Cloud Hosting Indonesia

30 April, 2014

Soal Pendidikan IPS



TUGAS MANDIRI
PENDIDIKAN IPS
(PIPS3302)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Lembaga yang berupaya menyebarkan hasil-hasil pemikiran atau karya-karya ilmiah tentang social studies di Amerika Serikat adalah
A.   NASA.
B.   NCCS.
C.   CIVITAS.
D.   CICED.

2.   Social studies adalah disiplin ilmu yang mempelajari ilmu-ilmu sosial yang
A.   diintegrasikan untuk pengembangan disiplin ilmu sosial.
B.   dipadukan untuk tujuan pengembangan wawasan keilmuan.
C.   disederhanakan untuk tujuan pendidikan.
D.   dikorelasikan untuk pengembangan wawasan berpikir.
     
3.   Bila kita cermati pengertian social studies di atas, maka kita dapat mengambil suatu kesimpulan, bahwa socuial studies adalah
A.   merupakan pengembangan disiplin ilmu-ilmu sosial.
B.   merupakan perpaduan ilmu-ilmu sosial untuk pengembangan wawasan keilmuan.
C.   merupakan penyeleksian dari ilmu-ilmu sosial untuk kepentingan pembelajaran.
D.   merupakan pengkorelasian ilmu-ilmu sosial untuk pengembangan wawasan berpikir.

4.   Manakah di antara disiplin ilmu di bawah ini yang tidak termasuk rumpun social studies
A.   kesenian.
B.   filsafat.
C.   ekonomi.
D.   sejarah.

5.   Kelompok ilmu yang memelopori terjadinya revolusi dalam studi social pada tahun 1960-an adalah ahli
A.   ekonomi.
B.   sejarah.
C.   hukum.
D.   geografi.

6.   Pada tahun 1940-1960 terjadi tarik menarik antara dua visi dalam studi social. Kedua visi tersebut adalah kelompok
A.   sejarawan dan ekonomi.
B.   geografi dan ekonomi.
C.   yang menghendaki pengintegrasian dan pemisahan dalam studi sosial.
D.   yang menghendaki penggunaan tradisio-nal dan pengembangan berpikir kritis.

7.   Pakar yang mengemukakan gagasan tentang “pendidikan berpikir kritis” dalam studi social adalah
A.   John Dewey.
B.   Barr.
C.   James Bank.
D.   Shirley Engle.

8.   Misi utama social studies yang dikembangkan pada era 1970-an adalah
A.   pendidikan warga negara.
B.   pendidikan bela negara.
C.   pendidikan cinta negara.
D.   pendidikan hak azasi.

9.   Yang menjadi sumber utama social studies adalah
A.   behavior science.
B.   humanities.
C.   political sciences.
D.   historial sciences.

10.   Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan kompetensi warga negara
A.   Assesing involvement.
B.   Provide oppurtunities.
C.   Cooperating.
D.   Promoting interest.

11.   Dalam pendekatan pembangunan peranan bidang studi IPS tidak dapat diabaikan karena pendekatan pembangunan selama ini telah mengabaikan aspek
A.   ekonomi.
B.   teknologi.
C.   manusia.
D.   kesejahteraan.

12.   Isi pengajaran IPS dapat digambarkan melalui berbagai bentuk diantaranya melalui “fundamental ideas” yang menggambarkan
A.   ilmu pengetahuan secara spesifik.
B.   gabungan beberapa disiplin ilmu.
C.   pengetahuan dalam struktur disiplin ilmu.
D.   kedudukan dan peran sebuah disiplin ilmu.

13.   Dalam pengambilan keputusan tentang program-program yang dikembangkan untuk IPS paling tidak harus memperhatikan hal-hal berikut kecuali
A.   karakteristik masyarakat yang dilayani sekolah.
B.   kebutuhan masyarakat yang dilayani oleh sekolah.
C.   tempat para pelajar tinggal.
D.   status sosial ekonomi siswa.

14.   Struktur konseptual ilmu-ilmu sosial sebagai ‘organizing schemes” untuk program-program sekolah adalah penting. Arti pernyataan tersebut adalah
A.   belajar dalam susunan gagasan yang terorganisasi lebih berhasil guna.
B.   gagasan yang terorganisasi memudahkan belajar siswa.
C.   untuk belajar lebih baik diperlukan makna organisasi bahan pelajaran.
D.   untuk memudahkan belajar siswa, siswa harus memaknai isi pelajaran.

15.   Ilmu sosial selain memiliki fakta-fakta, konsep juga generalisasi. Dalam hubungan itu pernyataan berikut adalah benar kecuali
A.   fakta-fakta khusus menjadi berguna jika hubungannya dengan konsep atau generalisasi dipahami.
B.   minat dan motivasi untuk studi lebih lanjut didorong melalui belajar yang bermanfaat tersebut (meaningful learning) kesimpulan dan generalisasi dikembangkan dari fakta-fakta yang dipelajari dalam konteks yang terorganisasi akan lama diingat.
C.   kesimpulan dan generalisasi yang dikembangkan dari fakta-fakta jika lupa akan mudah disusun kembali.
D.   tidak ada hubungan yang jelas antara fakta, konsep dan generalisasi dalam struktur disiplin ilmu sosial.




16.   Pernyataan tentang proses seseorang memperoleh nilai berikut adalah benar kecuali
A.   pada dasarnya seseorang memperoleh nilai-nilai sebagaimana juga keyakinan dan sikap diperoleh diluar lingkungann sosialnya.
B.   posisi sosial seseorang dapat menjelaskan nilai-nilai sosial yang dimilikinya.
C.   orang-orang umumnya bersosialisasi dalam budaya atau sub-budaya yang berbeda atau sistem sosial yang memiliki nilai-nilai yang sama.
D.   nilai-nilai pada umumnya diperoleh tidak secara reflektif dan independen.

17.   Nilai-nilai berikut nilai-nilai demokrasi kecuali
A.   menghargai perbedaan.
B.   tidak memaksakan pendapat.
C.   mau mendengar pendapat orang lain.
D.   pendapat pribadi adalah yang benar.

18.   Pengambilan keputusan dalam pengajaran IPS yang penting bukanlah hasilnya tetapi lebih pada prosesnya oleh karena
A.   proses menentukan arah pembuatan keputusan.
B.   keputusan tidak terlalu ditentukan oleh proses.
C.   proses hanya mungkin terjadi jika hasilnya akan bermanfaat.
D.   hasil yang dicapai dalam proses pembuatan keputusan dalam IPS bersifat mutlak.
19.   Beberapa contoh nilai yang perlu dikembangkan dalam pengajaran IPS adalah seperti berikut kecuali
A.   suka bekerja keras.
B.   berdisiplin.
C.   menunda pekerjaan.
D.   bertanggung jawab.

20.   Dalam uraian tentang pembuatan keputusan, keputusan yang dianjurkan adalah keputusan yang reflektif (reflective decision) yaitu
A.   keputusan yang diambil dengan cepat.
B.   keputusan yang diambil setelah dipikirkan secara matang.
C.   keputusan yang mengandalkan pada intuisi semata.
D.   keputusan yang hanya bisa diambil jika data lengkap.

21.   Yang menyebabkan dunia IPTEK ber-kembang adalah
A.   adanya tantangan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan Sosial.
B.   adanya tuntutan kebutuhan.
C.   adanya tuntutan kebutuhan dan berkem-bangnya alam pikiran manusia.
D.   adanya kebutuhan hidup yang terus menerus berubah.

22.   Salah satu dampak perkembangan IPTEK bagi kehidupan manusia adalah
A.   semakin mudahnya alat komunikasi dan transportasi.
B.   semakin murahnya harga barang-barang di pasaran.
C.   semakin mudahnya seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
D.   hilangnya adat dan budaya asli masyarakat.

23.   Pendidikan IPS pada mulanya menggunakan pendekatan
A.   multy disciplin.
B.   integrated discipline.
C.   centralited discipline.
D.   mono discipline.

24.   Sebagai akibat perkembangan IPTEK, maka dewasa ini pendekatan IPS adalah
A.   multy discipline.
B.   integrated discipline.
C.   cross discipline.
D.   paralel discipline.

25.   Perkembangan IPTEK telah mempengaruhi perkembangan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat Indoenesia. Hal ini dikemukakan oleh
A.   Daniel Bell.
B.   J. Bank.
C.   Rokeah.
D.   Wesley.

26.   Bahan kajian IPS di SLTP meliputi, kecuali
A.   Geografi.
B.   Ekonomi.
C.   Sejarah.
D.   Tata Negara.

27.   Proses pembelajaran IPS yang menggunakan pendekatan investigasi, discovery atau expository merupakan orientasi
A.   inquiry.
B.   konseptual.
C.   realitas.
D.   generalisasi.

28.   Model pendekatan kemasyarakatan yang semakin meluas pertama kali dikemukakan oleh
A.   James Bank.
B.   W. Parker.
C.   Paul Hanna.
D.   Anita Harrow.

29.   Pendekatan pengorganisasian pelajaran yang bertujuan memperkenalkan sekaligus memberi pengalaman nyata kepada siswa dalam menghadapi persoalan hidup, dinamakan pendekatan
A.   problem solving.
B.   expanding community approach.
C.   inquiry.
D.   discoveri.

30.   Pendekatan monodisiplin dalam pem-belajaran IPS memusatkan perhatian pada
A.   konsep disiplin ilmu tertentu.
B.   konsep disiplin ilmu-ilmu sosial.
C.   konsep disiplin ilmu-ilmu sosial tertentu.
D.   konsep disiplin antar ilmu-ilmu sosial tertentu.

31.   Titik pangkal perhatian pendekatan inter-disipliner adalah
A.   konsep atau generalisasi tunggal.
B.   konsep atau generalisasi jamak.
C.   konsep atau generalisasi disiplin ilmu sosial tertentu.
D.   konsep atau disiplin filsafat ilmu.

32.   “Perubahan sosial” merupakan contoh konsep yang terdapat dalam ilmu
A.   antropologi.
B.   sosiologi.
C.   ekonomi.
D.   psikologi sosial.

33.   Pendekatan interdisipliner oleh Wesley dan Wronski dinamakan
A.   correlation.
B.   integration.
C.   sparation.
D.   resources.

34.   Dalam kegiatan belajar mengajar di SD, pendekatan cross disipliner dinamakan dengan istilah
A.   jalan pintas kurikulum.
B.   jaring laba-laba.
C.   jaring lintas kurikulum.
D.   jaring lintas bidang studi.

35.   Manakah di antara model pengetahuan di bawah ini yang bukan merupakan model Piaget?
A.   psycal knowledge.
B.   logico-methematical.
C.   social knowledge.
D.   affectual knowledge.

36.   Dasar dalam pembentukan model piaget adalah
A.   pengalaman.
B.   sikap.
C.   motorik.
D.   kedewasaan.

37.   Pada hakikatnya pembentukan pengetahuan adalah bersifat intra-individual. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran
A.   karakteristik kognitif.
B.   karakteristik afektif.
C.   karakteristik psikomotor.
D.   karakteristik psikoanalisis.

38.   Menurut Costa, keterampilan berpikir meliputi jenis berpikir dasar dan
A.   berpikir lanjutan.
B.   berpikir kompleks.
C.   berpikir devergen.
D.   berpikir konvergen.

39.   Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan contoh berpikir dasar
A.   menghafal.
B.   mengelompokkan.
C.   menggeneralisasikan.
D.   merespon.

40.   Sebagai hasil adanya upaya pembaharuan dalam studi social, maka pada tahun 1970-an proyek kurikulum social studies lebih menitik beratkan pada ... kecuali
A.   inquiry process.
B.   decision making.
C.   value question.
D.   portofolio process.

41.   “Siswa sibuk membaca surat kabar untuk menemukan permasalahan yang terjadi di sekitar kehidupan” Kegiatan ini dalam pembelajaran inquiry merupakan tahapan
A.   orientasi.
B.   hipotesis.
C.   definisi.
D.   explorasi.


42.   Amin pergi ke pusat rehabilitasi sosial untuk mengumpulkan data tentang berbagai penyebab penyakit sosial. Kegiatan ini dalam pembelajaran inquiry merupakan tahapan
A.   orientasi.
B.   hipotesis.
C.   definisi.
D.   pembuktian.

43.   “Kesejahteraan sosial akan terwujud, manakala setiap individu berpartisiapsi secara aktif untuk mewujudkannya” kalimat di atas merupakan contoh
A.   fakta.
B.   data.
C.   konsep.
D.   generalisasi.

44.   Satu kilometer sama dengan seribu meter. Pernyataan ini merupakan contoh
A.   fakta.
B.   data.
C.   konsep.
D.   generalisasi.

45.   Urutan proses berpikir dalam IPS selalu dimulai dari
A.   fakta.
B.   konsep.
C.   generalisasi.
D.   teori.

46.   Menurut pandangan modern, mengajar adalah proses
A.   penyampaian bahan ajar kepada siswa.
B.   pembelajaran kepada siswa.
C.   pendidikan kepada siswa.
D.   transformasi ilmu pengetahuan kepada siswa.

47.   Salah satu penyebab terjadinya kejenuhan di kalangan siswa dalam mengikuti pelajaran IPS adalah
A.   pembelajaran berlangsung melalui komunikasi satu arah.
B.   materi yang disajikan diambil dari lingkungan siswa.
C.   guru menjadikan siswa sebagai media pembelajaran.
D.   guru selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.

48.   Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan dimensi pengetahuan dan informasi
A.   sistem hukum dan politik.
B.   dunia kerja dan orientasi kepada berbagai karir.
C.   hidup dan kerjasama dengan orang lain.
D.   produksi, transportasi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa.

49.   “Mengidentifikasi masalah, menguji hipotesis dan berpikir kritis” merupakan contoh keterampilan
A.   sosial.
B.   belajar.
C.   kelompok.
D.   intelektual.

50.   “Mengidentifiaksi hubungan antar data atau prestasi” termasuk keterampilan
A.   mengumpulkan data.
B.   mengorganisasikan data.
C.   menganalisis data.
D.   menafsirkan data.

51.   “Mengidentifikasikan informasi tambahan yang diperlukan” termasuk keterampilan proses
A.   mengumpulkan data.
B.   mengorganisasikan data.
C.   mengalisis data.
D.   menafsirkan data.

52.   Kemampuan berafiliasi adalah
A.   kemampuan individu untuk bergabung dengan individu lainnya dalam melakukan berbagai aktivitas.
B.   kemampuan kelompok masyarakat untuk melakukan aktivitasnya guna mencapai tujuan bersama.
C.   kemampuan tokoh masyarakat untuk mengaktifkan peran dan potensi warga masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.
D.   kemampuan aparatur pemerintah untuk meningkatkan peran serta warga masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.

53.   Setiap manusia memiliki kecenderungan bawaan untuk selalu hidup berkelompok. Hal ini sesuai dengan kodrat manusia sebagai
A.   homo sapiensis.
B.   homo socius.
C.   homo homini lupus.
D.   homo humanities.

54.   Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan alasan individu untuk melakukan interaksi dalam kelompoknya
A.   tujuan bersama.
B.   maksud dari pihak pemrakarsa.
C.   keadaan yang terjadi secara kebetulan.
D.   aturan yang berlaku dalam masyarakat.

55.   Kelas sebagai laboratorium demokrasi mengandung makna kegiatan di kelas merupakan miniatur
A.   kehidupan demokrasi.
B.   kehidupan bernegara.
C.   aktivitas politik.
D.   kehidupan indoktrinasi demokrasi.

56.   Sejarah adalah kenangan pengalaman umat manusia. Pengertian ini dikemukakan oleh
A.   Muh. Yamin.
B.   Robert V. Daniels.
C.   James Bank.
D.   Ismaun.

57.   Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dicetuskan pada tanggal 17 Agustus tahun 1945. Pernyataan tersebut merupakan contoh sejarah sebagai
A.   peristiwa.
B.   kisah.
C.   ilmu.
D.   pengetahuan.

58.   Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang benar?
A.   perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan.
B.   perubahan kebudayaan merupakan bagian dari perubahan sosial.
C.   perubahan sosial semakna dengan perubahan kebudayaan.
D.   perubahan sosial sebagai akibat adanya perubahan kebudyaan.

59.   Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam masyarakat adalah kecuali
A.   pendidikan yang semakin maju dan terbuka.
B.   teknologi informasi yang berkembang dengan pesat.
C.   toleransi terhadap perbuatan yang menyimpang.
D.   sistem pelapisan masyarakat yang tertutup.

60.   Unsur kebudayaan universal yang paling sulit berubah adalah
A.   sistem dan organisasi kemasyarakatan.
B.   sistem religi dan upacara keagamaan.
C.   sistem mata pencaharian hidup.
D.   sistem teknologi dan peralatan.

No comments:

Post a Comment