Cloud Hosting Indonesia

19 April, 2014

Soal Language Teaching Media



TUGAS MANDIRI
LANGUAGE TEACHING MEDIA
(PING2272)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  35, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Stick figures yang digambarkan dengan garis lengan dan kaki membuka keluar adalah untuk memperlihatkan orang yang sedang
A.   berjalan.
B.   berlari.
C.   jongkok.
D.   melompat.

2.   Untuk menunjukkan ekspresi “look up” stick figures, dapat ditambahkan gambar arah
A.   mata.
B.   hidung.
C.   kepala.
D.   tangan.
     
3.   Tambahan tanda pengenal pada stick figure gerak manusia
A.   sangat perlu untuk memperindah bentuk.
B.   hanya apabila perlu, untuk pesan yang ingin disampaikan.
C.   lebih baik tidak, karena akan membingungkan.
D.   tergantung keinginan guru.

4.   Guru dalam mengajarkan “Reading Comprehension” dapat menggunakan alat bantu stick figures yang
A.   digambar berwarna.
B.   digambar dengan jelas.
C.   merupakan rangkaian.
D.   indah dan bagus gambarnya.

5.   Dalam pembelajaran bahasa Inggris, stick figures yang sama
A.   hanya dapat dipakai satu kali.
B.   dapat dipakai untuk pokok bahasan yang berbeda.
C.   hanya dapat dikapai untuk satu pokok bahasan.
D.   tidak mungkin dipakai berulang kali.

6.   Untuk membuat stick figures benda sederhana, garis-garis yang digunakan menunjukkan
A.   bentuk utama benda tersebut.
B.   bagian benda tersebut secara lengkap.
C.   sebagian besar bentuk benda secara detail.
D.   hubungan yang mengarah bentuk benda.

7.   Bila akan mengajarkan The Simple Present Tense dengan tema kegiatan sehari-hari, yaitu dapat menggunakan alat bantu stick figures
A.   benda-benda sederhana.
B.   gerak dan air muka.
C.   gabungan antara gerak dan benda sederhana.
D.   gabungan dan benda-benda sederhana yang digabung dalam bentuk seri.

8.   Untuk menggambar stick figures wajah orang sedang marah
A.   posisi mulut bundar dan agak lonjong.
B.   posisi mulut miring ke satu pihak.
C.   bentuk mata bundar.
D.   bentuk alis lengkung ke bawah.

9.   Menunjukkan ekspresi wajah orang yang
               
A.   sedih
B.   riang
C.   kesal.
D.   takut

10.   Guru dapat menggunakan stick/garis air muka secara efektif bila untuk mengajarkan
A.   structure.
B.   reading comprehension.
C.   listerning comprehension.
D.   vocabulary building.

11.   Yang perlu diperjelas dalam menggambar serangga adalah
A.   kaki.
B.   sayap.
C.   kepala.
D.   sarang.

12.   Petunjuk-petunjuk yang tertera pada kaleng makanan, botol minuman, serta iklan dalam bahasa inggris sangat membantu guru dalam mengelola proses belajar mengajar karena
A.   guru perlu memberi tugas berdasarkan bacaan pada petunjuk tersebut.
B.   dapat menggantikan peran guru bila berhalangan hadir.
C.   mempunyai arti dalam kehidupan sehari-hari siswa.
D.   kosa katanya sangat bervariasi.

13.   Petunjuk penggunaan suatu barang dalam bahasa Inggris sangat tepat dipakai untuk mengajarkan struktur
A.   part af speech.
B.   statement.
C.   kalimat imperative.
D.   verb form.

14.   Langkah awal yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran menggunakan benda sebenarnya yang berupa petunjuk pemakaian suatu barang adalah
A.   membaca dalam hati.
B.   menjelaskan struktur kalimat.
C.   melalui percakapan.
D.   membicarakan kosakata yang sukar.

15.   Dalam mengajarkan kosakata menggunakan bekas tiket pesawat sedapat mungkin menghindari penggunaan kamus, guru hendaknya mengajak siswa untuk melakukan quessing dengan cara
A.   menjelaskan dengan bahasa Inggris.
B.   menterjemahkan seluruh teks.
C.   memberikan pertanyaan pancingan yang berkaitan dengan bahan.
D.   menjelaskan struktur kalimat yang belum dikenal.

16.   Tujuan akhir dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan bahan-bahan dalam kehidupan sehari-hari adalah agar siswa terampil dalam
A.   reading comprehension.
B.   listening comprehension.
C.   structure.
D.   vocabulary.

17.   Alasan guru menggunakan brosur sebagai bahan pelajaran vocabulary adalah
A.   mudah diperoleh dimana-mana.
B.   berada dalam jangkauan kehidupan sehari-hari siswa.
C.   banyak kosakata yang dipakai dalam masyarakat.
D.   memudahkan guru dalam mengelola pelajaran.
18.   Kegiatan Reading comprehension pada pembelajaran bahasa Inggris menggunakan brosur dilakukan
A.   pada tahap pertama.
B.   setelah penyajian kosakata.
C.   setelah penyajian struktur.
D.   pada tahap akhir.

19.   Tujuan pokok dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan brosur adalah
A.   structure.
B.   vocabulary.
C.   reading comprehension.
D.   speaking.

20.   Dalam diskusi kelompok kecil, bantuan guru adalah
A.   menyuruh siswa mencatat.
B.   menyiapkan bahasan untuk diskusi.
C.   berperan serta secara aktif.
D.   memberikan daftar pertanyaan.

21.   Kegiatan menjawab teka-teki dapat menimbulkan proses belajar yang lebih menyenangkan karena
A.   siswa berimajinasi tanpa paksaan.
B.   siswa tidak usah berpikir.
C.   tidak memerlukan kehadiran guru.
D.   teka-teki selalu menarik perhatian.

22.   Fungsi pengajaran menggunakan crossword puzzles adalah
A.   mengajarkan kosakata baru.
B.   penguat apa yang telah dipalajari.
C.   berlatih mengingat.
D.   variasi pengajaran kosakata.

23.   Disamping untuk mengajarkan kosakata crossword puzzles dapat memacu siswa untuk
A.   teliti dalam menulis kata.
B.   mencari jawaban dengan tepat.
C.   mengingat vocabulary dengan cepat.
D.   bersaing untuk menerka.

24.   Teka-teki digunakan untuk mengajar
A.   vocabulary.
B.   structure.
C.   reading comprehension.
D.   listening comprehension.

25.   Pada dasarnya picture chart merupakan
A.   jenis stick figures.
B.   objek yang nyata.
C.   expressi wajah.
D.   gabungan stick figures dengan real objects

26.   Gambar dalam picture chart hendaknya dibuat
A.   jelas untuk dilihat seluruh kelas.
B.   indah sehingga menarik untuk dipandang.
C.   lucu dan mengesankan.
D.   lengkap sehingga mirip sekali dengan benda sebenarnya.

27.   Gambar komik seri dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk
A.   memperkaya vocabulary.
B.   melatih pola kalimat.
C.   story telling.
D.   strukture kalimat.

28.   Untuk mengajarkan nama-nama hari, nama bulan serta angka dapat menggunakan
A.   Neather-wall chart.
B.   Stick figures.
C.   Birthday chart.
D.   Attendance chart.

29.   Anda akan mengajarkan kosakata benda. Benda sekitar siswa, agar lebih efektif Anda dapat menggunakan carta
A.   urutan gambar.
B.   individual.
C.   bergambar seri.
D.   cerita bergambar.

30.   Pengajaran story-telling diperkenalkan siswa bila siswa telah mempelajari
A.   the simple past tense.
B.   the feture tense.
C.   conditional sentence.
D.   statement.

31.   Penggunaan Attendance chart dilakukan pada
A.   awal pelajaran sebelum guru melanjutkan rencana pelajarannya.
B.   akhir pelajaran untuk mengecek kehadiran siswa.
C.   tengah-tengah pelajaran sebagai selingan.
D.   pada jam-jam siang untuk menghilangkan bosan.

32.   Carta hari lahir sangat tepat digunakan sebagai awal pembelajaran
A.   yes/no question.
B.   ucapan selamat.
C.   songs.
D.   writing.

33.   Ukuran kartu untuk membuat picture-talk cards
A.   sama dengan carta kehadiran.
B.   lebih besar dari carta kehadiran.
C.   lebih kecil dari carta kehadiran.
D.   sama dengan picture chart.

34.   Peta jalan dan nama lokasi yang digambar hendaknya dekat dengan lokasi gedung sekolah supaya
A.   mudah mengambarnya.
B.   tidak membinggungkan siswa.
C.   lebih mempunyai makna bagi siswa.
D.   sudah dikenal oleh siswa.

35.   Keterampilan guru yang diperlukan untuk mengajar dengan menggunakan picture-talk card adalah
A.   mengumpulkan gambar-gambar.
B.   memilih gambar dengan tepat sesuai dengan konsep yang akan diajarkan.
C.   memilih gambar yang lucu agar menarik.
D.   menampilkan gambar sebanyak mungkin untuk menghidari salah konsep.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   36,   SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
  D.  JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
     
36.   Stick figures yang menggambarkan gerakan-gerakan tertentu dapat digunakan dalam mengajarkan
1)   present continous tense
2)   vocabulary
3)   adverb of time

37.   Stick figure yang terbentuk gambar gerak manusia berjalan sangat lambat, berjalan lambat, berjalan cepat akan cocok sekali bila digunakan untuk mengajarkan
1)   tenses
2)   adjective
3)   adverb

38.   Pada tingkat awal, stick figure benda-benda sederhana lebih tepat untuk mengajarkan
1)   dialogue
2)   imperative
3)   vocabulary

39.   Yang dapat diungkapkan melalui stick figures air muka adalah
1)   tingkah laku
2)   emosi
3)   pekerjaan
40.   Garis mata, alis dan mulut dalam stick figures air muka
1)   harus digambar menurut proporsi yang sesuai agar menarik
2)   merupakan bagian utama yang harus ada
3)   dapat diubah-ubah untuk menggambar-kan exkspresi air muka

41.   Guru dapat menggunakan stick figures wajah orang sebagai alat bantu dalam mengajarkan
1)   adjectives
2)   present continuous tense
3)   simple present tense dengan “to be”

42.   Yang penting sebagai ciri khusus dalam stick figures burung adalah
1)   paruh
2)   ekor
3)   hiasan-hiasan lain

43.   Posisi badan dalam stick figures burung adalah
1)   elips vertikal
2)   elips miring
3)   elips horisontal

44.   Guru dapat menggunakan stick figures binantang dalam pembelajaran bahasa Inggris yang berhubungan dengan ilmu
1)   lingkungan
2)   kimia
3)   hayat

45.   Dalam menentukan benda-benda sebenarnya sebagai alat bantu mengajar hendaknya dipilih yang
1)   sudah dikenal siswa
2)   memiliki arti bagi kehidupan sehari-hari siswa
3)   bahasanya sudah dipahami siswa

46.   Mengapa iklan sangat membantu dalam pembelajaran bahasa Inggris?
1)   Karena sudah dikenal siswa
2)   Karena menarik perhatian
3)   Karena bahasanya mudah

47.   Tujuan akhir dari pengajaran menggunakan bekas tiket pesawat adalah agar
1)   menimbulkan minat siswa untuk memperhatikan informasi-informasi yang tertulis dalam bahasa Inggris.
2)   mendorong siswa untuk berusaha memahami tulisan-tulisan. di tempat umum atau barang-barang yang ada dirumah yang berbahasa Inggris
3)   menunjang minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran bahasa Inggris di sekolah.
48.   Kebutuhan untuk memahami isi brosur dapat menimbulkan
1)   hubungan dengan kehidupan
2)   motivasi belajar
3)   peningkatan proses belajar mengajar

49.   Dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan brosur, guru dituntut terampil dalam
1)   mencari brosur di tempat-tempat rekreasi
2)   memilih dan menentukan brosur yang akan digunakan
3)   mengembangkan brosur menjadi bahan pelajaran

50.   Jenis pertanyaan yang biasa dipakai dalam diskusi kelompok menggunakan brosur adalah
1)   qrestion tag
2)   yes/no question
3)   question word question

51.   Riddles dan word puzzles melatih siswa
1)   berfikir cepat
2)   membuat asosiasi
3)   berimajinasi

52.   Sebagai variasi atau selingan pada jam-jam siang guru dapat menentukan bahan pelajaran berupa
1)   word puzzles
2)   riddles
3)   brosur

53.   Yang termasuk jenis picture charts adalah carta gambar
1)   individual
2)   seri
3)   cuaca

54.   Kelompok carta bergambar terdiri dari
1)   carta yang menggambarkan satu benda/topik
2)   seri gambar yang terpisah-pisah
3)   urutan gambar yang berhubungan

55.   Carta bergambar seri yang terdiri dari gambar benda-benda sekitar siswa dapat digunakan untuk mengajarkan
1)   article a/an
2)   tenses
3)   penggunaan many atau afew

56.   Keuntungan-keuntungan mengajar melalui alat bantu gambar-gambar adalah dapat
1)   menjelaskan situasi kultural dari bahasa yang sedang dipelajari
2)   merangsang minat siswa dalam belajar
3)   menghubungkan apa yang sedang dipelajari dengan pengalaman siswa

57.   Gambar peta jalan yang ditonjolkan adalah
1)   nama jalan-jalan raya
2)   nama tempat-tempat umum
3)   semua jalan dan tempat yang ada dilingkungannya

58.   Bahan ajar yang perlu dikuasai siswa untuk berdialog menggunakan peta jalan adalah
1)   imperative sentence
2)   modal auxialiary
3)   prepositional phrase

59.   Peta jalan dapat digunakan untuk mengajarkan
1)   prepositions
2)   asking and giving information
3)   conjunctions

60.   Carta berikut yang cocok untuk kegiatan story telling adalah
1)   sequence picture chart
2)   picture-talk card
3)   serial picture chart

No comments:

Post a Comment