Cloud Hosting Indonesia

15 April, 2014

Soal Metode Pengembangan Kognitif



LATIHAN MANDIRI
METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
(PGTK2101)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 42 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pengetahuan fisika yang pertama kali dikembangkan untuk anak TK, adalah ....
A.   mengenalkan konsep sama
B.   membilang 1 – 10
C.   pengenalan warna
D.   menyebutkan angka 1 – 10

2.   Melalui kegiatan bercerita, kemampuan-kemampuan anak yang dapat dikembangkan adalah ....  
A.   bahasa dan kreativitas
B.   cerita dan gerakan
C.   berbahasa dan sastra
D.   keterampilan memahami bahasa
     
3.   Penerapan kaidah sebagai proses kognitif dapat diceritakan pada penyelesaian soal melengkapi ....
A.   alternatif jawaban yang terdapat dalam kesimpulan
B.   urutan pemecahan masalah
C.   urutan dalam pengolahan informasi
D.   perolehan hasil penelitian

4.   Menurut Stein Stermberg, salah satu komponen yang termasuk dalam usaha mempelajari informasi baru adalah ....
A.   ingatan
B.   meta
C.   penampilan
D.   pencapaian

5.   Suatu jawaban yang berbeda dengan jawaban sebelumnya atau berbeda dengan jawaban kebanyakan orang pada umumnya merupakan gambaran seseorang dalam berpikir secara ....
A.   lancar
B.   luwes
C.   orisional
D.   terperinci

6.   Definisi kognitif menurut Terman adalah kemampuan untuk ....
A.   menyesuaikan diri dengan lingkungan
B.   berpikir abstrak
C.   memproses informasi
D.   memproses intelektual

7.   Teori pengembangan kognitif “Two Factors” berpendapat bahwa kognitif ....
A.   dapat dilihat dari tiga katagori dasar yaitu operasi mental, content dan produk
B.   meliputi kemampuan umum dan kemampuan khusus
C.   merupakan pejelasan dari kemampuan primer
D.   dapat menyatakan pengalaman atau masalah baru

8.   Meta component adalah bagian dari proses berpikir manusia, yang dalam kehidupan sehari-hari dapat berfungsi untuk ....
A.   melaksanakan strategi untuk menyimpan informasi baru
B.   merencanakan aturan, menyeleksi strategi dan monitoring
C.   memperoleh pengetahuan baru, untuk menambah pengalaman
D.   menghadapi situasi baru secara efektif

9.   Manakah dari pernyataan berikut yang merupakan pandangan tentang pengembang-an kognitif menurut Henmon ....
A.   ada beberapa aspek yang saling berkaitan pada pengembangan kognitif
B.   ada 3 aspek yang tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan kognitif
C.   kognitif bagian dari intelegensi
D.   kognitif berkaitan dengan kreativitas siswa

10.   Menurut Guilford struktur intelektual manusia dapat digambarkan sebagai kubus yang terdiri dari atas 3 dimensi intelektual. Ketiga dimensi tesebut adalah ....
A.   input, proses dan hasil
B.   operasi, isi dan hasil
C.   operasi, proses dan hasil
D.   input, proses dan produk

11.   Cara berpikir anak yang berusia lima tahun berbeda dengan anak yang sudah dewasa. Perbedaan cara berpikir tersebut dapat disebabkan oleh faktor ....
A.   lingkungan
B.   kematangan
C.   orang tua
D.   pendidikan

12.   Menurut Montessori, anak usia pra sekolah ditandai dengan masa peka terhadap segala stimulus yang diterima melalui panca inderanya. Sikap yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua terhadap anak adalah ....
A.   membiarkan anak belajar sendiri
B.   memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan bakat
C.   memberi stimulasi yang tepat
D.   menanggapi semua yang dituntut anak

13.   Yang dimaksud dengan kognisi adalah ....
A.   proses terjadinya informasi pada tubuh manusia
B.   perolehan informasi yang berasal dari lingkungan
C.   proses jalannya informasi yang terjadi di dalam otak manusia
D.   kematangan seseorang dalam menerima pesan

14.   Para ahli psikologi pengolahan informasi berpendapat bahwa pengolahan informasi sangat bermanfaat untuk ....
A.   mengetahui bagaimana cara anak mempeoleh pengetahuan faktual
B.   mengetahui bagaimana suatu jajaran luas proses kognitif itu dapat berubah
C.   memunculkan bakat kognitif anak yang baru, dan bagaimana cara mempertahan-kan
D.   memahami bagaimana anak menafsirkan, menyimpan dan mengevaluasi informasi

15.   Meta kognisi merupakan pengetahuan seorang anak mengenal dan mengendalikan fungsi kognisi mereka sendiri. Salah satu jenis meta kognisi adalah ....
A.   meta memori
B.   proses kognitif
C.   proses eksekutif
D.   intelegensi

16.   Proses eksekutif meta kognisi yang termasuk kesadaran akan proses kognitif yang diperlukan untuk pemecahan masalah adalah ....
A.   suatu permasalahan yang memerlukan jalan keluar
B.   anak menyadari pengetahuan dan fungsi kognitif yang diperlukan untuk memecahkan masalah
C.   kemampuan menyingkirkan pemecahan masalah yang tidak efisien
D.   memecahkan masalah untuk mencari kebenaran pengetahuan yang tidak dimiliki

17.   Pernyataan berikut yang merupakan contoh dari formulasi masalah adalah ….
A.   anak balita ketika gagal dalam melukis akan menyerah, tetapi anak pra sekolah berusaha untuk memperbaiki
B.   anak usia 4 tahun kehilangan mainannya, lalu ia mengacak-acak segala tempat untuk mencari tetapi anak usia 7 tahun, ia mengingat-ingat di mana mainannya
C.   anak yang lebih tua usianya akan lebih mudah mengerjakan soal penjumlahan dari pada anak usia lebih muda
D.   anak usia 3 tahun susah untuk mengambil sesuatu yang berada lebih tinggi dari dia, sedangkan anak yang berusia lebih besar, mencari alternatif lain seperti mengambil bangku kemudian ia naik ke atas bangku dan berusaha untuk mengambil benda tersebut

18.   Salah satu kegunaan alat berpikir menurut Vygotsky dapat dicontohkan pada kegiatan berikut ….
A.   membantu memecahkan masalah, memudahkan dalam melakukan tindakan
B.   membantu anak berpikir secara rasional, mendidik bergerak spontan
C.   membuat anak melakukan tindakan berulang-ulang, dan mendidik anak belajar mandiri
D.   mempengaruhi tindakan anak dalam menyelesaikan masalah, dan membantu anak untuk berinisiatif sendiri

19.   Setiap bangun tidur anak pergi ke kamar mandi sendiri untuk buang air seni, sebelum berangkat sekolah ia memakai baju, kemudian kaos kaki dan sepatu. Kegiatan anak seperti contoh di atas adalah tahapan Z P D yang terjadi pada tahap ….
A.   pertama
B.   kedua
C.   ketiga
D.   keempat

20.   Ketika anak-anak belajar tentang konsep sesuatu menurut Vygotsky, tidak harus menggunakan objek-objek tertentu karena ….
A.   sudah cukup dengan bahasa yang jelas
B.   anak mulai belajar mandiri
C.   kebiasaan yang mereka peroleh
D.   objek-objek tersebut jarang di dapat

21.   Aktivitas terprogram pada masa pra sekolah adalah ….
A.   memanipulasi objek
B.   belajar menirukan suara
C.   banyak belajar
D.   bermain selagi ia terjaga

22.   Menfaat yang diperoleh dari mapping bagi anak adalah ….
A.   mengungkap seluruh fungsi mental
B.   meningkatkan kreativitas
C.   mengembangkan memahami berbagai objek
D.   menunjukkan kemampuan berpikir simbolik

23.   Manfaat kemahiran berbahasa, bagi anak usia dini adalah ….
A.   memberikan keuntungan dalam mengem-bangkan bahasa
B.   menjadi bentuk cara anak berpikir
C.   mengembangkan kreativitas berbahasa
D.   meningkatkan keterampilan mengungkap-kan bahasa

24.   Pengetahuan tentang fisik bagi seorang anak diperoleh dari lingkungan hidup sehari-hari. Pengetahuan bahwa tidak semua benda dapat mengeluarkan bunyi nyaring, dapat diperoleh dari pengalaman anak pada saat ….
A.   mendorong berbagai jenis benda
B.   memukul berbagai jenis benda
C.   menyusun berbagai jenis benda
D.   menarik berbagai jenis benda

25.   Untuk membangun pengetahuan melalui teori peniruan, sebaiknya guru memberikan penjelasan sesuai dengan apa yang dilihat oleh anak. Pernyataan diatas mempunyai makna bahwa ….
A.   anak belajar tidak dari lingkungan yang ia lihat melainkan juga dari penjelasan seseorang
B.   pengetahuan adalah hasil pemikiran seseorang yang ia dapatkan dari peng-lihatan
C.   anak memperoleh input pengetahuan tidak hanya melalui indera penglihatannya tetapi juga indera pendengaran
D.   pengetahuan yang diperoleh anak selain melalui indera penglihatan juga informasi dari guru

26.   Pandangan konstruktivis terhadap teori pengetahuan adalah ….
A.   untuk mendapatkan pengetahuan, anak tidak harus mengkonstruksikan pemikiran-nya
B.   bahwa pengetahuan adalah hasil dari pengkontruksian pemikiran secara aktif
C.   bahwa pengetahuan berkembang dengan mempelajari bagaimana pengkontruksian
D.   cara untuk memperoleh pengetahuan harus melalui pemikiran yang terprogram dari pengkontruksian

27.   Konsep perubahan (transformasi) terjadi apabila ....
A.   objek dipindah dari posisi semula
B.   memperoleh objek yang baru
C.   mendapat pengetahuan baru
D.   objek yang lama di ganti dengan objek baru

28.   Kegiatan-kegiatan guru berikut dapat mengembangkan logika pendidikan anak, kecuali ....
A.   penjelasan tenggang rasa
B.   penggunaan angka dalam permainan
C.   pemberian tes pada anak-anak
D.   pemberian LATIHAN dan latihan

29.   Metode-metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk membangun pengetahuan pada anak adalah ....
A.   ceramah, dan tanya jawab
B.   bermain peran, dan demonstrasi
C.   bermain peran, dan diskusi
D.   praktek langsung, dan diskusi
30.   Pernyataan berikut yang merupakan definisi bermain adalah ....
A.   bermain merupakan tuntutan psikologi dan biologis anak
B.   melakukan sesuatu untuk bersenang-senang
C.   bermain sangat penting bagi anak
D.   bermain merupakan cara belajar yang bersifat alami

31.   Melalui metode bermain peran tujuan pembelajaran yang mungkin dapat dicapai adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   penyampaian informasi
B.   pengajaran suatu prinsip tetentu
C.   pengembangan kemampuan berhitung
D.   keterampilan praktek

32.   Dalam pembelajaran, guru harus berperan sebagai motivator. Oleh karena itu guru harus dapat ....
A.   membawa anak didik untuk belajar
B.   memberi dukungan anak didik untuk belajar
C.   menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
D.   memberi fasilitas yang memadai

33.   Yang dimaksud dengan teori kecerdasan majemuk adalah ....
A.   cara belajar yang banyak di tempuh oleh berbagai macam anak
B.   kecerdasan anak yang beraneka ragam, untuk menyelesaikan konsep-konsep tertentu
C.   banyak cara untuk mempelajari sebuah konsep dengan menggunakan intelegensi yang berbeda-beda
D.   suatu cara untuk mempelajari banyak konsep, yang sering di lakukan oleh berbagai anak

34.   Berdasarkan teori belahan otak, belahan otak kiri berfungsi untuk mengembangkan ....
A.   kemampuan untuk berpikir secara bertahap dan sistematis
B.   kemampuan visual untuk pemahaman terhadap fakta
C.   emosi dan cara berpikir sintesis
D.   kemampuan bekerja untuk menggunakan imajinasi seseorang

35.   Seorang anak memiliki kecerdasan linguistik apabila ia mampu ....
A.   berargumentasi secara efektif melalui kata-kata yang diucapkan
B.   menganalisis masalah secara logis
C.   berargumentasi dalam memecahkan masalah
D.   memperlihatkan sesuatu di dalam pikiran seseorang

36.   Seorang anak dapat dikatakan memiliki kecerdasan logika matematika apabila ….
A.   melibatkan semua inderanya untuk mengobservasi kerjadian-kejadian yang timbul di sekelilingnya
B.   mampu menganalisis maslah secara logis dan menyelidiki sesuatu secara ilmiah
C.   melibatkan indera peraba untuk meng-operasikan media yang berupa komputer
D.   mampu melakukan gerakan-gerakan yang membangun sesuatu berdasarkan simbol-simbol

37.   Kecerdasan fisik seorang anak dapat diamati melalui kemampuannya dalam melakukan ….
A.   gerakan seperti berlari dan menari
B.   meditasi dan membuat jurnal
C.   kegiatan menyanyi dan mengenal suatu konsep
D.   permainan seperti menyusun balok-balok

38.   Materi pembelajaran yang dapat mengem-bangkan kecerdasan visual spasial antara lain ....
A.   berlari
B.   menggambar
C.   bermain huruf
D.   diskografi

39.   Yang di maksud kecerdasan intra personal adalah ....
A.   kecerdasan yang berhubungan erat dengan kemampuan seseorang dalam berargumentasi
B.   berbagai kegiatan intra personal dari masing-masing anak dalam hubungan dengan teman sebaya
C.   kemampuan menempatkan diri dalam hubungannya dengan lingkungan
D.   kemampuan untuk berpikir secara reflektif mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri
     
40.   Pernyataan berikut yang menjelaskan tentang hakikat metode pengembangan kognitif adalah ....
A.   untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak, guru harus banyak mem-bimbing anak untuk belajar
B.   untuk membantu pengembangan kognitif, anak perlu dibekali dengan pengalaman belajar melalui metode yang tepat
C.   cara yang ditempuh guru dalam pembelajaran anak, khususnya kemampuan berpikir kritis
D.   cara untuk mengembangkan kreativitas berpikir, guru harus menyiapkan kondisi lingkungannya yang memadai

41.   Manakah dari kegiatan pembelajaran berikut yang menggunakan metode demonstrasi ....
A.   Bu Ani menyuruh siswanya untuk melihat roncean bunga
B.   agar lebih jelas, Bu Tati memperagakan cara meronce bunga
C.   anak-anak diberi LATIHAN memilih bunga untuk dironce
D.   sebutkanlah cara meronce bunga dengan benar

42.   Dalam mengawali pembelajaran di TK guru menentukan anak yang cocok untuk menjadi petani, menjadi pegawai KUD. Kemudian guru melatih anak untuk melakukan kegiatan seperti layaknya orang bercakap-cakap di kantor KUD. Metode yang diterapkan guru tersebut adalah ....
A.   bercerita
B.   bercakap-cakap
C.   dramatisasi
D.   demonstrasi


PETUNJUK:     UNTUK SOAL NOMOR   43   SAMPAI   60 PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
43.   Contoh langkah-langkah atau prosedur yang benar dalam melaksanakan evaluasi terhadap pengembangan kognitif adalah ....
1)   menyiapkan format penilaian
2)   membuat LKS
3)   catatan anekdot

44.   Alasan diadakannya evaluasi terhadap pengembangan kognitif dalam pembelajaran adalah ....
1)   evaluasi merupakan bagian dari rangkaian yang harus dilakukan guru dalam mengembangkan kognitif
2)   evaluasi menentukan tingkat pencapaian harapan yang telah ditetapkan dalam tujuan
3)   tujuan utama evaluasi untuk mengetahui bakat peserta didik, agar guru mudah menentukan materi pembelajaran

45.   Kemampuan anak dalam mengkategorikan flora maupun fauna, mengenali eksistensi suatu spesies, dan memetakan hubungan ancara beberapa spesies, adalah jenis kecerdasan ....
1)   self smart
2)   natural
3)   nature smart

46.   Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam permainan block building ....
1)   balok konstruksi, kertas konstruksi
2)   pasir, kertas, ban dan pensil
3)   balok, kardus yang akan dijadikan balok

47.   Perkembangan kognitif yang sesuai dengan teori revolusi sosiokultural menurut Vygotsky adalah ....
1)   hukum kekalan tentang perkembangan
2)   hukum genetika tentang perkembangan
3)   zona perkembangan proksimal

48.   Karakteristik anak yang berada pada periode konkret operasional dapat dilihat dari perilaku berikut ....
1)   berpikir terhadap hal-hal yang riel
2)   berpikir secara abstrak
3)   mempunyai kemampuan mengkonservasi

49.   Yang di maksud dengan transmisi sosial dalam aspek perkembangan kognitif adalah ....
1)   pengaruh yang didapat dari cara pengasuhan
2)   pengaruh yang di dapat dari pendidikan yang diberikan
3)   kemampuan yang mengatur untuk beradaptasi dengan lingkungannya

50.   Kemampuan yang dapat dikembangkan pada tahap pengembangan sains permulaan adalah ....
1)   mengeksplorasi berbagai benda yang ada di sekitarnya
2)   mengembangkan apa yang diamati
3)   mengkomunikasikan sesuatu yang di teliti

51.   Kemampuan pengembangan geometri adalah kemampuan yang berkaitan dengan ....
1)   pengembangan konsep bentuk
2)   keterampilan tangan
3)   pengembangan konsep ukuran

52.   Pengembangan kinestik (PK) dapat dikembangkan melalui kegiatan ....
1)   bermain
2)   menyahit
3)   melukis

53.   Kemampuan pengembangan taktil adalah kemampuan yang berkembang dengan indera peraba. Untuk melatih atau mengembangkan kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan-kegaitan berikut ....
1)   bermain air
2)   meremas kertas koran
3)   meraup biji-bijian

54.   Kemampuan pengembangan visual (PV) anak dapat dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan berikut ....
1)   mengenali benda sehari-hari
2)   mengenali huruf dan angka
3)   membuat gambar sendiri

55.   Kemampuan pengembangan auditory (PA) anak adalah kemampuan yang berhubungan dengan bunyi. Kemampuan tersebut dapat dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan berikut ....
1)   mengikuti ritmik dengan bertepuk
2)   membuat gambar sendiri
3)   mengikuti perintah lisan sederhana

56.   Berikut ini adalah karakteristik perkembangan kognitif pada anak pra sekolah ....
1)   mengelompokkan benda yang memiliki persamaan
2)   mengetahui dan menyebutkan umurnya
3)   mampu bermain puzzle

57.   Usia 3 – 5 tahun menurut Elizabeth B. Hurlock adalah masa bermain, yang ditandai oleh ....
1)   bermain dengan objek simbol
2)   mengekspresikan mainannya
3)   menganggap mainannya mempunyai sifat hidup

58.   Antara usia dan perilaku memiliki hubungan yang sangat erat. Karakteristik anak usia 3 tahun adalah sebagai berikut ....
1)   dalam kehidupan sehari-hari penuh dengan imajinasi
2)   mulai dapat melihat benda secara realistis
3)   mereka mempunyai teman imajinasi

59.   Pengembangan kemampuan kognitif sangat penting bagi anak agar anak ....
1)   rajin belajar dan bekerja
2)   berkembang daya persepsinya ber-dasarkan apa yang ia lihat
3)   memahami berbagai simbol-simbol yang tersebar di dunia sekitarnya

60.   Ciri-ciri kemampuan kognitif untuk anak berbakat menurut J.S. Renzulli adalah ....
1)   perbendaharaan kata luas
2)   penalaran tajam
3)   rajin bekerja

No comments:

Post a Comment