12 February, 2014

Cara memilih Harddisk yang baik

Halo sobat pengen nyari hardisk yang bagus berikut saya kasih sedikit tips – tips dan semoga bermanfaat , langsung saja untuk lebih jelasnya mari kita lihat cara memilih hard disk yang baik berikut ini.

1. Kapasitas
Anda tentu mengerti maksud kapasitas, yaitu banyak data yang bisa ditampung dalam hard disk. Sesuaikan kapasitas dengan keperluan Anda.

2. Internal vs Eksternal
Bagi Anda bingung memilih hard disk internal atau eksternal, hard disk internal lebih mahal namun lebih cepat. Sedangkan hard disk eksternal mudah dipindahkan ke mana saja dan harus menggunakan kabel USB untuk terhubung ke komputer. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Buffer
Buffer diartikan sebagai lebar pintu masuk data, semakin lebar maka semakin cepat data yang masuk. Saat ini buffer pada hard disk ada 2 MB, 8MB dan 16 MB.

4. Kecepatan Putar (rotation per minute / rpm)
Pada harddisk dengan 5.400 rpm berarti mampu berputar sebanyak 5.400 kali dalam 1 menit. Pada umumnya kecepatan putar pada hard disk adalah 72.00 rpm dan 10.000 rpm. Semakin cepat putaran hard disk makan hard disk semakin cepat, namun lebih mahal, memiliki space yang lebih sedikit, dan biasanya berisik.

5. Mechanical vs Solid State
Umumnya hard disk masih mechanical, dengan hard disk mechanical makan Anda mendapat kapasitas yang lebih banyak, kecepatan yang konsisten dan lebih murah. Untuk Solid State Disk (SSD), makan Anda mendapatkan kecepatan lebih, tidak mudah panas, serta tidak ribut.
Semoga bermanfaat......

No comments:

Post a Comment