LATIHAN MANDIRI
METODE
PENGEMBANGAN SENI
(PGTK2402)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 43, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Karya kreatif
koreagrafer Guruh Sukarno Putra yang diekspresikan dalam wujud tari kontemporer
termasuk seni sebagai ....
A. karya cipta
B. karya seni
C. hobby
D. kegiatan manusia
2. Dalam lagu-lagu
ciptaan Rhoma Irama tercermin gaya pengekspresiannya yang khas. Kekhasan
tersebut termasuk sifat dasar seni ....
A. ekspresi
B. kreatif
C. individual
D. kelompok
3. Gagasan yang diwujudkan menjadi
suatu karya seni melalui pemanfaatan properti dan keterampilan teknik dapat
dinikmati dan diapresiasi melalui unsur ....
A. gaya
B. medium
C. tema
D. struktur seni
4. Pada umumnya
anak usia TK lebih menyukai karya tari improvisasi dari pada tari tradisional.
Karya tari yang disukai ini termasuk ragam seni ....
A. sastra
B. modern
C. pertunjukan
D. terapan
5. Dalam kegiatan
seni ditemukan nilai-nilai yang sangat berperan dalam mengembangkan berbagai
kemampuan dasar anak. Konsep tersebut termasuk dalam ....
A. seni dalam pendidikan
B. tujuan pembelajaran seni
C. pendidikan melalui seni
D. seni sebagai media
6. Pendekatan multikultural dalam
pendidikan seni di sekolah bertujuan untuk ....
A. menumbuhkan pemahaman anak dalam
aspek sosial
B. mengembangkan kemampuan
meng-ekspresikan diri
C. membentuk pribadi yang harmonis
D. menumbuhkan kesadaran dalam
pembentukan sikap saling menghargai
7. Sejak Ani
senang berlatih menari dan melukis kini tampak sikap sabar dan toleransinya
terhadap teman-temannya di kelas. Perubahan sikap Ani adalah dampak tidak
langsung dari fungsi pembelajaran ....
A. sikap
B. seni
C. sosial
D. kepribadian
8. Proses
berkreasi yang memberikan kebebasan kepada anak untuk mengungkapkan perasaan,
emosi dan keinginannya dengan cara yang menyenangkan sesuai karakteristik anak
merupakan media ....
A. pembelajaran
B. komunikasi
C. bermain
D. ekspresi
9. Tari “Merak”
menyampaikan pesan melalui gerakan-gerakan menirukan karakter burung merak dan
secara visual ditampilkan dalam kostum tari yang berwarna-warni. Hal ini
menunjukkan peranan tari sebagai media ....
A. ekspresi
B. kreativitas
C. komunikasi
D. pengembangan bakat
10. Rossi sangat
antusias mengikuti pelajaran seni terutama pelajaran vokal sehingga Rossi dapat
mengembangkan kemampuannya. Hal ini menunjukkan pembelajaran seni sebagai media
....
A. pengembangan bakat
B. pengembangan kreativitas
C. pembelajaran terpadu
D. komunikasi
11. Menurut Haskel, fokus pendidikan seni di
Taman Kanak-kanak adalah ....
A. mengasah ketajaman rasa dan pengendalian
emosi
B. membuat anak mampu menghasilkan suatu karya
C. melaksanakan perintah guru pada jam belajar
D. belajar yang baik hanya melalui kegiatan seni
12. Faris seorang anak yang cerdas. Ketika
mengikuti pelajaran musik dan bernyanyi ia cepat menerima dan penuh semangat.
Kemampuan musik serta antusiasme Faris menunjukkan Faris memiliki ciri anak ....
A. kreatif
B. berbakat
C. cerdas
D. kurang cerdas
13. Ochi memiliki suara bagus dalam bernyanyi,
suaranya dapat menjangkau nada-nada tinggi sesuai karakteristik suara anak.
Ketinggian nada yang dicapai Ochi disebut ....
A. nada
B. durasi
C. timbre
D. pitch
14.

Pola aba-aba tersebut adalah
2 hitungan. Ketukan bertekanan jatuh pada
gambar
, pada setiap ruas. Pola aba-aba ini disebut ....

A. irama
B. melodi
C. birama
D. durasi
15. Ruang nada lagu anak-anak pada umumnya
mencapai 1 (satu) oktaf. Ruang nada disebut juga ....
A. gerak maju
B. wilayah nada
C. ukuran
D. ritmik
16. Lagu yang dinyanyikan anak TK dalam 2 (dua)
suara yaitu suara 1 dan suara 2, serta diiringi alat musik, disebut paduan unsur
....
A. birama
B. irama
C. ritmik
D. harmoni
17. Bernyanyi dapat mempengaruhi kemampuan
ekspresi diri anak terhadap lingkungannya. Dengan demikian bernyanyi dapat
menumbuhkan ....
A. kelancaran berbahasa anak
B. kepercayaan diri anak
C. aktivitas bernyanyi anak
D. minat dan bakat anak
18. Agar saat Anda bernyanyi tidak menjadi serak
karena nada tinggi atau karena harus menyanyikan beberapa buah lagu, disarankan
Anda melakukan olah vokal dengan memanfaatkan ….
A. alat bicara
B. resonansi
C. pita suara
D. pernafasan
19. Kemampuan anak menciptakan musik sederhana
seperti membuat syair lagu merupakan kemampuan dalam aspek ....
A. intelektual
B. estetis
C. emosional
D. kreativitas
20. Melatih perkembangan intelektual anak dalam
bidang musik dapat dilakukan guru melalui kegiatan ….
A. bermain peran sambil menyanyikan lagu yang
sesuai
B. anak bernyanyi atau bermain musik sendiri
C. memperkenalkan lagu daerah
D. anak mengenal nyanyian melalui televisi
21. Anak dapat mengenal nama-nama binatang
melalui kegiatan bernyanyi, sambil berperan sebagai gajah. Ini termasuk
kegiatan ….
A. pengembangan emosional anak
B. pengembangan kemampuan bernyanyi anak
C. mengembangkan pendengaran anak
D. meningkatkan pengucapan kata
22. Tujuan kegiatan pergelaran musik yang
diselenggarakan di sekolah diantaranya untuk melatih kepekaan anak terhadap
musik pengiring. Konsep dasar musik yang harus terwujud untuk tujuan tersebut
antara lain adalah kemampuan ….
A. memainkan
B. mendengarkan
C. kreativitas
D. emosional
23. Tarian yang diciptakan oleh kelompok
masyarakat tertentu untuk mengungkapkan keyakinannya pada aturan alam yang
dianggap dapat mengatasi hal-hal yang akan terjadi dan dilanjutkan secara turun
temurun disebut jenis tari ….
A. rakyat
B. primitif
C. klasik
D. daerah
24. Tari Seudati dari daerah Aceh adalah tari
rakyat yang menggambarkan kepahlawanan. Tari ini
termasuk jenis tari rakyat berdasarkan ....
A. jenis
B. tema
C. bentuk
D. sejarah
25. Tarian yang rumit karena banyak aturan yang
harus dipatuhi dalam hal gerak dan terkait dengan aturan-aturan kehidupan yang
berlaku di tempat asal tari tersebut termasuk jenis tari ….
A. primitif
B. klasik
C. daerah
D. rakyat
26. Karya tari yang diciptakan dengan kebebasan
baik bentuk maupun tema, sesuai keinginan sang koreografer tanpa dibatasi oleh
aturan-aturan disebut karya tari ....
A. klasik
B. modern
C. rakyat
D. tradisional
27. Dalam menciptakan tari yang menarik bagi anak
TK, guru hendaknya memiliki kemampuan penggarapan unsur-unsur komposisi tari
namun tetap harus sesuai dengan ....
A. karakteristik tari
B. ide atau tema yang diminati anak
C. usia anak Taman Kanak-kanak
D. kurikulum Taman Kanak-kanak
28. Terciptanya ruang yang disebabkan arah gerak
penari seperti arah ke depan membentuk garis lurus atau arah ke belakang
membentuk garis lengkung disebut ....
A. ruang gerak yang dijangkau penari
B. ruang bersifat imajinatif
C. tempat rias penari
D. properti yang digunakan penari
29. Pengetahuan penata tari tentang cara memilih
dan menata gerak menjadi sebuah karya tari disebut ....
A. keterampilan
B. kreativitas
C. komposisi
D. unsur tari
30. Formasi yang dibentuk oleh para penari
seperti huruf w,s dan sebagainya disebut disain ....
A. atas
B. lurus
C. lantai
D. vertikal
31. Gerakan penari yang membentuk ke dalam
seperti tekukan tajam pada siku-siku menimbulkan kesan penuh kekuatan disebut desain
....
A. lengkung
B. murni
C. ke dalam
D. bersudut
32. Penari yang melakukan gerakan membentuk lingkaran searah dengan
anggota badannya secara berulang-ulang disebut desain ....
A. horizontal
B. kontras
C. spiral
D. lengkung
33. Properti yang digunakan penari seperti selendang untuk
menggambarkan kobar api disebut disain ....
A. terlukis
B. medium
C. tinggi
D. rendah
34. Gerakan kedua tangan penari menuju kesatu
titik di atas kepala seakan menimbulkan kesan kuat disebut disain ....
A. kontras
B. lengkung
C. bersudut
D. vertikal
35. Ilustrasi musik yang khusus diciptakan untuk
suatu tarian berfungsi sebagai musik ....
A. ilustrasi
B. melodi
C. pengiring
D. karya cipta
36. Tata pentas panggung terbuka penataannya
disesuaikan dengan tema tarian untuk mendukung pergelaran sehingga penari
dengan mudah dapat ....
A. bergerak ke berbagai arah
B. menari sesuai setting
C. dilihat dari berbagai arah
D. dilihat dari arah depan penari
37. Ara anak TK kelompok A telah berani tampil
membawakan tari kupu-kupu di depan teman-temannya. Hal ini merupakan wujud
kemampuan anak dalam ....
A. menggerakkan anggota tubuhnya
B. melakukan kordinasi gerak yang harmonis
C. koordinasi yang seimbang dalam menari
D. berinteraksi dengan orang lain
38. Anak secara kelompok dapat menirukan gerakan
daun kelapa yang ditiup angin kencang sambil berlari-lari membentuk garis lurus
dan diagonal. Kemampuan anak tersebut termasuk dalam pengembangan ....
A. daya nalar anak
B. kreasi gerak anak
C. kreativitas anak
D. emosional anak
39. Anak-anak usia TK umumnya senang dan kagum
dengan tokoh-tokoh film kartun. Mereka akan senang jika tema tariannya adalah
tokoh yang disenanginya. Hal ini termasuk dalam kemampuan dasar ....
A. sosial anak
B. perseptual anak
C. intelektual anak
D. emosional anak
40. Anak dapat bergerak secara spontan dengan
gerakan yang unik ketika guru membunyikan musik. Kemampuan tersebut termasuk
dalam kemampuan ....
A. intelektual
B. menari
C. estetik
D. kreatif
41. Salah satu karakteristik pendekatan pembelajaran
tari di TK yang harus dilaksanakan guru di sekolah adalah ....
A. menari melalui bermain
B. menari dengan tema yang telah ditentukan guru
C. tari daerah setempat
D. tari kreasi baru
42. Membuat perencanaan bagi penata tari berguna
untuk ....
A. memberi gambaran wujud tari yang utuh
B. mengontrol langkah-langkah penciptaan
C. panduan dan acuan dalam proses penciptaan
D. mengungkapkan gagasan tari
43. Ketika membuat karya tari bersama anak didik,
sebaiknya guru melibatkan anak dan membimbing anak dalam proses mencipta agar
anak aktif dalam ....
A. menemukan tema dan mencipta gerak
B. bersosialisasi dengan teman kelasnya
C. berkreasi dalam kegiatan tari
D. pembelajaran tari
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 44 SAMPAI
49, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
44. Bu Tina bercerita tentang kehidupan ikan
menggunakan media akuarium dan berbagai jenis ikan, kemudian anak diminta
menggambar ikan. Hasil menggambar anak sangat bervariasi, unik dan menarik.
Melalui pembelajaran ini Bu Tina telah menstimulus pertumbuhan ....
1) ide-ide imajinatif anak
2) memecahkan masalah melalui proses eksplorasi
3) sensitivitas indrawi anak
45. Kegiatan berolah seni seperti menari dengan
properti, bermain musik dengan aneka bunyi-bunyian dan mencampur aneka warna
cat sambil bermain sangat menyenangkan bagi anak TK. Kegiatan tersebut dapat
menggugah ....
1) motivasi anak terhadap kesenian
2) minat anak terhadap seni
3) imajinasi anak terhadap seni
46. Pembelajaran apresiasi seni di TK dapat
membantu mengembangkan seluruh fungsi mental dan perilaku anak karena
melibatkan pengalaman ....
1) mengamati karya teman
2) menghargai aktivitas teman
3) menikmati hasil kreasi teman
47. Menurut Donald Jack Davis pengalaman seni
yang diperoleh anak melalui pembelajaran seni di sekolah dapat membentuk
beberapa perilaku anak antara lain ....
1) belajar menghayati
2) mengembangkan kepekaan dan pemahaman
3) pameran karya seni
48. Kebiasaan guru mengajarkan tari dengan cara
memberikan contoh gerakan tidak efektif untuk mengembangkan seluruh potensi
dasar anak. Oleh karena itu guru perlu merubah cara tersebut dengan melakukan
empat tahap kegiatan berikut ....
1) eksplorasi dan improvisasi
2) ekspresi dan komposisi
3) evaluasi dan komposisi
49. Berbagai sikap anak dapat tumbuh dan
berkembang melalui kegiatan pementasan tari, diantaranya adalah memupuk sikap ....
1) berani mengekspresikan diri
2) percaya diri bagi anak
3) toleransi dengan sesama teman
No comments:
Post a Comment