Cloud Hosting Indonesia

19 April, 2014

Soal Remedial Teaching



TUGAS MANDIRI
REMEDIAL TEACHING
(PING2271)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  14, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Seorang yang mempunyai ciri-ciri: cepat mengambil keputusan, cepat menentukan pilihan, termasuk kelompok yang bertipe
A.   field independent.
B.   impulsif.
C.   reflektif.
D.   preseptif.

2.   Suatu metode mengajar yang menggunakan pendekatan induktif nampaknya lebih tepat untuk siswa yang bertipe
A.   reflektif.
B.   sistematis.
C.   reseptif.
D.   preseptif.
     
3.   Akhmad siswa yang mempunyai ciri-ciri: camas, sayang kepada orang tua walaupun harapan orang tuanya terhadap dirinya dirasakannya sebagai beban. Tipe yang mana dia?
A.   dependent.
B.   independent.
C.   penurut.
D.   patah semangat.

4.   Betty sangat menyukai kebebasan dan sering membantu guru di kelas walaupun dalam berdebat dia dapat mengalahkan gurunya. Tipe yang mana dia?
A.   penarik perhatian.
B.   penembak  tersembunyi.
C.   pahlawan.
D.   dependent.

5.   Mana yang lebih tepat untuk menguji listening comprehension?
A.   conversation yang direkam.
B.   membaca keras.
C.   wawancara.
D.   tanya jawab.

6.   Mana yang paling tepat untuk menguji kemampuan berbicara?
A.   menjawab pertanyaan lisan.
B.   membaca keras.
C.   menyusun kalimat.
D.   memahami dialog.
7.   Guru menulis soal berikut: love-laugh, god-got, etc. Siswa diminta menulis A apabila voiced, dan menulis B apabila voiceless. Tes seperti ini lebih tepat  untuk menguji kemampuan
A.   pronunciation.
B.   stress.
C.   intonation.
D.   spelling.

8.   Ada seorang siswa yang mempunyai ciri-ciri: terbuka kepada kritik, kalau mengemukakan pendapat dengan cepat, tak begitu terikat kepada norma yang  dianut orang lain. Orang ini termasuk kelompok yang mempunyai gaya belajar
A.   field dependent.
B.   field independent.
C.   implusif.
D.   reflektif.

9.   Suatu metode mengajar yang merupakan pendekatan deduktif nampaknya lebih tepat untuk siswa yang bertipe
A.   sistematis.
B.   intuitif.
C.   reseptif.
D.   preseptif.

10.   Aminah mempunyai tingkat inteligensia yang tidak tinggi, tidak inovatif maupun kreatif. Tetapi dia selalu dapat menyelesaikan semua tugas berkat ketekunannya. Siswa ini termasuk kelompok gaya respons yang bertife
A.   pendiam.
B.   independent.
C.   penembak tersembunyi.
D.   penurut.

11.   Budi adalah siswa yang cerdas tetapi sering mendebat penjelasan yang diberikan gurunya di kelas. Dia termasuk tipe yang
A.   pahlawan.
B.   penembak tersembunyi.
C.   independent.
D.   penarik perhatian.

12.   Mana yang baik/paling tepat untuk menguji kemampuan menulis?
A.   menguraikan gambar.
B.   menjawab pertanyaan tertulis.
C.   kuliah.
D.   menyusun kalimat.
13.   Mana yang paling tepat untuk menguji kemampuan reading comprehension?
A.   memahami dialog.
B.   menjawab pertanyaan bacaan.
C.   menguraikan gambar.
D.   membuat laporan.

14.   Guru menulis soal: honour-honor, theatre-theater, center-centre, etc. Siswa diminta menulis A apabila American, menulis B apabila British, di bawah masing-masing kata. Tes ini untuk menguji kemampuan
A.   pronunciation.
B.   intonation.
C.   vocabulary.
D.   spelling.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  15  SAMPAI  44,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

15.   Faktor kejiwaan lebih penting dalam belajar Bahasa Inggris.
sebab                 
Belajar bahasa membutuhkan latihan lisan dan tulisan.

16.   Faktor jasmaniah merupakan faktor penting dalam belajar Bahasa Inggris.
sebab                 
Gangguan pada sistem syaraf akan berpengaruh terhadap alat-alat bicara.

17.   Dalam belajar Bahasa Inggris, faktor Gramatika sering menyebabkan kesulitan belajar yang terbesar.
sebab                 
Faktor tersebut merupakan faktor yang paling menonjol perbedaannya dengan Bahasa Indonesia.

18.   Materi yang baik akan berpengaruh kepada prestasi belajar siswa.
sebab                 
Lingkungan yang baik menunjang situasi belajar yang baik.

19.   Faktor gramatika dan sistem bunyi sering menyebabkan kesulitan belajar dalam Bahasa Inggris.
sebab                 
Bahasa Inggris mempunyai sistem yang lebih sederhana dalam hal kedua faktor tersebut.

20.   Strategi belajar mengajar yang baik adalah yang sesuai kebutuhan siswa.
sebab                 
Strategi yang baik akan memberikan adanya pemantapan atau reinforcement.

21.   Guru yang baik akan berusaha menyesuaikan bahan pelajaran sesuai situasi setempat.
sebab                 
Kurikulum dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipakai di seluruh wilayah negara.

22.   Potensi dasar dapat memungkinkan seseorang dapat melaksanakan developmen-tal task.
sebab                 
Potensi dasar adalah faktor-faktor yang terdapat dalam diri individu siswa.

23.   Metode grammar-translation sangat baik dipakai pada waktu siswa mencapai kematangan intelektual fase pra-operasional.
sebab                 
Pada fase tersebut siswa belum dapat membedakan perasaan dan dorongan pribadinya.

24.   Menurut pandangan modern, metode group-discussion dan group-work lebih memenuhi kebutuhan sosial siswa.
sebab                 
Kedua metode tersebut lebih dapat memberikan suasana kerja sama.

25.   Potensi dasar diusahakan dapat dikembangkan secara optimal.
sebab                 
Potensi dasar dapat memudahkan seseorang dalam menjalankan developmental task.

26.   Metode audio-lingual dapat digunakan pada waktu siswa mencapai kematangan intelektual fase operasi formal.
sebab                 
Pada fase tersebut siswa sangat tergantung pada apa yang dialami atau yang berlangsung dihadapinya.

27.   Metode mengajar sedikit banyak ditentukan oleh gaya belajar siswa.
sebab     
Metode yang baik adalah yang dapat memenuhi kebutuhan siswa.

28.   Tes yang ‘reliable’ adalah yang sebagian besar item-nya mempunyai  tingkat kesulitan yang tinggi.
sebab                 
Semakin banyak item yang sulit semakin ‘reliable’ pula tes tersebut.

29.   Tes yang baik ialah tes yang dapat membedakan kelompok yang baik dari yang tidak baik.
sebab                 
Tes harus mencakup item-item yang mempunyai tingkat kesukaran yang rendah, menengah dan tinggi.

30.   Tes buatan guru lebih ‘valid’ daripada tes buatan seorang ahli.
sebab                 
Guru lebih banyak mengetahui tentang kemampuan siswa dan tujuan yang telah dirumuskan.

31.   Tes bentuk objektif ternyata telah banyak mendapat kecaman.
sebab                 
Jawaban dalam tes objektif tidak merangsang siswa untuk lebih banyak berpikir.

32.   Pembuatan tes dengan alternatif jawaban lebih dari lima sebaiknya dihindari.
sebab                 
Butir soal dengan alternatif jawaban lebih dari lima termasuk ke dalam soal yang tidak murni.

33.   We will not go.................
(1) until he comes   (2) before they go          (3) if she does not come

Soal ini tidak baik untuk tingkat elementary.
sebab                 
Termasuk kedalam bentuk tidak murni.

34.   How long have you been here?................                                                                             A. for ten years          B.  since Monday
        C. since I was born     D. for five months

Tes ini termasuk kedalam bentuk recognition.
sebab                 
Semua jawaban yang ada adalah benar.

35.   Guru dan pembuat tes harus selalu berusaha untuk membuat soal yang menjebak siswa.
sebab                 
Soal yang menjebak merupakan salah satu cara untuk mengetahui apa yang sudah/ belum diketahui siswa.

36.   Metode mengajar yang baik adalah yang disenangi guru.
sebab                 
Setiap guru mempunyai gaya mengajar yang berbeda-beda.

37.   Tes yang baik adalah tes yang ‘reliable’.
sebab                 
Tes yang ‘reliable selalu mempunyai ‘validity’ yang tinggi.

38.   Tes yang baik dapat dipakai untuk dasar pengajaran yang akan datang.
sebab                 
Tes yang baik dapat memberikan informasi mana yang belum/sudah dikuasai oleh siswa.

39.   Tes buatan guru lebih ‘standard’ dibandingkan dengan tes buatan seorang ahli.
sebab                 
Guru lebih banyak mengetahui tentang tujuan, kurikulum, dan kemampuan siswa.

40.   Tes bentuk ‘multiple choice’ adalah yang terbaik diantara tes objektif.
sebab                 
Pembuatannya  sulit, penilaian dan administrasinya mudah.

41.   Pembuatan butir soal tidak murni sebaiknya dihindari pada tahap elementary.
sebab                 
Butir soal tidak murni tidak membantu siswa memantapkan penguasaan masalah yang diajarkan.
42.   The students were studying when........
(1) the teacher came   (2) teacher was coming
(3) the accident happened

Soal ini sebaiknya diberikan kepada tingkat lanjut.
sebab                 
Mempunyai lebih dari satu jawaban benar.

43.   I have studied English......four years.

Tes ini dapat dikategorikan kedalam bentuk production.
sebab                 
Ada beberapa kemungkinan jawaban yang benar.
44.   Suatu soal yang menjebak siswa supaya selalu dihindari.
sebab                 
Salah satu tujuan pembuatan soal adalah untuk mengetahui apa yang sudah dan apa yang belum diketahui siswa.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   45   SAMPAI   80,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
45.   Seorang guru akan mengajarkan keterampilan menterjemahkan dari Bahasa Indonesia. Mana yang merupakan  faktor interen kesulitan belajar?
1)   gangguan pada sistem syaraf yang berkaitan dengan fungsi berpikir
2)   hubungan  guru-murid
3)   kurang pandai mengasosiasikan ide

46.   Masalah kesulitan belajar adalah masalah yang kompleks dan saling berinteraksi. Persiapan-persiapan apa yang diperlukan sebelum mengajar?
1)   perlu dihindari adanya siswa yang mempunyai kelemahan jasmani dan rohani
2)   guru dituntut untuk menguasai berbagai macam strategi belajar mengajar.
3)   penting adanya usaha­-usaha preventif dalam penanggulangan faktor eksteren  lain sebagai penyebab kesulitan belajar.

47.   Penyebab kesulitan belajar pada dasarnya ada dua bagian besar, yaitu
1)   faktor yang ada dalam diri siswa
2)   faktor jasmaniah
3)   faktor eksteren
48.   Manakah yang termasuk kedalam faktor interen?
1)   daya ingat dan daya asosiasi
2)   strategi belajar mengajar
3)   kurang lancar berbicara

49.   Manakah yang termasuk kedalam faktor eksteren dalam pelajaran bahasa?
1)   sistem budaya bangsa
2)   perubahan bentuk kata kerja
3)   hubungan guru murid

50.   Seorang guru akan mengajarkan bentuk past tense Bahasa Inggris kepada siswa Indonesia. Hal-hal apa  saja yang perlu ditonjolkan dalam penyajian pelajarannya?
1)   masalah perubahan bentuk kata kerja
2)   berbagai macam subjek kalimatnya
3)   masalah perubahan morfem

51.   Seorang guru Bahasa Indonesia akan mengajarkan keterampilan berbicara kepada siswa Indonesia. Metode mana yang sekiranya lebih tepat?
1)   audio-lingual method
2)   grammar-translation method
3)   group-discussion method

52.   Untuk menolong mereka yang lemah dalam faktor interen, seorang guru hendaknya.....
1)   memberikan pengalaman belajar langsung
2)   memberikan banyak pengulangan
3)   membuat variasi dalam penyajian pelajaran

53.   Seorang guru akan mengajarkan pronunciation Bahasa Inggris kepada siswa Indonesia. Apa yang sebaiknya dia lakukan sebelum menentukan metode yang tepat?
1)   perbandingan sistem bunyi antara kedua bahasa
2)   bunyi apa yang paling dekat dengan bahasa pertama
3)   bentuk latihan yang paling dapat memberi pengulangan yang banyak

54.   Seorang guru Bahasa Inggris akan mengajarkan idiomatic expressions kepada siswa Indonesia. Apabila bahan tersebut disampaikan melalui bacaan, mana yang sekiranya cukup efektif dan efisien?
1)   bacaan tentang adat istiadat di Indonesia
2)   bacaan tentang kebudayaan orang Inggris
3)   bacaan tentang ilmu dan teknologi

55.   Seorang guru akan mengajarkan keterampilan menulis Bahasa Inggris kepada siswa Indonesia. Mana yang sekiranya menjadi faktor penyebab eksteren kesulitan belajar?
1)   pengaruh bahasa ibu
2)   the direct method
3)   hubungan guru-murid






56.   Setelah anda mengalami berbagai macam penyebab kesulitan belajar, kesimpulan-kesimpulan apa yang dapat anda peroleh?
1)   kegiatan belajar-mengajar merupakan suatu sistem yang kompleks tetapi saling berinteraksi
2)   karena kompleks dan saling berkaitan, masalah kesulitan belajar sebaiknya dipecahkan setelah masalah tersebut benar-benar muncul
3)   karena kompleks dan saling berkaitan, masalah kesulitan belajar sebaiknya ditanggulangi sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan

57.   Menurut pandangan modern, seorang guru yang ingin berhasil dalam mengajar.....
1)   cukup menguasai materi dan metode saja
2)   mengenal karakteristik siswa
3)   mengajar sangat berbeda dengan mendidik

58.   Seorang murid dikatakan akan dapat belajar apabila....
1)   tidak semata-mata karena ingin naik kelas
2)   guru mengetahui kebutuhan dan potensi siswa
3)   siswa mengetahui tujuan dan manfaatnya

59.   Anda harus memilih dua dari tiga orang berikut yang akan mengikuti pelajaran Bahasa Inggris. Agar mereka dapat memperoleh kepuasan, mana yang akan anda pilih?
1)   yang berbakat tetapi kurang berminat
2)   yang bermotivasi tetapi kurang berbakat
3)   yang berminat tetapi intelegensinya kurang

60.   Berdasarkan uraian tentang developmental task, manakah yang menurut anda akan  lebih dapat mendapat kepuasan dalam hidupnya?
1)   mampu membiayai sendiri hidupnya walaupun prestasinya sedang-sedang saja
2)   kurang berbakat tapi mempunyai sikap yang matang
3)   kurang dapat berdiri sendiri tetapi banyak dibantu oleh orang tuanya yang kaya

61.   Berdasarkan uraian tentang murid, kesimpulan apa saja yang menurut anda dapat ditarik?
1)   siswa dapat melaksanakan developmen-tal task apabila dapat berkembang optimal
2)   mengajar akan berhasil apabila mempertimbangkan kebutuhan dan potensi dasar siswa
3)   mengajar akan lebih mudah apabila mempertimbangkan kebutuhan dan potensi dasar siswa

62.   Dalam suatu pelajaran seorang guru membagi siswa kedalam kelompok-kelompom kecil yang harus membuat kesimpulan berdasarkan masalah yang diajukan guru. Cara seperti ini tepat disampaikan kepada mereka yang sudah mencapai fase.....
1)   pra operasional
2)   operasi konkrit
3)   operasi formal

63.   Mana yang betul menurut pandangan modern tentang pendidikan?
1)   hubungan guru-murid seperti atasan dan bawahan
2)   hubungan guru-murid terbuka  dan saling menghormati
3)   mengajar harus mengenal siswanya

64.   Dalam pandangan modern, kegiatan belajar akan berhasil apabila...
1)   terjadi perubahan tingkah laku dalam diri siswa
2)   memberikan pengalaman langsung kepada siswa
3)   memenuhi kebutuhan dan potensi siswa

65.   Anda harus memilih dua dari tiga orang berikut yang akan mengikuti pelajaran Bahasa Inggris. Agar mereka dapat memperoleh kepuasan, mana yang akan anda pilih?
1)   yang bermotivasi intrinsik
2)   yang bermotivasi ekstrinsik
3)   yang merasa puas kalau dapat mengikuti palajaran Bahasa Inggris

66.   Berdasarkan uraian tentang developmental task, manakah yang menurut anda akan lebih dapat mendapatkan kepuasan dalam hidupnya?
1)   anak berbakat tapi kurang dapat berteman
2)   bangga akan keadaannya walaupun prestasinya tidak menonjol
3)   tidak mudah terpengaruh oleh perasaan dan prasangka

67.   Berdasarkan uraian tentang murid, kesimpulan apa saja yang menurut anda dapat ditarik?
1)   kebutuhan dan potensi dasar siswa sangat penting
2)   kegiatan belajar mengajar akan berlangsung baik  apabila mempertim-bangkan kebutuhan dan potensi dasar
3)   siswa dapat berkembang optimal apabila dapat melaksanakan developmental task

68.   Seorang guru akan mengajarkan berbagai macam pola kalimat Bahasa Inggris kepada siswa SMA. Apa kira-kira alasannya?
1)   siswa sudah mampu memecahkan masalah secara selektif
2)   siswa sudah memasuki fase operasi formal
3)   siswa sudah mampu berfikir abstrak

69.   Dua dari tiga orang berikut termasuk kedalam kelompok yang mempunyai gaya belajar field independent. Yang manakah mereka?
1)   seorang guru IPA
2)   seorang peneliti
3)   sensitif terhadap kritik pribadi

70.   Dua dari tiga orang berikut termasuk kedalam tife reseptif, yaitu....
1)   memahami sesuatu secara garis besar
2)   memahami informasi bagian demi bagian
3)   kurang mampu melihat  keterkaitan antar bagian dalam informasi

71.   Menurut anda metode mana yang lebih efektif dalam membantu keberhasilan belajar siswa? Pilih dua dari tiga berikut!
1)   metode mengajar yang menyesuaikan dengan gaya belajar siswa
2)   metode mengajar yang menyesuaikan dengan potensi dasar siswa
3)   metode mengajar yang menyesuaikan dengan gaya respons siswa

72.   Ada dua fungsi evaluasi dalam kaitannya dengan kegiatan mengajar, yaitu
1)   mengukur kegiatan belajar
2)   membantu perencanaan mengajar
3)   merupakan bagian terpadu dari kegiatan mengajar

73.   Suatu tes dikatakan valid, apabila....
1)   mengukur apa yang mau diukur
2)   menanyakan apa yang pernah diajarkan
3)   memberikan hasil yang sama apabila diujikan kepada subjek yang sama pada waktu yang berlainan

74.   Anda akan membuat tes Structure untuk siswa SMP kelas I semester satu. Faktor mana yang dapat dipakai sebagai pertimbangan?
1)   butir soal tidak murni
2)   pemerataan tingkat kesulitan
3)   soal bentuk multiple choice

75.   Manakah yang lebih baik/dianjurkan untuk menguji masalah structure?
1)   multiple choice dengan empat pilihan
2)   bentuk rearrangement
3)   bentuk transformation

76.   Yang harus tercermin dalam suatu tes bahasa adalah....
1)   kemampuan berbahasa
2)   kemampuan siswa
3)   tujuan instruksional khusus

77.   What did you....last week?
Tes seperti ini dapat dipakai untuk menguji kemampuan...
1)   grammar
2)   vocabulary
3)   writing

78.   I ..... him a pencil because he has none.
A. gave   B. borrowed    C. asked   D. ordered

Tes ini dapat dipakai untuk....
1)   meneguhkan apa yang diajarkan
2)   menguji kemampuan vocabulary
3)   mengukur kemampuan writing

79.   Dalam tes bahasa, mana yang pertama-tama dipertimbangkan?
1)   tujuan tes tersebut
2)   tingkat tes tersebut
3)   unsur-unsur bahasanya

80.   Manakah yang dapat dipakai sebagai alat untuk meramalkan keberhasilan seseorang dalam belajar?
1)   proficiency test
2)   aptitude test
3)   progress test

No comments:

Post a Comment