LATIHAN MANDIRI
BERMAIN DAN
PERMAINAN ANAK
(PGTK2301)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Dunia anak
adalah bermain, melalui bermain anak mendapatkan kepuasan tersendiri baik dalam
kelompok ataupun bermain sendiri. Karakteristik bermain anak diantaranya adalah
sebagai berikut, kecuali ....
A. bermain memerlukan interaksi dan
keterlibatan anak
B. bermain lebih dilakukan
seakan-akan kegiatan itu dalam kehidupannya nyata (bermain drama)
C. bermain relatif bebas dari
aturan-aturan, kecuali anak-anak membuat aturan mereka sendiri
D. bermain dapat melatih rasa
kecintaan anak terhadap ciptaan Tuhan-Nya
2. Seorang ahli
yang mengatakan bermain dapat mempertinggi semua aspek pertumbuhan dan perkembangan
anak serta membela hak-hak anak untuk bermain adalah ....
A. Schaller
B. Karl Groos
C. Dewey
D. Susan Isacacs
3. Pada saat proses kegiatan
pembelajaran di TK, guru membiarkan anak bereksplorasi dalam suasana terjadinya
interaksi anak tersebut bersama teman-temannya. Mereka akan menyampaikan
pengetahuan yang mereka dengar dari orang dewasa kepada teman-teman lainnya
walaupun sebenarnya anak tersebut tidak mengetahuai apa arti dari kata-kata
tersebut. Dari suasana kegiatan kelas tersebut dapat digolongkan dalam teori
modern yang disampaikan oleh ....
A. Jean Piaget
B. Vygotsky
C. Erik Erikson
D. Maria Montessori
4. Dalam
meningkatkan perkembangan kognitif anak, guru dapat memberikan kegiatan bermain
puzzle ataupun permainan balok konstruktif. Dalam permainan ini kita dapat
melihat kemampuan anak dalam ....
A. menyelesaikan dan memecahkan masalah yang ada
B. bergerak bebas menggunakan
tubuhnya
C. membereskan mainannya dan duduk
dibangkunya sendiri
D. mengontrol emosinya, belajar
menahan diri dan bersabar
5. Bermain
merupakan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi, mengadakan penelitian dan
percobaan untuk memperoleh pengetahuan. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Barnett
B. Athey
C. Elkind
D. Vygotsky
6. Pada saat anak bermain menggunakan
daya khayalnya dengan menggunakan alat atau tanpa alat, maka ia memperoleh
manfaat bermain dalam ....
A. memicu kreativitas
B. melatih empati
C. mengasah panca indera
D. media terapi
7. Bermain sambil
belajar mencari penemuan adalah bermain yang ....
A. kegiatannya menggunakan panca
indera
B. kegiatannya selalu menggunakan
perasaan dan pikiran
C. memberi konstribusi pada
perkembangan intelektual dan kecerdasan berpikir
D. kegiatannya dapat menghasilkan
ciptaan baru
8. Salah satu
karakteristik bermain anak yaitu ....
A. bermain yang selalu mengkaitkan
kegiatannya dengan fantasi atau imajinasi anak
B. bermain di mana anak bebas
bereks-plorasi, bereksperimen, dan bertanya tentang semua yang ada didekatnya
C. anak merasa bahagia dan gembira
dalam melakukan aktivitas bermain tersebut
D. bermain yang dilakukan sendiri
oleh anak tanpa harus memenuhi tuntutan dari luar
9. Fakta-fakta
yang berpengaruh terhadap kegiatan bermain anak adalah ....
A. motivasi, lingkungan yang
menunjung, perilaku anak dalam bermain
B. motivasi, lingkungan yang
menunjang, aktif melakukan kegiatan
C. motivasi, perilaku anak dalam
bermain, kegiatan yang menyenangkan
D. motivasi, perilaku anak dalam
bermain, aktif melakukan kegiatan
10. Langkah
pertama yang dilakukan guru dalam mengamati kegiatan bermain anak adalah ....
A. anak bermain sendiri atau bersama temannya
B. berapa waktu yang digunakan anak menekuni 1
jenis kegiatan bermain
C. cara memainkan alat pemainan atau cara mainan
D. sikap anak waktu bermainan, aktif atau diam saja
11. Kegiatan bermain yang memenuhi atau sesuai
dengan karakterisitk yang disepakati oleh para pakar adalah ....
A. sedikit kemungkinan timbul masalah fisik
B. anak bermain sendiri atau bersama temannya
C. kegiatannya hanya dapat mengembang-kan
kemampuan berbahasa anak
D. bermain yang dapat meningkatkan emosi dan
daya khayal anak
12. Pada tahap simbolis, perkembangan bermain
ditandai dengan berkembangnya kemampuan anak ....
A. berfantasi
B. mencetak, membongkar dan memasang kembali
mainannya
C. melakukan penemuan-penemuan
D. dalam mengenal angka
13. Bermain yang dilakukan karena kesenangan,
secara bertahap akan mengalami perubahan. Pernyataan dikemukakan oleh ....
A. Hurlock
B. Parten
C. Smilinsky
D. Jean Piaget
14. Guru dapat mengembangkan kreativitas anak
dengan cara memberikan kegiatan, kecuali ....
A. menggambar
B. bermain pasir
C. menari
D. membaca
15. Tujuan pengembangan kegiatan kreativitas anak
TK adalah ....
A. mengembangkan cara dalam menemukan alternatif
pemecahan masalah
B. membuat anak memiliki kepuasan diri terhadap
apa yang dilakukannya dan sikap menghargai hasil karya orang lain
C. mengenalkan cara mengekspresikan diri melalui
hasil karya dengan menggunakan teknik-teknik yang dikuasainya
D. krativitas mempunyai nilai terapis karena
dalam kegiatan berekpresi, anak dapat menyalurkan perasaan dirinya
16. Kreativitas dapat berfungsi terhadap
per-kembangan estetika, sebab dengan kreativitas anak akan memperoleh ....
A. kecakapan untuk merasakan, membeda-bedakan,
menghargai keindahan yang akan mengantar dan mempengaruhi (kehalusan) budi
pekerti anak
B. ketegangan-ketegangan diri anak sehingga jiwa
anak akan tertekan
C. kesempatan untuk memenuhi kebutuhan
berekspresi menurut caranya sendiri
D. kelenturan untuk mengemukakan ber-bagai
alternatife pemecahan masalah
17. Cara mengekspresikan diri melalui media yang
kreatif, dapat mengembangkan krativitas anak. Hal ini termasuk dalam ruang
lingkup krativitas dalam kemampuan dasar ....
A. seni
B. fisik
C. bahasa
D. melukis
18. Seorang guru memberikan kegaitan melukis
kepada anak. Selama proses kegiatan tersebut berjalan, guru membimbing anak
bagaimana cara memegang kuas yang benar, dengan memegang tangan anak yang
memegang kuas cat. Kegiatan tersebut
memperlihatkan bahwa guru sedang berperan sebagai ....
A. model
B. fasilitator
C. mediator
D. inspirator
19. Tujuan utama guru memberikan kegiatan seni
rupa di TK adalah menumbuh kembangkan ....
A. krativitas, rasa ingin tahu, daya khayal dan
inisiatif anak
B. rasa ingin tahu, motorik, kreativitas, menari
dan bernyanyi
C. konsep diri anak, daya khayal, berbahasa dan
individualitas
D. sosial-emosional, inisiatif, menari dan rasa
ingin tahu
20. Berdasarkan karakteristik anak usia T.K bahwa
anak belajar melalui bermain. Oleh karena itu pelatihan gerakan melalui bermain
sangat penting diberikan kepada anak karena dengan bermain anak akan ....
A. mendapatkan pengalaman
B. secara tidak langsung anak akan mendapatkan
latihan gerak
C. terus bergarak
D. lebih senang bergerak
21. Guru memberi contoh kepada anak bagaimana
cara melukis dengan mengguna-kan jari tangan, sebelum kegiatan dimulai terlebih
dahulu guru mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, kemudian menjelaskan
kepada anak bagaimana cara melakukannya ....
A. diiringi suara musik dengan berbagai tempo
irama sedang, cepat dan lambat
B. membantu anak hingga selesai
C. menggunakan celemek dari kertas koran
D. menggunakan kuas untuk melukis
22. Musik yang nyaman tidak selalu berupa lagu,
lagu yang bernada marah dan sedih bisa membantu anak-anak memahami berbagai
perasaan lainnya, karena musik dapat berpengaruh terhadap perkembangan ....
A. bahasa
B. intelektual
C. emosional
D. perkembangan sosial
23. Dalam memperkenalkan seni musik guru harus
memperlihatkan kecintaannya terhadap musik dengan cara....
A. mengikuti bunyi nada lagu
B. memainkan alat musik, bernyanyi dengan benar
dan berekspresi sesuai dengan bentuk lagu tersebut
C. menciptakan lagu
D. memainkan alat musik tamborin saja
24. Guru menyanyikan lagu bersama anak-anak,
sesuai dengan irama lagu. Guru membunyikan tamborin dengan tempo yang
berbeda-beda, agar anak melompat dan berjalan sesuai dengan irama yang
didengarnya. Kegiatan ini dapat digolongkan dalam kegiatan ....
A. mengenalkan irama dan melodi
B. gerakan ritmik bebas
C. gerakan ritmik setengah terpimpin
D. gerakan ritmik terpimpin
25. Seseorang memiliki kebutuhan yang tidak sama
dengan orang lain. Kebutuhan tersebut terdiri atas kebutuhan ....
A. jasmani dan emosional
B. sandang, pangan dan pendidikan
C. bersosialisasi, pendidikan, berekspresi dan
stimulasi perkembangan
D. jasmani, emosional, mengekspresikan diri dan
kebutuhan bergerak
26. Tika senang sekali mencoba meraih meja dan
mendorong tubuhnya untuk dapat berdiri sendiri. Berdasarkan gambaran tersebut
dapat diperkirakan bahwa usia Tika berada pada usia ....
A. 2 tahun
B. 20 bulan
C. 8 bulan
D. 18 bulan
27. Havinghurst menyatakan bahwa seorang anak
harus memiliki keberhasilan dalam melalui tugas perkembangannya (developmental
task for early childhood), karena ....
A. tugas perkembangan anak dapat terganggu
B. tugas perkembangan anak tidak sempurna
C. anak akan mengalami kesulitan dalam
beradaptasi di masa yang akan datang
D. anak akan mudah untuk diterima dalam
lingkungannya
28. Anak bergerak untuk membentuk body image,
adalah bergerak yang berarti untuk ....
A. mengembangkan bahasa tubuh
B. kesenangan mengeksplorasi tubuh
C. keindahan tubuh
D. mengenali tubuh
29. Kegiatan fisik yang akan membentuk kesan (form
impression), sehingga diharapkan dapat mengembangkan vitalitas hidup anak
dikemukakan oleh ....
A. Wayne Eastman
B. Bruce Wayne
C. Eden
D. Elizabeth Hasley
30. Kematangan adalah prinsip utama per-kembangan motorik anak
dikemukakan oleh Malina & Bouchard adalah anak ....
A. mampu melakukan gerakan motorik ditentukan
oleh syaraf yang mengatur gerak
B. mampu bergerak sesuai dengan kebutuhan
perkembangannya
C. bergerak sesuai dengan kematangan usia
D. bergerak sesuai dengan arahan yang diberikan
oleh orang dewasa
31. Permainan plastisin adalah salah satu contoh
permainan yang mengembangkan gerakan dasar ....
A. lokomotor
B. nonlokomotor
C. motorik halus
D. manipulatif
32. Berikut ini adalah prinsip pelaksanaan dan
faktor pendukung kegiatan fisik-motorik anak, kecuali ....
A. kegiatan dalam bentuk permainan
B. kegiatan sesuai dengan sarana yang dimiliki
oleh sekolah
C. suasana TK disesuaikan dengan kebutuhan anak
untuk bergerak
D. gerakan bervariasi
33. Kegiatan permainan lomba lompat kodok adalah
salah satu contoh kegiatan dari ....
A. berlari dan berjalan dengan berbagai cara
B. melompat ke berbagai arah secara individual
C. melompat berbagai arah secara bersama-an
D. melompat dengan imajinasi
34. Kegiatan anak membungkuk lalu meletakkan
benda ringan dipunggung adalah salah satu kegiatan yang dapat memperkuat otot
tubuh pada bagian otot....
A. punggung
B. panggul
C. tangan
D. perut
35. Permainan maling dan polisi adalah kegiatan
gerak fisik ....
A. gerakan eksplorasi
B. permainan anak
C. gerak ritmik bersama
D. senam anak
36. “Dapatkah kau menggerakan lengan kamu kearah
yang berbeda-beda”, adalah salah satu kegiatan aktivitas gerak ....
A. menukar arah
B. tubuh bergerak
C. memberi dorongan
D. menentukan arah
37. Salah satu faktor yang harus diperhatikan
dalam mengembangkan kegiatan fisik motorik yang disesuaikan dengan tema adalah ....
A. berfokus pada pengembangan otot besar
B. aktif dan menantang
C. mudah dalam penjelasan
D. mengembangkan kemampuan otot halus
38. Peran guru dalam menumbuhkan fisik dan perkembangan gerak motorik
anak adalah ....
A. menjadi pelatih gerak anak
B. memberikan waktu yang cukup pada anak untuk
berlatih dan berkreasi
C. menjadi pengawas gerak anak
D. memberikan pelayanan konsultasi
39. Kegiatan fisik motorik dapat mengembangkan
rasa percaya diri anak karena ....
A. anak mampu menggunakan tubuhnya untuk
mengekspresikan diri secara maksimal
B. anak percaya pada dirinya bahwa ia mampu
melakukan kegiatan yang melibatkan gerak tubuhnya sendiri
C. pengulangan memberikan rasa percaya diri anak
D. anak senang berkompetisi dengan teman
sebayanya
40. Dalam mengevaluasi perkembangan motorik kasar
anak dapat dilakukan dengan teknik ....
A. kuesioner
B. pengamatan
C. penilaian benar salah
D. angket
41. Prinsip perkembangan anak dalam prinsip
pengaturan lingkungan belajar dan bermain di TK adalah ....
A. pengaturan berdasarkan pada suasana sekolah
anak
B. TK dan SD berbeda
C. memiliki lapangan yang luas
D. pengaturan disesuaikan dengan tingkat
perkembangan anak
42. Beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam
mengatur lingkungan belajar dan bermain di TK adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. informasi anak
B. tujuan kegiatan
C. mengadakan pertemuan orang tua
D. menata ruang kelas yang diminta anak
43. Untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar
diperlukan perencanaan harian yang dapat digunakan sebagai ....
A. petunjuk guru dalam menyiapkan dan
melaksanakan kegiatan pembelajaran
B. pedoman dalam menentukan tingkat keamanan
kegiatan pembelajaran
C. program stimulasi perkembangan
D. informasi kegiatan pembelajaran
44. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam
menata ruang bermain adalah mengiden-tifikasi area yang memerlukan ketenangan,
misalnya dengan cara ....
A. mendekatkan area balok dengan pasir dan air
B. mendekatkan area bermain peran dan balok
C. menjauhkan arena perpustakaan dengan komputer dengan area seni
D. menjauhkan area balok dari area perpustakaan
45. Pemilihan alat permainan untuk kegiatan di
luar kelas hendaknya memperhatikan keseimbangan, karena ....
A. alat permainan disesuaikan perkembangan anak
dan memperhatikan kenyamanan anak dalam bermain
B. dalam bermain anak memerlukan keindahan
C. hendaknya tempat bermain dihiasi dengan pohon
besar
D. disediakan area bertanah lembut agar anak
dapat melakukan kegiatan menanam
46. Area yang didalamnya berisikan berbagai alat
dan bahan keterampilan yang dapat mengembangkan daya eksplorasi, kreativitas
dan percobaan adalah ciri area ....
A. seni
B. balok
C. sains
D. musik
47. Kegiatan eksplorasi yang melibatkan
penggunaan pasir dan air dapat dilakukan di area ....
A. bermain bebas
B. area memanjat
C. area sains
D. pasir dan air
48. Dalam membuat area yang dikembangkan hendaknya memperhatikan
berbagai faktor, kecuali ....
A. keamanan dan keselamatan
B. efisiensi ruangan
C. fungsi sentra
D. dekat dengan ruang guru
49. Salah satu ciri perkembangan kognitif anak
usia 4 – 5 tahun adalah ....
A. senang bermain ci – luk – ba
B. anak mampu membedakan mengelom-pokan 5 warna
C. dapat melipat kertas lebih dari satu lipatan
D. mengenal masing-masing bunyi huruf
50. Anak yang telah mampu berbicara lancar dengan
menggunakan kalimat sederhana adalah salah satu indikator dari perkembangan
bahasa dengan kompetensi dasar ....
A. berkomunikasi secara efektif
B. memahami bahasa pasif
C. menggunakan bahasa secara aktif
D. berbicara lancar
51. Aspek pengembangan seni dapat dikembang-kan
melalui kegiatan ....
A. menari sesuai degnan irama musik
B. menjiplak bentuk geometri
C. menghitung 1 – 20
D. menggunting bentuk geometri
52. Melalui kegiatan bermain balok, diharapkan anak dapat terlibat
aktif dalam ....
A. kelompok
B. individu
C. individu dan kelompok
D. bermain aktif
53. Pada saat melakukan kegiatan bermain
diharapkan anak mampu untuk menunggu giliran, tidak berebut mainan dan
merapihkan kembali alat permainan. Hal tersebut dapat mengembangkan aspek ....
A. moral dan nilai-nilai kehidupan
B. sosio-emosional
C. sosial
D. sikap beragama
54. Program kegiatan story telling dan story
reading adalah kegiatan yang dapat menjadi ciri khas area ....
A. seni
B. musik
C. sains
D. perpustakaan
55. Tidak semua anak mencapai taraf per-kembangan
yang sama, tetapi perkembangan berjalan atas dasar beberapa asas perkembangan, kecuali
....
A. tempo perkembangan tidak merata, ada masa di
mana pertumbuhan relatif cepat dan lambat
B. setiap anak mempunyai tempo pertumbuhan
sendiri
C. pertumbuhan anak sudah terencana dan sama
dengan anak yang lainnya
D. perkembangan dipengaruhi oleh faktor
keturunan
56. Persyaratan alat permainan untuk anak usia TK
adalah ....
A. mainan anak terbuat dari kaca dan memiliki
berat
B. mengandung toxic dan zat perwarna
C. mainan yang disediakan tidak sesuai dengan
usia perkembangan anak
D.
ukurannya sesuai
dengan anak usia TK
57. Prinsip-prinsip pengaturan lingkungan bermain
adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak
B. tercipta rasa aman secara jasmani dan rohani
C. memberi kesadaran akan ruang gerak anak
D. dapat mendorong perkembangan anak dengan cara
memberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk bereksplorasi
58. Di bawah ini adalah tahapan bermain balok menurut
Harriet Johnson untuk anak usia 2–4 tahun adalah ....
A. balok dibawa anak-anak kemana-mana tetapi
tidak dibuat apa-apa
B. mulai memberi nama pada bangunan
C. bangunan yang dibuat anak sering menirukan
bangunan yang sebenarnya
D. membuat pagar untuk memagari suatu ruang
59. Tahapan dari kegiatan bermain air dan pasir
adalah, kecuali anak ....
A. memecahkan masalah dan dapat menghasilkan
sesuatu yang membanggakan
B. bereksplorasi sensori-motor yang berhubungan
dengan panca indera
C. mempergunakan pengalaman mereka untuk satu
tujuan
D. ditujukan dalam keruwetan kegiatan
direncanakan sendiri
60. Permainan manipulatif mengandung latihan menggunakan otot-otot
halus pada tangan untuk perkembangan kognitif anak seperti ....
A. koordinasi mata dan tangan, daya khayal dan menempel
B. daya konsentrasi, pengamatan, perabaan serta
koordinasi mata dan tangan
C. mencetak, menghitung, dan motorik halus anak
D. sosialisasi, kelompok, mencetak dan berbahasa
No comments:
Post a Comment