LATIHAN MANDIRI
METODE PENGEMBANGAN BAHASA
(PGTK2203)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 40, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Salah satu bukti bahwa bahasa adalah alat
komunikasi untuk manusia adalah ....
A. simpanse hanya memakai beberapa kosa kata
B. simpanse tidak dapat menghasilkan kalimat-kalimat
yang orsinil
C. setiap hewan hanya berkomunikasi melalui
indera penciuman
D. setiap hewan hanya mampu menggunakan bahasa
isyarat
2. Salah satu aspek penting yang membedakan
bahasa manusia dan sistem isyarat pada hewan adalah ....
A. manusia menggunakan bahasa untuk
berkomunikasi
B. bahasa manusia mengutamakan simbol-simbol
yang penuh makna
C. informasi yang disampaikan antar hewan hanya
bersifat isyarat
D. kemampuan berbahasa hewan hanya bersifat
alamiah
3. Untuk membedakan pengertian bahasa dengan
komunikasi, maka hal penting tentang arti bahasa adalah ....
A. ekspresi komunikasi
B. simbol verbal dan nonverbal yang dijamak
manusia
C. sistem lambang yang berfungsi menyatakan
suatu bangsa
D. suatu sistem simbol yang teratur
4. Urutan nyata kata-kata dalam suatu kalimat
disebut dengan struktur ....
A. kedalaman
B. horizontal
C. permukaan
D. sintaksis
5. Salah satu karakteristik yang menjadikan bahasa
sebagai bentuk visual komunikasi adalah ....
A. simbol fenomena
B. arbitrari
C. pragmatis
D. kosa kata dinamis
6. Bahasa memudahkan manusia untuk mengingat
kembali suatu informasi dan menghubungkannya dengan informasi yang baru
diperoleh. Hal ini menunjukkan suatu fungsi bahasa yang mampu ....
A. membantu perkembangan kognitif
B. memahami fenomena yang terjadi
C. mengekspresikan keragaman individu
D. mengembangkan tingkat kemampuan berpikir
7. Kemampuan berbahasa manusia adalah bagian
dari perkembangan manusia yang dipengaruhi oleh ...
A. kematangan otak
B. perkembangan sistem neurologi tertentu
C. struktur bahasa nasional
D. fonologi, sintaksis dan semantik bahasa
8. Teori yang menyatakan bahwa semantik berperan
lebih penting dibandingkan dengan struktur bahasa disebut ....
A. Language
Acquisition Device Theory
B. Chomsky
Theory
C. Thought
and Language Theory
D. Transformational
grammar Theory
9. Oleh karena bahasa dipelajari melalui
pengkondisian dari lingkungan dan unitari orang dewasa maka seorang anak harus
belajar berbahasa melalui proses ....
A. bertahap
B. peniruan
C. internal
D. interaktif
10. Anak yang belajar bahasa dengan melalui
peniruan suatu model yang berarti tidak harus menerima penguatan dari orang
lain, adalah teori dari ....
A. Bandura
B. Brown
C. Cazden
D. Bellugi
11. Pendapat
yang menyatakan bahwa anak dilahirkan dengan kecerdasan untuk berperan aktif
terhadap lingkungan adalah teori ....
A. kognitif
B. interpreatif
C. evolusi
D. interaksionis
12. Berbeda
dengan Vygotsky maka Piaget
menyatakan perkembangan bahasa pada anak bersifat ....
A. pengalaman
dan penalaran
B. kontekstual
dan sinergis
C. egosentris
dan non sosial
D. holistik
dan personal
13. Menurut
teori pragmatik, seorang anak sedang belajar berbahasa termotivasi oleh ....
A. fungsi
bahasa yang bermanfaat baginya
B. lingkungan
keluarganya
C. media
yang diberikan oleh orang dewasa
D. informasi
yang menarik baginya
14. Kajian
teori interaksionis bertitik tolak dari pandangan bahwa bahasa adalah perpaduan
faktor ....
A. sosial
dan pribadi
B. fisik
dan psikis
C. bakat
dan kesempatan
D. genetik
dan lingkungan
15. Saat
dimana seorang anak berusia 2-3 tahun sering berbicara sendiri termasuk ke
dalam tipe perkembangan berbicara anak ....
A. egosentric speech
B. socialized speech
C. intuitive speech
D. expandy speech
16. Salah
satu faktor yang dapat dijadikan ukuran kemampuan berbicara seseorang dilihat
dari aspek kebahasaan adalah ....
A. sikap
tubuh
B. penalaran
dan penguasaan terhadap topik tertentu
C. ketepatan
sasaran pembicaraan
D. kesediaan
menghargai gagasan orang lain
17. Salah
satu cara untuk mengetahui tingkat kemampuan berbicara anak adalah dengan cara ....
A. mengetahui
arti kata yang digunakan
B. membunyikan
kata-kata sesuai keinginannya
C. intonasi
dan kenyaringan suara
D. melihat
sikap tubuhnya ketika berbicara
18. Suatu
tahap dimana anak mulai membuat tanda-tanda dengan menggunakan alat tulis
disebut ....
A. linear repetitive stage
B. random letter stage
C. phonetic writing
D. scribble stage
19. Tahap
awal kemampuan menulis anak terlihat ketika anak menulis dengan cara ....
A. tidak
teratur
B. menggambar
C. membuat
goresan tulisan berbentuk huruf
D. mencontoh
tulisan yang ada
20. Ketika
anak mulai tertarik pada bacaan dan mampu mengingat tulisan dalam konteks tertentu
maka anak tersebut dapat dikategorikan telah mampu memenuhi tahap ....
A. pengenalan
bacaan
B. pembentukan
huruf dan angka
C. membaca
huruf dan angka
D. fantasi
diri
21. Kemampuan
anak untuk membedakan berbagai suara disekelilinginya, membuktikan bahwa anak
tersebut telah memenuhi kemampuan ....
A. acuity
B. auditory discrmination
C. auding
D. audition
22. Berikut
ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak,
menurut Bromley adalah ....
A. penyimak
B. situasi
C. pembicara
D. informasi
23. Fungsi
utama menyimak pada anak usia TK adalah ....
A. membantu
perkembangan kognitif anak
B. mempercepat
kemandirian anak
C. membantu
perkembangan daya imajinasi anak
D. memperkuat
kemampuan ekspresi tubuh anak
24. Perbedaan
utama antara mendengar dan menyimak terutama pada anak, disebabkan karena
adanya faktor ....
A. kegiatan
B. gangguan
komunikasi
C. kesengajaan
D. pembicara
25. Dasar
utama untuk seorang anak belajar bahasa dan mampu berbahasa adalah kemampuanya
melakukan kegiatan ....
A. mendengarkan
B. berbicara
C. membaca
D. menulis
26. Dari
sejumlah tujuan menyimak yang telah di identifikasi maka tujuan pokok menyimak
bagi anak adalah untuk ....
A. bermain
B. memecahkan
masalah
C. belajar
D. menambah
kosa kata
27. Mengajarkan
kepada anak tentang cara menerima pesan telepon secara singkat, adalah suatu
bentuk menyimak ....
A. informatif
B. kritis
C. apresiatif
D. komunatif
28. Kegiatan
berkelompok yang dapat meningkatkan kemampuan anak menyimak adalah ....
A. berpuisi
B. bermain
peran
C. lomba
pidato
D. diskusi
29. Memperkenalkan
berbagai bunyi-bunyian pada saat anak belajar membaca biasanya menggunakan
metode ....
A. dengar
- baca
B. tebak
- terka
C. tanya
- jawab
D. simak
– ulang ucap
30. Alasan
perlunya menumbuhkan cinta membaca pada anak adalah ....
A. kegunaan
membaca menjadikan anak senang membaca komik kesukaannya
B. senang
membaca akan mampu mengembangkan pola berpikir kreatif
C. terampil
menjadikan anak tidak mudah sedih
D. mampu
membaca berarti anak bisa mengetahui isi iklan-iklan yang ada di jalan raya
31. Seseorang
yang ingin memperoleh informasi, fakta dan kejadian sehari-hari melalui
kegiatan membaca adalah termasuk keinginan seseorang untuk ....
A. mengembangkan
diri
B. menyalurkan
waktu senggang
C. mencari
hiburan
D. pandai
berbicara di depan orang lain
32. Tuntutan
agar anak memahami dan membedakan suara-suara umum dilingkungan merekan disebut
kemampuan ....
A. mendengarkan
bunyi-bunyian
B. merespon
setiap bunyi
C. membedakan
auditorial
D. menabak
bunyi-bunyian yang mengganggu mereka
33. Salah
satu faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca anak adalah faktor ....
A. intelegensia
B. kesempatan
C. perkataan
orang tua
D. motivasi
34. Metode
yang mengandalkan pada pelajaran alfabet yang diberikan dahulu kepada anak dan
mempelajari nama-nama huruf dan bunyinya disebut dengan metode ....
A. pengalaman
bahasa
B. fonik
C. pendukung
konteks
D. lihat
dan katakan
35. Fungsi
kegiatan bercerita bagi anak usia 4-6 tahun adalah ....
A. membantu
perkembangan bahasa anak
B. memanfaatkan
waktu luang anak
C. mempelajari
dunia di luar lingkungan anak
D. mengurangi
sifat ego anak
36. Usaha
guru dan orang tua agar anak mampu memahami isi atau metode ide-ide pokok dalam
suatu cerita secara keseluruhan adalah untuk ....
A. meningkatkan
daya konsentrasi anak
B. belajar
komunikasi secara verbal
C. mengembangkan
daya nalar anak
D. melatih
daya serap anak
37. Seorang
guru yang bercerita tanpa menggunakan alat peraga biasanya mengandalkan
kemampuan ....
A. gerakan
anggota tubuhnya
B. penampilan
C. mengembangkan
materi cerita
D. menggambar
38. Seorang
guru yang membawa seekor kelinci di dalam ruang kelas untuk melengkapi suatu
cerita yang akan disampaikan kepada murid-muridnya adalah asaha menggunakan
alat peraga ....
A. hidup
B. langsung
C. sesungguhnya
D. komplementer
39. Bermain
merupakan berbagai macam kegiatan anak yang bersifat nonserius yang mampu
memberikan ....
A. imajinasi
B. kepuasan
C. rekreasi
D. kesibukan
40. Bermain
dengan menampilkan bermacam-macam peran akan meningkatkan perkembangan ....
A. sosial
anak
B. imajinasi
anak
C. jiwa
anak
D. fisik
anak
No comments:
Post a Comment