LATIHAN MANDIRI
METODE
PENGEMBANGAN KOGNITIF
(PGTK2101)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 42 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pengetahuan
fisika yang pertama kali dikembangkan untuk anak TK, adalah ....
A. mengenalkan konsep sama
B. membilang 1 – 10
C. pengenalan warna
D. menyebutkan angka 1 – 10
2. Melalui
kegiatan bercerita, kemampuan-kemampuan anak yang dapat dikembangkan adalah
....
A. bahasa dan kreativitas
B. cerita dan gerakan
C. berbahasa dan sastra
D. keterampilan memahami bahasa
3. Penerapan kaidah sebagai proses
kognitif dapat diceritakan pada penyelesaian soal melengkapi ....
A. alternatif jawaban yang terdapat
dalam kesimpulan
B. urutan pemecahan masalah
C. urutan dalam pengolahan informasi
D. perolehan hasil penelitian
4. Menurut Stein
Stermberg, salah satu komponen yang termasuk dalam usaha mempelajari informasi
baru adalah ....
A. ingatan
B. meta
C. penampilan
D. pencapaian
5. Suatu jawaban
yang berbeda dengan jawaban sebelumnya atau berbeda dengan jawaban kebanyakan
orang pada umumnya merupakan gambaran seseorang dalam berpikir secara ....
A. lancar
B. luwes
C. orisional
D. terperinci
6. Definisi kognitif menurut Terman
adalah kemampuan untuk ....
A. menyesuaikan diri dengan
lingkungan
B. berpikir abstrak
C. memproses informasi
D. memproses intelektual
7. Teori
pengembangan kognitif “Two Factors” berpendapat bahwa kognitif ....
A. dapat dilihat dari tiga katagori
dasar yaitu operasi mental, content dan produk
B. meliputi kemampuan umum dan
kemampuan khusus
C. merupakan pejelasan dari
kemampuan primer
D. dapat menyatakan pengalaman atau
masalah baru
8. Meta component
adalah bagian dari proses berpikir manusia, yang dalam kehidupan sehari-hari
dapat berfungsi untuk ....
A. melaksanakan strategi untuk
menyimpan informasi baru
B. merencanakan aturan, menyeleksi
strategi dan monitoring
C. memperoleh pengetahuan baru,
untuk menambah pengalaman
D. menghadapi situasi baru secara
efektif
9. Manakah dari
pernyataan berikut yang merupakan pandangan tentang pengembang-an kognitif
menurut Henmon ....
A. ada beberapa aspek yang saling
berkaitan pada pengembangan kognitif
B. ada 3 aspek yang tidak bisa
dipisahkan dalam pengembangan kognitif
C. kognitif bagian dari intelegensi
D. kognitif berkaitan dengan
kreativitas siswa
10. Menurut
Guilford struktur intelektual manusia dapat digambarkan sebagai kubus yang
terdiri dari atas 3 dimensi intelektual. Ketiga dimensi tesebut adalah ....
A. input, proses dan hasil
B. operasi, isi dan hasil
C. operasi, proses dan hasil
D. input, proses dan produk
11. Cara berpikir anak yang berusia lima tahun berbeda dengan anak
yang sudah dewasa. Perbedaan cara berpikir tersebut dapat disebabkan oleh
faktor ....
A. lingkungan
B. kematangan
C. orang tua
D. pendidikan
12. Menurut Montessori, anak usia pra sekolah ditandai dengan masa
peka terhadap segala stimulus yang diterima melalui panca inderanya. Sikap yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua terhadap
anak adalah ....
A. membiarkan anak belajar sendiri
B. memberi kesempatan pada anak untuk
mengembangkan bakat
C. memberi stimulasi yang tepat
D. menanggapi semua yang dituntut anak
13. Yang dimaksud dengan kognisi adalah ....
A. proses terjadinya informasi pada tubuh
manusia
B. perolehan informasi yang berasal dari
lingkungan
C. proses jalannya informasi yang terjadi di
dalam otak manusia
D. kematangan seseorang dalam menerima pesan
14. Para ahli psikologi pengolahan informasi
berpendapat bahwa pengolahan informasi sangat bermanfaat untuk ....
A. mengetahui bagaimana cara anak mempeoleh
pengetahuan faktual
B. mengetahui bagaimana suatu jajaran luas
proses kognitif itu dapat berubah
C. memunculkan bakat kognitif anak yang baru,
dan bagaimana cara mempertahan-kan
D. memahami bagaimana anak menafsirkan,
menyimpan dan mengevaluasi informasi
15. Meta kognisi merupakan pengetahuan seorang
anak mengenal dan mengendalikan fungsi kognisi mereka sendiri. Salah satu jenis meta kognisi adalah ....
A. meta memori
B. proses kognitif
C. proses eksekutif
D. intelegensi
16. Proses eksekutif meta kognisi yang termasuk
kesadaran akan proses kognitif yang diperlukan untuk pemecahan masalah adalah
....
A. suatu permasalahan yang memerlukan jalan
keluar
B. anak menyadari pengetahuan dan fungsi
kognitif yang diperlukan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan menyingkirkan pemecahan masalah
yang tidak efisien
D. memecahkan masalah untuk mencari kebenaran
pengetahuan yang tidak dimiliki
17. Pernyataan berikut yang merupakan contoh dari
formulasi masalah adalah ….
A. anak balita ketika gagal dalam melukis akan
menyerah, tetapi anak pra sekolah berusaha untuk memperbaiki
B. anak usia 4 tahun kehilangan mainannya, lalu
ia mengacak-acak segala tempat untuk mencari tetapi anak usia 7 tahun, ia
mengingat-ingat di mana mainannya
C. anak yang lebih tua usianya akan lebih mudah
mengerjakan soal penjumlahan dari pada anak usia lebih muda
D. anak usia 3 tahun susah untuk mengambil
sesuatu yang berada lebih tinggi dari dia, sedangkan anak yang berusia lebih
besar, mencari alternatif lain seperti mengambil bangku kemudian ia naik ke
atas bangku dan berusaha untuk mengambil benda tersebut
18. Salah satu kegunaan alat berpikir menurut
Vygotsky dapat dicontohkan pada kegiatan berikut ….
A. membantu memecahkan masalah, memudahkan dalam
melakukan tindakan
B. membantu anak berpikir secara rasional,
mendidik bergerak spontan
C. membuat anak melakukan tindakan
berulang-ulang, dan mendidik anak belajar mandiri
D. mempengaruhi tindakan anak dalam
menyelesaikan masalah, dan membantu anak untuk berinisiatif sendiri
19. Setiap bangun tidur anak pergi ke kamar mandi
sendiri untuk buang air seni, sebelum berangkat sekolah ia memakai baju,
kemudian kaos kaki dan sepatu. Kegiatan anak seperti contoh di atas adalah
tahapan Z P D yang terjadi pada tahap ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
20. Ketika anak-anak belajar tentang konsep
sesuatu menurut Vygotsky, tidak harus menggunakan objek-objek tertentu karena
….
A. sudah cukup dengan bahasa yang jelas
B. anak mulai belajar mandiri
C. kebiasaan yang mereka peroleh
D. objek-objek tersebut jarang di dapat
21. Aktivitas terprogram pada masa pra sekolah
adalah ….
A. memanipulasi objek
B. belajar menirukan suara
C. banyak belajar
D. bermain selagi ia terjaga
22. Menfaat yang diperoleh dari mapping bagi anak
adalah ….
A. mengungkap seluruh fungsi mental
B. meningkatkan kreativitas
C. mengembangkan memahami berbagai objek
D. menunjukkan kemampuan berpikir simbolik
23. Manfaat kemahiran berbahasa, bagi anak usia
dini adalah ….
A. memberikan keuntungan dalam mengem-bangkan
bahasa
B. menjadi bentuk cara anak berpikir
C. mengembangkan kreativitas berbahasa
D. meningkatkan keterampilan mengungkap-kan
bahasa
24. Pengetahuan tentang fisik bagi seorang anak
diperoleh dari lingkungan hidup sehari-hari. Pengetahuan bahwa tidak semua benda
dapat mengeluarkan bunyi nyaring, dapat diperoleh dari pengalaman anak pada
saat ….
A. mendorong berbagai jenis benda
B. memukul berbagai jenis benda
C. menyusun berbagai jenis benda
D. menarik berbagai jenis benda
25. Untuk membangun pengetahuan melalui teori
peniruan, sebaiknya guru memberikan penjelasan sesuai dengan apa yang dilihat
oleh anak. Pernyataan diatas mempunyai makna bahwa ….
A. anak belajar tidak dari lingkungan yang ia
lihat melainkan juga dari penjelasan seseorang
B. pengetahuan adalah hasil pemikiran seseorang
yang ia dapatkan dari peng-lihatan
C. anak memperoleh input pengetahuan tidak hanya
melalui indera penglihatannya tetapi juga indera pendengaran
D. pengetahuan yang diperoleh anak selain
melalui indera penglihatan juga informasi dari guru
26. Pandangan konstruktivis terhadap teori
pengetahuan adalah ….
A. untuk mendapatkan pengetahuan, anak tidak
harus mengkonstruksikan pemikiran-nya
B. bahwa pengetahuan adalah hasil dari
pengkontruksian pemikiran secara aktif
C. bahwa pengetahuan berkembang dengan
mempelajari bagaimana pengkontruksian
D. cara untuk memperoleh pengetahuan harus
melalui pemikiran yang terprogram dari pengkontruksian
27. Konsep perubahan (transformasi) terjadi
apabila ....
A. objek dipindah dari posisi semula
B. memperoleh objek yang baru
C. mendapat pengetahuan baru
D. objek yang lama di ganti dengan objek baru
28. Kegiatan-kegiatan guru berikut dapat
mengembangkan logika pendidikan anak, kecuali ....
A. penjelasan tenggang rasa
B. penggunaan angka dalam permainan
C. pemberian tes pada anak-anak
D. pemberian LATIHAN dan latihan
29. Metode-metode pembelajaran yang dapat
digunakan untuk membangun pengetahuan pada anak adalah ....
A. ceramah, dan tanya jawab
B. bermain peran, dan demonstrasi
C. bermain peran, dan diskusi
D. praktek langsung, dan diskusi
30. Pernyataan berikut yang merupakan definisi
bermain adalah ....
A. bermain merupakan tuntutan psikologi dan
biologis anak
B. melakukan sesuatu untuk bersenang-senang
C. bermain sangat penting bagi anak
D. bermain merupakan cara belajar yang bersifat
alami
31. Melalui metode bermain peran tujuan
pembelajaran yang mungkin dapat dicapai adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. penyampaian informasi
B. pengajaran suatu prinsip tetentu
C. pengembangan kemampuan berhitung
D. keterampilan praktek
32. Dalam pembelajaran, guru harus berperan
sebagai motivator. Oleh karena itu guru harus dapat ....
A. membawa anak didik untuk belajar
B. memberi dukungan anak didik untuk belajar
C. menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
D. memberi fasilitas yang memadai
33. Yang dimaksud dengan teori kecerdasan majemuk
adalah ....
A. cara belajar yang banyak di tempuh oleh
berbagai macam anak
B. kecerdasan anak yang beraneka ragam, untuk
menyelesaikan konsep-konsep tertentu
C. banyak cara untuk mempelajari sebuah konsep
dengan menggunakan intelegensi yang berbeda-beda
D. suatu cara untuk mempelajari banyak konsep,
yang sering di lakukan oleh berbagai anak
34. Berdasarkan teori belahan otak, belahan otak
kiri berfungsi untuk mengembangkan ....
A. kemampuan untuk berpikir secara bertahap dan
sistematis
B. kemampuan visual untuk pemahaman terhadap
fakta
C. emosi dan cara berpikir sintesis
D. kemampuan bekerja untuk menggunakan imajinasi
seseorang
35. Seorang anak memiliki kecerdasan linguistik
apabila ia mampu ....
A. berargumentasi secara efektif melalui
kata-kata yang diucapkan
B. menganalisis masalah secara logis
C. berargumentasi dalam memecahkan masalah
D. memperlihatkan sesuatu di dalam pikiran
seseorang
36. Seorang anak dapat dikatakan memiliki
kecerdasan logika matematika apabila ….
A. melibatkan semua inderanya untuk
mengobservasi kerjadian-kejadian yang timbul di sekelilingnya
B. mampu menganalisis maslah secara logis dan
menyelidiki sesuatu secara ilmiah
C. melibatkan indera peraba untuk
meng-operasikan media yang berupa komputer
D. mampu melakukan gerakan-gerakan yang
membangun sesuatu berdasarkan simbol-simbol
37. Kecerdasan fisik seorang anak dapat diamati
melalui kemampuannya dalam melakukan ….
A. gerakan seperti berlari dan menari
B. meditasi dan membuat jurnal
C. kegiatan menyanyi dan mengenal suatu konsep
D. permainan seperti menyusun balok-balok
38. Materi pembelajaran yang dapat mengem-bangkan kecerdasan visual
spasial antara lain ....
A. berlari
B. menggambar
C. bermain huruf
D. diskografi
39. Yang di maksud kecerdasan intra personal
adalah ....
A. kecerdasan yang berhubungan erat dengan
kemampuan seseorang dalam berargumentasi
B. berbagai kegiatan intra personal dari
masing-masing anak dalam hubungan dengan teman sebaya
C. kemampuan menempatkan diri dalam hubungannya
dengan lingkungan
D. kemampuan untuk berpikir secara reflektif
mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri
40. Pernyataan berikut yang menjelaskan tentang
hakikat metode pengembangan kognitif adalah ....
A. untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak,
guru harus banyak mem-bimbing anak untuk belajar
B. untuk membantu pengembangan kognitif, anak
perlu dibekali dengan pengalaman belajar melalui metode yang tepat
C. cara yang ditempuh guru dalam pembelajaran
anak, khususnya kemampuan berpikir kritis
D. cara untuk mengembangkan kreativitas
berpikir, guru harus menyiapkan kondisi lingkungannya yang memadai
41. Manakah dari kegiatan pembelajaran berikut
yang menggunakan metode demonstrasi ....
A. Bu Ani menyuruh siswanya untuk melihat
roncean bunga
B. agar lebih jelas, Bu Tati memperagakan cara
meronce bunga
C. anak-anak diberi LATIHAN memilih bunga untuk
dironce
D. sebutkanlah cara meronce bunga dengan benar
42. Dalam mengawali pembelajaran di TK guru menentukan
anak yang cocok untuk menjadi petani, menjadi pegawai KUD. Kemudian guru
melatih anak untuk melakukan kegiatan seperti layaknya orang bercakap-cakap di
kantor KUD. Metode yang diterapkan guru tersebut adalah ....
A. bercerita
B. bercakap-cakap
C. dramatisasi
D. demonstrasi
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 43
SAMPAI 60 PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
43. Contoh langkah-langkah atau prosedur yang
benar dalam melaksanakan evaluasi terhadap pengembangan kognitif adalah ....
1) menyiapkan format penilaian
2) membuat LKS
3) catatan anekdot
44. Alasan diadakannya evaluasi terhadap
pengembangan kognitif dalam pembelajaran adalah ....
1) evaluasi merupakan bagian dari rangkaian yang
harus dilakukan guru dalam mengembangkan kognitif
2) evaluasi menentukan tingkat pencapaian
harapan yang telah ditetapkan dalam tujuan
3) tujuan utama evaluasi untuk mengetahui bakat
peserta didik, agar guru mudah menentukan materi pembelajaran
45. Kemampuan anak dalam mengkategorikan flora
maupun fauna, mengenali eksistensi suatu spesies, dan memetakan hubungan ancara
beberapa spesies, adalah jenis kecerdasan ....
1) self smart
2) natural
3) nature smart
46. Berikut ini adalah bahan-bahan yang
diperlukan dalam permainan block building ....
1) balok konstruksi, kertas konstruksi
2) pasir, kertas, ban dan pensil
3) balok, kardus yang akan dijadikan balok
47. Perkembangan kognitif yang sesuai dengan
teori revolusi sosiokultural menurut Vygotsky adalah ....
1) hukum kekalan tentang perkembangan
2) hukum genetika tentang perkembangan
3) zona perkembangan proksimal
48. Karakteristik anak yang berada pada periode
konkret operasional dapat dilihat dari perilaku berikut ....
1) berpikir terhadap hal-hal yang riel
2) berpikir secara abstrak
3) mempunyai kemampuan mengkonservasi
49. Yang di maksud dengan transmisi sosial dalam
aspek perkembangan kognitif adalah ....
1) pengaruh yang didapat dari cara pengasuhan
2) pengaruh yang di dapat dari pendidikan yang
diberikan
3) kemampuan yang mengatur untuk beradaptasi
dengan lingkungannya
50. Kemampuan yang dapat dikembangkan pada tahap
pengembangan sains permulaan adalah ....
1) mengeksplorasi berbagai benda yang ada di
sekitarnya
2) mengembangkan apa yang diamati
3) mengkomunikasikan sesuatu yang di teliti
51. Kemampuan pengembangan geometri adalah
kemampuan yang berkaitan dengan ....
1) pengembangan konsep bentuk
2) keterampilan tangan
3) pengembangan konsep ukuran
52. Pengembangan kinestik (PK) dapat dikembangkan
melalui kegiatan ....
1) bermain
2) menyahit
3) melukis
53. Kemampuan pengembangan taktil adalah
kemampuan yang berkembang dengan indera peraba. Untuk melatih atau
mengembangkan kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan-kegaitan
berikut ....
1) bermain air
2) meremas kertas koran
3) meraup biji-bijian
54. Kemampuan pengembangan visual (PV) anak dapat
dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan berikut ....
1) mengenali benda sehari-hari
2) mengenali huruf dan angka
3) membuat gambar sendiri
55. Kemampuan pengembangan auditory (PA) anak
adalah kemampuan yang berhubungan dengan bunyi. Kemampuan tersebut dapat
dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan berikut ....
1) mengikuti ritmik dengan bertepuk
2) membuat gambar sendiri
3) mengikuti perintah lisan sederhana
56. Berikut ini adalah karakteristik perkembangan
kognitif pada anak pra sekolah ....
1) mengelompokkan benda yang memiliki persamaan
2) mengetahui dan menyebutkan umurnya
3) mampu bermain puzzle
57. Usia 3 – 5 tahun menurut Elizabeth B. Hurlock
adalah masa bermain, yang ditandai oleh ....
1) bermain dengan objek simbol
2) mengekspresikan mainannya
3) menganggap mainannya mempunyai sifat hidup
58. Antara usia dan perilaku memiliki hubungan
yang sangat erat. Karakteristik anak usia 3 tahun adalah sebagai berikut ....
1) dalam kehidupan sehari-hari penuh dengan
imajinasi
2) mulai dapat melihat benda secara realistis
3) mereka mempunyai teman imajinasi
59. Pengembangan kemampuan kognitif sangat
penting bagi anak agar anak ....
1) rajin belajar dan bekerja
2) berkembang daya persepsinya ber-dasarkan apa
yang ia lihat
3) memahami berbagai simbol-simbol yang tersebar
di dunia sekitarnya
60. Ciri-ciri kemampuan kognitif untuk anak
berbakat menurut J.S. Renzulli adalah ....
1) perbendaharaan kata luas
2) penalaran tajam
3) rajin bekerja
No comments:
Post a Comment