Cloud Hosting Indonesia

15 April, 2014

Soal Belajar dan Pembelajaran



TUGAS MANDIRI
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
(PGSM3803)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  35, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Proses belajar seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor berikut, kecuali
A.   minat.
B.   iconic.
C.   motivasi.
D.   hadiah.

2.   Siswa dikatakan melakukan berfikir produktif apabila dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali
A.   siswa cepat dan tepat menemukan cara dalam memecahkan masalah.
B.   mampu membentuk pengertian.
C.   mampu memecahkan masalah yang abstrak.
D.   mampu melontarkan pendapat.
     
3.   Tujuan utama dari belajar adalah
A.   mendapatkan kepuasan.
B.   menambah pengalaman.
C.   mengubah perilaku yang positif.
D.   menyalurkan hobbi.

4.   Instruction sering diartikan proses pembelajaran yang bertujuan untuk
A.   mengubah perilaku siswa.
B.   membuat siswa dapat melakukan belajar.
C.   memproses input menjadi output.
D.   memberikan stimulus kepada siswa.

5.   Pernyataan-pernyataan berikut adalah ciri-ciri belajar kecuali
A.   bahwa belajar harus memungkinkan terjadinya perubahan perilaku individu/siswa.
B.   perubahan itu harus merupakan hasil dari pengalaman.
C.   perubahan tersebut bersifat bebas.
D.   perubahan itu terjadi pada perilaku individu yang mungkin.

6.   Suatu proses yang dilakukan oleh guru dengan siswa dikatakan suatu proses pembelajaran apabila dalam proses tersebut terjadi hal-hal berikut, kecuali
A.   tanpa tujuan.
B.   berpusat pada tujuan.
C.   siswa mengalami perubahan perilaku.
D.   proses dirancang lebih dahulu.

7.   Siswa dikatakan belajar apabila di dalam dirinya telah tercakup unsur-unsur sebagai berikut kecuali
A.   perubahan perilaku.
B.   ada stimulus.
C.   perubahan perilaku yang relatif tetap.
D.   hasil dari pengalaman.

8.   Fungsi dinamis dalam belajar dan pembelajaran adalah
A.   meningkatkan interaksi antara guru dengan siswa.
B.   menciptakan situasi pembelajaran.
C.   menciptakan situasi yang kondusif agar siswa dapat belajar dengan baik.
D.   meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa.

9.   Suatu kondisi siswa yang memungkinkan ia dapat melakukan kegiatan belajar, disebut prinsip
A.   kesiapan.
B.   motivasi.
C.   persepsi.
D.   tujuan.

10.   Suatu kondisi dari siswa untuk memprakarsai kegiatan, mengatur arah kegiatan dan memelihara kesungguhan, merupakan inti dari prinsip belajar
A.   kesiapan.
B.   motivasi.
C.   persepsi.
D.   perbedaan individu.

11.   Segala aspek yang berkaitan dengan hal ragasi disebut dengan
A.   aspek mental manusia.
B.   aspek fisik manusia.
C.   aspek psikomotor manusia.
D.   aspek sosial manusia.

12.   Seorang guru dalam pelaksana pengajaran, merumuskan tujuan secara jelas. Hal ini berarti, guru telah merujuk pada prinsip
A.   kesiapan.
B.   motivasi.
C.   persepsi.
D.   tujuan.

13.   Untuk merancang suatu pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan seorang guru memperhatikan dan memahami latar belakang emosi, dorongan dan kemampuan serta aspek-aspek belajar siswa, dengan demikian guru tersebut telah menerapkan prinsip
A.   perbedaan individu.
B.   tujuan.
C.   motivasi.
D.   persepsi.

14.   Terjadinya asosiasi antara unsur, pembentukan  konsep penemuan masalan dan keterampilan memecahkan masalah dan selanjutnya membentuk perilaku baru, proses belajar demikian ini termasuk merujuk pada prinsip belajar
A.   persepsi.
B.   retensi.
C.   kognitif.
D.   psikomotor.

15.   Proses belajar yang mencakup nilai, emosi, dorongan minat dan sikap, termasuk proses belajar yang mengacu pada prinsip
A.   belajar kognitif.
B.   belajar afektif.
C.   belajar psikomotor.
D.   tujuan.

16.   Suatu proses belajar dan pembelajaran yang menekankan pada upaya siswa untuk mengendalikan aktivitas ragawinya disebut prinsip belajar.
A.   kognitif.
B.   ajektif.
C.   psikomotor.
D.   sosial.

17.   Jenis cakupan dan fasilitas evaluasi dapat mempengaruhi proses belajar saat ini dan selanjutnya. Pernyataan ini termasuk inti dari prinsip
A.   kognitif.
B.   transfer dan retensi.
C.   evaluasi.
D.   persepsi.

18.   Apabila anda sedang mengendarai sepeda motor, ketika sampai perempatan atau pertigaan jalan yang ada lampu lalu-lintasnya dan lampunya menyala merah, maka anda berhenti. Event ini menunjukkan bahwa anda telah belajar
A.   isyarat.
B.   respon.
C.   rangkaian.
D.   verbal.

19.   Proses belajar yang merujuk pada proses perubahan perilaku yang dihasilkan oleh terciptanya relasi antara stimulus dan respon disebut dengan belajar
A.   isyarat.
B.   stimulus respon.
C.   rangkaian.
D.   verbal.

20.   Seseorang yang sedang duduk di kursi ketika mendengar musik, ia mengetuk-ngetukan kakinya mengikuti irama. Kejadian ini merupakan salah satu contoh jenis belajar
A.   respon dan stimulus.
B.   belajar asosiasi.
C.   belajar verbal.
D.   belajar konsep.

21.   Proses belajar yang merujuk pada terciptanya proses karena adanya berbagai stimulus respon di dalam suatu konteks, disebut belajar
A.   konsep.
B.   respon dan stimulus.
C.   rangkaian.
D.   korelasi.

22.   Seseorang sedang melihat pengemis meminta. Dari penglihatan tersebut di atas pikirannya timbul respon bahwa pengemis tersebut adalah orang miskin. Di sisi lain, ia melihat orang yang hidupnya kecukupan, dalam kondisi ini ia memberikan respon bahwa orang tersebut adalah orang kaya. Kejadian ini merupakan salah satu contoh untuk pembelajaran 
A.   konsep.
B.   korelasi.
C.   rangkaian.
D.   deskriminasi.

23.   Manusia adalah mahkluk yang paling mulia di antara mahkluk-mahkluk ciptaan Tuhan. Sebab manusia diberikan Tuhan berupa bentuk yang sempurna, diberikan pikiran yang lebih bagus dibandingkan dengan binatang atau tumbuhan. Hal inilah yang merupakan ciri utama manusia. Berdasarkan pada ciri-ciri tersebut kita dapat membedakan antara mahkluk manusia dengan mahkluk lainnya. Lukisan ini termasuk pembelajaran untuk mengarahkan siswa pada belajar
A.   kognitif.
B.   konsep.
C.   diskriminasi.
D.   aturan.

24.   Suatu proses belajar yang merujuk pada upaya membangun prinsip atau aturan dengan menggunakan serangkaian fakta, data, peristiwa dan pengalaman yang tidak diketahui atau dialami sebelumnya disebut belajar
A.   aturan.
B.   konsep.
C.   verbal.
D.   asosiasi.

25.   Seorang anak melihat seekor binatang dengan badan besar, mempunyai belalai, ekornya kecil, memiliki gading, telingannya besar. Apabila anak tersebut diminta untuk menyebutkan nama binatang tersebut dan ia dapat menyebutkan dengan benar yaitu binatang gajah. Dalam kaitan ini anak telah mengalami belajar
A.   konsep.
B.   aturan.
C.   pemecahan masalah.
D.   diskriminasi.

26.   Proses belajar yang merujuk pada proses mental individu dalam menghadapi suatu masalah dan selanjutnya menemukan cara mengatasi masalah melalui proses berfikir yang sistematis dan cermat, disebut dengan belajar
A.   berfikir.
B.   kognitif.
C.   retensi dan stimulus.
D.   memecahkan masalah.

27.   Dalam pengembangan kurikulum harus memperhatikan tiga macam tingkatan berikut, kecuali tingkat
A.   institusional.
B.   bidang studi/data pelajaran.
C.   operasional/kelas.
D.   lokal.
28.   Suatu daerah mempunyai pola kehidupan persawahan. Persawahan tersebut dapat ditanami antara lain padi, tembakau, palawija dan tebu. Tetapi di sekitar sekolah terdapat industri pembuatan gula kelapa dan gula merah. Pengamatan terhadap lingkungan sekitar ini dapat menimbulkan gagasan mengkaitkan bahan kajian kurikulum dengan apa yang dikerjakan atau dibutuhkan masyarakat. Dari kondisi lingkungan semacam ini maka gagasan pokok yang dapat diambil
A.   pembuatan gula kelapa.
B.   pembuatan tahu.
C.   pengeringan tembakau.
D.   pembuatan tempe.

29.   Fungsi kurikulum bagi guru dalam proses pembelajaran adalah untuk
A.   tujuan yang hendak dicapai.
B.   proses melaksanakan evaluasi.
C.   pedoman dalam melaksanakan PBM.
D.   hal yang dicita-citakan.

30.  








 


Diagram di atas merupakan diagram hubungan antar komponen
A.   pengajaran.
B.   kurikulum.
C.   pendidikan.
D.   sekolah.

31.   Arah atau sasaran yang hendak dituju dalam pengelenggaraan pendidikan adalah
A.   tujuan.
B.   isi.
C.   metode.
D.   evaluasi.

32.   Rumusan tujuan dibuat berdasarkan analisis terhadap berbagai tuntutan, kebutuhan dan harapan. Pernyataan ini merupakan cara dalam mengembangkan atau menjabarkan
A.   materi kurikulum.
B.   tujuan.
C.   metode.
D.   media.

33.   Apabila suatu kurikulum dikembangkan dengan mempertimbangkan sikap, minat kebutuan, dan aspek-aspek individu yang belajar berarti kurikulum tersebut dikembangkan berdasarkan atas azas
A.   filosofis.
B.   sosiologis.
C.   psikologis.
D.   organisatoris.

34.   Tingkat kemampuan berfikir siswa mengharuskan kita menyajikan bahwa kajian yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir dari tingkatan konkret sampai dengan tingkatan abstrak. Pernyataan ini merupakan inti dari landasan pengembangan muatan lokal yaitu landasan
A.   ideal.
B.   hukum.
C.   teoritik.
D.   demografik.

35.   Apabila guru, kepala sekolah, penilik sekolah, nara sumber dan instansi terkait melakukan kerjasama dalam menjabarkan isi muatan lokal dengan merujuk pada pola kehidupan yang terdapat dalam masyarakat lingkungan sekolah. Hal ini berarti pengembangan bahan kajian muatan lokal bertitik tolak dari
A.   garis besar program pengajaran.
B.   pola kehidupan.
C.   kondisi alamiah.
D.   satuan pelajaran.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  36  SAMPAI  54,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

36.   Proses perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu adalah hasil dari pengalaman.
sebab                 
Belajar harus memungkinkan terjadinya perubahan perilaku individu.



37.   Istilah Instruction sering diartikan sebagai proses pembelajaran.
sebab                 
Dalam istilah Instruction melakukan proses belajar sesuai dengan rencana.

38.   Persepsi adalah interpretasi tentang situasi yang hidup.
sebab                 
Persepsi ini mempengaruhi perilaku individu.

39.   Persepsi adalah interpretasi tentang situasi yang hidup.
sebab                 
Seorang guru akan dapat memahami siswanya lebih baik bila ia peka terhadap bagaimana cara seseorang melihat situasi.

40.   Transfer menunjuk pada kemampuan menggunakan hasil dari satu situasi lain sedangkan retensi adalah proses penggunaan kembali hasil belajar.
sebab                 
Transfer adalah proses menyimpan hasil belajar dan retensi adalah proses menelaah hasil.

41.   Proses belajar psikomotor individu menentukan bagaimana ia mampu mengendalikan aktivitas ragawinya.
sebab                 
Belajar psikomotor mengandung asfek mental dan fisik.

42.   Dalam belajar dan pembelajaran yang berprinsip belajar psikomotor perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut diantaranya: Perkembangan psikomotor anak tertentu terjadi tidak berurutan.
sebab                 
Tugas-tugas psikomotor yang terlalu sulit bagi pelajar dapat menimbulkan frustasi dan kelelahan yang lebih cepat.

43.   Pelaksanaan latihan evaluasi memungkinkan bagi individu untuk menguji kemajuan dalam pencapaian tujuan.
sebab                 
Evaluasi merupakan proses akhir dari suatu kegiatan pembelajaran.

    44.    Suatu proses belajar yang merujuk kepada proses memahami perbuatan (konsep, prinsip, benda, situasi dan lain-lain) melalui proses penyerupaan suatu hal dengan benda, situasi nyata yang pernah dialami individu disebut belajar asosiasi verbal.
                                     sebab      
Pemahaman suatu objek dilakukan dengan cara melihat perbedaan suatu objek dilakukan dengan cara melihat perbedaan karakteristik yang dimiliki oleh objek belajar
           
45.   Proses belajar yang merujuk pada upaya pemahaman suatu objek dengan cara melihat perbedaan karakteristik yang dimiliki oleh objek belajar, disebut pembelajaran untuk belajar diskriminasi.
sebab                 
Dengan melihat perbedaan yang dimiliki oleh objek, individu dapat memahami benda, suasana, objek belajar lain yang ada di lingkungannya.

46.   Belajar konsep merujuk pada aktivitas individu dalam memahami sesuatu benda, proses, gejala, aturan, pengalaman melalui proses mengenal ciri-cirinya, contoh dan sifat dari ciri-ciri itu.
sebab                 
Pemahaman tersebut digunakan untuk memahami hal-hal yang lebih luas atau lebih banyak.

47.   Kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh/dipelajari siswa di sekolah untuk memperoleh ijazah.
sebab                 
Proses pendidikan di sekolah yang termasuk kurikulum hanya mata pelajaran yang ditawarkan untuk dipelajari siswa.

48.   Kurikulum menunjukkan semua pengalaman belajar siswa di sekolah.
sebab     
Proses pendidikan dapat diarahkan kepada pembentukan pribadi anak secara utuh dan ini dicapai melalui kurikulum sekolah.

49.   Lingkungan alam, sosial dan budaya adalah lingkungan yang mencakup segenap unsur budaya yang dimiliki masyarakat di suatu daerah tertentu.
sebab                 
Kepercayaan, adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan, aturan-aturan yang umumnya tidak tertulis, nilai-nilai serta penampilan perlambang dapat dimasukkan dalam kurikulum sekolah sebagai bahan program muatan lokal.

50.   Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan.
sebab                 
Proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien apabila didasarkan pada kurikulum yang baik.

51.   Kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan.
sebab                 
Buku teks adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.

52.   Di samping berisi program yang berlaku untuk semua anak, terdapat pula kesempatan bagi anak mengambil program-program pilihan.
sebab                 
Kurikulum hendaknya memperhatikan hubungan antara berbagai program pendidikan dalam rangka pembentukan kepribadian yang terpadu.

53.   Pengembangan kurikulum pada tingkat Lembaga (Institusional) meliputi kegiatan pengembangan tujuan Institusional dan struktur program.
sebab                 
Pengembangan tujuan institusional dimaksudkan untuk pengembangan tujuan lembaga pendidikan yang bersangkutan.

54.   Muatan lokal merupakan program pendidikan yang dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, bahan kajian yang merupakan tambahan dari bahan kajian yang telah ada atau bahan yang dipadukan dengan bahan kajian yang telah ada dalam GBPP.
sebab                 
Kegiatan belajar di rumah yang menunjang pemahaman bahan kajian yang diterima dari kegiatan intrakurikuler disebut kegiatan kokurikuler.

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   55   SAMPAI   70,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
55.   Salah satu unsur utama belajar adalah perubahan perilaku individu. Ini berarti
1)   individu berubah perilakunya secara positif karena pengalaman yang didapat selama proses belajar
2)   perilaku yang lahir dari diri individu
3)   perubahan itu terjadi pada perilaku individu yang memungkinkan

56.   Prinsip yang seyogyanya diperhatikan dalam belajar dan pembelajaran yang berkenaan dengan prinsip motivasi adalah
1)   dorongan yang mengatur perilaku tidak selalu jelas bagi para siswa
2)   bahan-bahan, kegiatan dan tugas seyogyanya divariasikan sesuai dengan faktor kesiapan kognitif, afektif dan psikomotor
3)   rasa aman dan keberhasilan mencapai tujuan condong meningkatkan motivasi belajar

57.   Hal-hal yang berkaitan dengan persepsi dalam belajar dan pembelajaran adalah
1)   persepsi dapat berlanjut dengan memberi pandangan kepada para siswa tentang bagaimana hal itu dapat dilihat
2)   kecermatan persepsi harus sering dicek
3)   tingkat pertumbuhan dan perkembangan siswa akan mempengaruhi pandangannya terhadap dirinya

58.   Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan belajar dan pengajaran yang berkaitan dengan tujuan, yaitu
1)   siswa akan dapat menerima tujuan yang dirasakan akan dapat memenuhi kebutuhannya
2)   tujuan guru dan siswa sesuai
3)   tingkat keterlibatan siswa secara aktif mempengaruhi tujuan yang dirancangnya dan yang dapat dicapai

59.   Pengajaran yang hanya memperhatikan satu tingkat sasaran akan gagal memenuhi kebutuhan seluruh siswa. Untuk itu guru perlu memperhatikan aspek-aspek belajar masing-masing siswa secara individu. Berkenaan dengan perbedaan individual ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
1)   para siswa membutuhkan variasi tugas, bahan dan metode yang sesuai dengan tujuan, minat dan latar belakang
2)   para siswa perlu mengenal potensinya dan sepatutnya dibantu untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatannya sendiri
3)   tingkat keterlibatan siswa secara aktif mempengaruhi hasilnya yang hendak dicapai

60.   Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam prinsip transfer dan retensi pada proses pembelajaran adalah
1)   bahan yang bermakna bagi siswa dapat diserap lebih baik
2)   siswa didorng untuk mengembangkan kekuatan untuk belajar
3)   penelaahan bahan-bahan faktual, keterampilan dan konsep dapat meningkatkan retensi dan nilai transfer

61.   Beberapa hal perlu diperhatikan dalam belajar kognitif adalah
1)   pengalaman belajar harus diorganisasikan ke dalam unit-unit yang sesuai
2)   perhatian terhadap proses mental yang lebih dari pada hasil
3)   hasil belajar kognitif akan bervariasi sesuai dengan taraf dan jenis perbedaan individu

62.   Suatu proses belajar dan pembelajaran afektif dapat berhasil baik jika diperhatikan hal-hal sebagai berikut
1)   hampir semua situasi kehidupan mengandung aspek afektif
2)   sikap lebih mudah dibentuk karena pengalaman yang menyenangkan
3)   nilai-nilai yang ada pada diri individu dipengaruhi oleh standar perilaku kelompok

63.   Hal-hal yang berkaitan dengan prinsip kesiapan belajar dan pembelajaran adalah
1)   seseorang individu akan dapat belajar dengan sebaik-baiknya bila tugas-tugas yang diberikan kepadanya erat hubungannya dengan kemampuan, minat dan latar belakang
2)   kesiapan untuk belajar harus dikaji
3)   kesiapan untuk belajar mencerminkan jenis dan taraf kesiapan

64.   Proses belajar asosiasi verbal ditandai dengan adanya aspek-aspek berikut
1)   adanya pilihan benda, situasi, orang yang dapat dijadikan objek penyerupaan
2)   terjadinya proses asosiasi verbal sebagai jembatan untuk memahami konsep
3)   adanya kesesuaian antara tujuan instruksional dengan proses belajar asosiasi verbal

65.   Suatu pembelajaran yang dilaksanakan untuk belajar diskriminasi di dalamnya harus tercakup hal-hal berikut
1)   menghadapkan kepada individu dua hal yang masing-masing memiliki karakteristik yang khas
2)   memberi kemudahan para siswa untuk memahami dua hal yang berbeda itu
3)   memberikan jalan bagi siswa untuk menetapkan hasil pemahamannya

66.   Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam memecahkan masalah diantaranya adalah
1)   merasakan adanya masalah
2)   merumuskan masalah secara khusus dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan
3)   memberikan jawaban sementara atau hipotesis atas masalah yang diajukan

67.   Istilah kurikulum memiliki berbagai macam arti, di antaranya
1)   rencana pelajaran
2)   pengalaman belajar
3)   rencana belajar siswa

68.   Prinsip-prinsip yang dianut dalam pengembangan kurikulum adalah
1)   berorientasi pada tujuan dan fleksibilitas
2)   berorientasi kontinuitas dan integritas
3)   berorientasi pada pendekatan pengembangan

69.   Dasar-dasar yang melandasi pengembangan kurikulum adalah
1)   filosofis dan psikologis
2)   psikologis dan sosiologis
3)   sosiologis dan organisatoris

70.   Langkah-langkah atau cara yang ditempuh dalam mengembangkan kurikulum antara lain
1)   menentukan tujuan
2)   menentukan isi
3)   merumuskan KBM dan mengadakan evaluasi

No comments:

Post a Comment