13 February, 2014

Cara Memilih RAM yang Baik



Halo sobat taukan ana mengenai apa itu RAM. Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Berikut ini beberapa tips untuk memilih ram yang baik :

1. Sesuaikan dengan mainboard yang digunakan dan chipset yang digunakan.
Type RAM jaman dulu sebelum tahun 2002 (kalo gak salah) type yang digunakan adalah SDRAM, EDORAM, DRAM, dan yang lainnya. Beda jaman, beda pula jenis RAM yang digunakan. RAM type DDR, DDR2, dan yang terbaru DDR3. semuanya dapat dibedakan dengan jenis fisik RAM yaitu terletak pada pin RAM dan mainboard yang memiliki lekukan yang letaknya berbeda, Frekuensi yang beda, Timing yang beda, dan voltage yang berbeda pula.

Chipset bisa juga membatasi pemakaian RAM seperti pada chipset milik perusahaan Intel Corp. dengan nama 945G yang membatasi sampai 2GB, dan X79 yang mendukung processor Core i7 Extreme Edition dapat menampung RAM sampai 64GB dengan type DDR3 dan PC 1060 serta mendukung quad channel RAM. (klo AMD penulis tidak tau, karena penulis bukan penggemar berat AMD).


2. Sesuaikan pemakaian dan budget.
Pemakaian RAM digunakan untuk apa? Home / office computer?, gaming casual, multimedia? atau hardcore gaming (gaming kelas berat, dengan meaktifkan semua fitur dalam game sampai sedetail mungkin) dan multifunction?. RAM ada banyak merek dan edisi dari masing" merek.

Timing RAM biasa kita jumpai dengan 4 angka seperti 8-8-8-24. Timing RAM adalah seperti tuning pada kendaraan, semakin ketat tuningnya makan akselerasi dan handling semakin bagus. Begitu juga pada RAM semaking ketat (kecil) timing maka akan semakin gesit RAM beroperasi.

Frekuensi biasa kita jumpai dengan satuan Mhz atau Ghz. Dalam RAM frekuensi biasa disebut PC, seperti DDR2 PC 6400 berarti 6400/8 = 800 Mhz. semakin tinggi frekuensi maka semakin lincah juga RAM beroperasi sama seperti Processor.

pemilihan dan pembelian RAM juga harus disesuaikan dengan budget. RAM mau dipake untuk apa?

Klo OC (Overclocking) dan hardcore gaming biasanya cari dengan timing yang ketat dan memiliki heat spreader. biasanya harganya diatas Rp.500.000

Klo home / office, multimedia, gaming casual cari RAM yang sesuai dengan budget tidak usah tinggi" nanti mubazir performancenya. Harga bisanya gak tinggi" amat RP. 300.000 kebawah. Semoga bermanfaat.........

No comments:

Post a Comment