Cloud Hosting Indonesia

17 April, 2014

Soal Strategi Pembelajaran TK



LATIHAN MANDIRI
STRATEGI PEMBELAJARAN TK
(PGTK2202)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Salah satu contoh pengertian pendidikan dalam arti luas yang diterapkan di lingkungan masyarakat misalnya dengan ....    
A.   menyampaikan pelajaran sesuai kurikulum
B.   melatih anak merapihkan mainan setelah bermain
C.   mengajak anak mengunjungi kebun binatang
D.   anak belajar menerima kekalahan saat bermain dengan temannya

2.   Antara pendidikan TK dengan usia dini terdapat perbedaan dalam hal-hal berikut, kecuali ....       
A.   batas usia anak
B.   kurikulum yang diberikan
C.   metode yang disampaikan guru
D.   tujuan pendidikan
     
3.   Menurut Ki Hajar Dewantoro ada 3 pusat dalam pendidikan yaitu, keluarga, rumah dan masyarakat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan demikian ....
A.   anak belajar dari perilaku masyarakat
B.   sekolah berada di lingkungan masyarakat
C.   masyarakat bertanggung jawab atas pendidikan anak
D.   masyarakat ikut berperan dalam pendidikan anak

4.   Untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak, maka guru dalam pembelajaran melakukan kegiatan ....
A.   belajar mewarnai gambar
B.   berdoa sebelum makan
C.   berbagai mainan dengan teman
D.   membuat origami

5.   Guru mengajak anak berjalan-jalan di sekitar sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengembang-kan kemampuan-kemampuan seperti dibawah ini, kecuali ....
A.   motorik halusnya
B.   daya pikirnya
C.   rasa ingin tahunya
D.   sosialisasi dengan lingkungan

6.   Dalam  pembuatan kurikulum TK perlu memperhatikan karakteristik anak. Hal ini karena ....
A.   anak yang akan terlibat langsung dengan kurikulum tersebut
B.   seluruh aspek dalam diri anak perlu dikembangkan
C.   anak TK masih polos kepribadiannya
D.   anak TK akan menyesuaikan diri dengan kurikulum yang berlaku

7.   Untuk mengembangkan kemampuan dasar pada diri anak TK kegiatan yang dapat dilakukan guru diantaranya ....
A.   berdoa sebelum memulai pelajaran
B.   memberi salam ketika hendak pulang sekolah
C.   makan bersama pada waktunya
D.   bermain di bak pasir

8.   Kegiatan yang sesuai dengan hakikat pembelajaran untuk anak TK dapat melalui ....
A.   mendengarkan cerita guru
B.   mendiskusikan tentang suatu masalah
C.   belajar di luar kelas
D.   tanya jawab tentang kegiatan siswa

9.   Seorang anak umur 2 tahun baru bisa belajar bicara hal ini dikarenakan adanya ....
A.   gangguan pada otot bicaranya
B.   kurang makanan bergizi
C.   faktor keturunan
D.   faktor lingkungan

10.   Perkembangan seorang anak menyangkut beberapa prinsip, diantaranya ....
A.   perkembangan mengikuti pola atau arah tertentu
B.   adanya dukungan dari pola asuh anak
C.   pengaruh intelegensi anak pada masa sekolah
D.   kebudayaan masyarakat sekitar

11.   Tahap perkembangan anak apabila dilihat berdasarkan analisis dikdaktis maka diantaranya mengalami tahap sekolah ibu, maksudnya adalah ....
A.   anak waktunya bersama ibu
B.   ibu mulai memasukkan anaknya ke-sekolah formal
C.   anak belajar bersama ibunya
D.   ibu dan anak belajar bersama disekolah

12.   Diusianya yang ke 4 tahun, secara fisik Adi diharapkan sudah dapat ....
A.   berjalan tanpa dituntun
B.   membentuk bulatan dengan tepat
C.   memasang kancing baju sendiri
D.   memakai sepatu sendiri

13.   Di saat pelajaran menggambar Neby yang duduk di TK, ditanya guru sedang meng-gambar apa dengan cepat Neby menjawab sedang menggambar wajah bu guru yang cantik dengan bibir dan pipi merah. Hal ini karena Neby ....
A.   punya bakat menggambar
B.   mengkhayal wajah bu guru
C.   senang pada gurunya
D.   tidak ada objek gambar yang lain

14.   Pertanyaan anak usia 4 tahun kadang-kadang membuat bingung orang menjawabnya. Hal ini karena ....
A.   ingin diperhatikan
B.   keingintauannya
C.   perkembangan kognitifnya
D.   perkembangan motoriknya

15.   Sekelompok anak laki-laki sedang bermain mobil-mobilan. Hal ini karena anak-anak tersebut ....
A.   sesuai dengan jenis kelaminnya
B.   tidak ada mainan lainnya
C.   sesuai anjuran guru
D.   merasa malu kalau bermain boneka

16.   Nina lahir di Hongkong. Pada usia 6 tahun orang tua Nina pulang ke tanah air. Saat ini Nina fasih berbahasa mandarin dan Indonesia. Hal ini dikarenakan ....
A.   komunikasi dengan orang tua lain dengan teman di sekolahnya
B.   di sekolah diajarkan bahasa Mandarin
C.   Nina senang mempelajari bahasa lain
D.   di rumah diharuskan belajar 2 bahasa

17.   Selain belajar di kelas anak-anak TK juga diajak berjalan-jalan di sekitar sekolah. Hal ini untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan berikut kecuali ....
A.   sosialisasi dengan lingkungan
B.   bahasa
C.   motorik
D.   koqnitif

18.   Hal-hal yang perlu diperhatikan guru yang akan mengajarkan menulis pada anak TK diantaranya adalah ....
A.   kemampuan koqnitifnya
B.   cara berlatihnya
C.   kematangan motoriknya
D.   suasana emosi anak

19.   Anak yang kemampuan motoroknya halusnya belum matang maka ....
A.   jalannya sering jatuh
B.   bicaranya belum lancar
C.   cara memegang pensil belum tepat
D.   kalau menghitung salah

20.   Guru atau orang tua yang mengajak anak pergi kekebun binatang bertujuan untuk ....
A.   variasi dalam belajar
B.   mengajak jalan-jalan anak
C.   bersosialisasi dengan lingkungan
D.   mengenal anak lebih dekat

21.   Masing-masing anak mempunyai karakteristik yang berbeda untuk itu guru perlu menerapkan strategi pembelajaran dengan memperhatikan ….
A.   masing-masing anak didik
B.   pelajaran yang akan diberikan
C.   waktu penyampaian pelajaran
D.   suasana hati anak didik

22.   Anak kelas B TK Ananda diajak guru melihat film tentang cara belajar yang dilakukan anak yang ada di daerah terpencil. Banyak yang berkomentar melihat ada temannya yang bersekolah tidak menggunakan sepatu. Penjelasan guru pada anak didiknya diantaranya adalah ….
A.   bahwa anak tersebut tidak mau pakai sepatu
B.   anak tidak diperbolehkan pakai sepatu
C.   daerah tersebut tidak ada yang jual sepatu
D.   orang tua tidak mampu membelikan sepatu
23.   Belajar sambil bermain adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam pembelajaran di TK. Hal ini bertujuan untuk ....
A.   mengembangkan semua aspek per-kembangannya
B.   supaya anak senang dalam belajarnya
C.   guru membuat variasi dalam mengajar
D.   melaksanakan kurikulum yang berlaku

24.   Upaya yang dapat dilakukan guru untuk menambah pengalaman belajar anak diantaranya melalui ….
A.   karyawisata ketempat polisi udara
B.   membaca di perpustakaan
C.   anak diminta membawa macam-macam buah
D.   meronce dengan kertas warna

25.   Agar kemampuan berbahasa anak TK dapat berkembang dengan baik maka strategi pembelajaran yang dapat dilakukan guru dapat berupa ….
A.   mengajak anak untuk menceritakan kegiatan sepulang sekolah
B.   membawa anak berkaryawisata
C.   meminta anak menuliskan pengalaman liburannya
D.   memantau cara anak berkomunikasi dengan temannya

26.   Anak TK harus selalu diberikan motivasi agar tumbuh minat belajarnya. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya melalui ....
A.   pemberian ucapan selamat
B.   pemberitahuan pada anak lain
C.   surat penghargaan
D.   nilai yang bagus

27.   Salah satu tujuan penilaian pada anak TK adalah merencanakan pembelajaran untuk individu dan kelompok dan untuk ber-komunikasi dengan orang tua. Pengertian pernyataan tersebut adalah ....
A.   anak perlu menyesuaikan dengan kuri-kulum yang berlaku
B.   orang tua diminta bantuannya dalam mendidik anaknya
C.   guru dalam menyampaikan pembelajaran disesuaikan dengan anak didiknya
D.   guru membimbing perkembangan belajar anak didiknya

28.   Salah satu komponen dalam perencanaan pembelajaran menurut Nana Sujana adalah cara pencapaian kegiatan. Maksudnya adalah guru dalam membuat rencana harus memperhatikan ....
A.   metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan
B.   membuat anak aktif dalam belajar
C.   menawarkan pada siswa kegiatan yang ingin dilakukan
D.   media yang sesuai dengan siswa

29.   Ketika guru mengajarkan cara mewarnai gambar, maka tujuan yang hendak dicapai anak adalah ....
A.   kemampuan motorik kasarnya
B.   mengembangkan bakatnya
C.   kemampuan motorik halusnya
D.   mengembangkan kognitifnya

30.   Tema ‘pakaian’ yang akan disampaikan guru secara terpadu dapat mengembangkan aspek seperti tersebut di bawah ini kecuali ....
A.   bakat
B.   bahasa
C.   kognitif
D.   sosial-emosional

31.   Contoh dari kegiatan belajar sambil bermain, misalnya ....
A.   belajar mengenal huruf dengan bernyanyi
B.   makan di tempat arena bermain
C.   praktek ibadah di tempat ibadah
D.   membaca dengan gambar-gambar ber-warna

32.   Di sekolah TK biasanya disediakan arena untuk bermain pasir yang digunakan anak untuk mengembangkan kemampuan ....
A.   motorik kasarnya
B.   bakatnya
C.   motorik halusnya
D.   bersosialisasi

33.   Salah satu prinsip penilaian adalah menunjuk-kan keunggulan dan kemampuan anak. Pengertiannya adalah ....
A.   semua yang ada pada diri anak disampaikan pada orang tua
B.   kegiatan awal di dalam kelas selalu diamati dan diarahkan
C.   anak yang belum bisa membaca diberikan remedial
D.   kekurangan maupun kelebihan anak dibuat laporan

34.   Kemampuan dasar anak yang perlu dipersiapkan guru diantaranya daya cipta. Dalam hal ini guru perlu memperhatikan ....
A.   bakat yang ada pada diri anak
B.   pengembangan kreativitas anak
C.   pengembangan koqnitif anak
D.   kemampuan motorik anak

35.   Tema-tema yang akan disampaikan dalam pembelajaran disusun dalam ....
A.   program tahunan
B.   proram semestar
C.   satuan kegiatan harian (SKH)
D.   perencanaan mingguan

36.   Dalam menyusun rencana pembelajaran, minimal hal-hal yang bisa ditampilkan diantaranya meliputi kegiatan ....
A.   bernyanyi, mengembangkan kemampuan bahasa
B.   mengenal huruf, dan angka
C.   bermain pasir, bermain balok
D.   karyawisata, bermain pasir

37.   Seorang anak yang sedang belajar naik sepeda roda 2 maka proses belajar pada anak tersebut terjadi saat ....
A.   anak jatuh dari sepeda
B.   ibu menuntun anak tersebut
C.   anak membeli sepeda
D.   anak mengeluarkan sepeda

38.   Ketika Umi tidak suka pelajaran matematika maka kemungkinan pengalaman belajar yang didapat Umi ....
A.   ketinggalan alat tulis
B.   pelajaran matematika sulit
C.   salah dalam menghitung
D.   melihat teman dimarahi gurunya


39.   Ima sekarang tidak takut lagi dengan kucing setelah melihat sirkus. Hal ini karena ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada diri Ima diantaranya adalah ....
A.   kucing tidak menggigit
B.   kucing bisa diajak bermain
C.   Ima diberi kucing
D.   kucing binatang lucu
     
40.   Apabila kita amati di luar kelas, anak-anak TK ada yang sedang memanjat, berlari, bermain ayunan, bercerita dengan teman serta sedang menikmati bekalnya. Hal ini menunjukkan bahwa anak TK ....
A.   sedang belajar
B.   sedang bermain
C.   menunjukkan aktivitasnya
D.   tidak ada pelajaran

41.   Anak umur 2 tahun belum saatnya diajarkan menulis, karena ....
A.   anak belum hafal huruf
B.   kognitifnya belum berkembang sempurna
C.   motorik halusnya belum mencapai kematangan
D.   belum dapat berkonsentrasi dengan baik

42.   Sebuah sekolah yang dibangun di lingkungan pabrik akan mempengaruhi belajar anak karena ....
A.   suara berisik dari mesin pabrik
B.   terlalu banyak orang lewat
C.   guru juga sebagai karyawan pabrik
D.   anak tidak bisa bermain bebas

43.   Seorang anak yang selalu dilarang dalam setiap kegiatannya akan menjadi anak yang pasif. Hal ini karena anak ....
A.   selalu merasa diawasi setiap kegiatannya
B.   tidak punya kreativitas
C.   menjadi takut beraktivitas
D.   tidak mampu berkomunikasi

44.   Salah satu cara guru melakukan kegiatan bagi anak dengan gaya belajar visual diantaranya adalah dengan ....
A.   bermain peran
B.   membuat kue
C.   melipat kertas
D.   bermain di halaman

45.   Untuk mengembangkan kemampuan motorik kasarnya anak diajak guru bermain di halaman sekolah. Cara ini dilakukan agar siswa dapat, seperti berikut, kecuali ....
A.   bebas bergerak di udara terbuka
B.   bertemu dengan teman-temannya
C.   menambah pengalaman
D.   mengenal lingkungan

46.   Dalam melaksanakan pembelajaran, guru hendaknya memperhatikan strategi yang akan dipilih. Hal ini dimaksudkan agar ....
A.   memudahkan guru dalam mengajar
B.   kegiatan pembelajaran dapat terkontrol
C.   kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
D.   guru akan terarah dalam menyampaikan materi pelajarannya

47.   Apabila guru memilih kegiatan kreatif sebagai salah datu pola kegiatan dalam strategi pembelajaran, maka guru mengajak anak didiknya ....
A.   bermain lompat tali
B.   menggambar bebas
C.   menempel
D.   menggunting

48.   Vivi dengan semangat ikut menggiring bola saat ikut bermain bola dengan Didi kakaknya. Hal ini karena Vivi ....
A.   diajak main bola Didi
B.   di rumah tidak ada teman bermain
C.   mempunyai kepribadian ganda
D.   lebih senang bermain bola karena lebih aktif

49.   Menurut Bruner, anak membangun pengetahuannya melalui kegiatannya dengan orang dewasa dalam bentuk yang terus berkembang seperti menentukan format, peranan dan kebiasaan. Maksudnya adalah ....
A.   anak tukang sayur akan bercita-cita menjadi tukang sayur
B.   di sekolah anak akan mengikuti gaya gurunya
C.   orang tua harus selalu tetap dalam memberikan peraturan
D.   anak akan meniru perilaku temannya

50.   Anak yang tinggal di kota akan terlihat aktif dalam pergaulannya dengan anak dibebaskan sebab ....
A.   di kota banyak fasilitas yang dapat dinikmati
B.   di desa anak-anak tidak punya teman bermain
C.   di desa orang tua tidak bisa dipakai sebagai contoh
D.   di kota anak-anak terlalu banyak makan makanan bergizi

51.   Agar pembelajaran dapat menarik perhatian anak, maka usaha yang harus dilakukan guru diantaranya ....
A.   guru memberikan hadiah setiap selesai pelajaran
B.   mengajak siswa berjalan-jalan kekebun binatang
C.   menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap
D.   guru memperhatikan anak secara individu

52.   Apabila guru tidak memperhatikan analisis LATIHAN sebagai salah satu jenis strategi pembelajarfan umum di TK, maka ....
A.   proses pembelajaran tidak akan sempurna
B.   anak tidak tahu keberhasilan dirinya
C.   orang tua tidak puas atas hasil yang dicapai anaknya
D.   guru tidak menerapkan strategi dengan baik

53.   Contoh kalimat ajakan yang dapat menarik minat anak untuk mengikuti pelajaran adalah ....
A.   “anak-anak ayo ... siapa yang mau membantu ibu guru membagikan bola ini …”
B.   “siapa yang bisa membuat lingkaran seperti ini …”
C.   “anak-anak yang pekerjaannya selesai duluan dan rapi, beri gambar binatang”
D.   “siapa yang sudah selesai dikumpulkan kedepan”

54.   Dalam strateginya Bu Ira menerapkan do-it signal dalam pembelajarannya. Maka yang disampaikan Bu Ira pada siswa-siswanya seperti ....
A.   “anak-anak, ibu mau mengajak jalan-jalan ke taman bunga”
B.   “siapa yang tadi pagi belum sarapan”
C.   “apa warna bendera negara kita …, siapa yang tahu”
D.   “siapa yang dirumah punya adik …?”

55.   Salah satu kiat mengemukakan beberapa teknik bertanya dalam pembelajaran adalah menghargai jawaban anak. Maksudnya adalah ....
A.   apapun jawaban anak, guru harus menerima
B.   membimbing apabila jawaban anak salah
C.   memberi hadiah pada anak apabila menjawab benar
D.   anak diminta mencari jawaban yang benar
     
56.   Contoh kegiatan eksploratori yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran diantara-nya adalah ....
A.   guru mengajak anak mendengar cerita di perpustakaan
B.   anak diberi kesempatan menggambar bebas di halaman sekolah
C.   anak diminta membawa macam-macam sayuran dan buah
D.   guru mengajak anak mengumpulkan bermacam-macam daun yang jatuh di halaman sekolah

57.   Melalui penemuan terbimbing maka diharapkan anak dapat ....
A.   belajar secara terarah
B.   menyimpulkan hasil penemuannya
C.   bersosialisasi dengan gurunya
D.   perhatian dari gurunya

58.   Untuk menerapkan pelatihan pemecahan masalah bagi anak TK dalam pembelajar-annya, guru mengadakan kegiatan ....
A.   mencapur warna
B.   bermain puzzle
C.   menyusun balok kayu
D.   meronce

59.   Untuk melatih anak TK berdiskusi, guru dapat menyampaikan salah satu topiknya adalah, “pakaian” maka hal-hal yang bisa didiskusikan diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   “apa warna seragam kita hari ini”
B.   “bagaimana cara merawat pakaian kita”
C.   “bagaimana cara membuat pakaian”
D.   “di mana kita bisa beli pakaian”

60.   Sebelum meminta anak melakukan kegiatan meronce, guru memberi petunjuk cara menempelkan kertasnya, dilanjutkan dengan cara meronce. Demonstrasi yang dilakukan guru tersebut bermaksud agar anak didiknya ....
A.   bisa melakukan dengan tepat tahapan meronce
B.   meronce tanpa pertolongan guru
C.   membantu teman apabila temannya tersebut tidak bisa meronce
D.   kreatif dalam melakukan meronce

No comments:

Post a Comment