Cloud Hosting Indonesia

19 April, 2014

Soal Penanganan Anak Berkelainan



LATIHAN MANDIRI
PENANGANAN ANAK BERKELAINAN
(PGTK2404)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN ... ,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pendekatan perkembangan yang digunakan untuk melihat “kelainan” yang dihadapi anak dikenal sebagai ....
A.   developmental approach
B.   development psychopathology
C.   psychology development
D.   education approach

2.   Jika anak usia dibawah satu tahun masih mengompol maka hal itu dikatakan normal. Namun bila anak usia delapan tahun masih mengompol maka dapat dikatakan sebagai suatu kelainan. Hal ini sesuai dengan prinsip pendekatan psikopatologi, yaitu prinsip ....
A.   psikopatologi harus dipandang dalam perkembangan normal
B.   terdapat beragam patokan atau karakteristik perkembangan
C.   kelainan muncul hanya pada individu yang mengalami perkembangan
D.   tanda-tanda awal kelainan harus dipelajari
     
3.   Kelainan atau penyimpangan perilaku seringkali dianggap sebagai suatu penyakit yang hidup dan menetap dalam diri individu yang merupakan hasil dari proses fisiologis atau intrapsikis, merupakan pandangan ....
A.   model statistik
B.   penyimpangan dari rata-rata
C.   penyimpangan dari yang ideal
D.   model medis

4.   Kode genetik bayi atau individu yang bersifat pribadi dapat dibaca melalui ....
A.   perilaku
B.   minat
C.   bentuk tubuh
D.   contoh darah

5.   Para pendukung faktor lingkungan mengemukakan bahwa segala hal yang berkaitan dengan anak mengalami perkembangan, diantaranya karena pengaruh ....
A.   gen
B.   kromosom
C.   nutrisi
D.   darah

6.   Pengaruh keluarga terhadap perkembangan anak yang bersifat langsung, diantaranya adalah ....
A.   lingkungan pekerjaan orang tua
B.   campur tangan pihak ketiga
C.   pola pengasuhan orang tua
D.   lingkungan sekitar rumah

7.   Pada saat ini kebanyakan keluarga di Indonesia masih mengharapkan peranan kakek dan nenek dalam pengasuhan anak karena alasan berikut, kecuali ....
A.   makin tingginya tuntutan ekonomi
B.   aktualisasi diri orang tua
C.   menimbulkan rasa aman akan keselamatan anak
D.   agar cucu tetap dekat kakek neneknya

8.   Jika orang tua mengasuh dengan penuh kehangatan, memantau kegiatan anak dan menciptakan lingkungan rumah yang dapat menumbuhkan ketangguhan akan membuat anak menjadi ....
A.   penurut, diam dan mandiri
B.   aktif, emosional dan selalu ingin tahu
C.   tenang, bertanggung jawab dan mampu beradaptasi
D.   tenang, aman dan tidak ingin keluar rumah

9.   Untuk membantu Andi yang gagap, Ibu guru sering mengajaknya bermain bersama sambil bercerita. Penanganan yang dilakukan oleh Ibu guru termasuk dalam ....
A.   terapi keluarga
B.   fisioterapi
C.   penanganan medis
D.   terapi bermain

10.   Gagap muncul secara bertahap antara usia 2 sampai 7 tahun dan biasanya akan memuncak pada saat anak berusia ....
A.   3 tahun
B.   4 tahun
C.   5 tahun
D.   6 tahun

11.   Terapi terhadap anak yang gagap biasanya disarankan bila ....
A.   orang tua menaruh perhatian terhadap masalah anaknya
B.   anak menginginkan penyembuhan bagi dirinya
C.   kelainan timbul akibat faktor keturunan
D.   guru kesulitan mendidik anak tersebut di sekolah

12.   Ketidakmampuan seorang anak mengungkapkan perasaan dan pikirannya ke dalam bahasa ujar atau kata-kata, disebut dengan gangguan ....
A.   gagap
B.   bahasa reseptif
C.   bahasa ekspresif
D.   pola percakapan

13.   Salah satu faktor penyebab gangguan bahasa ekspresif dan reseptif adalah karena faktor genetik yaitu merupakan faktor ....
A.   keturunan/warisan
B.   lingkungan rumah
C.   teman bermain
D.   fisik anak

14.   Penanganan terhadap anak dengan gangguan bahasa reseptif dan ekspresif dapat dimulai dengan cara ....
A.   mengajarkan anak membaca
B.   melatih gaya bicara anak
C.   membiasakan anak untuk mendengarkan suara
D.   menggali minat anak

15.   Berikut adalah faktor-faktor yang diidentifikasi sebagai sumber ketakutan pada masa kanak-kanak, kecuali ....
A.   orang tua
B.   luka fisik
C.   kejadian alam
D.   tekanan psikis

16.   “Anak-anak, kecoa memang binatang yang kotor dan menjijikkan, tetapi ia tidak akan menggigit dan tidak akan menyakiti kita”, demikian yang disampaikan Ibu guru untuk menangani Dhea yang takut pada kecoa. Tindakan Ibu guru tersebut termasuk cara menangani anak penakut dengan ....
A.   menunjukkan empati dan dukungan
B.   bermain
C.   menjadi model
D.   memberikan penghargaan

17.   Anak yang rendah diri memiliki perasaan tidak berharga dan kurangnya penghargaan terhadap diri sendiri yang akan mempengaruhi ....
A.   pola pikir dan kecerdasannya
B.   sikap, perilaku dan motivasinya
C.   kemampuan dan keterampilannya
D.   harapan, kemauan dan sikapnya

18.   “Kamu pasti bisa Tiara, semua anak pasti bisa membentuk lilin ini menjadi benda-benda yang diinginkan, ayo … dicoba ya..”, Ucapan Ibu guru tersebut termasuk penanganan terhadap anak yang rendah diri dengan cara ....
A.   mendukung kompetensi anak
B.   menyediakan kehangatan
C.   meningkatkan pemahaman diri
D.   menyediakan pengalaman yang konstruktif

19.   Di Taman Kanak-kanak anak yang pemalu seringkali tidak diperhatikan karena biasanya mereka ....
A.   jarang membuat masalah
B.   selalu berusaha mencari perhatian
C.   tidak pernah bisa diam
D.   seringkali menghilang dari dalam kelas

20.   “Widi, tolong kamu bantu Bintang membereskan mainannya supaya bisa segera selesai”, Sebenarnya Ibu guru sedang melatih salah satu langkah dari keterampilan sosial agar anak tidak pemalu, yaitu ....
A.   pengulangan perilaku
B.   instruksi
C.   umpan balik
D.   modelling

21.   Menurut kamus, kecemasan atau kekuatiran diartikan sebagai kesukaran, kesedihan, kegelisahan dan ketakutan yang akan dialami ....
A.   pada masa lalu
B.   di masa yang akan datang
C.   setiap individu manusia
D.   di sekolah

22.   Berikut ini adalah beberapa karakteristik anak yang memiliki kecemasan tinggi, kecuali ....
A.   memiliki konsep diri yang buruk
B.   kurang popular dan kurang kreatif
C.   memiliki ketergantungan yang besar pada orang dewasa
D.   mempunyai kemampuan intelegensi yang sangat tinggi

23.   Ibu guru memeluk dan mengusap-usap punggung Cindy yang cemas karena hujan turun dengan lebatnya sambil berkata “tidak usah cemas, Ibu guru selalu bersamamu”. Tindakan tersebut termasuk penanganan kecemasan dengan ....
A.   penggunaan bermacam strategi untuk mengatasi kecemasan
B.   mendorong anak mengekspresikan diri
C.   meningkatkan pemahaman anak
D.   menerima anak dan menenangkan hatinya

24.   Pikiran atau bayangan yang tidak dapat dicegah dan terus ada dalam bayangan seseorang meskipun hal itu dipandang tidak menyenangkan dan ingin dihindari, disebut ....
A.   obsesi
B.   kompulsif
C.   cemas
D.   fobia

25.   Salah satu penyebab timbulnya gangguan kecemasan akan perpisahan adalah ....
A.   adanya hubungan yang tidak aman dengan orang tua
B.   guru yang tegas dan disiplin
C.   lingkungan sekolah yang menyenangkan
D.   Ibu yang rajin mengantar anaknya sekolah

26.   Untuk menangani anak dengan perilaku obsesif dan impulsif adalah dengan melakukan intervensi tingkah laku dalam bentuk ....
A.   peningkatan respons
B.   pencegahan respons
C.   menunjukkan respons positif
D.   membiarkan saja agar hilang dengan sendirinya

27.   Penyebab dari ketidakpatuhan seorang anak pada intinya adalah terletak pada ....
A.   disiplin
B.   harapan
C.   ketidakadilan
D.   keinginan

28.   Penanganan terhadap anak yang tidak patuh dapat dilakukan dengan pemberian perhatian dan kepercayaan dalam bentuk pemberian kesempatan pada anak untuk ....
A.   melakukan hal yang disukainya
B.   mengontrol sendiri sesuatu yang akan dilakukannya
C.   meniru setiap tingkah laku guru
D.   menahan setiap keinginannya dalam hati

29.   Berikut ini adalah karakteristik perilaku temper tantrum, kecuali ....
A.   memecahkan benda-benda dan bergulingan di lantai
B.   tidak dapat menghentikan tangisannya
C.   berteriak-teriak dan menjerit-jerit
D.   sembunyi di tempat yang gelap

30.   Jenis perilaku tantrum yang akan berhenti ketika keinginannya dipenuhi adalah ….
A.   verbal frustration tantrum
B.   temperamental tantrum
C.   manipulative tantrum
D.   egoisme tantrum

31.   Ketika Denny tantrum, Ibu Nining menghampirinya dengan tenang dan tetap tersenyum. Dengan sabar dia mencoba mengendalikan Denny agar bisa lebih tenang. Tindakan Ibu Nining termasuk dalam ….
A.   memberi reward atas perilaku tantrum anak
B.   memahami jenis tantrum yang terjadi
C.   berargumentasi tentang tindakannya terhadap anak
D.   mencoba mengendalikan diri anak

32.   Dua ciri utama anak dengan retardasi atau keterbelakangan mental adalah ....
A.   sangat ketergantungan dan tidak dapat berperilaku adaptif
B.   memiliki taraf kecerdasan di bawah rata-rata dan tidak dikuasainya perilaku adaptif
C.   memiliki taraf kecerdasan di bawah 100 dan tidak dapat bersosialisasi
D.   tidak mampu berpikir dan tidak dapat mengungkapkan perasaannya

33.   Penyebab retardasi mental yang termasuk dalam faktor biologis non keturunan, antara lain ....
A.   kromosom, darah dan gen
B.   polusi udara, keracunan timah dan makanan
C.   kebiasaan dan perilaku ibu dan ayah
D.   sinar rontgen, nutrisi, rhesus dan obat-obatan

34.   Aktivitas bermain yang dilakukan anak dengan retardasi mental serupa dengan anak-anak ....
A.   sebayanya
B.   yang usianya jauh lebih muda
C.   yang usianya lebih tua
D.   remaja


35.   Pendidikan pada anak dengan retardasi mental tingkat sedang biasanya ditujukan pada ....
A.   kemandirian, pendidikan dasar dan motorik
B.   latihan motorik dan komunikasi
C.   sosialisasi, kegiatan bantu diri dan aktivitas sederhana
D.   membaca, menulis dan berhitung sederhana

36.   Dalam menyampaikan materi pelajaran baru terhadap anak dengan retardasi mental, hendaknya guru ....
A.   menyampaikan materi secara langsung dan klasikal
B.   membantu anak memusatkan perhatiannya terlebih dahulu
C.   informasi disampaikan secara verbal dan abstrak
D.   tidak perlu menggunakan alat bantu atau media

37.   Ahli pertama yang mengidentifikasi gangguan down syndrome pada anak-anak adalah ....
A.   Steven Langdon Down
B.   John Langdon Down
C.   Millman Syndrome
D.   John Syndrome

38.   Karakteristik anak down syndrome secara khusus antara lain ....
        A.   pendiam, pemurung dan cenderung pemalu
B.   periang, suka meniru dan menyukai musik
C.   tidak bisa diam, agresif dan suka mengganggu
D.   suka melamun, namun kadang tampak periang

39.   Menurut konsep kecerdasan tradisional, anak berbakat adalah individu yang memiliki ....
A.   kecerdasan yang jauh di atas rata-rata
B.   prestasi tinggi dalam bidang tertentu
C.   kecerdasan emosional yang sangat baik
D.   kemampuan seni yang luar biasa
     
40.   Biasanya anak berbakat tidak tertarik dengan tugas-tugas di sekolah dan seringkali menyelesaikannya dengan asal-asalan sehingga nilai akademisnya cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena ....
A.   anak tidak mampu belajar dengan serius karena tidak dapat berkonsentrasi
B.   pelajaran di sekolah terlalu sulit dan padat sehingga dia putus asa

C.   guru seringkali tidak mampu membimbing anak yang berbakat
D.   anak bosan dan frustrasi dengan kegiatan di sekolah yang dirasa terlalu mudah

41.   Sinta yang berusia 4 tahun diperbolehkan masuk sekolah dasar karena dia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan teman-teman seusianya. Hal ini merupakan salah satu penanganan anak berbakat yang berupa ....
A.   enrichment
B.   acceleration
C.   reward
D.   preparation

42.   Ketika Ibu guru mengumpulkan anak-anak yang sudah pandai membaca dalam satu kelompok dan memberikan mereka LATIHAN tambahan untuk membaca maupun membuat cerita, maka tindakan yang dilakukan Ibu guru tersebut adalah salah satu cara dalam menangani anak berbakat dengan ....
A.   menyesuaikan tugas dengan kemampuan anak
B.   membantu anak menetapkan hasil akhir yang lebih tinggi
C.   membentuk kelompok bagi anak-anak yang kemampuannya setara
D.   memberi kesempatan pada anak untuk belajar secara mandiri

43.   Perilaku mau menang sendiri sangat erat hubungannya dengan sifat ....
A.   pemarah
B.   iri hati
C.   pemalu
D.   rendah diri

44.   Ciri-ciri anak yang mau menang sendiri adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   empati berkembang dengan baik
B.   kurang mampu mengontrol diri atau emosi
C.   memiliki harga diri yang sangat tinggi
D.   kualitas hubungan sosialnya buruk

45.   Perlakuan orang tua yang selalu menuruti anak hingga menyebabkan perilaku mau menang sendiri disebut ....
A.   permisif
B.   kurang perhatian
C.   otoriter
D.   pemanjaan

46.   Jika anak mau menang sendiri disebabkan oleh temperamen yang sulit, penanganan yang dapat dilakukan terhadapnya adalah dengan ....
A.   latihan menerima kekecewaan
B.   pemenuhan kebutuhan akan kasih sayang
C.   latihan disiplin dan penanaman moral
D.   latihan menahan diri dan emosi

47.   Dependen adalah perilaku anak yang selalu ingin mendapat bantuan dari orang lain karena anak ....
A.   belum mampu melakukannya
B.   tidak mau melakukannya
C.   merasa tidak mau melakukannya
D.   malas melakukannya

48.   Salah satu ciri anak yang dependen adalah ....
A.   cenderung menjadi pemimpin dalam setiap kegiatan
B.   bila mengerjakan sesuatu butuh waktu yang lebih lama
C.   reaksi dan perilakunya tampak lebih dewasa dari usianya
D.   selalu bersemangat dalam menyelesaikan tugas

49.   Orang tua seringkali merasa kasihan pada anak karena melihatnya sulit melakukan sesuatu sehingga orang tua cenderung over protective, maksudnya ....
A.   memandang rendah kemampuan anaknya
B.   selalu membantu anaknya
C.   membiarkan anaknya
D.   selalu melindungi anaknya

50.   Setiap kali akan membuka tempat makannya Dino selalu merengek dan mengatakan tidak bisa. Tindakan yang dapat dilakukan Ibu guru adalah ....
A.   segera membantu Dino agar tidak menangis
B.   meminta Dino mencoba membuka sendiri sambil memberi dorongan
C.   membiarkannya saja, nanti juga pasti bisa membuka sendiri
D.   mengganti tempat makan Dino sehingga tidak perlu dibuka tutup

1 comment: