LATIHAN MANDIRI
MEDIA DAN SUMBER
BELAJAR
(PGTK2304)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Cara belajar
yang terbaik untuk mengenal konsep adalah melalui berbagai pengalaman. Pendapat
ini dikemukakan oleh ....
A. Pestalozzi
B. Maria Montessori
C. Ki Hadjar Dewantara
D. Froebel
2. Yang dimaksud
dengan masa peka dalam perkembangan anak menurut pandangan Maria Montessori
adalah saat ....
A. anak mulai peka dan lebih peduli
terhadap keadaan sekitar
B. perasaan anak mulai sensitif
sehingga mudah merasa terganggu
C. anak begitu tertarik terhadap
suatu objek tertentu dan mengabaikan objek yang lainnya
D. anak mulai berinisiatif untuk
melakukan suatu hal
3. Froebel mengemukakan bahwa
tahun-tahun pertama anak merupakan masa emas (The Golden Age) karena masa itu ....
A. merupakan fundamental bagi
kehidupan anak selanjutnya
B. merupakan masa yang paling
berharga
C. anak berkembang pesat
D. merupakan masa yang paling indah
4. Menurut J.J
Rousseau pendidikan anak dengan pendekatan alamiah membantu anak berkembang
secara ....
A. alami, tanpa dibentuk secara khusus
B. optimal, tanpa ada hambatan
C. bebas sesuai lingkungan
D. bertahap sesuai usia
5. Menurut pandangan Konstruktivis, anak
membangun pengetahuannya melalui ....
A. latihan yang berulang-ulang
B. pengamatan terhadap perilaku
orang lain
C. pemberian informasi dari orang
dewasa
D. interaksi yang dilakukannya
dengan lingkungan
6. Ki Hajar Dewantara memandang anak
sebagai individu yang ....
A. merdeka, tanpa batasan hak
B. memiliki potensi untuk berkembang
C. harus diberi kebebasan sepenuhnya
D. memiliki sifat unik
7. Anak
memperhatikan, membicarakan, dan mempertanyakan berbagai hal yang dilihat dan
didengarnya. Hal ini merupakan salah satu karakteristik belajar anak, yaitu
bahwa anak ....
A. berbeda satu sama lain
B. bersifat eksploratif dan berjiwa
petualang
C. memiliki rasa ingin tahu yang
kuat
D. mengekspresikan perasaannya
secara spontan
8. Sebagai salah
satu komponen pembelajaran, sumber belajar dapat menyebabkan pembelajaran lebih
....
A. bervariasi dan komunikatif
B. menyenangkan dan menarik
C. sistematis dan bervariasi
D. menarik dan bermakna
9. Sumber belajar
sebagai sesuatu yang dipergunakan untuk kepentingan pelajaran, merupakan pengertian
sumber belajar yang dikemukakan oleh ....
A. Nana Sudjana
B. Association for Educational Com-munication
and Technology (AECT)
C. Torkleson
D. Anggani Sudono
10. Bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik
anak TK adalah bahan ajar yang ....
A. sederhana, konkret, atraktif
B. berwarna, mewah, kuat
C. murah, terbuat dari bahan bekas
D. mahal, beraneka warna
11. Berikut ini adalah manfaat dari sumber
belajar, kecuali ....
A. membantu anak lebih memahami konsep abstrak
B. menggantikan tugas guru
C. memperluas wawasan pengetahuan anak
D. mengembangkan kemampuan berpikir kritis
12. Contoh sumber belajar yang sengaja dirancang
untuk kepentingan pencapaian tujuan pembelajaran adalah ....
A. pasar
B. museum
C. toko
D. buku cerita
13. Sebagai sumber belajar, pesan adalah ....
A. media yang mengandung pesan untuk disajikan
B. segala informasi yang harus disalurkan oleh
orang lain
C. segala sesuatu yang digunakan untuk
menyampaikan informasi
D. situasi di mana informasi disalurkan atau
disampaikan
14. Sumber belajar berupa manusia dapat
memberikan manfaat bagi pembelajaran anak, di antaranya adalah ....
A. memperluas wawasan anak
B. menghadirkan suasana baru
C. menimbulkan rasa ingin tahu anak
D. meringankan tugas guru
15. Sumber belajar yang berupa bahan (materials) dapat berupa ....
A. radio
B. kain
C. televisi
D. majalah
16. Sumber belajar berupa peralatan digunakan
untuk mennyampaikan pesan ....
A. dari sumber belajar lain
B. yang tersimpan dalam bahan
C. dari guru
D. yang berupa data
17. Mendemostrasikan cara menggunakan krayon
merupakan sumber belajar yang berupa ....
A. pesan
B. bahan (materials)
C. teknik/metode
D. peralatan
18. Berikut adalah sumber belajar berupa
lingkungan, kecuali ....
A. ruangan kelas
B. perpustakaan
C. kebun binatang
D. program televisi
19. Alat permainan memiliki peran penting dalam
pembelajaran anak TK karena dapat membuat anak menjadi ....
A. senang
B. kreatif
C. lincah
D. sehat
20. Alat permainan berupa boneka tangan, boneka
jari, bola suara, merupakan alat permainan ....
A. langsung
B. tak langsung
C. yang terdapat di dalam kelas
D. yang terdapat di luar kelas
21. Berikut ini manfaat yang diperoleh guru dari
perencanaan sumber belajar, kecuali ....
A. dapat menyiapkan dan memilih sumber belajar
sesuai dengan karakteristik, minat, dan tujuan pembelajaran
B. dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik untuk anak
C. dapat meringankan tugas dalam pembelajaran
D. membantu pembentukan dan pengem-bangan
kemampuan dasar anak secara optimal
22. Langkah awal yang harus dilakukan oleh guru
dalam mengidentifikasikan kebutuhan sumber belajar adalah ....
A. mengenali kemampuan atau aspek perkembangan
anak
B. memilih tema yang akan dikembangkan
C. mengenali karakteristik sumber belajar yang
akan digunakan
D. memilih sumber belajar yang akan digunakan
23. Sumber belajar yang akan digunakan harus
sesuai dengan hal-hal berikut, kecuali ....
A. tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
B. kemampuan guru
C. kebutuhan anak
D. tema yang akan dikembangkan
24. Agar anak mampu menceritakan kembali sebuah
cerita, sumber belajar yang tepat digunakan adalah ....
A. boneka tangan
B. kebun binatang
C. puzzle gambar binatang
D. keluarga
25. Hal yang harus diperhatikan oleh guru pada
saat pembelian alat permainan adalah ....
A. warna
B. jenis
C. harga
D. kebutuhan
26. Dasar pertimbangan pemilihan sumber belajar adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. kesesuaian dengan kebutuhan pakaian
B. persyaratan kualitas yang telah ditentukan
C. pandangan pemakai dan kepentingan lembaga
D. warna bagus dan harga mahal
27. Salah satu prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan sumber
belajar adalah ....
A. mudah dibuat
B. mempunyai satu warna
C. dapat menimbulkan kreativitas
D. dapat dijual dengan harga mahal
28. Bentuk-bentuk perawatan dan penyimpangan alat
permainan yang terdapat di dalam kelas adalah ....
A. alat ditempatkan di atas lemari sehingga
tidak rusak oleh anak
B. pemeliharaan alat yang terbuat dari kayu
dilakukan secara berkala dengan menyemprotkan obat anti serangga atau rayap
C. alat disimpan di tempat yang tidak mudah
ditemukan oleh anak
D. alat permainan berupa boneka dicuci apabila
sudah kotor sekali
29. Perawatan dan pemeliharaan alat permainan
yang terdapat di luar kelas adalah dengan cara ....
A. bak pasir dibiarkan terbuka
B. mobil-mobilan diletakkan di samping kelas
C. bak air dibiarkan terisi penuh
D. kereta dorong selalu diberi pelumas
30. Mengenalkan rambu-rambu lalu lintas akan
lebih menarik bagi anak, apabila guru mengundang ....
A. badut
B. polisi
C. sopir
D. orang tua
31. Untuk memperkenalkan jenis-jenis pesawat
terbang, guru dapat membawa anak ke ....
A. museum
B. teman bermain
C. bandar udara
D. pabrik pesawat
32. Kriteria pemilihan buku sebagai sumber
belajar adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. bagus dan berhalaman tebatl
B. isi relevan dengan kurikulum yang berlaku
C. urutan isi buku
D. pembahasan isi mudah dipahami
33. Kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam
menggunakan benda sebenarnya sebagai sumber belajar ketika menjelaskan tentang
tumbuhan adalah ....
A. membawa bunga kedalam kelas
B. memperlihatkan gambar bunga
C. menyanyikan lagu tentang bunga
D. menyuruh anak untuk menggambar bunga
34. Kaleng bekas yang diisi kerikil dapat
digunakan sebagai sumber belajar untuk melatih anak dalam hal ....
A. daya pendengaran
B. kognitif
C. motorik
D. bahasa
35. Model tiruan yang dapat digunakan untuk
memperkenalkan alat transportasi pada anak adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. motor-motoran
B. mobil-mobilan
C. becak
D. gerobak
36. Salah satu kriteria evaluasi rancanagan
sumber belajar adalah ....
A. keterampilan guru dalam menggunakan sumber
belajar
B. kesesuaian dengan kemauan guru
C. banyaknya waktu yang dibutuhkan
D. kesesuaian dengan minat anak
37. Dalam melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan
sumber belajar ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sumber belajar
yang digunakan ....
A. mampu menjelaskan bahan ajar secara umum
B. memuat seluruh informasi yang akan
disampaikan
C. merupakan hasil karya guru
D. mudah didapat
38. Media pembelajaran merupakan sarana fisik
untuk menyampaian isi atau materi pembelajaran. Pernyataan tersebut
dikemuka-kan oleh ....
A. Heinich, Molenda, dan Russell
B. Schramm
C. Briggs
D. NEA
39. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat ....
A. meringankan tugas guru
B. mempermudah materi yang dibahas
C. mengembangkan potensi anak
D. menimbulkan kegembiraan
40. Media pembelajaran pada dasarnya merupakan
bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran di TK. Nilai atau
manfaat dari media pembelajaran ini adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. mengkonkretkan konsep-konsep yang abstrak
B. menghadirkan objek yang mudah didapat
C. membangkitkan motivasi belajar anak
D. memungkinkan anak berinteraksi secara
langsung dengan lingkungannya
41. Hal yang harus diperhatikan dalam
peman-faatan media pembelajaran di TK di antaranya adalah bahwa media
pembelajaran ....
A. meletakkan dasar-dasar yang abstrak dalam
berpikir
B. berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses
pembelajaran
C. merupakan fungsi tambahan dalam mewujudkan situasi
pembelajaran
D. merupakan komponen yang berdiri sendiri
42. Yang termasuk media visual adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. gambar diam atau gambar mati
B. media model
C. media realita
D. program televisi
43. Keberhasilan penggunaan media audio dalam
pembelajaran dipengaruhi oleh ....
A. kemampuan berpikir absrak dari anak
B. ketersediaan aliran listrik
C. kemampuan guru dalam menggunakan media
D. kecukupan ruangan kelas
44. Media audiovisual dalam pembelajaran anak
merupakan kombinasi dari media audio dan media visual. Karakteristik media
audio-visual ini adalah ....
A. menurut kemampuan berpikir kritis
B. penyajian isi tema kepada anak semakin
lengkap
C. menuntut guru sebagai penyampai materi
D. media yang paling bagus dibandingkan jenis media
lainnya
45. Media pembelajaran sederhana merupakan jenis
media yang....
A. bahan-bahannya mudah didapat
B. bentuknya sederhana
C. menggunakan barang bekas
D. mudah dijual
46. Dalam merencanakan dan memilih media
pembelajaran di TK, guru harus memper-hatikan kesesuaian media dengan ....
A. kesenangan pribadi (subjektivitas)
B. situasi dan kondisi
C. anggaran biaya
D. minat siswa
47. Flip chart digunakan oleh guru TK sebagai
salah satu cara untuk menghemat waktu yang digunakan untuk menulis di papan tulis.
Salah satu langkah dalam pembuatan flip chart adalah ....
A. menjilid beberapa lembaran kertas yang sama
ukurannya
B. memotong triplek sesuai dengan ukuran yang
dikehendaki
C. membuat bingkai dari triplek sebagai alas
D. memberi bingkai pada pinggiran triplek
48. Penggunaan papan tikar dalam pembelajaran
dapat menarik perhatian anak. Salah satu langkah dalam pembuatan papan tikar
dalah ....
A. melubangi tikar sedemikian rupa untuk
dijadikan satu jilid
B. membuat lubang pada ujung bingkai sebagai
tempat menggantung tali pita
C. memotong tikar sesuai dengan ukuran yang
dikehendaki
D. menggantung tikar pada papan tulis yang tidak
menempel di dinding
49. Peta timbul adalah media tiga dimensi untuk
menggambarkan perwujudan benda sebenarnya dalam bentuk tiruan atau
penyederhanaan. Langkah-langkah dalam pembuatan media ini adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. membuat bingkai dari tripleks sebagai alas
peta timbul
B. mencampur pasir dengan semen, kemudian diberi
air
C. membuat kerangka model gunung lalu pipa
dipasang untuk lubang kawah
D. membuat gantungan papan sehingga mudah
penggunaannya
50. Salah satu langkah dalam pembuatan diorama
adalah ....
A. memasang styrofoam
ke tripleks dengan menggunakan paku
B. membentuk alur jalan dengan mengguna-kan pembatas
yang terbuat dari styrofoam
C. mengukur papan tripleks dengan ukuran 20x10
cm
D. membuat gantungan dengan mengguna-kan tali
plastik
51. Alat bantu menyablon merupakan alat peraga
yang digunakan oleh anak untuk keperluan menyablon atau mencap. Alat sablon
tersebut dapat dibuat dari ....
A. busa
B. mika
C. kaca
D. tripleks
52. Penggunaan radio tape dan kaset pada kegiatan
senam kesegaran jasmani di lapang-an merupakan contoh pola penggunaan media ....
A. di dalam kelas
B. di luar kelas
C. langsung
D. tak langsung
53. Media pembelajaran merupakan bagian integral
dari proses pembelajaran, artinya bahwa media pembelajaran ....
A. dapat menggantikan tugas guru
B. harus menuntut partisipasi aktif anak
C. digunakan dengan mengikuti prosedur buku
D. merupakan komponen dari kegiatan pembelajaran
54. Menerangkan kembali hal-hal yang belum
dipahami oleh anak dilakukan pada tahap ....
A. persiapan
B. pelaksanaan
C. evaluasi
D. tindak lanjut
55. Agar penggunaan media dapat dipersiapkan
dengan baik, guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali ....
A. mempelajari materi atau bahan yang akan
disajikan
B. mempersiapkan peralatan yang diperlu-kan
untuk menggunakan media
C. menetapkan media yang akan digunakan secara
individual atau kelompok
D. mengadakan kegiatan yang mengarahkan kepada
pemahaman lebih luas terhadap topik
56. Semua alat yang digunakan anak untuk memenuhi
kebutuhan naluri bermainnya disebut sebagai alat permainan, sedangkan yang
dimaksud dengan alat permainan edukatif adalah alat permainan yang ....
A. sengaja dirancang khusus untuk meningkatkan
aspek perkembangan anak TK
B. berguna untuk kepentingan guru dalam
melaksanakan kegiatan pengembangan
C. dirancang khusus untuk kepentingan penjual
mainan
D. dirancang untuk meningkatkan daya jual
sekolah
57. Alat permainan edukatif untuk meningkatkan
kemampuan berbahasa anak yang dikembangkan oleh kakak beradik Elizabeth Peabody
berupa ....
A. puzzle
B. boneka tangan
C. bolok Blookdoss
D. boneka jari
58. Ape hendaknya awet, kuat, dan tahan lama
merupakan syarat pembuatan APE dari segi ....
A. edukatif
B. teknis
C. estetika
D. mutlak
59. Berdasarkan kurikulum yang berlaku saat ini,
APE untuk anak TK dikelompokkan berdasar-kan pada penempatan alat di dalam dan
di luar ruangan. Yang merupakan APE di dalam ruangan di antaranya adalah ....
A. puzzle
B. tangan pelangi
C. jungkitan
D. papan luncur
60. Kegiatan analisis program pembelajaran dalam
prosedur pembuatan APE ditujukan untuk mengetahui ....
A. keadaan sarana yang ada dan alat permainan
yang dibutuhkan
B. kelayakan jenis dan jumlah alat permainan
yang dibutuhkan
C. fungsi alat permainan yang tersedia di
sekolah
D. kesesuaian antara kemampuan anak, jenis
kegiatan, dan sarana yang diperlukan
No comments:
Post a Comment