LATIHAN MANDIRI
DASAR-DASAR
PENDIDIKAN TK
(PGTK2201)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Menurut UU No. 2 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, anak usia dini adalah anak yang berusia ....
A. 0 – 6 tahun
B. 1 – 6 tahun
C. 0 – 5 tahun
D. 1 – 5 tahun
2. Seorang ahli yang mengatakan bahwa
perkembangan mental anak usia dini berlangsung secara cepat adalah ....
A. Flanders
B. Armstrong
C. Bloom
D. Hainstock
3. Seorang anak dianggap sebagai
miniatur orang dewasa. Pandangan
tersebut muncul pada masa ....
A. abad pertengahan
B. Reinaisance
C. akhir abad 20
D. awal abad 21
4. Menurut Martha B.Bronson perkembangan anak
usia dini terdiri dari 6 tahap. Older
infants adalah anak yang berusia ....
A. 0 – 6 bulan
B. 7 – 12 bulan
C. 3 – 5 tahun
D. 6 – 8 tahun
5. Kemampuan
motorik, bahasa dan emosional anak berkembang pesat pada masa ....
A. kindergarten
B. young
toddlers
C. young
infant
D. older
toddlers
6. Kemampuan anak mempelajari
sesuatu akan optimal jika ....
A. sarana belajar lengkap
B. secara psikologi anak merasa aman
C. waktu belajarnya pagi hari
D. orang tua terlibat secara
langsung
7. Perkembangan
berlangsung secara berkesinambungan mempunyai pengertian ...
A. dimulai dari masa pranatal
sampai akhir hayat
B. setiap individu mempunyai pola
perkembangan yang berbeda
C. menyeluruh dan saling terkait
D. melibatkan seluruh aspek perkembangan
8. Dalam dunia
pendidikan, aliran Nativisme menyatakan bahwa ....
A. pengaruh lingkungan mempunyai
pengaruh sangat besar
B. kemampuan beradaptasi dengan
lingkungan merupakan modal untuk tumbuh dan berkembang
C. bakat seseorang dapat berkembang
jika ada pendidikan
D. perkembangan anak ditentukan oleh
pembawaan sejak lahir
9. Havinghurst menyatakan
bahwa LATIHAN yang harus dipelajari, dijalankan dan dikuasai individu disebut
dengan ....
A. pendidikan
B. perkembangan
C. pertumbuhan
D. pengenalan
10. Daniel Goleman dalam bukunya Emotional intelligence menyatakan bahwa
kontribusi IQ bagi kesuksesan seseorang sebesar ....
A. 80 %
B. 70 %
C. 30 %
D. 20 %
11. Berikut ini adalah komponen pendidikan, kecuali ....
A. pendidik
B. peserta didik
C. tujuan pendidikan
D. TV pendidikan
12. Educational for all adalah
istilah yang mengandung bahwa pendidikan ....
A. berlangsung seumur hidup
B. dapat diikuti oleh semua
C. harus murah
D. dari buaian sampai liang kubur
13. Manusia adalah mahluk yang tidak dapat hidup
tanpa manusia lain. Manusia adalah mahluk ....
A. berpikir
B. individu
C. sosial
D. terampil
14. Masa usia dini disebut dengan istilah Golden Age, maksudnya adalah masa ....
A. keemasan individu
B. tersebut mempengaruhi masa-masa yang akan
datang
C. masa kritis
D. mulanya individu berpikir
15. Contoh suasana pembelajaran di TK yang kondusif adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. menyenangkan
B. suasana belajar tenang
C. belajar dengan nyaman
D. anak dapat belajar sesuka hatinya
16. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tema
adalah bahwa pengetahuan yang akan disajikan harus ....
A. dapat dipelajari anak berulang kali
B. memuat tentang keluarga dan lingkungan
sekitar
C. menarik perhatian anak
D. membuat anak banyak bergerak
17. Pola pembelajaran di TK lebih menekankan pada
....
A. pembiasaan
B. pengenalan
C. pendisiplinan
D. persiapan
18. Seorang anak TK membuang sampah pada tempatnya, hal ini menandakan
bahwa ia telah belajar. Hal tersebut sesuai dengan ciri belajar yaitu ....
A. belajar menyebabkan perubahan secara terus menerus
B. belajar selalu mempunyai tujuan
C. perubahan berlangsung dari yang paling sederhana ke yang paling
kompleks
D. belajar menyebabkan perubahan perilaku secara menyeluruh
19. Casa Dei Bambini yang
berarti rumah anak adalah sebuah sekolah yang didirikan oleh ....
A. Rousseau
B. Pestalozzi
C. Fraebel
D. Montessori
20. Sarah berusia 4 tahun, senang sekali “membaca” dengan melihat buku
bergambar mulutnya komat-kamit seperti membaca. Ia dapat bercerita seolah-olah
dapat membaca huruf-huruf yang terdapat pada buku tersebut. Ia juga sangat
senang apabila ibunya mau membacakan buku cerita untuknya. Tingkah laku yang
diperhatikan oleh sarah menandakan bahwa ia berada pada masa ....
A. bebas
B. peka
C. pertumbuhan
D. odolesense
21. Ahli pendidikan anak usia dini yang menitik beratkan pada perlunya
anak diperkenalkan dengan alam dan bersifat naturalis adalah ....
A. Rousseau
B. Frobel
C. Ki Hajar Dewantoro
D. Montessori
22. Sarana bermain yang dapat mengembangkan
kemampuan indera anak, tetapi kurang menggunakan otot adalah ....
A. meronce
B. bola keranjang
C. ayunan
D. jungkitan
23. Sosiodrama merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk
menilai kemampuan anak berinteraksi dengan anak lainnya, untuk melatih
kecerdasan ....
A. intrapersonal
B. kinestetik
C. spasial
D. interpersonal
24. Kegiatan yang dilaksanakan di TK adalah ....
A. belajar sambil bermain
B. bermain sambil belajar
C. bermain dan belajar
D. bermain yang menyenangkan
25. Melalui bermain anak dapat mengkonstruksi pengetahuan melalui
interaksi dengan objek yang ada disekitarnya. Pendapat tersebut dikemukakan
oleh ....
A. Vigotsky
B. Rousseau
C. Piaget
D. Frobel
26. Permainan yang dapat mengembangkan kemampuan moral dan nilai-nilai
agama adalah ....
A. congklak
B. ayunan
C. jungkitan
D. lilin plastisin
27. Perbedaan antara metode pemberian tugas
modern dan tradisional dalam hal waktu penyelesaian tugas adalah ....
A. tradisional waktu sama untuk semua anak
B. batas akhir penyelesaian tugas tradisional
melihat kemampuan siswa
C. waktu yang diberikan sama antara tradisional
dan modern
D. metode tugas modern batas waktu penyelesaian tugas tanpa
memperhatikan keamampuan anak
28. Orang tua dapat dilibatkan dalam kegiatan di
TK, kecuali ....
A. menjadi narasumber pada kegiatan yang
diselenggarakan
B. memasak makanan untuk anak
C. turut membantu guru mengajar
D. memberi penilaian terhadap hasil belajar anak
di sekolah
29. Anak sangat senang mendengarkan dongeng,
untuk itu guru perlu mempersiapkan dongeng dengan unsur-unsur pendidikan. Persiapan
yang dapat dilakukan guru sebelum mendongeng adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. mempersiapkan alat peraga
B. materi dongeng
C. tujuan yang ingin dicapai
D. tes tertulis yang akan digunakan
30. Dalam penyusunan kurikulum TK harus memperhatikan kurikulum di SD.
Hal tersebut berdasarkan prinsip ....
A. efisiensi
B. kesinambungan
C. fleksibilitas
D. relevansi
31. Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK),
setiap sekolah diberi kebebasan menyusun sendiri kurikulumnya, berdasarkan
standar kurikulum nasional. Hal tersebut
sesuai dengan prinsip ....
A. efisiensi
B. berkesinambungan
C. fleksibilitas
D. sinkronisasi
32. Salah satu ciri KBK
adalah berorientasi pada hasil belajar atau disebut dengan istilah ....
A. learning by doing
B. learning comprehensions
C. learning activities
D. learning outcomes
33. Seorang guru TK yang telah dapat menerapkan pengetahuannya tentang
bagaimana mengembangkan moral dan nilai-nilai agama pada anak usia TK, dianggap telah memiliki ....
A. keterampilan mengajar
B. kompetensi mengajar
C. pengetahuan mengajar
D. pengalaman mengajar
34. Penilaian dalam KBK
menekankan pada ....
A. metode yang digunakan
B. alat penilaian yang digunakan
C. pengalaman belajar anak
D. proses dan hasil belajar anak
35. Dalam pengembangan kurikulum harus
menggunakan landasan kompetensi karena alasan berikut, kecuali kompetensi
....
A. menjelaskan hal-hal yang telah dicapai anak
B. menjelaskan pengalaman belajar anak
C. menjelaskan standar kemampuan anak yang
terukur
D. menggunakan tenaga ahli dalam menyusunnya
36. Agar kreativitas anak dapat tercapai secara
optimal maka diperlukan kondisi yang kondusif berupa....
A. sarana dan prasarana yang lengkap
B. unsur yang bisa dikombinasikan dengan cara baru dan tujuan yang
jelas
C. pembimbing yang profesional
D. penghargaan yang jelas
37. Rina dihadapkan pada sebuah puzzle dengan
gambar orang yang tidak beraturan. Ia dengan cepat dan benar dapat menyusunnya
kembali. Rina dianggap mempunyai kemampuan dalam hal ....
A. verbal comprehensions
B. spatial
C. number
D. perceptual speed
38. Yani, usia 5 tahun tidak dapat membedakan huruf n dan m, walaupun
telah berulang kali diajarkan, sedangkan teman-temannya cukup 2 kali diajarkan.
Kemampuan Yani mencerminkan anak dengan IQ antara ....
A. 25
– 50
B. 50 – 70
C. 70 – 90
D. 90 – 110
39. Intelegensi adalah kemampuan berpikir mengenai gagasan yang
abstrak. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Kendler
B. Binet
C. Terman
D. Gardner
40. Suatu pandangan yang menyatakan bahwa setiap anak memiliki
berbagai kemampuan (Multiple
Intelligences). Pendapat tersebut dikemukakan
oleh ....
A. Kendler
B. Binet
C. Terman
D. Gardner
41. Guru TK dapat memupuk sikap anak untuk berpikir kritis, karena hal
tersebut adalah salah satu upaya dari 20 cara yang dapat dilakukan untuk
mengembangkan kreativitas anak. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Darley
B. Taylor
C. Houston dan Mednick
D. Simon Binet
42. Pengemasan materi TK harus memperhatikan kebutuhan dan perbedaan
individual. Hal ini tercermin dalam ....
A. anak pintar dan kurang diberi batas waktu penyelesaian tugas yang
sama
B. anak laki-laki dan perempuan dipisahkan tempat duduknya
C. pemberian tugasdisesuaikan dengan minat anak
D. setiap anak harus diberi perhatian yang
berbeda
43. Orang yang kreatif cenderung terbuka terhadap
ide-ide baru. Hal tersebut dikemukakan oleh ....
A. Jones
B. Houston dan Mednick
C. Darley
D. Taylor
44. Pola kegiatan yang dilakasanakan di TK adalah bermain (learning for fun), dengan demikian ,
profil umum pendidik di TK adalah dapat ....
A. mengajar dengan baik
B. menjaga penampilannya waktu mengajar
C. menguasai materi kegiatan di TK
D. merancang dan melaksanakan kegiatan sambil bermain
45. Pengaturan kelas yang berpedoman pada kegiatan yang bersifat student centered memungkinkan anak
melakukan hal-hal berikut ini, kecuali ....
A. aktif belajar
B. leluasa beregrak
C. bermain sambil belajar
D. belajar terpimpin
46. Ibu guru Siti sangat disukai oleh anak didiknya, ia sepenuh hati
membimbing dan mendidik anak didiknya. Perilaku ibu Siti tersebut sesuai dengan
profil guru TK yaitu ....
A. keceriaan
B. keterlibatan total
C. cermat dan teliti
D. menjaga kebersihan
47. Rini berusia 5 tahun dan duduk di kelas B, ia sangat senang
bermain balok, sedangkan Titi senang bermain boneka dan masak-masakan.
Perbedaan minat tersebut harus dicermati oleh gurunya dengan memberikan
kesempatan kepada anak untuk memilih aktivitas yang sesuai minatnya. Pernyataan
tersebut sesuai dengan ....
A. profil umum pendidik TK
B. pengalaman mengajar guru
C. profil tugas guru TK
D. metode pemberian tugas di TK
48. Mengidentifikasi kemampuan yang harus dikuasai anak didik adalah LATIHAN
guru sebagai ....
A. penilai kegiatan di Tk
B. pelaksana kegiatan di TK
C. perencana kegiatan di TK
D. pembahas kegiatan di TK
49. Tugas guru sebagai pelaksana kegiatan
pembelajaran di TK adalah sebagai berikut kecuali kegiatan ....
A. membuka kelas pembelajaran
B. menutup kelas pembelajaran
C. melaksanakan inti pembelajaran
D. menilai pembelajaran
50. Tolak ukur untuk mengetahui berhasil atau tidaknya kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan guru adalah mengacu kepada ....
A. kemampuan guru mengajar
B. tujuan yang telah ditetapkan
C. waktu yang telah digunakan
D. alat dan bahan yang digunakan
No comments:
Post a Comment