Cloud Hosting Indonesia

16 April, 2014

Soal Dasar Dasar Pendidikan TK



LATIHAN MANDIRI
DASAR-DASAR PENDIDIKAN TK
(PGTK2201)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Menurut UU No. 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, anak usia dini adalah anak yang berusia ....  
A.   0 – 6 tahun
B.   1 – 6 tahun
C.   0 – 5 tahun
D.   1 – 5 tahun

2.   Seorang ahli yang mengatakan bahwa perkembangan mental anak usia dini berlangsung secara cepat adalah .... 
A.   Flanders
B.   Armstrong
C.   Bloom
D.   Hainstock
     
3.   Seorang anak dianggap sebagai miniatur orang dewasa. Pandangan tersebut muncul pada masa ....
A.   abad pertengahan
B.   Reinaisance
C.   akhir abad 20
D.   awal abad 21

4.   Menurut Martha B.Bronson perkembangan anak usia dini terdiri dari 6 tahap. Older infants adalah anak yang berusia ....
A.   0 – 6 bulan
B.   7 – 12 bulan
C.   3 – 5 tahun
D.   6 – 8 tahun

5.   Kemampuan motorik, bahasa dan emosional anak berkembang pesat pada masa ....
A.   kindergarten
B.   young toddlers
C.   young infant
D.   older toddlers

6.   Kemampuan anak mempelajari sesuatu akan optimal jika ....
A.   sarana belajar lengkap
B.   secara psikologi anak merasa aman
C.   waktu belajarnya pagi hari
D.   orang tua terlibat secara langsung

7.   Perkembangan berlangsung secara berkesinambungan mempunyai pengertian ...
A.   dimulai dari masa pranatal sampai akhir hayat
B.   setiap individu mempunyai pola perkembangan yang berbeda
C.   menyeluruh dan saling terkait
D.   melibatkan seluruh aspek perkembangan

8.   Dalam dunia pendidikan, aliran Nativisme menyatakan bahwa ....
A.   pengaruh lingkungan mempunyai pengaruh sangat besar
B.   kemampuan beradaptasi dengan lingkungan merupakan modal untuk tumbuh dan berkembang
C.   bakat seseorang dapat berkembang jika ada pendidikan
D.   perkembangan anak ditentukan oleh pembawaan sejak lahir

9.   Havinghurst menyatakan bahwa LATIHAN yang harus dipelajari, dijalankan dan dikuasai individu disebut dengan ....
A.   pendidikan
B.   perkembangan
C.   pertumbuhan
D.   pengenalan

10.   Daniel Goleman dalam bukunya Emotional intelligence menyatakan bahwa kontribusi IQ bagi kesuksesan seseorang sebesar ....
A.   80 %
B.   70 %
C.   30 %
D.   20 %

11.   Berikut ini adalah komponen pendidikan, kecuali ....
A.   pendidik
B.   peserta didik
C.   tujuan pendidikan
D.   TV pendidikan

12.   Educational for all adalah istilah yang mengandung bahwa pendidikan ....
A.   berlangsung seumur hidup
B.   dapat diikuti oleh semua
C.   harus murah
D.   dari buaian sampai liang kubur

13.   Manusia adalah mahluk yang tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Manusia adalah mahluk ....
A.   berpikir
B.   individu
C.   sosial
D.   terampil

14.   Masa usia dini disebut dengan istilah Golden Age, maksudnya adalah masa ....
A.   keemasan individu
B.   tersebut mempengaruhi masa-masa yang akan datang
C.   masa kritis
D.   mulanya individu berpikir

15.   Contoh suasana pembelajaran di TK yang kondusif adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   menyenangkan
B.   suasana belajar tenang
C.   belajar dengan nyaman
D.   anak dapat belajar sesuka hatinya

16.   Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tema adalah bahwa pengetahuan yang akan disajikan harus ....
A.   dapat dipelajari anak berulang kali
B.   memuat tentang keluarga dan lingkungan sekitar
C.   menarik perhatian anak
D.   membuat anak banyak bergerak

17.   Pola pembelajaran di TK lebih menekankan pada ....
A.   pembiasaan
B.   pengenalan
C.   pendisiplinan
D.   persiapan

18.   Seorang anak TK membuang sampah pada tempatnya, hal ini menandakan bahwa ia telah belajar. Hal tersebut sesuai dengan ciri belajar yaitu ....
A.   belajar menyebabkan perubahan secara terus menerus
B.   belajar selalu mempunyai tujuan
C.   perubahan berlangsung dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks
D.   belajar menyebabkan perubahan perilaku secara menyeluruh

19.   Casa Dei Bambini yang berarti rumah anak adalah sebuah sekolah yang didirikan oleh ....
A.   Rousseau
B.   Pestalozzi
C.   Fraebel
D.   Montessori
20.   Sarah berusia 4 tahun, senang sekali “membaca” dengan melihat buku bergambar mulutnya komat-kamit seperti membaca. Ia dapat bercerita seolah-olah dapat membaca huruf-huruf yang terdapat pada buku tersebut. Ia juga sangat senang apabila ibunya mau membacakan buku cerita untuknya. Tingkah laku yang diperhatikan oleh sarah menandakan bahwa ia berada pada masa ....
A.   bebas
B.   peka
C.   pertumbuhan
D.   odolesense

21.   Ahli pendidikan anak usia dini yang menitik beratkan pada perlunya anak diperkenalkan dengan alam dan bersifat naturalis adalah ....
A.   Rousseau
B.   Frobel
C.   Ki Hajar Dewantoro
D.   Montessori

22.   Sarana bermain yang dapat mengembangkan kemampuan indera anak, tetapi kurang menggunakan otot adalah ....
A.   meronce
B.   bola keranjang
C.   ayunan
D.   jungkitan

23.   Sosiodrama merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai kemampuan anak berinteraksi dengan anak lainnya, untuk melatih kecerdasan ....
A.   intrapersonal
B.   kinestetik
C.   spasial
D.   interpersonal

24.   Kegiatan yang dilaksanakan di TK adalah ....
A.   belajar sambil bermain
B.   bermain sambil belajar
C.   bermain dan belajar
D.   bermain yang menyenangkan

25.   Melalui bermain anak dapat mengkonstruksi pengetahuan melalui interaksi dengan objek yang ada disekitarnya. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Vigotsky
B.   Rousseau
C.   Piaget
D.   Frobel

26.   Permainan yang dapat mengembangkan kemampuan moral dan nilai-nilai agama adalah ....
A.   congklak
B.   ayunan
C.   jungkitan
D.   lilin plastisin

27.   Perbedaan antara metode pemberian tugas modern dan tradisional dalam hal waktu penyelesaian tugas adalah ....
A.   tradisional waktu sama untuk semua anak
B.   batas akhir penyelesaian tugas tradisional melihat kemampuan siswa
C.   waktu yang diberikan sama antara tradisional dan modern
D.   metode tugas modern batas waktu penyelesaian tugas tanpa memperhatikan keamampuan anak

28.   Orang tua dapat dilibatkan dalam kegiatan di TK, kecuali ....
A.   menjadi narasumber pada kegiatan yang diselenggarakan
B.   memasak makanan untuk anak
C.   turut membantu guru mengajar
D.   memberi penilaian terhadap hasil belajar anak di sekolah

29.   Anak sangat senang mendengarkan dongeng, untuk itu guru perlu mempersiapkan dongeng dengan unsur-unsur pendidikan. Persiapan yang dapat dilakukan guru sebelum mendongeng adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   mempersiapkan alat peraga
B.   materi dongeng
C.   tujuan yang ingin dicapai
D.   tes tertulis yang akan digunakan

30.   Dalam penyusunan kurikulum TK harus memperhatikan kurikulum di SD. Hal tersebut berdasarkan prinsip ....
A.   efisiensi
B.   kesinambungan
C.   fleksibilitas
D.   relevansi

31.   Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), setiap sekolah diberi kebebasan menyusun sendiri kurikulumnya, berdasarkan standar kurikulum nasional. Hal tersebut sesuai dengan prinsip ....
A.   efisiensi
B.   berkesinambungan

C.   fleksibilitas
D.   sinkronisasi

32.   Salah satu ciri KBK adalah berorientasi pada hasil belajar atau disebut dengan istilah ....
A.   learning by doing
B.   learning comprehensions
C.   learning activities
D.   learning outcomes

33.   Seorang guru TK yang telah dapat menerapkan pengetahuannya tentang bagaimana mengembangkan moral dan nilai-nilai agama pada  anak usia TK, dianggap telah memiliki ....
A.   keterampilan mengajar
B.   kompetensi mengajar
C.   pengetahuan mengajar
D.   pengalaman mengajar

34.   Penilaian dalam KBK menekankan pada ....
A.   metode yang digunakan
B.   alat penilaian yang digunakan
C.   pengalaman belajar anak
D.   proses dan hasil belajar anak

35.   Dalam pengembangan kurikulum harus menggunakan landasan kompetensi karena alasan berikut, kecuali kompetensi ....
A.   menjelaskan hal-hal yang telah dicapai anak
B.   menjelaskan pengalaman belajar anak
C.   menjelaskan standar kemampuan anak yang terukur
D.   menggunakan tenaga ahli dalam menyusunnya

36.   Agar kreativitas anak dapat tercapai secara optimal maka diperlukan kondisi yang kondusif berupa....
A.   sarana dan prasarana yang lengkap
B.   unsur yang bisa dikombinasikan dengan cara baru dan tujuan yang jelas
C.   pembimbing yang profesional
D.   penghargaan yang jelas

37.   Rina dihadapkan pada sebuah puzzle dengan gambar orang yang tidak beraturan. Ia dengan cepat dan benar dapat menyusunnya kembali. Rina dianggap mempunyai kemampuan dalam hal ....
A.   verbal comprehensions
B.   spatial
C.   number
D.   perceptual speed

38.   Yani, usia 5 tahun tidak dapat membedakan huruf n dan m, walaupun telah berulang kali diajarkan, sedangkan teman-temannya cukup 2 kali diajarkan. Kemampuan Yani mencerminkan anak dengan IQ antara ....
        A.   25 – 50
B.   50 – 70
C.   70 – 90
D.   90 – 110

39.   Intelegensi adalah kemampuan berpikir mengenai gagasan yang abstrak. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Kendler
B.   Binet
C.   Terman
D.   Gardner
     
40.   Suatu pandangan yang menyatakan bahwa setiap anak memiliki berbagai kemampuan (Multiple Intelligences). Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Kendler
B.   Binet
C.   Terman
D.   Gardner

41.   Guru TK dapat memupuk sikap anak untuk berpikir kritis, karena hal tersebut adalah salah satu upaya dari 20 cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreativitas anak. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Darley
B.   Taylor
C.   Houston dan Mednick
D.   Simon Binet

42.   Pengemasan materi TK harus memperhatikan kebutuhan dan perbedaan individual. Hal ini tercermin dalam ....
A.   anak pintar dan kurang diberi batas waktu penyelesaian tugas yang sama
B.   anak laki-laki dan perempuan dipisahkan tempat duduknya
C.   pemberian tugasdisesuaikan dengan minat anak
D.   setiap anak harus diberi perhatian yang berbeda

43.   Orang yang kreatif cenderung terbuka terhadap ide-ide baru. Hal tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Jones
B.   Houston dan Mednick
C.   Darley
D.   Taylor

44.   Pola kegiatan yang dilakasanakan di TK adalah bermain (learning for fun), dengan demikian , profil umum pendidik di TK adalah dapat ....
A.   mengajar dengan baik
B.   menjaga penampilannya waktu mengajar
C.   menguasai materi kegiatan di TK
D.   merancang dan melaksanakan kegiatan sambil bermain

45.   Pengaturan kelas yang berpedoman pada kegiatan yang bersifat student centered memungkinkan anak melakukan hal-hal berikut ini, kecuali ....
A.   aktif belajar
B.   leluasa beregrak
C.   bermain sambil belajar
D.   belajar terpimpin

46.   Ibu guru Siti sangat disukai oleh anak didiknya, ia sepenuh hati membimbing dan mendidik anak didiknya. Perilaku ibu Siti tersebut sesuai dengan profil guru TK yaitu ....
A.   keceriaan
B.   keterlibatan total
C.   cermat dan teliti
D.   menjaga kebersihan

47.   Rini berusia 5 tahun dan duduk di kelas B, ia sangat senang bermain balok, sedangkan Titi senang bermain boneka dan masak-masakan. Perbedaan minat tersebut harus dicermati oleh gurunya dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih aktivitas yang sesuai minatnya. Pernyataan tersebut sesuai dengan ....
A.   profil umum pendidik TK
B.   pengalaman mengajar guru
C.   profil tugas guru TK
D.   metode pemberian tugas di TK

48.   Mengidentifikasi kemampuan yang harus dikuasai anak didik adalah LATIHAN guru sebagai ....
A.   penilai kegiatan di Tk
B.   pelaksana kegiatan di TK
C.   perencana kegiatan di TK
D.   pembahas kegiatan di TK

49.   Tugas guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran di TK adalah sebagai berikut kecuali kegiatan ....
A.   membuka kelas pembelajaran
B.   menutup kelas pembelajaran
C.   melaksanakan inti pembelajaran
D.   menilai pembelajaran

50.   Tolak ukur untuk mengetahui berhasil atau tidaknya kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan guru adalah mengacu kepada ....
A.   kemampuan guru mengajar
B.   tujuan yang telah ditetapkan
C.   waktu yang telah digunakan
D.   alat dan bahan yang digunakan

No comments:

Post a Comment