Cloud Hosting Indonesia

18 April, 2014

Soal Kurikulum dan Bahan Belajar TK



LATIHAN MANDIRI
KURIKULUM DAN BAHAN BELAJAR TK
(PGTK2403)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Sesuai undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, untuk mencapai tujuan pendidikan kurikulum digunakan sebagai ....
A.   pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
B.   asas pembelajaran
C.   hasil pembelajaran
D.   proses pembelajaran

2.   Fungsi kurikulum sebagai proses kognitif adalah untuk mengembangkan ....       
A.   kemampuan berpikir anak
B.   sikap sosial anak
C.   moral anak
D.   sopan santun anak
     
3.   Maksud dari model kurikulum terpadu adalah penyajian materi mata pelajaran secara harmoni, bulat dan ....
A.   terpisah
B.   terkait
C.   menyeluruh
D.   berkelompok-kelompok

4.   Kemampuan yang harus dimiliki anak setelah mengikuti mata pelajaran tertentu merupakan tujuan ....
A.   pembelajaran
B.   kurikuler
C.   institusional
D.   instruksional

5.   Salah satu persyaratan yang dipertimbangkan dalam mengembangkan isi kurikulum adalah mengandung bahan yang jelas, maksudnya ....
A.   bermakna bagi perkembangan anak
B.   mencerminkan realita kehidupan sehari-hari
C.   teruji kebenarannya sehingga tidak menyesatkan anak
D.   konsep, teori dan prinsip bukan hanya merupakan informasi faktual

6.   Dalam proses belajar untuk menentukan hasil lulusan yang baik dari segi kualitas dan kuantitas dapat dilakukan evaluasi ....
A.   masukan
B.   proses
C.   hasil
D.   dampak

7.   Menurut Marthin Luther sejak dini anak perlu diajarkan agama melalui pembiasaan.
      Pernyataan tersebut sesuai dengan landasan ....
A.   filosofis
B.   psikologis
C.   sosial
D.   ilmu pengetahuan

8.   Pendidikan yang mengikuti perkembangan dan perubahan secara kreatif dan inovatif adalah pendidikan melalui pendekatan ....
A.   reformatoris
B.   adaptif
C.   agresif
D.   persuasif

9.   Dalam proses pembelajaran guru hanya melaksanakan peraturan-peraturan dan kurikulum yang sudah ditentukan dari atas. Pernyataan tersebut merupakan pendekatan ....
A.   dari atas ke bawah
B.   dari bawah ke atas
C.   sosial budaya
D.   psikologis

10.  Guru berkesempatan untuk merubah dan memperbaiki kurikulum, apabila guru menganggap kurikulum yang ada tidak sesuai atau sulit untuk dilaksanakan. Dalam pengembangan kurikulum hal tersebut sesuai dengan pendekatan ....
A.   psikologis
B.   sosial
C.   dari bawah ke atas
D.   dari atas ke bawah

11.   Pengembangan kurikulum yang memfokuskan pada proses perbaikan dan penyempurnaan merupakan pengembangan model ....
A.   Tyler
B.   Oliva
C.   Beauchamp
D.   Taba
12.   Pelaksana diberi peluang dan kesempatan untuk menyesuaikan kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi di sekolah. Dalam perkembangan kurikulum hal tersebut sesuai dengan prinsip ....
A.   kontinuitas
B.   efektifitas
C.   relevansi
D.   fleksibilitas

13.   Pengembangan kurikulum yang memfasilitasi kehidupan anak bermoral dan berakhlak mulia, merupakan prinsip pengembangan KBK dalam ....
A.   pengembangan keterampilan
B.   keseimbangan estetika
C.   pengembangan keimanan, nilai dan budi pekerti
D.   pendekatan menyeluruh

14.   TK adalah lembaga pendidikan pertama yang memberikan bimbingan dan pembinaan baik jasmani dan rohani serta mengembangkan semua aspek perkembangan secara harmonis. Pengertian tersebut sesuai dengan kurikulum TK tahun ....
A.   1968
B.   1976
C.   1984
D.   1994

15.   TK memberi kesempatan kepada anak untuk beresplorasi dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan yang diusahakan melalui berbagai kegiatan secara terpadu. Hal tersebut merupakan dasar ....
A.   sosiologis
B.   organisatoris
C.   psikologis
D.   filosofis

16.   Berikut adalah prinsip-prinsip yang melandasi kurikulum TK tahun 1976, kecuali ....
A.   berorientasi pada tujuan
B.   fleksibilitas program
C.   pendidikan seumur hidup
D.   bermain sambil belajar

17.   Meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, daya cipta untuk hidup di lingkungan masyarakat, merupakan salah satu tujuan pendidikan TK tahun ....
A.   1968
B.   1976
C.   1984
D.   1994

18.   Anak dapat mengekspresikan diri melalui kreasinya yang dituangkan dengan cara-cara yang sudah diketahuinya. Hal tersebut termasuk bidang pengembangan ....
A.   pengetahuan
B.   daya pikir
C.   daya cipta
D.   kemampuan berbahasa

19.   Di TK setiap hari anak dibiasakan untuk mencuci tangan dan berdoa sebelum atau sesudah. Kegiatan tersebut merupakan pengembangan ....
A.   daya pikir
B.   perilaku
C.   keterampilan
D.   bahasa

20.   Dalam penggunaan GBPKB TK oleh seorang guru sebaiknya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mengacu kepada ....
A.   kemampuan yang akan dicapai dikaitkan dengan tema yang sedang dibicarakan
B.   tema yang akan diajarkan sesuai dengan keinginan guru
C.   kemampuan tertentu sesuai dengan minat anak
D.   tema yang kompleks dan kegiatan yang padat

21.   Indikator adalah suatu kinerja yang berhasil dalam aktivitas kehidupan. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Richard
B.   Spencer
C.   Gagne
D.   Jean Piaget

22.   KBK mengacu pada perolehan pengalaman anak dan berdasar pada keberagaman, yang menunjukkan bahwa KBK mempunyai ciri ....
A.   ketercapaian kompetensi anak
B.   berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
C.   penyampaian pembelajaran mengguna-kan pendekatan bervariasi
D.   sumber belajar tidak hanya guru

23.   Salah satu prinsip pengembangan KBK adalah pendidikan TK memberdayakan semua anak dalam memperoleh pengetahuan, keterampil-an dan sikap. Hal ini termasuk prinsip ....
A.   pengembangan keterampilan hidup
B.   penguatan integritas nasional
C.   kesamaan memperoleh kesempatan
D.   berpusat pada anak
24.   Yang dimaksud dengan kebijaksanaan dan keberagaman dalam pelaksanaan KBK adalah ....
A.   pengalaman belajar untuk semua peserta didik
B.   semua pengalaman belajar dirancang secara berkesinambungan
C.   standar kompetensi merupakan acuan kegiatan pembelajaran di TK
D.   memberdayakan semua peserta didik

25.   Penilaian berbasis kelas sebaiknya mudah dipahami, memiliki arti, berguna dan dapat ditindak lanjuti oleh semua pihak, hal tersebut merupakan prinsip ....
A.   bermakna
B.   menyeluruh
C.   valid
D.   mendidik

26.   Apabila peserta didik dapat mengkomunikasikan gagasan kepada peserta lain atau gurunya, maka ia akan lebih mudah membangun pemahamannya. Pernyataan tersebut merupakan prinsip kegiatan pembelajaran ....
A.   pengembangan kemampuan sosial
B.   berpusat pada anak
C.   kemampuan pemecahan masalah
D.   mengembangkan imajinasi

27.   Fungsi pendidikan pada kurikulum TK berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali  ....
A.   menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik
B.   menyiapkan anak untuk memasuki sekolah dasar
C.   mengenalkan anak dengan dunia luar
D.   menciptakan pertumbuhan dan perkembangan anak

28.   Yang dimaksud dengan pembentukan perilaku melalui pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara ....
A.   rutin dan dilakukan setiap hari
B.   sesuai keinginan guru
C.   insidentil atau tiba-tiba
D.   mendadak dan sesuai peraturan sekolah

29.   Penyediaan lingkungan untuk kegiatan pembelajaran di TK adalah lingkungan yang  ....
A.   dekat dengan tempat hiburan
B.   aman dan nyaman secara psikologis dan fisiologis
C.   dekat dengan jalan raya yang mudah di jangkau
D.   tertutup dari umum

30.   Perkembangan terjadi dalam urutan yang relatif teratur pada kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan sehingga anak dapat membangun kesiapan untuk pendidikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan anak dapat ....
A.   diciptakan
B.   ditumbuhkan
C.   dihentikan
D.   diprediksi

31.   Pengembangan berorientasi holistik maksud-nya adalah ....
A.   lingkungan dan aspek perkembangan anak saling mempengaruhi
B.   lingkungan kurang mendukung perkembangan anak
C.   pendidikan hanya bergantung pada lingkungan
D.   aspek perkembangan anak berkembang dengan sendirinya

32.   Dalam strategi kegiatan pengembangan di TK melalui kegiatan spontan, kegiatan pembelajaran yang dilakukan bersifat ....
A.   terstruktur dan terencana
B.   kontekstual dan dinamis
C.   faktual dan terpadu
D.   statis dan bervariasi

33.   Dewi duduk di TK B, setiap pagi sebelum berangkat sekolah dibiasakan oleh ibunya untuk sarapan pagi, cium tangan sebelum berangkat sekolah. Hal tersebut dilakukan setiap hari, perlakuan ibu kepada Dewi merupakan kegiatan pembelajaran yang bersifat ....
A.   terprogram
B.   spontan
C.   rutinitas
D.   keteladanan

34.   Kegiatan pembentukan perilaku dalam kegiatan terprogram akan semakin optimal jika ....
A.   anak-anak yang terlibat dibatasi
B.   dilakukan bersama orang tua
C.   waktu direncanakan secara tepat
D.   sarana tercukupi


35.   Metode pengajaran suara, bentuk dan bilangan didasarkan oleh pandangan pestalozzi yang ....
A.   mendukung verbalistis
B.   menolak verbalistis
C.   menekankan pentingnya bantuan
D.   mengutamakan aspek sosial

36.   Kegiatan pembelajaran di TK banyak dilakukan melalui perbuatan sesuai kehidupan sehari-hari karena anak akan banyak belajar melalui ....
A.   penjelasan guru
B.   pengalaman langsung
C.   mendengarkan cerita
D.   menonton televisi

37.   Pembelajaran kooperatif mampu mempersiap-kan anak didik untuk belajar mendapatkan berbagai pengetahuan dan informasi. Pernyataan tersebut merupakan ....
A.   manfaat
B.   tujuan
C.   fungsi
D.   dasar

38.   Langkah terakhir yang dilakukan dalam metode pembelajaran suara, bentuk dan bilangan adalah ....
        A.   mengelompokkan kemampuan berdasarkan suara, bentuk dan bilangan
B.   menyusun dan menata hasil permainan anak
C.   menilai hasil karya anak
D.   menentukan tema dan jenis permainan

39.   Desain ruangan dalam sistem pembelajaran sentra menunjukkan bahwa pembelajaran sentra ....
A.   mengutamakan pembelajaran individual
B.   lebih banyak bersifat klasikal
C.   memberi pelayanan seimbang antara klasikal dan individual
D.   memungkinkan anak untuk bergerak sesuka hati
     
40.   Penentuan jenis tugas, waktu yang akan digunakan dan mencari perjalanan yang akan dilaksanakan, merupakan langkah persiapan dari ....
A.   pengajaran proyek
B.   pengembangan kecakapan hidup
C.   pengajaran sentra
D.   kegiatan terprogram

41.   Dalam ruangan kelas yang besar terdiri dari beberapa area kegiatan, guru memberikan penjelasan secara umum. Kemuadian anak-anak memasuki ruangan dan memilih kegiatan sesuai dengan minatnya. Anak harus menguasai materi yang menjadi pilihannya. Dari contoh di atas, pengajaran tersebut termasuk model pembelajaran ....
A.   atraktif
B.   kooperatif
C.   sentra
D.   proyek

42.   Berikut ini adalah tiga patokan yang dapat membantu menentukan kesiapan anak belajar menurut Hurlock, kecuali ....
A.   pola makan anak mulai teratur
B.   adanya perhatian terhadap sesuatu yang dipelajari
C.   minat anak semakin kuat
D.   hasil kegiatan lebih baik karena anak belajar

43.   Kegiatan yang menunjukkan belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar adalah ....
A.   latihan sepak bola
B.   menulis huruf
C.   menyusun puzzle
D.   mengisi hitungan dengan angka

44.   Berikut ini yang tidak perlu diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran di TK adalah ....
A.   kematangan peserta didik
B.   alat-alat bermain yang sesuai dengan anak
C.   lingkungan yang mendukung
D.   guru yang tegas

45.   Upaya yang dilakukan untuk mengelola dan mengembangkan setiap unsur pembelajaran, agar semua komponen berkontribusi dan menunjang kegiatan pembelajaran. Pernyataan di atas merupakan ....
A.   landasan pembelajaran
B.   analisis instruksional
C.   desain instruksional
D.   tujuan kurikuler

46.   Maksud dari pembelajaran sebagai suatu sistem adalah komponen pembelajaran ....
A.   saling berhubungan tetapi tidak saling mempengaruhi
B.   tidak saling berkaitan
C.   memberikan kontribusi
D.   terkait dan merupakan satu kesatuan yang utuh


47.   Kriteria perumusan tujuan adalah ....
A.   secara jelas mencakup kemampuan yang luas sesuai standar dan dapat diukur
B.   bukan merupakan hasil belajar
C.   cerminan hasil belajar
D.   kemampuan anak yang berprestasi

48.   Anak prasekolah pada umumnya sangat aktif dan sudah memiliki penguasaan terhadap tubuhnya. Karakteristik tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Ki Hajar Dewantara
B.   Conny R Semiawan
C.   S Patmonodewo
D.   Utami Munandar

49.   Menurut J Piaget, anak usia 4 – 6 tahun dapat menggunakan pemikirannya. Pada usia tersebut anak berada pada tahap ....
A.   sensorimotor
B.   praoperasional
C.   operational konkrit
D.   operasional formal

50.   Salah satu cara untuk mengidentifikasi karakteristik anak adalah dengan cumulatif record, yaitu ....
A.   membuat catatan secara teratur
B.   mempelajari anak dalam hubungannya dengan orang lain
C.   menyelidiki lebih lanjut tentang riwayat anak
D.   mengumpulkan keterangan mengenai anak dari sumber terkait

No comments:

Post a Comment