Cloud Hosting Indonesia

09 June, 2014

Soal Pemasaran Sosial




TUGAS MANDIRI
PEMASARAN SOSIAL
(SOSI4313)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  18, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Individu, kelompok atau populasi yang menjadi sasaran perubahan sosial disebut
A.   target adopter.
B.   audience.
C.   adopter.
D.   komunikan.

2.   Tahap akhir dalam proses perubahan sosial yang dijadikan alternatif adalah
A.   perubahan sikap.
B.   perubahan pengetahuan.
C.   perubahan kepercayaan.
D.   perubahan ketertarikan.
     
3.   Tahapan persuasi dalam proses perubahan sosial, merupakan tahap ke
A.   satu.
B.   dua.
C.   tiga.
D.   empat.

4.   Suatu kegiatan yang diambil oleh agen perubahan untuk memberikan efek perubahan perilaku, disebut
A.   change agent.
B.   change strategy.
C.   causes.
D.   change adopter.

5.   Pola perilaku, kebiasaan dan karakteristik pengambilan keputusan dari kelompok target adopter termasuk kelompok karakteristik
A.   psikologi.
B.   demografi.
C.   perilaku.
D.   sosial.

6.   Pelaksanaan Reformasi saat ini merupakan suatu bentuk perubahan yang bersifat
A.   turbulent.
B.   unstable.
C.   transitional.
D.   stable.

7.   Pelaksanaan program kampanye partai-partai politik di Indonesia, merupakan proses adopsi dengan cara
A.   learn-feel-do.
B.   learn-do-feel.
C.   do-feel-learn.
D.   do-learn-feel.

8.   Pemberantasan buta huruf adalah salah satu contoh dari produk sosial yang bersifat
A.   konkrit.
B.   tangible.
C.   intangible.
D.   favourable.

9.   Pelayanan program KB di Indonesia dalam pemasaran sosial termasuk jenis pelayanan yang bersifat
A.   perishability.
B.   variability.
C.   inseparability.
D.   intangibility.

10.   Produk-produk pesawat terbang IPTN bila dikaji secara sosial ekonomi merupakan suatu produk sosial Indonesia yang
A.   memuaskan tetapi tidak ada pesaingnya.
B.   memuaskan dan ada pesaing.
C.   tidak memuaskan dan tidak ada pesaing.
D.   tidak memuaskan tetapi ada pesaing.

11.   Tipe distribusi yang paling cocok untuk pemasaran alat-alat kosmetik adalah distribusi
A.   agent.
B.   outlet.
C.   produk.
D.   media.

12.   Pemindahan produk dari produksi ke konsumsi, dilakukan melalui jaringan atau saluran
A.   produksi.
B.   distribusi.
C.   komunikasi.
D.   konsumsi.

13.   Dalam social marketing, kampanye perubahan sosial adalah merupakan
A.   konsumsi.
B.   marketing.
C.   komunikasi.
D.   produksi.

14.   Apabila terjadi over produksi maka perusahaan tersebut harus melakukan
A.   demarketing.
B.   marketingisasi.
C.   deregulasi.
D.   replanning.

15.   Hal utama yang harus diperhitungkan dalam menentukan “pricing” adalah
A.   produk.
B.   kemasan.
C.   biaya pembuatan.
D.   sasaran.

16.   Pembedaan tipe produk yang didasarkan pada pertimbangan sasaran, akan lebih mengutamakan sistem pembiayaan melalui
A.   pajak.
B.   pricing.
C.   packing.
D.   distribusi.

17.   Permasalahan utama dari target adopter dalam pemasaran sosial adalah
A.   Homogenitas penerima.
B.   Heterogenitas penerima.
C.   daya emphati penerima.
D.   daya simpati penerima.

18.   Tujuan utama seorang pemasar sosial adalah menyampaikan
A.   keunggulan produk.
B.   kelemahan produk untuk kepuasan konsumen.
C.   kelemahan produk.
D.   keunggulan produk untuk kepuasan konsumen.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  19  SAMPAI  22,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

19.   Pendekatan sosial sangat diperlukan dalam proses perubahan sosial.
sebab                 
Kampanye sosial adalah salah satu cara yang dapat digunakan dalam perubahan sosial.

20.   Kepercayaan, sikap dan nilai adalah suatu produk sosial.
sebab                 
Ide adalah suatu produk yang bersifat “tangible”.

21.   Tiga elemen dalam presentasi adalah pengiriman secara personal, presentasi dan penyampaian pesan.
sebab                 
Presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi untuk mempengaruhi penerima.

22.   Perubahan lingkungan yang besar dan cepat selama 1-2 tahun sangat diperlukan pada permasalahan yang besar dan penting.
sebab                 
Turbulent adalah perubahan dengan perencanaan jangka pendek.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   23   SAMPAI   41,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
23.   Tantangan yang dihadapi dalam pemasaran sosial diantaranya adalah
1)   cause
2)   change agent
3)   message

24.   Elemen inti dari setiap kampanye perubahan sosial diantaranya adalah
1)   change strategy
2)   channel
3)   target adopter

25.   Pemasaran sosial selalu berkaitan dengan produk sosial yang terdiri dari
1)   gagasan
2)   praktik
3)   evaluasi

26.   Sikap kelompok target adopter dilihat dari karakteristik
1)   kepercayaan
2)   sosial-demografis
3)   perilaku

27.   Kampanye perubahan sosial dilaksanakan berdasarkan masalah yang muncul dari masyarakat. Masalah ini berasal dari
1)   kebutuhan
2)   keinginan
3)   ketidaktahuan

28.   Ide yang digunakan dalam pemasaran sosial selalu mencakup
1)   kepercayaan
2)   toleransi
3)   nilai

29.   Untuk mencapai sasaran, seorang pemasar sosial harus mampu untuk
1)   mengevaluasi pesan yang telah disampaikan
2)   memberikan reward pada target adopter
3)   memotivasi populasi target adopter

30.   Penetapan tujuan pemasaran sosial diantaranya harus secara
1)   measurable
2)   sustainable
3)   attainable

31.   Marketing mix adalah suatu kegiatan pemasaran sosial yang diantaranya terdiri dari
1)   Personnal
2)   Promotion
3)   Place

32.   Social marketing-mix melalui media massa harus selektif dan selalu mempertimbangkan
1)   pemanfaatan kolom
2)   perancangan dan penampilan iklan
3)   seleksi media dan waktu yang tepat

33.   Pada kegiatan riset pemasaran sosial, pihak-pihak yang dilibatkan dalam perencanaannya diantaranya adalah
1)   ahli komunikasi massa
2)   pemasar sosial
3)   target adopter

34.   Kegiatan pemasaran sosial banyak dibantu dengan keberhasilan test terhadap merk yang digunakan, karena hasil test diharapkan akan
1)   membangkitkan image target adopter
2)   menarik minat target adopter
3)   membuat nama produk mudah diingat

35.   Salah satu pentahapan dalam proses pemasaran adalah mempersiapkan materi komunikasi, setelah itu yang harus dilakukan diantaranya adalah
1)   service
2)   placement
3)   communication

36.   Uji pemasaran dilakukan untuk menjawab pertanyaan
1)   efektifitas apa yang dihasilkan
2)   apa kesalahan yang mungkin dilakukan dalam pemasaran
3)   bagaimana pelayanan yang diharapkan oleh target adopter

37.   Pola yang dianggap paling baik dalam pengelolaan penyebaran adopsi adalah
1)   rapid take off
2)   rapid accelaration
3)   no drops out

38.   Jumlah total adopter yang berhasil dijangkau, sangat dipengaruhi oleh
1)   media cetak
2)   harga atau biaya untuk mendapatkan produk
3)   efektifitas program pemasaran

39.   Demarketing dalam pemasaran sosial dipergunakan untuk memperbaiki berbagai hal, diantaranya
1)   price
2)   communication
3)   place

40.   Penyusunan pesan dalam kegiatan pemasaran sosial dapat dilakukan melalui pembuatan pesan yang bersifat
1)   emosional
2)   instruksional
3)   rasional

41.   Mengevaluasi efektifitas komunikasi massa sebaiknya melalui
1)   Pre-test
2)   Post-test
3)         Midle-test

No comments:

Post a Comment