LATIHAN MANDIRI
STRATEGI
PEMBELAJARAN TK
(PGTK2202)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Salah satu
contoh pengertian pendidikan dalam arti luas yang diterapkan di lingkungan
masyarakat misalnya dengan ....
A. menyampaikan pelajaran sesuai
kurikulum
B. melatih anak merapihkan mainan
setelah bermain
C. mengajak anak mengunjungi kebun
binatang
D. anak belajar menerima kekalahan
saat bermain dengan temannya
2. Antara
pendidikan TK dengan usia dini terdapat perbedaan dalam hal-hal berikut, kecuali
....
A. batas usia anak
B. kurikulum yang diberikan
C. metode yang disampaikan guru
D. tujuan pendidikan
3. Menurut Ki Hajar Dewantoro ada 3
pusat dalam pendidikan yaitu, keluarga, rumah dan masyarakat yang dapat
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan demikian ....
A. anak belajar dari perilaku
masyarakat
B. sekolah berada di lingkungan
masyarakat
C. masyarakat bertanggung jawab atas
pendidikan anak
D. masyarakat ikut berperan dalam
pendidikan anak
4. Untuk
mengembangkan kecerdasan emosi anak, maka guru dalam pembelajaran melakukan
kegiatan ....
A. belajar mewarnai gambar
B. berdoa sebelum makan
C. berbagai mainan dengan teman
D. membuat origami
5. Guru mengajak
anak berjalan-jalan di sekitar sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengembang-kan
kemampuan-kemampuan seperti dibawah ini, kecuali ....
A. motorik halusnya
B. daya pikirnya
C. rasa ingin tahunya
D. sosialisasi dengan lingkungan
6. Dalam pembuatan kurikulum TK perlu memperhatikan
karakteristik anak. Hal ini karena ....
A. anak yang akan terlibat langsung
dengan kurikulum tersebut
B. seluruh aspek dalam diri anak
perlu dikembangkan
C. anak TK masih polos
kepribadiannya
D. anak TK akan menyesuaikan diri
dengan kurikulum yang berlaku
7. Untuk
mengembangkan kemampuan dasar pada diri anak TK kegiatan yang dapat dilakukan
guru diantaranya ....
A. berdoa sebelum memulai pelajaran
B. memberi salam ketika hendak
pulang sekolah
C. makan bersama pada waktunya
D. bermain di bak pasir
8. Kegiatan yang
sesuai dengan hakikat pembelajaran untuk anak TK dapat melalui ....
A. mendengarkan cerita guru
B. mendiskusikan tentang suatu
masalah
C. belajar di luar kelas
D. tanya jawab tentang kegiatan
siswa
9. Seorang anak
umur 2 tahun baru bisa belajar bicara hal ini dikarenakan adanya ....
A. gangguan pada otot bicaranya
B. kurang makanan bergizi
C. faktor keturunan
D. faktor lingkungan
10. Perkembangan
seorang anak menyangkut beberapa prinsip, diantaranya ....
A. perkembangan mengikuti pola atau arah
tertentu
B. adanya dukungan dari pola asuh anak
C. pengaruh intelegensi anak pada masa sekolah
D. kebudayaan masyarakat sekitar
11. Tahap perkembangan anak apabila dilihat
berdasarkan analisis dikdaktis maka diantaranya mengalami tahap sekolah ibu,
maksudnya adalah ....
A. anak waktunya bersama ibu
B. ibu mulai memasukkan anaknya ke-sekolah
formal
C. anak belajar bersama ibunya
D. ibu dan anak belajar bersama disekolah
12. Diusianya yang ke 4 tahun, secara fisik Adi
diharapkan sudah dapat ....
A. berjalan tanpa dituntun
B. membentuk bulatan dengan tepat
C. memasang kancing baju sendiri
D. memakai sepatu sendiri
13. Di saat pelajaran menggambar Neby yang duduk
di TK, ditanya guru sedang meng-gambar apa dengan cepat Neby menjawab sedang
menggambar wajah bu guru yang cantik dengan bibir dan pipi merah. Hal ini
karena Neby ....
A. punya bakat menggambar
B. mengkhayal wajah bu guru
C. senang pada gurunya
D. tidak ada objek gambar yang lain
14. Pertanyaan anak usia 4 tahun kadang-kadang
membuat bingung orang menjawabnya. Hal ini karena ....
A. ingin diperhatikan
B. keingintauannya
C. perkembangan kognitifnya
D. perkembangan motoriknya
15. Sekelompok anak laki-laki sedang bermain
mobil-mobilan. Hal ini karena anak-anak tersebut ....
A. sesuai dengan jenis kelaminnya
B. tidak ada mainan lainnya
C. sesuai anjuran guru
D. merasa malu kalau bermain boneka
16. Nina lahir di Hongkong. Pada usia 6 tahun
orang tua Nina pulang ke tanah air. Saat ini Nina fasih berbahasa mandarin dan
Indonesia. Hal ini dikarenakan ....
A. komunikasi dengan orang tua lain dengan teman
di sekolahnya
B. di sekolah diajarkan bahasa Mandarin
C. Nina senang mempelajari bahasa lain
D. di rumah diharuskan belajar 2 bahasa
17. Selain belajar di kelas anak-anak TK juga
diajak berjalan-jalan di sekitar sekolah. Hal ini untuk mengembangkan
kemampuan-kemampuan berikut kecuali ....
A. sosialisasi dengan lingkungan
B. bahasa
C. motorik
D. koqnitif
18. Hal-hal yang perlu diperhatikan guru yang
akan mengajarkan menulis pada anak TK diantaranya adalah ....
A. kemampuan koqnitifnya
B. cara berlatihnya
C. kematangan motoriknya
D. suasana emosi anak
19. Anak yang kemampuan motoroknya halusnya belum
matang maka ....
A. jalannya sering jatuh
B. bicaranya belum lancar
C. cara memegang pensil belum tepat
D. kalau menghitung salah
20. Guru atau orang tua yang mengajak anak pergi
kekebun binatang bertujuan untuk ....
A. variasi dalam belajar
B. mengajak jalan-jalan anak
C. bersosialisasi dengan lingkungan
D. mengenal anak lebih dekat
21. Masing-masing anak mempunyai karakteristik
yang berbeda untuk itu guru perlu menerapkan strategi pembelajaran dengan
memperhatikan ….
A. masing-masing anak didik
B. pelajaran yang akan diberikan
C. waktu penyampaian pelajaran
D. suasana hati anak didik
22. Anak kelas B TK Ananda diajak guru melihat
film tentang cara belajar yang dilakukan anak yang ada di daerah terpencil.
Banyak yang berkomentar melihat ada temannya yang bersekolah tidak menggunakan
sepatu. Penjelasan guru pada anak didiknya diantaranya adalah ….
A. bahwa anak tersebut tidak mau pakai sepatu
B. anak tidak diperbolehkan pakai sepatu
C. daerah tersebut tidak ada yang jual sepatu
D. orang tua tidak mampu membelikan sepatu
23. Belajar sambil bermain adalah kegiatan yang
harus dilakukan dalam pembelajaran di TK. Hal ini bertujuan untuk ....
A. mengembangkan semua aspek per-kembangannya
B. supaya anak senang dalam belajarnya
C. guru membuat variasi dalam mengajar
D. melaksanakan kurikulum yang berlaku
24. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk
menambah pengalaman belajar anak diantaranya melalui ….
A. karyawisata ketempat polisi udara
B. membaca di perpustakaan
C. anak diminta membawa macam-macam buah
D. meronce dengan kertas warna
25. Agar kemampuan berbahasa anak TK dapat
berkembang dengan baik maka strategi pembelajaran yang dapat dilakukan guru
dapat berupa ….
A. mengajak anak untuk menceritakan kegiatan
sepulang sekolah
B. membawa anak berkaryawisata
C. meminta anak menuliskan pengalaman liburannya
D. memantau cara anak berkomunikasi dengan
temannya
26. Anak TK harus selalu diberikan motivasi agar
tumbuh minat belajarnya. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya melalui
....
A. pemberian ucapan selamat
B. pemberitahuan pada anak lain
C. surat penghargaan
D. nilai yang bagus
27. Salah satu tujuan penilaian pada anak TK
adalah merencanakan pembelajaran untuk individu dan kelompok dan untuk
ber-komunikasi dengan orang tua. Pengertian pernyataan tersebut adalah ....
A. anak perlu menyesuaikan dengan kuri-kulum
yang berlaku
B. orang tua diminta bantuannya dalam mendidik
anaknya
C. guru dalam menyampaikan pembelajaran
disesuaikan dengan anak didiknya
D. guru membimbing perkembangan belajar anak
didiknya
28. Salah satu komponen dalam perencanaan
pembelajaran menurut Nana Sujana adalah cara pencapaian kegiatan. Maksudnya
adalah guru dalam membuat rencana harus memperhatikan ....
A. metode yang sesuai dengan materi yang
diajarkan
B. membuat anak aktif dalam belajar
C. menawarkan pada siswa kegiatan yang ingin
dilakukan
D. media yang sesuai dengan siswa
29. Ketika guru mengajarkan cara mewarnai
gambar, maka tujuan yang hendak dicapai anak adalah ....
A. kemampuan motorik kasarnya
B. mengembangkan bakatnya
C. kemampuan motorik halusnya
D. mengembangkan kognitifnya
30. Tema ‘pakaian’ yang akan disampaikan guru
secara terpadu dapat mengembangkan aspek seperti tersebut di bawah ini kecuali
....
A. bakat
B. bahasa
C. kognitif
D. sosial-emosional
31. Contoh dari kegiatan belajar sambil bermain,
misalnya ....
A. belajar mengenal huruf dengan bernyanyi
B. makan di tempat arena bermain
C. praktek ibadah di tempat ibadah
D. membaca dengan gambar-gambar ber-warna
32. Di sekolah TK biasanya disediakan arena untuk
bermain pasir yang digunakan anak untuk mengembangkan kemampuan ....
A. motorik kasarnya
B. bakatnya
C. motorik halusnya
D. bersosialisasi
33. Salah satu prinsip penilaian adalah
menunjuk-kan keunggulan dan kemampuan anak. Pengertiannya adalah ....
A. semua yang ada pada diri anak disampaikan
pada orang tua
B. kegiatan awal di dalam kelas selalu diamati
dan diarahkan
C. anak yang belum bisa membaca diberikan
remedial
D. kekurangan maupun kelebihan anak dibuat
laporan
34. Kemampuan dasar anak yang perlu dipersiapkan
guru diantaranya daya cipta. Dalam hal ini guru perlu memperhatikan ....
A. bakat yang ada pada diri anak
B. pengembangan kreativitas anak
C. pengembangan koqnitif anak
D. kemampuan motorik anak
35. Tema-tema yang akan disampaikan dalam
pembelajaran disusun dalam ....
A. program tahunan
B. proram semestar
C. satuan kegiatan harian (SKH)
D. perencanaan mingguan
36. Dalam menyusun rencana pembelajaran, minimal
hal-hal yang bisa ditampilkan diantaranya meliputi kegiatan ....
A. bernyanyi, mengembangkan kemampuan bahasa
B. mengenal huruf, dan angka
C. bermain pasir, bermain balok
D. karyawisata, bermain pasir
37. Seorang anak yang sedang belajar naik sepeda
roda 2 maka proses belajar pada anak tersebut terjadi saat ....
A. anak jatuh dari sepeda
B. ibu menuntun anak tersebut
C. anak membeli sepeda
D. anak mengeluarkan sepeda
38. Ketika Umi tidak suka pelajaran matematika maka kemungkinan
pengalaman belajar yang didapat Umi ....
A. ketinggalan alat tulis
B. pelajaran matematika sulit
C. salah dalam menghitung
D. melihat teman dimarahi gurunya
39. Ima sekarang tidak takut lagi dengan kucing
setelah melihat sirkus. Hal ini karena
ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada diri Ima diantaranya adalah ....
A. kucing tidak menggigit
B. kucing bisa diajak bermain
C. Ima diberi kucing
D. kucing binatang lucu
40. Apabila kita amati di luar kelas, anak-anak
TK ada yang sedang memanjat, berlari, bermain ayunan, bercerita dengan teman
serta sedang menikmati bekalnya. Hal ini menunjukkan bahwa anak TK ....
A. sedang belajar
B. sedang bermain
C. menunjukkan aktivitasnya
D. tidak ada pelajaran
41. Anak umur 2 tahun belum saatnya diajarkan
menulis, karena ....
A. anak belum hafal huruf
B. kognitifnya belum berkembang sempurna
C. motorik halusnya belum mencapai kematangan
D. belum dapat berkonsentrasi dengan baik
42. Sebuah sekolah yang dibangun di lingkungan
pabrik akan mempengaruhi belajar anak karena ....
A. suara berisik dari mesin pabrik
B. terlalu banyak orang lewat
C. guru juga sebagai karyawan pabrik
D. anak tidak bisa bermain bebas
43. Seorang anak yang selalu dilarang dalam
setiap kegiatannya akan menjadi anak yang pasif. Hal ini karena anak ....
A. selalu merasa diawasi setiap kegiatannya
B. tidak punya kreativitas
C. menjadi takut beraktivitas
D. tidak mampu berkomunikasi
44. Salah satu cara guru melakukan kegiatan bagi
anak dengan gaya belajar visual diantaranya adalah dengan ....
A. bermain peran
B. membuat kue
C. melipat kertas
D. bermain di halaman
45. Untuk mengembangkan kemampuan motorik
kasarnya anak diajak guru bermain di halaman sekolah. Cara ini dilakukan agar
siswa dapat, seperti berikut, kecuali ....
A. bebas bergerak di udara terbuka
B. bertemu dengan teman-temannya
C. menambah pengalaman
D. mengenal lingkungan
46. Dalam melaksanakan pembelajaran, guru
hendaknya memperhatikan strategi yang akan dipilih. Hal ini dimaksudkan agar
....
A. memudahkan guru dalam mengajar
B. kegiatan pembelajaran dapat terkontrol
C. kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan
yang akan dicapai
D. guru akan terarah dalam menyampaikan materi
pelajarannya
47. Apabila guru memilih kegiatan kreatif sebagai
salah datu pola kegiatan dalam strategi pembelajaran, maka guru mengajak anak
didiknya ....
A. bermain lompat tali
B. menggambar bebas
C. menempel
D. menggunting
48. Vivi dengan semangat ikut menggiring bola
saat ikut bermain bola dengan Didi kakaknya. Hal ini karena Vivi ....
A. diajak main bola Didi
B. di rumah tidak ada teman bermain
C. mempunyai kepribadian ganda
D. lebih senang bermain bola karena lebih aktif
49. Menurut Bruner, anak membangun pengetahuannya
melalui kegiatannya dengan orang dewasa dalam bentuk yang terus berkembang
seperti menentukan format, peranan dan kebiasaan. Maksudnya adalah ....
A. anak tukang sayur akan bercita-cita menjadi
tukang sayur
B. di sekolah anak akan mengikuti gaya gurunya
C. orang tua harus selalu tetap dalam memberikan
peraturan
D. anak akan meniru perilaku temannya
50. Anak yang tinggal di kota akan terlihat aktif
dalam pergaulannya dengan anak dibebaskan sebab ....
A. di kota banyak fasilitas yang dapat dinikmati
B. di desa anak-anak tidak punya teman bermain
C. di desa orang tua tidak bisa dipakai sebagai
contoh
D. di kota anak-anak terlalu banyak makan
makanan bergizi
51. Agar pembelajaran dapat menarik perhatian
anak, maka usaha yang harus dilakukan guru diantaranya ....
A. guru memberikan hadiah setiap selesai pelajaran
B. mengajak siswa berjalan-jalan kekebun
binatang
C. menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap
D. guru memperhatikan anak secara individu
52. Apabila guru tidak memperhatikan analisis LATIHAN sebagai salah
satu jenis strategi pembelajarfan umum di TK, maka ....
A. proses pembelajaran tidak akan sempurna
B. anak tidak tahu keberhasilan dirinya
C. orang tua tidak puas atas hasil yang dicapai
anaknya
D. guru tidak menerapkan strategi dengan baik
53. Contoh kalimat ajakan yang dapat menarik
minat anak untuk mengikuti pelajaran adalah ....
A. “anak-anak ayo ... siapa yang mau membantu
ibu guru membagikan bola ini …”
B. “siapa yang bisa membuat lingkaran seperti
ini …”
C. “anak-anak yang pekerjaannya selesai duluan
dan rapi, beri gambar binatang”
D. “siapa yang sudah selesai dikumpulkan
kedepan”
54. Dalam strateginya Bu Ira menerapkan do-it
signal dalam pembelajarannya. Maka yang disampaikan Bu Ira pada
siswa-siswanya seperti ....
A. “anak-anak, ibu mau mengajak jalan-jalan ke
taman bunga”
B. “siapa yang tadi pagi belum sarapan”
C. “apa warna bendera negara kita …, siapa yang
tahu”
D. “siapa yang dirumah punya adik …?”
55. Salah satu kiat mengemukakan beberapa teknik
bertanya dalam pembelajaran adalah menghargai jawaban anak. Maksudnya adalah
....
A. apapun jawaban anak, guru harus menerima
B. membimbing apabila jawaban anak salah
C. memberi hadiah pada anak apabila menjawab
benar
D. anak diminta mencari jawaban yang benar
56. Contoh kegiatan eksploratori yang dapat
dilakukan guru dalam pembelajaran diantara-nya adalah ....
A. guru mengajak anak mendengar cerita di
perpustakaan
B. anak diberi kesempatan menggambar bebas di
halaman sekolah
C. anak diminta membawa macam-macam sayuran dan
buah
D. guru mengajak anak mengumpulkan
bermacam-macam daun yang jatuh di halaman sekolah
57. Melalui penemuan terbimbing maka diharapkan
anak dapat ....
A. belajar secara terarah
B. menyimpulkan hasil penemuannya
C. bersosialisasi dengan gurunya
D. perhatian dari gurunya
58. Untuk menerapkan pelatihan pemecahan masalah
bagi anak TK dalam pembelajar-annya, guru mengadakan kegiatan ....
A. mencapur warna
B. bermain puzzle
C. menyusun balok kayu
D. meronce
59. Untuk melatih anak TK berdiskusi, guru dapat
menyampaikan salah satu topiknya adalah, “pakaian” maka hal-hal yang bisa
didiskusikan diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. “apa warna seragam kita hari ini”
B. “bagaimana cara merawat pakaian kita”
C. “bagaimana cara membuat pakaian”
D. “di mana kita bisa beli pakaian”
60. Sebelum meminta anak melakukan kegiatan meronce, guru memberi
petunjuk cara menempelkan kertasnya, dilanjutkan dengan cara meronce.
Demonstrasi yang dilakukan guru tersebut bermaksud agar anak didiknya ....
A. bisa melakukan dengan tepat tahapan meronce
B. meronce tanpa pertolongan guru
C. membantu teman apabila temannya tersebut tidak bisa meronce
D. kreatif dalam melakukan meronce
No comments:
Post a Comment