Cloud Hosting Indonesia

17 April, 2014

Soal Bermain dan Permainan Anak



LATIHAN MANDIRI
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK
(PGTK2301)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Dunia anak adalah bermain, melalui bermain anak mendapatkan kepuasan tersendiri baik dalam kelompok ataupun bermain sendiri. Karakteristik bermain anak diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali ....         
A.   bermain memerlukan interaksi dan keterlibatan anak
B.   bermain lebih dilakukan seakan-akan kegiatan itu dalam kehidupannya nyata (bermain drama)
C.   bermain relatif bebas dari aturan-aturan, kecuali anak-anak membuat aturan mereka sendiri
D.   bermain dapat melatih rasa kecintaan anak terhadap ciptaan Tuhan-Nya

2.   Seorang ahli yang mengatakan bermain dapat mempertinggi semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak serta membela hak-hak anak untuk bermain adalah ....         
A.   Schaller
B.   Karl Groos
C.   Dewey
D.   Susan Isacacs
     
3.   Pada saat proses kegiatan pembelajaran di TK, guru membiarkan anak bereksplorasi dalam suasana terjadinya interaksi anak tersebut bersama teman-temannya. Mereka akan menyampaikan pengetahuan yang mereka dengar dari orang dewasa kepada teman-teman lainnya walaupun sebenarnya anak tersebut tidak mengetahuai apa arti dari kata-kata tersebut. Dari suasana kegiatan kelas tersebut dapat digolongkan dalam teori modern yang disampaikan oleh ....
A.   Jean Piaget
B.   Vygotsky
C.   Erik Erikson
D.   Maria Montessori

4.   Dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak, guru dapat memberikan kegiatan bermain puzzle ataupun permainan balok konstruktif. Dalam permainan ini kita dapat melihat kemampuan anak dalam ....


A.   menyelesaikan dan memecahkan masalah yang ada
B.   bergerak bebas menggunakan tubuhnya
C.   membereskan mainannya dan duduk dibangkunya sendiri
D.   mengontrol emosinya, belajar menahan diri dan bersabar

5.   Bermain merupakan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi, mengadakan penelitian dan percobaan untuk memperoleh pengetahuan. Pendapat tersebut dikemukakan oleh  ....
A.   Barnett
B.   Athey
C.   Elkind
D.   Vygotsky

6.   Pada saat anak bermain menggunakan daya khayalnya dengan menggunakan alat atau tanpa alat, maka ia memperoleh manfaat bermain dalam ....
A.   memicu kreativitas
B.   melatih empati
C.   mengasah panca indera
D.   media terapi

7.   Bermain sambil belajar mencari penemuan adalah bermain yang ....
A.   kegiatannya menggunakan panca indera
B.   kegiatannya selalu menggunakan perasaan dan pikiran
C.   memberi konstribusi pada perkembangan intelektual dan kecerdasan berpikir
D.   kegiatannya dapat menghasilkan ciptaan baru

8.   Salah satu karakteristik bermain anak yaitu ....
A.   bermain yang selalu mengkaitkan kegiatannya dengan fantasi atau imajinasi anak
B.   bermain di mana anak bebas bereks-plorasi, bereksperimen, dan bertanya tentang semua yang ada didekatnya
C.   anak merasa bahagia dan gembira dalam melakukan aktivitas bermain tersebut
D.   bermain yang dilakukan sendiri oleh anak tanpa harus memenuhi tuntutan dari luar

9.   Fakta-fakta yang berpengaruh terhadap kegiatan bermain anak adalah ....
A.   motivasi, lingkungan yang menunjung, perilaku anak dalam bermain
B.   motivasi, lingkungan yang menunjang, aktif melakukan kegiatan
C.   motivasi, perilaku anak dalam bermain, kegiatan yang menyenangkan
D.   motivasi, perilaku anak dalam bermain, aktif melakukan kegiatan

10.   Langkah pertama yang dilakukan guru dalam mengamati kegiatan bermain anak adalah ....
A.   anak bermain sendiri atau bersama temannya
B.   berapa waktu yang digunakan anak menekuni 1 jenis kegiatan bermain
C.   cara memainkan alat pemainan atau cara mainan
D.   sikap anak waktu  bermainan, aktif atau diam saja

11.   Kegiatan bermain yang memenuhi atau sesuai dengan karakterisitk yang disepakati oleh para pakar adalah ....
A.   sedikit kemungkinan timbul masalah fisik
B.   anak bermain sendiri atau bersama temannya
C.   kegiatannya hanya dapat mengembang-kan kemampuan berbahasa anak
D.   bermain yang dapat meningkatkan emosi dan daya khayal anak

12.   Pada tahap simbolis, perkembangan bermain ditandai dengan berkembangnya kemampuan anak ....
A.   berfantasi
B.   mencetak, membongkar dan memasang kembali mainannya
C.   melakukan penemuan-penemuan
D.   dalam mengenal angka

13.   Bermain yang dilakukan karena kesenangan, secara bertahap akan mengalami perubahan. Pernyataan dikemukakan oleh ....
A.   Hurlock
B.   Parten
C.   Smilinsky
D.   Jean Piaget

14.   Guru dapat mengembangkan kreativitas anak dengan cara memberikan kegiatan, kecuali ....
A.   menggambar
B.   bermain pasir
C.   menari
D.   membaca

15.   Tujuan pengembangan kegiatan kreativitas anak TK adalah ....
A.   mengembangkan cara dalam menemukan alternatif pemecahan masalah
B.   membuat anak memiliki kepuasan diri terhadap apa yang dilakukannya dan sikap menghargai hasil karya orang lain
C.   mengenalkan cara mengekspresikan diri melalui hasil karya dengan menggunakan teknik-teknik yang dikuasainya
D.   krativitas mempunyai nilai terapis karena dalam kegiatan berekpresi, anak dapat menyalurkan perasaan dirinya

16.   Kreativitas dapat berfungsi terhadap per-kembangan estetika, sebab dengan kreativitas anak akan memperoleh ....
A.   kecakapan untuk merasakan, membeda-bedakan, menghargai keindahan yang akan mengantar dan mempengaruhi (kehalusan) budi pekerti anak
B.   ketegangan-ketegangan diri anak sehingga jiwa anak akan tertekan
C.   kesempatan untuk memenuhi kebutuhan berekspresi menurut caranya sendiri
D.   kelenturan untuk mengemukakan ber-bagai alternatife pemecahan masalah

17.   Cara mengekspresikan diri melalui media yang kreatif, dapat mengembangkan krativitas anak. Hal ini termasuk dalam ruang lingkup krativitas dalam kemampuan dasar ....
A.   seni
B.   fisik
C.   bahasa
D.   melukis

18.   Seorang guru memberikan kegaitan melukis kepada anak. Selama proses kegiatan tersebut berjalan, guru membimbing anak bagaimana cara memegang kuas yang benar, dengan memegang tangan anak yang memegang kuas cat. Kegiatan tersebut memperlihatkan bahwa guru sedang berperan sebagai ....
A.   model
B.   fasilitator
C.   mediator
D.   inspirator

19.   Tujuan utama guru memberikan kegiatan seni rupa di TK adalah menumbuh kembangkan ....
A.   krativitas, rasa ingin tahu, daya khayal dan inisiatif anak
B.   rasa ingin tahu, motorik, kreativitas, menari dan bernyanyi
C.   konsep diri anak, daya khayal, berbahasa dan individualitas
D.   sosial-emosional, inisiatif, menari dan rasa ingin tahu

20.   Berdasarkan karakteristik anak usia T.K bahwa anak belajar melalui bermain. Oleh karena itu pelatihan gerakan melalui bermain sangat penting diberikan kepada anak karena dengan bermain anak akan ....
A.   mendapatkan pengalaman
B.   secara tidak langsung anak akan mendapatkan latihan gerak
C.   terus bergarak
D.   lebih senang bergerak

21.   Guru memberi contoh kepada anak bagaimana cara melukis dengan mengguna-kan jari tangan, sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu guru mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, kemudian menjelaskan kepada anak bagaimana cara melakukannya ....
A.   diiringi suara musik dengan berbagai tempo irama sedang, cepat dan lambat
B.   membantu anak hingga selesai
C.   menggunakan celemek dari kertas koran
D.   menggunakan kuas untuk melukis

22.   Musik yang nyaman tidak selalu berupa lagu, lagu yang bernada marah dan sedih bisa membantu anak-anak memahami berbagai perasaan lainnya, karena musik dapat berpengaruh terhadap perkembangan ....
A.   bahasa
B.   intelektual
C.   emosional
D.   perkembangan sosial

23.   Dalam memperkenalkan seni musik guru harus memperlihatkan kecintaannya terhadap musik dengan cara....
A.   mengikuti bunyi nada lagu
B.   memainkan alat musik, bernyanyi dengan benar dan berekspresi sesuai dengan bentuk lagu tersebut
C.   menciptakan lagu
D.   memainkan alat musik tamborin saja

24.   Guru menyanyikan lagu bersama anak-anak, sesuai dengan irama lagu. Guru membunyikan tamborin dengan tempo yang berbeda-beda, agar anak melompat dan berjalan sesuai dengan irama yang didengarnya. Kegiatan ini dapat digolongkan dalam kegiatan ....
A.   mengenalkan irama dan melodi
B.   gerakan ritmik bebas
C.   gerakan ritmik setengah terpimpin
D.   gerakan ritmik terpimpin

25.   Seseorang memiliki kebutuhan yang tidak sama dengan orang lain. Kebutuhan tersebut terdiri atas kebutuhan ....
A.   jasmani dan emosional
B.   sandang, pangan dan pendidikan
C.   bersosialisasi, pendidikan, berekspresi dan stimulasi perkembangan
D.   jasmani, emosional, mengekspresikan diri dan kebutuhan bergerak

26.   Tika senang sekali mencoba meraih meja dan mendorong tubuhnya untuk dapat berdiri sendiri. Berdasarkan gambaran tersebut dapat diperkirakan bahwa usia Tika berada pada usia ....
A.   2 tahun
B.   20 bulan
C.   8 bulan
D.   18 bulan

27.   Havinghurst menyatakan bahwa seorang anak harus memiliki keberhasilan dalam melalui tugas perkembangannya (developmental task for early childhood), karena ....
A.   tugas perkembangan anak dapat terganggu
B.   tugas perkembangan anak tidak sempurna
C.   anak akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi di masa yang akan datang
D.   anak akan mudah untuk diterima dalam lingkungannya

28.   Anak bergerak untuk membentuk body image, adalah bergerak yang berarti untuk ....
A.   mengembangkan bahasa tubuh
B.   kesenangan mengeksplorasi tubuh
C.   keindahan tubuh
D.   mengenali tubuh

29.   Kegiatan fisik yang akan membentuk kesan (form impression), sehingga diharapkan dapat mengembangkan vitalitas hidup anak dikemukakan oleh ....
A.   Wayne Eastman
B.   Bruce Wayne
C.   Eden
D.   Elizabeth Hasley

30.   Kematangan adalah prinsip utama per-kembangan motorik anak dikemukakan oleh Malina & Bouchard adalah anak ....
A.   mampu melakukan gerakan motorik ditentukan oleh syaraf yang mengatur gerak
B.   mampu bergerak sesuai dengan kebutuhan perkembangannya
C.   bergerak sesuai dengan kematangan usia
D.   bergerak sesuai dengan arahan yang diberikan oleh orang dewasa

31.   Permainan plastisin adalah salah satu contoh permainan yang mengembangkan gerakan dasar ....
A.   lokomotor
B.   nonlokomotor
C.   motorik halus
D.   manipulatif

32.   Berikut ini adalah prinsip pelaksanaan dan faktor pendukung kegiatan fisik-motorik anak, kecuali ....
A.   kegiatan dalam bentuk permainan
B.   kegiatan sesuai dengan sarana yang dimiliki oleh sekolah
C.   suasana TK disesuaikan dengan kebutuhan anak untuk bergerak
D.   gerakan bervariasi

33.   Kegiatan permainan lomba lompat kodok adalah salah satu contoh kegiatan dari ....
A.   berlari dan berjalan dengan berbagai cara
B.   melompat ke berbagai arah secara individual
C.   melompat berbagai arah secara bersama-an
D.   melompat dengan imajinasi

34.   Kegiatan anak membungkuk lalu meletakkan benda ringan dipunggung adalah salah satu kegiatan yang dapat memperkuat otot tubuh pada bagian otot....
A.   punggung
B.   panggul
C.   tangan
D.   perut
35.   Permainan maling dan polisi adalah kegiatan gerak fisik ....
A.   gerakan eksplorasi
B.   permainan anak
C.   gerak ritmik bersama
D.   senam anak

36.   “Dapatkah kau menggerakan lengan kamu kearah yang berbeda-beda”, adalah salah satu kegiatan aktivitas gerak ....
A.   menukar arah
B.   tubuh bergerak
C.   memberi dorongan
D.   menentukan arah

37.   Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan fisik motorik yang disesuaikan dengan tema adalah ....
A.   berfokus pada pengembangan otot besar
B.   aktif dan menantang
C.   mudah dalam penjelasan
D.   mengembangkan kemampuan otot halus

38.   Peran guru dalam menumbuhkan fisik dan perkembangan gerak motorik anak adalah ....
A.   menjadi pelatih gerak anak
B.   memberikan waktu yang cukup pada anak untuk berlatih dan berkreasi
C.   menjadi pengawas gerak anak
D.   memberikan pelayanan konsultasi

39.   Kegiatan fisik motorik dapat mengembangkan rasa percaya diri anak karena ....
A.   anak mampu menggunakan tubuhnya untuk mengekspresikan diri secara maksimal
B.   anak percaya pada dirinya bahwa ia mampu melakukan kegiatan yang melibatkan gerak tubuhnya sendiri
C.   pengulangan memberikan rasa percaya diri anak
D.   anak senang berkompetisi dengan teman sebayanya
     
40.   Dalam mengevaluasi perkembangan motorik kasar anak dapat dilakukan dengan teknik ....
A.   kuesioner
B.   pengamatan
C.   penilaian benar salah
D.   angket

41.   Prinsip perkembangan anak dalam prinsip pengaturan lingkungan belajar dan bermain di TK adalah ....
A.   pengaturan berdasarkan pada suasana sekolah anak
B.   TK dan SD berbeda
C.   memiliki lapangan yang luas
D.   pengaturan disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak

42.   Beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam mengatur lingkungan belajar dan bermain di TK adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   informasi anak
B.   tujuan kegiatan
C.   mengadakan pertemuan orang tua
D.   menata ruang kelas yang diminta anak

43.   Untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar diperlukan perencanaan harian yang dapat digunakan sebagai ....
A.   petunjuk guru dalam menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran
B.   pedoman dalam menentukan tingkat keamanan kegiatan pembelajaran
C.   program stimulasi perkembangan
D.   informasi kegiatan pembelajaran

44.   Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menata ruang bermain adalah mengiden-tifikasi area yang memerlukan ketenangan, misalnya dengan cara ....
A.   mendekatkan area balok dengan pasir dan air
B.   mendekatkan area bermain peran dan balok
C.   menjauhkan arena perpustakaan dengan komputer dengan area seni
D.   menjauhkan area balok dari area perpustakaan

45.   Pemilihan alat permainan untuk kegiatan di luar kelas hendaknya memperhatikan keseimbangan, karena ....
A.   alat permainan disesuaikan perkembangan anak dan memperhatikan kenyamanan anak dalam bermain
B.   dalam bermain anak memerlukan keindahan
C.   hendaknya tempat bermain dihiasi dengan pohon besar
D.   disediakan area bertanah lembut agar anak dapat melakukan kegiatan menanam

46.   Area yang didalamnya berisikan berbagai alat dan bahan keterampilan yang dapat mengembangkan daya eksplorasi, kreativitas dan percobaan adalah ciri area ....
A.   seni
B.   balok
C.   sains
D.   musik

47.   Kegiatan eksplorasi yang melibatkan penggunaan pasir dan air dapat dilakukan di area ....
A.   bermain bebas
B.   area memanjat
C.   area sains
D.   pasir dan air

48.   Dalam membuat area yang dikembangkan hendaknya memperhatikan berbagai faktor, kecuali ....
A.   keamanan dan keselamatan
B.   efisiensi ruangan
C.   fungsi sentra
D.   dekat dengan ruang guru

49.   Salah satu ciri perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun adalah ....
A.   senang bermain ci – luk – ba
B.   anak mampu membedakan mengelom-pokan 5 warna
C.   dapat melipat kertas lebih dari satu lipatan
D.   mengenal masing-masing bunyi huruf

50.   Anak yang telah mampu berbicara lancar dengan menggunakan kalimat sederhana adalah salah satu indikator dari perkembangan bahasa dengan kompetensi dasar ....
A.   berkomunikasi secara efektif
B.   memahami bahasa pasif
C.   menggunakan bahasa secara aktif
D.   berbicara lancar

51.   Aspek pengembangan seni dapat dikembang-kan melalui kegiatan ....
A.   menari sesuai degnan irama musik
B.   menjiplak bentuk geometri
C.   menghitung 1 – 20
D.   menggunting bentuk geometri

52.   Melalui kegiatan bermain balok, diharapkan anak dapat terlibat aktif dalam ....
A.   kelompok
B.   individu
C.   individu dan kelompok
D.   bermain aktif

53.   Pada saat melakukan kegiatan bermain diharapkan anak mampu untuk menunggu giliran, tidak berebut mainan dan merapihkan kembali alat permainan. Hal tersebut dapat mengembangkan aspek ....
A.   moral dan nilai-nilai kehidupan
B.   sosio-emosional
C.   sosial
D.   sikap beragama

54.   Program kegiatan story telling dan story reading adalah kegiatan yang dapat menjadi ciri khas area ....
A.   seni
B.   musik
C.   sains
D.   perpustakaan

55.   Tidak semua anak mencapai taraf per-kembangan yang sama, tetapi perkembangan berjalan atas dasar beberapa asas perkembangan, kecuali ....
A.   tempo perkembangan tidak merata, ada masa di mana pertumbuhan relatif cepat dan lambat
B.   setiap anak mempunyai tempo pertumbuhan sendiri
C.   pertumbuhan anak sudah terencana dan sama dengan anak yang lainnya
D.   perkembangan dipengaruhi oleh faktor keturunan
     
56.   Persyaratan alat permainan untuk anak usia TK adalah ....
A.   mainan anak terbuat dari kaca dan memiliki berat
B.   mengandung toxic dan zat perwarna
C.   mainan yang disediakan tidak sesuai dengan usia perkembangan anak
D.     ukurannya sesuai dengan anak usia TK

57.   Prinsip-prinsip pengaturan lingkungan bermain adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak
B.   tercipta rasa aman secara jasmani dan rohani
C.   memberi kesadaran akan ruang gerak anak
D.   dapat mendorong perkembangan anak dengan cara memberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk bereksplorasi

58.   Di bawah ini adalah tahapan bermain balok menurut Harriet Johnson untuk anak usia 2–4 tahun adalah ....
A.   balok dibawa anak-anak kemana-mana tetapi tidak dibuat apa-apa
B.   mulai memberi nama pada bangunan
C.   bangunan yang dibuat anak sering menirukan bangunan yang sebenarnya
D.   membuat pagar untuk memagari suatu ruang

59.   Tahapan dari kegiatan bermain air dan pasir adalah, kecuali anak ....
A.   memecahkan masalah dan dapat menghasilkan sesuatu yang membanggakan
B.   bereksplorasi sensori-motor yang berhubungan dengan panca indera
C.   mempergunakan pengalaman mereka untuk satu tujuan
D.   ditujukan dalam keruwetan kegiatan direncanakan sendiri

60.   Permainan manipulatif mengandung latihan menggunakan otot-otot halus pada tangan untuk perkembangan kognitif anak seperti ....
A.   koordinasi mata dan tangan, daya khayal dan menempel
B.   daya konsentrasi, pengamatan, perabaan serta koordinasi mata dan tangan
C.   mencetak, menghitung, dan motorik halus anak
D.   sosialisasi, kelompok, mencetak dan berbahasa

No comments:

Post a Comment