LATIHAN MANDIRI
KURIKULUM DAN BAHAN BELAJAR TK
(PGTK2403)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Sesuai undang-undang no 20 tahun 2003 tentang
sistem pendidikan nasional, untuk mencapai tujuan pendidikan kurikulum
digunakan sebagai ....
A. pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
B. asas pembelajaran
C. hasil pembelajaran
D. proses pembelajaran
2. Fungsi kurikulum sebagai proses kognitif
adalah untuk mengembangkan ....
A. kemampuan berpikir anak
B. sikap sosial anak
C. moral anak
D. sopan santun anak
3. Maksud dari model kurikulum
terpadu adalah penyajian materi mata pelajaran secara harmoni, bulat dan ....
A. terpisah
B. terkait
C. menyeluruh
D. berkelompok-kelompok
4. Kemampuan yang
harus dimiliki anak setelah mengikuti mata pelajaran tertentu merupakan tujuan ....
A. pembelajaran
B. kurikuler
C. institusional
D. instruksional
5. Salah satu persyaratan yang dipertimbangkan
dalam mengembangkan isi kurikulum adalah mengandung bahan yang jelas, maksudnya
....
A. bermakna bagi perkembangan anak
B. mencerminkan realita kehidupan
sehari-hari
C. teruji kebenarannya sehingga
tidak menyesatkan anak
D. konsep, teori dan prinsip bukan
hanya merupakan informasi faktual
6. Dalam proses belajar untuk menentukan hasil
lulusan yang baik dari segi kualitas dan kuantitas dapat dilakukan evaluasi ....
A. masukan
B. proses
C. hasil
D. dampak
7. Menurut Marthin Luther sejak dini anak perlu
diajarkan agama melalui pembiasaan.
Pernyataan
tersebut sesuai dengan landasan ....
A. filosofis
B. psikologis
C. sosial
D. ilmu pengetahuan
8. Pendidikan yang mengikuti perkembangan dan
perubahan secara kreatif dan inovatif adalah pendidikan melalui pendekatan ....
A. reformatoris
B. adaptif
C. agresif
D. persuasif
9. Dalam proses pembelajaran guru hanya
melaksanakan peraturan-peraturan dan kurikulum yang sudah ditentukan dari atas.
Pernyataan tersebut merupakan pendekatan ....
A. dari atas ke bawah
B. dari bawah ke atas
C. sosial budaya
D. psikologis
10. Guru berkesempatan untuk merubah dan
memperbaiki kurikulum, apabila guru menganggap kurikulum yang ada tidak sesuai
atau sulit untuk dilaksanakan. Dalam
pengembangan kurikulum hal tersebut sesuai dengan pendekatan ....
A. psikologis
B. sosial
C. dari bawah ke atas
D. dari atas ke bawah
11. Pengembangan kurikulum yang memfokuskan pada
proses perbaikan dan penyempurnaan merupakan pengembangan model ....
A. Tyler
B. Oliva
C. Beauchamp
D. Taba
12. Pelaksana diberi peluang dan kesempatan untuk menyesuaikan
kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi di sekolah. Dalam
perkembangan kurikulum hal tersebut sesuai dengan prinsip ....
A. kontinuitas
B. efektifitas
C. relevansi
D. fleksibilitas
13. Pengembangan kurikulum yang memfasilitasi kehidupan anak bermoral
dan berakhlak mulia, merupakan prinsip pengembangan KBK
dalam ....
A. pengembangan keterampilan
B. keseimbangan estetika
C. pengembangan keimanan, nilai dan budi pekerti
D. pendekatan menyeluruh
14. TK adalah lembaga pendidikan pertama yang memberikan bimbingan dan
pembinaan baik jasmani dan rohani serta mengembangkan semua aspek perkembangan
secara harmonis. Pengertian tersebut sesuai dengan kurikulum TK tahun ....
A. 1968
B. 1976
C. 1984
D. 1994
15. TK memberi kesempatan kepada anak untuk beresplorasi dan
mengembangkan seluruh aspek perkembangan yang diusahakan melalui berbagai
kegiatan secara terpadu. Hal tersebut
merupakan dasar ....
A. sosiologis
B. organisatoris
C. psikologis
D. filosofis
16. Berikut adalah prinsip-prinsip yang melandasi kurikulum TK tahun
1976, kecuali ....
A. berorientasi pada tujuan
B. fleksibilitas program
C. pendidikan seumur hidup
D. bermain sambil belajar
17. Meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan,
keterampilan, daya cipta untuk hidup di lingkungan masyarakat, merupakan salah
satu tujuan pendidikan TK tahun ....
A. 1968
B. 1976
C. 1984
D. 1994
18. Anak dapat mengekspresikan diri melalui kreasinya yang dituangkan dengan
cara-cara yang sudah diketahuinya. Hal tersebut termasuk bidang pengembangan ....
A. pengetahuan
B. daya pikir
C. daya cipta
D. kemampuan berbahasa
19. Di TK setiap hari anak dibiasakan untuk mencuci tangan dan berdoa sebelum
atau sesudah. Kegiatan tersebut merupakan pengembangan ....
A. daya pikir
B. perilaku
C. keterampilan
D. bahasa
20. Dalam penggunaan GBPKB TK oleh seorang guru sebaiknya kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan mengacu kepada ....
A. kemampuan yang akan dicapai dikaitkan dengan tema yang sedang
dibicarakan
B. tema yang akan diajarkan sesuai dengan keinginan
guru
C. kemampuan tertentu sesuai dengan minat anak
D. tema yang kompleks dan kegiatan yang padat
21. Indikator adalah suatu kinerja yang berhasil dalam aktivitas
kehidupan. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Richard
B. Spencer
C. Gagne
D. Jean Piaget
22. KBK mengacu pada
perolehan pengalaman anak dan berdasar pada keberagaman, yang menunjukkan bahwa
KBK mempunyai ciri ....
A. ketercapaian kompetensi anak
B. berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
C. penyampaian pembelajaran mengguna-kan pendekatan bervariasi
D. sumber belajar tidak hanya guru
23. Salah satu prinsip pengembangan KBK
adalah pendidikan TK memberdayakan semua anak dalam memperoleh pengetahuan,
keterampil-an dan sikap. Hal ini termasuk
prinsip ....
A. pengembangan keterampilan hidup
B. penguatan integritas nasional
C. kesamaan memperoleh kesempatan
D. berpusat pada anak
24. Yang dimaksud dengan kebijaksanaan dan keberagaman dalam
pelaksanaan KBK adalah ....
A. pengalaman belajar untuk semua peserta didik
B. semua pengalaman belajar dirancang secara berkesinambungan
C. standar kompetensi merupakan acuan kegiatan pembelajaran di TK
D. memberdayakan semua peserta didik
25. Penilaian berbasis kelas sebaiknya mudah dipahami, memiliki arti,
berguna dan dapat ditindak lanjuti oleh semua pihak, hal tersebut merupakan
prinsip ....
A. bermakna
B. menyeluruh
C. valid
D. mendidik
26. Apabila peserta didik dapat mengkomunikasikan gagasan kepada
peserta lain atau gurunya, maka ia akan lebih mudah membangun pemahamannya.
Pernyataan tersebut merupakan prinsip kegiatan pembelajaran ....
A. pengembangan kemampuan sosial
B. berpusat pada anak
C. kemampuan pemecahan masalah
D. mengembangkan imajinasi
27. Fungsi pendidikan pada kurikulum TK berbasis
kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik
B. menyiapkan anak untuk memasuki sekolah dasar
C. mengenalkan anak dengan dunia luar
D. menciptakan pertumbuhan dan perkembangan anak
28. Yang dimaksud dengan pembentukan perilaku melalui pembiasaan adalah
kegiatan yang dilakukan secara ....
A. rutin dan dilakukan setiap hari
B. sesuai keinginan guru
C. insidentil atau tiba-tiba
D. mendadak dan sesuai peraturan sekolah
29. Penyediaan lingkungan untuk kegiatan pembelajaran di TK adalah
lingkungan yang ....
A. dekat dengan tempat hiburan
B. aman dan nyaman secara psikologis dan
fisiologis
C. dekat dengan jalan raya yang mudah di jangkau
D. tertutup dari umum
30. Perkembangan terjadi dalam urutan yang relatif teratur pada
kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan sehingga anak dapat membangun kesiapan
untuk pendidikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan anak dapat ....
A. diciptakan
B. ditumbuhkan
C. dihentikan
D. diprediksi
31. Pengembangan berorientasi holistik maksud-nya
adalah ....
A. lingkungan dan aspek perkembangan anak saling
mempengaruhi
B. lingkungan kurang mendukung perkembangan anak
C. pendidikan hanya bergantung pada lingkungan
D. aspek perkembangan anak berkembang dengan
sendirinya
32. Dalam strategi kegiatan pengembangan di TK melalui kegiatan
spontan, kegiatan pembelajaran yang dilakukan bersifat ....
A. terstruktur dan terencana
B. kontekstual dan dinamis
C. faktual dan terpadu
D. statis dan bervariasi
33. Dewi duduk di TK B, setiap pagi sebelum berangkat sekolah
dibiasakan oleh ibunya untuk sarapan pagi, cium tangan sebelum berangkat
sekolah. Hal tersebut dilakukan setiap hari, perlakuan ibu kepada Dewi
merupakan kegiatan pembelajaran yang bersifat ....
A. terprogram
B. spontan
C. rutinitas
D. keteladanan
34. Kegiatan pembentukan perilaku dalam kegiatan terprogram akan
semakin optimal jika ....
A. anak-anak yang terlibat dibatasi
B. dilakukan bersama orang tua
C. waktu direncanakan secara tepat
D. sarana tercukupi
35. Metode pengajaran suara, bentuk dan bilangan
didasarkan oleh pandangan pestalozzi yang ....
A. mendukung verbalistis
B. menolak verbalistis
C. menekankan pentingnya bantuan
D. mengutamakan aspek sosial
36. Kegiatan pembelajaran di TK banyak dilakukan melalui perbuatan
sesuai kehidupan sehari-hari karena anak akan banyak belajar melalui ....
A. penjelasan guru
B. pengalaman langsung
C. mendengarkan cerita
D. menonton televisi
37. Pembelajaran kooperatif mampu mempersiap-kan anak didik untuk
belajar mendapatkan berbagai pengetahuan dan informasi. Pernyataan tersebut merupakan
....
A. manfaat
B. tujuan
C. fungsi
D. dasar
38. Langkah terakhir yang dilakukan dalam metode pembelajaran suara,
bentuk dan bilangan adalah ....
A. mengelompokkan
kemampuan berdasarkan suara, bentuk dan bilangan
B. menyusun dan menata hasil permainan anak
C. menilai hasil karya anak
D. menentukan tema dan jenis permainan
39. Desain ruangan dalam sistem pembelajaran
sentra menunjukkan bahwa pembelajaran sentra ....
A. mengutamakan pembelajaran individual
B. lebih banyak bersifat klasikal
C. memberi pelayanan seimbang antara klasikal
dan individual
D. memungkinkan anak untuk bergerak sesuka hati
40. Penentuan jenis tugas, waktu yang akan
digunakan dan mencari perjalanan yang akan dilaksanakan, merupakan langkah
persiapan dari ....
A. pengajaran proyek
B. pengembangan kecakapan hidup
C. pengajaran sentra
D. kegiatan terprogram
41. Dalam ruangan kelas yang besar terdiri dari beberapa area kegiatan,
guru memberikan penjelasan secara umum. Kemuadian anak-anak memasuki ruangan
dan memilih kegiatan sesuai dengan minatnya. Anak harus menguasai materi yang
menjadi pilihannya. Dari contoh di atas, pengajaran tersebut termasuk model
pembelajaran ....
A. atraktif
B. kooperatif
C. sentra
D. proyek
42. Berikut ini adalah tiga patokan yang dapat membantu menentukan
kesiapan anak belajar menurut Hurlock, kecuali ....
A. pola makan anak mulai teratur
B. adanya perhatian terhadap sesuatu yang dipelajari
C. minat anak semakin kuat
D. hasil kegiatan lebih baik karena anak belajar
43. Kegiatan yang menunjukkan belajar sambil bermain dan bermain
sambil belajar adalah ....
A. latihan sepak bola
B. menulis huruf
C. menyusun puzzle
D. mengisi hitungan dengan angka
44. Berikut ini yang tidak perlu diperhatikan dalam kegiatan
pembelajaran di TK adalah ....
A. kematangan peserta didik
B. alat-alat bermain yang sesuai dengan anak
C. lingkungan yang mendukung
D. guru yang tegas
45. Upaya yang dilakukan untuk mengelola dan mengembangkan setiap
unsur pembelajaran, agar semua komponen berkontribusi dan menunjang kegiatan
pembelajaran. Pernyataan di atas merupakan ....
A. landasan pembelajaran
B. analisis instruksional
C. desain instruksional
D. tujuan kurikuler
46. Maksud dari pembelajaran sebagai suatu sistem
adalah komponen pembelajaran ....
A. saling berhubungan tetapi tidak saling
mempengaruhi
B. tidak saling berkaitan
C. memberikan kontribusi
D. terkait dan merupakan satu kesatuan yang utuh
47. Kriteria perumusan tujuan adalah ....
A. secara jelas mencakup kemampuan yang luas
sesuai standar dan dapat diukur
B. bukan merupakan hasil belajar
C. cerminan hasil belajar
D. kemampuan anak yang berprestasi
48. Anak prasekolah pada umumnya sangat aktif dan sudah memiliki
penguasaan terhadap tubuhnya. Karakteristik tersebut dikemukakan oleh ....
A. Ki Hajar Dewantara
B. Conny R Semiawan
C. S Patmonodewo
D. Utami Munandar
49. Menurut J Piaget, anak usia 4 – 6 tahun dapat menggunakan
pemikirannya. Pada usia tersebut anak berada pada tahap ....
A. sensorimotor
B. praoperasional
C. operational konkrit
D. operasional formal
50. Salah satu cara untuk mengidentifikasi
karakteristik anak adalah dengan cumulatif
record, yaitu ....
A. membuat catatan secara teratur
B. mempelajari anak dalam hubungannya dengan
orang lain
C. menyelidiki lebih lanjut tentang riwayat anak
D. mengumpulkan keterangan mengenai anak dari sumber terkait
No comments:
Post a Comment