LATIHAN MANDIRI
PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN ANAK
(PGTK2104)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Aspek perkembangan manusia dibagi 3 kelompok,
ketiga aspek perkembangan tersebut adalah ....
A. fisik, kognitif, dan psikososial
B. motorik, kognitif, dan bahasa
C. fisik, motorik, dan kognitif
D. motorik, psikososial, dan emosi
2. Salah satu
contoh perubahan kuantitatif adalah ....
A. bertambahnya tinggi badan
B. meningkatnya kemampuan intelektual
C. berkurangnya kemampuan mengingat
D. meningkatnya kemampuan psikomotor
3. Berikut ini adalah inti dari
pengertian perkembangan, kecuali ....
A. perubahan yang terjadi sepanjang rentang
kehidupan
B. perbedaan yang terjadi pada
perubahan
C. kesamaan individu dalam sifat
perubahan
D. pembagian rentang kehidupan ke dalam
beberapa periode
4. Development involves both gain and loss
artinya adalah perkembangan ....
A. berlangsung seumur hidup untuk beradaptasi
dengan situasi yang dihadapi
B. terjadi dalam berbagai dimensi
yang saling berinteraksi satu sama lain
C. dipengaruhi oleh faktor biologis
dan budaya yang berubah setiap waktu
D. berlangsung dalam berbagai konteks yang
berpengaruh terhadap kehidupan
5. Masa dewasa
muda ditandai dengan kebutuhan ....
A. mencari karir dan pekerjaan
B. membangun karir dan keluarga
C. menghadapi penurunan kemampuan
fisik
D. belajar mengatasi kehilangan
orang yang dicintai
6. Menurut Rousseau, perkembangan
bersifat aktif artinya ....
A. individu dibentuk oleh faktor
lingkungan
B. perkembangan seseorang diatur
oleh diri sendiri
C. kemampuan individu dapat
diramalkan dari kekuatan lingkungan sekitarnya
D. perkembangan dapat dipercepat
atau diperlambat oleh keadaan lingkungan
7. Pengaruh
normatif adalah kejadian ...
A. yang dialami oleh setiap orang
dan berpengaruh baik terhadap kehidupannya
B. yang dialami oleh kebanyakan
orang dalam suatu kelompok
C. luar biasa yang dihadapi
sekelompok orang
D. yang berpengaruh buruk terhadap
kehidupan seseorang
8. Penekanan Erikson
pada identitas ditunjukkan dengan ....
A. penggunaan metode observasi
langsung dalam mempelajari individu
B. pencarian identitas sebagai fokus
perkembangan pada setiap tahap kehidupan
C. banyaknya artikel yang ditulis
mengenai kehidupan orang-orang terkenal
D. tuntutan kepada setiap individu
untuk dapat mengatasi krisis
9. Ketidakberhasilan
individu dalam mengatasi krisis Intimacy vs Isolation ditunjukkan oleh
....
A. penyesalan terhadap apa yang
tidak dapat dilakukan
B. kebingungan dalam menentukan
keputusan dan pilihan
C. perasaan terisolasi dan tidak
menaruh perhatian terhadap lingkungan
D. perasaan tidak menyukai diri
sendiri
10. Pengaruh budaya terhadap perkembangan
psikososial individu dapat ditunjukkan dengan adanya bukti bahwa budaya ....
A. mengarah perilaku individu
B. selalu tumbuh seiring waktu
C. mengadaptasi kehidupan individu
D. berubah sesuai dengan kebutuhan individu
11. Keadaan patologis manusia secara umum yang
paling baik adalah ....
A. aktualisasi
B. kapasitas
C. kemauan
D. kebutuhan
12. Salah satu contoh kebutuhan rasa percaya diri
adalah ....
A. memiliki asuransi kesehatan
B. menjadi anggota tim basket
C. memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi
D. menjadi penari yang terkenal
13. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk
mendorong anak mengaktualisasikan dirinya adalah ....
A. meminta anak untuk mengenali sisi kelemahan
dari orang lain
B. membiarkan anak melakukan segala kegiatan
yang membuatnya bahagia
C. merancang kegiatan yang menuntut anak untuk
menggunakan kemampuannya secara optimal
D. memberikan langkah-langkah yang harus
dilakukan anak dalam mengatasi masalah secara rinci
14. Anak resiliensi adalah anak yang mempunyai kemampuan untuk ....
A. mengatasi keadaan yang berakibat pada terhambatnya perkembangan
emosional
B. menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku
dalam lingkungan masyarakat
C. mencari alternatif pemecahan masalah
berdasarkan pengalaman
D. menciptakan hubungan yang baik dengan orang
tua dan anggota keluarga lainnya
15. Dinda anak ketiga dari keluarga Bu Sukri. Pak
Sukri sudah meninggal ketika Dinda dalam kandungan. Untuk menghidupi
keluarganya Bu Sukri menjadi buruh cuci, sementara kakak-kakaknya berjualan kue
sepulang sekolah. Meskipun beban yang disandang cukup berat, kakak-kakaknya
tidak mengeluh dengan keadaan keluarganya. Melihat itu semua, Dinda mencoba
membantu ibunya menyelesaikan pekerjaan di rumah. Dinda dapat berhasil
dalam belajar dan memiliki banyak teman.
Illustrasi tersebut menunjukkan bahwa karakteristik Dinda mengatasi beban
hidupnya disebabkan oleh faktor ....
A. pengalaman belajar
B. kepribadian
C. keluarga
D. resiko yang terbatas
16. Menurut Piaget, segala sesuatu yang
dipelajari oleh individu disusun dalam bentuk ....
A. skemata
B. operasi
C. logika
D. simbol
17. Bintang pergi ke kebun binatang bersama
pamannya. Ketika melewati kandang Harimau, Bintang berkata, “paman, itu ibunya
kucing besar sekali”. Pamannya tersenyum, “itu bukan kucing, tetapi harimau.”
”Tapi kok seperti kucing ya?, kata Bintang. Pamannya kemudian menjelaskan
perbedaan kucing dan harimau. Dari ilustrasi tersebut, yang merupakan proses
akomodasi adalah ketika Bintang ....
A. mendengarkan penjelasan Pamannya tentang perbedaan kucing dan
harimau
B. mendengarkan perkataan Pamannya, Itu bukan
kucing, tetapi harimau.”
C. menyebut harimau sebagai ibunya kucing
D. melihat harimau dalam kandang di kebun binatang
18. Menurut Piaget, setiap tahap perkembangan
bersifat universal artinya bahwa ....
A. perpindahan dari tahap yang satu ke tahap
berikutnya lebih bersifat kualitatif daipada kuantitatif
B. perubahan pada suatu tahap dipersiapkan dan
diperoleh berdasarkan kemampuan yang dicapai sebelumnya
C. setiap tahap perkembangan memiliki masa
persiapan dan masa akhir yang akan dicapai
D. semua individu di belahan dunia manapun
memiliki urutan tahapan perkembangan yang sama
19. Berikut adalah kemampuan yang telah dimiliki
anak pada tahap pra-operasional, kecuali ....
A. berpikir logis berdasarkan realitas konkret
B. mengingat peristiwa yang telah terjadi
C. mengkhayalkan keinginan di masa depan
D. memprestasikan kejadian secara mental
20. Bu Ina, guru TK B, memperkenalkan konsep
lebih banyak dan lebih sedikit dengan membuat gambar di papan tulis sebagai
berikut :
a. 












b. 










Ketika bu Ina bertanya pada
Nia tentang baris yang berisi bintang paling banyak, Nia memilih baris b.
Illustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu keterbatasan anak pada tahap
pra-operasional adalah ....
A.
ketidakmampuan melakukan konservasi
B.
lebih mempercayai persepsi
dibandingkan logika
C.
kebingungan
antara kejadian fisik dan psikologis
D.
ketidakmampuan membalikkan kejadian
21. Bicara sendiri, menurut Vygotsky, digunakan
oleh anak untuk ....
A. menyampaikan keinginan
B. mengekspresikan perasaan
C. melatih kemampuan berbahasa
D. mengarahkan perilaku
22.
Lingkungan sosial berperan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak
karena menurut Vygotsky ....
A. proses berpikir
berakar dari hubungan sosial yang dialami anak
B.
Lingkungan sosial
menuntut anak untuk berpikir sesuai aturan yang berlaku
C. sebagian besar
waktu dihabiskan oleh anak untuk berinteraksi dengan lingkungannya
D. setiap
lingkungan sosial menuntut perilaku yang berbeda
23. Berdasarkan konsep Zone of Proximal
Development, tingkat kemampuan yang lebih tinggi dapat dicapai oleh anak
melalui ....
A. bantuan orang lain
B. usaha secara mandiri
C. pengalaman langsung
D. pemberian penguatan atau ganjaran
24. Tujuan utama bermain bagi anak adalah untuk ....
A. memperoleh kesenangan
B. menyerap informasi baru
C. mencapai keinginan
D. melakukan kegiatan belajar
25. Menurut teori psikoanalis, kegiatan bermain
dapat membantu perkembangan emosi anak karena melalui bermain anak dapat ....
A. mengekspresikan perasaannya
B. berlatih menyesuaikan diri
C. berperan sebagai orang yang dibayangkan
D. menyalurkan bakat secara positif
26. Fungsi bermain, menurut Bruner, adalah
mengembangkan ....
A. kreativitas dan fleksibilitas
B. kemampuan bereksplorasi dan kreativitas
C. kemampuan memilih dan bereksplorasi
D. fleksibilitas dan kemampuan bereksperimen
27. Bu Ita sedang mengajak anak-anak kelas A
mengenal buah-buahan, sayuran, dan bunga dengan menggunakan mainan. Bu guru
bertindak sebagai penjual dan anak-anak sebagai pembelinya. Setiap anak hanya boleh
memilih mainan yang termasuk kelompok buah-buahan, atau sayuran, atau bunga.
Kegiatan bermain yang dilakukan Bu Ita tersebut diarahkan untuk mengembangkan
aspek ....
A. emosi
B. kognitif
C. bahasa
D. sosial
28. Bintang dan Dani sedang asyik bermain dokter-dokteran.
Bintang sebagai dokter sedang memeriksa Dani yang dianggap sebagai pasiennya.
Ketika Bintang memegang tangan Dani seolah-olah akan menyuntik, Dani pura-pura
menangis karena sakit. Kegiatan bermain yang dilakukan Bintang dan Dani
merupakan kegiatan bermain pada tahap bermain ....
A. sendiri
B. paralel
C. asosiatif
D. kooperatif
29. Manakah dari contoh berikut yang
menggambarkan bermain konstruktif?
A. Reni sedang bermain sepeda roda tiga
mengelilingi lapangan bulu tangkis.
B. Nurul sedang menyusun balok-balok membuat
stasiun kereta.
C. Dengan menggunakan stetoskop mainan, Indah
sedang memeriksa bonekanya.
D. Bintang senang menyelusuri jalur pada gambar,
jalan tikus yang ada pada majalah.
30. Kegiatan guru yang dapat mengganggu kegiatan
bermain anak adalah ....
A. mengajukan pertanyaan terhadap kegiatan yang
dilakukan anak
B. mengajukan ide dan memperluas wawasan anak
C. memberikan instruksi sejenak saat ada peluang
bagi anak untuk belajar sesuatu yang baru
D. mengamati kegiatan anak dari jarak dekat
31. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan guru dalam
bermain dapat menyebabkan hal-hal berikut, kecuali ....
A. waktu bermain anak lebih lama
B. anak lebih bersifat sosial
C. permainannya menuntut kemampuan kognitif
tinggi
D. anak bersikap kompetitif dalam bermain
32. Sekelompok anak sedang bermain peran sebagai pelayan, kasir, dan
pembeli. ketika salah seorang anak memesan makanan kepada temannya yang
berperan sebagai pelayan, Ibu Ita ikut-ikutan memesan makanan juga. Kemudian Ibu Ita diminta untuk membayar makanan yang
dipesannya kepada anak yang berperan sebagai kasir. Illustrasi menunjukkan
keterlibatan guru dalam bermain yang berperan sebagai ....
A. onlooker
B. stage manager
C. coplayer
D. play leader
33. Metode observasi sangat tepat digunakan untuk
mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan aspek ....
A. sosial
B. kognisi
C. nilai
D. fisik
34. Kecerdasan majemuk (multiple
intelligences) adalah kemampuan seseorang dalam ....
A. berpikir dengan cepat
B. menyajikan informasi yang kompleks secara
sistematis
C. mengerjakan tes inteligensi
D. memecahkan permasalahan secara kontekstual
35. Anak yang menonjol dalam kecerdasan natural
akan tampak dalam ....
A. kesenangannya dalam melakukan pengamatan
terhadap lingkungan
B. kepekaannya dalam menilai kelebihan dan
kelemahan diri sendiri
C. ketajamannya dalam melihat pola situasi
D. kemampuannya dalam memvisualisasikan berbagai
ide dan peristiwa
36. Contoh karakteristik anak yang memiliki
kecerdasan interpersonal yang menonjol adalah ....
A. mampu memainkan lagi dengan ekspresif
B. selalu berkeinginan membantu orang lain
C. mudah menjalin komunikasi dengan orang baru
D. terampil membuat kerajinan tangan
37. Kegiatan berikut tidak cocok dilakukan oleh
guru untuk mengasah kecerdasan verbal-linguistik anak ....
A. bermain peran tentang ibu atau bapak dan anak
B. menyanyikan lagu tentang kegiatan sehari-hari
C. mewarnai gambar yang dibuat sendiri oleh anak
D. meminta anak membuat cerita sendiri
38. Kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan
logika-matematika adalah ....
A. menyusun
puzzle gambar orang
B. bercerita tentang anak yang cerdas
C. berdoa bersama sebelum makan
D. melakukan olehraga dalam posisi membentuk
lingkaran
39. Kegiatan guru yang tidak sesuai untuk
mengembangkan kecerdasan visual-spesial adalah ....
A. membuat kerajinan tangan dari sedotan limun
B. meminta anak membereskan kembali mainan
C. menggambar kendaraan yang pernah ditumpangi
D. bercerita tentang perjalanan yang telah
dilakukan
40. Untuk mengasah kecerdasan gerak tubuh (bodily-kinesthetic)
guru dapat merancang kegiatan ....
A. latihan menari secara berkelompok
B. membacakan cerita tentang penari terkenal
C. mengunjungi pertunjukan tari
D. menunjukkan gambar-gambar tarian daerah
41. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengasah kecerdasan
musik-berirama (musical-rythmic) adalah ....
A. menggunting dan menempel foto-foto penyanyi
B. bernyanyi sambil berbaris menuju lapangan
upacara
C. bercerita tentang perjalanan karir penyanyi
pujaannya
D. menggambar sesuai dengan isi lagu
42. Agar kecerdasan antar-diri (interpersonal)
terasah dengan baik, guru dapat melakukan kegiatan ....
A. membacakan cerita tentang pentingnya
persahabatan
B. meminta anak untuk menceritakan kegiatan
liburan
C. mengajak anak ke kebun bunga secara
berkelompok
D. memberikan tugas yang harus dikerjakan dalam
kelompok
43. Guru dapat mengasah kecerdasan dalam diri (interpersonal)
anak dengan cara ....
A. mengembangkan kegiatan olahraga yang sesuai
dengan minat anak
B. mendengarkan ungkapan anak tentang
perasaannya dengan penuh perhatian
C. membacakan cerita tentang orang-orang
terkenal
D. meminta anak memperkenalkan diri dan
menceritakan anggota keluarganya
44. Kecerdasan natural dapat dikembangkan dengan
cara meminta anak ....
A. mengamati jenis-jenis daun yang dibawa anak
dari rumah
B. menengok temannya yang sedang sakit
C. bermain peran di alam terbuka
D. menjelaskan manfaat tanaman bagi manusia
45. Kecerdasan yang dikontrol oleh belahan otak
kanan adalah kecerdasan ....
A. logika-matematika dan gerak tubuh
B. spesial dan musikal-berirama
C. gerak tubuh dan spasial
D. musikal-berirama dan gerak tubuh
46. Putri, Intan, dan Dewi dari tadi asyik
rumah-rumahan dan boneka. Sementara itu Jaka, Dimas, dan Bayu yang semula asyik
berkelahi sebagai superman dan penjahat, kini sedang beraksi sebagai pengemudi
dan penumpang bis kota. Illustrasi tersebut menunjukkan adanya perbedaan dalam
kegiatan bermain yang disebabkan oleh faktor ....
A. jender
B. temperamen
C. gaya
D. budaya
47. Anita melompat-lompat senang ketika
memperoleh mainan yang dibelikan ibunya. Sementara itu, Darman hanya tersenyum
ketika diberi mainan yang sangat disukainya. Ilustrasi tersebut menunjukkan
perbedaan temperamen dilihat dari aspek ....
A. perhatian yang sudah beralih
B. rentang perhatian
C. suasana hati
D. tingkat energi reaksi
48. Eka seorang penari terkenal. Keberhasilan Eka
sebagai penari sudah terlihat sejak dia di TK. Ketika di TK sampai SMA, Eka
sangat senang menari dan sering mengikuti lomba menari. Ilustrasi tersebut
menunjukkan bahwa ....
A. minat mempengaruhi bentuk dan intensitas
aspirasi
B. minat menjadi pendorong/motivasi yang kuat
C. prestasi selalu mempengaruhi oleh jenis dan
intensitas minat pribadi
D. minat yang sudah ada sejak masa kanak-kanak
sering menjadi minat seumur hidup
49. Manakah dari kegiatan guru berikut yang
sesuai untuk anak dengan gaya belajar visual?
A. mendemonstrasikan cara melipat kertas langkah
demi langkah.
B. meminta anak untuk meragakan cara katak melompat.
C. menyampaikan cerita tentang anak yang patuh
pada orang tua
D. mengajak anak untuk menginjak rumput yang
masih ada embunnya
50. Perbedaan urutan kelahiran dalam keluarga
dapat berpengaruh terhadap perbedaan karakter anak apabila anak ....
A. mendapatkan perlakuan yang berbeda dari orang
tua
B. dibesarkan oleh orang tua tunggal
C. tinggal dalam keluarga besar
D. dilahirkan oleh ibu yang terlalu muda
51. Di rumah bintang diberi kebebasan untuk
mengajukan pertanyaan atau pendapat dengan sopan. Orang tuanya memberikan
kesempatan untuk mempertanyakan segala sesuatu yang ingin diketahuinya. Bahkan
boleh mengatakan ketidaksetujuannya, tetapi tentu saja dengan alasan yang dapat
diterima. Kebiasaan ini terbawa ke sekolah. Bintang selalu mempertanyakan sesuatu
yang tidak dimengerti dan bahkan pernah menolak melakukan kegiatan yang diminta
gurunya. Hal ini menjadi masalah bagi gurunya, dan menyampaikan hal tersebut
kepada orang tua Bintang. Hal tersebut terjadi karena ....
A. guru salah menafsirkan perilaku anak
B. anak tidak mematuhi peraturan sekolah
C. orang tua tidak mengajar cara menghormati
orang lain
D. sekolah tidak memberi kebebasan pada anak
52. Berkenaan dengan strategi kognitif dan meta kognitif, anak
berbakat menunjukkan kemampuan dalam ....
A. memceritakan sesuatu peristiwa secara kreatif
B. mempelajari informasi baru secara cepat
C. menerapkan cara-cara belajar yang kompleks
D. memotivasi orang lain yang mengalami
kegagalan
53. Anak berbakat karena kelebihannya, sering
mengalami kesulitan dalam ....
A. memenuhi kebutuhan untuk memperoleh informasi
lebih lanjut
B. berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah
C. mengungkapkan ide yang ada dipikirannya
D. menunjukkan rasa humornya dengan baik
54. Anak retardasi mental memiliki skor
kecerdasan umum (IQ) di bawah 65, yang ditunjukkan dengan keterlambatan dalam
....
A. keterampilan dasar pada seluruh bidang
akademis
B. kemampuan bersosialisasi dengan anak
seusianya lebih muda
C. kemampuan menyampaikan keinginan secara tepat
D. keterampilan berkomunikasi dengan anak
seusianya
55. Berikut ini adalah faktor-faktor yang
menyebabkan keadaan retardasi mental pada anak, kecuali ....
A. kekurangan oksigen pada saat dilahirkan
B. ada anggota keluarga yang mengalami retardasi mental
C. sistem pendidikan yang selalu menuntut pada anak
D. keadaan sosial ekonomi keluarga yang sangat miskin
56. Rita tidak dapat mengikuti semua kegiatan
yang disediakan sekolah. Hal ini disebabkan karena kalau Rita terlalu capai,
penyakitnya akan kambuh. Dengan demikian Rita mengalami keterlambatan
dibandingkan dengan teman-teman di kelasnya. Ilustrasi tersebut menunjukkan
bahwa keterlambatan perkembangan Rita disebabkan oleh ....
A. alasan medis
B. masalah fisik
C. kemampuan kognisi
D. masalah perilaku
57. Meri tidak dapat mengikuti aktivitas fisik
karena adanya kelainan jantung bawaan. Untuk itu pada saat teman-temannya
melakukan kegiatan olahraga dengan gembira, Meri hanya memperhatikan mereka.
Karena jarang mengikuti aktivitas fisik, perkembangan kekuatan fisik dan
suasana hatinya mengalami hambatan. Keterlambatan yang dialami Meri tersebut
disebabkan oleh masalah ....
A. perilaku
B. fisik
C. kognisi
D. emosi
58. Dyslexia adalah ketidakmampuan anak dalam membaca yang
ditunjukkan oleh ....
A. ketidakmampuan membaca sesuai dengan tahap
perkembangan
B. membaca kata atau huruf secara terbalik
C. ketidakmampuan mengucapkan kata yang tertulis
D. kesulitan menuliskan kata-kata yang
didiktekan
59. Salah satu contoh perilaku anak yang
mengalami austisme adalah ....
A. perhatiannya terfokus pada hal-hal yang rinci
dan aneh
B. sulit mengontrol pikiran dan perasaan
C. tidak mau berinteraksi dengan orang lain
D. merusak barang milik orang lain
60. Tindakan guru yang dapat dilakukan untuk membantu anak yang
mengalami gangguan anxiety disorder adalah ....
A. memberikan
kesempatan kepada anak melakukan kegiatan yang disenangi
B. melakukan kegiatan yang menuntut anak
berkomunikasi satu sama lain
C. menyampaikan konsekuensi apabila anak
melanggar aturan
D. menunjukkan rasa simpati ketika anak tampak
gelisah
jawabannya dong pak share hehe thankyouu
ReplyDeletemaaf sebelumnya, apakah Bapak mempunyai kunci jawabannya? Karena soal Bapak sangat menarik untuk saya...
ReplyDelete