TUGAS MANDIRI
KAPITA SELEKTA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(PAMA4401)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 41 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Matematika tersusun secara hierarkis, logis,
dan sistematis dari konsep yang sederhana sampai pada konsep yang kompleks oleh
karena itu matematika dikatakan sebagai ....
A. kupulan sistem
B. suatu struktur
C. sistem deduktif
D. ratunya ilmu
2. Matematika dipandang sebagai bahasa atau alat
yang akurat untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial, ekonomi, fisika, kimia,
biologi dan teknik, oleh karena itu matematika disebut sebagai ....
A. ratunya ilmu
B. suatu struktur
C. kumpulan sistem
D. ilmu deduktif
3. Matematika adalah pola, berpikir dan pola
mengorganisasikan. Hal ini dikemukakan oleh ....
A. Jonson dan Rising
B. James dan James
C. Reys, dkk
D. Kline
4. Salah satu orientasi pembelajaran mate-matika
di sekolah adalah bidang ....
A. psikologis
B. aljabar
C. evaluasi
D. afektif
5. Berikut ini yang termasuk dalam “fakta” pada
objek langsung matematika adalah ....
A. himpunan
B. turunan suatu fungsi
C. =, sebagai simbol sama dengan
D. bujur sangkar
6. Kemampuan untuk mengkoordinasikan serta
mengembangkan proses berpikir dengan cara merekam, membuat, analisis dan
sintesis merupakan kapabilitas yang bersifat ....
A. motorik
B. pembentukan sikap
C. kognitif
D. tetap
7. Salah satu contoh kapabilitas sikap adalah
....
A. menyeleaikan persamaan kuadrat
B. kemapuan menggunakan tangga garis bilangan
dalam menentukan hasil penjumlahan bilangan
C. mendemontrasikan pemakaian abakus
D. tidak menyenangi materi peluang dalam
matematika
8. Untuk mengetahui seseorang memiliki kemampuan
melalui kecepatan, ketepatan, dan kelancaran gerakan otot-otot serta anggota
badan, maka orang tersebut dikatakan memiliki kapabilitas ....
A. sikap
B. motorik
C. intelektual
D. kognitif
9. Hasil belajar manusia harus didasarkan kepada
pengamatan tingkah laku manusia yang terlihat melalui stimulus respon dan
belajar bersyarat. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Gagne
B. D.F. Skiner
C. Baruda
D. Pavlov
10. Dalil yang dikemukakan oleh Throndike salah
satunya adalah dalil kesiapan. Dalil tersebut mengemukakan bahwa ....
A. seseorang siap melakukan tindakan balasan akibat tindakan yang
diberikan-nya
B. seseorang akan berhasil dalam belajar apabila orang tersebut
betul-betul telah siap untuk melakukan kegiatan belajar
C. prinsip utama dalam belajar adalah pengulangan
D. seseorang harus siap menerima tindakan yang diberikan guru dalam
belajar
11. Seorang guru selalu memberi contoh kerapihan dalam menulis di
papan tulis kepada siswanya. Hal ini merupakan contoh penerapan teori belajar
menurut ....
A. Pavlov
B. Baruda
C. Thorndike
D. D.F. Skiner
12. Tingkah laku yang bersifat refleks dan ditimbulkan oleh rangsangan
yang datangnya dari lingkungan disebut ....
A. operant
B. respondent
C. stimulus
D. respon
13. Respon yang diperoleh dari beberapa stimulus yang terindentifikasi
sehingga menyebabkan respon yang relatif tetap disebut ....
A. operant conditioning
B. operant respondent
C. respondent conditioning
D. stimulus respon conditioning
14. Tahap-tahap perkembangan intelektual manusia menurut Jean Peaget
secara berurutan adalah tahap-tahap ....
A. sensori motor, praoperasi, operasi konkret, operasi formal
B. praoperasi, sensori motor, operasi konkret, operasi formal
C. praoperasi, operasi konkret, sensori motor, operasi formal
D. sensori motor, operasi konkret, praoperasi, sensori motor, operasi
formal
15. Seorang anak yang masih belum mengenal konsep kekekalan materi
menurut Jean Peaget berada pada tahap ....
A. enaktif
B. proaperasi
C. operasi konkret
D. operasi formal
16. Tahapan di mana seorang anak sudah melibatkan mental yang
merupakan gambaran dari objek-objek, tak perlu lagi memanipulasi objek secara
langsung, disebut tahap ....
A. simbolik
B. formal
C. ikonik
D. enaktif
17. Teori perkembangan yang dikemukakan Bruner mempunyai kesamaan
dengan teori perkembangan Peaget. Ciri tingkah laku yang berada pada tahap
sensori motor Peaget sama sengan ciri tingkahlaku pada tahap perkembangan
Bruner, yaitu tahap ....
A. enaktif
B. ikonik
C. formal
D. simbolik
18. Dalam proses perumusan dan penyusunan ide-ide seorang anak akan
lebih mudah mengingatnya jika menggunakan benda-benda konkret. Dalil yang
sesuai dengan proses di atas adalah dalil ....
A. penyusunan
B. notasi
C. pengontrasan
D. pengaitan
19. Seorang anak dituntut untuk berusaha sendiri mencari pemecahan
masalah serta pengetahuan yang menyertainya metode yang digunakan pada proses
di atas merupakan metode Bruner yang terkenal, yaitu metode ....
A. mandiri
B. penyusunan
C. permainan
D. penemuan
20. Konsep terapan dari konsep matematika menurut Dienes adalah ....
A. ide-ide matematika mengenai kategori dan hubungan bilangan
B. penggunaan dalil-dalil dalam pemecahan masalah
C. sifat-sifat bilangan yang merupakan akibat dari penyajian bilangan
itu sendiri
D. himpunan ide-ide abstrak
21. Tahap belajar konsep menurut Dienes yang kegiatannya sudah mulai
mengamati sifat kesamaan atau ketidaksamaan, keteraturan atau ketidakteraturan
suatu konsep yang diwakili oleh benda-benda konkret merupakan ciri dari tahap ....
A. pemformalan
B. penelaahan sifat bersama
C. permainan
D. bermain bebas
22. Konsep Dienes yang harus dipelajari melalui pengalaman yang
mengikut sertakan banyak variabel-variabel. Prinsip belajat yang sesuai dengan
pernyataan tersebut adalah prinsip ....
A. dinamika
B. konstruktivitas
C. variabilitas
D. persepsi variabilitas
23. Di bawah ini yang merupakan pola pendekat-an yang harus di lakukan
dalam belajar dan mengajar matematika menurut Dinenes, kecuali ....
A. proses abstraksi harus dihindarkan
B. matematika sebaiknya dipelajari dan diajarkan sebagai ilmu seni
C. konsep yang diajarkan dalam matematika harus berkaitan dengan
konsep yang sudah dipahami sebelumnya
D. pengalian suasana konkret ke perumusan abstrak menggunakan simbol
24. Menurut Van Hiele, tahapan di mana anak sudah mampu mengetahui
hubungan yang terkait antara suatu bangun geometri dengan bangun geometri
lainnya adalah ....
A. tahap analisis
B. tahap pengurutan
C. tahap deduksi
D. tahap keakuratan
25. Manfaat teori belajar Van Hiele adalah ....
A. guru dapat berkomunikasi langsung dengan siswa
B. anak dapat memahami geometri dengan pengertian
C. anak dapat belajar melalui penemuan
D. anak banyak berlatih soal-soal yang sulit
26. Teori intelegensi dari Guilford ditampilkan dalam bentuk model
yang dikenal dengan struktur model ....
A. intelektual Guilford
B. intelegensi Guilford
C. kognitif Guilford
D. psikologi Guilford
27. Menurut Guilford kemampuan untuk menyimpan informasi yang telah
diperoleh dikenal dan dimengerti kemudian mengeluar-kan untuk menjawab
tantangan termasuk salah satu tipe operasi, yaitu ....
A. pengamatan
B. ingatan
C. produk konvergen
D. produk divergen
28. Menurut Guilford isi yang berkaitan dengan representasi benda
konkret maupun abstrak termasuk dalam ....
A. isi gambaran
B. isi semantik
C. isi simbol
D. isi tingkah laku
29. Respon tunggal yang berupa gambar, kata, simbol atau gagasan
secara keseluruhan yang utuh termasuk dalam dimensi produk belajar menurut
Guilford, yaitu ....
A. satuan
B. relasi
C. sistem
D. transformasi
30. Salah satu tipe belajar menurut Ausubel adalah ....
A. mengajar dengan metode diskusi, sedangkan siswa belajar dengan
cara bermakna
B. mengajar dengan metode diskusi, sedangkan siswa belajar dengan
cara menghafal
C. mengajar dengan metode ceramah, sedangkan siswa belajar dengan
cara bermakna
D. mengajar dengan metode penemuan, sedangkan siswa belajar dengan
diskusi
31. Menurut Ausebel prasyarat yang harus dipenuhi dalam menyusun
materi pelajaran secara bermakna dan disajikan dengan ceramah adalah ....
A. tugas-tugas yang diberikan anak sesuai dengan kemampuan ekonomi
B. tugas-tugas yang diberikan bersifat afektif
C. tugas-tugas yang diberikan bersifat psikomotor
D. tugas-tugas yang diberikan disesuaikan dengan tingkat perkembangan
intelektual anak
32. Menurut Ausubel ada dua prinsip untuk menyajikan materi pelajaran,
salah satu diantaranya adalah ....
A. materi yang baru diintegrasikan degnan materi lama yang telah
dipelajari siswa
B. materi yang sulit hanya diberikan kepada siswa-siswa yang pandai
C. materi yang disajikan harus menarik perhatian siswa
D. siswa diberi dalil untuk pemantapan materi yang baru
33. Cara yang dapat digunakan untuk mem-belajarkan suatu bahan
pelajaran disebut ....
A. pendekatan pembelajaran
B. metode pembelajaran
C. teknik pembelajaran
D. strategi pembelajaran
34. Pendekatan yang diterapkan dalam pem-belajaran satu keuntungan
yaitu sesuai dengan perkembangan mental anak adalah pendekatan ....
A. intuitif
B. induktif
C. deduktif
D. spiral
35. Untuk membuktikan dalil atau teorema dalam geometri Euclides,
biasanya seorang guru menggunakan pendekatan ....
A. induktif
B. deduktif
C. intuitif
D. spiral
36. Pendekatan pembelajaran di bawah ini sering digunakan pemecahan
masalah matematika ....
A. informal
B. analitik
C. induktif
D. spiral
37. Seorang guru mengajarkan konsep luas daerah trapesium dengan
memberikan rumus luas trapesium tanpa disajikan proses penurunan rumus
tersebut, kemudian dilanjut-kan dengan contoh penggunaannya. Pen-dekatan yang
digunakan pada proses pembelajaran di atas adalah pendekatan ....
A. analitik
B. sintetik
C. informal
D. formal
38. Metode ceramah paling sering digunakan dalam pembelajaran, karena
paling mudah dan relatif murah, namun metode tersebut mempunyai kelemahan ....
A. tiap siswa tidak mempunyai kesempatan yang sama
B. pengetahuan yang diberikan melalui ceramah lebih mudah terlupakan
C. tidak dapat menampung kelas besar
D. guru sulit memberikan bahan pelajaran secara urut
39. Suatu pertanyaan yang kemungkinan jawabannya lebih dari satu
disebut pertanyaan ....
A. tingkat tinggi
B. tingkat rendah
C. terbuka
D. tertutup
40. Berikut ini adalah materi matematika yang merupakan masalah bagi
siswa SMP yaitu ....
A. selesaikan 3x + 4 = x2
B. selesaikan x2 + 2x + 6 = 0
C. hitunglah volum kubus jika diketahui luas alasnya 49m2
D. hitunglah 7254 x 0,145
41. Topik pembelajaran matematika di bawah ini yang dapat disampaikan
dengan metode laboratorium adalah ....
A. memperkirakan tinggi pohon
B. menggambar grafik fungsi
C. menentukan rata-rata dari suatu data
D. meneliti jaring-jaring kubus dan balok
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 42
SAMPAI 50 PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
42. Matematika disebut suatu sistem deduktif, jika memuat sekumpulan
unsur berikut, yaitu ....
1) objek langsung atau tak langsung
2) aksioma atau postulat
3) teorema atau dalil
43. Pernyataan berikut ini yang termasuk dalam konsepsi Demunth adalah
....
1) pembelajaran matematika berorientasi pada dunia sekeliling
2) pembelajaran matematika berorientasi pada hasil belajar
3) pembelajaran matematika berorientasi pada matematika sebagai alat
44. Matematika sekolah berfungsi sebagai wahana untuk meningkatkan....
1) kesanggupan siswa dalam menghadapi kehidupan dunia yang selalu
berkembang
2) ketajaman penalaran siswa
3) kemampuan berkomunikasi
45. Kemampuan yang termasuk dalam objek tak langsung matematika adalah
kemampuan ....
1) menyelidiki
2) memecahkan masalah
3) berkomunikasi
46. Arti kapabilitas menurut Gagne adalah ....
1) kemampuan yang dimiliki manusia karena ia belajar
2) kemampuan manusia dalam berkomuni-kasi
3) penampilan-penampilan yang dapat diamati sebagai hasil belajar
47. Di bawah ini yang dapat mengakibatkan perubahan tingkah laku dan
meningkatkan belajar adalah ....
1) penguatan
2) hukuman
3) kebencian dan penghindaran
48. Dalil-dalil Bruner yang berkaitan dengan pengajaran matematika
adalah dalil ....
1) pengaitan
2) notasi
3) keanekaragaman
49. Pembelajaran matematika dengan meng-gunakan metode diskusi
mempunyai kele-bihan yaitu ....
1) tiap siswa mempunyai kesempatan yang sama
2) siswa terlibat aktif
3) memupuk sifat kerja sama yang ilmiah
50. Di bawah ini yang merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh
dalam pem-belajaran dengan penemuan terbimbing adalah ....
1) guru menyatakan masalah kemudian membimbing siswa menyelesaikannya
2) siswa memahami masalah kemudian menyederhanakan masalah
3) guru memberikan instruksi seminimal mungkin dan siswa mengikuti
instruksi dan berusaha menemukan sendiri penyelesaian masalah
No comments:
Post a Comment