Cloud Hosting Indonesia

23 May, 2014

Soal Research In English Language Teaching



TUGAS MANDIRI
RESEARCH IN ENGLISH
LANGUAGE TEACHING
(PRIS4441)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI DENGAN 40, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Seorang guru yang berpaham behaviorism mempunyai ciri ....   
A.   memberikan drill sebanyak mungkin pada siswanya
B.   memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar berkelompok
C.   memperhatikan lingkungan belajar siswa
D.   memperhatikan hasil belajar siswa

2.   Judul penelitian berikut yang termasuk penelitian cognitivism adalah .... 
A.   The One to One Principle of Interlanguage Construction
B.   The Effect of Syntax on Readability for ESL Students in Puerto Rico
C.   Problems in measuring L2 Learning Strategies
D.   Anxiety in Academic Achievement Situation
     
3.   Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar Bahasa Inggris, kecuali ....
A.   Teacher talk
B.   Learner behavior
C.   Learning from instruction
D.   Student talk

4.   Yang dimaksud dengan language acquisition ialah ....
A.   proses belajar L2 berbeda dengan L1
B.   proses belajar L2 sama dengan L1
C.   belajar L2 harus mengesuai struktur bahasa L2 dahulu
D.   belajar L2 tidak boleh melakukan kesalahan

5.   Situasi pembelajaran dikelas berikut ini yang menekankan pada language Acquistion adalah ....
A.   guru meminta dua orang siswa ke depan untuk mempraktekkan conversation yang sudah dihapalkan sebelumnya
B.   guru memberikan koreksi langsung kepada siswa yang sedang menggunakan Bahasa Inggris dalam bercakap-cakap
C.   guru memberikan topik percakapan dan kemudian siswa mempraktekkannya secara bebas
D.   guru memberikan topik percakapan dan mengontrol siswa apakah yang dipercakapkannya itu benar

6.   Faktor afektif yang harus diperhatikan guru dalam mengajar Bahasa Inggris agar siswa dapat belajar dengan baik adalah ....
A.   siswa yang duduk dengan baik di tempatnya masing-masing
B.   persiapan mengajar yang tersusun dengan baik
C.   situasi kelas yang menyenangkan
D.   situasi kelas yang formal dan terkendali

7.   Menurut Malamah teknik elisitasi adalah teknik pengumpulan data yang ....
A.   dipakai dalam penelitian linguistic terapan
B.   didesain untuk menghasilkan respon verbal dari siswa
C.   menggunakan prosedur yang tepat
D.   menggunakan production task

8.   Berikut adalah bentuk-bentuk stimulus dalam production task, kecuali ....
A.   dialog
B.   gambar
C.   diagram
D.   tes standar

9.   Seorang guru memperlihatkan gambar pada seorang siswa kemudian terjadi dialog sebagai berikut:

      Teacher:    What are these people        doing?
                       What are they doing?
      Subject :    Listening music, have toast,            and cup of tea. Er ... the girls      are drinking coffee
      Teacher:    Yeah, right

      Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa production task yang ingin dicapai adalah penggunaan ....
A.   present continuous tense
B.   personal pronouns
C.   simple statements
D.   simple present tense

10.   Berikut adalah topik penelitian yang menggunakan survey, kecuali ....
A.   persepsi guru terhadap cooperative learning
B.   pendapat guru tentang integrated curriculum
C.   mengukur penguasaan bahasa lisan siswa
D.   penggunaan buku teks di kelas

11.   Survey sampel dan survey populasi berbeda dalam hal kemungkinan ....
A.   kedalaman hasil penelitian
B.   generalisasi hasil penelitian
C.   generalisasi proses penelitian
D.   ketelitian proses penelitian

12.   Memilih sampel dengan purposive artinya ....
A.   memilih sampel dari tiap kelompok sehingga setiap kelompok terwakili
B.   sampel yang dipilih berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu
C.   memilih sampel dari tempat yang berbeda berdasarkan daerah tempat tinggal
D.   sampel yang dipilih diambil secara acak dari tiap kelompok atau kelas

13.   Seorang peneliti membagi kelompok sampel berdasarkan prestasi yang tinggi, prestasi rata-rata, dan prestasi rendah para siswa dari setiap kelas yang ditelitinya. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah ....
A.   convenience
B.   pembagian bertingkat
C.   pengelompokan/golongan
D.   purposive

14.   Dari pertanyaan berikut ini, manakah yang merupakan pertanyaan yang cocok untuk kuesioner tertutup ....
A.   How do you study English at home?
B.   What do you think about direct method?
C.   How many hours do you study English at home a week?
D.   What do you do to improve your reading?

15.   Put a check mark (Ö) to one of the boxes to show your reaction to the following statement “I like to learn through interacting with native speakers.”
        ž    Strongly agree
        ž    Agree
        ž    Neutral
        ž    Disagree
        ž    Strongly disagree
        Bentuk pertanyaan kuesioner di atas termasuk bentuk ....
A.   skala
B.   daftar/list
C.   kategori
D.   ranking

16.   Fraenkel & Wallen membagi interview menjadi empat jenis yaitu ....
A.   structured, unstructured, semi-structured, dan retrospective
B.   structured, semi-structured, informal, dan retrospective
C.   structured, unstructured, informal, dan retrospective
D.   unstructured,     semi-structured, informal, dan retrospective

17.   Ibu Yanti ingin meneliti bagaimana penguasaan lisan Bahasa Inggris siswanya yang telah diajar selama lebih dari satu tahun. Ia ingin menggunakan teknik interview untuk penelitiannya. Pertanyaan penelitian manakah berikut ini yang tepat digunakan untuk penelitian yang dilakukan oleh Ibu Yanti? ....
A.   Bagaimana siswa berbicara dalam Bahasa Inggris?
B.   Bagaimana pendapat siswa tentang Bahasa Inggris?
C.   Sejauh mana siswa mampu menjawab pertanyaan?
D.   Sejauh manakah penguasaan bahasa lisan siswa?

18.   “What benefit do you get from joining this school?”
               Pertanyaan di atas merupakan bentuk pertanyaan ....
A.   behavior/experience question
B.   knowledge question
C.   opinion/value question
D.   feeling question

19.   Pak Darma ingin meneliti pengaruh teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris siswanya. Oleh karena itu ia menerapkan teknik tersebut dalam pembelajaran di kelasnya dan melihat hasilnya dengan memberikan tes pada siswa pada akhir pembelajaran. Termasuk jenis rancangan penelitian kelas yang manakah yang digunakan oleh Pak Darma?....
A.   experiment
B.   observation
C.   stimulated recall
D.   analisis interaksi

20.   “The Effect of Playing Play Station on Vocabulary Mastery of the First Year Students of SLTP X”
        Dari judul penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa playing play station adalah variabel ....
A.   independent
B.   dependent
C.   intervening
D.   moderator

21.   Berikut yang termasuk penelitian eksperimen adalah penelitian tentang ....
A.   survey implementasi suatu metode
B.   hubungan antara dua metode
C.   pengujian efektifitas suatu metode
D.   pengembangan sebuah metode baru

22.   Urutan langkah penelitian eksperimen yang benar adalah ....
A.   merumuskan masalah setelah merumuskan hipotesis
B.   merumuskan hipotesis setelah merumuskan masalah
C.   melakukan kajian pustaka sebelum merumuskan hipotesis
D.   mengajukan hipotesis setelah membuat instrument

23.   Setelah membaca referensi tentang penggunaan skema untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, Pak Danny mencoba teknik tersebut dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 2 SMU. Pertama-tama dia mengajarkan kepada siswanya bagaimana mengarang dengan menggunakan skema. Setelah diajarkan dalam beberapa kali pertemuan kemudian Pak Danny memberikan tes mengarang dengan menggunakan skema. Setelah tes Pak Danny menyimpulkan bahwa penggunaan skema dapat meningkatkan kemampuan mengarang. Desain penelitian eksperimen yang manakah yang digunakan oleh Pak Danny dalam melakukan penelitiannya? ....
A.   rancangan eksperimen yang sebenarnya
B.   rancangan studi kasus bentuk tunggal
C.   rancangan yang hanya postes pada kelompok ekuivalen
D.   rancangan perbandingan kelompok static
24.   Berikut adalah ciri-ciri stimulated recall, kecuali ....
A.   recall support
B.   instruction
C.   akurasi recall
D.   recall procedure

25.   Pengumpulan data pada stimulated recall dilakukan peneliti dengan cara ....
A.   merekam proses pembelajaran
B.   mengobservasi proses pembelajaran
C.   mengomentari proses pembelajaran
D.   melaporkan proses pembelajaran

26.   Stimulated recall dilakukan untuk ....
A.   mencatat hal-hal penting yang dilakukan responden
B.   mengobservasi kegiatan belajar responden
C.   melihat tingkah laku responden
D.   mengetahui strategi dan proses berfikir responden

27.   Stimulated recall dapat digunakan dalam penelitian dengan permasalahan ....
A.   metode apakah yang paling tepat untuk mengajarkan simple past tense
B.   bagaimana siswa menggunakan vocabulary secara tepat dalam kalimat
C.   seberapa banyak wacana yang dapat dibaca siswa dalam satu hari
D.   bagaimana siswa belajar dalam cooperative learning

28.   Bu Yani ingin mengetahui cara guru mengajukan pertanyaan pada siswa dalam pembelajaran reading. Untuk itu, Bu Yani melakukan penelitian dengan teknik stimulated recall. Dia merekam dengan video kegiatan pembelajaran tersebut. Setelah itu, Bu Yani memberikan hasil rekaman pada guru tersebut untuk dilihat kembali dan dikomentari sesuai pertanyaan yang diberikan oleh Bu Yani. Bu Yani memberikan waktu lima hari pada guru tersebut untuk melakukan recall yang diminta dan akan datang mengambilnya.
        Dari uraian di atas, recall apakah yang dilakukan Bu Yani ....
A.   Nonreason recall
B.   consecutive recall
C.   delayed recall
D.   nonrecent recall

29.   Kelemahan studi kasus adalah ....
A.   yang diteliti hanya satu variabel
B.   banyak variabel yang diteliti
C.   peneliti tidak dapat melakukan generalisasi
D.   peneliti tidak dapat melakukan manipulasi

30.   Penelitian berikut yang dapat dilakukan dengan studi kasus adalah ....
A.   Bagaimana communicative approach dilaksanakan di SLTP di DKI Jakarta?
B.   Bagaimana siswa kelas 5 SD X belajar vocabulary dengan menggunakan realia?
C.   Sejauhmanakah kemampuan mem-baca Bahasa Inggris siswa SMU di daerah terpencil?
D.   Bagaimana proses belajar Bahasa Inggris di SD?

31.   Seorang peneliti mengadakan studi kasus di satu kelas tentang pengajaran vocabulary dengan drill. Dari hasil yang didapat dinyatakan bahwa dengan drill penguasaan vocabulary siswa meningkat. Namun hal ini dipertanyakan apakah jika cara ini dilakukan pada kelas lain hasilnya akan sama. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang berhubungan dengan ....
A.   kesahihan internal
B.   kesahihan eksternal
C.   keterandalan internal
D.   keterandalan eksternal

32.   Pada studi kasus tunggal dikenal desain ABAB. Apa yang dilakukan seorang peneliti pada tahap A kedua? ....
A.   Menentukan tingkah laku yang akan diobservasi
B.   melakukan intervensi
C.   melakukan observasi
D.   mengembalikan kondisi awal

33.   Setelah melakukan intervensi dan mengembalikan situasi pada kondisi pertama, seorang peneliti kembali mengamati tingkah laku siswa untuk kemudian memberikan intervensi. Dalam studi kasus tunggal tahap ini disebut tahap ....
A.   A pertama
B.   A kedua
C.   B pertama
D.   B kedua

34.   Salah satu tujuan kaji tindak adalah ....
A.   memperbaiki proses pembelajaran
B.   mencari siswa yang berbakat
C.   membandingkan hasil belajar antar kelas
D.   memberi keterampilan meneliti pada guru

35.   Berikut ini adalah peran guru dalam kaji tindak, kecuali ....
A.   perancang penelitian
B.   sumber informasi
C.   pengolah hasil penelitian
D.   peneliti

36.   Rumusan permasalahan yang dapat dijadikan sebagai kegiatan kaji tindak adalah ....
A.   Faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa sulit menggunakan Bahasa Inggris lisan?
B.   Mengapa siswa di kelas saya sulit memahami simple persent tense untuk orang ketiga tunggal?
C.   Apakah guru-guru di sekolah ini membuat RP setiap mengajar?
D.   Mengapa tidak seorang siswapun di tempat saya mengajar lancar berbahasa Inggris

37.   Fungsi kaji tindak adalah ....
A.   mencobakan keampuhan metode pembelajaran bahasa
B.   mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
C.   memecahkan permasalahan sehubungan dengan pembelajaran
D.   memberikan kerja tambahan kepada guru

38.   Berikut adalah kolabarator yang bisa bekerja sama untuk kaji tindak, kecuali ....
        A.   orang tua
B.   teman sejawat
C.   kepala sekolah
D.   siswa

39.   Berikut adalah kegiatan persiapan kaji tindak, kecuali ....
A.   melaksanakan tes
B.   identifikasi masalah
C.   analisis masalah
D.   diskripsi situasi
40.   Manfaat laporan kaji tindak adalah ....
A.   sebagai bukti bahwa kita telah melaksanakan kaji tindak
B.   sebagai informasi pada orang tua tentang hal yang dilakukan guru di kelas
C.   membantu guru untuk memperbaiki proses pembelajaran dan melaksanakan penelitian
D.   digunakan sebagai angka kredit untuk naik pangkat

1 comment: