TUGAS MANDIRI
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
(PGSM3302)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 34, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Kondisi fisik seseorang akan sangat
berpengaruh terhadap
A. penampilan.
B. kesehatan.
C. aktivitas.
D. usia.
2. Test Stanford Binet dirancang untuk mengukur
kemampuan intelektual umum yang mencakup hal-hal di bawah ini, kecuali
kemampuan
A. menemukan hubungan sebab akibat.
B. memecahkan masalah.
C. mengklasifikasi.
D. memahami hal yang bersifat imaginatif.
3. Menurut para ahli, kondisi emosi negatif pada
masa praremaja disebabkan oleh
A. pertumbuhan biologis.
B. aktifitas.
C. instabilitas jiwa.
D. kepekaan.
4. Definisi bakat menurut William B. Michael
adalah
A. karakteristik kemampuan seseorang untuk
memperoleh pengetahuan.
B. pencapaian yang dapat diramalkan dan diukur
dengan tes khusus.
C. kemampuan seseorang untuk mengerjakan tugas
dengan baik.
D. kemampuan untuk melaksanakan.
5. Siswa dengan gaya berfikir divergen memiliki
kekuatan dalam hal seperti di bawah ini, kecuali
A. pemecahan masalah.
B. kemampuan imaginatif.
C. kemampuan memandang situasi nyata dari
berbagai perspektif.
D. mengorganisasikan berbagai hubungan menjadi
bermakna.
6. Keberhasilan komunikasi tergantung dari
berbagai unsur di bawah ini, kecuali
A. komunikator.
B. lokasi.
C. komunikan.
D. cara menyampaikan pesan.
7. Siswa yang sangat cepat mempelajari gerakan
senam ritmik, tergolong memiliki bakat khusus dari dimensi
A. intelektual.
B. psikomotor.
C. perseptual.
D. konseptual.
8. Aliran yang berpendapat bahwa pendidikan
tidak ada gunanya dalam perkembangan individu adalah aliran
A. nativisme.
B. naturalisme.
C. konvergensi.
D. empirisme.
9. William Stern berpendapat bahwa perkembangan
individu dipengaruhi oleh faktor
A. bawaan.
B. lingkungan.
C. pendidikan.
D. bawaan dan lingkungan.
10. Beberapa aliran berperdapat bahwa perkembangan peserta didik
dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti aliran di bawah ini, kecuali
aliran
A. natisme.
B. naturalisme.
C. konvergensi.
D. empirisme.
11. Aristoteles membagi tahapan perkembangan individu berdasarkan
perkembangan
A. kognitif.
B. afektif.
C. biologis.
D. didaktis.
12. Seseorang yang memasuki masa remaja pada fase ke III akan ditandai
oleh ciri pertamanya, yaitu
A. protes terhadap lingkungan yang dianggap menelantarkannya.
B. pengamatan terhadap diri sendiri.
C. sifat naif egosentris.
D. kemauan untuk mengakui pengaruh atau kekuasaan orang lain.
13. Seorang anak yang memasuki tahap operasi formal, akan mempunyai
perkembangan kognitif yang ditandai oleh kemampuan-kemampuan di bawah ini, kecuali
A. kemampuan berfikir abstrak.
B. memberikan penalaran yang kompleks.
C. kemampuan mental untuk menguji suatu hipotesa.
D. menggunakan logika yang dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat
fisik.
14. Kematangan pada peserta didik akan tercapai apabila
A. sudah menikah.
B. berusia 17 tahun.
C. orang tua memberikan bantuan.
D. menemukan pegangan atau nilai yang dicari.
15. Kematangan yang diperoleh peserta didik dapat mencakup kematangan
berikut ini, kecuali kematangan
A. fisik.
B. sosial.
C. emosional.
D. usia.
16. Aspek-aspek yang berperan dalam aktivitas belajar adalah
A. perhatian, motivasi, kemampuan, inteligensi.
B. perhatian, pengamatan, ingatan, inteligensi.
C. kemampuan, motivasi, kondisi fisik dan jenis kelamin, lingkungan.
D. kemampuan, perhatian, pengamatan, lingkungan.
17. Tinggi-rendahnya kemampuan peserta didik tergantung kepada
A. gizi yang diterima sejak dalam kandungan.
B. lingkungan sekitarnya.
C. pendidikan yang diterimanya.
D. berbagai aspek yang membentuk kemampuannya.
18. Peserta didik yang mudah memahami sesuatu melalui perabaan
termasuk tipe
A. faktil.
B. gustatif.
C. olfaktoris.
D. visual.
19. Syarat yang sangat penting untuk mendukung pengembangan hubungan
sosial peserta didik adalah
A. personal. morality, formality.
B. relegiousity, morality, profesional.
C. relegiousity, morality, personal.
D. formality, profesional, personal.
20. Dalam mengajukan pertanyaan, hal-hal yang perlu dilakukan oleh
pendidik adalah sebagai berikut, kecuali
A. merangsang peserta didik agar mau bertanya.
B. mengulangi pertanyaan yang diajukan siswa agar siswa lainnya dapat
menangkap maksud pertanyaan dengan jelas.
C. menempatkan pertanyaan peseta didik dalam konteks sebagian bahan
pelajaran.
D. menanggapi pertanyaan dengan baik.
21. Suatu sekolah yang memutuskan untuk mengembangkan program
pendidikan berdiferensi dalam penyelenggaraan pendidikannya, merupakan
implikasi faktor
A. komunikasi.
B. sosio-kultural.
C. fisik.
D. bakat khusus.
22. Sekolah Adi mengutamakan kesehatan fisik peserta didik sebagai
pangkal tolak perkembangan peserta didik seutuhnya, dengan memfasilitasi
berbagai kegiatan ekstra kurikuler olah raga seperti basket, bola volly, sepak
bola, senam, renang dan sebagainya. Penyelenggaraan kegiatan seperti itu
menandai bahwa sekolah Adi memperhatikan kematangan peserta didik dari segi
A. emosional.
B. jasmani.
C. sosial.
D. mental.
23. Sartain dalam buku Psychology Understanding of Human Behavior
mendefinisikan kebutuhan sebagai
A. kekurangan di dalam sesuatu.
B. pemenuhan keinginan.
C. sesuatu di dalam kekurangan.
D. pemenuhan menuju kepuasan.
24. Pola pemenuhan kebutuhan adalah sebagai berikut
A. kebutuhan ®
dorongan ® tingkah laku ® tujuan.
B. dorongan ®
tingkah laku ® kebutuhan ® tujuan.
C. dorongan ®
kebutuhan ® tingkah laku ® tujuan.
D. tujuan ® dorongan ® tingkah laku ®
kebutuhan.
25. Secara garis besar, kebutuhan dapat dibedakan atas kebutuhan
A. perhatian, prestasi, kasih sayang, kebebasan.
B. pengakuan, partisipasi, penyesuaian.
C. fisiologis, psikologis, lingkungan.
D. psikologis, fisiologis, sosial.
26. Kebutuhan-kebutuhan psikologis yang penting untuk penyesuaian
adalah sebagai berikut, kecuali
A. rasa aman dan status ; perhatian.
B. pengakuan ; penyesuaian.
C. kebabasan ; kasih sayang dan penghargaan sosial.
D. prestasi ; pengalaman.
27. Kebutuhan-kebutuhan yang pemuasannya bersifat fundamental untuk
penyesuaian merupakan kebutuhan
A. fisiologis.
B. psikologis.
C. lingkungan.
D. sosial.
28. Budi yang duduk di bangku SMP merasa perlu meningkatkan intensitas
belajarnya agar setelah lulus ia dapat diterima di SMU favorit dengan nilai
yang memuaskan. Kebutuhan psikologis Budi yang penting artinya untuk
penyesuaian ini merupakan kebutuhan akan
A. perhatian.
B. kasih sayang.
C. prestasi.
D. penghargaan sosial.
29. Yang termasuk kebutuhan sosial adalah kebutuhan-kebutuhan
A. kebebasan ; kasih sayang dan penghargaan sosial.
B. prestasi ; pengalaman.
C. penyesuaian ; pengakuan ; partisipasi.
D. perhatian ; rasa aman dan status.
30. Adi adalah seorang murid SMP yang sangat aktif. Selain memegang
jabatan ketua OSIS dan ikut serta dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di
sekolah, ia juga selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di kampung
tempat tinggalnya. Kebutuhan sosial yang berusaha dipenuhi oleh Adi adalah
kebutuhan akan
A. partisipasi.
B. perhatian.
C. pengakuan.
D. penyesuaian.
31. Abraham Maslow mengelompokkan kebutuhan manusia ke dalam lima
jenjang kebutuhan. Bila diurutkan dari jenjang yang terendah,
kebutuhan-kebutuhan itu adalah kebutuhan
A. rasa kemasyarakatan, fisiologis, keselamatan dan keamanan, rasa
ingin dihargai, pengembangan diri.
B. fisiologis, keselamatan dan keamanan, rasa kemasyarakatan, rasa
ingin dihargai, pengembangan diri.
C. fisiologis, rasa ingin dihargai, pengembangan diri, rasa
kemasyarakatan, keselamatan dan keamanan.
D. pengembangan diri, rasa ingin dihargai, rasa kemasyarakatan,
keselamatan dan keamanan fisiologis.
32. Dalam rangka memenuhi kebutuhan, cara-cara bertindak yang
dilakukan dapat berupa cara
A. spontan ; latihan ; herediter.
B. refleks ; habit ; belajar.
C. sederhana ; sempurna ; mewah.
D. primer ; sekunder ; tertier.
33. Yang mengambil peranan besar dalam membentuk watak anak dan sangat
mempengaruhi langkah-langkah perkembang-an peserta didik adalah
A. Intelligence Quotient (IQ).
B. bakat khusus.
C. perhatian.
D. lingkungan.
34. Bila peserta didik diberi penghargaan atas prestasinya lalu ia
berusaha terus untuk mempertahankan prestasinya itu, maka tingkah lakunya itu
merupakan pengaruh dari
A. reinforcement.
B. reward.
C. perkembangan jiwa.
D. modelling.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 35,
SAMPAI 43, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
35. Lingkungan yang berbeda akan memberi pengaruh yang berbeda pada
perkembangan peserta didik.
sebab
Perbedaan
dalam lingkungan meliputi perbedaan sosial, ekonomi, dan budaya/adat-istiadat.
36. Sarana dan prasarana dalam penyelenggara- an pendidikan jangan
sampai mempengaruhi kondisi fisik peserta didik.
sebab
Pertumbuhan
fisik peserta didik pada usia sekolah menengah lebih mengarah ke memanjang
daripada melebar.
37. Disiplin keras yang dipaksakan dengan suatu hukum pada remaja,
akan menimbulkan tingkah laku emosional.
sebab
Kebebasan
emosional anak dicapai pada masa remaja.
38. Anak sejak lahir telah menjadi anggota kelompok sosial.
sebab
Lembaga
sosial pertama yang dikenal oleh anak adalah keluarga.
39. Menurut Maslow, kebutuhan manusia itu bertingkat-tingkat.
sebab
Bila
kebutuhan tingkat pertama telah terpenuhi akan timbul kebutuhan tingkat kedua,
dan seterusnya.
40. Refleks merupakan cara pemenuhan kebutuhan yang paling sederhana,
otomatis dan instinktif.
sebab
Cara
refleks bersifat sementara.
41. Kebutuhan untuk mengembangkan diri dipenuhi dengan cara habitual.
sebab
Cara
habitual merupakan cara bertindak yang tingkatannya paling tinggi.
42. Anak mempunyai potensi untuk menjadi dewasa.
sebab
Anak
adalah seseorang yang berada pada suatu masa perkembangan tertentu.
43. Kebutuhan setiap anak selalu sama.
sebab
Bila
kebutuhan anak tidak terpenuhi, maka anak akan mengalami masalah tertentu.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 44
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
44. Faktor-faktor karakteristik peserta didik adalah
1) fisik, inteligensi, emosional
2) cacat fisik, kesehatan, lingkungan
3) bakat khusus, sosial kultural, komunikasi
45. Perbedaan kemampuan peserta didik dalam memperhatikan sesuatu
terletak pada hal-hal berikut
1) intensitasnya
2) luasnya objek perhatian
3) lamanya perhatian
46. Dorongan belajar pada peserta didik dapat berupa motivasi
1) khusus
2) ekstrinsik
3) intrinsik
47. Perbedaan kondisi fisik peserta didik dapat dilihat dari segi
1) bentuk tubuh
2) kesehatan
3) fungsi indra
48. Peserta didik yang berjenis kelamin wanita mempunyai karakteristik
umum sebagai berikut
1) berusaha mengikuti dan menyenangkan orang lain
2) bersifat pasif
3) berminat pada hal-hal yang bersifat intelektual dan abstrak
49. Implikasi karakteristik peserta didik terhadap penyelenggaraan
pendidikan meliputi faktor-faktor
1) komunikasi, fisik, intelektual
2) ingatan, perhatian, jenis kelamin
3) emosional, sosio kultural, bakat
50. Dalam rangka mengembangkan hubungan sosial peserta didik, guru
harus
1) merangkap sebagai pemimpin
2) menghargai peserta didik
3) menerapkan pola pengajaran yang demokratis
51. Cara-cara yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
perkembangan intelektual peserta didik adalah
1) mengadakan karya wisata ke planetarium
2) mendorong peserta didik untuk membuat majalah dinding
3) menjaga kewibawaan pendidik agar peserta didik menuruti
petunjuk-petunjuknya
52. Untuk menunjang perkembangan bakat khusus di kalangan peserta
didik usia sekolah menengah, perlu diusahakan beberapa hal berikut
1) ada dukungan psikologis maupun fisiologis
2) penyamaan program pendidikan dengan peserta didik lain yang tidak
mempunyai bakat khusus
3) penumbuhkembangan minat dan motivasi berprestasi yang tinggi
53. Dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan IPTEK,
sebaiknya pendidik
1) memberi penjelasan secara gamblang dan sederhana
2) menghindari berbicara dengan bahasa yang muluk
3) tidak perlu memeriksa apakah penjelasannya sudah dimengerti
54. Faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan
peserta didik adalah faktor
1) lingkungan
2) hereditas
3) intelektual
55. Kebutuhan sosial merupakan faktor dinamis yang memberikan pengaruh
langsung pada
1) tingkah laku dan stabilitas mental
2) penyesuaian diri dengan lingkungan
3) hubungan sosial antar pribadi
56. Pemenuhan kebutuhan fisiologis ditujukan untuk
1) menjamin kelangsungan jenis
2) mencapai integritas dan kesehatan fisik
3) menjamin penyesuaian organisme fisik
57. Faktor-faktor umum peserta didik yang perlu diketahui oleh
penyelenggara pendidikan yaitu
1) kebutuhan pokok anak
2) langkah-langkah perkembangan anak
3) hakikat anak
58. Modelling dapat dipakai untuk mengajarkan ketrampilan
1) akademis
2) motorik
3) psikis
59. Akibat yang timbul karena adanya kebutuhan adalah
1) dorongan
2) tindakan/tingkah laku
3) tujuan pemenuhannya
60. Ciri-ciri tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan
cara kebiasaan adalah
1) relatif tetap dan seragam pada setiap individu
2) bersifat herediter
3) dilakukan bila kebutuhannya tidak dapat dipenuhi dengan cara
refleks
No comments:
Post a Comment