TUGAS MANDIRI
REMEDIAL TEACHING
(PING2271)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 14, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Seorang yang mempunyai ciri-ciri: cepat
mengambil keputusan, cepat menentukan pilihan, termasuk kelompok yang bertipe
A. field independent.
B. impulsif.
C. reflektif.
D. preseptif.
2. Suatu metode mengajar yang menggunakan
pendekatan induktif nampaknya lebih tepat untuk siswa yang bertipe
A. reflektif.
B. sistematis.
C. reseptif.
D. preseptif.
3. Akhmad siswa yang mempunyai ciri-ciri: camas,
sayang kepada orang tua walaupun harapan orang tuanya terhadap dirinya
dirasakannya sebagai beban. Tipe yang mana dia?
A. dependent.
B. independent.
C. penurut.
D. patah semangat.
4. Betty sangat menyukai kebebasan dan sering
membantu guru di kelas walaupun dalam berdebat dia dapat mengalahkan gurunya.
Tipe yang mana dia?
A. penarik perhatian.
B. penembak
tersembunyi.
C. pahlawan.
D. dependent.
5. Mana yang lebih tepat untuk menguji listening
comprehension?
A. conversation yang direkam.
B. membaca keras.
C. wawancara.
D. tanya jawab.
6. Mana yang paling tepat untuk menguji
kemampuan berbicara?
A. menjawab pertanyaan lisan.
B. membaca keras.
C. menyusun kalimat.
D. memahami dialog.
7. Guru menulis soal berikut: love-laugh,
god-got, etc. Siswa diminta menulis A apabila voiced, dan menulis B apabila
voiceless. Tes seperti ini lebih tepat
untuk menguji kemampuan
A. pronunciation.
B. stress.
C. intonation.
D. spelling.
8. Ada seorang siswa yang mempunyai ciri-ciri:
terbuka kepada kritik, kalau mengemukakan pendapat dengan cepat, tak begitu
terikat kepada norma yang dianut orang
lain. Orang ini termasuk kelompok yang mempunyai gaya belajar
A. field dependent.
B. field independent.
C. implusif.
D. reflektif.
9. Suatu metode mengajar yang merupakan
pendekatan deduktif nampaknya lebih tepat untuk siswa yang bertipe
A. sistematis.
B. intuitif.
C. reseptif.
D. preseptif.
10. Aminah mempunyai tingkat inteligensia yang tidak tinggi, tidak
inovatif maupun kreatif. Tetapi dia selalu dapat menyelesaikan semua tugas
berkat ketekunannya. Siswa ini termasuk kelompok gaya respons yang bertife
A. pendiam.
B. independent.
C. penembak tersembunyi.
D. penurut.
11. Budi adalah siswa yang cerdas tetapi sering mendebat penjelasan
yang diberikan gurunya di kelas. Dia termasuk tipe yang
A. pahlawan.
B. penembak tersembunyi.
C. independent.
D. penarik perhatian.
12. Mana yang baik/paling tepat untuk menguji kemampuan menulis?
A. menguraikan gambar.
B. menjawab pertanyaan tertulis.
C. kuliah.
D. menyusun kalimat.
13. Mana yang paling tepat untuk menguji kemampuan reading
comprehension?
A. memahami dialog.
B. menjawab pertanyaan bacaan.
C. menguraikan gambar.
D. membuat laporan.
14. Guru menulis soal: honour-honor, theatre-theater, center-centre,
etc. Siswa diminta menulis A apabila American, menulis B apabila British, di
bawah masing-masing kata. Tes ini untuk menguji kemampuan
A. pronunciation.
B. intonation.
C. vocabulary.
D. spelling.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 15
SAMPAI 44, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
15. Faktor kejiwaan lebih penting dalam belajar Bahasa Inggris.
sebab
Belajar
bahasa membutuhkan latihan lisan dan tulisan.
16. Faktor jasmaniah merupakan faktor penting dalam belajar Bahasa
Inggris.
sebab
Gangguan
pada sistem syaraf akan berpengaruh terhadap alat-alat bicara.
17. Dalam belajar Bahasa Inggris, faktor Gramatika sering menyebabkan
kesulitan belajar yang terbesar.
sebab
Faktor
tersebut merupakan faktor yang paling menonjol perbedaannya dengan Bahasa
Indonesia.
18. Materi yang baik akan berpengaruh kepada prestasi belajar siswa.
sebab
Lingkungan
yang baik menunjang situasi belajar yang baik.
19. Faktor gramatika dan sistem bunyi sering menyebabkan kesulitan
belajar dalam Bahasa Inggris.
sebab
Bahasa
Inggris mempunyai sistem yang lebih sederhana dalam hal kedua faktor tersebut.
20. Strategi belajar mengajar yang baik adalah yang sesuai kebutuhan
siswa.
sebab
Strategi
yang baik akan memberikan adanya pemantapan atau reinforcement.
21. Guru yang baik akan berusaha menyesuaikan bahan pelajaran sesuai
situasi setempat.
sebab
Kurikulum
dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipakai di seluruh wilayah negara.
22. Potensi dasar dapat memungkinkan seseorang dapat melaksanakan
developmen-tal task.
sebab
Potensi
dasar adalah faktor-faktor yang terdapat dalam diri individu siswa.
23. Metode grammar-translation sangat baik dipakai pada waktu siswa
mencapai kematangan intelektual fase pra-operasional.
sebab
Pada
fase tersebut siswa belum dapat membedakan perasaan dan dorongan pribadinya.
24. Menurut pandangan modern, metode group-discussion dan group-work
lebih memenuhi kebutuhan sosial siswa.
sebab
Kedua
metode tersebut lebih dapat memberikan suasana kerja sama.
25. Potensi dasar diusahakan dapat dikembangkan secara optimal.
sebab
Potensi
dasar dapat memudahkan seseorang dalam menjalankan developmental task.
26. Metode audio-lingual dapat digunakan pada waktu siswa mencapai
kematangan intelektual fase operasi formal.
sebab
Pada
fase tersebut siswa sangat tergantung pada apa yang dialami atau yang
berlangsung dihadapinya.
27. Metode mengajar sedikit banyak ditentukan oleh gaya belajar siswa.
sebab
Metode
yang baik adalah yang dapat memenuhi kebutuhan siswa.
28. Tes yang ‘reliable’ adalah yang sebagian besar item-nya
mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.
sebab
Semakin
banyak item yang sulit semakin ‘reliable’ pula tes tersebut.
29. Tes yang baik ialah tes yang dapat membedakan kelompok yang baik
dari yang tidak baik.
sebab
Tes
harus mencakup item-item yang mempunyai tingkat kesukaran yang rendah, menengah
dan tinggi.
30. Tes buatan guru lebih ‘valid’ daripada tes buatan seorang ahli.
sebab
Guru
lebih banyak mengetahui tentang kemampuan siswa dan tujuan yang telah
dirumuskan.
31. Tes bentuk objektif ternyata telah banyak mendapat kecaman.
sebab
Jawaban
dalam tes objektif tidak merangsang siswa untuk lebih banyak berpikir.
32. Pembuatan tes dengan alternatif jawaban lebih dari lima sebaiknya
dihindari.
sebab
Butir
soal dengan alternatif jawaban lebih dari lima termasuk ke dalam soal yang
tidak murni.
33. We will not go.................
(1) until he comes (2) before they go (3) if she does not come
Soal ini tidak baik untuk tingkat elementary.
sebab
Termasuk
kedalam bentuk tidak murni.
34. How long have you been here?................
A. for ten years B. since Monday
C. since I was born
D. for five months
Tes ini termasuk kedalam bentuk recognition.
sebab
Semua
jawaban yang ada adalah benar.
35. Guru dan pembuat tes harus selalu berusaha untuk membuat soal yang
menjebak siswa.
sebab
Soal
yang menjebak merupakan salah satu cara untuk mengetahui apa yang sudah/ belum
diketahui siswa.
36. Metode mengajar yang baik adalah yang disenangi guru.
sebab
Setiap
guru mempunyai gaya mengajar yang berbeda-beda.
37. Tes yang baik adalah tes yang ‘reliable’.
sebab
Tes
yang ‘reliable selalu mempunyai ‘validity’ yang tinggi.
38. Tes yang baik dapat dipakai untuk dasar pengajaran yang akan
datang.
sebab
Tes
yang baik dapat memberikan informasi mana yang belum/sudah dikuasai oleh siswa.
39. Tes buatan guru lebih ‘standard’ dibandingkan dengan tes buatan
seorang ahli.
sebab
Guru
lebih banyak mengetahui tentang tujuan, kurikulum, dan kemampuan siswa.
40. Tes bentuk ‘multiple choice’ adalah yang terbaik diantara tes
objektif.
sebab
Pembuatannya sulit, penilaian dan administrasinya mudah.
41. Pembuatan butir soal tidak murni sebaiknya dihindari pada tahap
elementary.
sebab
Butir
soal tidak murni tidak membantu siswa memantapkan penguasaan masalah yang
diajarkan.
42. The students were studying when........
(1) the teacher came (2) teacher was coming
(3) the accident happened
Soal ini sebaiknya diberikan kepada tingkat
lanjut.
sebab
Mempunyai
lebih dari satu jawaban benar.
43. I have studied English......four years.
Tes ini dapat dikategorikan kedalam bentuk
production.
sebab
Ada
beberapa kemungkinan jawaban yang benar.
44. Suatu soal yang menjebak siswa supaya selalu dihindari.
sebab
Salah
satu tujuan pembuatan soal adalah untuk mengetahui apa yang sudah dan apa yang
belum diketahui siswa.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 45
SAMPAI 80, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
45. Seorang guru akan mengajarkan keterampilan menterjemahkan dari
Bahasa Indonesia. Mana yang merupakan
faktor interen kesulitan belajar?
1) gangguan pada sistem syaraf yang berkaitan dengan fungsi berpikir
2) hubungan guru-murid
3) kurang pandai mengasosiasikan ide
46. Masalah kesulitan belajar adalah masalah yang kompleks dan saling
berinteraksi. Persiapan-persiapan apa yang diperlukan sebelum mengajar?
1) perlu dihindari adanya siswa yang mempunyai kelemahan jasmani dan
rohani
2) guru dituntut untuk menguasai berbagai macam strategi belajar
mengajar.
3) penting adanya usaha-usaha preventif dalam penanggulangan faktor
eksteren lain sebagai penyebab kesulitan
belajar.
47. Penyebab kesulitan belajar pada dasarnya ada dua bagian besar,
yaitu
1) faktor yang ada dalam diri siswa
2) faktor jasmaniah
3) faktor eksteren
48. Manakah yang termasuk kedalam faktor interen?
1) daya ingat dan daya asosiasi
2) strategi belajar mengajar
3) kurang lancar berbicara
49. Manakah yang termasuk kedalam faktor eksteren dalam pelajaran
bahasa?
1) sistem budaya bangsa
2) perubahan bentuk kata kerja
3) hubungan guru murid
50. Seorang guru akan mengajarkan bentuk past tense Bahasa Inggris
kepada siswa Indonesia. Hal-hal apa saja
yang perlu ditonjolkan dalam penyajian pelajarannya?
1) masalah perubahan bentuk kata kerja
2) berbagai macam subjek kalimatnya
3) masalah perubahan morfem
51. Seorang guru Bahasa Indonesia akan mengajarkan keterampilan
berbicara kepada siswa Indonesia. Metode mana yang sekiranya lebih tepat?
1) audio-lingual method
2) grammar-translation method
3) group-discussion method
52. Untuk menolong mereka yang lemah dalam faktor interen, seorang
guru hendaknya.....
1) memberikan pengalaman belajar langsung
2) memberikan banyak pengulangan
3) membuat variasi dalam penyajian pelajaran
53. Seorang guru akan mengajarkan pronunciation Bahasa Inggris kepada
siswa Indonesia. Apa yang sebaiknya dia lakukan sebelum menentukan metode yang
tepat?
1) perbandingan sistem bunyi antara kedua bahasa
2) bunyi apa yang paling dekat dengan bahasa pertama
3) bentuk latihan yang paling dapat memberi pengulangan yang banyak
54. Seorang guru Bahasa Inggris akan mengajarkan idiomatic expressions
kepada siswa Indonesia. Apabila bahan tersebut disampaikan melalui bacaan, mana
yang sekiranya cukup efektif dan efisien?
1) bacaan tentang adat istiadat di Indonesia
2) bacaan tentang kebudayaan orang Inggris
3) bacaan tentang ilmu dan teknologi
55. Seorang guru akan mengajarkan keterampilan menulis Bahasa Inggris
kepada siswa Indonesia. Mana yang sekiranya menjadi faktor penyebab eksteren
kesulitan belajar?
1) pengaruh bahasa ibu
2) the direct method
3) hubungan guru-murid
56. Setelah anda mengalami berbagai macam penyebab kesulitan belajar,
kesimpulan-kesimpulan apa yang dapat anda peroleh?
1) kegiatan belajar-mengajar merupakan suatu sistem yang kompleks tetapi
saling berinteraksi
2) karena kompleks dan saling berkaitan, masalah kesulitan belajar
sebaiknya dipecahkan setelah masalah tersebut benar-benar muncul
3) karena kompleks dan saling berkaitan, masalah kesulitan belajar
sebaiknya ditanggulangi sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan
57. Menurut pandangan modern, seorang guru yang ingin berhasil dalam
mengajar.....
1) cukup menguasai materi dan metode saja
2) mengenal karakteristik siswa
3) mengajar sangat berbeda dengan mendidik
58. Seorang murid dikatakan akan dapat belajar apabila....
1) tidak semata-mata karena ingin naik kelas
2) guru mengetahui kebutuhan dan potensi siswa
3) siswa mengetahui tujuan dan manfaatnya
59. Anda harus memilih dua dari tiga orang berikut yang akan mengikuti
pelajaran Bahasa Inggris. Agar mereka dapat memperoleh kepuasan, mana yang akan
anda pilih?
1) yang berbakat tetapi kurang berminat
2) yang bermotivasi tetapi kurang berbakat
3) yang berminat tetapi intelegensinya kurang
60. Berdasarkan uraian tentang developmental task, manakah yang
menurut anda akan lebih dapat mendapat
kepuasan dalam hidupnya?
1) mampu membiayai sendiri hidupnya walaupun prestasinya
sedang-sedang saja
2) kurang berbakat tapi mempunyai sikap yang matang
3) kurang dapat berdiri sendiri tetapi banyak dibantu oleh orang
tuanya yang kaya
61. Berdasarkan uraian tentang murid, kesimpulan apa saja yang menurut
anda dapat ditarik?
1) siswa dapat melaksanakan developmen-tal task apabila dapat
berkembang optimal
2) mengajar akan berhasil apabila mempertimbangkan kebutuhan dan
potensi dasar siswa
3) mengajar akan lebih mudah apabila mempertimbangkan kebutuhan dan
potensi dasar siswa
62. Dalam suatu pelajaran seorang guru membagi siswa kedalam
kelompok-kelompom kecil yang harus membuat kesimpulan berdasarkan masalah yang
diajukan guru. Cara seperti ini tepat disampaikan kepada mereka yang sudah
mencapai fase.....
1) pra operasional
2) operasi konkrit
3) operasi formal
63. Mana yang betul menurut pandangan modern tentang pendidikan?
1) hubungan guru-murid seperti atasan dan bawahan
2) hubungan guru-murid terbuka
dan saling menghormati
3) mengajar harus mengenal siswanya
64. Dalam pandangan modern, kegiatan belajar akan berhasil apabila...
1) terjadi perubahan tingkah laku dalam diri siswa
2) memberikan pengalaman langsung kepada siswa
3) memenuhi kebutuhan dan potensi siswa
65. Anda harus memilih dua dari tiga orang berikut yang akan mengikuti
pelajaran Bahasa Inggris. Agar mereka dapat memperoleh kepuasan, mana yang akan
anda pilih?
1) yang bermotivasi intrinsik
2) yang bermotivasi ekstrinsik
3) yang merasa puas kalau dapat mengikuti palajaran Bahasa Inggris
66. Berdasarkan uraian tentang developmental task, manakah yang
menurut anda akan lebih dapat mendapatkan kepuasan dalam hidupnya?
1) anak berbakat tapi kurang dapat berteman
2) bangga akan keadaannya walaupun prestasinya tidak menonjol
3) tidak mudah terpengaruh oleh perasaan dan prasangka
67. Berdasarkan uraian tentang murid, kesimpulan apa saja yang menurut
anda dapat ditarik?
1) kebutuhan dan potensi dasar siswa sangat penting
2) kegiatan belajar mengajar akan berlangsung baik apabila mempertim-bangkan kebutuhan dan
potensi dasar
3) siswa dapat berkembang optimal apabila dapat melaksanakan
developmental task
68. Seorang guru akan mengajarkan berbagai macam pola kalimat Bahasa
Inggris kepada siswa SMA. Apa kira-kira alasannya?
1) siswa sudah mampu memecahkan masalah secara selektif
2) siswa sudah memasuki fase operasi formal
3) siswa sudah mampu berfikir abstrak
69. Dua dari tiga orang berikut termasuk kedalam kelompok yang
mempunyai gaya belajar field independent. Yang manakah mereka?
1) seorang guru IPA
2) seorang peneliti
3) sensitif terhadap kritik pribadi
70. Dua dari tiga orang berikut termasuk kedalam tife reseptif,
yaitu....
1) memahami sesuatu secara garis besar
2) memahami informasi bagian demi bagian
3) kurang mampu melihat
keterkaitan antar bagian dalam informasi
71. Menurut anda metode mana yang lebih efektif dalam membantu
keberhasilan belajar siswa? Pilih dua dari tiga berikut!
1) metode mengajar yang menyesuaikan dengan gaya belajar siswa
2) metode mengajar yang menyesuaikan dengan potensi dasar siswa
3) metode mengajar yang menyesuaikan dengan gaya respons siswa
72. Ada dua fungsi evaluasi dalam kaitannya dengan kegiatan mengajar,
yaitu
1) mengukur kegiatan belajar
2) membantu perencanaan mengajar
3) merupakan bagian terpadu dari kegiatan mengajar
73. Suatu tes dikatakan valid, apabila....
1) mengukur apa yang mau diukur
2) menanyakan apa yang pernah diajarkan
3) memberikan hasil yang sama apabila diujikan kepada subjek yang
sama pada waktu yang berlainan
74. Anda akan membuat tes Structure untuk siswa SMP kelas I semester
satu. Faktor mana yang dapat dipakai sebagai pertimbangan?
1) butir soal tidak murni
2) pemerataan tingkat kesulitan
3) soal bentuk multiple choice
75. Manakah yang lebih baik/dianjurkan untuk menguji masalah
structure?
1) multiple choice dengan empat pilihan
2) bentuk rearrangement
3) bentuk transformation
76. Yang harus tercermin dalam suatu tes bahasa adalah....
1) kemampuan berbahasa
2) kemampuan siswa
3) tujuan instruksional khusus
77. What did you....last week?
Tes seperti ini dapat dipakai untuk menguji
kemampuan...
1) grammar
2) vocabulary
3) writing
78. I ..... him a pencil because he has none.
A. gave B. borrowed C. asked
D. ordered
Tes ini dapat dipakai untuk....
1) meneguhkan apa yang diajarkan
2) menguji kemampuan vocabulary
3) mengukur kemampuan writing
79. Dalam tes bahasa, mana yang pertama-tama dipertimbangkan?
1) tujuan tes tersebut
2) tingkat tes tersebut
3) unsur-unsur bahasanya
80. Manakah yang dapat dipakai sebagai alat untuk meramalkan
keberhasilan seseorang dalam belajar?
1) proficiency test
2) aptitude test
3) progress test
No comments:
Post a Comment