LATIHAN MANDIRI
PENANGANAN ANAK
BERKELAINAN
(PGTK2404)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN ... , PILIHLAH SATU
JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pendekatan
perkembangan yang digunakan untuk melihat “kelainan” yang dihadapi anak dikenal
sebagai ....
A. developmental
approach
B. development
psychopathology
C. psychology
development
D. education
approach
2. Jika anak usia
dibawah satu tahun masih mengompol maka hal itu dikatakan normal. Namun bila
anak usia delapan tahun masih mengompol maka dapat dikatakan sebagai suatu
kelainan. Hal ini sesuai dengan prinsip pendekatan psikopatologi,
yaitu prinsip ....
A. psikopatologi harus dipandang
dalam perkembangan normal
B. terdapat beragam patokan atau
karakteristik perkembangan
C. kelainan muncul hanya pada
individu yang mengalami perkembangan
D. tanda-tanda awal kelainan harus
dipelajari
3. Kelainan atau penyimpangan
perilaku seringkali dianggap sebagai suatu penyakit yang hidup dan menetap
dalam diri individu yang merupakan hasil dari proses fisiologis atau
intrapsikis, merupakan pandangan ....
A. model statistik
B. penyimpangan dari rata-rata
C. penyimpangan dari yang ideal
D. model medis
4. Kode genetik
bayi atau individu yang bersifat pribadi dapat dibaca melalui ....
A. perilaku
B. minat
C. bentuk tubuh
D. contoh darah
5. Para pendukung faktor lingkungan mengemukakan
bahwa segala hal yang berkaitan dengan anak mengalami perkembangan, diantaranya
karena pengaruh ....
A. gen
B. kromosom
C. nutrisi
D. darah
6. Pengaruh keluarga terhadap
perkembangan anak yang bersifat langsung, diantaranya adalah ....
A. lingkungan pekerjaan orang tua
B. campur tangan pihak ketiga
C. pola pengasuhan orang tua
D. lingkungan sekitar rumah
7. Pada saat ini
kebanyakan keluarga di Indonesia masih mengharapkan peranan kakek dan nenek
dalam pengasuhan anak karena alasan berikut, kecuali ....
A. makin tingginya tuntutan ekonomi
B. aktualisasi diri orang tua
C. menimbulkan rasa aman akan
keselamatan anak
D. agar cucu tetap dekat kakek
neneknya
8. Jika orang tua
mengasuh dengan penuh kehangatan, memantau kegiatan anak dan menciptakan
lingkungan rumah yang dapat menumbuhkan ketangguhan akan membuat anak menjadi ....
A. penurut, diam dan mandiri
B. aktif, emosional dan selalu ingin
tahu
C. tenang, bertanggung jawab dan
mampu beradaptasi
D. tenang, aman dan tidak ingin
keluar rumah
9. Untuk membantu
Andi yang gagap, Ibu guru sering mengajaknya bermain bersama sambil bercerita.
Penanganan yang dilakukan oleh Ibu guru termasuk dalam ....
A. terapi keluarga
B. fisioterapi
C. penanganan medis
D. terapi bermain
10. Gagap muncul
secara bertahap antara usia 2 sampai 7 tahun dan biasanya akan memuncak pada
saat anak berusia ....
A. 3 tahun
B. 4 tahun
C. 5 tahun
D. 6 tahun
11. Terapi terhadap anak yang gagap biasanya disarankan
bila ....
A. orang tua menaruh perhatian terhadap masalah
anaknya
B. anak menginginkan penyembuhan bagi dirinya
C. kelainan timbul akibat faktor keturunan
D. guru kesulitan mendidik anak tersebut di
sekolah
12. Ketidakmampuan seorang anak mengungkapkan
perasaan dan pikirannya ke dalam bahasa ujar atau kata-kata, disebut dengan
gangguan ....
A. gagap
B. bahasa reseptif
C. bahasa ekspresif
D. pola percakapan
13. Salah satu faktor penyebab gangguan bahasa
ekspresif dan reseptif adalah karena faktor genetik yaitu merupakan faktor ....
A. keturunan/warisan
B. lingkungan rumah
C. teman bermain
D. fisik anak
14. Penanganan terhadap anak dengan gangguan
bahasa reseptif dan ekspresif dapat dimulai dengan cara ....
A. mengajarkan anak membaca
B. melatih gaya bicara anak
C. membiasakan anak untuk mendengarkan suara
D. menggali minat anak
15. Berikut adalah faktor-faktor yang
diidentifikasi sebagai sumber ketakutan pada masa kanak-kanak, kecuali ....
A. orang tua
B. luka fisik
C. kejadian alam
D. tekanan psikis
16. “Anak-anak, kecoa memang binatang yang kotor
dan menjijikkan, tetapi ia tidak akan menggigit dan tidak akan menyakiti kita”,
demikian yang disampaikan Ibu guru untuk menangani Dhea yang takut pada kecoa.
Tindakan Ibu guru tersebut termasuk cara menangani anak penakut dengan ....
A. menunjukkan empati dan dukungan
B. bermain
C. menjadi model
D. memberikan penghargaan
17. Anak yang rendah diri memiliki perasaan tidak
berharga dan kurangnya penghargaan terhadap diri sendiri yang akan mempengaruhi
....
A. pola pikir dan kecerdasannya
B. sikap, perilaku dan motivasinya
C. kemampuan dan keterampilannya
D. harapan, kemauan dan sikapnya
18. “Kamu pasti bisa Tiara, semua anak pasti bisa
membentuk lilin ini menjadi benda-benda yang diinginkan, ayo … dicoba ya..”,
Ucapan Ibu guru tersebut termasuk penanganan terhadap anak yang rendah diri
dengan cara ....
A. mendukung kompetensi anak
B. menyediakan kehangatan
C. meningkatkan pemahaman diri
D. menyediakan pengalaman yang konstruktif
19. Di Taman Kanak-kanak anak yang pemalu
seringkali tidak diperhatikan karena biasanya mereka ....
A. jarang membuat masalah
B. selalu berusaha mencari perhatian
C. tidak pernah bisa diam
D. seringkali menghilang dari dalam kelas
20. “Widi, tolong kamu bantu Bintang membereskan mainannya
supaya bisa segera selesai”, Sebenarnya Ibu guru sedang melatih salah satu
langkah dari keterampilan sosial agar anak tidak pemalu, yaitu ....
A. pengulangan perilaku
B. instruksi
C. umpan balik
D. modelling
21. Menurut kamus, kecemasan atau kekuatiran
diartikan sebagai kesukaran, kesedihan, kegelisahan dan ketakutan yang akan
dialami ....
A. pada masa lalu
B. di masa yang akan datang
C. setiap individu manusia
D. di sekolah
22. Berikut ini adalah beberapa karakteristik
anak yang memiliki kecemasan tinggi, kecuali
....
A. memiliki konsep diri yang buruk
B. kurang popular dan kurang kreatif
C. memiliki ketergantungan yang besar pada orang
dewasa
D. mempunyai kemampuan intelegensi yang sangat
tinggi
23. Ibu guru memeluk dan mengusap-usap punggung Cindy
yang cemas karena hujan turun dengan lebatnya sambil berkata “tidak usah cemas,
Ibu guru selalu bersamamu”. Tindakan tersebut termasuk penanganan kecemasan
dengan ....
A. penggunaan bermacam strategi untuk mengatasi
kecemasan
B. mendorong anak mengekspresikan diri
C. meningkatkan pemahaman anak
D. menerima anak dan menenangkan hatinya
24. Pikiran atau bayangan yang tidak dapat
dicegah dan terus ada dalam bayangan seseorang meskipun hal itu dipandang tidak
menyenangkan dan ingin dihindari, disebut ....
A. obsesi
B. kompulsif
C. cemas
D. fobia
25. Salah satu penyebab timbulnya gangguan
kecemasan akan perpisahan adalah ....
A. adanya hubungan yang tidak aman dengan orang
tua
B. guru yang tegas dan disiplin
C. lingkungan sekolah yang menyenangkan
D. Ibu yang rajin mengantar anaknya sekolah
26. Untuk menangani anak dengan perilaku obsesif
dan impulsif adalah dengan melakukan intervensi tingkah laku dalam bentuk ....
A. peningkatan respons
B. pencegahan respons
C. menunjukkan respons positif
D. membiarkan saja agar hilang dengan sendirinya
27. Penyebab dari ketidakpatuhan seorang anak
pada intinya adalah terletak pada ....
A. disiplin
B. harapan
C. ketidakadilan
D. keinginan
28. Penanganan terhadap anak yang tidak patuh
dapat dilakukan dengan pemberian perhatian dan kepercayaan dalam bentuk
pemberian kesempatan pada anak untuk ....
A. melakukan hal yang disukainya
B. mengontrol sendiri sesuatu yang akan
dilakukannya
C. meniru setiap tingkah laku guru
D. menahan setiap keinginannya dalam hati
29. Berikut ini adalah karakteristik perilaku
temper tantrum, kecuali ....
A. memecahkan benda-benda dan bergulingan di
lantai
B. tidak dapat menghentikan tangisannya
C. berteriak-teriak dan menjerit-jerit
D. sembunyi di tempat yang gelap
30. Jenis perilaku tantrum yang akan berhenti
ketika keinginannya dipenuhi adalah ….
A. verbal
frustration tantrum
B. temperamental
tantrum
C. manipulative
tantrum
D. egoisme
tantrum
31. Ketika Denny tantrum, Ibu Nining
menghampirinya dengan tenang dan tetap tersenyum. Dengan sabar dia mencoba
mengendalikan Denny agar bisa lebih tenang. Tindakan Ibu Nining termasuk dalam
….
A. memberi reward
atas perilaku tantrum anak
B. memahami jenis tantrum yang terjadi
C. berargumentasi tentang tindakannya terhadap
anak
D. mencoba mengendalikan diri anak
32. Dua ciri utama anak dengan retardasi atau
keterbelakangan mental adalah ....
A. sangat ketergantungan dan tidak dapat
berperilaku adaptif
B. memiliki taraf kecerdasan di bawah rata-rata
dan tidak dikuasainya perilaku adaptif
C. memiliki taraf kecerdasan di bawah 100 dan
tidak dapat bersosialisasi
D. tidak mampu berpikir dan tidak dapat
mengungkapkan perasaannya
33. Penyebab retardasi mental yang termasuk dalam
faktor biologis non keturunan, antara lain ....
A. kromosom, darah dan gen
B. polusi udara, keracunan timah dan makanan
C. kebiasaan dan perilaku ibu dan ayah
D. sinar rontgen,
nutrisi, rhesus dan obat-obatan
34. Aktivitas bermain yang dilakukan anak dengan
retardasi mental serupa dengan anak-anak ....
A. sebayanya
B. yang usianya jauh lebih muda
C. yang usianya lebih tua
D. remaja
35. Pendidikan pada anak dengan retardasi mental tingkat
sedang biasanya ditujukan pada ....
A. kemandirian, pendidikan dasar dan motorik
B. latihan motorik dan komunikasi
C. sosialisasi, kegiatan bantu diri dan
aktivitas sederhana
D. membaca, menulis dan berhitung sederhana
36. Dalam menyampaikan materi pelajaran baru terhadap
anak dengan retardasi mental, hendaknya guru ....
A. menyampaikan materi secara langsung dan
klasikal
B. membantu anak memusatkan perhatiannya
terlebih dahulu
C. informasi disampaikan secara verbal dan
abstrak
D. tidak perlu menggunakan alat bantu atau media
37. Ahli pertama yang mengidentifikasi gangguan down syndrome pada anak-anak adalah ....
A. Steven Langdon Down
B. John Langdon Down
C. Millman Syndrome
D. John Syndrome
38. Karakteristik anak down syndrome secara khusus antara lain ....
A. pendiam, pemurung dan cenderung pemalu
B. periang, suka meniru dan menyukai musik
C. tidak bisa diam, agresif dan suka mengganggu
D. suka melamun, namun kadang tampak periang
39. Menurut konsep kecerdasan tradisional, anak
berbakat adalah individu yang memiliki ....
A. kecerdasan yang jauh di atas rata-rata
B. prestasi tinggi dalam bidang tertentu
C. kecerdasan emosional yang sangat baik
D. kemampuan seni yang luar biasa
40. Biasanya anak berbakat tidak tertarik dengan tugas-tugas
di sekolah dan seringkali menyelesaikannya dengan asal-asalan sehingga nilai
akademisnya cenderung rendah. Hal ini
disebabkan karena ....
A. anak tidak mampu belajar dengan serius karena
tidak dapat berkonsentrasi
B. pelajaran di sekolah terlalu sulit dan padat
sehingga dia putus asa
C. guru seringkali tidak mampu membimbing anak
yang berbakat
D. anak bosan dan frustrasi dengan kegiatan di
sekolah yang dirasa terlalu mudah
41. Sinta yang berusia 4 tahun diperbolehkan
masuk sekolah dasar karena dia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan
dengan teman-teman seusianya. Hal ini merupakan salah satu penanganan anak
berbakat yang berupa ....
A. enrichment
B. acceleration
C. reward
D. preparation
42. Ketika Ibu guru mengumpulkan anak-anak yang sudah pandai membaca
dalam satu kelompok dan memberikan mereka LATIHAN tambahan untuk membaca maupun
membuat cerita, maka tindakan yang dilakukan Ibu guru tersebut adalah salah satu
cara dalam menangani anak berbakat dengan ....
A. menyesuaikan tugas dengan kemampuan anak
B. membantu anak menetapkan hasil akhir yang lebih tinggi
C. membentuk kelompok bagi anak-anak yang kemampuannya setara
D. memberi kesempatan pada anak untuk belajar
secara mandiri
43. Perilaku mau menang sendiri sangat erat
hubungannya dengan sifat ....
A. pemarah
B. iri hati
C. pemalu
D. rendah diri
44. Ciri-ciri anak yang mau menang sendiri adalah
sebagai berikut, kecuali ....
A. empati berkembang dengan baik
B. kurang mampu mengontrol diri atau emosi
C. memiliki harga diri yang sangat tinggi
D. kualitas hubungan sosialnya buruk
45. Perlakuan orang tua yang selalu menuruti anak
hingga menyebabkan perilaku mau menang sendiri disebut ....
A. permisif
B. kurang perhatian
C. otoriter
D. pemanjaan
46. Jika anak mau menang sendiri disebabkan oleh
temperamen yang sulit, penanganan yang dapat dilakukan terhadapnya adalah
dengan ....
A. latihan menerima kekecewaan
B. pemenuhan kebutuhan akan kasih sayang
C. latihan disiplin dan penanaman moral
D. latihan menahan diri dan emosi
47. Dependen
adalah perilaku anak yang selalu ingin mendapat bantuan dari orang lain karena
anak ....
A. belum mampu melakukannya
B. tidak mau melakukannya
C. merasa tidak mau melakukannya
D. malas melakukannya
48. Salah satu ciri anak yang dependen adalah ....
A. cenderung menjadi pemimpin dalam setiap
kegiatan
B. bila mengerjakan sesuatu butuh waktu yang
lebih lama
C. reaksi dan perilakunya tampak lebih dewasa
dari usianya
D. selalu bersemangat dalam menyelesaikan tugas
49. Orang tua seringkali merasa kasihan pada anak
karena melihatnya sulit melakukan sesuatu sehingga orang tua cenderung over protective, maksudnya ....
A. memandang rendah kemampuan anaknya
B. selalu membantu anaknya
C. membiarkan anaknya
D. selalu melindungi anaknya
50. Setiap kali akan membuka tempat makannya Dino
selalu merengek dan mengatakan tidak bisa. Tindakan yang dapat dilakukan Ibu
guru adalah ....
A. segera membantu Dino agar tidak menangis
B. meminta Dino mencoba membuka sendiri sambil
memberi dorongan
C. membiarkannya saja, nanti juga pasti bisa
membuka sendiri
D. mengganti tempat makan Dino sehingga tidak
perlu dibuka tutup
Terima kasih atas soalnya..
ReplyDelete