TUGAS
MANDIRI
INTRODUCTION
TO MORPHOLOGY AND SYNTAX
(PING3330)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 85, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Berikut ini yang termasuk cabang kajian ilmu bahasa adalah
A. Etnology.
B. Sociology.
C. Pragmatics.
D. Socio-ethnics.
2. Obyek kajian Linguistik Struktural mencakup hal-hal berikut ini,
kecuali
A. Morfology.
B. Phonology.
C. Syntax.
D. Pragmatics.
3. “The Study of the language in which words are constructed out of
smaller meaningful units” adalah
A. Phonology.
B. Ethnology.
C. Graphology.
D. Morphology.
4. Kajian atas akar kata, kata dasar, pembentukan kata, dan imbuhan
termasuk dalam kajian
A. Phonology.
B. Sintaksis.
C. Semantik.
D. Morphology.
Untuk butir
soal no. 5 dan 6. Pelajari ilustrasi sebagai berikut :
Dalam penelitiannya, seorang peneliti menyimpulkan
bahwa kosakata yang dimiliki suatu bangsa berkaitan erat dengan kebiasaan/pola
makan mereka. Si peneliti mencatat bahwa suku Jawa yang biasa bercocok tanam
padi dan menu utamanya beras memiliki kosa kata “padi, gabah, beras, sekam,
bekatul, dedak, nasi, bubur” dan lain-lain yang menggambarkan berbagai produk
yang berkaitan dengan padi/beras. Orang Inggris yang menu utamanya adalah
daging, hanya memiliki kata “rice” untuk nasi/beras. Sebaliknya untuk
mendeskripsikan berbagai karakteristik daging, mereka memiliki kosa kata lebih
banyak dari orang Jawa.
5. Dari ilustrasi di atas, si peneliti berada pada cabang ilmu
bahasa yang disebut
A. neurolinguistics.
B. appliedlinguistics.
C. anthropolinguistics.
D. psycholinguistics.
6. Dari ilustrasi di atas, si peneliti tampaknya menekankan pada
kajian tentang
A. konstruksi
kalimat.
B. bunyi-bunyi
bahasa
C. kosakata
dan pembentukannya.
D. sistem
ucapan dan penulisan.
7. Karakteristik suatu morfem adalah sebagai berikut, kecuali
A. It
is a smallest part.
B. It
is a unit of structure.
C. It
has meaning.
D. It
can stand by itself in a sentence.
8. Salah satu prinsip suatu morfem berbunyi sebagai berikut :
“Forms which has a common semantic distinctiveness but which
differ in phonemic forms may constitue a morpheme as long as the distribution
of formal differences is phonologically definable”.
Prinsip ini terdapat pada awalan kata-kata berikut ini
kecuali
A. increase.
B. inefficient.
C. impractical.
D. irregular.
Untuk no. 9
dan no. 10
: Pelajari salah satu prinsip morfem sebagai berikut:
“An overt formal difference in a structural series constitutes a morpheme if in any
member of such a series the overt formal difference and a zero structural
differences are the only significant features for distinguishing a minimal unit
of phonetic-semantic distinctiveness”.
9. Mengacu pada prinsip di atas, “an overt formal difference”
terdapat pada struktur pasangan kata
A. mouse
– mice.
B. man
–men.
C. box
– boxes.
D. bag
– bags.
10. Mengacu pada prinsip di atas, “ a zero of structural difference”
yang terdapat pada morfem jamak, terdapat pada kata
A. coffee.
B. foot.
C. deer.
D. hand.
Untuk no. 11 sampai dengan no.
14
mengacu pada wacana berikut:
Teacher : What
are there in the paintings?(1)
Student : A
house, two horses, a cat, and three dogs.
(2)
Teacher : Let me
have a look at it. (3)
Hmm… why did you make the scale
of the house smaller? (4)
Student : Well,
enlarging the house will attract eyes to unimportant thing (5)
11. Kalimat yang kata-katanya semua terdiri hanya satu morfem adalah
kalimat
A. No.
1.
B. No.
2.
C. No.
3.
D. No.
4.
12. Kalimat …. memiliki suatu kata yang terdiri dari satu morfem dari
1 bunyi ( a word of a one-phoneme morpheme)
A. No.
1 and 2.
B. No.
2 and 3.
C. No.
3 and 4.
D. No.
4 and 5.
13. Kalimat yang mengandung dua kata yang masing-masing terdiri dari 3
morfem adalah kalimat
A. No.
2.
B. No.
3.
C. No.
4.
D. No.
5.
14. Kalimat yang semua katanya adalah morfem bebas adalah kalimat
A. No.
2.
B. No.
3.
C. No.
4.
D. No.
5.
15. Dari kalimat “Ani gives a guidance book and some exercises to the
boys” yang termasuk morfem bebas adalah kalimat
A. guidance.
B. gives.
C. some.
D. books.
16. Morfem yang tersusun dengan pola fonemik CCVC adalah morfem (C =
Consonant, V = Vocal):
A. shine.
B. great.
C. crater.
D. plough.
17. Morfem “scratch” tersusun dari beberapa fonem dengan pola
A. CCVC.
B. CCCVC.
C. CCCVCC.
D. CCVCC.
18. Berikut ini adalah kata/frasa yang mengandung morfem terikat,
kecuali
A. interest.
B. biggest.
C. bigger.
D. redish.
19. Semua afiks (imbuhan) dalam bahasa Inggris adalah morfem ...
A. terikat.
B. bebas.
C. satu
kata.
D. satu
bunyi.
20. Berikut ini adalah kata-kata yang terdiri dari satu “root”,
kecuali
A. cranberry.
B. hijacked.
C. happily.
D. overlap.
21. Non-root terdapat pada kata yang bergaris bawah pada kalimat
A. So
many isms may cause disintegration.
B. An
Italian geologist has predicted the earthquake precisely.
C. There
are several reasons for the rejection.
D. Would
you have some more soup?
22. Setiap kata yang bergaris bawah pada kalimat-kalimat berikut ini
terdiri dari a nucleus of two roots, kecuali
A. John
has been reappearing icebreakers of various types for five years.
B. The
yellowishness in his eyes is confusing the doctor’s diagnose.
C. I
would like to have these photographs enlarged.
D. He
often speaks English very improperly.
23. Contoh-contoh peripheral structures adalah pada bagian-bagian yang
digaris bawahi pada kalimat berikut ini kecuali
A. The
title of the film is indicent proposal.
B. Jane
does not know how to start the communication.
C. Can
you formulize the problem in a clear way?
D. Typically,
the pattern occurs several time.
24. Yang termasuk inflectional suffixes dalam bahasa Inggris adalah
imbuhan-imbuhan berikut ini
A. dis_,
im_, ir_, _ly.
B. _ish,
__ar, _er, _est.
C. __ed,
__d, __s, __ing.
D. more__,
most__, some__, any__.
25. Kata-kata berikut ini mengandung derivational affixes, kecuali
A. eye
glasses.
B. empower.
C. thruthfully.
D. dishonest.
26. Dari kata-kata berikut ini, yang termasuk kata sifat (adjective)
adalah
A. ivory.
B. glorious.
C. happiness.
D. strengthen.
27. Dari kata-kata berikut ini, yang termasuk kelas kata kerja (verb)
adalah
A. formal.
B. forms.
C. formula.
D. formulize.
28. Yang dapat diidentifikasi sebagai “agent noun” dari kata-kata
berikut ini adalah
A. cooker.
B. cookies.
C. cook.
D. cooky.
29. Kata-kata berikut ini termasuk dalam jenis kata nomina (nouns),
kecuali
A. organisator.
B. heritage.
C. childhood.
D. childish.
30. Dari
kata-kata yang bergaris bawah pada kalimat ini:
“Jhon often meets his classmates in
the club”.
Yang termasuk kelas kata nomina adalah
A. often.
B. meets.
C. clasmates.
D. his.
31. Jenis
kata yang sesuai untuk mengisi titik kosong pada kalimat berikut:
“The
students who ... ( took extra lesson threw the book on the floor”.
adalah
A. verba.
B. nomina.
C. ajective.
D. adverbia.
32. Jenis
kata yang dapat menduduki posisi pada
titik kosong kalimat berikut:
The
lady sang the song so ... that the
audience could not hear the lyrics clearly.
adalah
A. verba.
B. adverbia.
C. ajectiva.
D. nomina.
33. Summarizing the discussion made me frustrated. Arti kata yang
bergaris bawah adalah
A. ringkas.
B. ringkasan.
C. peringkasan.
D. meringkas.
“Although the discussion diverged from one topic
to another, John has summarized it in a very systematic way”.
Arti bagian kalimat yang bergaris bawah adalah
A. John
telah diringkaskan.
B. John
telah memiliki ringkasan.
C. ringkasan
diskusi si John.
D. John
telah meringkas.
35. Dalam bahasa Inggris dikenal suffix_able. Suffix ini dapat
ditautkan pada kata-kata berikut ini, kecuali
A. depend.
B. sleep.
C. rely.
D. question.
39. Yang termasuk acronym adalah
A. G.
B. J.
C. AA.
D. BB.
40. Kata-kata dalam teks yang termasuk acronyms adalah sebagai
berikut, kecuali
A. B.
B. I.
C. W.
D. Y.
41. Kata-kata dalam teks yang termasuk acronyms adalah sebagai
berikut, kecuali
A. B.
B. I.
C. W.
D. Y.
42. Kata-kata dalam teks yang dapat diubah ke jenis kata lain secara
backformation adalah
A. B,
B.
B. S,
Z.
C. K,
L.
D. BB,
EE.
43. Kata yang terbentuk melalui proses “blending” adalah
A. H.
B. K.
C. L.
D. S.
44. Kata dalam teks yang berasal dari bahasa lain dan masuk dalam
khasanah bahasa Inggris melalui proses “borrowing”, adalah
A. H.
B. J.
C. B.
D. BB.
For number 45
to 49
: Learn the following text.
Benjamin is an undergraduate student of Biology in
Leeds University. He has been conducting an observation on viruses of tropical
diseases under the supervision of Profesor John Smith. One day he met him in
the library.
Ben : Good
morning, Prof!
Smith : Morning,
Ben.
How about the lab research?
Do you notice how the viruses of
Malaria multiply?
Ben : Malaria!
A widespread disease in tropical countries!
Smith : Right!
Ben : Not
yet, Prof….but I’ve bottled the samples and kept them in the refrigerator.
I plan to start the observation next
week.
Smith : What do
you plan for tomorrow, then?
Ben : I’m
going to record the cytoplasm on a laser disc or videotape.
Could I use your camera?
Smith : Take
it. Make sure that you’ve blueprinted everything you are going to do.
Think before you leap, all right?
Ben : Yes,
Sir. I will.
45. Kata-kata dalam dialog yang pembentukan-nya melalui proses
“clipping” terdapat pada kalimat nomor
A. 1
dan 2.
B. 5
dan 7.
C. 7
dan 8.
D. 11
dan 12.
46. “Compound words” dalam dialog terdapat pada kalimat nomor
A. 1
dan 2.
B. 5
dan 9.
C. 8
dan 10.
D. 10
dan 12.
47. Kata yang berasal dari proses “conversion” terdapat pada kalimat
dialog nomor
A. 3.
B. 6.
C. 8.
D. 10.
48. Pada dialog kalimat-kalimat nomor … terdapat kata yang berasal
dari proses “coinage”.
A. 2
dan 3.
B. 4
dan 5.
C. 7
dan 8.
D. 9
dan 10.
49. Kata yang terbentuk melalui proses “multiple processes” terdapat
pada kalimat nomor
A. 4.
B. 6.
C. 7.
D. 11.
50. Kalimat yang mengandung kata yang dibentuk melalui proses blending
adalah
A. He
writes on the blackboard.
B. John
is an undergraduate student.
C. Structure
is the prerequsite subject for Structure II.
D. Among
cinetron actresses, Cornelia Agatha is the most popular.
No comments:
Post a Comment