TUGAS MANDIRI
KOMUNIKASI MASSA
(SKOM4315)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 21, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Analisis kontrol dalam formula Lasswell
diperlukan untuk membahas masalah yang berkaitan dengan komponen ....
A. to whom
B. in
which channel
C. say
what
D. who
2. Dalam formula Lasswell, analisis proses
komunikasi massa yang merupakan sub division dari riset lapangan adalah
analisis ....
A. pesan
B. kontrol
C. audience
D. efek
3. Definisi komunikasi massa yang menekankan
pada sifat dan ciri komunikasi yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat
dari peng-gunaan media massa, dikemukakan oleh ....
A. Wright
B. Saverin
C. Meletzke
D. Freidson
4. Metode untuk mengukur kepemimpinan pemuka
pendapat dengan cara mengajukan rangkaian pertanyaan kepada setiap respon-den
untuk menentukan dalam tingkat mana ia menganggap dirinya sebagai pemimpin
dalam masyarakat, disebut dengan ....
A. Sociemetric
Method
B. Informant’s
Rating
C. Self
Designating Method
D. Survey
5. Salah satu keuntungan yang diperoleh dalam
mempelajari model komunikasi, yaitu ....
A. model membantu menjelaskan sesuatu dengan
menyajikan informasi secara sederhana
B. model dapat membantu membuat peren-canaan
program
C. model dapat menjelaskan pengertian komunikasi
D. model dapat menjelaskan sistem tekno-logi
komunikasi
6. Jika seseorang mempunyai pengalaman yang menyenangkan
ketika dia berobat ke dokter A karena obat yang diberikannya ternyata manjur
untuk menyembuhkan penyakitnya. Kemudian dia menyebarkan informasi ini kepada
orang lain, maka penelitian untuk menentukan pemuka pendapat tersebut disebut
dengan ....
A. revore
study
B. decatur
study
C. drug
study
D. sociometric
study
7. Jika seorang peneliti mengukur kepemim-pinan
seorang pemuka pendapat dengan cara menanyakan langsung pada anggota
masya-rakat tentang kepada siapa mereka mencari informasi tentang
masalah-masalah kemasya-rakatan, maka metode yang digunakan adalah ....
A. Informant’s
Rating
B. Sociometric
Method
C. Self
Designating Method
D. survey
Method
8. Menurut Elihu Katz, model yang menganggap
media massa sangat ampuh dan mampu memasukkan ide pada benak komunikan yang
tidak berdaya adalah model komunikasi ....
A. satu tahap
B. dua tahap
C. banyak tahap
D. jarum hipodermik
9. Rubrik surat pembaca dan surat kepada redaksi
pada surat kabar dan media cetak sejenis merupakan contoh dari feedback yang
bersifat ....
A. internal
B. external
C. langsung
D. tertunda
10. Jenis umpan balik yang datang kepada
komunikator yang dihimpun terlebih dahulu sehingga tidak segera merubah pesan
berikutnya disebut dengan ....
A. representative feedback
B. cumulative feedback
C. external feedback
D. internal feedback
11. Jenis umpan balik yang terjadi jika seorang pembawa acara di
sebuah acara televisi salah mengucapkan kata dan ia segera minta maaf dan
memperbaiki kesalahannya tersebut, disebut ....
A. internal feedback
B. external feedback
C. representative feedback
D. cumulative feedback
12. Yang dimaksud dengan quantitative
feedback adalah ....
A. umpan balik yang datang dari pesan itu sendiri
B. umpan balik yang diterima dan diukur dari jumlahnya
C. umpan balik yang terlembagakan
D. umpan balik yang bersifat tertunda
13. Hambatan dalam komunikasi massa yang terjadi jika komunikan
memusatkan perhatian pada kelompok orang, benda atau kejadian dan tidak mampu
melihat sesuatu sebagai suatu yang unik dan khas, disebut ....
A. orientasi intensional
B. polarisasi
C. evaluasi statis
D. indiskriminasi
14. Hambatan dalam proses komunikasi berupa kecenderungan untuk
melihat dunia dalam bentuk lawan kata dan menyampaikannya dalam bentuk ekstrim
disebut dengan ....
A. evaluasi statis
B. polarisasi
C. orientasi intensional
D. indiskriminasi
15. Apabila kita melihat presenter A disalah satu acara TV dan
menilainya sebagai presenter yang tidak baik dalam membawakan acara tersebut
dalam jangka waktu yang lama, maka hambatan dalam proses komunikasi tersebut
disebut dengan ....
A. polarisasi
B. orientasi intensional
C. evaluasi statis
D. indiskriminasi
16. Pengalaman seseorang tentang objek, peris-tiwa atau
hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan
pesan, disebut dengan ....
A. prasangka
B. persepsi
C. stereotip
D. motivasi
17. Fungsi komunikasi massa yang terjadi jika seseorang cenderung
untuk menarik diri dari kelompok sosial dan mengucilkan diri ke dalam dunianya
sendiri disebut dengan fungsi ....
A. persuasi
B. privatisasi
C. membius
D. menciptakan rasa kebersamaan
18. Berita tentang skandal watergate di AS yang dipublikasikan media
massa yang akhirnya berakibat jatuhnya presiden Nixon merupakan contoh fungsi
persuasi dari media massa yang berupa ....
A. mengukuhkan atau memperkuat sikap seseorang
B. menawarkan etika/sistem nilai tertentu
C. mengubah sikap atau nilai seseorang
D. menggerakkan seseorang untuk mela-kukan sesuatu
19. Kompas, Suara Pembaharuan, Media In-donesia adalah contoh surat
kabar yang mempunyai lingkup ....
A. internasional
B. nasional
C. regional
D. lokal
20. Fungsi yang paling menonjol pada surat kabar adalah ....
A. edukasi
B. memberi hiburan
C. informasi
D. persuasif
21. Berita-berita yang disajikan dalam majalah lebih lengkap, karena
unsur yang ditekankan lebih pada unsur ....
A. what dan when
B. what dan where
C. why dan how
D. what, why dan how
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 22 SAMPAI
28, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
22. Komunikasi massa bersifat terbuka,
sebab
komunikasi
massa itu ditujukan untuk semua orang dan tidak ditujukan untuk sekelompok
orang tertentu.
23. Faktor kepercayaan kepada komunikator ditentukan oleh keahliannya
dan bisa tidaknya ia dipercaya,
sebab
tingkat
kepercayaan yang besar kepada komunikator akan meningkatkan daya peru-bahan
sikap pada komunikan.
24. Salah satu faktor yang menimbulkan ke-percayaan komunikan kepada
komunikator adalah keahlian dari komunikator,
sebab
komunikator
yang dianggap sebagai seorang ahli dalam suatu bidang maka kemungkinan akan
mempunyai daya pengaruh yang lebih besar terhadap perubahan sikap khalayak.
25. Dalam kegiatan komunikasi, prasangka meru-pakan hambatan bagi
tercapainya suatu tujuan dari komunikasi,
sebab
komunikan
yang mempunyai prasangka sebe-lum pesan disampaikan sudah bersikap curiga dan
menentang komunikator.
26. Media massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayak,
sebab
melalui
drama, cerita, diskusi dan artikel, me-dia mengajarkan nilai-nilai, opini serta
aturan-aturan yang dianggap benar kepada pemirsa atau pembaca.
27. Sifat periodesitas sangat penting dimiliki media massa,
sebab
kebutuhan
manusia akan informasi adalah sama halnya dengan kebutuhan akan makan, minum
dan pakaian.
28. Proses komunikasi membantu manusia untuk menyesuaikan diri ke
dalam lingkungan dima-na manusia itu berada,
sebab
melalui
proses komunikasi, setiap manusia berusaha untuk menyesuaikan diri dengan
dunianya dan agar tetap mampu bertahan.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
29. Sebagai suatu seni, komunikasi massa meli-puti kegiatan-kegiatan
berikut ini ....
1) menulis skrip untuk program televisi
2) menampilkan teras berita yang memikat bagi sebuah kisah berita
3) mengembangkan tata letak yang estetis untuk iklan majalah
30. Beberapa ciri dari komunikasi massa adalah sebagai berikut ....
1) komunikatornya terlembagakan
2) khalayak bersifat anonim dan homogen
3) pesan bersifat umum
31. Beberapa persyaratan utama yang harus dimiliki oleh opinion leader
adalah sebagai berikut ....
1) memiliki media exposure yang tinggi
2) memiliki pendidikan yang tinggi
3) memiliki kemampuan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang tepat
32. Beberapa variabel yang dikemukakan Bittner yang mempengaruhi
penyaringan pesan oleh Gate keepers
adalah ....
1) ekonomi 2) pembatasan
legal
3) batas waktu
33. Hambatan komunikasi massa yang termasuk dalam hambatan psikologis,
adalah ....
1) interest
2) empati
3) prejudice
34. Faktor personal atau fungsional yang mempe-ngaruhi persepsi
seseorang akan sesuatu, diantaranya adalah ....
1) kebutuhan
2) pengalaman masa lalu
3) peran dan status
35. Fungsi mempengaruhi dari media massa da-pat dilihat pada artikel
sebagai berikut ....
1) tajuk/editorial
2) features
3) iklan-iklan
36. Fungsi persuasi dari komunikasi massa dapat berbentuk ....
1) mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan nilai seseorang
2) mengubah sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
3) menciptakan rasa kebersamaan
37. Pesan-pesan yang sifatnya menghibur pada media elektronik lebih
tepat disajikan dalam acara-acara sebagai berikut ....
1) acara musik
2) film atau lawak komedi
3) siaran berita
38. Menurut Frank Luther Mott, Yellow
journalism adalah suatu pemberitaan yang didasarkan pada hal-hal berikut
....
1) sensasi
2) berita kriminal
3) skandal
39. Beberapa ciri dari surat kabar yang disebut Yellow paper adalah ....
1) headline ditulis secara besar-besar dan tebal
2) harganya relatif murah
3) berita-beritanya bersifat sensasi
40. Karakteristik universalitas dari surat kabar menunjuk pada hal-hal
berikut ....
1) pesan bersifat homogen
2) kesemestaan isinya
3) pesannya aneka ragam
41. Beberapa karakteristik dari surat kabar adalah sebagai berikut
....
1) publisitas
2) periodesitas
3) homogenitas
42. Beberapa fungsi utama surat kabar, dianta-ranya adalah fungsi ....
1) informasi
2) edukasi
3) persuasif
43. Beberapa jenis majalah pada masa Orde Baru dapat dikategorisasikan,
diantaranya majalah ....
1) berita
2) keluarga
3) wanita
44. Beberapa majalah yang terbit pada awal Orde Baru, diantaranya
adalah ....
1) Selecta
2) Star Weeking
3) Horison
45. Yang termasuk ke dalam kelompok surat kabar regional adalah ....
1) Kompas
2) Pikiran Rakyat
3) Jawa Pos
No comments:
Post a Comment