TUGAS MANDIRI
PERENCANAN PESAN DAN MEDIA
(SKOM4314)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 20, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Premis berupa hasil pekerjaan para karyawan
yang perlu diperhatikan dalam menyusun suatu perencanaan di mana setengah dari
kegiatannya dapat dikendalikan dan setengahnya tidak, dapat digolongkan ke
dalam premis yang bersifat ....
A. Non
Controllable
B. Semi
Controllable
C. Controllable
D. Accountable
2. Dalam menyusun suatu perencanaan, contoh
premis yang sepenuhnya dapat dikuasai atau dikendalikan adalah ....
A. perubahan moneter
B. kebijaksanaan pemerintah
C. kebijaksanaan-kebijaksanaan dan
prog-ram-program usaha yang ditentukan oleh organisasi yang bersangkutan
D. hasil pekerjaan para pekerja
3. Pengelolaan sasaran komunikasi yang mencakup
pernyataan-pernyataan tentang gagasan-gagasan yang memicu proses kreatif dan
berfikir dari komunikator disebut dengan sasaran ....
A. umum
B. aksi
C. komunikasi
D. khusus
4. Definisi perencanaan yang dikemukakan Harold
Kootz dan Cyril O. Donell sebagai berikut ....
A. suatu usaha untuk meletakkan arah dan tindakan
yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan tertentu
B. persiapan yang teratur dari setiap usaha yang
mewujudkan/mencapai tujuan atau tujuan-tujuan yang telah ditentukan
C. proses karya yang berkesinambungan sampai
pada tahap pelaksanaan
D. salah satu cara untuk mengatasi dan membatasi
suatu permasalahan
5. Teknik perencanaan yang banyak digunakan
dalam dunia perencanaan periklanan, adalah ....
A. Brainstorming
B. Management
by Objectives
C. The Top Down Method of Planning
D. Issue
Management
6. Teknik penugasan kepada sebuah atau beberapa task force yang dibentuk perusa-haan
berkenaan dengan timbulnya masalah-masalah internal maupun eksternal termasuk
ke dalam teknik perencanaan ....
A. Brainstorming
B. Management
by Objective
C. Issue
Management
D. The Top
Down Method of Planning
7. Teknik perencanaan, di mana sebuah usulan
perencanaan dibicarakan dalam suatu forum diskusi disebut dengan teknik ...
A. Issue
Management
B. The Top
Down Method of Planning
C. Brainstorming
D. Management
by Objective
8. Suatu perencanaan yang mempunyai tujuan
tunggal dan terbatas disebut dengan peren-canaan ....
A. strategis
B. kontinu
C. sekali
D. taktis
9. Evaluasi yang terutama ditujukan pada
pencapaian tujuan disebut dengan evaluasi ....
A. proses
B. hasil
C. dampak
D. akhir
10. Tahap pertama dalam suatu proses peren-canaan
komunikasi menurut Kelsey dan Hearne adalah sebagai berikut ....
A. pengorganisasian perencanaan
B. perumusan program
C. analisis situasi
D. identifikasi masalah
11. Evaluasi yang dilakukan segera setelah rangkaian kegiatan
pelaksanaan program selesai dilakukan, disebut dengan evaluasi ....
A. proses
B. hasil
C. dampak
D. efek
12. Menggayakan kalimat atau pesan dengan mengibaratkan atau
mengandaikan apa yang dimaksud dengan sifat-sifat atau karakteristik sesuatu
misalnya dengan binatang disebut dengan ....
A. metafora
B. tamsil
C. personifikasi
D. repetisi
13. Pengorganisasian pesan menurut format kausal adalah menyusun
gagasan dengan cara sebagai berikut ....
A. disusun berdasarkan ukuran masalah dan pemecahannya
B. disusun berdasarkan topik yang dibicara-kan
C. pesan dirangkai berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa
D. menyusun gagasan dengan cara mem-bahas faktor-faktor penyebab dari
suatu masalah dan mempertimbangkan akibat atau hasil berikutnya
14. Jika pesan yang akan disampaikan dirangkai berdasarkan urutan
waktu terjadinya peristiwa atau kejadian yang diterangkan, maka pesan
diorganisasikan menurut format ....
A. topikal
B. kausal
C. kronologis
D. spasial
15. Sistematika penyusunan pesan dari Monroe terkenal dengan urutan
termotif dengan akronim ....
A. AVANS
B. AANSV
C. ANSVA
D. ASNVA
16. Sistem penyusunan pesan menurut Raymond S. Ross adalah mencakup
urutan-urutan sebagai berikut ....
A. perhatian, kebutuhan, minat, tindakan
B. perhatian, minat, kebutuhan, tindakan, penegasan kembali
C. perhatian, kebutuhan, rencana, keberat-an, penegasan kembali,
tindakan
D. perhatian, minat, kebutuhan, tindakan
17. Teknik pengembangan pesan untuk mem-bangkitkan kebutuhan dengan
cara men-ceritakan beberapa contoh untuk menggam-barkan kebutuhan, disebut
dengan ....
A. pernyataan
B. ilustrasi
C. ramifikasi
D. penunjukkan
18. Metode dalam merencanakan anggaran media yang memberikan tekanan
pada pengalokasian anggaran untuk media sesudah dikurangi biaya-biaya yang
diguna-kan untuk riset dan kegiatan kreatif disebut dengan metode ....
A. marginal
B. tugas
C. tujuan
D. profit
19. Jika seseorang menggunakan media massa untuk melepaskan diri dari
berbagai tekanan-tekanan dan masalah yang dihadapinya, maka jenis motif yang
digunakannya adalah ....
A. stimulasi
B. relaksasi
C. pelepasan emosi
D. penarikan diri
20. Menurut Rogers dan Shoemaker, tahap sebelum seseorang memutuskan
menerima suatu inovasi di mana orang tersebut menerapkan ide atau menggunakan
produk dalam skala yang kecil untuk menentukan tingkat kegunaan bagi dirinya,
disebut dengan tahap ....
A. kesadaran
B. minat
C. evaluasi
D. percobaan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 21 SAMPAI
28, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
21. Perencanaan berfungsi sebagai penunjuk jalan (guide) bagi seluruh
anggota organisasi yang ikut serta dalam pelaksanaan perenca-naan tersebut,
sebab
perencanaan
merupakan pedoman yang dapat selalu dipegang oleh segenap anggota organisasi
yang bersangkutan.
22. Suatu perencanaan informasi/komunikasi harus disusun berdasarkan
asas keterpaduan,
sebab
perencanaan
komunikasi/informasi memadu-kan jenis dan sumber informasi dari segi disiplin
ilmu, lintas sektoral, dan fungsionali-sasi di lingkungan organisasi.
23. Cara menetapkan lamanya jangka waktu suatu perencanaan tidaklah
sama,
sebab
tidak
ada suatu standar yang baku untuk menetapkan jangka waktu suatu perencana-an.
24. Perencanaan komunikasi dalam tingkatan strategik merupakan
perencanaan yang ber-sifat makro dan dibuat untuk mencapai tujuan jangka
panjang,
sebab
perencanaan
dalam tingkatan strategik identik dengan program jangka panjang yang segala
sesuatunya masih berupa konsep-konsep umum yang abstrak.
25. Perencanaan model Pesson menyatakan bahwa proses evaluasi tidak
merupakan tahapan yang tersendiri melainkan merupa-kan bagian integral dari
keseluruhan proses,
sebab
menurut
model Possen, evaluasi dari suatu program dilakukan pada akhir dan pada setiap
tahap pelaksanaan program.
26. Membagi metode dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dalam
rangka meng-analisis khalayak sasaran,
sebab
setiap
metode yang digunakan akan membe-rikan berbagai hasil yang berbeda dan dapat
digunakan tergantung pada kondisi atau keadaan di mana suatu program akan
dilak-sanakan.
27. Berdasarkan sistematika dari Monroe, proses komunikasi harus
dimulai dengan upaya untuk membangkitkan perhatian khalayak,
sebab
setelah
komunikator dapat membangkitkan perhatian khalayak, tahap selanjutnya adalah
mengarahkan pada pembangkitan rasa kebutuhan khalayak terhadap gagasan yang
disampaikan.
28. Dalam merencanakan isi pesan harus dipertimbangkan kondisi dari
khalayak yang menjadi sasaran,
sebab
isi
pesan yang sama mungkin harus berbeda struktur penyampaian jika ingin
disampaikan pada sasaran yang berbeda.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
29. Dalam menyusun suatu perencanaan, premis yang bersifat Non
Controllable diantaranya adalah ....
1) perubahan moneter
2) suasana politik
3) hasil pekerjaan para pekerja dari organi-sasi yang bersangkutan
30. Kredibilitas yang dimiliki komunikator dilihat dari unsur-unsur
berikut ini ....
1) expertise
2) performance
3) trustworthiness
31. Dalam tahap perencanaan termasuk peren-canaan komunikasi, perlu
disusun faktor-faktor yang akan diperlukan dalam tahap pelakasanaan, yaitu ....
1) man
2) money
3) market
32. Beberapa azas yang digunakan dalam menyusun suatu perencanaan
komunikasi adalah sebagai berikut ....
1) objektivitas
2) relevansi
3) pembakuan
33. Bentuk perencanaan yang berdasarkan pada waktu dibagi menjadi
beberapa macam yaitu ....
1) perencanaan jangka panjang
2) perencanaan jangka pendek
3) perencanaan sekali
34. Beberapa contoh dari perencanaan sesekali atau on time plan adalah sebagai berikut ....
1) perayaan tentang ulang tahun perusaha-an
2) perencanaan kebijaksanaan pimpinan perusahaan
3) pembuatan film dokumenter
35. Menurut taksonomi Bloom, perubahan perilaku dalam diri komunikan
dibagi ke dalam beberapa ranah, yaitu ....
1) kognitif
2) afektif
3) psikomotor
36. Suatu perencanaan komunikasi yang disusun berdasarkan atas segi
tingkatannya terdiri dari tingkatan ....
1) strategik
2) taktik
3) aksi
37. Contoh perencanaan yang dapat dibuat pada tingkatan institusi
adalah ....
1) perencanaan kebijakan manajerial
2) perencanaan strategik
3) perencanaan tingkat nasional
38. Berdasarkan tingkatan pembuatan kebijak-sanaan komunikasi,
perencanaan komunikasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut ....
1) International Policy -
Making Level
2) National Policy - Making
Level
3) Cross Ministerial Planning
Level
39. Beberapa jenis kondisi khalayak yang dike-lompokkan berdasarkan
kepentingan mereka terhadap informasi yang diterimanya menurut Raudsepp adalah
sebagai berikut ....
1) gigih
2) luwes atau kaku
3) ingin tahu atau tidak
40. Beberapa teknik kiat bahasa untuk mengatur pola-pola kalimat atau
frase supaya lebih menarik, diantaranya adalah ....
1) omisi
2) inversi
3) metafora
41. Menurut Wayne N. Thompson, isi pesan untuk komunikasi persuasif
harus memenuhi syarat-syarat berikut ini ....
1) menarik perhatian
2) menggunakan pesan berdasarkan data dan fakta
3) menyentuh atau menggerakkan
42. Beberapa persyaratan yang harus diperhati-kan untuk menyusun isi
pesan komunikasi informatif seperti dikemukakan oleh Ehnigger, Monroe, dan
Gronbeck yaitu sebagai berikut ....
1) gagasan utama tidak boleh terlalu banyak
2) gunakan istilah-istilah yang sederhana
3) gunakan data yang konkret
43. Beberapa faktor yang membedakan dari setiap kegiatan penganggaran
untuk peren-canaan media adalah sebagai berikut ....
1) orientasi kegiatan komunikasi
2) ruang lingkup masalah
3) jangkauan khalayak
44. Beberapa bentuk diversi yang memotivasi seseorang menggunakan
media massa adalah sebagai berikut ....
1) stimulai
2) relaksasi
3) kognisi
45. Beberapa jenis motif seseorang mengguna-kan media massa menurut
Dominick adalah sebagai berikut motif ....
1) kognisi
2) diversi
3) sosial
Min, ada kunci jawabannya gak?
ReplyDelete