LATIHAN MANDIRI
METODE
PENGEMBANGAN FISIK
(PGTK2302)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Pengertian dari
perkembangan motorik adalah ....
A. segala sesuatu dapat bergerak
B. perkembangan dari unsur
kematangan dan pengendalian gerak tubuh
C. perkebangan gerak tubuh manusia
dari bayi hingga dewasa
D. semua gerakan yang mungkin
dilakukan seluruh tubuh
2. Tahap
perkembangan motorik yang anak secara sadar, berusaha mengembangkan strategi tertentu
untuk mengingat gerakan serupa yang pernah dilakukan disebut tahap ....
A. autonomous
B. kognitif
C. asosiatif
D. refleks
3. Berikut ini bukan termasuk
peranan kemampuan motorik bagi perkembangan sosial emosional anak, yaitu anak
akan ....
A. melakukan kegiatan dengan senang
hati
B. meningkatkan rasa percaya dirinya
C. mengembangkan otak kanan dan kiri
D. mudah diterima lingkungan
4. Anak yang terampil dalam menggerakkan bagian
tubuhnya dengan tetap diam ditempat berarti memiliki keterampilan ....
A. lokomotorik
B. proyeksi
C. manipulasi
D. nonlokomotorik
5. Perbedaan
antara motorik kasar dan halus adalah ....
A. motorik kasar membutuhkan
koordinasi sebagian besar tubuh anak, sedangkan motorik halus hanya melibatkan
bagian tubuh tertentu dan otot-otot kecil
B. motorik halus akan dikuasai anak
terlebih dahulu dilanjutkan motorik kasar
C. motorik kasar digerakkan dengan
cara kasar, sedangkan motorik halus digerakkan dengan lemah gemulai
D. motorik halus lebih membutuhkan
tenaga dan konsentrasi daripada motorik kasar
6. Adnin ingin minum sirup. Setelah
menuang air dari teko dan sedikit sirup dari botol, lalu Adnin mengaduk sirup
tersebut dan meminumnya. Kemampuan Adnin
tersebut termasuk kemampuan motorik ....
A. halus untuk anak usia 3 – 4 tahun
B. kasar untuk anak usia 3 – 4 tahun
C. halus untuk anak usia 5 – 6 tahun
D. kasar untuk anak usia 5 – 6 tahun
7. Setiap anak
memiliki jangka waktu tersendiri dalam menguasai keterampilan, sehingga guru
diharapkan tidak memaksa anak melebihi batas kemampuannya. Ini merupakan implikasi dari peranan guru mengembangkan
motorik anak dalam hal ....
A. memperkenalkan berbagai jenis
keterampilan
B. meningkatkan kesabaran
C. memberikan aktivitas yang
bervariasi
D. memperlakukan anak dengan sama
8. Salah satu kompetensi
dasar motorik halus anak berikut ini bukan merupakan tujuan dari
aktivitas fisik yang terkoordinasi ....
A. keseimbangan
B. persiapan menulis
C. keberanian
D. kepandaian
9. Untuk memilih
metode yang sesuai dalam mengembangkan motorik anak, guru perlu menjamin bahwa
anak tidak akan mengalami cedera. Hal tersebut
merupakan alasan guru memilih metode ditinjau dari aspek ....
A. karakteristik anak
B. lingkungan yang aman
C. tempat kegiatan
D. lingkungan yang menantang
10. Berikut ini
adalah hal-hal yang tidak perlu direncanakan guru dalam mengembangkan motorik
anak ....
A. metode
B. biaya
C. topik
D. peralatan
11. Guru perlu menulis catatan hasil kerja anak
di lembar observasi. Hal ini merupakan kegiatan
guru mengembangkan motorik anak pada tahap ....
A. pembukaan
B. inti
C. penutup
D. evaluasi
12. Penggolongan umur yang biasanya dikaitkan
dengan pertumbuhan tulang-tulang kerangka disebut umur ....
A. kronologis
B. anatomis
C. fisiologis
D. psikologis
13. Salah satu pola pertumbuhan anak disebut cepalocaudal, yaitu bila ....
A. lengan lebih dulu dapat digunakan daripada
telapak tangan
B. tangan lebih cepat tumbuh daripada kaki
C. kaki lebih dulu dapat digunakan daripada
kepala
D. telapak tangan lebih cepat tumbuh daripada
jari jemari
14. Meskipun sering jatuh, kelentukan anak usia
TK masih dapat mencegah keretakan. Ini merupakan
ciri pertumbuhan anak TK dalam aspek ....
A. organ tubuh
B. otot
C. tulang kerangka
D. gigi
15. Salah satu karakteristik anak usia TK adalah
tingginya ego pada dirinya. Implikasi dari karakteristik tersebut adalah ....
A. sangat energik dan tidak bisa diam
B. jika lelah mudah tersinggung
C. marah jika benda-benda miliknya diganggu
D. anak laki-laki suka bertengkar daripada anak
perempuan
16. Berikut ini yang bukan kebutuhan anak
usia 0-5 tahun ....
A. berkawan dengan anak lain
B. rasa aman dan tenteram
C. memerlukan ruang gerak yang
sempit
D. perhatian terhadap jenis kelamin
17. Salah satu perkembangan gerak yang mampu
dilakukan anak usia 3-4 tahu adalah ....
A. memanjat dan bergelantungan
B. naik turun tanggatanpa berpegangan
C. mencoblos dengan pensil
D. mengaduk air di gelas dengan sendok
18. Program pengembangan gerak yang dapat
dilakukan untuk anak usia 4-5 tahun antara lain adalah ....
A. menyediakan lorong dengan panjang 4 meter
yanghanya bisa dilalui dengan merangkak atau merayap
B. membawa anak ke gundukan tanah berbukit-bukit
dan meminta anak naik turun bukit tersebut beberapa kali
C. meletakkan manik-manik dan benang di depan
anak dan diharapkan anak dapat merangkainya menjadi satu untaian
D. menyediakan beberapa bola yang daya pantulnya
rendah dan keranjangnya atau kotak sebagai sasaran dan diharapkan anak dapat
melempar bola ke sasaran secara berulang
19. Kemampuan gerak individual yang tidak
dimiliki setiap orang dan mengarah pada kebutuhan dan minat seseorng yang
disebut ontogenitic terjadi pada
tingkat ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
20. Faktor utama yang paling berpengaruh pada
efektifitas penggunaan kemampuan gerak pada anak aalah ....
A. ukuran tubuh
B. pertumbuhan fisik
C. berat tubuh
D. sistem syaraf
21. Perbedaan antara motor dan movement adalah
movement ....
A. bersifat internal sedangkan motor bersifat
eksternal
B. lebih sukar diamati daripada motor
C. bersifat eksternal sedang motor bersifat
internal
D. lebih konstan daripada motor
22. Fleksi, ekstensi dan rotasi merupakan jenis
gerakan ditinjau dari ....
A. sistem otot
B. ruang dan jarak
C. teori taksonomi Harrow
D. sumber gerakan
23. Salah satu macam gerak menurut Harrow adalah
gerakan dasar, yaitu gerakan ....
A. kontraksi otot yang menyebabkan gerakan
membengkok
B. yang menjadi pijakan untuk ketangkasan gerak
yang lebih kompleks
C. yang timbul sebagai reaksi terhadap suatu
stimulus
D. berputar yang berporos pada satu sumbu
24. Pengertian dari gerak manipulasi adalah
gerakan yang ....
A. tidak menyebabkan pelakunya berpindah tempat
B. mempertahankan keseimbangan
C. menyebabklan perpindahan tempat
D. mengalihkan kekuatan terhadap objek
25. Perpindahan berat badan dari satu kaki ke
kaki yang lain dengan salah satu kaki tetap bertumpu disebut gerakan ....
A. berlari
B. berjalan
C. meloncat
D. memanjat
26. Salah satu ciri gerakan meloncat adalah ....
A. salah satu kaki pasti bertumpu di tanah
B. melompat dengan satu kaki saja dan mendarat
dengan satu kaki
C. meloncat dengan dua kaki dan mendarat dengan
satu kaki
D. berlari lalu meloncat ke depan dengan kedua
kaki
27. Berikut ini yang bukan termasuk ciri
berlari pada tahap yang sudah matang menurut Wickstrom ....
A. lutut tungkai tumpu agak dibengkokkan setelah
kaki menyentuh lantai
B. tubuh bagian atas sedikit dicondongkan ke
depan selama berlari
C. gerakan lengan sudah mencapai jarak vertikal
yang mencukupi
D. kaki tumpu bersentuhan dengan lantai sedikit
rata dan lebih dekat dengan pusat gaya berat badan
28. Salah satu masalah yang sering muncul pada
gerakan meniti atau memanjat adalah anak tidak mampu ....
A. melakukanpergantian tangan atau kaki
B. meluruskan kedua tungkai saat mendarat
C. mencondongkan badan sedikit ke depan
D. melakukan tekukan pergelangan kaki, lutut dan
sendi panggul
29. Variasi gerakan berjalan yang dapat dilakukan
dari segi waktu antara lain adalah berjalan dengan ....
A. lutut diangkat tinggi-tinggi
B. tumit
C. zigzag
D. langkah kedut
30. Variasi gerakan berlari yang dapat dilakukan
dari segi ruang adalah berlari dengan ....
A. kaki disilangkan
B. bertepuk tangan
C. membentuk angka
D. menaik atau menurun
31. Variasi tambahan pada gerakan meloncat antara
lain meloncat dengan ....
A. lutut dikakukan
B. ketukan berirama
C. menirukan gerak binatang
D. merubah arah
32. Variasi gerakan meniti yang dapat dilakukan
dari segi gaya adalah meniti dengan ....
A. membelakangi objek
B. kedua lengan merapat
C. derajat kemiringan naik dan turun
D. membawa beban di pungung
33. Tidak termasuk petunjuk pembelajaran dalam
gerakan adalah mengarahkan ....
A. dengan contoh melalui gambar
B. seluruh telapak kaki bersamaan menyentuh
lantai
C. tubuh bagian atas selalu ditegakkan
D. lengan mengayun bebas
34. Tidak termasuk keterampilan berkomunikasi
pada saat memberi petunjuk gerakan berlari pada anak adalah meminta anak untuk
....
A. bernapas dengan normal, tidak
tersengal-sengal
B. menyentuh lantai dengan tumit terlebih dulu
C. kedua mata diarahkan ke depan
D. tubuh selalu ditegakkan
35. Gerakan membengkokkan tubuh seperti melipat
lutut atau siku termasuk gerakan stabilisasi ....
A. stretching
B. bending
C. swinging
D. swaying
36. Tidak termasuk masalah yang sering muncul pada gerakan stretching dan bending ....
A. dengan cara renggutan
B. hilang keseimbangan
C. tidak mampu bergerak sesuai kelentukan sendi
D. rasa sakit/tidak menyenangkan
37. Variasi gerakan stretching dan bending yang dapat dilakukan dari segi
gaya antara lain ....
A. merapat ke lantai
B. mengikuti irama musik
C. membulatkan badan
D. membungkuk dengan berjinjit
38. Tidak termasuk keterampilan berkomunikasi
dengan anak pada gerakan stretching
dan bending ....
A. menekankan pada gerakan yang terus-menerus
tetapi lembut
B. sambil mendengarkan aliran air sungai
C. selang-seling antara stretching dengan bending
D. bertahap mengulur atau membengkokkan lebih
jauh
39. Keterampilan dalam menggunakan satu atau dua
tangan untuk melontarkan objek menjauhi badan ke udara disebut ....
A. menggelindingkan
B. melempar
C. menangkap
D. menarik
40. Hurin, 5 tahun, dapat menggelindingkan bola
dari posisi setengah jongkok dengan menempatkan salah satu kaki sedikit ke
depan. Jadi Hurin sudah menguasai gerakan menggelindingkan bola pada tingkat
....
A. dasar
B. lanjut
C. matang
D. mahir
41. Berikut tidak termasuk masalah yang
sering muncul pada gerakan menangkap ....
A. salah posisi berdiri
B. gagal memperhatikan objek
C. jari tangan lurus dan kaku
D. gagal meluruskan lengan dengan cepat
42. Salah satu variasi gerak mendorong yang dapat
dilakukan dari segi arah antara lain adalah dengan ....
A. kaki berjinjit
B. berdiri satu kaki
C. gerakan angka 8
D. bahu saling bertemu
43. Salah satu petunjuk pembelajaran pada gerakan
menarik dan mendorong adalah ....
A. menggunakan benda yang ringan lebih dahulu
B. daerah tumpuan dipersempit
C. fokus pada kekuatan lengan dan tangan
D. menggunakan benda yang besar terlebih dulu
44. Informasi yang perlu disampaikan pada anak
untuk melakukan gerakan menangkap adalah ....
A. berat badan dipindahkan dari belakang ke
depan
B. kaki kiri dilangkahkan ke depan
C. jari tangan sedikit membulat
D. siku bergerak lebih dulu diikuti pergelangan
tangan
45. Gerakan nonlokomotor adalah gerakan ....
A. dengan bagian tubuh tertentu yang berpindah
tempat
B. dengan sebagian anggota tubuh tanpa berpindah
tempat
C. yang berkaitan dengan lemparan dan tangkapan
D. yang berkaitan dengan lari, lompat atau jalan
46. Pernyataan yang paling tepat di bawah ini
....
A. perkembangan gerakan halus yang signifikan
terjadi pada umur 4 tahun
B. gerakan halus memerlukan ketelitian dan
kecerdikan
C. gerakan kasar umumnya dikuasai anak pada umur
2-3 tahun
D. gerakan kasar melibatkan bagian tubuh yang
besar, kecuali untuk gerakan berpindah tempat
47. Untuk mempelajari motorik anak perlu
mendapatkan lingkungan yang mendukung. Ini berkaitan dengan faktor ....
A. bimbingan
B. model yang baik
C. kesempatan belajar
D. kesiapan belajar
48. Salah satu variasi gerakan berjalan pada anak
adalah dengan berjalan berbaris secara beregu. Ini disebut jalan ....
A. cepat
B. serempak
C. di tempat
D. silang
49. Gerakan meloncat dimana loncatan dilakukan
dengan tumpuan satu kaki dan mendarat menggunakan satu kaki yang sama disebut
....
A. mencongklang
B. meloncat
C. berjingkit
D. melompat
50. Pernyataan yang kurang tepat tentang
perkembangan gerakan melempar ....
A. sudah mampu dilakukan anak umur 6 bulan
B. terutama menggunakan kekuatan tangan dan
lengan
C. koordinasi makin baik pada anak usia 6 – 6,5
tahun
D. mulai bisa dilakukan anak usia 2 tahun
51. Siffa akan berlatih melompat dengan awalan
bersama gurunya. Namun sayang ada hal yang kurang tepat dalam latihan tersebut,
yaitu guru ....
A. segera memperbaiki jika anak salah melakukan
B. memilih bak melompat yang tidak terlalu
gembur
C. mengawasi tiap anak saat latihan
D. sebelum melompat anak diminta melangkah atau
lari terlebih dahulu
52. Berikut gerakan yang tidak termasuk dalam
latihan pembentukan togok anak ....
A. melentingkan badan
B. meliuk-liukkan badan
C. memutar badan
D. membaringkan badan
53. Gurunya Hasna ingin mengkombinasikan beberapa
gerak dasar. Ia meminta Hasna untuk berjalan beberapa meter. Setelah peluit
berbunyi, Hasna diminta berlari secepat-cepatnya sampai batas yang ditentukan,
lalu melemparkan bola sejauh-jauhnya melewati atas kepalanya. Ini merupakan kombinasi gerak dasar ....
A. jalan-lari-lompat
B. lari-lempar-lompat
C. jalan-lari-lempar
D. lari-jalan-lempar
54. Bu Neni akan mengajarkan bentuk gerak jalan.
Ia meminta anak-anak untuk menirukan berbagai gerak binatang seperti kucing
menggeliat, burung bangau menangkap ikan, atau elang menyambar ayam.
Gerakan-gerakan tersebut merupakan proses pembelajaran gerak pada tahap ....
A. pendahuluan
B. penutup
C. pengembangan
D. puncak
55. Saat bermain di halaman, Bu Zahra ingin mengembangkan
gerak lari. Ia meminta anak-anak bergerak seperti berbagai mobil yang berlalu
lalang di jalan yang ramai. Kadang-kadang mereka harus menancap gas, tetapi
juga harus siap menginjak rem mendadak menghindari tabrakan. Pengembangan gerak
seperti ini sesuai untuk latihan lari ....
A. berubah arah
B. cepat berubah arah
C. beranting
D. dengan start
56. Di halaman sekolah, Bu Anti mengajak
anak-anak bermain “Topi-Toko”. Anak-anak dibagi dalam 2 kelompok membentuk dua
baris. Satu regu dinamakan Topi dan regu lainnya dinamakan Toko. Bila disebut
Bu Anti, maka regu Topi harus segera berlari dan regu Toko mengejar dan
menyentuhnya. Begiru pula sebaliknya. Kegiatan yang dilakukan Bu Anti tersebut
termasuk proses pembelajaran gerak berlari dalam hal ....
A. kegiatan puncak
B. pengenalan cara start
C. kegiatan pendinginan
D. kombinasi jalan-lari
57. Bu Rita akan mengembangkan gerakan melompat.
Ia meminta anak-anak berbanjar menelungkup dalam jarak tertentu dan secara
bergiliran anak melompati teman-teman di depannya. Kegiatan seperti ini dapat dilakukan pada tahap ....
A. pendahuluan
B. pemanasan
C. puncak
D. penutup
58. Saat bermain di halaman, Bu Ida meminta
anak-anak untuk berkelompok 3-5 anak, setiap kelompok diberi satu simpai dengan
jarak 5 meter dari posisi anak, lalu Bu Ida meminta tiap anak melemparkan bola
kain ke dalam simpai. Kegiatan ini merupakan pengembangkan gerak melempar yang
dapat dilakukan pada tahap ....
A. pendahuluan
B. pemanasan
C. puncak
D. penutup
59. Kemampuan tubuh mensuplai oksigen yang
diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan merupakan salah unsur kesegaran
jasmani yaitu unsur ....
A. kekuatan
B. daya tahan
C. kelincahan
D. kecepatan
60. Berikut contoh strategi mengajarkan
pembentukan keseimbangan pada anak ....
A. meliukkan badan
B. memanjat tiang
C. sikap kapal terbang
D. kejar-mengejar
No comments:
Post a Comment