Cloud Hosting Indonesia

16 April, 2014

Soal Metode Pengembangan Sosial Emosional



LATIHAN MANDIRI
METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
(PGTK2103)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 53.  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Goleman menjelaskan bahwa emosi merupakan ....      
A.   perasaan senang tidak senang
B.   perasaan baik atau buruk
C.   perasaan atau pikiran-pikiran khas
D.   suasana yang kompleks

2.   Proses terjadinya emosi menurut Lewis dan Rosenblum mengikuti tahap-tahap sebagai berikut, kecuali ....          
A.   reflektor
B.   elicitors
C.   receptors
D.   state
     
3.   Yang bukan termasuk fungsi emosi pada perkembangan anak adalah ....
A.   bentuk komunikasi untuk menyatakan perasaan pada orang lain
B.   mempengaruhi penyesuaian diri anak
C.   melatih motorik halus
D.   menjadi impulsif

4.   Dita anak kelas TK B, dalam kelompok bermainnya sedang memperebutkan bola tetapi gagal. Dengan wajah berkerut dia meninggalkan permainan. Sikap yang ditunjukkan Dita adalah emosi yang mengekspresikan rasa ....
A.   marah
B.   sedih
C.   takut
D.   masa bodoh

5.   Sikap mencari kemandirian lebih banyak merupakan LATIHAN perkembangan sosial-emosional anak pada usia ....
A.   3 tahun 6 bulan
B.   4 tahun 6 bulan
C.   5 tahun 4 bulan
D.   5 tahun 6 bulan

6.   Secara potensial manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial, hal tersebut pendapat dari ....
A.   Plato
B.   Hurlock
C.   Lorce
D.   Syamsudin

7.   Dalam perkembangan sosial, ada anak yang dapat bersikap sesuai dengan harapan masyarakat. Namun ada pula anak yang tidak dapat bergaul dengan lingkungan sekitar walaupun anak tersebut mengetahui apa yang seharusnya ia lakukan. Pendapat ini dikemukakan oleh ...
A.   Goleman
B.   Plato
C.   Hurlock
D.   Muhibin

8.   Kecenderungan seseorang anak untuk menarik diri dari lingkungan sosialnya, adalah merupakan sikap ....
A.   introvert
B.   ekstrovert
C.   optimis
D.   pesimis

9.   Ketika anak bermain bersama orang lain, ia harus dapat megerti dan dimengerti oleh teman-temannya. Kegiatan yang dilakukan anak tersebut merupakan pengembangan kecakapan sosial anak untuk belajar ....
A.   berorganisasi
B.   berkomunikasi
C.   memberi empati
D.   berkompromi

10.   Permainan yang melibatkan beberapa orang anak, belum terorganisasi, bermain sendiri-sendiri namun tidak saling mengganggu merupakan tingkatan dalam bermain ....
A.   soliter
B.   paralel
C.   kooperatif
D.   asosiatif

11.   Reaksi emosi setiap orang akan berbeda dalam menghadapi suatu peristiwa yang sama. Hal tersebut merupakan ciri reaksi emosi yang ....
A.   bersifat individual
B.   mudah berubah dari satu kondisi ke kondisi lainnya
C.   anak sangat kuat
D.   sering kali muncul pada setiap peristiwa dengan cara yang diinginkannya

12.   Reaksi normal terhadap hilangnya kasih sayang, baik kehilangan secara nyata terjadi maupun yang hanya sekedar dugaan, yang dimunculkan dengan rasa kesal, benci dan marah, merupakan bentuk emosi ....
A.   takut
B.   cemburu
C.   iri hati
D.   gembira

13.   Karena mainannya diambil temannya sehingga Doni memukul dan lari meninggalkan tempat bermain. Tindakan Doni tersebut merupakan reaksi emosi ....
A.   sedih
B.   takut
C.   marah
D.   cemburu

14.   Marah impulsif adalah marah yang ditujukan langsung pada orang lain, binatang atau objek, bisa dalam bentuk reaksi fisik atau verbal. Sedang marah terhambat adalah marah yang ....
A.   ditahan
B.   tak terkendali
C.   secara fisik tidak nyaman
D.   karena cemas

15.   Perasaan takut terhadap sesuatu yang tidak jelas namun dirasakan oleh anak dan bersifat subjektif disebut ....
A.   shyness
B.   embarasssment
C.   khawatir
D.   anxiety

16.   Sikap anak yang menunjukkan adanya dorongan untuk melakukan penyesuaian sosial secara baik dengan lingkungannya, merupakan ....
A.   hasrat kerja sama
B.   simpati
C.   hasrat akan penerimaan sosial
D.   kemurahan hati

17.   Pernyataan berikut ini merupakan tahapan dalam penerimaan oleh kelompok teman sebaya, kecuali ....
A.   A reward cost stage
B.   A normative stage
C.   An emphatic stage
D.   A punishment stage

18.   Untuk mengenali gejala emosi dan perilaku sosial anak dalam beraktivitas dapat dilakukan melalui ....
A.   wawancara
B.   pengamatan
C.   angket
D.   metode proyek

19.   Suasana yang diperlukan oleh orang tua dan guru untuk menjaga perilaku sosial emosional anak agar tidak mengalami hambatan dalam perkembangannya, kecuali ....
A.   menyenangkan
B.   menegangkan
C.   menyenangkan
D.   nyaman

20.   Perubahan emosi yang dialami seorang anak dapat berpengaruh terhadap penampilan fisik anak. Jika seorang anak berdiri bulu romanya, itu suatu tanda bahwa anak tersebut sedang merasakan ....
A.   marah
B.   tegang
C.   takut
D.   kecewa

21.   Dina dapat menyelesaikan LATIHAN menyanyikan lagu Ibu Kartini dengan lancar, sehingga penonton merasa puas. Keberhasilan Dina tersebut karena ia sangat percaya diri hingga dapat tampil maksimal. Dengan kata lain, keberhasilan Dina disebabkan oleh faktor ....
A.   mental anak
B.   kepuasan diri
C.   lingkungan
D.   orang tua dan guru
22.   Efek yang dapat terjadi pada anak karena tidak mendapatkan pengalaman emosi, kecuali ....
A.   keterlambatan pertumbuhan
B.   menjadi frustasi
C.   cepat putus asa
D.   timbulnya kedamaian

23.   Berikut ini adalah kemampuan-kemampuan sederhana yang selayaknya dimiliki oleh orang tua/guru agar dapat mengenali berbagai perilaku sosial anak, kecuali ....
A.   mampu mendekati anak dalam keadaan bagaimanapun
B.   dapat mengenali berbagai karakter dan emosi anak
C.   memiliki keterampilan untuk memprediksi perbuatan yang akan dilakukan anak
D.   dapat berlaku subjektif terhadap perilaku anak

24.   Gejala-gejala yang dapat menjelaskan bahwa Dina tidak diterima oleh teman-teman sepermainannya, kecuali ....
A.   berdiri saja tidak ikut bermain
B.   acuh tak acuh dengan teman-teman
C.   terlihat akrab bercanda
D.   agak malu-malu

25.   Dani mempunyai kebiasaan mengganggu teman-temannya setiap kali belajar. Agar tidak mengganggu, guru memberikan LATIHAN. Kegiatan guru tersebut bertujuan untuk menyalurkan energi ....
A.   motoriknya
B.   emosinya
C.   sosialnya
D.   fisik

26.   Sifat-sifat yang mungkin dapat muncul pada anak yang tidak mendapatkan rasa aman dari lingkungan keluarga, kecuali ....
A.   mudah marah
B.   cepat menangis
C.   pemberani
D.   egois

27.   Karena sifatnya yang sering mengganggu dan mengejek teman lain, maka dia tidak diterima oleh teman-teman sekolahnya. Gangguan dalam bersosialisasi anak tersebut disebabkan oleh ....
A.   daya suai kurang
B.   tingkah laku agresif
C.   perilaku berkuasa
D.   anak manja
28.   Berbagai cara dapat dilakukan guru dan orang tua untuk menyikapi adanya pengaruh faktor-faktor negatif yang terjadi pada anak-anak, kecuali ....
A.   mengenali anak serta perkembangan emosi dan sosialnya
B.   menciptakan lingkungan sosial yang kondusif
C.   menekan faktor penyebab yang negatip
D.   membiarkan anak berkembang sesuai dengan karakternya

29.   Orang yang merasa tidak dapat beraktivitas dengan penuh akibat penyakit yang diderita, sehingga ia merasa tertekan dan mudah marah. Akibat lebih jauh ia sulit bergaul. Faktor penyebab gangguan sosial orang tersebut adalah ....
A.   psikologi
B.   lingkungan
C.   fisik
D.   ekonomi

30.   Hukuman terhadap perilaku yang tidak baik justru dapat menyebabkan perilaku yang lebih buruk lagi, apabila hukuman yang diberikan tersebut ....
A.   terlalu berat
B.   terlalu ringan
C.   sesuai aturan
D.   kurang tepat

31.   Salah satu penyebab timbulnya tekanan sosial emosional yang berakibat pada perilaku anak kesepian dan murung adalah ....
A.   konflik dalam keluarga
B.   tawuran antar pelajar
C.   melemahnya sopan-santun
D.   kemiskinan

32.   Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam usaha pengembangan emosi dan peningkatan kemampuan sosial anak adalah ....
A.   memfasilitasi pertumbuhan dan belajarnya secara optimal
B.   memberi kebebasan seluas-luasnya
C.   membiarkan konflik dalam rumah
D.   mengarahkan anak bersikap patuh

33.   Kecerdasan emosi merupakan penentu keberhasilan individu dalam kehidupannya. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Plato
B.   Peter Salovey
C.   John Mayer
D.   Goleman

34.   Kemampuan untuk mengungkapkan dan memahami perasaan, merupakan ciri-ciri kecerdasan emosi menurut pendapat ....
A.   Goleman
B.   Hurlock
C.   Peter Salovey dan John Mayer
D.   Plato

35.   Pedoman yang perlu diperhatikan guru dalam pengembangan kecerdasan emosi anak, kecuali ....
A.   peraturan kelas diberlakukan secara ketat
B.   kegiatan didasarkan atas kebutuhan dan minat
C.   kegiatan bersifat holistik
D.   memberikan kesempatan pada anak untuk menyampaikan gagasannya

36.   Bu Dewi mengajak siswanya untuk membuang sampah pada tempatnya, setelah siswa-siswa mengupas jeruk. Hal tersebut merupakan kegiatan dalam upaya ....
A.   menerapkan konsep empati
B.   melatih pengendalian diri
C.   mengolah pengelolaan emosi
D.   memberikan contoh yang baik

37.   Pada waktu anak menangis ketika haus, dan akan tertawa kembali ketika ibunya datang membawa botol minumnya, merupakan bentuk sosialisasi anak dengan ....
A.   lingkungannya
B.   emosinya
C.   psikologisnya
D.   imajinasinya

38.   Salah satu tujuan pembelajaran dalam dimensi pengembangan sosial emosional anak sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan sesuai pula dengan pandangan para ahli adalah kemampuan untuk ....
        A.   melakukan hubungan dengan orang lain
B.   belajar dengan coba dan ralat
C.   belajar dengan meniru lingkungannya
D.   belajar mengkondisikan emosi yang ada pada dirinya
39.      Keputusan profesional tentang keberadaan anak dan pendidikannya yang didasarkan atas pengetahuan perkembangan dan belajar anak, kekuatan, minat dan kebutuhan dalam kelompok.
Pernyataan tersebut merupakan pengertian DAP menurut pandangan ....
A.   Maurice
B.   Al-Mabrur
C.   Claudia Eliason
D.   Kats
     
40.   Prinsip pembelajaran berdasarkan DAP menyatakan bahwa perkembangan dapat terjadi ....
A.   dalam urutan yang relatif teratur
B.   saling terkait satu dengan lainnya
C.   secara bervariasi
D.   secara kompleksitas

41.   Rambu-rambu pengembangan masyarakat pembelajar yang peduli dalam perancangan dan pengembangan kurikulum di TK adalah ....
A.   memahami setiap anak dengan baik
B.   memperlakukan anak sesuai dengan martabatnya
C.   memungkinkan pihak satu berkontribusi dengan pihak yang lain
D.   mengamati permainan spontan anak secara berkelanjutan

42.   Berikut ini adalah karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 4 – 6 tahun, kecuali ....
A.   senang bermain dengan anak lain
B.   menolong dan membela teman
C.   dapat bertindak sopan
D.   belajar membina persahabatan

43.   Menurut prosedur pengembangan pembelajaran tradisional, penyampaian materi, metode dan tujuan pembelajaran menekankan pada harapan-harapan guru, sedangkan pembelajaran DAP lebih berorientasi pada ....
A.   siswa untuk bereksplorasi
B.   pengalaman belajar yang konkret
C.   imajinatif yang menyenangkan
D.   perkembangan yang khas

44.   Pengembangan pembelajaran yang bersifat multistimulus dan multisensoris adalah pembelajaran yang ....
A.   dilakukan dengan berbagai kombinasi
B.   lebih menekankan belajar untuk belajar
C.   menitikberatkan pada pengembangan indra tertentu
D.   menggunakan berbagai rangsangan

45.   Secara holistik pengembangan pembelajaran dianggap berkualitas dan memenuhi kriteria ideal bagi anak TK apabila ....
A.   anak belajar dengan gaya berbeda
B.   anak belajar sesuai selera guru
C.   bekerja sendiri-sendiri
D.   belajar sesuai kematangan

46.   Dalam pengembangan sosial emosional anak, strategi guru yang sesuai dengan kebutuhan adalah ....
A.   memilih peran sebagai kesanggupannya
B.   memilih LATIHAN sesuai kematangannya
C.   menyediakan ragam pilihan peran sesuai dengan perkembangan anak
D.   melakukan kegiatan sesuai dengan minat

47.   Yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis tema adalah ....
A.   pengalaman pertama pada anak
B.   pendekatan pembelajaran didasarkan ide-ide sentral tentang anak dan lingkungan
C.   memungkinkan anak belajar berkelompok
D.   menguasai keterampilan khusus

48.   Berikut ini adalah karakteristik pembelajaran yang berbasis tema, kecuali ....
A.   menemukan cara-cara untuk melibatkan anggota keluarga anak
B.   memberikan pengalaman langsung dengan objek-objek
C.   membangun kegiatan sekitar minat anak
D.   menyediakan pengalaman yang konkret

49.   Memberikan kesempatan bagi anak untuk mendokumentasikan dan merefleksikan tentang apa yang telah dipelajari merupakan ....
A.   tujuan pembelajaran berbasis DAP
B.   asas pembelajaran berbasis DAP
C.   fungsi pembelajaran terpadu berbasis tema
D.   prinsip pembelajaran terpadu berbasis tema

50.   Mendukung perkembangan konsep anak merupakan ....
A.   keunggulan pembelajaran terpadu berbasis tema
B.   keunggulan pembelajaran berbasis DAP
C.   kelemahan pembelajaran berbasis tema
D.   kelemahan pembelajaran terpadu berbasis DAP

51.   Jenis dan perilaku anak yang dikembangkan melalui penjadwalan secara terus menerus, sehingga perilaku tersebut melekat pada anak merupakan ....
A.   pengertian pengembangan sosial-emosional
B.   tujuan pengembangan sosial-emosional
C.   asas pengembangan sosial-emosional
D.   fungsi pengembangan sosial-emosional

52.   Menyediakan suatu bentuk kegiatan yang dapat dijadwalkan secara terus menerus untuk membentuk kebiasaan anak merupakan ....
A.   fungsi pengembangan sosial-emosional
B.   tujuan pengembangan sosial-emosional
C.   prinsip pengembangan sosial-emosional
D.   fungsi pengembangan sosial-emosional

53.   Contoh kegiatan yang dilakukan anak TK yang dapat dilakukan secara terprogram di sekolah adalah ....
A.   berdoa sebelum dan sesuadah makan
B.   menyiram bunga
C.   mencuci piring sesudah makan
D.   memberi makan binatang piaraannya


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   54   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
54.   Perasaan positif pada anak perlu dikembangkan karena dapat ....
1)   menumbuhkan rasa aman
2)   meningkatkan kepercayaan diri
3)   mementingkan diri sendiri

55.   Ciri-ciri perkembangan sosial anak pada periode prasekolah adalah ....
1)   memilih teman untuk bermain
2)   mengembangkan nilai-nilai sosial
3)   selalu berusaha untuk berkomunikasi dan menarik perhatian

56.   Kemampuan sederhana yang harus dimiliki orang tua dan guru dalam mengenali perilaku sosial emosional anak adalah kemampuan ....
1)   mendekati anak dalam keadaan apapun
2)   mengamati berbagai karakter emosi dan perilaku sosial anak
3)   merekam, mencatat, dan membuat prediksi perbuatan yang akan menyertainya

57.   Berikut ini adalah bentuk hubungan sosial emosional anak yang dapat mempengaruhi aktivitas kehidupan anak, kecuali ....
1)   menengok teman yang sedang sakit
2)   gembira karena mendapat hadiah
3)   menutup mukanya karena malu

58.   Menurut Setiawan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi anak adalah sebagai berikut ....
1)   status sosial ekonomi orang tua
2)   konflik dalam proses perkembangan
3)   sebab-sebab yang bersumber dari lingkungan

59.   Pendekatan holistik bagi guru dalam mengembangkan sosial-emosional anak TK ....
1)   setiap fokus pertumbuhan dan perkembangan anak mempertimbangkan secara luas keterkaitan antara satu bidang dengan bidang lainnya
2)   berbagai dimensi perkembangan dan lingkungan memberikan pengaruh dan dampak baik positif dan negatif pada anak
3)   belajar sesuai kematangan

60.   Contoh pemilihan kegiatan pembelajaran berbasis tema adalah sebagai berikut ....
1)   dalam menyajikan konsep, anak dapat terlibat langsung
2)   berhubungan dengan pengalaman nyata anak
3)   kurikulum yang disajikan dapat mengembangkan kemampuan bahasa, motorik, sosial-emosional dan kognitifnya

No comments:

Post a Comment