa memiliki dua
catatan yaitu ....
A. bunyi dan makna
B. fon dan morf
C. penutur dan mitra tutur
D. denotatif dan konotatif
19. Aliran analogi memiliki paham yang berbeda dengan teori arbitrer,
yaitu ....
A. bahasa memiliki makna berdasarkan kesepakatan
B. makna sebuah kata sudah ada sebelum bahasa lahir
C. terdapat hubungan antara lambang dengan yang dilambangkan
D. makna kata muncul dengan berdasarkan pada struktur
20. Di dalam bertutur terlibat dua aspek pada manusia yaitu aspek ....
A. fisik dan psikis
B. pemahaman dan produksi
C. pengetahuan dan kemampuan
D. internal dan eksternal
21. Dalam peristiwa komunikasi, proses mental terjadi pada saat ....
A. bunyi-bunyi diproses dalam pikiran pendengar untuk dipahami
B. bunyi-bunyi diolah oleh penutur untuk dijadikan tuturan
C. terjadi dialog antara penutur dan mitra tutur
D. tuturan selesai diucapkan oleh penutur
22. Tujuan seseorang memproduksi ujaran adalah untuk ....
A. melatih kemampuan berbahasanya
B. menyampaikan gagasan kepada orang lain
C. melakukan sosialisasi
D. memperoleh apa yang diinginkannya
23. Yang dimaksud dengan representasi semantik dalam proses produksi
ujaran adalah ....
A. konsep keuniversalan bahasa
B. ide dalam benak penutur yang akan disampaikan
C. bayangan bunyi yang akan diujarkan
D. struktur bahasa yang dimiliki penutur
24. Gagasan tentang topik bakat atau pembawaan dikemukakan oleh ....
A. Chomsky
B. Bloomfield
C. Ferdinand de Seasure
D. Lenneberg
25. Piranti pemerolehan bahasa itu pada hakikatnya merupakan perangkat
kemampuan yang dimiliki anak dalam tatanan semantik, sintaksis, dan fonologi.
Artinya, sejak lahir anak ....
A. telah memiliki kemampuan membedakan bunyi bahasa dan bukan bahasa
B. telah dibekali kemampuan LAD
C. dibekati kecerdasan bahasa
D. memperoleh bakat alam tentang bahas
26. Proses berbahasa yang bersifat produktif adalah proses ....
A. yang menghasilkan teori-teori tentang bahasa
B. yang menghasilkan gagasan dan diinformasikan kepada orang lain
C. dalam rangka memahami tuturan orang lain
D. dengan tujuan memahami hakikat bahasa
27. Di samping urutan alamiah, terdapat komponen penting dalam belajar
bahasa, yaitu ....
A. otak
B. paru-paru
C. monitor
D. pita suara
28. Orang yang menderita afasia
Wernick akan mengalami kesulitan dalam ....
A. memahami tuturan
B. berbicara
C. belajar bahasa
D. melafalkan bunyi bahasa
29. Dalam perkembangan bahasa anak, terdapat fase meraban, pada tahap
ini anak mampu ....
A. menirukan pola-pola intonasi
B. memproduksi vokal dan konsonan secara serentak
C. mengucapkan tuturan satu kata
D. menggunakan kosakata secara lebih lengkap
30. Dalam tahap perkembangan bahasa anak, terdapat tahap perolehan
bentuk tanya dan bentuk ingkar. Contoh kalimat bentuk ingkar adalah ....
A. Ani mengambil apel
B. Apa boleh saya makan?
C. Mangga ini tidak manis
D. Saya akan pergi ke sekolah
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 31 SAMPAI
44, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
31. Berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang dikaji dalam
psikolinguistik ....
1) Bagaimanakah bahasa itu ada dan mengapa ia harus ada? Di manakah
bahasa itu berada dan disimpan?
2) Bagaimana bahasa itu tumbuh, berubah, dan mati? Bagaimana suatu
dialek muncul dan berubah menjadi bahasa yang baru?
3) Mengapa seseorang menderita afasia? Bagaimana mengobatinya?
32. Menurut Aitchison, ada 3 hal yang menarik dalam psikolinguistik,
antara lain ....
1) masalah pemerolehan bahasa
2) hubungan antara pengetahuan bahasa dan pemahaman bahasa
3) bahasa orang dewasa yang normal
33. Tugas-tugas psikolinguistik di antaranya yaitu ....
1) menjelaskan perilaku bahasa dalam menghasilkan satu alam pengganti
untuk alam nyata yang tak terbatas
2) menunjukkan cara perilaku bahasa dalam mewujudkan sejenis
organisasi sosial yang merupakan kumpulan organisasi kecil
3) menjelaskan cara perilaku bahasa dalam menghasilkan satu bentuk
perilaku yang menjadi fungsi dalam peristiwa alam yang sudah terjadi, sedang
terjadi, dan akan terjadi
34. Berikut ini adalah alasan Lennenberg bahwa manusia memiliki
kecenderungan untuk memperoleh bahasa yang tidak dimiliki oleh hewan ....
1) perkembangan bahasa yang sama bagi semua orang
2) bahasa tidak mungkin diajarkan kepada makhluk lain
3) bahasa memiliki kesemestaan bahasa
35. Aitchison mengemukakan 10 ciri bahasa manusia, beberapa di
antaranya adalah ....
1) berciri kreativitas
2) bersifat arbitrer
3) menggunakan saluran vokal auditoris
36. Kata-kata berikut ini dibentuk atas dasar pemikiran anologi ....
1) jangkrik, karena berbunyi krik krik krik
2) ikan mujair, penemunya Pak Mujair
3) kerikil, berasal dari keri
marang sikil
37. Menurut Bloomfield, dalam proses bertutur terdapat
komponen-komponen ....
1) fonasi
2) stimulus
3) respon
38. Sifat-sifat berikut ini terdapat pada pemerolehan bahasa, bukan
pada belajar bahasa ....
1) sadar
2) subsadar
3) alamiah
39. Menurut Mc Neil, dengan piranti pemerolehan bahasanya, anak akan
mampu ....
1) membedakan bunyi ujaran dengan bunyi yang lain
2) membedakan sistem bahasa yang mungkin dengan yang tidak mungkin
3) mengorganisasikan peristiwa bahasa ke dalam variasi yang beragam
40. Perilaku bahasa merupakan perilaku yang dipicu secara biologis dan
memiliki karakteristik sebagai berikut ....
1) perilaku itu muncul sebelum diperlukan
2) penampilannya bukan merupakan hasil keputusan yang sadar
3) kemunculannya tidak dipicu oleh peristiwa eksternal
41. Pada tahap infleksi, anak memperoleh tuturan yang berupa ....
1) kata tugas
2) kata ulang
3) kata majemuk
42. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemerolehan B2, antara
lain ....
1) bahan
2) metode
3) lingkungan
43. Terdapat beberapa strategi dalam belajar bahasa yaitu strategi
....
1) pusat minat
2) langsung
3) tak langsung
44. Strategi pembelajaran B2 berciri bebas agresivitas artinya
strategi pembelajaran bahasa dibebaskan dari konotasi ....
1) bersaing
2) manipulasi
3) rekayasa
No comments:
Post a Comment