TUGAS MANDIRI
DASAR-DASAR PENELITIAN
(PING3332)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Hakikat penelitian adalah ….
A. mencari masalah.
B. memecahkan masalah.
C. mendiskusikan masalah.
D. menemukan masalah.
2. Penetian dapat didefinisikan sebagai ….
A. usaha sistematis untuk menjawab suatu
pertanyaan.
B. cara terbaik untuk memahami suatu masalah.
C. penggunaan pendekatan sistematis untuk
memahami suatu masalah.
D. usaha menjawab suatu masalah berdasarkan
pendapat umum.
3. Urutan langkah penelitian yang benar adalah
….
A. merumuskan masalah setelah merumus-kan
hipotesis.
B. merumuskan hipotesis setelah merumuskan
masalah.
C. melakukan kajian pustaka sebelum merumuskan
hipotesis.
D. mengajukan hipotesis setelah membuat
instrumen.
4. Beberapa ekor burung berkaki dua. Jadi semua
burung berkaki dua. Penalaran ini barsifat ….
A. deduktif.
B. induktif.
C. gabungan deduktif-induktif.
D. pengalaman pribadi.
5. Hipotesis penelitian dirumuskan dengan ….
A. mengaitkannya dengan teori yang relevan.
B. mengaitkan teori dan masalah yang dirumuskan.
C. mengaitkan teori, masalah, dan data lapangan.
D. mengaitkan teori, masalah, data, dan analisis
data.
6. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara
….
A. pengamatan.
B. pengamatan, atau tes.
C. pengamatan, tes, atau eksperimen.
D. pengamatan, tes, eksperimen, atau analisis.
7. Penelitian ilmiah dilaksanakan dengan ….
A. titik tolak berbentuk seperangkat masalah.
B. asumsi sebagai landasan.
C. pengujian hipotesis.
D. dua variabel atau lebih.
8. Pasangan variabel yang mempunyai nalar
hubungan yang benar adalah ….
A. variabel bebas dan variabel kontinum.
B. variabel kontinum dan variabel tergantung.
C. variabel dikrit dan variabel kontinum.
D. variabel tergantung dan variabel diskrit.
9. Pasangan variabel yang mempunyai nalar
hubungan yang benar adalah ….
A. variabel moderator dan variabel tergantung.
B. variabel ordinal dan variabel moderator.
C. variabel bebas dan kontinum.
D. variabel bebas dan kontrol.
10. Hubungan antara variabel moderator dan variabel tergantung adalah
hubungan berdasarkan ….
A. fungsi.
B. bentuk.
C. tingkatan.
D. hubungan antar variabel.
11. Pasangan yang mempunyai hubungan logika yang paling dekat adalah
antara ….
A. variabel rasio dan variabel kuantitatif.
B. variabel moderator dan variabel kuantitatif.
C. variabel kuantitatif dan variabel kontrol.
D. variabel kontinum dan variabel moderator.
12. Dalam sebuah penelitian teori berfungsi untuk pertanggungjawaban
….
A. kenalaran.
B. keobjektifan.
C. kecanggihan.
D. kebenaran.
13. Penelitian melakukan kajian pustaka untuk ….
A. mencari cara penelitiannya.
B. mempertanggungjawabkan tindak peneli-tiannya.
C. mencari dukungan upaya pengembangan instrumen.
D. memperjelas masalah dan kemungkinan pemecahannya.
14. Masalah penelitian harus tersusun berdasarkan ….
A. kegunaan jawaban masalah.
B. minat penelitian manfaat hasil penelitian.
C. minat peneliti, manfaat penelitian dan kemungkinan terlaksananya
penelitian.
D. manfaat penelitian, biaya penelitian dan kemungkinan terlaksananya
penelitian.
15. Masalah penelitian dapat berbentuk ….
A. pemerian suatu fenomena perbandingan dua fenomena atau lebih, atau
hubungan dua fenomena, atau lebih.
B. pemerian dan perbandingan dua fenomena atau lebih.
C. perbandingan dan hubungan dua fenomena atau lebih.
D. perbandingan atau pemerian dua fenomena atau lebih.
16. Kategori laki-perempuan, pegawai negeri-swasta, atau guru-siswa
merupakan variabel ….
A. kontinum.
B. deskrit.
C. ordinal.
D. internal.
17. Variabel bebas, tergantung, dan intervening berbeda satu
sama lain karena ….
A. variabel bebas dipengaruhi oleh variabel intervening.
B. variabel intervening tergantung pada variabel tergantung
C. variabel tergantung dipengaruhi oleh variabel bebas dan variabel intervening.
D. variabel bebas mempengaruhi kedua variabel yang lain.
18. Hipotesis nondirectional (tidak terarah) disusun apabila ….
A. tidak ada hubungan antar variabel.
B. hubungan antar variabel tidak spesifik.
C. ada dugaan hubungan spesifik antara variabel.
D. hanya ada satu variabel.
19. Pada dasarnya, penelitian deskriptif adalah upaya ….
A. menguji informasi.
B. memperoleh informasi.
C. menggunakan informasi.
D. mempertanyakan informasi.
20. Penelitian “cross sectional” mempunyai kelebihan utama terhadap
penelitian “longitudinal” dalam hal ….
A. kedalaman analisis.
B. waktu yang digunakan.
C. pendanaan kerja penelitian.
D. kemanfaatan hasil penelitian.
21. Salah satu ciri penelitian historis adalah dilakukannya ….
A. kritik eksternal bersama-sama dengan kritik internal.
B. kritik internal lebih dulu daripada kritik eksternal.
C. kritik eksternal dan internal setelah penelitian selesai.
D. kritik eksternal lebih dulu daripada kritik internal.
22. Kesimpulan tentang pengaruh variabel bebas terhadap variabel
tergantung dapat dipertanggungjawabkan bila peneliti ….
A. menunjukkan cara pengendalian eksperimennya.
B. melakukan pemilihan kelompok subjek yang heterogen.
C. mengkontraskan kelompok homogen dan heterogen.
D. menggunakan cara berfikir induktif.
23. Berikut yang termasuk kategori penelitian eksperimen adalah
penelitian tentang ….
A. survei implementasi suatu metode.
B. hubungan antara dua metode atau lebih.
C. pengujian efektivitas suatu metode.
D. pengembangan sebuah metode baru.
24. Penelitian “ex post facto” mempunyai ciri utama yaitu tidak ….
A. melarang untuk memanipulasi variabel bebasnya.
B. mudah memanipulasi variabel bebasnya.
C. perlu memanipulasi variabel bebasnya.
D. mungkin memanipulasi variabel bebasnya.
25. Kelemahan studi kasus adalah ….
A. peneliti tidak melakukan manipulasi.
B. peneliti tidak dapat melakukan generalisasi.
C. variabelnya hanya satu.
D. variabelnya lebih dari satu.
26. Perbedaan antara penelitian longitudinal dan penelitian cross-sectional
terletak pada ….
A. objek penelitian.
B. subjek penelitian.
C. hipotesis penelitian.
D. generalisasi penelitian.
27. Pengendalian variabel pada penelitian eksperimen dilakukan untuk ….
A. menganalisis variabel intervening.
B. menganalisis variabel mediator.
C. mengamati pengaruh variabel bebas terhadap variabel mediator dan intervening.
D. mengamati pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung.
28. Penelitian historis bertujuan mengungkapkan fakta di waktu lampau
dan dilaksanakan ….
A. tanpa hipotesis.
B. dengan analisis data.
C. tanpa kesimpulan.
D. dengan manipulasi data.
29. Desain penelitian eksperimen berbeda dengan jenis penelitian yang
lain pada unsur ….
A. post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
B. perlakuan pada kelompok kontrol.
C. perlakuan pada kelompok eksperimen.
D. pre test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
30. Penelitian ex post facto
mencoba menguak fakta-fakta yang telah lewat. Ini berarti bahwa ….
A. tidak ada keterlibatan peneliti.
B. ada penerapan perlakuan.
C. tidak ada hubungan antar variabel.
D. ada kelompok eksperimen.
31. Data tentang keterampilan berkomunikasi dapat diperoleh dengan
menggunakan ….
A. survei.
B. angket.
C. observasi.
D. dokumentasi.
32. Instrumen yang implementasinya relatif hemat waktu adalah ….
A. dokumentasi.
B. kuesioner.
C. observasi.
D. wawancara.
33. Penelitian populasi dan penelitian sampel berbeda dalam hal
kemungkinan ….
A. kedalaman hasil penelitiannya.
B. ketelitian proses penelitiannya.
C. generalisasi hasil penelitiannya.
D. generalisasi proses penelitiannya.
34. Hubungan antara penelitian survei dan penelitian kasus adalah
bahwa kadar generalisasi penelitian survei ….
A. sama dengan penelitian kasus.
B. lebih rendah daripada penelitian kasus.
C. lebih tinggi daripada penelitian kasus.
D. dan penelitian kasus tidak dapat dibandingkan.
35. Ilmuwan mengembangkan berbagai teknik sampling dalam rangka
mencapai kesesuaian penafsiran hasil penelitian terhadap karakteristik ….
A. subjek penelitiannya.
B. populasi penelitiannya.
C. pelaku penelitiannya.
D. jenis penelitiannya.
36. Suatu teknik sampling dipilih dalam suatu penelitian berdasarkan
pada ….
A. jenis datanya.
B. minat penelitiannya.
C. kemampuan penelitiannya.
D. generalisasi hasil penelitiannya.
37. Kecermatan hasil interviu dapat diperoleh dengan cara ….
A. pedoman wawancara.
B. menggunakan alat perekam.
C. mencatat jawaban responden.
D. membuat suasana santai.
38. Apabila penelitian ingin juga mengungkap pengaruh metode mengajar
guru terhadap kemampuan reading, sebaiknya cara yang digunakan ialah ….
A. dokumentasi.
B. wawancara dengan guru.
C. observasi partisipan.
D. wawancara dengan siswa.
39. Apabila peneliti membagi kelompok sampel berdasarkan pretasi
menonjol, prestasi rata-rata, prestasi rendah untuk setiap kelas yang ada, maka
teknik samplingnya adalah ….
A. cluster sampling.
B. area sampling.
C. stratified sampling.
D. proportional sampling.
Untuk soal
nomor 40 s/d 42 bacalah kasus berikut!
Seorang
peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan reading
comprehension siswa SMA. Beberapa faktor sudah diidenfikasi sebagai faktor
berpengaruh. Dia menyusun instrumen penelitian untuk mengumpulkan data
penelitian tersebut sesuai dengan teori yang relevan.
40. Apabila dia menganggap faktor linguistik sebagai salah satu faktor
berpengaruh, instrumen yang harus dipakai untuk mengukur faktor linguistik
ialah ….
A. metode tes.
B. kuesioner.
C. skala sikap.
D. proficiency test.
41. Apabila penguasaan kosa kata merupakan salah satu faktor yang
berpengaruh, instrumen yang harus disiapkan ialah ….
A. observasi.
B. achievement test.
C. dokumentasi.
D. interviu.
42. Untuk memperoleh gambaran yang sebenarnya tentang kemampuan
membaca, instrumennya harus memenuhi persyaratan ….
A. validity.
B. reliability.
C. practicality.
D. utility.
43. Data penelitian dapat diperoleh dari sampel suatu populasi apabila
….
A. populasi terjangkau oleh peneliti.
B. populasi bersifat heterogen.
C. sampel memiliki kadar keterwakilan.
D. sampel bersifat homogen.
44. Penelitian populasi berbeda dengan penelitian kasus terutama pada
….
A. variabel yang terlibat.
B. masalah penelitian.
C. hipotesis penelitian.
D. kesimpulan dan generalisasi.
45. Teknik sampling digunakan oleh peneliti terutama karena ….
A. masalah yang dirumuskan.
B. hipotesis yang harus diuji.
C. keragaman responden.
D. keragaman variabel.
46. Pemilihan instrumen yang cocok didasarkan atas ….
A. variabel yang diamati.
B. asumsi penelitian.
C. hipotesis yang disusun.
D. sifat populasi.
47. Kelemahan angket sebagai instrumen penelitian adalah ….
A. bahwa penyusunannya membutuhkan waktu.
B. reliabilitas alat ukur rendah.
C. balikan dari responden dapat terhambat.
D. responden tidak mempercayai angket.
48. Pernyataan yang benar tentang skala pengukuran adalah ….
A. skala interval mempunyai tingkatan skala tertinggi.
B. skala rasio dapat diubah ke semua jenis skala.
C. skala rasio dapat diturunkan dari semua jenis skala.
D. skala ordinal mempunyai tingkatan skala yang terendah.
49. Tendensi sentral memberikan informasi tantang ….
A. distribusi.
B. analisis.
C. skala.
D. rentangan.
50. Nilai rata-rata matematika kelas IPA1 > IPA2, tetapi SD nilai
kelas IPA1 < IPA2, maka ….
A. homogenitas nilai di IPA1 < di IPA2.
B. homogenitas nilai di IPA1 > di IPA2.
C. kepandaian siswa di IPA1 < di IPA2.
D. kepandaian siswa di IPA1 = di IPA2.
No comments:
Post a Comment