Cloud Hosting Indonesia

09 June, 2014

Soal Penelitian Pemasaran



TUGAS MANDIRI
PENELITIAN PEMASARAN
(SOSI4312)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 30,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Taksiran konsumen mengenai kapasitas kese-luruhan suatu produk untuk memuaskan keb-utuhannya disebut ....
A.   nilai
B.   kepuasan
C.   pasar
D.   utilitas

2.   Dari konsep-konsep penting yang ada di da-lam konsep pokok pemasaran, titik tolak kegi-atan pemasaran terletak pada ....        
A.   kebutuhan manusia
B.   kepuasan
C.   transaksi
D.   pasar
     
3.   Posisi “ujung tombak” dalam setiap penelitian pemasaran ada di tangan ....
A.   peneliti utama
B.   penanggungjawab lapangan
C.   pewawancara
D.   pengolah data

4.   Dalam struktur organisasi dari lembaga pene-litian pemasaran, yang termasuk bagian staf adalah ....
A.   penanggungjawab lapangan
B.   pewawancara
C.   sekretariat
D.   pengolah data

5.   Penelitian yang dilakukan dengan mengan-dalkan wawancara mendalam dan pengamatan adalah penelitian ....
A.   field research
B.   eksperimen
C.   survei
D.   data sekunder

6.   Perusahaan sepatu “kdalu arsa” melakukan penelitian sebanyak dua kali, yaitu tahun 2000 dan tahun 2004 tentang besarnya pendapatan yang didapat, berdasar dimensi waktunya, penelitian ini termasuk penelitian ....
A.   cross sectional
B.   longitudinal
C.   case study
D.   eksploratory

7.   Pertanyaan tentang, “bagaimana cara yang harus dilakukan agar konsumen mengetahui suatu produk yang akan dipasarkan” meru-pakan pertanyaan dasar dalam penelitian ....
A.   konsumen
B.   produk
C.   penjualan
D.   promosi

8.   Penelitian segmentasi pasar termasuk ke da-lam jenis penelitian ....
A.   konsumen
B.   produksi
C.   penjualan
D.   promosi

9.   Penetapan teknik pengumpulan data dan sumber-sumber data dilakukan di dalam tahap ....
A.   pengumpulan data
B.   pengolahan data
C.   penyusunan rancangan penelitian
D.   penyusunan instrumen

10.   Pertimbangan tentang jenis penelitian yang bisa digunakan dengan batas anggaran yang ada dilakukan pada tahap ....
A.   menentukan manfaat penelitian
B.   menetapkan tujuan penelitian
C.   memperhitungkan nilai dari informasi yang diperoleh
D.   menyusun rancangan penelitian

11.   Dalam kasus yang saling berhubungan, per-masalahan penelitian biasanya berupa ....
A.   keluhan konsumen terhadap pelayanan PT Telkom
B.   perbaikan pelayanan yang dapat diberikan
C.   tingkat kepuasan konsumen terhadap pe-layanan PT Telkom
D.   meningkatnya kompetisi dengan perusa-haan swasta

12.   Perbedaan antara usulan penelitian dan ran-cangan penelitian adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   usulan penelitian bersifat pasti, rancangan penelitian bersifat sementara
B.   usulan penelitian ditujukan untuk kepen-tingan manajerial, rancangan penelitian untuk kepentingan penyelidikan ilmiah
C.   usulan penelitian memerlukan sumbangan pertimbangan peneliti dan pengambil ke-putusan, rancangan penelitian hanya per-timbangan peneliti
D.   usulan penelitian cenderung lebih ringkas dibanding rancangan penelitian

13.   Metode pengujian ulang dilakukan untuk mengukur ....
A.   oprasionalisasi konsep
B.   reliabilitas
C.   validitas
D.   perumusan konsep

14.   Operasionalisasi konsep pada dasarnya meru-pakan upaya untuk menurunkan tingkatan kon-sep hingga ke tingkatan ....
A.   variabel
B.   indikator
C.   dimensi
D.   kategori

15.   Variabel yang kategorinya berfungsi sebagai pembeda antar kategorinya, merupakan va-riabel ....
A.   nominal
B.   ordinal
C.   interval
D.   rasio

16.   Mengukur kesadaran konsumen dilakukan de-ngan cara sebagai berikut, kecuali ....
A.   mengingat tanpa bantuan
B.   mengingat dengan bantuan
C.   memberikan perhatian
D.   melakukan peragaan

17.   Kepada responden diperlihatkan video tentang iklan, kemudian mereka ditanya tentang apa akan dilakukan setelah melihat video tersebut, hal ini dilakukan untuk mengukur kesadaran mereka dengan cara ....
A.   mengingat tanpa bantuan
B.   mengingat dengan bantuan
C.   memberi perhatian dengan bertanya
D.   melakukan peragaan secara tidak lang-sung

18.   Hal-hal yang harus dilakukan saat membuat kuesioner antara lain ....
A.   membuat pertanyaan yang sifatnya leading
B.   menghindari penggunaan kata-kata seder-hana
C.   menghindari kata-kata yang tidak jelas
D.   membuat pertanyaan yang double barreled

19.   Dalam penelitian mengenai pendapat konsu-men tentang posisi produk susu Dancow ter-hadap susu Bendera dan susu Cap Nona, unit-unit observasinya adalah ....
A.   produk susu Dancow
B.   produk susu
C.   konsumen susu
D.   pendapat konsumen

20.   Dalam penelitian tentang kecenderungan pe-milihan komputer, dengan memperhatikan per-bedaan antara laki-laki dan perempuan, maka teknik penarikan sampel yang tepat adalah ....
A.   stratifikasi
B.   purposive
C.   snowball
D.   accidental

21.   Dalam penelitian tentang penilaian konsumen terhadap rasa rokok marlboro, maka teknik penarikan sampel yang tepat adalah ....
A.   accidental
B.   sistematis
C.   purposive
D.   tabel angka random

22.   Dalam penelitian tentang kepuasan pelanggan PLN di Jakarta Raya, unit analisisnya adalah ....
A.   pelanggan PLN
B.   Jakarta Raya
C.   kepuasan pelanggan
D.   PLN

23.   Diketahui, populasi yang ada sebanyak 1500, dan sampel yang akan diambil sebanyak 150; jika ditetapkan sampel pertama adalah 1, ma-ka sampel ketiga adalah ....
A.   10
B.   11
C.   21
D.   31

24.   Dalam sebuah lembar kode, angka yang bera-da di bawah kotak-kotak yang tersedia menun-jukkan ....
A.   nomor kolom
B.   angka pada kuesioner
C.   nomor kategori
D.   nomor pertanyaan

25.   Dalam pembentukan kategori baru, salah satu syarat yang penting untuk dipenuhi adalah distribusi data dimana data tersebut ....
A.   harus menghasilkan pola distribusi yang binomial
B.   tidak boleh menghasilkan pola distribusi yang normal
C.   sebaiknya menghasilkan pola distribusi yang normal
D.   sebaiknya menghasilkan pola distribusi yang binomial

26.   Distribusi dikatakan normal bila nilai ....
A.   mean dan median ada pada satu titik
B.   median dan modus ada pada satu titik
C.   mean dan modus ada pada satu titik
D.   mean, median, modus ada pada satu titik

27.   Dalam pembentukan kategori baru, yang da-pat diubah adalah variabel ....
A.   nominal menjadi ordinal
B.   ordinal menjadi interval
C.   rasio menjadi ordinal
D.   interval menjadi rasio

28.   Pie chart tidak bisa disajikan apabila ....
A.   jumlah kategorinya 15
B.   tidak ada nilai persentasenya
C.   datanya bersifat kualitatif
D.   variabelnya berskala nominal

29.   Untuk variabel tentang nama-nama produk yang diketahui responden, maka ukuran pe-musatan yang bisa disajikan adalah ....
A.   mean
B.   median
C.   modus
D.   range

30.  
jabatan
sikap
total
positif
negatif
tinggi
10
30
40
rendah
40
90
130
total
50
120
170
        Jika jabatan seseorang mempengaruhi sikap-nya, maka persentase yang benar adalah res-ponden yang  ....
A.   punya jabatan tinggi dan sikapnya positif 20%
B.   punya jabatan tinggi dan sikapnya positif 20%
C.   punya jabatan rendah dan sikapnya positif 23,5%
D.   sikapnya negatif dan punya jabatan rendah 75%

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   31   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
31.   Tugas manajer pemasaran bukanlah meru-pakan tugas yang sederhana, hal ini terjadi ka-rena ....
1)   sulit mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen
2)   sulit memprediksi reaksi konsumen
3)   tidak ada faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan usaha pemasaran di luar ke-kuasaan manajer

32.   Berdasar tujuan analisis, jenis penelitian pe-masaran antara lain bersifat ....
1)   eksploratif
2)   deskriptif
3)   eksplanatori

33.   Sebelum melakukan penelitian, di dalam pene-litian pemasaran ada tahap yang harus dilalui, yaitu tahap ....
1)   menentukan manfaat
2)   menetapkan anggaran
3)   menetapkan tujuan

34.   Asumsi yang mendasari hakikat masalah pengambilan keputusan, merujuk kepada ....
1)   masalah dalam manajemen melahirkan masalah pengambilan keputusan
2)   masalah pengambilan keputusan mela-hirkan permasalahan penelitian
3)   masalah penelitian melahirkan masalah dalam manajemen

35.   Validasi indeks antara lain berbentuk ....
1)   internal
2)   eksternal
3)   isi

36.   Persamaan skala dan indeks terlihat pada ….
1)   akumulasi nilai atribut yang bersifat indi-vidual
2)   digunakan untuk variabel selain nominal
3)   teknik pengukuran gabungan

37.   Pertanyaan yang sifatnya double barreled an-tara lain ....
1)   Apakah bapak dan ibu bekerja?
2)   Setujukah anda jika promosi dalam bentuk iklan di radio dan televisi dibatasi jumlah-nya?
3)   Apakah anda mengkonsumsi rokok dan minum alkohol?

38.   Keuntungan menggunakan data sekunder an-tara lain ....
1)   hemat biaya
2)   hemat waktu
3)   banyak alternatif metode

39.   Kegunaan data sekunder antara lain ....
1)   dapat digunakan untuk membuat kuesio-ner
2)   merupakan sumber ide topik penelitian tertentu
3)   merupakan dasar referensi untuk validitas data

40.   Faktor yang harus diperhatikan saat menentu-kan besaran sampel, antara lain ....
1)   heterogenitas populasi
2)   banyaknya pertanyaan dalam kuesioner
3)   ketersediaan dana

41.   Kolom yang terdapat di dalam buku kode an-tara lain ....
1)   nomor urut variabel
2)   kode dan arti kode
3)   nomor kuesioner

42.   Tahap dalam melakukan coding menurut Bailey antara lain dalam memilih ....
1)   angka kode bagi masing-masing kategori
2)   jumlah kolom yang sesuai dengan lembar coding
3)   jumlah variabel yang ada dalam kuesioner

43.   Berdasar tabel silang dapat diketahui ....
1)   ada tidaknya hubungan antarvariabel
2)   arah hubungan antarvariabel
3)   kekuatan hubungan antarvariabel

44.   Dengan menggunakan steam dan leaf plot, hal yang dapat disimpulkan antara lain ....
1)   bentuk distribusi
2)   pengamatan yang ekstrem
3)   pemusatan data

45.   Variabel kualitatif, yang dapat ditampilkan da-lam bentuk grafik, antara lain ....
1)   pie chart
2)   histogram
3)   bar graph

No comments:

Post a Comment