Cloud Hosting Indonesia

01 June, 2014

Soal Komunikasi Massa



TUGAS MANDIRI
KOMUNIKASI MASSA
(SKOM4315)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 21,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Analisis kontrol dalam formula Lasswell diperlukan untuk membahas masalah yang berkaitan dengan komponen ....        
A.   to whom
B.   in which channel
C.   say what
D.   who

2.   Dalam formula Lasswell, analisis proses komunikasi massa yang merupakan sub division dari riset lapangan adalah analisis ....
A.   pesan
B.   kontrol
C.   audience
D.   efek
     
3.   Definisi komunikasi massa yang menekankan pada sifat dan ciri komunikasi yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari peng-gunaan media massa, dikemukakan oleh ....
A.   Wright
B.   Saverin
C.   Meletzke
D.   Freidson

4.   Metode untuk mengukur kepemimpinan pemuka pendapat dengan cara mengajukan rangkaian pertanyaan kepada setiap respon-den untuk menentukan dalam tingkat mana ia menganggap dirinya sebagai pemimpin dalam masyarakat, disebut dengan ....
A.   Sociemetric Method
B.   Informant’s Rating
C.   Self Designating Method
D.   Survey

5.   Salah satu keuntungan yang diperoleh dalam mempelajari model komunikasi, yaitu ....
A.   model membantu menjelaskan sesuatu dengan menyajikan informasi secara sederhana
B.   model dapat membantu membuat peren-canaan program
C.   model dapat menjelaskan pengertian komunikasi
D.   model dapat menjelaskan sistem tekno-logi komunikasi
6.   Jika seseorang mempunyai pengalaman yang menyenangkan ketika dia berobat ke dokter A karena obat yang diberikannya ternyata manjur untuk menyembuhkan penyakitnya. Kemudian dia menyebarkan informasi ini kepada orang lain, maka penelitian untuk menentukan pemuka pendapat tersebut disebut dengan ....
A.   revore study
B.   decatur study  
C.   drug study
D.   sociometric study

7.   Jika seorang peneliti mengukur kepemim-pinan seorang pemuka pendapat dengan cara menanyakan langsung pada anggota masya-rakat tentang kepada siapa mereka mencari informasi tentang masalah-masalah kemasya-rakatan, maka metode yang digunakan adalah ....
A.   Informant’s Rating
B.   Sociometric Method
C.   Self Designating Method
D.   survey Method

8.   Menurut Elihu Katz, model yang menganggap media massa sangat ampuh dan mampu memasukkan ide pada benak komunikan yang tidak berdaya adalah model komunikasi ....
A.   satu tahap
B.   dua tahap
C.   banyak tahap
D.   jarum hipodermik

9.   Rubrik surat pembaca dan surat kepada redaksi pada surat kabar dan media cetak sejenis merupakan contoh dari feedback yang bersifat ....
A.   internal
B.   external
C.   langsung
D.   tertunda

10.   Jenis umpan balik yang datang kepada komunikator yang dihimpun terlebih dahulu sehingga tidak segera merubah pesan berikutnya disebut dengan ....
A.   representative feedback
B.   cumulative feedback
C.   external feedback
D.   internal feedback
11.   Jenis umpan balik yang terjadi jika seorang pembawa acara di sebuah acara televisi salah mengucapkan kata dan ia segera minta maaf dan memperbaiki kesalahannya tersebut, disebut ....
A.   internal feedback
B.   external feedback
C.   representative feedback
D.   cumulative feedback

12.   Yang dimaksud dengan quantitative feedback adalah ....
A.   umpan balik yang datang dari pesan itu sendiri
B.   umpan balik yang diterima dan diukur dari jumlahnya
C.   umpan balik yang terlembagakan
D.   umpan balik yang bersifat tertunda

13.   Hambatan dalam komunikasi massa yang terjadi jika komunikan memusatkan perhatian pada kelompok orang, benda atau kejadian dan tidak mampu melihat sesuatu sebagai suatu yang unik dan khas, disebut ....
A.   orientasi intensional
B.   polarisasi
C.   evaluasi statis
D.   indiskriminasi

14.   Hambatan dalam proses komunikasi berupa kecenderungan untuk melihat dunia dalam bentuk lawan kata dan menyampaikannya dalam bentuk ekstrim disebut dengan ....
A.   evaluasi statis
B.   polarisasi
C.   orientasi intensional
D.   indiskriminasi

15.   Apabila kita melihat presenter A disalah satu acara TV dan menilainya sebagai presenter yang tidak baik dalam membawakan acara tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka hambatan dalam proses komunikasi tersebut disebut dengan ....
A.   polarisasi
B.   orientasi intensional
C.   evaluasi statis
D.   indiskriminasi

16.   Pengalaman seseorang tentang objek, peris-tiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan, disebut dengan ....

A.   prasangka
B.   persepsi
C.   stereotip
D.   motivasi

17.   Fungsi komunikasi massa yang terjadi jika seseorang cenderung untuk menarik diri dari kelompok sosial dan mengucilkan diri ke dalam dunianya sendiri disebut dengan fungsi ....
A.   persuasi
B.   privatisasi
C.   membius
D.   menciptakan rasa kebersamaan

18.   Berita tentang skandal watergate di AS yang dipublikasikan media massa yang akhirnya berakibat jatuhnya presiden Nixon merupakan contoh fungsi persuasi dari media massa yang berupa ....
A.   mengukuhkan atau memperkuat sikap seseorang
B.   menawarkan etika/sistem nilai tertentu
C.   mengubah sikap atau nilai seseorang
D.   menggerakkan seseorang untuk mela-kukan sesuatu

19.   Kompas, Suara Pembaharuan, Media In-donesia adalah contoh surat kabar yang mempunyai lingkup ....
A.   internasional
B.   nasional
C.   regional
D.   lokal

20.   Fungsi yang paling menonjol pada surat kabar adalah ....
A.   edukasi
B.   memberi hiburan
C.   informasi
D.   persuasif

21.   Berita-berita yang disajikan dalam majalah lebih lengkap, karena unsur yang ditekankan lebih pada unsur ....
A.   what dan when
B.   what dan where
C.   why dan how
D.   what, why dan how

PETUNJUK:        UNTUK SOAL NOMOR 22  SAMPAI   28,  PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

22.   Komunikasi massa bersifat terbuka,
sebab                       
komunikasi massa itu ditujukan untuk semua orang dan tidak ditujukan untuk sekelompok orang tertentu.

23.   Faktor kepercayaan kepada komunikator ditentukan oleh keahliannya dan bisa tidaknya ia dipercaya,
sebab                       
tingkat kepercayaan yang besar kepada komunikator akan meningkatkan daya peru-bahan sikap pada komunikan.

24.   Salah satu faktor yang menimbulkan ke-percayaan komunikan kepada komunikator adalah keahlian dari komunikator,
sebab                       
komunikator yang dianggap sebagai seorang ahli dalam suatu bidang maka kemungkinan akan mempunyai daya pengaruh yang lebih besar terhadap perubahan sikap khalayak.

25.   Dalam kegiatan komunikasi, prasangka meru-pakan hambatan bagi tercapainya suatu tujuan dari komunikasi,
sebab                       
komunikan yang mempunyai prasangka sebe-lum pesan disampaikan sudah bersikap curiga dan menentang komunikator.

26.   Media massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayak,
sebab                       
melalui drama, cerita, diskusi dan artikel, me-dia mengajarkan nilai-nilai, opini serta aturan-aturan yang dianggap benar kepada pemirsa atau pembaca.

27.   Sifat periodesitas sangat penting dimiliki media massa,
sebab                       
kebutuhan manusia akan informasi adalah sama halnya dengan kebutuhan akan makan, minum dan pakaian.

28.   Proses komunikasi membantu manusia untuk menyesuaikan diri ke dalam lingkungan dima-na manusia itu berada,
sebab                       
melalui proses komunikasi, setiap manusia berusaha untuk menyesuaikan diri dengan dunianya dan agar tetap mampu bertahan.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   29   SAMPAI   45,  PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
29.   Sebagai suatu seni, komunikasi massa meli-puti kegiatan-kegiatan berikut ini ....
1)   menulis skrip untuk program televisi
2)   menampilkan teras berita yang memikat bagi sebuah kisah berita
3)   mengembangkan tata letak yang estetis untuk iklan majalah

30.   Beberapa ciri dari komunikasi massa adalah sebagai berikut ....
1)   komunikatornya terlembagakan
2)   khalayak bersifat anonim dan homogen
3)   pesan bersifat umum

31.   Beberapa persyaratan utama yang harus dimiliki oleh opinion leader adalah sebagai berikut ....
1)   memiliki media exposure yang tinggi
2)   memiliki pendidikan yang tinggi
3)   memiliki kemampuan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang tepat

32.   Beberapa variabel yang dikemukakan Bittner yang mempengaruhi penyaringan pesan oleh Gate keepers adalah ....
1)   ekonomi                                                2)           pembatasan legal
3)   batas waktu

33.   Hambatan komunikasi massa yang termasuk dalam hambatan psikologis, adalah ....
1)   interest
2)   empati
3)   prejudice

34.   Faktor personal atau fungsional yang mempe-ngaruhi persepsi seseorang akan sesuatu, diantaranya adalah ....
1)   kebutuhan
2)   pengalaman masa lalu
3)   peran dan status

35.   Fungsi mempengaruhi dari media massa da-pat dilihat pada artikel sebagai berikut ....
1)   tajuk/editorial
2)   features
3)   iklan-iklan

36.   Fungsi persuasi dari komunikasi massa dapat berbentuk ....
1)   mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan nilai seseorang
2)   mengubah sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
3)   menciptakan rasa kebersamaan

37.   Pesan-pesan yang sifatnya menghibur pada media elektronik lebih tepat disajikan dalam acara-acara sebagai berikut ....
1)   acara musik
2)   film atau lawak komedi
3)   siaran berita

38.   Menurut Frank Luther Mott, Yellow journalism adalah suatu pemberitaan yang didasarkan pada hal-hal berikut ....
1)   sensasi
2)   berita kriminal
3)   skandal

39.   Beberapa ciri dari surat kabar yang disebut Yellow paper  adalah ....
1)   headline ditulis secara besar-besar dan tebal
2)   harganya relatif murah
3)   berita-beritanya bersifat sensasi

40.   Karakteristik universalitas dari surat kabar menunjuk pada hal-hal berikut ....
1)   pesan bersifat homogen
2)   kesemestaan isinya
3)   pesannya aneka ragam

41.   Beberapa karakteristik dari surat kabar adalah sebagai berikut ....
1)   publisitas
2)   periodesitas
3)   homogenitas


42.   Beberapa fungsi utama surat kabar, dianta-ranya adalah fungsi ....
1)   informasi
2)   edukasi
3)   persuasif

43.   Beberapa jenis majalah pada masa Orde Baru dapat dikategorisasikan, diantaranya majalah ....
1)   berita
2)   keluarga
3)   wanita

44.   Beberapa majalah yang terbit pada awal Orde Baru, diantaranya adalah ....
1)   Selecta
2)   Star Weeking
3)   Horison

45.   Yang termasuk ke dalam kelompok surat kabar regional adalah ....
1)   Kompas
2)   Pikiran Rakyat
3)   Jawa Pos

No comments:

Post a Comment