LATIHAN MANDIRI
METODE
PENGETAHUAN MORAL
DAN NILAI AGAMA
(PGTK2102)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Menurut Peter
(1979) yang dimaksud dengan moral position adalah ....
A. perhitungan antisipatif dari
seseorang terhadap munculnya sikap negatif
B. perhitungan emosi yang
diakibatkan dari suatu keputusan
C. suatu nilai moral yang dimiliki
seseorang yang didasari oleh dua landasan perhitungan
D. perkembangan nilai moral
seseorang didasari oleh dua landasan
2. Sumber teori
yang paling dominan dalam pembahasan perkembangan moralitas anak adalah ....
A. Kohlbergh, Sigmund frend, Jean Piaget
B. Piaget, John Dewey, Erik
Erikson
C. John Dewey, Kohlbergh, Piaget
D. John Dewey, Kohlbergh, Sigmund
freud
3. Menurut John Dewey tahapan
perkembangan moral manusia yang banyak berlandaskan pada pola pikirannya
sendiri adalah ....
A. pre-convensional
B. tingkat konvensional
C. heterenomous
D. autonomous
4. Rentangan
heteronomous dan Autonomous adalah rentangan perkembangan moral yang dilalui
oleh seorang manusia dalam kehidupannya. Teori ini
dikemukakan oleh ....
A. John Dewey
B. Piaget
C. Kohlberg
D. Sigmund freud
5. Menurut Piaget
pada jenjang pendidikan prasekolah, anak berada dalam rentangan perkembangan
moral ....
A. pre-moral
B. Autonomous
C. Heteronomous
D. pre-conventional
6. Pada anak usia 2 atau 3 tahun
hukuman sedapat mungkin tidak diberikan mengingat pada usia ini anak baru mulai
mengenal aturan, nilai, dan norma. Untuk melakukan koreksi terhadap perilaku
anak yang tidak pantas dianjurkan lebih bersifat ....
A. komunikatif
B. persuasif
C. perhatian dan kasih sayang
D. tegas sesuai aturan
7. “Faris” baru
berusia 3 tahun sudah patuh pada aturan ibunya karena bila ia melanggarnya maka
ibunya akan marah dan menghukumnya. Sikap Faris ini
mencerminkan perkembangan penalaran moral level 1 menurut teori ....
A. John Dewey
B. Gagne
C. Kohlberg
D. Fawzia Aswin Hadist
8. Usaha-usaha untuk memperkaya konsep-konsep
anak melalui pengalaman sensorik maupun persepsi antara lain dengan cara ....
A. merangsang keingintahuan anak
B. merubah kurikulum sekolah
C. melibatkan anak dalam kegiatan memanipulasi
D. melibatkan anak secara
intelektual
9. Menurut Fawzia
A. Hadis (1999:75) pokok pertama yang
terpenting dalam pendidikan moral adalah menjadi pribadi yang bermoral, dalam
arti seorang anak dapat ....
A. menjadi anggota kelompok yang
bermoral
B. belajar apa yang diharapkan
kelompok dari anggotanya
C. mematuhi aturan-aturan yang menyangkut
moral
D. belajar menjadi anggota kelompok
yang mematuhi aturan-aturan kelompok
10. Pendidikan
multikultur sangat penting diberikan pada anak usia prasekolah sesuai tingkat pemahaman mereka supaya
....
A. berinteraksi dengan orang diluar dirinya atau
kelompok lain
B. memiliki kecenderungan melakukan kategorisasi
C. memiliki pandangan bahwa manusia mahluk mulia
D. bertanggungjawab terhadap diri sendiri maupun
orang lain
11. Desonansi adalah ....
A. ego
B. id
C. gema atau eho
D. super ego
12. Dilihat dari sudut pendidikan nilai, moral,
dan norma, keberadaan disonansi sebagai ....
A. penghalang masuknya/dihayatinya nilai-nilai
budaya kehidupan
B. pengendali dari perilaku dan sikap anak didik
C. penentuan pilihan sikap pada hal-hal yang
positif
D. landasan pertimbangan dalam menentukan
pendekatan
13. Menurut Freud, sumber dan tempat dari
dorongan biologis adalah ....
A. ego
B. super ego
C. id
D. eho
14. Ketika anak bermain seringkali ia merebut
mainan dari temannya meskipun ia tahu bahwa itu bukan mainannya. Ini dilakukan
karena ia merasa butuh dan kepentingannya belum terpenuhi. Hal ini merupakan
ilustrasi dari ....
A. kebiasaan dan budaya
B. hasrat untuk sukses dan kesenangan
C. ketergesaan dan keadaan darurat
D. kebutuhan dan kepentingan diri
15. Akibat leluasanya peredaran dan penayangan
pornografi, akan berpengaruh negatif terhadap perkembangan moral anak. Kondisi ini kontradiktif dengan ....
A. perkembangan moral anak
B. dunia pendidikan
C. perilaku anak sehari-hari
D. pengaruh lingkungan yang diterima anak
16. Implikasi negatif dari kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi bagi anak seusia taman kanak-kanak adalah ….
A. sangat mudah mengakses yang diinginkan
B. mematikan sifat emosional dan moralitas
C. mematikan sifat kreativitas dan moralitas
D. mendukung percepatan kearah positif
17. Aliran pendidikan yang memberikan pendidikan
kepada keseluruhan bagian yang membentuk moral anak adalah ....
A. pendidikan neo humanis
B. pendidikan individualis
C. fondasi kehidupan anak
D. paradigma lama
18. Tindakan yang dilakukan oleh guru dalam
kegiatan belajar mengajar seyogyanya dilandasi dengan ....
A. keputusan profesional
B. pengetahuan guru
C. kebutuhan kurikulum
D. karakteristik anak
19. Esensi lain yang harus dipahami oleh guru
dalam menentukan pendekatan kegiatan belajar mengajar adalah pengetahuan
tentang ....
A. teknik membentuk tingkah laku anak
B. pendekatan yang tepat dalam belajar anak
C. menciptakan pendekatan pendidikan
D. keterlibatan anak dan keluarga dalam belajar
20. Dorongan yang kuat dari orang tua dan guru
sangat penting dalam membentuk tingkah laku anak karena dapat memberikan rasa
berharga pada anak, termasuk teknik ....
A. keteladanan
B. memahami
C. membentuk
D. memuji
21. Memasukan sesuatu pikiran ke dalam jiwa anak
adalah teknik ....
A. meminta
B. menantang
C. sugesti
D. memahami
22. Dalam memilih dan menentukan suatu pendekatan
dan metode yang akan digunakan guru dalam program kegiatan anak di TK, guru
perlu memperhatikan faktor-faktor yang mendukung seperti ....
A. karakteristik tujuan kegiatan dan
karakteristik anak
B. mengenal lingkungan sosial anak lebih baik
C. memahami perkembangan anak TK
D. menyusun rencana pembelajar mingguan
23. Anak dapat memahami isi cerita dan akan
mendengarkannya dengan penuh perhatian apabila isi cerita yang disampaikan itu
berkaitan dengan ....
A. dunia kehidupan binatang
B. dunia kehidupan anak
C. cerita-cerita menegangkan
D. penayangan teknik animasi
24. Agar cerita yang terlalu panjang dan terinci
dapat menarik perhatian anak, maka sebaiknya digunakan teknik bercerita ....
A. menggunakan buku dongeng
B. menambahkan ilustrasi gambar dari buku
C. membacakan langsung kepada anak
D. memberi gambar tokoh-tokoh kartun
25. Memberikan pengalaman belajar di luar kelas,
dan memberikan kesempatan kepada anak mengobservasi dan mengalami sendiri dari
dekat termasuk metode ....
A. karyawisata
B. bercerita
C. pengamatan
D. bernyanyi
26. Anak dapat membuat lukisan binatang di sebuah
kebuh binatang. Kemampuan ini wujud dari pengalaman yang telah diperolehnya dalam
....
A. karyawisata
B. pelajaran menggambar
C. kursus menggambar
D. lomba melukis
27. Dalam merumuskan tujuan karyawisata anak TK
sebaiknya dihubungkan dengan ....
A. tema-tema dalam program kegiatan belajar anak
TK
B. pemahaman dan pengetahuan anak
C. pengetahuan konseptual tentang alam sekitar
D. pengembangan pemahaman anak dengan dunia
nyata
28. Mengevaluasi pelaksanaan karyawisata anak TK
dapat dilakukan dengan kegiatan ....
A. pelaksanaan karyawisata
B. penerapan hasil belajar
C. berjalan-jalan di kebun binatang
D. bermain di luar kelas
29. Pendidikan nilai dan moral akan mudah
diterima dan dipahami oleh anak usia dini, antara lain melalui pendekatan dan
penerapan metode ....
A. berdiskusi
B. karyawisata
C. bernyanyi
D. ceramah
30. Lagu yang baik bagi anak TK adalah lagu yang
memperhatikan kriteria antara lain ....
A. mudah dihafal oleh anak, mengandung unsur
pendidikan
B. populer, sesuai karakter dan dunia anak
C. syarat akan unsur pendidikan, populer
D. mudah didapat, syair tidak terlalu panjang
31. Yang dimaksud dengan sajak adalah ....
A. pendekatan yang menimbulkan rasa senang,
gembira dan bahagia
B. memiliki kesamaan arti tiap bait sajak
C. kumpulan kata yang memiliki persamaan bunyi
pada akhir baris
D. kumpulan kata mengandung makna kiasan atau
pesan
32. Melalui kegiatan membaca sajak anak mempunyai
keberanian dalam ....
A. mengungkapkan sesuatu
B. menceritakan kesedihan
C. membaca syair di kelas
D. menghayati makna syair
33. Program pembentukan perilaku anak TK
dilakukan secara terus menerus yang diwujudkan dalam ....
A. kegiatan belajar
B. kegiatan sehari-hari
C. pembiasaan perilaku
D. sikap berperilaku
34. Dalam upaya menanamkan sikap tenggang rasa
dan toleransi guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. menekankan bahwa setiap manusia
saling membutuhkan bantuan dalam kehidupannya
B. menekankan pentingnya memiliki tenggang rasa
dan toleransi
C. meminta anak menentukan gambar yang
menunjukkan perilaku baik
D. mendorong anak memberi alasan dari penentuan
gambar perilaku tersebut
35. Ruang lingkup indikator dari hasil belajar
anak dapat mengenal tanggungjawab adalah ....
A. rapi dalam berpakaian dan bekerja
B. dapat mengurus dirinya sendiri
C. mengenal arti kebersamaan dan persatuan
D. dapat memutuskan sesuatu secara sederhana
36. Ruang lingkup indikator pengembangan moral
dan nilai-nilai agama pada usia 5 – 6 tahun adalah ....
A. menghargai teman dan tidak memaksakan
kehendak
B. membantu pekerjaan ringan orang dewasa
C. menunjukkan perilaku atas dasar keyakinan
adanya Tuhan
D. mengenal sifat-sifat Tuhan Yang Maha Pengasih
37. Langkah awal dalam penyusunan perencanaan
pembelajaran di Tk adalah menentukan ....
A. target kompetensi
B. tema
C. pendekatan/metode
D. media pendukung
38. Media pendukung kegiatan pengembangan moral anak dengan tema
“binatang” antara lain adalah ....
A. lagu ciptaan Allah
B. lagu “Ayo mandi”
C. VCD tentang berangkat ke sekolah
D. rumah Barbie
39. Untuk menanamkan perilaku tertib dalam
kehidupan dunia anak, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. mengajak anak untuk mengingat
kegiatan pada malam sebelumnya
B. menekankan pentingnya untuk tidak bermain
hingga larut malam
C. mengajak anak mengurutkan gambar seri tentang
anak-anak yang bermain malam hari di luar rumah
D. memperlihatkan benda-benda yang membahayakan
40. Menanamkan pentingnya tidur malam lebih awal
dan bangun pagi kepada anak TK adalah contoh penyusunan strategi ....
A. hidup tertib dan teratur
B. membiasakan perilaku masuk sekolah
C. mengenalkan aturan bermain
D. memperkenalkan etika dalam melatih disiplin
41. Strategi guru dalam membiasakan perilaku anak
masuk sekolah adalah antara lain ....
A. mengajak anak membuat cerita “jika saya rajin
datang sekolah”
B. menekankan pentingnya membuat jadwal mata
pelajaran
C. mengajak anak untuk menata kelas supaya
nyaman
D. mengingatkan pentingnya bangun pagi
42. Berikut ini adalah cara guru memperkenalkan
aturan bermain di ruang dapur, kecuali ....
A. menekankan pentingnya mencuci
tangan
B. tidak bercanda seperti mendorong atau berlari-lari
C. memperlihatkan benda-benda yang dapat
membahayakan
D. tidak mengganggu ibu yang sedang bekerja
43. Anak didorong untuk dapat berhenti bermain
pada waktunya. Hal ini salah satu upaya guru untuk menanamkan sikap ....
A. mengendalikan emosi
B. jujur dalam kehidupan anak
C. mendorong anak untuk menjawab
D. menanamkan sikap berani
44. Suatu usaha mendapatkan berbagai informasi
secara berkala, berkesinambungan dan menyeluruh, tentang proses dan hasil dari
pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai anak melalui program kegiatan
belajar, adalah definisi penilaian menurut ....
A. Wayan Nurkancana
B. Kurikulum 1994
C. GBPKB TK
D. Undang-undang nomor 20 tahun 2003
45. Memberikan informasi kepada orang tua tentang
ketercapaian perkembangan anaknya agar dapat memperbaiki dan meningkatkan
bimbingan dan motivasi, adalah salah satu ....
A. tujuan penilaian
B. fungsi penilaian
C. ruang lingkup penilaian
D. prinsip-prinsip penilaian
46. Berikut ini adalah prinsip kegiatan penilaian
yang harus diperhatikan guru, kecuali ....
A. mendidik
B. menyeluruh
C. berkesinambungan
D. subyektif
47. Yang dimaksud dengan mendidik sebagai salah
satu prinsip penilaian adalah ....
A. hasil penilaian memiliki kebermaknaan bagi
guru, orang tua, anak didik
B. hasil penilaian harus dapat digunakan untuk
memberi dorongan kepada semua anak
C. dalam penilaian harus diperhatikan adanya
kesesuaian antara apa yang diajarkan
D. penilaian dilakukan secara berencana,
mendidik dan terus menerus
48. Yang dimaksud dengan kesesuaian dalam prinsip
penilaian adalah ....
A. dalam penilaian harus diperhatikan adanya
kesesuaian antara yang diajarkan dengan yang dilaporkan
B. hasil penilaian harus memperhatikan
kesesuaian antara proses dengan hasil
C. penilaian harus memperhatikan perkembangan
hasil belajar
D. adanya kesesuaian antara proses pembelajaran
dengan hasil
49. Menilai keberanian anak untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, keinginan dan sikap dapat dilakukan dengan melihat ....
A. seringnya anak berbicara dalam percakapan
B. kemampuan anak menyimak percakapan
C. perkembangan aspek kognitif anak
D. persamaan dan perbedaan ungkapan anak
50. Penilaian berfungsi sebagai media redukasi,
maksudnya adalah ....
A. untuk mengetahui keberhasilan atau kekurangan
dalam pelaksanaan proses pembelajaran
B. berfungsi sebagai alat untuk memperkuat
nilai-nilai moral yang selama ini dianut anak didik
C. berfungsi sebagai bagian integral dalam
proses pembelajaran
D. penilaian proses pembelajaran menuntut
perhatian dan penanganan yang sungguh-sungguh
51. Berikut ini adalah tujuan rancangan kegiatan
bercerita bagi anak TK dalam menanamkan moral dan nilai agama kecuali
....
A. kepekaan terhadap penderitaan
orang lain
B. kesukaan menolong orang lain
C. persamaan dengan orang lain
D. kecintaan kepada orang lain
52. Menanamkan nilai-nilai agama
kepada anak sejak dini sangat penting karena kedudukan agama bagi semua umat
sebagai kebutuhan ....
A. jiwa raga
B. sekunder
C. primer
D. manusia
53. Mengembangkan potensi anak didik sejak dini
dilandasi dengan pilar keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa adalah
tujuan pendidikan nasional menurut ....
A. Undang-undang Dasar 1945 bagian Pembukaan
alinea ke 3
B. Undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003
Bab II pasal 3
C. Undang-undang Dasar 1945 pasal 29 ayat 1 dan
2
D. Undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2004
54. Pendekatan yang sesuai dalam menghadapi
tingkah laku yang tidak pantas seperti merengek-rengek adalah ....
A. mengabaikan
B. mengalihkan perhatian
C. memahami
D. memberikan hadiah
55. Pemberian hukuman kepada anak akan lebih
baik, jika dilakukan ....
A. berulang, agar anak selalu ingat kesalahannya
B. dengan mencela si anak agar tidak mengulangi
perbuatannya
C. di depan anak lainnya agar timbul rasa
bersalah
D. segera ketika perbuatan salah itu dilakukan
56. Pesan-pesan moral dan sikap keagamaan harus
diperagakan secara langsung oleh guru maupun secara bersama-sama
dimainkan/ditirukan oleh anak. Aktivitas ini adalah prinsip ....
A. peragaan/pengamatan
B. belajar sambil bermain
C. otoaktivitas
D. kebebasan meniru
57. Menurut Gordon Dryden et-al 1999:84) untuk
menuju masyarakat pembelajar baru diperlukan sedikitnya 3 langkah pembaharuan
berikut ini, kecuali ....
A. melakukan program pengejaran
ketertinggalan pelajaran di sekolah
B. mendefinisikan ulang apa yang harus diajarkan
di sekolah
C. melakukan program percepatan belajar dengan
menggunakan berbagai strategi belajar
D. mempola kurikulum ke dalam 4 pilar dengan
penilaian diri dan pelatihan keterampilan hidup sebagai komponen kuncinya
58. Berikut ini adalah prinsip kebebasan dalam
rangka membangun rasa tanggungjawab sesuai kemampuannya, kecuali ....
A. berani dalam memilih
B. diijinkan untuk membuat keputusan
C. diberikan kesempatan untuk hal-hal tertentu
D. melakukan sesuatu di luar kebiasaan orang
melakukannya
59. Desain kurikulum yang disampaikan kepada anak
TK harus disesuaikan dengan keterkaitan dan keterpaduan karena ....
A. anak memandang segala sesuatu secara utuh
(holistic)
B. anak belum dapat berpikir kritis
C. sesuai dengan karakter anak usia prasekolah
D. dunia anak adalah dunia bermain
60. Target yang akan dicapai dalam
mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada anak TK adalah ....
A. memberi kesempatan tumbuh dan berkembang
B. menanamkan sikap disiplin dan tanggungjawab
C. mewarnai pertumbuhan dan perkembangan diri
dengan nilai keagamaan
D. mewarnai pribadi anak dengan moral yang baik
dan membangun kemampuan anak seutuhnya
No comments:
Post a Comment