Cloud Hosting Indonesia

16 April, 2014

Soal Psikologi Perkembangan Anak



LATIHAN MANDIRI
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK
(PGTK2104)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Aspek perkembangan manusia dibagi 3 kelompok, ketiga aspek perkembangan tersebut adalah ....         
A.   fisik, kognitif, dan psikososial
B.   motorik, kognitif, dan bahasa
C.   fisik, motorik, dan kognitif
D.   motorik, psikososial, dan emosi

2.   Salah satu contoh perubahan kuantitatif adalah ....       
A.   bertambahnya tinggi badan
B.   meningkatnya kemampuan intelektual
C.   berkurangnya kemampuan mengingat
D.   meningkatnya kemampuan psikomotor
     
3.   Berikut ini adalah inti dari pengertian perkembangan, kecuali ....
A.   perubahan yang terjadi sepanjang rentang kehidupan
B.   perbedaan yang terjadi pada perubahan
C.   kesamaan individu dalam sifat perubahan
D.   pembagian rentang kehidupan ke dalam beberapa periode

4.   Development involves both gain and loss artinya adalah perkembangan ....
A.   berlangsung seumur hidup untuk beradaptasi dengan situasi yang dihadapi
B.   terjadi dalam berbagai dimensi yang saling berinteraksi satu sama lain
C.   dipengaruhi oleh faktor biologis dan budaya yang berubah setiap waktu
D.   berlangsung dalam berbagai konteks yang berpengaruh terhadap kehidupan

5.   Masa dewasa muda ditandai dengan kebutuhan ....
A.   mencari karir dan pekerjaan
B.   membangun karir dan keluarga
C.   menghadapi penurunan kemampuan fisik
D.   belajar mengatasi kehilangan orang yang dicintai

6.   Menurut Rousseau, perkembangan bersifat aktif artinya ....
A.   individu dibentuk oleh faktor lingkungan
B.   perkembangan seseorang diatur oleh diri sendiri
C.   kemampuan individu dapat diramalkan dari kekuatan lingkungan sekitarnya
D.   perkembangan dapat dipercepat atau diperlambat oleh keadaan lingkungan

7.   Pengaruh normatif adalah kejadian ...
A.   yang dialami oleh setiap orang dan berpengaruh baik terhadap kehidupannya
B.   yang dialami oleh kebanyakan orang dalam suatu kelompok
C.   luar biasa yang dihadapi sekelompok orang
D.   yang berpengaruh buruk terhadap kehidupan seseorang

8.   Penekanan Erikson pada identitas ditunjukkan dengan ....
A.   penggunaan metode observasi langsung dalam mempelajari individu
B.   pencarian identitas sebagai fokus perkembangan pada setiap tahap kehidupan
C.   banyaknya artikel yang ditulis mengenai kehidupan orang-orang terkenal
D.   tuntutan kepada setiap individu untuk dapat mengatasi krisis

9.   Ketidakberhasilan individu dalam mengatasi krisis Intimacy vs Isolation ditunjukkan oleh ....
A.   penyesalan terhadap apa yang tidak dapat dilakukan
B.   kebingungan dalam menentukan keputusan dan pilihan
C.   perasaan terisolasi dan tidak menaruh perhatian terhadap lingkungan
D.   perasaan tidak menyukai diri sendiri

10.   Pengaruh budaya terhadap perkembangan psikososial individu dapat ditunjukkan dengan adanya bukti  bahwa budaya ....
A.   mengarah perilaku individu
B.   selalu tumbuh seiring waktu
C.   mengadaptasi kehidupan individu
D.   berubah sesuai dengan kebutuhan individu

11.   Keadaan patologis manusia secara umum yang paling baik adalah ....
A.   aktualisasi
B.   kapasitas
C.   kemauan
D.   kebutuhan

12.   Salah satu contoh kebutuhan rasa percaya diri adalah ....
A.   memiliki asuransi kesehatan
B.   menjadi anggota tim basket
C.   memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi
D.   menjadi penari yang terkenal

13.   Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong anak mengaktualisasikan dirinya adalah ....
A.   meminta anak untuk mengenali sisi kelemahan dari orang lain
B.   membiarkan anak melakukan segala kegiatan yang membuatnya bahagia
C.   merancang kegiatan yang menuntut anak untuk menggunakan kemampuannya secara optimal
D.   memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan anak dalam mengatasi masalah secara rinci

14.   Anak resiliensi adalah anak yang mempunyai kemampuan untuk ....
A.   mengatasi keadaan yang berakibat pada terhambatnya perkembangan emosional
B.   menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat
C.   mencari alternatif pemecahan masalah berdasarkan pengalaman
D.   menciptakan hubungan yang baik dengan orang tua dan anggota keluarga lainnya

15.   Dinda anak ketiga dari keluarga Bu Sukri. Pak Sukri sudah meninggal ketika Dinda dalam kandungan. Untuk menghidupi keluarganya Bu Sukri menjadi buruh cuci, sementara kakak-kakaknya berjualan kue sepulang sekolah. Meskipun beban yang disandang cukup berat, kakak-kakaknya tidak mengeluh dengan keadaan keluarganya. Melihat itu semua, Dinda mencoba membantu ibunya menyelesaikan pekerjaan di rumah. Dinda dapat berhasil dalam  belajar dan memiliki banyak teman. Illustrasi tersebut menunjukkan bahwa karakteristik Dinda mengatasi beban hidupnya disebabkan oleh faktor ....
A.   pengalaman belajar
B.   kepribadian

C.   keluarga
D.   resiko yang terbatas

16.   Menurut Piaget, segala sesuatu yang dipelajari oleh individu disusun dalam bentuk ....
A.   skemata
B.   operasi
C.   logika
D.   simbol

17.   Bintang pergi ke kebun binatang bersama pamannya. Ketika melewati kandang Harimau, Bintang berkata, “paman, itu ibunya kucing besar sekali”. Pamannya tersenyum, “itu bukan kucing, tetapi harimau.” ”Tapi kok seperti kucing ya?, kata Bintang. Pamannya kemudian menjelaskan perbedaan kucing dan harimau. Dari ilustrasi tersebut, yang merupakan proses akomodasi adalah ketika Bintang ....
A.   mendengarkan penjelasan Pamannya tentang perbedaan kucing dan harimau
B.   mendengarkan perkataan Pamannya, Itu bukan kucing, tetapi harimau.”
C.   menyebut harimau sebagai ibunya kucing
D.   melihat harimau dalam kandang di kebun binatang

18.   Menurut Piaget, setiap tahap perkembangan bersifat universal artinya bahwa ....
A.   perpindahan dari tahap yang satu ke tahap berikutnya lebih bersifat kualitatif daipada kuantitatif
B.   perubahan pada suatu tahap dipersiapkan dan diperoleh berdasarkan kemampuan yang dicapai sebelumnya
C.   setiap tahap perkembangan memiliki masa persiapan dan masa akhir yang akan dicapai
D.   semua individu di belahan dunia manapun memiliki urutan tahapan perkembangan yang sama

19.   Berikut adalah kemampuan yang telah dimiliki anak pada tahap pra-operasional, kecuali ....
A.    berpikir logis berdasarkan realitas konkret
B.    mengingat peristiwa yang telah terjadi
C.    mengkhayalkan keinginan di masa depan
D.    memprestasikan kejadian secara mental
20.   Bu Ina, guru TK B, memperkenalkan konsep lebih banyak dan lebih sedikit dengan membuat gambar di papan tulis sebagai berikut :
a.            
b.                                                  
Ketika bu Ina bertanya pada Nia tentang baris yang berisi bintang paling banyak, Nia memilih baris b. Illustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu keterbatasan anak pada tahap pra-operasional adalah ....
A.  ketidakmampuan melakukan konservasi
B.      lebih mempercayai persepsi dibandingkan logika
C.     kebingungan antara kejadian fisik dan psikologis
       D. ketidakmampuan membalikkan kejadian
21.   Bicara sendiri, menurut Vygotsky, digunakan oleh anak untuk ....
A.    menyampaikan keinginan
B.    mengekspresikan perasaan
C.    melatih kemampuan berbahasa
D.    mengarahkan perilaku

22.      Lingkungan sosial berperan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak karena menurut Vygotsky ....
A.   proses berpikir berakar dari hubungan sosial yang dialami anak
B.      Lingkungan sosial menuntut anak untuk berpikir sesuai aturan yang berlaku
C.   sebagian besar waktu dihabiskan oleh anak untuk berinteraksi dengan lingkungannya
D.   setiap lingkungan sosial menuntut perilaku yang berbeda

23.   Berdasarkan konsep Zone of Proximal Development, tingkat kemampuan yang lebih tinggi dapat dicapai oleh anak melalui ....
A.   bantuan orang lain
B.   usaha secara mandiri
C.   pengalaman langsung
D.   pemberian penguatan atau ganjaran

24.   Tujuan utama bermain bagi anak adalah untuk ....
A.   memperoleh kesenangan
B.   menyerap informasi baru
C.   mencapai keinginan
D.   melakukan kegiatan belajar

25.   Menurut teori psikoanalis, kegiatan bermain dapat membantu perkembangan emosi anak karena melalui bermain anak dapat ....
A.   mengekspresikan perasaannya
B.   berlatih menyesuaikan diri
C.   berperan sebagai orang yang dibayangkan
D.   menyalurkan bakat secara positif

26.   Fungsi bermain, menurut Bruner, adalah mengembangkan ....
A.   kreativitas dan fleksibilitas
B.   kemampuan bereksplorasi dan kreativitas
C.   kemampuan memilih dan bereksplorasi
D.   fleksibilitas dan kemampuan bereksperimen

27.   Bu Ita sedang mengajak anak-anak kelas A mengenal buah-buahan, sayuran, dan bunga dengan menggunakan mainan. Bu guru bertindak sebagai penjual dan anak-anak sebagai pembelinya. Setiap anak hanya boleh memilih mainan yang termasuk kelompok buah-buahan, atau sayuran, atau bunga. Kegiatan bermain yang dilakukan Bu Ita tersebut diarahkan untuk mengembangkan aspek ....
A.   emosi
B.   kognitif
C.   bahasa
D.   sosial

28.   Bintang dan Dani sedang asyik bermain dokter-dokteran. Bintang sebagai dokter sedang memeriksa Dani yang dianggap sebagai pasiennya. Ketika Bintang memegang tangan Dani seolah-olah akan menyuntik, Dani pura-pura menangis karena sakit. Kegiatan bermain yang dilakukan Bintang dan Dani merupakan kegiatan bermain pada tahap bermain ....
A.   sendiri
B.   paralel
C.   asosiatif
D.   kooperatif

29.   Manakah dari contoh berikut yang menggambarkan bermain konstruktif?
A.   Reni sedang bermain sepeda roda tiga mengelilingi lapangan bulu tangkis.
B.   Nurul sedang menyusun balok-balok membuat stasiun kereta.
C.   Dengan menggunakan stetoskop mainan, Indah sedang memeriksa bonekanya.
D.   Bintang senang menyelusuri jalur pada gambar, jalan tikus yang ada pada majalah.

30.   Kegiatan guru yang dapat mengganggu kegiatan bermain anak adalah  ....
A.   mengajukan pertanyaan terhadap kegiatan yang dilakukan anak
B.   mengajukan ide dan memperluas wawasan anak
C.   memberikan instruksi sejenak saat ada peluang bagi anak untuk belajar sesuatu yang baru
D.   mengamati kegiatan anak dari jarak dekat

31.   Berbagai penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan guru dalam bermain dapat menyebabkan hal-hal berikut, kecuali  ....
A.   waktu bermain anak lebih lama
B.   anak lebih bersifat sosial
C.   permainannya menuntut kemampuan kognitif tinggi
D.   anak bersikap kompetitif dalam bermain

32.   Sekelompok anak sedang bermain peran sebagai pelayan, kasir, dan pembeli. ketika salah seorang anak memesan makanan kepada temannya yang berperan sebagai pelayan, Ibu Ita ikut-ikutan memesan makanan juga. Kemudian Ibu Ita diminta untuk membayar makanan yang dipesannya kepada anak yang berperan sebagai kasir. Illustrasi menunjukkan keterlibatan guru dalam bermain yang berperan sebagai ....
A.   onlooker
B.   stage manager
C.   coplayer
D.   play leader

33.   Metode observasi sangat tepat digunakan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan aspek ....
A.   sosial
B.   kognisi
C.   nilai
D.   fisik

34.   Kecerdasan majemuk (multiple intelligences) adalah kemampuan seseorang dalam ....
A.   berpikir dengan cepat
B.   menyajikan informasi yang kompleks secara sistematis
C.   mengerjakan tes inteligensi
D.   memecahkan permasalahan secara kontekstual

35.   Anak yang menonjol dalam kecerdasan natural akan tampak dalam ....
A.   kesenangannya dalam melakukan pengamatan terhadap lingkungan
B.   kepekaannya dalam menilai kelebihan dan kelemahan diri sendiri
C.   ketajamannya dalam melihat pola situasi
D.   kemampuannya dalam memvisualisasikan berbagai ide dan peristiwa

36.   Contoh karakteristik anak yang memiliki kecerdasan interpersonal yang menonjol adalah ....
A.   mampu memainkan lagi dengan ekspresif
B.   selalu berkeinginan membantu orang lain
C.   mudah menjalin komunikasi dengan orang baru
D.   terampil membuat kerajinan tangan

37.   Kegiatan berikut tidak cocok dilakukan oleh guru untuk mengasah kecerdasan verbal-linguistik anak ....
A.   bermain peran tentang ibu atau bapak dan anak
B.   menyanyikan lagu tentang kegiatan sehari-hari
C.   mewarnai gambar yang dibuat sendiri oleh anak
D.   meminta anak membuat cerita sendiri

38.   Kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan logika-matematika adalah ....
        A.   menyusun puzzle gambar orang
B.   bercerita tentang anak yang cerdas
C.   berdoa bersama sebelum makan
D.   melakukan olehraga dalam posisi membentuk lingkaran

39.   Kegiatan guru yang tidak sesuai untuk mengembangkan kecerdasan visual-spesial adalah ....
A.   membuat kerajinan tangan dari sedotan limun
B.   meminta anak membereskan kembali mainan
C.   menggambar kendaraan yang pernah ditumpangi
D.   bercerita tentang perjalanan yang telah dilakukan
40.   Untuk mengasah kecerdasan gerak tubuh (bodily-kinesthetic) guru dapat merancang kegiatan ....
A.   latihan menari secara berkelompok
B.   membacakan cerita tentang penari terkenal
C.   mengunjungi pertunjukan tari
D.   menunjukkan gambar-gambar tarian daerah

41.   Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengasah kecerdasan musik-berirama (musical-rythmic) adalah ....
A.   menggunting dan menempel foto-foto penyanyi
B.   bernyanyi sambil berbaris menuju lapangan upacara
C.   bercerita tentang perjalanan karir penyanyi pujaannya
D.   menggambar sesuai dengan isi lagu

42.   Agar kecerdasan antar-diri (interpersonal) terasah dengan baik, guru dapat melakukan kegiatan ....
A.   membacakan cerita tentang pentingnya persahabatan
B.   meminta anak untuk menceritakan kegiatan liburan
C.   mengajak anak ke kebun bunga secara berkelompok
D.   memberikan tugas yang harus dikerjakan dalam kelompok

43.   Guru dapat mengasah kecerdasan dalam diri (interpersonal) anak dengan cara ....
A.   mengembangkan kegiatan olahraga yang sesuai dengan minat anak
B.   mendengarkan ungkapan anak tentang perasaannya dengan penuh perhatian
C.   membacakan cerita tentang orang-orang terkenal
D.   meminta anak memperkenalkan diri dan menceritakan anggota keluarganya

44.   Kecerdasan natural dapat dikembangkan dengan cara meminta anak ....
A.   mengamati jenis-jenis daun yang dibawa anak dari rumah
B.   menengok temannya yang sedang sakit
C.   bermain peran di alam terbuka
D.   menjelaskan manfaat tanaman bagi manusia

45.   Kecerdasan yang dikontrol oleh belahan otak kanan adalah kecerdasan ....
A.   logika-matematika dan gerak tubuh
B.   spesial dan musikal-berirama
C.   gerak tubuh dan spasial
D.   musikal-berirama dan gerak tubuh

46.   Putri, Intan, dan Dewi dari tadi asyik rumah-rumahan dan boneka. Sementara itu Jaka, Dimas, dan Bayu yang semula asyik berkelahi sebagai superman dan penjahat, kini sedang beraksi sebagai pengemudi dan penumpang bis kota. Illustrasi tersebut menunjukkan adanya perbedaan dalam kegiatan bermain yang disebabkan oleh faktor ....
A.   jender
B.   temperamen
C.   gaya
D.   budaya

47.   Anita melompat-lompat senang ketika memperoleh mainan yang dibelikan ibunya. Sementara itu, Darman hanya tersenyum ketika diberi mainan yang sangat disukainya. Ilustrasi tersebut menunjukkan perbedaan temperamen dilihat dari aspek ....
A.   perhatian yang sudah beralih
B.   rentang perhatian
C.   suasana hati
D.   tingkat energi reaksi

48.   Eka seorang penari terkenal. Keberhasilan Eka sebagai penari sudah terlihat sejak dia di TK. Ketika di TK sampai SMA, Eka sangat senang menari dan sering mengikuti lomba menari. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa ....
A.   minat mempengaruhi bentuk dan intensitas aspirasi
B.   minat menjadi pendorong/motivasi yang kuat
C.   prestasi selalu mempengaruhi oleh jenis dan intensitas minat pribadi
D.   minat yang sudah ada sejak masa kanak-kanak sering menjadi minat seumur hidup

49.   Manakah dari kegiatan guru berikut yang sesuai untuk anak dengan gaya belajar visual?
A.   mendemonstrasikan cara melipat kertas langkah demi langkah.
B.   meminta anak untuk meragakan cara katak melompat.
C.   menyampaikan cerita tentang anak yang patuh pada orang tua
D.   mengajak anak untuk menginjak rumput yang masih ada embunnya

50.   Perbedaan urutan kelahiran dalam keluarga dapat berpengaruh terhadap perbedaan karakter anak apabila anak ....
A.   mendapatkan perlakuan yang berbeda dari orang tua
B.   dibesarkan oleh orang tua tunggal
C.   tinggal dalam keluarga besar
D.   dilahirkan oleh ibu yang terlalu muda
51.   Di rumah bintang diberi kebebasan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat dengan sopan. Orang tuanya memberikan kesempatan untuk mempertanyakan segala sesuatu yang ingin diketahuinya. Bahkan boleh mengatakan ketidaksetujuannya, tetapi tentu saja dengan alasan yang dapat diterima. Kebiasaan ini terbawa ke sekolah. Bintang selalu mempertanyakan sesuatu yang tidak dimengerti dan bahkan pernah menolak melakukan kegiatan yang diminta gurunya. Hal ini menjadi masalah bagi gurunya, dan menyampaikan hal tersebut kepada orang tua Bintang. Hal tersebut terjadi karena ....
A.   guru salah menafsirkan perilaku anak
B.   anak tidak mematuhi peraturan sekolah
C.   orang tua tidak mengajar cara menghormati orang lain
D.   sekolah tidak memberi kebebasan pada anak

52.   Berkenaan dengan strategi kognitif dan meta kognitif, anak berbakat menunjukkan kemampuan dalam ....
A.   memceritakan sesuatu peristiwa secara kreatif
B.   mempelajari informasi baru secara cepat
C.   menerapkan cara-cara belajar yang kompleks
D.   memotivasi orang lain yang mengalami kegagalan

53.   Anak berbakat karena kelebihannya, sering mengalami kesulitan dalam ....
A.   memenuhi kebutuhan untuk memperoleh informasi lebih lanjut
B.   berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah
C.   mengungkapkan ide yang ada dipikirannya
D.   menunjukkan rasa humornya dengan baik

54.   Anak retardasi mental memiliki skor kecerdasan umum (IQ) di bawah 65, yang ditunjukkan dengan keterlambatan dalam ....
A.   keterampilan dasar pada seluruh bidang akademis
B.   kemampuan bersosialisasi dengan anak seusianya lebih muda
C.   kemampuan menyampaikan keinginan secara tepat
D.   keterampilan berkomunikasi dengan anak seusianya

55.   Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan keadaan retardasi mental pada anak, kecuali ....
A.   kekurangan oksigen pada saat dilahirkan
B.   ada anggota keluarga yang mengalami retardasi mental
C.   sistem pendidikan yang selalu menuntut pada anak
D.   keadaan sosial ekonomi  keluarga yang sangat miskin
     
56.   Rita tidak dapat mengikuti semua kegiatan yang disediakan sekolah. Hal ini disebabkan karena kalau Rita terlalu capai, penyakitnya akan kambuh. Dengan demikian Rita mengalami keterlambatan dibandingkan dengan teman-teman di kelasnya. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa keterlambatan perkembangan Rita disebabkan oleh ....
A.   alasan medis
B.   masalah fisik
C.   kemampuan kognisi
D.   masalah perilaku

57.   Meri tidak dapat mengikuti aktivitas fisik karena adanya kelainan jantung bawaan. Untuk itu pada saat teman-temannya melakukan kegiatan olahraga dengan gembira, Meri hanya memperhatikan mereka. Karena jarang mengikuti aktivitas fisik, perkembangan kekuatan fisik dan suasana hatinya mengalami hambatan. Keterlambatan yang dialami Meri tersebut disebabkan oleh masalah ....
A.   perilaku
B.   fisik
C.   kognisi
D.   emosi

58.   Dyslexia adalah ketidakmampuan anak dalam membaca yang ditunjukkan oleh ....
A.   ketidakmampuan membaca sesuai dengan tahap perkembangan
B.   membaca kata atau huruf secara terbalik
C.   ketidakmampuan mengucapkan kata yang tertulis
D.   kesulitan menuliskan kata-kata yang didiktekan

59.   Salah satu contoh perilaku anak yang mengalami austisme adalah ....
A.   perhatiannya terfokus pada hal-hal yang rinci dan aneh
B.   sulit mengontrol pikiran dan perasaan
C.   tidak mau berinteraksi dengan orang lain
D.   merusak barang milik orang lain

60.   Tindakan guru yang dapat dilakukan untuk membantu anak yang mengalami gangguan anxiety disorder adalah ....
A.   memberikan kesempatan kepada anak melakukan kegiatan yang disenangi
B.   melakukan kegiatan yang menuntut anak berkomunikasi satu sama lain
C.   menyampaikan konsekuensi apabila anak melanggar aturan
D.   menunjukkan rasa simpati ketika anak tampak gelisah

2 comments:

  1. jawabannya dong pak share hehe thankyouu

    ReplyDelete
  2. maaf sebelumnya, apakah Bapak mempunyai kunci jawabannya? Karena soal Bapak sangat menarik untuk saya...

    ReplyDelete