TUGAS MANDIRI
ILMU POLITIK KENEGARAAN DAN
HUKUM DALAM PIPS
(PIPS3303)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 40, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Yang menjadi kepedulian pendidikan PIPS
adalah demokrasi dan atau politik dalam arti
A. sebagai makanisme (in action).
B. teori dan praktek.
C. ciri-ciri teoritiknya.
D. perbedaan atau variasinya.
2. Menurut Jellinek ketiga cabang ilmu sosial
yakni politik, kenegaraan, hukum berasal dari induk ilmu yang dinamakan
A. politik.
B. ilmu kenegaraan.
C. hukum.
D. filsafat.
3. Staatswissenschaft (ilmu kenegaraan) dalam
perkembangan selanjutnya memiliki beberapa cabang ilmu yang diantaranya adalah
sebagai berikut
A. Ilmu Negara, Filsafat, Hukum Tata Negara
Positif, Ilmu Politik.
B. Ilmu Negara, Ilmu Politik, Teori dan Hukum
Konstitusi, Hukum Tata Negara Positif.
C. Ilmu Negara, Hukum Tata Usaha Negara, Hukum
Tata Negara Positif.
D. Ilmu Negara, Filsafat, Hukum Tata Usaha
Negara, Hukum Tata Negara Positif.
4. Teori kenegaraan mengenal hukum dalam dua
jenis (dari sudut kepentingan dan usuliah-nya) yakni
A. legal, formal, dan political law.
B. legal law dan administratif law.
C. administratif law dan political law.
D. legal law dan political law.
5. Keberadaan analis teoritisi politik mutlak
diperlukan apabila bangsa negara ingin mem-bina negara hukum dan rule of law
yang dinamis karena
A. dapat mengartikulasikan kepentingan
masyarakat dengan tepat.
B. dapat memberikan alternatif-alternatif
pemecahan masalah bangsa.
C. konsep dan teorinya dapat menjadi masukan
baru bagi para perancang hukum negara yang bersangkutan.
D. dapat dimanfaatkan sebagai kontrol pemerintah
selain lembaga formal.
6. Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1946 Jo
Nomor 2 Tahun 1958 Jo. Nomor 62 Tahun 1958 semua orang yang tinggal di wilayah
dengan mengikuti ketentuan tertentu disebut
A. rakyat.
B. warga negara.
C. penduduk.
D. bangsa.
7. Status yang dapat menentukan hak dan
kewajiban seseorang, hak politik penuh hanya dimiliki
A. rakyat.
B. penduduk.
C. warga negara.
D. orang Indonesia.
8. Hak Asasi Manusia sebagai hak milik
pelak-sanaannya adalah
A. berdasar keinginan seseorang.
B. harus juga berfungsi sosial.
C. mengikuti perjanjian sebelumnya.
D. berdasar hati nurani.
9. Daerah suatu negara yang berada di luar
wilayah negara dimana negara secara hukum memancangkan bendera negaranya sering
disebut
A. Zona ekonomi eksklusif.
B. Zona bersebelahan.
C. Wilayah atau teritorial negara.
D. Wilayah ekstrateritorial.
10. Unsur negara yang sangat esensial dan ber-hulu serta bermuara pada
atau dari rakyat, melalui pernyataan politik (proklamasi) atau karena hukum (
perjanjian) adalah
A. rakyat dan wilayah tertentu.
B. kedaulatan (hak daulat) negara.
C. pemerintah negara.
D. pengakuan dunia luar.
11. Sifat kekuasaan negara Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali
A. Republik berketuhanan atau kekuasaan yang menganut sifat agamis.
B. berkedaulatan rakyat dan demokratis kerakyatan.
C. negara kekuasaan hukum konstitusional.
D. kekuasaan birokrasi patrimonial.
12. Lembaga negara yang dapat disebut sebagai juru kunci dan penjaga
gawang demokrasi dan negara hukum ialah
A. lembaga tertinggi negara (MPR).
B. lembaga legislatif (DPR).
C. lembaga eksekutif (Presiden).
D. lembaga peradilan (MA) serta BPK.
13. Menurut kualifikasi kekuasaan negara, hukum yang berdaulat adalah
A. diperintahkan dan atau dilarang kons-titusi, demokratis secara
material.
B. dianjurkan, dilarang konstitusi, untuk publik, demokratis formal.
C. diperintahkan, dianjurkan, tak dilarang konstitusi, demokratis
secara materi dan untuk publik.
D. diperbolehkan dan atau dilarang kons-titusi, demokratis secara
formal untuk publik.
14. Tiga syarat demokrasi yang mutlak diperlukan apabila demokrasi
ingin berjalan baik yang dikemukakan Charles Meriam adalah sebagai berikut, kecuali
A. wawasan luas atau orientasi jauh kedepan para pemimpin negara.
B. taraf pendidikan manusianya harus mapan, minimal SLTA.
C. tingkat kesejahteraan sosial ekonomi memadai untuk taraf hidup
sebagai manusia.
D. negara memiliki master plan yang benar-benar ditaati dan
dilaksanakan.
15. Untuk mengantisipasi kemandekan politik akibat kebijakan floating
mass dapat ditempu upaya mengoptimalkan fungsi partai khusus-nya sebagai
A. wadah/oganisasi aspirasi tertentu.
B. wadah penyalur kepentingan/ideologi rakyat yang sejenis.
C. mediator warga/ideologi di perwakilan.
D. mediator pembina pendidikan politik warganya.
16. Berdasarkan kurikulum SD tahun 1994 terdapat konsep-konsep dasar
yang ber-hubungan dengan IPS:
A. pemerintah, demokrasi.
B. keluarga, masyarakat.
C. lembaga, peradilan.
D. ekonomi, politik.
17. Tujuan pengembangan materi pelajaran adalah agar
A. kegiatan pembelajaran siswa lebih bermakna.
B. penyerapan materi oleh siswa lebih banyak.
C. wawasan siswa lebih luas.
D. kegiatan pembelajaran siswa lebih menarik.
18. Untuk mempertinggi kesesuaian materi kurikulum dengan lingkungan
sekolah setempat dan mengaitkan dua mata pelajaran atau lebih sehingga
memperoleh pembelajar-an yang utuh dapat dilakukan dengan cara pengembangan
materi berdasar jaringan
A. kegiatan lintas pokok bahasan.
B. pembelajaran lintas mata pelajaran/-bidang studi.
C. kegiatan lintas kurikulum.
D. pembelajaran lintas jenjang pendidikan.
19. Konsep politik kenegaraan hukum (Polkenhuk) di SD idealnya
diberikan dalam bentuk
A. norma normatif dan teori-teori ilmiah.
B. pengetahuan untuk hidup bermasyarakat dan norma normatif.
C. pengetahuan untuk hidup bermasyarakat maupun teori ilmu abstrak.
D. pengetahuan dan acuan ketentuan untuk hidup bermasyarakat.
20. Langkah yang dilakukan selanjutnya dalam meramu bahan ajar resmi
dengan realita kehidupan sesudah telaah dan dikaji dengan cermat GBPP adalah
A. menentukan pilihan strategi pengajaran.
B. menentukan pilihan bahan ajar untuk kegiatan belajar mengajar
(KBM) guru dan KBS siswa mandiri.
C. memantau ihwal the hidden siswa dan lingkungannya.
D. menelaah dan mengkaji dengan cermat isi dan pesan buku teks dan
acuan guru.
21. Yang dimaksud LKS menurut Ali adalah lembar kerja siswa yang
berisi pedoman bagi siswa untuk melakukan kegiatan terprogram dan bentuknya
A. terstandar serta memiliki tuntunan tertentu.
B. terstandar tetapi tuntunannya bervariasi.
C. bervariasi tetapi memiliknya tuntunan ter-tentu.
D. bervariasi dan tuntunannya bervariasi pula.
22. LKS bermanfaat untuk merangsang minat dan daya kreasi serta
inovasi dalam mengem-bangkan daya pikirannya, karena memberi
A. kebebasan siswa dalam cara mengerja-kan tugas.
B. kesempatan siswa untuk melaksanakan inovasi.
C. kebebasan siswa mengeluarkan aspirasi dan kreasi.
D. kesempatan siswa bebas bereksperimen.
23. Metode belajar mencari pemecahan terbaik dari suatu masalah
melalui proses pencarian dan pembuktian adalah
A. inquiri.
B. studi proyek.
C. inquiri dan studi proyek.
D. pembelajaran sistem LKS.
24. Teori yang menyatakan bahwa yang menjadi dasar kekuasaan
penyelenggara negara dan tujuan penggunaan kekuasaan adalah masyarakat dalam
keadaan yang aktual empirik adalah teori
A. idee transenden.
B. idee empiri.
C. idee immanent.
D. immanent transendental.
25. Pancasila dapat dikatakan sebagai suatu konstruksi yang merupakan
keharusan untuk mengarahkan hukum kepada cita-cita yang diinginkan masyarakat.
Hal demikian melihat Pacasila sebagai
A. Rechtsidee.
B. Staats fundamentalnorm.
C. Way of life.
D. Staatsgrundgesetz.
26. Gustav Radbruck yang menyatakan bahwa rechtsidee juga sebagai
tolok ukur menguji hukum positif, adalah melihat rechtside dari fungsi
A. konstitutif.
B. formalif.
C. regulatif.
D. fakultatif.
27. Yang dimaksud norma pertama dari tata hukum Indonesia adalah
A. Proklamasi.
B. Pancasila.
C. UUD 1945.
D. Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
28. Norma hukum yang menjadi dasar bagi berlakunya dari segala macam
norma hukum yang lainnya disebut norma
A. dasar.
B. pokok.
C. pertama.
D. agama.
29. Aturan-aturan yang masih bersifat pokok dan merupakan landasan
luas bagi tata hukum yang lebih terperinci adalah
A. Grundnorm (norma dasar).
B. Grundgesetze (aturan dasar).
C. Formalle gesetze (peraturan perundang-an).
D. Gesetze recht (landasan bagi hukum perundangan).
30. Menurut Jeremy Bentham yang menjadi tujuan hukum adalah
A. keadilan masyarakat.
B. kemakmuran bersama.
C. perlindungan hukum bagi setiap orang.
D. kebahagiaan terbanyak.
31. Ajaran sejarah yang menentang teori posi-tivisme analitis
mendasarkan atas faham romantisme dipelopori oleh
A. John Austin.
B. Hans Kalsen.
C. Carl Von Savigny dan Puchta.
D. Jellineck.
32. Klasifikasi teori hukum yang terdiri atas mazhab formalitas,
mazhab sejarah dan kebudayaan, aliran utilitarianisme, aliran sociological
jurisprudence, aliran realisme, dikemukakan oleh
A. Satjipto Rahardjo.
B. Soerjono Soekanto.
C. Friedemann.
D. Northiap.
33. Hukum diartikan sebagai perintah dari pembentuk UU, sebagai sistem
yang logis, dan bersifat tertutup merupakan pendapat dan aliran hukum
A. positif yang murni.
B. positif yang analitis.
C. alam.
D. utilitarianisme.
34. Suatu perbuatan hendaknya bertujuan untuk mencapai sebanyak
mungkin kebahagiaan, hal ini merupakan pendapat aliran
A. utilitarianisme yang dikemukakan oleh John Stuart Mill.
B. utilitarianisme yang dikemukakan oleh Jeremy Bentham.
C. utilitarianisme yang dikemukakan oleh Von Jhering.
D. positivisme yang dikemukakan oleh Hans Kalsen.
35. Pengertian negara hukum menurut faham status naturalis yang
menyatakan manusia dalam keadaan zaman purba telah memiliki hak-hak dasar
secara perseorangan dikemu-kakan oleh
A. Jellinek.
B. Aristoteles.
C. John Lock.
D. Rousseau.
36. Negara hukum adalah negara yang berdiri di atas hukum yang
menjamin keadilan dari warga negaranya, pendapat ini dikemukakan oleh
A. Wiryono Prodjodikoro.
B. Soediman Kartohadiprojo.
C. Aristoteles.
D. Rudolf Von Geist.
37. Negara bertugas menjaga hak-hak rakyat jangan terganggu juga
negara tidak mencam-puri tentang kemakmuran rakyat dikemuka-kan oleh
A. Kan dan Fichte.
B. Jellinek.
C. Aristoteles.
D. Rudolf Van Geist.
38. Dalam teori kedaulatan hukum dikenal pendapat bahwa hukum itu
merupakan penjelmaan dari salah satu bagian dari perasaan manusia dikemukakan
oleh
A. Krabble.
B. Struyken.
C. Han Kelsen.
D. Jellinek.
39. Antara kedaulatan hukum dan negara hukum memiliki keterkaitan
konseptual karena
A. pemikiran negara hukum diawali pemikiran teori kedaulatan hukum.
B. pemikiran kedaulatan hukum diawali teori negara hukum.
C. antara negara hukum dengan kedaulatan hukum memiliki kesamaan
kelahiran.
D. setiap membicarakan negara hukum berarti pula membicarakan
kedaulatan.
40. Dalam UUD 1945 istilah negara hukum secara tegas terdapat dalam
A. Pembukaan (mukadimah).
B. Batang tubuh.
C. Penjelasan umum.
D. Bab I.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41
SAMPAI 70, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
41. Ilmu politik akhirnya berkembang pesat menuju spesialisasi sebagai
berikut
1) Pengantar ilmu politik, sosiologi politik
2) Ilmu negara, bio politik
3) Sistem politik, politik internasional
42. Kajian Hukum Tata Negara positif diantaranya adalah
1) Struktur organisasi negara
2) Politik
3) Hak Asasi Manusia
43. Pengembangan materi pelajaran IPS di SD hendaknya mengacu kepada
1) pengetahuan, sikap, dan perilaku yang diharapkan dari siswa
2) pengembangan konsep, nilai, moral, dan norma-norma kehidupan
masyarakat
3) tingkat/kelas siswa yang bersangkutan dan berkompetensi pengajar
pada mata pelajaran yang bersangkutan
44. Hal-hal berikut ini adalah merupakan cara-cara mengintegrasikan
politik kenegaraan dan hukum (Polkenhuk) PIPS
1) bahan ajar GBPP/buku dipadukan dengan realita kehidupan
2) kurikulum disesuaikan dengan perkem-bangan teknologi
3) fakta/realita menjadi tema utama yang disorot dengan konsep
polkenhuk
45. Pembelajaran IPS dan Polkenhuk khususnya dapat dipilih sebagai
berikut
1) memberikan pembekalan pengetahuan tentang hal kehidupan sosial
2) mengajak siswa memahami dan mem-bentuk konsep bersama (group
concept)
3) penerapan konsep pengetahuan dalam kehidupan nyata anak dan
masyarakat
46. Sumber utama pembelajaran Polkenhuk PIPS SD adalah
1) buku-buku, dokumen, perpustakaan sekolah
2) media cetak, koran, majalah
3) keluarga, lingkungan kehidupan sekitar, tokoh masyarakat
47. Esensi penilaian/evaluasi pengajaran Polkenhuk PIPS SD adalah
1) momentum untuk dapat menentukan ukuran keberhasilan siswa
2) momentum dan media tuntunan, arahan dan pengurusan keadaan
3) momentum meningkatkan motivasi dan perolehan belajar
48. Diantara kegunaan LKS sebagai bentuk media pembelajaran siswa
adalah untuk meningkatkan kemampuan
1) berfikir
2) menganalisis nilai
3) menyelesaikan tugas-tugas pelajaran
49. Komponen-komponen utama dalam suatu LKS adalah
1) uraian materi pelajaran berdasarkan pokok bahasan/sub pokok
bahasan
2) evaluasi atau soal-soal latihan
3) tujuan kurikulum bidang studi atau mata pelajaran
50. Hakekat pembelajaran kelompok kecil dan perorangan adalah
1) terjadinya hubungan yang sehat dan akrab antara guru dan siswa
2) siswa belajar sesuai kemampuannya tanpa bantuan guru
3) siswa dilibatkan dalam penentuan cara-cara belajar
51. Dalam implementasinya pembelajaran individual dan kelompok kecil
guru berperan sebagai
1) inisiator kegiatan belajar mengajar
2) sumber informasi bagi siswa
3) pendorong bagi siswa untuk belajar
52. Kelompok belajar koperasi (Kejarkop) yang merupakan perpaduan
model kelompok belajar dan belajar kooperatif memiliki proses sebagai berikut
1) siswa membentuk kelompok belajar
2) kelompok mengerjakan tugas yang diambil sendiri dari pembelajaran
3) kepada kelompok kemudian diberi tugas kelompok yang dijabarkan
menjadi sub-sub
53. Tujuan pendidikan IPS menurut Jarolimek dan Walter C. Parke
meliputi aspek sebagai berikut
1) pengertian (understanding)
2) kemampuan
3) sikap dan nilai
54. Model PVCT memiliki proses dan ketentuan sebagai berikut
1) siswa membagi diri ke dalam kelompok masing-masing
2) siswa menyiapkan gambar perisai pada sehelai kertas
3) siswa diminta menuliskan permintaan/-arahan guru
55. Jenis analisis nilai (Anil) memiliki karakteristik
1) praktis tanpa harus membuat format
2) media stimulusnya lebih beraneka ragam
3) bisa menggunakan media stimulus audio visual dan gestura
56. Untuk mengembangkan model inquiri harus memperhatikan tugas-tugas
perkembangan siswa, untuk itu James Bank mengemukakan sebagai berikut
1) menentukan dan mengenali masalah melalui observasi dan member
2) menjelaskan nilai-nilai yang relevan dengan perlakuan deskripsi
3) menamai nilai-nilai yang ditunjukkan melalui perilaku,
identifikasi, deskripsi, membuat jawaban sementara
57. Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam pelaksanaan metode studi
proyek
1) guru memberi klarifikasi tentang tema kegiatan atau studi proyek
2) guru memberi kesempatan siswa musya-warah menentukan kegiatan
3) guru membuat format dan atau lembar kegiatan
58. Teori kenegaraan Soepomo yang dikenal dengan totaliter pada
hakekatnya sama dengan yang dikemukakan G. Jellinek tentang
1) Individualistische staatstheorie
2) Communalistische staatstheorie
3) Kollektivistische staatstheorie
59. Menurut Jellinek, kesatuan yang meng-hubungkan kesatuan
keseluruhan dengan kebebasan anggotanya didasarkan pada
1) Organische staatslehre
2) Theorie der Verbandseinheit
3) Juristische lehre vom staate als Rechhtssubject
60. Penjelasan umum UUD 1945 menegaskan bahwa pokok-pokok pikiran
dalam pembukaan itu
1) menciptakan pasal-pasal dalam batang tubuh
2) dikembangkan di dalam pasal-pasalnya dan diuraikan dalam
penjelasan
3) mewujudkan rechtsidee yang menguasai hukum dasar negara
61. Bentuk perwujudan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber
hukum adalah
1) Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
2) TAP MPR
3) Dekrit Presiden 5 Juli 1959
62. Nawiasky dalam teorinya Die Stufenaufbau der Rechtsordnung
menyatakan bahwa ada beberapa lapis norma hukum yang diantara-nya adalah
1) Rechtsidee
2) Grundnorm
3) Grundgestze
63. Efektivitas penyebaran suatu ajaran di dalam masyarakat ditentukan
oleh
1) banyaknya saluran informasi yang diinginkan
2) cara/metode penyampaian suatu ajaran
3) tingginya frekuensi kegiatan penyebaran di dalam masyarakat
64. Pembebasan nilai-nilai hukum yang pokok dari demokrasi dapat
dikelompokkan ke dalam tema teori hukum sebagai berikut
1) hak-hak hukum individu
2) persamaan di depan hukum
3) pengawasan pemerintah oleh masyarakat
65. Aliran Sociological Yurisprundence menurut R. Pound adalah
1) cabang sosiologi yang mempelajari pengaruh timbal balik antara
hukum dan masyarakat
2) teori hukum yang mempelajari pengaruh terhadap masyarakat
3) pendekatannya bertitik tolak dari masyarakat ke hukum
66. Menurut Stahl negara hukum itu harus mempunyai syarat-syarat
sebagai berikut
1) hak-hak dasar manusia
2) pembagian kekuasaan
3) pemerintahan berdasarkan peraturan-peraturan
67. Unsur-unsur Rule of Law menurut Dicey adalah
1) supremasi hukum
2) pembagian kekuasaan negara
3) adanya
jaminan hak-hak asasi manusia
68. Syarat Rule of Law yang dicetuskan oleh Internasional Commission
of Jurist dalam Konggres di Bangkok tahun 1965
1) adanya pendidikan civics
2) adanya proteksi konstitusional
3) adanya
tugas oposisi
69. Prinsip-prinsip negara hukum menurut B.R. Saragih adalah
1) pengakuan dan perlindungan hak-hak asasi manusia
2) pemerintahan yang demokratis
3) legalitas
hukum dalam segala bentuknya
70. Dalam tingkatan hukum nasional terdapat limitasi terhadap kebebasan
berpikir yang berbicara, yaitu
1) keselamatan negara
2) kepentingan individu
3) kepentingan
rakyat banyak
No comments:
Post a Comment