Cloud Hosting Indonesia

18 April, 2014

Soal Media dan Sumber Belajar



LATIHAN MANDIRI
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
(PGTK2304)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Cara belajar yang terbaik untuk mengenal konsep adalah melalui berbagai pengalaman. Pendapat ini dikemukakan oleh ....         
A.   Pestalozzi
B.   Maria Montessori
C.   Ki Hadjar Dewantara
D.   Froebel

2.   Yang dimaksud dengan masa peka dalam perkembangan anak menurut pandangan Maria Montessori adalah saat ....        
A.   anak mulai peka dan lebih peduli terhadap keadaan sekitar
B.   perasaan anak mulai sensitif sehingga mudah merasa terganggu
C.   anak begitu tertarik terhadap suatu objek tertentu dan mengabaikan objek yang lainnya
D.   anak mulai berinisiatif untuk melakukan suatu hal
     
3.   Froebel mengemukakan bahwa tahun-tahun pertama anak merupakan masa emas (The Golden Age) karena masa itu ....
A.   merupakan fundamental bagi kehidupan anak selanjutnya
B.   merupakan masa yang paling berharga
C.   anak berkembang pesat
D.   merupakan masa yang paling indah

4.   Menurut J.J Rousseau pendidikan anak dengan pendekatan alamiah membantu anak berkembang secara ....
A.   alami, tanpa dibentuk secara khusus
B.   optimal, tanpa ada hambatan
C.   bebas sesuai lingkungan
D.   bertahap sesuai usia

5.   Menurut pandangan Konstruktivis, anak membangun pengetahuannya melalui ....
A.   latihan yang berulang-ulang
B.   pengamatan terhadap perilaku orang lain
C.   pemberian informasi dari orang dewasa
D.   interaksi yang dilakukannya dengan lingkungan

6.   Ki Hajar Dewantara memandang anak sebagai individu yang ....
A.   merdeka, tanpa batasan hak
B.   memiliki potensi untuk berkembang
C.   harus diberi kebebasan sepenuhnya
D.   memiliki sifat unik

7.   Anak memperhatikan, membicarakan, dan mempertanyakan berbagai hal yang dilihat dan didengarnya. Hal ini merupakan salah satu karakteristik belajar anak, yaitu bahwa anak ....
A.   berbeda satu sama lain
B.   bersifat eksploratif dan berjiwa petualang
C.   memiliki rasa ingin tahu yang kuat
D.   mengekspresikan perasaannya secara spontan

8.   Sebagai salah satu komponen pembelajaran, sumber belajar dapat menyebabkan pembelajaran lebih ....
A.   bervariasi dan komunikatif
B.   menyenangkan dan menarik
C.   sistematis dan bervariasi
D.   menarik dan bermakna

9.   Sumber belajar sebagai sesuatu yang dipergunakan untuk kepentingan pelajaran, merupakan pengertian sumber belajar yang dikemukakan oleh ....
A.   Nana Sudjana
B.   Association for Educational Com-munication and Technology (AECT)
C.   Torkleson
D.   Anggani Sudono

10.   Bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik anak TK adalah bahan ajar yang ....
A.   sederhana, konkret, atraktif
B.   berwarna, mewah, kuat
C.   murah, terbuat dari bahan bekas
D.   mahal, beraneka warna

11.   Berikut ini adalah manfaat dari sumber belajar, kecuali ....
A.   membantu anak lebih memahami konsep abstrak
B.   menggantikan tugas guru
C.   memperluas wawasan pengetahuan anak
D.   mengembangkan kemampuan berpikir kritis

12.   Contoh sumber belajar yang sengaja dirancang untuk kepentingan pencapaian tujuan pembelajaran adalah ....
A.   pasar
B.   museum
C.   toko
D.   buku cerita

13.   Sebagai sumber belajar, pesan adalah ....
A.   media yang mengandung pesan untuk disajikan
B.   segala informasi yang harus disalurkan oleh orang lain
C.   segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi
D.   situasi di mana informasi disalurkan atau disampaikan

14.   Sumber belajar berupa manusia dapat memberikan manfaat bagi pembelajaran anak, di antaranya adalah ....
A.   memperluas wawasan anak
B.   menghadirkan suasana baru
C.   menimbulkan rasa ingin tahu anak
D.   meringankan tugas guru

15.   Sumber belajar yang berupa bahan (materials) dapat berupa ....
A.   radio
B.   kain
C.   televisi
D.   majalah

16.   Sumber belajar berupa peralatan digunakan untuk mennyampaikan pesan ....
A.   dari sumber belajar lain
B.   yang tersimpan dalam bahan
C.   dari guru
D.   yang berupa data

17.   Mendemostrasikan cara menggunakan krayon merupakan sumber belajar yang berupa ....
A.   pesan
B.   bahan (materials)
C.   teknik/metode
D.   peralatan

18.   Berikut adalah sumber belajar berupa lingkungan, kecuali ....
A.   ruangan kelas
B.   perpustakaan
C.   kebun binatang
D.   program televisi

19.   Alat permainan memiliki peran penting dalam pembelajaran anak TK karena dapat membuat anak menjadi ....
A.   senang
B.   kreatif
C.   lincah
D.   sehat

20.   Alat permainan berupa boneka tangan, boneka jari, bola suara, merupakan alat permainan ....
A.   langsung
B.   tak langsung
C.   yang terdapat di dalam kelas
D.   yang terdapat di luar kelas

21.   Berikut ini manfaat yang diperoleh guru dari perencanaan sumber belajar, kecuali ....
A.   dapat menyiapkan dan memilih sumber belajar sesuai dengan karakteristik, minat, dan tujuan pembelajaran
B.   dapat menciptakan  lingkungan belajar yang menarik untuk anak
C.   dapat meringankan tugas dalam pembelajaran
D.   membantu pembentukan dan pengem-bangan kemampuan dasar anak secara optimal

22.   Langkah awal yang harus dilakukan oleh guru dalam mengidentifikasikan kebutuhan sumber belajar adalah ....
A.   mengenali kemampuan atau aspek perkembangan anak
B.   memilih tema yang akan dikembangkan
C.   mengenali karakteristik sumber belajar yang akan digunakan
D.   memilih sumber belajar yang akan digunakan

23.   Sumber belajar yang akan digunakan harus sesuai dengan hal-hal berikut, kecuali ....
A.   tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
B.   kemampuan guru
C.   kebutuhan anak
D.   tema yang akan dikembangkan

24.   Agar anak mampu menceritakan kembali sebuah cerita, sumber belajar yang tepat digunakan adalah ....
A.   boneka tangan
B.   kebun binatang
C.   puzzle gambar binatang
D.   keluarga

25.   Hal yang harus diperhatikan oleh guru pada saat pembelian alat permainan adalah ....
A.   warna
B.   jenis
C.   harga
D.   kebutuhan

26.   Dasar pertimbangan pemilihan sumber belajar adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   kesesuaian dengan kebutuhan pakaian
B.   persyaratan kualitas yang telah ditentukan
C.   pandangan pemakai dan kepentingan lembaga
D.   warna bagus dan harga mahal

27.   Salah satu prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan sumber belajar adalah ....
A.   mudah dibuat
B.   mempunyai satu warna
C.   dapat menimbulkan kreativitas
D.   dapat dijual dengan harga mahal

28.   Bentuk-bentuk perawatan dan penyimpangan alat permainan yang terdapat di dalam kelas adalah ....
A.   alat ditempatkan di atas lemari sehingga tidak rusak oleh anak
B.   pemeliharaan alat yang terbuat dari kayu dilakukan secara berkala dengan menyemprotkan obat anti serangga atau rayap
C.   alat disimpan di tempat yang tidak mudah ditemukan oleh anak
D.   alat permainan berupa boneka dicuci apabila sudah kotor sekali

29.   Perawatan dan pemeliharaan alat permainan yang terdapat di luar kelas adalah dengan cara ....
A.   bak pasir dibiarkan terbuka
B.   mobil-mobilan diletakkan di samping kelas
C.   bak air dibiarkan terisi penuh
D.   kereta dorong selalu diberi pelumas

30.   Mengenalkan rambu-rambu lalu lintas akan lebih menarik bagi anak, apabila guru mengundang ....
A.   badut
B.   polisi
C.   sopir
D.   orang tua

31.   Untuk memperkenalkan jenis-jenis pesawat terbang, guru dapat membawa anak ke  ....
A.   museum
B.   teman bermain
C.   bandar udara
D.   pabrik pesawat

32.   Kriteria pemilihan buku sebagai sumber belajar adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   bagus dan berhalaman tebatl
B.   isi relevan dengan kurikulum yang berlaku
C.   urutan isi buku
D.   pembahasan isi mudah dipahami

33.   Kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam menggunakan benda sebenarnya sebagai sumber belajar ketika menjelaskan tentang tumbuhan adalah ....
A.   membawa bunga kedalam kelas
B.   memperlihatkan gambar bunga
C.   menyanyikan lagu tentang bunga
D.   menyuruh anak untuk menggambar bunga

34.   Kaleng bekas yang diisi kerikil dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk melatih anak dalam hal ....
A.   daya pendengaran
B.   kognitif
C.   motorik
D.   bahasa

35.   Model tiruan yang dapat digunakan untuk memperkenalkan alat transportasi pada anak adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   motor-motoran
B.   mobil-mobilan
C.   becak
D.   gerobak

36.   Salah satu kriteria evaluasi rancanagan sumber belajar adalah ....
A.   keterampilan guru dalam menggunakan sumber belajar
B.   kesesuaian dengan kemauan guru
C.   banyaknya waktu yang dibutuhkan
D.   kesesuaian dengan minat anak

37.   Dalam melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sumber belajar ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sumber belajar yang digunakan ....
A.   mampu menjelaskan bahan ajar secara umum
B.   memuat seluruh informasi yang akan disampaikan
C.   merupakan hasil karya guru
D.   mudah didapat
38.   Media pembelajaran merupakan sarana fisik untuk menyampaian isi atau materi pembelajaran. Pernyataan tersebut dikemuka-kan oleh ....
A.   Heinich, Molenda, dan Russell
B.   Schramm
C.   Briggs
D.   NEA

39.   Penggunaan media dalam pembelajaran dapat ....
A.   meringankan tugas guru
B.   mempermudah materi yang dibahas
C.   mengembangkan potensi anak
D.   menimbulkan kegembiraan
     
40.   Media pembelajaran pada dasarnya merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran di TK. Nilai atau manfaat dari media pembelajaran ini adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   mengkonkretkan konsep-konsep yang abstrak
B.   menghadirkan objek yang mudah didapat
C.   membangkitkan motivasi belajar anak
D.   memungkinkan anak berinteraksi secara langsung dengan lingkungannya

41.   Hal yang harus diperhatikan dalam peman-faatan media pembelajaran di TK di antaranya adalah bahwa media pembelajaran ....
A.   meletakkan dasar-dasar yang abstrak dalam berpikir
B.   berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran
C.   merupakan fungsi tambahan dalam mewujudkan situasi pembelajaran
D.   merupakan komponen yang berdiri sendiri

42.   Yang termasuk media visual adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   gambar diam atau gambar mati
B.   media model
C.   media realita
D.   program televisi

43.   Keberhasilan penggunaan media audio dalam pembelajaran dipengaruhi oleh ....
A.   kemampuan berpikir absrak dari anak
B.   ketersediaan aliran listrik
C.   kemampuan guru dalam menggunakan media
D.   kecukupan ruangan kelas

44.   Media audiovisual dalam pembelajaran anak merupakan kombinasi dari media audio dan media visual. Karakteristik media audio-visual ini adalah ....
A.   menurut kemampuan berpikir kritis
B.   penyajian isi tema kepada anak semakin lengkap
C.   menuntut guru sebagai penyampai materi
D.   media yang paling bagus dibandingkan jenis media lainnya

45.   Media pembelajaran sederhana merupakan jenis media yang....
A.   bahan-bahannya mudah didapat
B.   bentuknya sederhana
C.   menggunakan barang bekas
D.   mudah dijual

46.   Dalam merencanakan dan memilih media pembelajaran di TK, guru harus memper-hatikan kesesuaian media dengan ....
A.   kesenangan pribadi (subjektivitas)
B.   situasi dan kondisi
C.   anggaran biaya
D.   minat siswa

47.   Flip chart digunakan oleh guru TK sebagai salah satu cara untuk menghemat waktu yang digunakan untuk menulis di papan tulis. Salah satu langkah dalam pembuatan flip chart adalah ....
A.   menjilid beberapa lembaran kertas yang sama ukurannya
B.   memotong triplek sesuai dengan ukuran yang dikehendaki
C.   membuat bingkai dari triplek sebagai alas
D.   memberi bingkai pada pinggiran triplek

48.   Penggunaan papan tikar dalam pembelajaran dapat menarik perhatian anak. Salah satu langkah dalam pembuatan papan tikar dalah ....
A.   melubangi tikar sedemikian rupa untuk dijadikan satu jilid
B.   membuat lubang pada ujung bingkai sebagai tempat menggantung tali pita
C.   memotong tikar sesuai dengan ukuran yang dikehendaki
D.   menggantung tikar pada papan tulis yang tidak menempel di dinding

49.   Peta timbul adalah media tiga dimensi untuk menggambarkan perwujudan benda sebenarnya dalam bentuk tiruan atau penyederhanaan. Langkah-langkah dalam pembuatan media ini adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   membuat bingkai dari tripleks sebagai alas peta timbul
B.   mencampur pasir dengan semen, kemudian diberi air
C.   membuat kerangka model gunung lalu pipa dipasang untuk lubang kawah
D.   membuat gantungan papan sehingga mudah penggunaannya

50.   Salah satu langkah dalam pembuatan diorama adalah ....
A.   memasang styrofoam ke tripleks dengan menggunakan paku
B.   membentuk alur jalan dengan mengguna-kan pembatas yang terbuat dari styrofoam
C.   mengukur papan tripleks dengan ukuran 20x10 cm
D.   membuat gantungan dengan mengguna-kan tali plastik

51.   Alat bantu menyablon merupakan alat peraga yang digunakan oleh anak untuk keperluan menyablon atau mencap. Alat sablon tersebut dapat dibuat dari ....
A.   busa
B.   mika
C.   kaca
D.   tripleks

52.   Penggunaan radio tape dan kaset pada kegiatan senam kesegaran jasmani di lapang-an merupakan contoh pola penggunaan media ....
A.   di dalam kelas
B.   di luar kelas
C.   langsung
D.   tak langsung

53.   Media pembelajaran merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, artinya bahwa media pembelajaran ....
A.   dapat menggantikan tugas guru
B.   harus menuntut partisipasi aktif anak
C.   digunakan dengan mengikuti prosedur buku
D.   merupakan komponen dari kegiatan pembelajaran

54.   Menerangkan kembali hal-hal yang belum dipahami oleh anak dilakukan pada tahap ....
A.   persiapan
B.   pelaksanaan
C.   evaluasi
D.   tindak lanjut

55.   Agar penggunaan media dapat dipersiapkan dengan baik, guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali ....
A.   mempelajari materi atau bahan yang akan disajikan
B.   mempersiapkan peralatan yang diperlu-kan untuk menggunakan media
C.   menetapkan media yang akan digunakan secara individual atau kelompok
D.   mengadakan kegiatan yang mengarahkan kepada pemahaman lebih luas terhadap topik
     
56.   Semua alat yang digunakan anak untuk memenuhi kebutuhan naluri bermainnya disebut sebagai alat permainan, sedangkan yang dimaksud dengan alat permainan edukatif adalah alat permainan yang ....
A.   sengaja dirancang khusus untuk meningkatkan aspek perkembangan anak TK
B.   berguna untuk kepentingan guru dalam melaksanakan kegiatan pengembangan
C.   dirancang khusus untuk kepentingan penjual mainan
D.   dirancang untuk meningkatkan daya jual sekolah

57.   Alat permainan edukatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak yang dikembangkan oleh kakak beradik Elizabeth Peabody berupa ....
A.   puzzle
B.   boneka tangan
C.   bolok Blookdoss
D.   boneka jari

58.   Ape hendaknya awet, kuat, dan tahan lama merupakan syarat pembuatan APE dari segi ....
A.   edukatif
B.   teknis
C.   estetika
D.   mutlak

59.   Berdasarkan kurikulum yang berlaku saat ini, APE untuk anak TK dikelompokkan berdasar-kan pada penempatan alat di dalam dan di luar ruangan. Yang merupakan APE di dalam ruangan di antaranya adalah ....
A.   puzzle
B.   tangan pelangi
C.   jungkitan
D.   papan luncur

60.   Kegiatan analisis program pembelajaran dalam prosedur pembuatan APE ditujukan untuk mengetahui ....
A.   keadaan sarana yang ada dan alat permainan yang dibutuhkan
B.   kelayakan jenis dan jumlah alat permainan yang dibutuhkan
C.   fungsi alat permainan yang tersedia di sekolah
D.   kesesuaian antara kemampuan anak, jenis kegiatan, dan sarana yang diperlukan

No comments:

Post a Comment