TUGAS MANDIRI
PENGANTAR HUBUNGAN MASYARAKAT
(SKOM4103)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 17, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Praktik-praktik bentuk kehumasan, sudah sejak
lama ada. Contohnya pada tahun 59 SM Julius Caesar menciptakan semacam papan
pengumuman untuk rakyat, yang disebut
A. propaganda.
B. acta diurna.
C. retorika.
D. sound relations.
2. Kegiatan hubungan masyarakat berkaitan dengan
proses komunikasi karena
A. humas dapat dianggap suatu bentuk komunikasi
antarmanusia.
B. humas merupakan kegiatan kebersama-an.
C. humas adalah sharing bersama.
D. humas memerlukan feed back dengan segera.
3. Salah satu fungsi manajemen yang bertugas
mengawasi pekerjaan yang telah ditugaskan disebut
A. planning.
B. organizing.
C. actuating.
D. controling.
4. Suatu perusahaan garmen, mempunyai citra yang
negatif di lingkungan masyarakat, dimana perusahaan itu berada. Sebagai seorang
praktisi humas di perusahaan tersebut, Anda kemudian mengadakan khitanan massal
gratis bagi masyarakat sekitar perusahaan untuk memperbaiki citra perusahaan.
Tindakan
Anda termasuk strategi humas yang disebut
A. antisipasi menghadapi krisis.
B. memperbaiki identitas perusahaan.
C. identifikasi permasalahan.
D. mempelajari sikap jiwa masyarakat.
5. Dalam proses komunikasi, keberhasilan seorang
praktisi, sebagai pelaku utama dalam melakukan tugas humas, tidak hanya
ter-gantung kepada kemampuannya dalam berkomunikasi. Ada faktor-faktor lain
yang harus diperhitungkan yaitu
A. kredibilitas media.
B. kekuatan sumber.
C. sisi-sisi pesan.
D. sasaran berita.
6. Petugas hubungan masyarakat dituntut
mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, karena pada dasarnya hubungan
masyarakat selalu berfungsi sebagai
A. sumber informasi yang tertulis.
B. problem solving bagi suatu perusahaan.
C. mediator antara kepentingan perusahaan dan
publiknya.
D. public interest bagi publiknya.
7. Seorang praktisi humas, harus ditangani oleh
tenaga-tenaga yang mempunyai wawasan luas, dengan demikian seorang praktisi
humas dapat dikategorikan sebagai seorang
A. generalis.
B. penerus.
C. profesionalis.
D. perfeksionis.
8. Seorang pakar public relations Frank Jefkins
dari Inggris mengatakan “Ethnics are good economic”, yang secara tersirat
berarti praktisi public relations bertanggung jawab untuk menyampaikan
informasi yang
A. profesional dalam menyampaikan berita.
B. aktual dan simpel dalam informasinya.
C. faktual tanpa suatu komentar.
D. formal dengan ulasan.
9. Menurut Frazier Moore, ada beberapa tujuan
program hubungan pemegang saham diantaranya adalah
A. memberikan informasi yang lebih banyak.
B. merupakan operasionalisasi manajemen.
C. metode pokok unuk memperoleh opini.
D. menciptakan pengertian yang lebih baik antara
perusahaan dengan pemegang saham.
10. Salah satu kerja praktisi humas yang menangani masalah karyawan
yang terikat dengan organisasi serikat buruh adalah bidang yang menitikberatkan
pada hubungan
A. industrial.
B. employee.
C. pemegang saham.
D. konsumen.
11. Suatu budaya yang berkembang di dalam lingkungan suatu organisasi
atau perusahaan yang menyangkut pola atau langkah-langkah yang harus dipahami
oleh seluruh karyawan, baik dari tingkat paling atas sampai paling bawah,
disebut
A. corporate culture.
B. structur culture.
C. interpersonal culture.
D. organisational culture.
12. Jika suatu organisasi atau perusahaan akan mengadakan suatu kegiatan atau kampanye suatu produk,
yang ditujukan untuk masyarakat umum, maka sasaran dari kampanye tersebut
disebut public
A. primer.
B. special.
C. at large.
D. secondair.
13. Suatu kegiatan Humas yang ditujukan pada kelompok-kelompok orang
di dalam suatu masyarakat, baik yang berada di sekitar lokasi organisasi atau
perusahaan yang diwakili oleh lembaga kehumasan atau kelompok orang yang berada
di daerah yang akan dijadikan sasaran disebut
A. hubungan internal.
B. hubungan komunitas.
C. hubungan konsumen.
D. hubungan pemerintah.
14. Jika Anda adalah seorang praktisi Humas yang bekerja pada
perusahaan konsultan Hubungan Masyarakat, Anda diminta menyusun biaya untuk
menunjang kegiatan program kehumasan dari suatu organisasi pemesan (klien), apa
saja kira-kira perincian biayanya?
A. Biaya pengumpulan informasi, biaya penyusunan program, biaya media
promosi.
B. Biaya gaji, biaya overhead, biaya telex.
C. Biaya pencetakan undangan, biaya pengiriman, biaya sewa ruang.
D. Biaya fotografi, biaya informasi, biaya dana darurat.
15. Sebagai seorang praktisi Humas, Anda perlu mempelajari suatu
keadaan guna mem-peroleh data atau informasi yang dilakukan melalui penelitian
kepustakaan atau klipping surat kabar yang disebut dengan
A. situation research.
B. content research.
C. planning research.
D. desk research.
16. Suatu usaha menyebarluaskan informasi tanpa memperhitungkan
feedback atau umpan balik, disebut dengan
A. press agentry.
B. press release.
C. press room.
D. press consultancy.
17. Menurut Cutlip dan Center dalam suatu proses komunikasi sebuah
program harus sesuai dengan kenyataan di lingkungannya atau disebut dengan
A. credibility.
B. content.
C. context.
D. clarity.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 18
SAMPAI 23, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
18. Dengan kedudukannya sebagai pendamping dan pemasok bahan informasi
bagi pimpinan, Humas dapat menentukan anggaran belanjanya sendiri.
sebab
Anggaran
belanja (budget) merupakan modal pedoman kerja selama tahun yang berjalan.
19. Dalam berbagai hal lembaga kehumasan dapat mewakili manajemen atau
perusahaan, baik dalam kegiatan internal maupun eksternal.
sebab
Kedudukan
lembaga Humas yang utama adalah sebagai juru bicara suatu organisasi dalam
setiap aktivitas organisasi.
20. Keterkaitan antara Humas dengan setiap organisasi baik pemerintah
ataupun swasta sangat erat.
sebab
Dengan
diletakkannya lembaga Humas pada top management, menjadikan Humas terlepas dari
kendala-kendala birokrasi yang umumnya terdapat dalam suatu organisasi.
21. Keberhasilan suatu usaha
dari organisasi atau perusahaan sangat bergantung dari bantuan dan loyalitas
para karyawan.
sebab
Langkah
awal untuk meningkatkan hubungan masyarakat eksternal yang positif adalah
dengan memelihara hubungan internal yang baik.
22. Dalam kegiatan komunikasi seorang praktisi hubungan masyarakat
diberi kebebasan untuk menilai kembali program yang telah disusun.
sebab
Jika
program yang telah disusun tidak mendapat tanggapan dari sasaran, program tadi
dapat direvisi bagian-bagian yang tidak sesuai dengan keadaan.
23. Dalam tahap perencanaan seorang praktisi humas harus mengetahui
latar belakang suatu permasalahan.
sebab
Dari
latar belakang akan dapat diketahui berbagai aspek lain mengenai kelompok
masyarakat yang akan dijadikan sasaran.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 24
SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
24. Komunikasi yang dilakukan pada kegiatan Humas pada dasarnya
bersifat timbal balik alasannya adalah
1) terjadinya proses pemanfaatan bersama
2) insiatif komunikasi memerlukan respons sebagai mekanisme kontrol
3) perlunya komunikasi one step flow
25. Untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan
pers, Ivy Lee menciptakan suatu “Deklarasi Prinsip” yang mempunyai azas
1) keterbukaan pada publik
2) kerjasama dengan pers
3) keterikatan dengan masyarakat
26. Menurut Djafar H. Asegaf dalam bukunya “Hubungan Masyarakat dalam
Praktek” ada beberapa faktor yang mendorong per-kembangan Hubungan Masyarakat
yaitu
1) berkembangnya teknologi dan media massa dengan cepat
2) adanya pertumbuhan industri yang semakin kompleks
3) tidak adanya kritik terhadap tokoh-tokoh masyarakat
27. Dalam pengelolaan dan penanganan fungsi Humas, ada beberapa sistem
pokok, diantaranya adanya
1) internal PR
2) institusional PR
3) eksternal PR
28. Suatu kegiatan Hubungan Masyarakat Internasional dapat berkembang
pesat jika suasananya didukung oleh beberapa unsur yang dominan seperti
1) pemerintahan yang mapan
2) media yang besar dan merdeka
3) sistem politik ekonomi yang authoritarian
29. Pada instansi-instansi pemerintahan, Hubungan Masyarakat banyak
yang masih merupakan bagian suatu biro, bahkan praktisinya ditugaskan untuk
melakukan kegiatan-kegiatan yang sederhana seperti
1) decision makers
2) notulis suatu rapat
3) petugas protokol
30. Menurut The Liang Gie, pengertian organisasi meliputi beberapa
aspek-aspek, diantaranya adalah adanya
1) sistem kerja sama
2) sekelompok orang yang bekerja sama
3) proses pembagian kerja
31. Setiap posisi, fungsi, wewenang dan tanggung jawab pada suatu
organisasi perlu ditentukan dengan tegas. Hal ini dilakukan untuk mencegah
1) directing
2) crossing
3) overlapping
32. Menurut Frank Jefkins, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi
dalam lembaga Humas Internal yaitu
1) besar kecilnya suatu organisasi
2) nilai yang diberikan pihak manajemen pada Humas
3) keperluan khusus organisasi terhadap lembaga Humas
33. Karyawan-karyawan suatu perusahaan “garment ABC” sedang mengadakan
unjuk rasa untuk menuntut kenaikan upah. Sebagai seorang parktisi Humas
perusahaan tersebut, langkah-langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi
permasalahan itu?
1) Memberikan nasehat pada pihak manajemen untuk berdialog dengan
karyawan.
2) Memantau opini publik yang datang dari luar dan dalam.
3) Menyampaikan kebijakan perusahaan kepada karyawan.
34. Untuk menentukan anggaran/budget kegiatan Humas ada beberapa macam
pendekatan yang dapat dilakukan yaitu yang didasarkan pada
1) keperluan tenaga manusia
2) persentase penjualan
3) pendekatan tugas
35. Berkembangnya “PR Consultancy” tidak merupakan saingan bagi Humas,
karena bidang-bidang yang dikelola oleh perusahaan konsultasi bukan kegiatan rutin
tetapi cenderung pada spesialisasi, seperti kegiatan
1) exhibition
2) sponsorship
3) corporate dan financial PR
36. Dalam proses perkembangannya Hubungan Masyarakat tampil sebagai
suatu lembaga profesi yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut
1) adanya kaidah yang harus dihormati
2) tidak adanya sarana praktek
3) merupakan ilmu pengetahuan yang khas
37. Kehidupan bermasyarakat dalam suatu organisasi, sekurang-kurangnya
harus menaati beberapa etika. Etika yang dimaksud adalah
1) etika pribadi
2) etika perusahaan
3) etika profesional
38. Publik internal merupakan khalayak sasaran kegiatan Hubungan
Masyarakat. Publik internal ini terdiri dari unsur-unsur utama dalam suatu
organisasi, unsur-unsur publik internal adalah sebagai berikut
1) karyawan
2) pemegang saham
3) konsumen
39. Misalkan Anda adalah seorang praktisi Hubungan Masyarakat dari
sebuah perusahaan “minuman ringan”, mengapa Anda perlu mempunyai hubungan yang
baik dengan pers?
1) Sebab pers merupakan sumber informasi.
2) Sebab media pers merupakan jembatan untuk mencapai khalayak.
3) Sebab pers adalah tempat memuat iklan perusahaan.
40. Untuk dapat memelihara hubungan yang serasi dan harmonis dengan
karyawan seorang praktisi Humas harus didukung oleh berbagai perlengkapan
teknis, misalnya
1) buletin internal
2) papan pengumuman
3) surat kabar harian ibukota
41. Ada beberapa alasan utama yang menyebab-kan seorang praktisi Humas
memantau kegiatan masyarakat sekeliling perusahaan diantaranya ialah
1) untuk memperoleh gambaran publik di sekitarnya
2) untuk menentukan prioritas di anggaran
3) untuk merumuskan pesan yang efektif
42. Seorang praktisi Hubungan Masyarakat harus mengadakan kegiatan
evaluasi untuk program yang telah dilaksanakan. Ada beberapa dimensi untuk
dapat mengevaluasi efektivitas suatu program yaitu
1) audience coverage
2) communication process
3) process of influence
43. Perencanaan yang berkesinambungan adalah kegiatan Humas sebagai
suatu profesi. Untuk mencapai tujuannya maka harus tercipta suatu hubungan
1) yang sehat dengan sasaran
2) yang comfortable dengan sasaran
3) yang produktif dengan sasaran
44. Indikator-indikator yang diperoleh dalam kegiatan evaluasi akan
memberikan gambaran-gambaran seperti
1) kredibilitas sumber
2) tujuan program
3) kualitas masyarakat yang diterpa pesan
45. Pada tahap perencanaan dan penyusunan program, ada beberapa faktor
komunikasi yang perlu diperhatikan diantaranya adalah
1) tujuan program
2) penentuan media
3) pengembangan pesan
jawabanya mana pak?
ReplyDeleteiya, jawaban supaya bisa jadi bahan pembelajaran..
ReplyDelete