Cloud Hosting Indonesia

30 May, 2014

Soal Perencanaan Pesan Dan Media



TUGAS MANDIRI
PERENCANAN PESAN DAN MEDIA
(SKOM4314)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 20,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Premis berupa hasil pekerjaan para karyawan yang perlu diperhatikan dalam menyusun suatu perencanaan di mana setengah dari kegiatannya dapat dikendalikan dan setengahnya tidak, dapat digolongkan ke dalam premis yang bersifat ....    
A.   Non Controllable
B.   Semi Controllable
C.   Controllable
D.   Accountable

2.   Dalam menyusun suatu perencanaan, contoh premis yang sepenuhnya dapat dikuasai atau dikendalikan adalah ....        
A.   perubahan moneter
B.   kebijaksanaan pemerintah
C.   kebijaksanaan-kebijaksanaan dan prog-ram-program usaha yang ditentukan oleh organisasi yang bersangkutan
D.   hasil pekerjaan para pekerja
     
3.   Pengelolaan sasaran komunikasi yang mencakup pernyataan-pernyataan tentang gagasan-gagasan yang memicu proses kreatif dan berfikir dari komunikator disebut dengan sasaran ....
A.   umum
B.   aksi
C.   komunikasi
D.   khusus

4.   Definisi perencanaan yang dikemukakan Harold Kootz dan Cyril O. Donell sebagai berikut ....
A.   suatu usaha untuk meletakkan arah dan tindakan yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan tertentu
B.   persiapan yang teratur dari setiap usaha yang mewujudkan/mencapai tujuan atau tujuan-tujuan yang telah ditentukan
C.   proses karya yang berkesinambungan sampai pada tahap pelaksanaan
D.   salah satu cara untuk mengatasi dan membatasi suatu permasalahan

5.   Teknik perencanaan yang banyak digunakan dalam dunia perencanaan periklanan, adalah ....
A.   Brainstorming
B.   Management by Objectives
C.   The Top Down Method of Planning
D.   Issue Management

6.   Teknik penugasan kepada sebuah atau beberapa task force yang dibentuk perusa-haan berkenaan dengan timbulnya masalah-masalah internal maupun eksternal termasuk ke dalam teknik perencanaan ....
A.   Brainstorming
B.   Management by Objective
C.   Issue Management
D.   The Top Down Method of Planning

7.   Teknik perencanaan, di mana sebuah usulan perencanaan dibicarakan dalam suatu forum diskusi disebut dengan teknik ...
A.   Issue Management
B.   The Top Down Method of Planning
C.   Brainstorming
D.   Management by Objective

8.   Suatu perencanaan yang mempunyai tujuan tunggal dan terbatas disebut dengan peren-canaan ....
A.   strategis
B.   kontinu
C.   sekali
D.   taktis

9.   Evaluasi yang terutama ditujukan pada pencapaian tujuan disebut dengan evaluasi ....
A.   proses
B.   hasil
C.   dampak
D.   akhir

10.   Tahap pertama dalam suatu proses peren-canaan komunikasi menurut Kelsey dan Hearne adalah sebagai berikut ....
A.   pengorganisasian perencanaan
B.   perumusan program
C.   analisis situasi
D.   identifikasi masalah

11.   Evaluasi yang dilakukan segera setelah rangkaian kegiatan pelaksanaan program selesai dilakukan, disebut dengan evaluasi ....
A.   proses
B.   hasil
C.   dampak
D.   efek

12.   Menggayakan kalimat atau pesan dengan mengibaratkan atau mengandaikan apa yang dimaksud dengan sifat-sifat atau karakteristik sesuatu misalnya dengan binatang disebut dengan ....
A.   metafora
B.   tamsil
C.   personifikasi
D.   repetisi

13.   Pengorganisasian pesan menurut format kausal adalah menyusun gagasan dengan cara sebagai berikut ....
A.   disusun berdasarkan ukuran masalah dan pemecahannya
B.   disusun berdasarkan topik yang dibicara-kan
C.   pesan dirangkai berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa
D.   menyusun gagasan dengan cara mem-bahas faktor-faktor penyebab dari suatu masalah dan mempertimbangkan akibat atau hasil berikutnya

14.   Jika pesan yang akan disampaikan dirangkai berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa atau kejadian yang diterangkan, maka pesan diorganisasikan menurut format ....
A.   topikal
B.   kausal
C.   kronologis
D.   spasial

15.   Sistematika penyusunan pesan dari Monroe terkenal dengan urutan termotif dengan akronim ....
A.   AVANS
B.   AANSV
C.   ANSVA
D.   ASNVA

16.   Sistem penyusunan pesan menurut Raymond S. Ross adalah mencakup urutan-urutan sebagai berikut ....
A.   perhatian, kebutuhan, minat, tindakan
B.   perhatian, minat, kebutuhan, tindakan, penegasan kembali
C.   perhatian, kebutuhan, rencana, keberat-an, penegasan kembali, tindakan
D.   perhatian, minat, kebutuhan, tindakan

17.   Teknik pengembangan pesan untuk mem-bangkitkan kebutuhan dengan cara men-ceritakan beberapa contoh untuk menggam-barkan kebutuhan, disebut dengan ....
A.   pernyataan
B.   ilustrasi
C.   ramifikasi
D.   penunjukkan

18.   Metode dalam merencanakan anggaran media yang memberikan tekanan pada pengalokasian anggaran untuk media sesudah dikurangi biaya-biaya yang diguna-kan untuk riset dan kegiatan kreatif disebut dengan metode ....
A.   marginal
B.   tugas
C.   tujuan
D.   profit

19.   Jika seseorang menggunakan media massa untuk melepaskan diri dari berbagai tekanan-tekanan dan masalah yang dihadapinya, maka jenis motif yang digunakannya adalah ....
A.   stimulasi
B.   relaksasi
C.   pelepasan emosi
D.   penarikan diri

20.   Menurut Rogers dan Shoemaker, tahap sebelum seseorang memutuskan menerima suatu inovasi di mana orang tersebut menerapkan ide atau menggunakan produk dalam skala yang kecil untuk menentukan tingkat kegunaan bagi dirinya, disebut dengan tahap ....
A.   kesadaran
B.   minat
C.   evaluasi
D.   percobaan

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 21  SAMPAI   28,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

21.   Perencanaan berfungsi sebagai penunjuk jalan (guide) bagi seluruh anggota organisasi yang ikut serta dalam pelaksanaan perenca-naan tersebut,
sebab                       
perencanaan merupakan pedoman yang dapat selalu dipegang oleh segenap anggota organisasi yang bersangkutan.

22.   Suatu perencanaan informasi/komunikasi harus disusun berdasarkan asas keterpaduan,
sebab                       
perencanaan komunikasi/informasi memadu-kan jenis dan sumber informasi dari segi disiplin ilmu, lintas sektoral, dan fungsionali-sasi di lingkungan organisasi.

23.   Cara menetapkan lamanya jangka waktu suatu perencanaan tidaklah sama,
sebab                       
tidak ada suatu standar yang baku untuk menetapkan jangka waktu suatu perencana-an.

24.   Perencanaan komunikasi dalam tingkatan strategik merupakan perencanaan yang ber-sifat makro dan dibuat untuk mencapai tujuan jangka panjang,
sebab                       
perencanaan dalam tingkatan strategik identik dengan program jangka panjang yang segala sesuatunya masih berupa konsep-konsep umum yang abstrak.

25.   Perencanaan model Pesson menyatakan bahwa proses evaluasi tidak merupakan tahapan yang tersendiri melainkan merupa-kan bagian integral dari keseluruhan proses,
sebab                       
menurut model Possen, evaluasi dari suatu program dilakukan pada akhir dan pada setiap tahap pelaksanaan program.

26.   Membagi metode dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dalam rangka meng-analisis khalayak sasaran,
sebab                       
setiap metode yang digunakan akan membe-rikan berbagai hasil yang berbeda dan dapat digunakan tergantung pada kondisi atau keadaan di mana suatu program akan dilak-sanakan.

27.   Berdasarkan sistematika dari Monroe, proses komunikasi harus dimulai dengan upaya untuk membangkitkan perhatian khalayak,
sebab                       
setelah komunikator dapat membangkitkan perhatian khalayak, tahap selanjutnya adalah mengarahkan pada pembangkitan rasa kebutuhan khalayak terhadap gagasan yang disampaikan.

28.   Dalam merencanakan isi pesan harus dipertimbangkan kondisi dari khalayak yang menjadi sasaran,
sebab                       
isi pesan yang sama mungkin harus berbeda struktur penyampaian jika ingin disampaikan pada sasaran yang berbeda.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   29   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
29.   Dalam menyusun suatu perencanaan, premis yang bersifat Non Controllable diantaranya adalah ....
1)   perubahan moneter
2)   suasana politik
3)   hasil pekerjaan para pekerja dari organi-sasi yang bersangkutan

30.   Kredibilitas yang dimiliki komunikator dilihat dari unsur-unsur berikut ini ....
1)   expertise
2)   performance
3)   trustworthiness

31.   Dalam tahap perencanaan termasuk peren-canaan komunikasi, perlu disusun faktor-faktor yang akan diperlukan dalam tahap pelakasanaan, yaitu ....
1)   man
2)   money
3)   market

32.   Beberapa azas yang digunakan dalam menyusun suatu perencanaan komunikasi adalah sebagai berikut ....
1)   objektivitas
2)   relevansi
3)   pembakuan

33.   Bentuk perencanaan yang berdasarkan pada waktu dibagi menjadi beberapa macam yaitu ....
1)   perencanaan jangka panjang
2)   perencanaan jangka pendek
3)   perencanaan sekali

34.   Beberapa contoh dari perencanaan sesekali atau on time plan adalah sebagai berikut ....
1)   perayaan tentang ulang tahun perusaha-an
2)   perencanaan kebijaksanaan pimpinan perusahaan
3)   pembuatan film dokumenter

35.   Menurut taksonomi Bloom, perubahan perilaku dalam diri komunikan dibagi ke dalam beberapa ranah, yaitu ....
1)   kognitif
2)   afektif
3)   psikomotor

36.   Suatu perencanaan komunikasi yang disusun berdasarkan atas segi tingkatannya terdiri dari tingkatan ....
1)   strategik
2)   taktik
3)   aksi

37.   Contoh perencanaan yang dapat dibuat pada tingkatan institusi adalah ....
1)   perencanaan kebijakan manajerial
2)   perencanaan strategik
3)   perencanaan tingkat nasional

38.   Berdasarkan tingkatan pembuatan kebijak-sanaan komunikasi, perencanaan komunikasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut ....
1)   International Policy - Making Level
2)   National Policy - Making Level
3)   Cross Ministerial Planning Level
39.   Beberapa jenis kondisi khalayak yang dike-lompokkan berdasarkan kepentingan mereka terhadap informasi yang diterimanya menurut Raudsepp adalah sebagai berikut ....
1)   gigih
2)   luwes atau kaku
3)   ingin tahu atau tidak

40.   Beberapa teknik kiat bahasa untuk mengatur pola-pola kalimat atau frase supaya lebih menarik, diantaranya adalah ....
1)   omisi
2)   inversi
3)   metafora

41.   Menurut Wayne N. Thompson, isi pesan untuk komunikasi persuasif harus memenuhi syarat-syarat berikut ini ....
1)   menarik perhatian
2)   menggunakan pesan berdasarkan data dan fakta
3)   menyentuh atau menggerakkan

42.   Beberapa persyaratan yang harus diperhati-kan untuk menyusun isi pesan komunikasi informatif seperti dikemukakan oleh Ehnigger, Monroe, dan Gronbeck yaitu sebagai berikut ....
1)   gagasan utama tidak boleh terlalu banyak
2)   gunakan istilah-istilah yang sederhana
3)   gunakan data yang konkret

43.   Beberapa faktor yang membedakan dari setiap kegiatan penganggaran untuk peren-canaan media adalah sebagai berikut ....
1)   orientasi kegiatan komunikasi
2)   ruang lingkup masalah
3)   jangkauan khalayak

44.   Beberapa bentuk diversi yang memotivasi seseorang menggunakan media massa adalah sebagai berikut ....
1)   stimulai
2)   relaksasi
3)   kognisi

45.   Beberapa jenis motif seseorang mengguna-kan media massa menurut Dominick adalah sebagai berikut motif ....
1)   kognisi
2)   diversi
3)   sosial

1 comment: