Cloud Hosting Indonesia

30 April, 2014

Soal Ilmu Politik Kenegaraan dan Hukum dalam PIPS



TUGAS MANDIRI
ILMU POLITIK KENEGARAAN DAN
HUKUM DALAM PIPS
(PIPS3303)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  40, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang menjadi kepedulian pendidikan PIPS adalah demokrasi dan atau politik dalam arti
A.   sebagai makanisme (in action).
B.   teori dan praktek.
C.   ciri-ciri teoritiknya.
D.   perbedaan atau variasinya.

2.   Menurut Jellinek ketiga cabang ilmu sosial yakni politik, kenegaraan, hukum berasal dari induk ilmu yang dinamakan
A.   politik.
B.   ilmu kenegaraan.
C.   hukum.
D.   filsafat.
     
3.   Staatswissenschaft (ilmu kenegaraan) dalam perkembangan selanjutnya memiliki beberapa cabang ilmu yang diantaranya adalah sebagai berikut
A.   Ilmu Negara, Filsafat, Hukum Tata Negara Positif, Ilmu Politik.
B.   Ilmu Negara, Ilmu Politik, Teori dan Hukum Konstitusi, Hukum Tata Negara Positif.
C.   Ilmu Negara, Hukum Tata Usaha Negara, Hukum Tata Negara Positif.
D.   Ilmu Negara, Filsafat, Hukum Tata Usaha Negara, Hukum Tata Negara Positif.

4.   Teori kenegaraan mengenal hukum dalam dua jenis (dari sudut kepentingan dan usuliah-nya) yakni
A.   legal, formal, dan political law.
B.   legal law dan administratif law.
C.   administratif law dan political law.
D.   legal law dan political law.

5.   Keberadaan analis teoritisi politik mutlak diperlukan apabila bangsa negara ingin mem-bina negara hukum dan rule of law yang dinamis karena
A.   dapat mengartikulasikan kepentingan masyarakat dengan tepat.
B.   dapat memberikan alternatif-alternatif pemecahan masalah bangsa.
C.   konsep dan teorinya dapat menjadi masukan baru bagi para perancang hukum negara yang bersangkutan.
D.   dapat dimanfaatkan sebagai kontrol pemerintah selain lembaga formal.

6.   Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1946 Jo Nomor 2 Tahun 1958 Jo. Nomor 62 Tahun 1958 semua orang yang tinggal di wilayah dengan mengikuti ketentuan tertentu disebut
A.   rakyat.
B.   warga negara.
C.   penduduk.
D.   bangsa.

7.   Status yang dapat menentukan hak dan kewajiban seseorang, hak politik penuh hanya dimiliki
A.   rakyat.
B.   penduduk.
C.   warga negara.
D.   orang Indonesia.

8.   Hak Asasi Manusia sebagai hak milik pelak-sanaannya adalah
A.   berdasar keinginan seseorang.
B.   harus juga berfungsi sosial.
C.   mengikuti perjanjian sebelumnya.
D.   berdasar hati nurani.

9.   Daerah suatu negara yang berada di luar wilayah negara dimana negara secara hukum memancangkan bendera negaranya sering disebut
A.   Zona ekonomi eksklusif.
B.   Zona bersebelahan.
C.   Wilayah atau teritorial negara.
D.   Wilayah ekstrateritorial.

10.   Unsur negara yang sangat esensial dan ber-hulu serta bermuara pada atau dari rakyat, melalui pernyataan politik (proklamasi) atau karena hukum ( perjanjian) adalah
A.   rakyat dan wilayah tertentu.
B.   kedaulatan (hak daulat) negara.
C.   pemerintah negara.
D.   pengakuan dunia luar.

11.   Sifat kekuasaan negara Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali
A.   Republik berketuhanan atau kekuasaan yang menganut sifat agamis.
B.   berkedaulatan rakyat dan demokratis kerakyatan.
C.   negara kekuasaan hukum konstitusional.
D.   kekuasaan birokrasi patrimonial.

12.   Lembaga negara yang dapat disebut sebagai juru kunci dan penjaga gawang demokrasi dan negara hukum ialah
A.   lembaga tertinggi negara (MPR).
B.   lembaga legislatif (DPR).
C.   lembaga eksekutif (Presiden).
D.   lembaga peradilan (MA) serta BPK.

13.   Menurut kualifikasi kekuasaan negara, hukum yang berdaulat adalah
A.   diperintahkan dan atau dilarang kons-titusi, demokratis secara material.
B.   dianjurkan, dilarang konstitusi, untuk publik, demokratis formal.
C.   diperintahkan, dianjurkan, tak dilarang konstitusi, demokratis secara materi dan untuk publik.
D.   diperbolehkan dan atau dilarang kons-titusi, demokratis secara formal untuk publik.

14.   Tiga syarat demokrasi yang mutlak diperlukan apabila demokrasi ingin berjalan baik yang dikemukakan Charles Meriam adalah sebagai berikut, kecuali
A.   wawasan luas atau orientasi jauh kedepan para pemimpin negara.
B.   taraf pendidikan manusianya harus mapan, minimal SLTA.
C.   tingkat kesejahteraan sosial ekonomi memadai untuk taraf hidup sebagai manusia.
D.   negara memiliki master plan yang benar-benar ditaati dan dilaksanakan.

15.   Untuk mengantisipasi kemandekan politik akibat kebijakan floating mass dapat ditempu upaya mengoptimalkan fungsi partai khusus-nya sebagai
A.   wadah/oganisasi aspirasi tertentu.
B.   wadah penyalur kepentingan/ideologi rakyat yang sejenis.
C.   mediator warga/ideologi di perwakilan.
D.   mediator pembina pendidikan politik warganya.




16.   Berdasarkan kurikulum SD tahun 1994 terdapat konsep-konsep dasar yang ber-hubungan dengan IPS:
A.   pemerintah, demokrasi.
B.   keluarga, masyarakat.
C.   lembaga, peradilan.
D.   ekonomi, politik.

17.   Tujuan pengembangan materi pelajaran adalah agar
A.   kegiatan pembelajaran siswa lebih bermakna.
B.   penyerapan materi oleh siswa lebih banyak.
C.   wawasan siswa lebih luas.
D.   kegiatan pembelajaran siswa lebih menarik.

18.   Untuk mempertinggi kesesuaian materi kurikulum dengan lingkungan sekolah setempat dan mengaitkan dua mata pelajaran atau lebih sehingga memperoleh pembelajar-an yang utuh dapat dilakukan dengan cara pengembangan materi berdasar jaringan
A.   kegiatan lintas pokok bahasan.
B.   pembelajaran lintas mata pelajaran/-bidang studi.
C.   kegiatan lintas kurikulum.
D.   pembelajaran lintas jenjang pendidikan.

19.   Konsep politik kenegaraan hukum (Polkenhuk) di SD idealnya diberikan dalam bentuk
A.   norma normatif dan teori-teori ilmiah.
B.   pengetahuan untuk hidup bermasyarakat dan norma normatif.
C.   pengetahuan untuk hidup bermasyarakat maupun teori ilmu abstrak.
D.   pengetahuan dan acuan ketentuan untuk hidup bermasyarakat.

20.   Langkah yang dilakukan selanjutnya dalam meramu bahan ajar resmi dengan realita kehidupan sesudah telaah dan dikaji dengan cermat GBPP adalah
A.   menentukan pilihan strategi pengajaran.
B.   menentukan pilihan bahan ajar untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) guru dan KBS siswa mandiri.
C.   memantau ihwal the hidden siswa dan lingkungannya.
D.   menelaah dan mengkaji dengan cermat isi dan pesan buku teks dan acuan guru.

21.   Yang dimaksud LKS menurut Ali adalah lembar kerja siswa yang berisi pedoman bagi siswa untuk melakukan kegiatan terprogram dan bentuknya
A.   terstandar serta memiliki tuntunan tertentu.
B.   terstandar tetapi tuntunannya bervariasi.
C.   bervariasi tetapi memiliknya tuntunan ter-tentu.
D.   bervariasi dan tuntunannya bervariasi pula.

22.   LKS bermanfaat untuk merangsang minat dan daya kreasi serta inovasi dalam mengem-bangkan daya pikirannya, karena memberi
A.   kebebasan siswa dalam cara mengerja-kan tugas.
B.   kesempatan siswa untuk melaksanakan inovasi.
C.   kebebasan siswa mengeluarkan aspirasi dan kreasi.
D.   kesempatan siswa bebas bereksperimen.

23.   Metode belajar mencari pemecahan terbaik dari suatu masalah melalui proses pencarian dan pembuktian adalah
A.   inquiri.
B.   studi proyek.
C.   inquiri dan studi proyek.
D.   pembelajaran sistem LKS.

24.   Teori yang menyatakan bahwa yang menjadi dasar kekuasaan penyelenggara negara dan tujuan penggunaan kekuasaan adalah masyarakat dalam keadaan yang aktual empirik adalah teori
A.   idee transenden.
B.   idee empiri.
C.   idee immanent.
D.   immanent transendental.

25.   Pancasila dapat dikatakan sebagai suatu konstruksi yang merupakan keharusan untuk mengarahkan hukum kepada cita-cita yang diinginkan masyarakat. Hal demikian melihat Pacasila sebagai
A.   Rechtsidee.
B.   Staats fundamentalnorm.
C.   Way of life.
D.   Staatsgrundgesetz.

26.   Gustav Radbruck yang menyatakan bahwa rechtsidee juga sebagai tolok ukur menguji hukum positif, adalah melihat rechtside dari fungsi
A.   konstitutif.
B.   formalif.
C.   regulatif.
D.   fakultatif.

27.   Yang dimaksud norma pertama dari tata hukum Indonesia adalah
A.   Proklamasi.
B.   Pancasila.
C.   UUD 1945.
D.   Dekrit Presiden 5 Juli 1959.

28.   Norma hukum yang menjadi dasar bagi berlakunya dari segala macam norma hukum yang lainnya disebut norma
A.   dasar.
B.   pokok.
C.   pertama.
D.   agama.

29.   Aturan-aturan yang masih bersifat pokok dan merupakan landasan luas bagi tata hukum yang lebih terperinci adalah
A.   Grundnorm (norma dasar).
B.   Grundgesetze (aturan dasar).
C.   Formalle gesetze (peraturan perundang-an).
D.   Gesetze recht (landasan bagi hukum perundangan).

30.   Menurut Jeremy Bentham yang menjadi tujuan hukum adalah
A.   keadilan masyarakat.
B.   kemakmuran bersama.
C.   perlindungan hukum bagi setiap orang.
D.   kebahagiaan terbanyak.

31.   Ajaran sejarah yang menentang teori posi-tivisme analitis mendasarkan atas faham romantisme dipelopori oleh
A.   John Austin.
B.   Hans Kalsen.
C.   Carl Von Savigny dan Puchta.
D.   Jellineck.

32.   Klasifikasi teori hukum yang terdiri atas mazhab formalitas, mazhab sejarah dan kebudayaan, aliran utilitarianisme, aliran sociological jurisprudence, aliran realisme, dikemukakan oleh
A.   Satjipto Rahardjo.
B.   Soerjono Soekanto.
C.   Friedemann.
D.   Northiap.

33.   Hukum diartikan sebagai perintah dari pembentuk UU, sebagai sistem yang logis, dan bersifat tertutup merupakan pendapat dan aliran hukum
A.   positif yang murni.
B.   positif yang analitis.
C.   alam.
D.   utilitarianisme.

34.   Suatu perbuatan hendaknya bertujuan untuk mencapai sebanyak mungkin kebahagiaan, hal ini merupakan pendapat aliran
A.   utilitarianisme yang dikemukakan oleh John Stuart Mill.
B.   utilitarianisme yang dikemukakan oleh Jeremy Bentham.
C.   utilitarianisme yang dikemukakan oleh Von Jhering.
D.   positivisme yang dikemukakan oleh Hans Kalsen.

35.   Pengertian negara hukum menurut faham status naturalis yang menyatakan manusia dalam keadaan zaman purba telah memiliki hak-hak dasar secara perseorangan dikemu-kakan oleh
A.   Jellinek.
B.   Aristoteles.
C.   John Lock.
D.   Rousseau.

36.   Negara hukum adalah negara yang berdiri di atas hukum yang menjamin keadilan dari warga negaranya, pendapat ini dikemukakan oleh
A.   Wiryono Prodjodikoro.
B.   Soediman Kartohadiprojo.
C.   Aristoteles.
D.   Rudolf Von Geist.

37.   Negara bertugas menjaga hak-hak rakyat jangan terganggu juga negara tidak mencam-puri tentang kemakmuran rakyat dikemuka-kan oleh
A.   Kan dan Fichte.
B.   Jellinek.
C.   Aristoteles.
D.   Rudolf Van Geist.

38.   Dalam teori kedaulatan hukum dikenal pendapat bahwa hukum itu merupakan penjelmaan dari salah satu bagian dari perasaan manusia dikemukakan oleh
A.   Krabble.
B.   Struyken.
C.   Han Kelsen.
D.   Jellinek.

39.   Antara kedaulatan hukum dan negara hukum memiliki keterkaitan konseptual karena
A.   pemikiran negara hukum diawali pemikiran teori kedaulatan hukum.
B.   pemikiran kedaulatan hukum diawali teori negara hukum.
C.   antara negara hukum dengan kedaulatan hukum memiliki kesamaan kelahiran.
D.   setiap membicarakan negara hukum berarti pula membicarakan kedaulatan.

40.   Dalam UUD 1945 istilah negara hukum secara tegas terdapat dalam
A.   Pembukaan (mukadimah).
B.   Batang tubuh.
C.   Penjelasan umum.
D.   Bab I.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  41   SAMPAI   70,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
41.   Ilmu politik akhirnya berkembang pesat menuju spesialisasi sebagai berikut
1)   Pengantar ilmu politik, sosiologi politik
2)   Ilmu negara, bio politik
3)   Sistem politik, politik internasional

42.   Kajian Hukum Tata Negara positif diantaranya adalah
1)   Struktur organisasi negara
2)   Politik
3)   Hak Asasi Manusia

43.   Pengembangan materi pelajaran IPS di SD hendaknya mengacu kepada
1)   pengetahuan, sikap, dan perilaku yang diharapkan dari siswa
2)   pengembangan konsep, nilai, moral, dan norma-norma kehidupan masyarakat
3)   tingkat/kelas siswa yang bersangkutan dan berkompetensi pengajar pada mata pelajaran yang bersangkutan

44.   Hal-hal berikut ini adalah merupakan cara-cara mengintegrasikan politik kenegaraan dan hukum (Polkenhuk) PIPS
1)   bahan ajar GBPP/buku dipadukan dengan realita kehidupan
2)   kurikulum disesuaikan dengan perkem-bangan teknologi
3)   fakta/realita menjadi tema utama yang disorot dengan konsep polkenhuk

45.   Pembelajaran IPS dan Polkenhuk khususnya dapat dipilih sebagai berikut
1)   memberikan pembekalan pengetahuan tentang hal kehidupan sosial
2)   mengajak siswa memahami dan mem-bentuk konsep bersama (group concept)
3)   penerapan konsep pengetahuan dalam kehidupan nyata anak dan masyarakat

46.   Sumber utama pembelajaran Polkenhuk PIPS SD adalah
1)   buku-buku, dokumen, perpustakaan sekolah
2)   media cetak, koran, majalah
3)   keluarga, lingkungan kehidupan sekitar, tokoh masyarakat

47.   Esensi penilaian/evaluasi pengajaran Polkenhuk PIPS SD adalah
1)   momentum untuk dapat menentukan ukuran keberhasilan siswa
2)   momentum dan media tuntunan, arahan dan pengurusan keadaan
3)   momentum meningkatkan motivasi dan perolehan belajar

48.   Diantara kegunaan LKS sebagai bentuk media pembelajaran siswa adalah untuk meningkatkan kemampuan
1)   berfikir
2)   menganalisis nilai
3)   menyelesaikan tugas-tugas pelajaran

49.   Komponen-komponen utama dalam suatu LKS adalah
1)   uraian materi pelajaran berdasarkan pokok bahasan/sub pokok bahasan
2)   evaluasi atau soal-soal latihan
3)   tujuan kurikulum bidang studi atau mata pelajaran

50.   Hakekat pembelajaran kelompok kecil dan perorangan adalah
1)   terjadinya hubungan yang sehat dan akrab antara guru dan siswa
2)   siswa belajar sesuai kemampuannya tanpa bantuan guru
3)   siswa dilibatkan dalam penentuan cara-cara belajar

51.   Dalam implementasinya pembelajaran individual dan kelompok kecil guru berperan sebagai
1)   inisiator kegiatan belajar mengajar
2)   sumber informasi bagi siswa
3)   pendorong bagi siswa untuk belajar

52.   Kelompok belajar koperasi (Kejarkop) yang merupakan perpaduan model kelompok belajar dan belajar kooperatif memiliki proses sebagai berikut
1)   siswa membentuk kelompok belajar
2)   kelompok mengerjakan tugas yang diambil sendiri dari pembelajaran
3)   kepada kelompok kemudian diberi tugas kelompok yang dijabarkan menjadi sub-sub

53.   Tujuan pendidikan IPS menurut Jarolimek dan Walter C. Parke meliputi aspek sebagai berikut
1)   pengertian (understanding)
2)   kemampuan
3)   sikap dan nilai

54.   Model PVCT memiliki proses dan ketentuan sebagai berikut
1)   siswa membagi diri ke dalam kelompok masing-masing
2)   siswa menyiapkan gambar perisai pada sehelai kertas
3)   siswa diminta menuliskan permintaan/-arahan guru

55.   Jenis analisis nilai (Anil) memiliki karakteristik
1)   praktis tanpa harus membuat format
2)   media stimulusnya lebih beraneka ragam
3)   bisa menggunakan media stimulus audio visual dan gestura

56.   Untuk mengembangkan model inquiri harus memperhatikan tugas-tugas perkembangan siswa, untuk itu James Bank mengemukakan sebagai berikut
1)   menentukan dan mengenali masalah melalui observasi dan member
2)   menjelaskan nilai-nilai yang relevan dengan perlakuan deskripsi
3)   menamai nilai-nilai yang ditunjukkan melalui perilaku, identifikasi, deskripsi, membuat jawaban sementara

57.   Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam pelaksanaan metode studi proyek
1)   guru memberi klarifikasi tentang tema kegiatan atau studi proyek
2)   guru memberi kesempatan siswa musya-warah menentukan kegiatan
3)   guru membuat format dan atau lembar kegiatan

58.   Teori kenegaraan Soepomo yang dikenal dengan totaliter pada hakekatnya sama dengan yang dikemukakan G. Jellinek tentang
1)   Individualistische staatstheorie
2)   Communalistische staatstheorie
3)   Kollektivistische staatstheorie

59.   Menurut Jellinek, kesatuan yang meng-hubungkan kesatuan keseluruhan dengan kebebasan anggotanya didasarkan pada
1)   Organische staatslehre
2)   Theorie der Verbandseinheit
3)   Juristische lehre vom staate als Rechhtssubject

60.   Penjelasan umum UUD 1945 menegaskan bahwa pokok-pokok pikiran dalam pembukaan itu
1)   menciptakan pasal-pasal dalam batang tubuh
2)   dikembangkan di dalam pasal-pasalnya dan diuraikan dalam penjelasan
3)   mewujudkan rechtsidee yang menguasai hukum dasar negara

61.   Bentuk perwujudan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum adalah
1)   Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
2)   TAP MPR
3)   Dekrit Presiden 5 Juli 1959

62.   Nawiasky dalam teorinya Die Stufenaufbau der Rechtsordnung menyatakan bahwa ada beberapa lapis norma hukum yang diantara-nya adalah
1)   Rechtsidee
2)   Grundnorm
3)   Grundgestze

63.   Efektivitas penyebaran suatu ajaran di dalam masyarakat ditentukan oleh
1)   banyaknya saluran informasi yang diinginkan
2)   cara/metode penyampaian suatu ajaran
3)   tingginya frekuensi kegiatan penyebaran di dalam masyarakat

64.   Pembebasan nilai-nilai hukum yang pokok dari demokrasi dapat dikelompokkan ke dalam tema teori hukum sebagai berikut
1)   hak-hak hukum individu
2)   persamaan di depan hukum
3)   pengawasan pemerintah oleh masyarakat

65.   Aliran Sociological Yurisprundence menurut R. Pound adalah
1)   cabang sosiologi yang mempelajari pengaruh timbal balik antara hukum dan masyarakat
2)   teori hukum yang mempelajari pengaruh terhadap masyarakat
3)   pendekatannya bertitik tolak dari masyarakat ke hukum

66.   Menurut Stahl negara hukum itu harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut
1)   hak-hak dasar manusia
2)   pembagian kekuasaan
3)   pemerintahan berdasarkan peraturan-peraturan

67.   Unsur-unsur Rule of Law menurut Dicey adalah
1)   supremasi hukum
2)   pembagian kekuasaan negara
3)   adanya jaminan hak-hak asasi manusia

68.   Syarat Rule of Law yang dicetuskan oleh Internasional Commission of Jurist dalam Konggres di Bangkok tahun 1965
1)   adanya pendidikan civics
2)   adanya proteksi konstitusional
3)   adanya tugas oposisi

69.   Prinsip-prinsip negara hukum menurut B.R. Saragih adalah
1)   pengakuan dan perlindungan hak-hak asasi manusia
2)   pemerintahan yang demokratis
3)   legalitas hukum dalam segala bentuknya

70.   Dalam tingkatan hukum nasional terdapat limitasi terhadap kebebasan berpikir yang berbicara, yaitu
1)   keselamatan negara
2)   kepentingan individu
3)   kepentingan rakyat banyak

No comments:

Post a Comment