Cloud Hosting Indonesia

17 April, 2014

Soal Metode Pengembangan Bahasa



LATIHAN MANDIRI
METODE PENGEMBANGAN BAHASA
(PGTK2203)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 40,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Salah satu bukti bahwa bahasa adalah alat komunikasi untuk manusia adalah ....           
A.   simpanse hanya memakai beberapa kosa kata
B.   simpanse tidak dapat menghasilkan kalimat-kalimat yang orsinil
C.   setiap hewan hanya berkomunikasi melalui indera penciuman
D.   setiap hewan hanya mampu menggunakan bahasa isyarat

2.   Salah satu aspek penting yang membedakan bahasa manusia dan sistem isyarat pada hewan adalah ....
A.   manusia menggunakan bahasa untuk berkomunikasi
B.   bahasa manusia mengutamakan simbol-simbol yang penuh makna
C.   informasi yang disampaikan antar hewan hanya bersifat isyarat
D.   kemampuan berbahasa hewan hanya bersifat alamiah
     
3.   Untuk membedakan pengertian bahasa dengan komunikasi, maka hal penting tentang arti bahasa adalah ....
A.   ekspresi komunikasi
B.   simbol verbal dan nonverbal yang dijamak manusia
C.   sistem lambang yang berfungsi menyatakan suatu bangsa
D.   suatu sistem simbol yang teratur

4.   Urutan nyata kata-kata dalam suatu kalimat disebut dengan struktur ....
A.   kedalaman
B.   horizontal
C.   permukaan
D.   sintaksis

5.   Salah satu karakteristik yang menjadikan bahasa sebagai bentuk visual komunikasi adalah ....
A.   simbol fenomena
B.   arbitrari
C.   pragmatis
D.   kosa kata dinamis

6.   Bahasa memudahkan manusia untuk mengingat kembali suatu informasi dan menghubungkannya dengan informasi yang baru diperoleh. Hal ini menunjukkan suatu fungsi bahasa yang mampu ....
A.   membantu perkembangan kognitif
B.   memahami fenomena yang terjadi
C.   mengekspresikan keragaman individu
D.   mengembangkan tingkat kemampuan berpikir

7.   Kemampuan berbahasa manusia adalah bagian dari perkembangan manusia yang dipengaruhi oleh ...
A.   kematangan otak
B.   perkembangan sistem neurologi tertentu
C.   struktur bahasa nasional
D.   fonologi, sintaksis dan semantik bahasa

8.   Teori yang menyatakan bahwa semantik berperan lebih penting dibandingkan dengan struktur bahasa disebut ....
A.   Language Acquisition Device Theory
B.   Chomsky Theory
C.   Thought and Language Theory
D.   Transformational grammar Theory

9.   Oleh karena bahasa dipelajari melalui pengkondisian dari lingkungan dan unitari orang dewasa maka seorang anak harus belajar berbahasa melalui proses ....
A.   bertahap
B.   peniruan
C.   internal
D.   interaktif

10.  Anak yang belajar bahasa dengan melalui peniruan suatu model yang berarti tidak harus menerima penguatan dari orang lain, adalah teori dari ....
A.   Bandura
B.   Brown
C.   Cazden
D.   Bellugi

11.   Pendapat yang menyatakan bahwa anak dilahirkan dengan kecerdasan untuk berperan aktif terhadap lingkungan adalah teori ....
A.   kognitif
B.   interpreatif
C.   evolusi
D.   interaksionis
12.   Berbeda dengan Vygotsky maka Piaget menyatakan perkembangan bahasa pada anak bersifat ....
A.   pengalaman dan penalaran
B.   kontekstual dan sinergis
C.   egosentris dan non sosial
D.   holistik dan personal

13.   Menurut teori pragmatik, seorang anak sedang belajar berbahasa termotivasi oleh ....
A.   fungsi bahasa yang bermanfaat baginya
B.   lingkungan keluarganya
C.   media yang diberikan oleh orang dewasa
D.   informasi yang menarik baginya

14.   Kajian teori interaksionis bertitik tolak dari pandangan bahwa bahasa adalah perpaduan faktor ....
A.   sosial dan pribadi
B.   fisik dan psikis
C.   bakat dan kesempatan
D.   genetik dan lingkungan

15.   Saat dimana seorang anak berusia 2-3 tahun sering berbicara sendiri termasuk ke dalam tipe perkembangan berbicara anak ....
A.   egosentric speech
B.   socialized speech
C.   intuitive speech
D.   expandy speech

16.   Salah satu faktor yang dapat dijadikan ukuran kemampuan berbicara seseorang dilihat dari aspek kebahasaan adalah ....
A.   sikap tubuh
B.   penalaran dan penguasaan terhadap topik tertentu
C.   ketepatan sasaran pembicaraan
D.   kesediaan menghargai gagasan orang lain

17.   Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kemampuan berbicara anak adalah dengan cara ....
A.   mengetahui arti kata yang digunakan
B.   membunyikan kata-kata sesuai keinginannya
C.   intonasi dan kenyaringan suara
D.   melihat sikap tubuhnya ketika berbicara

18.   Suatu tahap dimana anak mulai membuat tanda-tanda dengan menggunakan alat tulis disebut ....
A.   linear repetitive stage
B.   random letter stage
C.   phonetic writing
D.   scribble stage

19.   Tahap awal kemampuan menulis anak terlihat ketika anak menulis dengan cara  ....
A.   tidak teratur
B.   menggambar
C.   membuat goresan tulisan berbentuk huruf
D.   mencontoh tulisan yang ada

20.   Ketika anak mulai tertarik pada bacaan dan mampu mengingat tulisan dalam konteks tertentu maka anak tersebut dapat dikategorikan telah mampu memenuhi tahap ....
A.   pengenalan bacaan          
B.   pembentukan huruf dan angka
C.   membaca huruf dan angka
D.   fantasi diri

21.   Kemampuan anak untuk membedakan berbagai suara disekelilinginya, membuktikan bahwa anak tersebut telah memenuhi kemampuan ....
A.   acuity
B.   auditory discrmination
C.   auding
D.   audition

22.   Berikut ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak, menurut Bromley adalah ....
A.   penyimak
B.   situasi
C.   pembicara
D.   informasi

23.   Fungsi utama menyimak pada anak usia TK adalah ....
A.   membantu perkembangan kognitif anak
B.   mempercepat kemandirian anak
C.   membantu perkembangan daya imajinasi anak
D.   memperkuat kemampuan ekspresi tubuh anak

24.   Perbedaan utama antara mendengar dan menyimak terutama pada anak, disebabkan karena adanya faktor ....
A.   kegiatan
B.   gangguan komunikasi
C.   kesengajaan
D.   pembicara

25.   Dasar utama untuk seorang anak belajar bahasa dan mampu berbahasa adalah kemampuanya melakukan kegiatan ....
A.   mendengarkan
B.   berbicara
C.   membaca
D.   menulis

26.   Dari sejumlah tujuan menyimak yang telah di identifikasi maka tujuan pokok menyimak bagi anak adalah untuk ....
A.   bermain
B.   memecahkan masalah
C.   belajar
D.   menambah kosa kata

27.   Mengajarkan kepada anak tentang cara menerima pesan telepon secara singkat, adalah suatu bentuk menyimak  ....
A.   informatif
B.   kritis
C.   apresiatif
D.   komunatif

28.   Kegiatan berkelompok yang dapat meningkatkan kemampuan anak menyimak adalah ....
A.   berpuisi
B.   bermain peran
C.   lomba pidato
D.   diskusi

29.   Memperkenalkan berbagai bunyi-bunyian pada saat anak belajar membaca biasanya menggunakan metode ....
A.   dengar - baca
B.   tebak - terka
C.   tanya - jawab
D.   simak – ulang ucap

30.   Alasan perlunya menumbuhkan cinta membaca pada anak adalah ....
A.   kegunaan membaca menjadikan anak senang membaca komik kesukaannya
B.   senang membaca akan mampu mengembangkan pola berpikir kreatif
C.   terampil menjadikan anak tidak mudah sedih
D.   mampu membaca berarti anak bisa mengetahui isi iklan-iklan yang ada di jalan raya

31.   Seseorang yang ingin memperoleh informasi, fakta dan kejadian sehari-hari melalui kegiatan membaca adalah termasuk keinginan seseorang untuk  ....
A.   mengembangkan diri
B.   menyalurkan waktu senggang
C.   mencari hiburan
D.   pandai berbicara di depan orang lain

32.   Tuntutan agar anak memahami dan membedakan suara-suara umum dilingkungan merekan disebut kemampuan ....
A.   mendengarkan bunyi-bunyian
B.   merespon setiap bunyi
C.   membedakan auditorial
D.   menabak bunyi-bunyian yang mengganggu mereka

33.   Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca anak adalah faktor ....
A.   intelegensia
B.   kesempatan
C.   perkataan orang tua
D.   motivasi

34.   Metode yang mengandalkan pada pelajaran alfabet yang diberikan dahulu kepada anak dan mempelajari nama-nama huruf dan bunyinya disebut dengan metode ....
A.   pengalaman bahasa
B.   fonik
C.   pendukung konteks
D.   lihat dan katakan

35.   Fungsi kegiatan bercerita bagi anak usia 4-6 tahun adalah ....
A.   membantu perkembangan bahasa anak
B.   memanfaatkan waktu luang anak
C.   mempelajari dunia di luar lingkungan anak
D.   mengurangi sifat ego anak

36.   Usaha guru dan orang tua agar anak mampu memahami isi atau metode ide-ide pokok dalam suatu cerita secara keseluruhan adalah untuk ....
A.   meningkatkan daya konsentrasi anak
B.   belajar komunikasi secara verbal
C.   mengembangkan daya nalar anak
D.   melatih daya serap anak

37.   Seorang guru yang bercerita tanpa menggunakan alat peraga biasanya mengandalkan kemampuan ....
A.   gerakan anggota tubuhnya
B.   penampilan
C.   mengembangkan materi cerita
D.   menggambar

38.   Seorang guru yang membawa seekor kelinci di dalam ruang kelas untuk melengkapi suatu cerita yang akan disampaikan kepada murid-muridnya adalah asaha menggunakan alat peraga ....
        A.   hidup
B.   langsung
C.   sesungguhnya
D.   komplementer

39.   Bermain merupakan berbagai macam kegiatan anak yang bersifat nonserius yang mampu memberikan ....
A.   imajinasi
B.   kepuasan
C.   rekreasi
D.   kesibukan
     
40.   Bermain dengan menampilkan bermacam-macam peran akan meningkatkan perkembangan ....
A.   sosial anak
B.   imajinasi anak
C.   jiwa anak
D.   fisik anak

No comments:

Post a Comment