Cloud Hosting Indonesia

15 April, 2014

Soal Perkembangan Peserta Didik



TUGAS MANDIRI
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
(PGSM3302)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  34, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Kondisi fisik seseorang akan sangat berpengaruh terhadap
A.   penampilan.
B.   kesehatan.
C.   aktivitas.
D.   usia.

2.   Test Stanford Binet dirancang untuk mengukur kemampuan intelektual umum yang mencakup hal-hal di bawah ini, kecuali kemampuan
A.   menemukan hubungan sebab akibat.
B.   memecahkan masalah.
C.   mengklasifikasi.
D.   memahami hal yang bersifat imaginatif.
     
3.   Menurut para ahli, kondisi emosi negatif pada masa praremaja disebabkan oleh
A.   pertumbuhan biologis.
B.   aktifitas.
C.   instabilitas jiwa.
D.   kepekaan.

4.   Definisi bakat menurut William B. Michael adalah
A.   karakteristik kemampuan seseorang untuk memperoleh pengetahuan.
B.   pencapaian yang dapat diramalkan dan diukur dengan tes khusus.
C.   kemampuan seseorang untuk mengerjakan tugas dengan baik.
D.   kemampuan untuk melaksanakan.

5.   Siswa dengan gaya berfikir divergen memiliki kekuatan dalam hal seperti di bawah ini, kecuali
A.   pemecahan masalah.
B.   kemampuan imaginatif.
C.   kemampuan memandang situasi nyata dari berbagai perspektif.
D.   mengorganisasikan berbagai hubungan menjadi bermakna.


6.   Keberhasilan komunikasi tergantung dari berbagai unsur di bawah ini, kecuali
A.   komunikator.
B.   lokasi.
C.   komunikan.
D.   cara menyampaikan pesan.

7.   Siswa yang sangat cepat mempelajari gerakan senam ritmik, tergolong memiliki bakat khusus dari dimensi
A.   intelektual.
B.   psikomotor.
C.   perseptual.
D.   konseptual.

8.   Aliran yang berpendapat bahwa pendidikan tidak ada gunanya dalam perkembangan individu adalah aliran
A.   nativisme.
B.   naturalisme.
C.   konvergensi.
D.   empirisme.

9.   William Stern berpendapat bahwa perkembangan individu dipengaruhi oleh faktor
A.   bawaan.
B.   lingkungan.
C.   pendidikan.
D.   bawaan dan lingkungan.

10.   Beberapa aliran berperdapat bahwa perkembangan peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti aliran di bawah ini, kecuali aliran
A.   natisme.
B.   naturalisme.
C.   konvergensi.
D.   empirisme.

11.   Aristoteles membagi tahapan perkembangan individu berdasarkan perkembangan
A.   kognitif.
B.   afektif.
C.   biologis.
D.   didaktis.


12.   Seseorang yang memasuki masa remaja pada fase ke III akan ditandai oleh ciri pertamanya, yaitu
A.   protes terhadap lingkungan yang dianggap menelantarkannya.
B.   pengamatan terhadap diri sendiri.
C.   sifat naif egosentris.
D.   kemauan untuk mengakui pengaruh atau kekuasaan orang lain.

13.   Seorang anak yang memasuki tahap operasi formal, akan mempunyai perkembangan kognitif yang ditandai oleh kemampuan-kemampuan di bawah ini, kecuali
A.   kemampuan berfikir abstrak.
B.   memberikan penalaran yang kompleks.
C.   kemampuan mental untuk menguji suatu hipotesa.
D.   menggunakan logika yang dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat fisik.

14.   Kematangan pada peserta didik akan tercapai apabila
A.   sudah menikah.
B.   berusia 17 tahun.
C.   orang tua memberikan bantuan.
D.   menemukan pegangan atau nilai yang dicari.

15.   Kematangan yang diperoleh peserta didik dapat mencakup kematangan berikut ini, kecuali  kematangan
A.   fisik.
B.   sosial.
C.   emosional.
D.   usia.

16.   Aspek-aspek yang berperan dalam aktivitas belajar adalah
A.   perhatian, motivasi, kemampuan, inteligensi.
B.   perhatian, pengamatan, ingatan, inteligensi.
C.   kemampuan, motivasi, kondisi fisik dan jenis kelamin, lingkungan.
D.   kemampuan, perhatian, pengamatan, lingkungan.

17.   Tinggi-rendahnya kemampuan peserta didik tergantung kepada
A.   gizi yang diterima sejak dalam kandungan.
B.   lingkungan sekitarnya.
C.   pendidikan yang diterimanya.
D.   berbagai aspek yang membentuk kemampuannya.

18.   Peserta didik yang mudah memahami sesuatu melalui perabaan termasuk tipe
A.   faktil.
B.   gustatif.
C.   olfaktoris.
D.   visual.

19.   Syarat yang sangat penting untuk mendukung pengembangan hubungan sosial peserta didik adalah
A.   personal. morality, formality.
B.   relegiousity, morality, profesional.
C.   relegiousity, morality, personal.
D.   formality, profesional, personal.

20.   Dalam mengajukan pertanyaan, hal-hal yang perlu dilakukan oleh pendidik adalah sebagai berikut, kecuali
A.   merangsang peserta didik agar mau bertanya.
B.   mengulangi pertanyaan yang diajukan siswa agar siswa lainnya dapat menangkap maksud pertanyaan dengan jelas.
C.   menempatkan pertanyaan peseta didik dalam konteks sebagian bahan pelajaran.
D.   menanggapi pertanyaan dengan baik.

21.   Suatu sekolah yang memutuskan untuk mengembangkan program pendidikan berdiferensi dalam penyelenggaraan pendidikannya, merupakan implikasi faktor
A.   komunikasi.
B.   sosio-kultural.
C.   fisik.
D.   bakat khusus.

22.   Sekolah Adi mengutamakan kesehatan fisik peserta didik sebagai pangkal tolak perkembangan peserta didik seutuhnya, dengan memfasilitasi berbagai kegiatan ekstra kurikuler olah raga seperti basket, bola volly, sepak bola, senam, renang dan sebagainya. Penyelenggaraan kegiatan seperti itu menandai bahwa sekolah Adi memperhatikan kematangan peserta didik dari segi
A.   emosional.
B.   jasmani.
C.   sosial.
D.   mental.

23.   Sartain dalam buku Psychology Understanding of Human Behavior mendefinisikan kebutuhan sebagai
A.   kekurangan di dalam sesuatu.
B.   pemenuhan keinginan.
C.   sesuatu di dalam kekurangan.
D.   pemenuhan menuju kepuasan.

24.   Pola pemenuhan kebutuhan adalah sebagai berikut
A.   kebutuhan ® dorongan ® tingkah laku ® tujuan.
B.   dorongan ® tingkah laku ® kebutuhan ® tujuan.
C.   dorongan ® kebutuhan ® tingkah laku ® tujuan.
D.   tujuan ® dorongan ® tingkah laku ® kebutuhan.

25.   Secara garis besar, kebutuhan dapat dibedakan atas kebutuhan
A.   perhatian, prestasi, kasih sayang, kebebasan.
B.   pengakuan, partisipasi, penyesuaian.
C.   fisiologis, psikologis, lingkungan.
D.   psikologis, fisiologis, sosial.

26.   Kebutuhan-kebutuhan psikologis yang penting untuk penyesuaian adalah sebagai berikut, kecuali
A.   rasa aman dan status ; perhatian.
B.   pengakuan ; penyesuaian.
C.   kebabasan ; kasih sayang dan penghargaan sosial.
D.   prestasi ; pengalaman.

27.   Kebutuhan-kebutuhan yang pemuasannya bersifat fundamental untuk penyesuaian merupakan kebutuhan
A.   fisiologis.
B.   psikologis.
C.   lingkungan.
D.   sosial.

28.   Budi yang duduk di bangku SMP merasa perlu meningkatkan intensitas belajarnya agar setelah lulus ia dapat diterima di SMU favorit dengan nilai yang memuaskan. Kebutuhan psikologis Budi yang penting artinya untuk penyesuaian ini merupakan kebutuhan akan
A.   perhatian.
B.   kasih sayang.
C.   prestasi.
D.   penghargaan sosial.

29.   Yang termasuk kebutuhan sosial adalah kebutuhan-kebutuhan
A.   kebebasan ; kasih sayang dan penghargaan sosial.
B.   prestasi ; pengalaman.
C.   penyesuaian ; pengakuan ; partisipasi.
D.   perhatian ; rasa aman dan status.

30.   Adi adalah seorang murid SMP yang sangat aktif. Selain memegang jabatan ketua OSIS dan ikut serta dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, ia juga selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di kampung tempat tinggalnya. Kebutuhan sosial yang berusaha dipenuhi oleh Adi adalah kebutuhan akan
A.   partisipasi.
B.   perhatian.
C.   pengakuan.
D.   penyesuaian.

31.   Abraham Maslow mengelompokkan kebutuhan manusia ke dalam lima jenjang kebutuhan. Bila diurutkan dari jenjang yang terendah, kebutuhan-kebutuhan itu adalah kebutuhan
A.   rasa kemasyarakatan, fisiologis, keselamatan dan keamanan, rasa ingin dihargai, pengembangan diri.
B.   fisiologis, keselamatan dan keamanan, rasa kemasyarakatan, rasa ingin dihargai, pengembangan diri.
C.   fisiologis, rasa ingin dihargai, pengembangan diri, rasa kemasyarakatan, keselamatan dan keamanan.
D.   pengembangan diri, rasa ingin dihargai, rasa kemasyarakatan, keselamatan dan keamanan fisiologis.

32.   Dalam rangka memenuhi kebutuhan, cara-cara bertindak yang dilakukan dapat berupa cara
A.   spontan ; latihan ; herediter.
B.   refleks ; habit ; belajar.
C.   sederhana ; sempurna ; mewah.
D.   primer ; sekunder ; tertier.

33.   Yang mengambil peranan besar dalam membentuk watak anak dan sangat mempengaruhi langkah-langkah perkembang-an peserta didik adalah
A.   Intelligence Quotient (IQ).
B.   bakat khusus.
C.   perhatian.
D.   lingkungan.

34.   Bila peserta didik diberi penghargaan atas prestasinya lalu ia berusaha terus untuk mempertahankan prestasinya itu, maka tingkah lakunya itu merupakan pengaruh dari
A.   reinforcement.
B.   reward.
C.   perkembangan jiwa.
D.   modelling.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  35,  SAMPAI  43,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

35.   Lingkungan yang berbeda akan memberi pengaruh yang berbeda pada perkembangan peserta didik.
sebab                 
Perbedaan dalam lingkungan meliputi perbedaan sosial, ekonomi, dan budaya/adat-istiadat.

36.   Sarana dan prasarana dalam penyelenggara- an pendidikan jangan sampai mempengaruhi kondisi fisik peserta didik.
sebab                 
Pertumbuhan fisik peserta didik pada usia sekolah menengah lebih mengarah ke memanjang daripada melebar.

37.   Disiplin keras yang dipaksakan dengan suatu hukum pada remaja, akan menimbulkan tingkah laku emosional.
sebab                 
Kebebasan emosional anak dicapai pada masa remaja.

38.   Anak sejak lahir telah menjadi anggota kelompok sosial.
sebab                 
Lembaga sosial pertama yang dikenal oleh anak adalah keluarga.

39.   Menurut Maslow, kebutuhan manusia itu bertingkat-tingkat.
sebab                 
Bila kebutuhan tingkat pertama telah terpenuhi akan timbul kebutuhan tingkat kedua, dan seterusnya.
40.   Refleks merupakan cara pemenuhan kebutuhan yang paling sederhana, otomatis dan instinktif.
sebab                 
Cara refleks bersifat sementara.

41.   Kebutuhan untuk mengembangkan diri dipenuhi dengan cara habitual.
sebab                 
Cara habitual merupakan cara bertindak yang tingkatannya paling tinggi.

42.   Anak mempunyai potensi untuk menjadi dewasa.
sebab                 
Anak adalah seseorang yang berada pada suatu masa perkembangan tertentu.

43.   Kebutuhan setiap anak selalu sama.
sebab                 
Bila kebutuhan anak tidak terpenuhi, maka anak akan mengalami masalah tertentu.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   44   SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
44.   Faktor-faktor karakteristik peserta didik adalah
1)   fisik, inteligensi, emosional
2)   cacat fisik, kesehatan, lingkungan
3)   bakat khusus, sosial kultural, komunikasi

45.   Perbedaan kemampuan peserta didik dalam memperhatikan sesuatu terletak pada hal-hal berikut
1)   intensitasnya
2)   luasnya objek perhatian
3)   lamanya perhatian

46.   Dorongan belajar pada peserta didik dapat berupa motivasi
1)   khusus
2)   ekstrinsik
3)   intrinsik

47.   Perbedaan kondisi fisik peserta didik dapat dilihat dari segi
1)   bentuk tubuh
2)   kesehatan
3)   fungsi indra

48.   Peserta didik yang berjenis kelamin wanita mempunyai karakteristik umum sebagai berikut
1)   berusaha mengikuti dan menyenangkan orang lain
2)   bersifat pasif
3)   berminat pada hal-hal yang bersifat intelektual dan abstrak
49.   Implikasi karakteristik peserta didik terhadap penyelenggaraan pendidikan meliputi faktor-faktor
1)   komunikasi, fisik, intelektual
2)   ingatan, perhatian, jenis kelamin
3)   emosional, sosio kultural, bakat

50.   Dalam rangka mengembangkan hubungan sosial peserta didik, guru harus
1)   merangkap sebagai pemimpin
2)   menghargai peserta didik
3)   menerapkan pola pengajaran yang demokratis

51.   Cara-cara yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan perkembangan intelektual peserta didik adalah
1)   mengadakan karya wisata ke planetarium
2)   mendorong peserta didik untuk membuat majalah dinding
3)   menjaga kewibawaan pendidik agar peserta didik menuruti petunjuk-petunjuknya

52.   Untuk menunjang perkembangan bakat khusus di kalangan peserta didik usia sekolah menengah, perlu diusahakan beberapa hal berikut
1)   ada dukungan psikologis maupun fisiologis
2)   penyamaan program pendidikan dengan peserta didik lain yang tidak mempunyai bakat khusus
3)   penumbuhkembangan minat dan motivasi berprestasi yang tinggi

53.   Dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan IPTEK, sebaiknya pendidik
1)   memberi penjelasan secara gamblang dan sederhana
2)   menghindari berbicara dengan bahasa yang muluk
3)   tidak perlu memeriksa apakah penjelasannya sudah dimengerti

54.   Faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan peserta didik adalah faktor
1)   lingkungan
2)   hereditas
3)   intelektual

55.   Kebutuhan sosial merupakan faktor dinamis yang memberikan pengaruh langsung pada
1)   tingkah laku dan stabilitas mental
2)   penyesuaian diri dengan lingkungan
3)   hubungan sosial antar pribadi

56.   Pemenuhan kebutuhan fisiologis ditujukan untuk
1)   menjamin kelangsungan jenis
2)   mencapai integritas dan kesehatan fisik
3)   menjamin penyesuaian organisme fisik

57.   Faktor-faktor umum peserta didik yang perlu diketahui oleh penyelenggara pendidikan yaitu
1)   kebutuhan pokok anak
2)   langkah-langkah perkembangan anak
3)   hakikat anak

58.   Modelling dapat dipakai untuk mengajarkan ketrampilan
1)   akademis
2)   motorik
3)   psikis

59.   Akibat yang timbul karena adanya kebutuhan adalah
1)   dorongan
2)   tindakan/tingkah laku
3)   tujuan pemenuhannya

60.   Ciri-ciri tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara kebiasaan adalah
1)   relatif tetap dan seragam pada setiap individu
2)   bersifat herediter
3)   dilakukan bila kebutuhannya tidak dapat dipenuhi dengan cara refleks


No comments:

Post a Comment