15 August, 2013

Cara yang benar dalam menghilangkan komedo adalah



  1. Basuhlah wajah anda dengan air normal.
  2. Bersihkan wajah dengan cleansing milk yang dicampur dengan scrub. Menggunakan scrub akan meningkatkan efektifitas pengangkatan sumbatan pori-pori dan komedo.
  3. Bersihkan sisa cleansing milk dan sisa kotoran yang menempel dengan sabun.
  4. Supaya menjadi lentur, berikanlah uap panas pada wajah. Lakukan penguapan selama 10 – 15 menit.
  5. Apabila anda mempunyai komedo kelas berat, maka langkah selanjutnya adalah mengoleskan eksfoliator (retinol, arbutin dll).
  6. Langkah ekstraksi. Inilah saat-saat yang menegangkan..hehe. Bila sudah cukup lentur, maka ketika dipencet akan mudah isinya keluar. Tapi bila masih keras, maka anda butuh beberapa hari kemudian untuk melakukan proses ekstraksi kembali. Jangan dipaksakan, ya. Kalau dipaksa keluar padahal belum siap, maka akibatnya bukan komedo yang keluar, tapi muka jadi merah-merah akibat peradangan yang melebar.
Apabila anda telah selesai melakukan perawatan seperti di atas (di rumah atau di salon), perhatikanlah hal-hal berikut ini:
  1. Tangan dan komedo ekstraktor harus dalam keadaan steril. Cuci ekstraktor dengan disinfektan atau cucilah tangan anda dengan antiseptik.
  2. Tahan dulu untuk tidak melakukan facial bila dalam waktu dekat akan menghadiri acara penting. Apalagi bila anda jarang facial.
  3. Jangan keluar rumah begitu selesai facial, karena debu bisa menutupi pori-pori yang sedang terbuka.
  4. Jangan mengunjungi sauna. Kalau sekedar mengantar teman sih tidak mengapa Tapi bila anda sendiri yang melakukannya maka sebaiknya dihindari. Karena uap panas sauna akan mengupas cahaya wajah anda yang sudah lebih terang.
  5. Hindari merias wajah anda.
  6. Saya tahu wajah anda pasti lebih lembut, dan moist, serta mungkin sudah bebas dari komedo. Dan anda merasa puas. Tapi janganlah iseng meraba-raba wajah anda.  Jaga tangan, untuk iseng bercermin sambil memegang dengan tangan yang belum tentu steril.
Semoga dengan langkah diatas bisa menghilangkan komedo serta mencegahnya datang kembali,

No comments:

Post a Comment