Cloud Hosting Indonesia

16 April, 2014

Soal Metode Pengetahuan Moral dan Nilai Agama



LATIHAN MANDIRI
METODE PENGETAHUAN MORAL
DAN NILAI AGAMA
(PGTK2102)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Menurut Peter (1979) yang dimaksud dengan moral position adalah ....  
A.   perhitungan antisipatif dari seseorang terhadap munculnya sikap negatif
B.   perhitungan emosi yang diakibatkan dari suatu keputusan
C.   suatu nilai moral yang dimiliki seseorang yang didasari oleh dua landasan perhitungan
D.   perkembangan nilai moral seseorang didasari oleh dua landasan

2.   Sumber teori yang paling dominan dalam pembahasan perkembangan moralitas anak adalah ....  
A.   Kohlbergh, Sigmund frend, Jean Piaget
B.   Piaget, John Dewey, Erik Erikson
C.   John Dewey, Kohlbergh, Piaget
D.   John Dewey, Kohlbergh, Sigmund freud
     
3.   Menurut John Dewey tahapan perkembangan moral manusia yang banyak berlandaskan pada pola pikirannya sendiri adalah ....
A.   pre-convensional
B.   tingkat konvensional
C.   heterenomous
D.   autonomous

4.   Rentangan heteronomous dan Autonomous adalah rentangan perkembangan moral yang dilalui oleh seorang manusia dalam kehidupannya. Teori ini dikemukakan oleh ....
A.   John Dewey
B.   Piaget
C.   Kohlberg
D.   Sigmund freud

5.   Menurut Piaget pada jenjang pendidikan prasekolah, anak berada dalam rentangan perkembangan moral ....
A.   pre-moral
B.   Autonomous
C.   Heteronomous
D.   pre-conventional

6.   Pada anak usia 2 atau 3 tahun hukuman sedapat mungkin tidak diberikan mengingat pada usia ini anak baru mulai mengenal aturan, nilai, dan norma. Untuk melakukan koreksi terhadap perilaku anak yang tidak pantas dianjurkan lebih bersifat ....
A.   komunikatif
B.   persuasif
C.   perhatian dan kasih sayang
D.   tegas sesuai aturan

7.   “Faris” baru berusia 3 tahun sudah patuh pada aturan ibunya karena bila ia melanggarnya maka ibunya akan marah dan menghukumnya. Sikap Faris ini mencerminkan perkembangan penalaran moral level 1 menurut teori ....
A.   John Dewey
B.   Gagne
C.   Kohlberg
D.   Fawzia Aswin Hadist

8.   Usaha-usaha untuk memperkaya konsep-konsep anak melalui pengalaman sensorik maupun persepsi antara lain dengan cara ....
A.   merangsang keingintahuan anak
B.   merubah kurikulum sekolah
C.   melibatkan anak dalam kegiatan memanipulasi
D.   melibatkan anak secara intelektual

9.   Menurut Fawzia A. Hadis (1999:75) pokok  pertama yang terpenting dalam pendidikan moral adalah menjadi pribadi yang bermoral, dalam arti seorang anak dapat ....
A.   menjadi anggota kelompok yang bermoral
B.   belajar apa yang diharapkan kelompok dari anggotanya
C.   mematuhi aturan-aturan yang menyangkut moral
D.   belajar menjadi anggota kelompok yang mematuhi aturan-aturan kelompok

10.   Pendidikan multikultur sangat penting diberikan pada anak usia prasekolah         sesuai tingkat pemahaman mereka supaya ....
A.   berinteraksi dengan orang diluar dirinya atau kelompok lain
B.   memiliki kecenderungan melakukan kategorisasi
C.   memiliki pandangan bahwa manusia mahluk mulia
D.   bertanggungjawab terhadap diri sendiri maupun orang lain

11.   Desonansi adalah ....
A.   ego
B.   id
C.   gema atau eho
D.   super ego

12.   Dilihat dari sudut pendidikan nilai, moral, dan norma, keberadaan disonansi sebagai ....
A.   penghalang masuknya/dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
B.   pengendali dari perilaku dan sikap anak didik
C.   penentuan pilihan sikap pada hal-hal yang positif
D.   landasan pertimbangan dalam menentukan pendekatan

13.   Menurut Freud, sumber dan tempat dari dorongan biologis adalah ....
A.   ego
B.   super ego
C.   id
D.   eho

14.   Ketika anak bermain seringkali ia merebut mainan dari temannya meskipun ia tahu bahwa itu bukan mainannya. Ini dilakukan karena ia merasa butuh dan kepentingannya belum terpenuhi. Hal ini merupakan ilustrasi dari ....
A.   kebiasaan dan budaya
B.   hasrat untuk sukses dan kesenangan
C.   ketergesaan dan keadaan darurat
D.   kebutuhan dan kepentingan diri

15.   Akibat leluasanya peredaran dan penayangan pornografi, akan berpengaruh negatif terhadap perkembangan moral anak. Kondisi ini kontradiktif dengan ....
A.   perkembangan moral anak
B.   dunia pendidikan
C.   perilaku anak sehari-hari
D.   pengaruh lingkungan yang diterima anak

16.   Implikasi negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi anak seusia taman kanak-kanak adalah ….
A.   sangat mudah mengakses yang diinginkan
B.   mematikan sifat emosional dan moralitas
C.   mematikan sifat kreativitas dan moralitas
D.   mendukung percepatan kearah positif

17.   Aliran pendidikan yang memberikan pendidikan kepada keseluruhan bagian yang membentuk moral anak adalah ....
A.   pendidikan neo humanis
B.   pendidikan individualis
C.   fondasi kehidupan anak
D.   paradigma lama

18.   Tindakan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar seyogyanya dilandasi dengan ....
A.   keputusan profesional
B.   pengetahuan guru
C.   kebutuhan kurikulum
D.   karakteristik anak

19.   Esensi lain yang harus dipahami oleh guru dalam menentukan pendekatan kegiatan belajar mengajar adalah pengetahuan tentang ....
A.   teknik membentuk tingkah laku anak
B.   pendekatan yang tepat dalam belajar anak
C.   menciptakan pendekatan pendidikan
D.   keterlibatan anak dan keluarga dalam belajar

20.   Dorongan yang kuat dari orang tua dan guru sangat penting dalam membentuk tingkah laku anak karena dapat memberikan rasa berharga pada anak, termasuk teknik ....
A.   keteladanan
B.   memahami
C.   membentuk
D.   memuji

21.   Memasukan sesuatu pikiran ke dalam jiwa anak adalah teknik ....
A.   meminta
B.   menantang
C.   sugesti
D.   memahami

22.   Dalam memilih dan menentukan suatu pendekatan dan metode yang akan digunakan guru dalam program kegiatan anak di TK, guru perlu memperhatikan faktor-faktor yang mendukung seperti ....
A.   karakteristik tujuan kegiatan dan karakteristik anak
B.   mengenal lingkungan sosial anak lebih baik
C.   memahami perkembangan anak TK
D.   menyusun rencana pembelajar mingguan

23.   Anak dapat memahami isi cerita dan akan mendengarkannya dengan penuh perhatian apabila isi cerita yang disampaikan itu berkaitan dengan ....
A.   dunia kehidupan binatang
B.   dunia kehidupan anak
C.   cerita-cerita menegangkan
D.   penayangan teknik animasi

24.   Agar cerita yang terlalu panjang dan terinci dapat menarik perhatian anak, maka sebaiknya digunakan teknik bercerita ....
A.   menggunakan buku dongeng
B.   menambahkan ilustrasi gambar dari buku
C.   membacakan langsung kepada anak
D.   memberi gambar tokoh-tokoh kartun

25.   Memberikan pengalaman belajar di luar kelas, dan memberikan kesempatan kepada anak mengobservasi dan mengalami sendiri dari dekat termasuk metode ....
A.   karyawisata
B.   bercerita
C.   pengamatan
D.   bernyanyi

26.   Anak dapat membuat lukisan binatang di sebuah kebuh binatang. Kemampuan ini wujud dari pengalaman yang telah diperolehnya dalam ....
A.   karyawisata
B.   pelajaran menggambar
C.   kursus menggambar
D.   lomba melukis

27.   Dalam merumuskan tujuan karyawisata anak TK sebaiknya dihubungkan dengan ....
A.   tema-tema dalam program kegiatan belajar anak TK
B.   pemahaman dan pengetahuan anak
C.   pengetahuan konseptual tentang alam sekitar
D.   pengembangan pemahaman anak dengan dunia nyata

28.   Mengevaluasi pelaksanaan karyawisata anak TK dapat dilakukan dengan kegiatan ....
A.   pelaksanaan karyawisata
B.   penerapan hasil belajar
C.   berjalan-jalan di kebun binatang
D.   bermain di luar kelas

29.   Pendidikan nilai dan moral akan mudah diterima dan dipahami oleh anak usia dini, antara lain melalui pendekatan dan penerapan metode ....
A.   berdiskusi
B.   karyawisata
C.   bernyanyi
D.   ceramah

30.   Lagu yang baik bagi anak TK adalah lagu yang memperhatikan kriteria antara lain ....
A.   mudah dihafal oleh anak, mengandung unsur pendidikan
B.   populer, sesuai karakter dan dunia anak
C.   syarat akan unsur pendidikan, populer
D.   mudah didapat, syair tidak terlalu panjang

31.   Yang dimaksud dengan sajak adalah ....
A.   pendekatan yang menimbulkan rasa senang, gembira dan bahagia
B.   memiliki kesamaan arti tiap bait sajak
C.   kumpulan kata yang memiliki persamaan bunyi pada akhir baris
D.   kumpulan kata mengandung makna kiasan atau pesan

32.   Melalui kegiatan membaca sajak anak mempunyai keberanian dalam ....
A.   mengungkapkan sesuatu
B.   menceritakan kesedihan
C.   membaca syair di kelas
D.   menghayati makna syair

33.   Program pembentukan perilaku anak TK dilakukan secara terus menerus yang diwujudkan dalam ....
A.   kegiatan belajar
B.   kegiatan sehari-hari
C.   pembiasaan perilaku
D.   sikap berperilaku

34.   Dalam upaya menanamkan sikap tenggang rasa dan toleransi guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A.   menekankan bahwa setiap manusia saling membutuhkan bantuan dalam kehidupannya
B.   menekankan pentingnya memiliki tenggang rasa dan toleransi
C.   meminta anak menentukan gambar yang menunjukkan perilaku baik
D.   mendorong anak memberi alasan dari penentuan gambar perilaku tersebut

35.   Ruang lingkup indikator dari hasil belajar anak dapat mengenal tanggungjawab adalah ....
A.   rapi dalam berpakaian dan bekerja
B.   dapat mengurus dirinya sendiri
C.   mengenal arti kebersamaan dan persatuan
D.   dapat memutuskan sesuatu secara sederhana

36.   Ruang lingkup indikator pengembangan moral dan nilai-nilai agama pada usia 5 – 6 tahun adalah ....
A.   menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
B.   membantu pekerjaan ringan orang dewasa
C.   menunjukkan perilaku atas dasar keyakinan adanya Tuhan
D.   mengenal sifat-sifat Tuhan Yang Maha Pengasih

37.   Langkah awal dalam penyusunan perencanaan pembelajaran di Tk adalah menentukan ....
A.   target kompetensi
B.   tema
C.   pendekatan/metode
D.   media pendukung

38.   Media pendukung kegiatan pengembangan moral anak dengan tema “binatang” antara lain adalah ....
        A.   lagu ciptaan Allah
B.   lagu “Ayo mandi”
C.   VCD tentang berangkat ke sekolah
D.   rumah Barbie

39.   Untuk menanamkan perilaku tertib dalam kehidupan dunia anak, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A.   mengajak anak untuk mengingat kegiatan pada malam sebelumnya
B.   menekankan pentingnya untuk tidak bermain hingga larut malam
C.   mengajak anak mengurutkan gambar seri tentang anak-anak yang bermain malam hari di luar rumah
D.   memperlihatkan benda-benda yang membahayakan
     
40.   Menanamkan pentingnya tidur malam lebih awal dan bangun pagi kepada anak TK adalah contoh penyusunan strategi ....
A.   hidup tertib dan teratur
B.   membiasakan perilaku masuk sekolah
C.   mengenalkan aturan bermain
D.   memperkenalkan etika dalam melatih disiplin

41.   Strategi guru dalam membiasakan perilaku anak masuk sekolah adalah antara lain ....
A.   mengajak anak membuat cerita “jika saya rajin datang sekolah”
B.   menekankan pentingnya membuat jadwal mata pelajaran
C.   mengajak anak untuk menata kelas supaya nyaman
D.   mengingatkan pentingnya bangun pagi

42.   Berikut ini adalah cara guru memperkenalkan aturan bermain di ruang dapur, kecuali ....
A.   menekankan pentingnya mencuci tangan
B.   tidak bercanda seperti mendorong atau berlari-lari
C.   memperlihatkan benda-benda yang dapat membahayakan
D.   tidak mengganggu ibu yang sedang bekerja

43.   Anak didorong untuk dapat berhenti bermain pada waktunya. Hal ini salah satu upaya guru untuk menanamkan sikap ....
A.   mengendalikan emosi
B.   jujur dalam kehidupan anak
C.   mendorong anak untuk menjawab
D.   menanamkan sikap berani

44.   Suatu usaha mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan dan menyeluruh, tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai anak melalui program kegiatan belajar, adalah definisi penilaian menurut ....
A.   Wayan Nurkancana
B.   Kurikulum 1994
C.   GBPKB TK
D.   Undang-undang nomor 20 tahun 2003

45.   Memberikan informasi kepada orang tua tentang ketercapaian perkembangan anaknya agar dapat memperbaiki dan meningkatkan bimbingan dan motivasi, adalah salah satu ....
A.   tujuan penilaian
B.   fungsi penilaian
C.   ruang lingkup penilaian
D.   prinsip-prinsip penilaian

46.   Berikut ini adalah prinsip kegiatan penilaian yang harus diperhatikan guru, kecuali ....
A.   mendidik
B.   menyeluruh
C.   berkesinambungan
D.   subyektif

47.   Yang dimaksud dengan mendidik sebagai salah satu prinsip penilaian adalah ....
A.   hasil penilaian memiliki kebermaknaan bagi guru, orang tua, anak didik
B.   hasil penilaian harus dapat digunakan untuk memberi dorongan kepada semua anak
C.   dalam penilaian harus diperhatikan adanya kesesuaian antara apa yang diajarkan
D.   penilaian dilakukan secara berencana, mendidik dan terus menerus

48.   Yang dimaksud dengan kesesuaian dalam prinsip penilaian adalah ....
A.   dalam penilaian harus diperhatikan adanya kesesuaian antara yang diajarkan dengan yang dilaporkan
B.   hasil penilaian harus memperhatikan kesesuaian antara proses dengan hasil
C.   penilaian harus memperhatikan perkembangan hasil belajar
D.   adanya kesesuaian antara proses pembelajaran dengan hasil


49.   Menilai keberanian anak untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, keinginan dan sikap dapat dilakukan dengan melihat ....
A.   seringnya anak berbicara dalam percakapan
B.   kemampuan anak menyimak percakapan
C.   perkembangan aspek kognitif anak
D.   persamaan dan perbedaan ungkapan anak

50.   Penilaian berfungsi sebagai media redukasi, maksudnya adalah ....
A.   untuk mengetahui keberhasilan atau kekurangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran
B.   berfungsi sebagai alat untuk memperkuat nilai-nilai moral yang selama ini dianut anak didik
C.   berfungsi sebagai bagian integral dalam proses pembelajaran
D.   penilaian proses pembelajaran menuntut perhatian dan penanganan yang sungguh-sungguh

51.   Berikut ini adalah tujuan rancangan kegiatan bercerita bagi anak TK dalam menanamkan moral dan nilai agama kecuali ....
A.   kepekaan terhadap penderitaan orang lain
B.   kesukaan menolong orang lain
C.   persamaan dengan orang lain
D.   kecintaan kepada orang lain

52.   Menanamkan nilai-nilai agama kepada anak sejak dini sangat penting karena kedudukan agama bagi semua umat sebagai kebutuhan ....
A.   jiwa raga
B.   sekunder
C.   primer
D.   manusia

53.   Mengembangkan potensi anak didik sejak dini dilandasi dengan pilar keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa adalah tujuan pendidikan nasional menurut ....
A.   Undang-undang Dasar 1945 bagian Pembukaan alinea ke 3
B.   Undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 Bab II pasal 3
C.   Undang-undang Dasar 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2
D.   Undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2004
54.   Pendekatan yang sesuai dalam menghadapi tingkah laku yang tidak pantas seperti merengek-rengek adalah ....
A.   mengabaikan
B.   mengalihkan perhatian
C.   memahami
D.   memberikan hadiah

55.   Pemberian hukuman kepada anak akan lebih baik, jika dilakukan ....
A.   berulang, agar anak selalu ingat kesalahannya
B.   dengan mencela si anak agar tidak mengulangi perbuatannya
C.   di depan anak lainnya agar timbul rasa bersalah
D.   segera ketika perbuatan salah itu dilakukan
     
56.   Pesan-pesan moral dan sikap keagamaan harus diperagakan secara langsung oleh guru maupun secara bersama-sama dimainkan/ditirukan oleh anak. Aktivitas ini adalah prinsip ....
A.   peragaan/pengamatan
B.   belajar sambil bermain
C.   otoaktivitas
D.   kebebasan meniru

57.   Menurut Gordon Dryden et-al 1999:84) untuk menuju masyarakat pembelajar baru diperlukan sedikitnya 3 langkah pembaharuan berikut ini, kecuali ....
A.   melakukan program pengejaran ketertinggalan pelajaran di sekolah
B.   mendefinisikan ulang apa yang harus diajarkan di sekolah
C.   melakukan program percepatan belajar dengan menggunakan berbagai strategi belajar
D.   mempola kurikulum ke dalam 4 pilar dengan penilaian diri dan pelatihan keterampilan hidup sebagai komponen kuncinya

58.   Berikut ini adalah prinsip kebebasan dalam rangka membangun rasa tanggungjawab sesuai kemampuannya, kecuali ....
A.   berani dalam memilih
B.   diijinkan untuk membuat keputusan
C.   diberikan kesempatan untuk hal-hal tertentu
D.   melakukan sesuatu di luar kebiasaan orang melakukannya
59.   Desain kurikulum yang disampaikan kepada anak TK harus disesuaikan dengan keterkaitan dan keterpaduan karena ....
A.   anak memandang segala sesuatu secara utuh (holistic)
B.   anak belum dapat berpikir kritis
C.   sesuai dengan karakter anak usia prasekolah
D.   dunia anak adalah dunia bermain

60.   Target yang akan dicapai dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada anak TK adalah ....
A.   memberi kesempatan tumbuh dan berkembang
B.   menanamkan sikap disiplin dan tanggungjawab
C.   mewarnai pertumbuhan dan perkembangan diri dengan nilai keagamaan
D.   mewarnai pribadi anak dengan moral yang baik dan membangun kemampuan anak seutuhnya

No comments:

Post a Comment