TUGAS MANDIRI
RESEARCH IN ENGLISH
LANGUAGE TEACHING
(PRIS4441)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 40, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Seorang guru yang berpaham behaviorism
mempunyai ciri ....
A. memberikan drill sebanyak mungkin pada
siswanya
B. memberikan kesempatan pada siswa untuk
belajar berkelompok
C. memperhatikan lingkungan belajar siswa
D. memperhatikan hasil belajar siswa
2. Judul penelitian berikut yang termasuk
penelitian cognitivism adalah ....
A. The One to One Principle of Interlanguage
Construction
B. The Effect of Syntax on Readability for ESL
Students in Puerto Rico
C. Problems in measuring L2 Learning Strategies
D. Anxiety in Academic Achievement Situation
3. Berikut adalah faktor-faktor yang
mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar Bahasa Inggris, kecuali
....
A. Teacher talk
B. Learner behavior
C. Learning from instruction
D. Student talk
4. Yang dimaksud dengan language acquisition
ialah ....
A. proses belajar L2 berbeda dengan L1
B. proses belajar L2 sama dengan L1
C. belajar L2 harus mengesuai struktur bahasa L2
dahulu
D. belajar L2 tidak boleh melakukan kesalahan
5. Situasi pembelajaran dikelas berikut ini yang
menekankan pada language Acquistion adalah ....
A. guru meminta dua orang siswa ke depan untuk
mempraktekkan conversation yang sudah dihapalkan sebelumnya
B. guru memberikan koreksi langsung kepada siswa
yang sedang menggunakan Bahasa Inggris dalam bercakap-cakap
C. guru memberikan topik percakapan dan kemudian
siswa mempraktekkannya secara bebas
D. guru memberikan topik percakapan dan
mengontrol siswa apakah yang dipercakapkannya itu benar
6. Faktor afektif yang harus diperhatikan guru
dalam mengajar Bahasa Inggris agar siswa dapat belajar dengan baik adalah ....
A. siswa yang duduk dengan baik di tempatnya
masing-masing
B. persiapan mengajar yang tersusun dengan baik
C. situasi kelas yang menyenangkan
D. situasi kelas yang formal dan terkendali
7. Menurut Malamah teknik elisitasi adalah teknik
pengumpulan data yang ....
A. dipakai dalam penelitian linguistic terapan
B. didesain untuk menghasilkan respon verbal
dari siswa
C. menggunakan prosedur yang tepat
D. menggunakan production task
8. Berikut adalah bentuk-bentuk stimulus dalam
production task, kecuali ....
A. dialog
B. gambar
C. diagram
D. tes standar
9. Seorang guru memperlihatkan gambar pada
seorang siswa kemudian terjadi dialog sebagai berikut:
Teacher: What
are these people doing?
What are they doing?
Subject : Listening
music, have toast, and cup of
tea. Er ... the girls are drinking
coffee
Teacher: Yeah,
right
Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa
production task yang ingin dicapai adalah penggunaan ....
A. present continuous tense
B. personal pronouns
C. simple statements
D. simple present tense
10. Berikut adalah topik penelitian yang
menggunakan survey, kecuali ....
A. persepsi guru terhadap cooperative learning
B. pendapat guru tentang integrated curriculum
C. mengukur penguasaan bahasa lisan siswa
D. penggunaan buku teks di kelas
11. Survey sampel dan survey populasi berbeda dalam hal kemungkinan
....
A. kedalaman hasil penelitian
B. generalisasi hasil penelitian
C. generalisasi proses penelitian
D. ketelitian proses penelitian
12. Memilih sampel dengan purposive artinya ....
A. memilih sampel dari tiap kelompok sehingga setiap kelompok
terwakili
B. sampel yang dipilih berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat
tertentu
C. memilih sampel dari tempat yang berbeda berdasarkan daerah tempat
tinggal
D. sampel yang dipilih diambil secara acak dari tiap kelompok atau
kelas
13. Seorang peneliti membagi kelompok sampel berdasarkan prestasi yang
tinggi, prestasi rata-rata, dan prestasi rendah para siswa dari setiap kelas
yang ditelitinya. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah ....
A. convenience
B. pembagian bertingkat
C. pengelompokan/golongan
D. purposive
14. Dari pertanyaan berikut ini, manakah yang merupakan pertanyaan
yang cocok untuk kuesioner tertutup ....
A. How do you study English at home?
B. What do you think about direct method?
C. How many hours do you study English at home a week?
D. What do you do to improve your reading?
15. Put a check mark (Ö)
to one of the boxes to show your reaction to the following statement “I like to
learn through interacting with native speakers.”
Strongly agree
Agree
Neutral
Disagree
Strongly disagree
Bentuk pertanyaan kuesioner di atas
termasuk bentuk ....
A. skala
B. daftar/list
C. kategori
D. ranking
16. Fraenkel & Wallen membagi interview menjadi empat jenis yaitu
....
A. structured, unstructured, semi-structured, dan retrospective
B. structured, semi-structured, informal, dan retrospective
C. structured, unstructured, informal, dan retrospective
D. unstructured, semi-structured,
informal, dan retrospective
17. Ibu Yanti ingin meneliti bagaimana penguasaan lisan Bahasa Inggris
siswanya yang telah diajar selama lebih dari satu tahun. Ia ingin menggunakan
teknik interview untuk penelitiannya. Pertanyaan penelitian manakah berikut ini
yang tepat digunakan untuk penelitian yang dilakukan oleh Ibu Yanti? ....
A. Bagaimana siswa berbicara dalam Bahasa Inggris?
B. Bagaimana pendapat siswa tentang Bahasa Inggris?
C. Sejauh mana siswa mampu menjawab pertanyaan?
D. Sejauh manakah penguasaan bahasa lisan siswa?
18. “What benefit do you get from joining this school?”
Pertanyaan di atas merupakan
bentuk pertanyaan ....
A. behavior/experience question
B. knowledge question
C. opinion/value question
D. feeling question
19. Pak Darma ingin meneliti pengaruh teknik pemberian tugas terhadap
kemampuan menulis Bahasa Inggris siswanya. Oleh karena itu ia menerapkan teknik
tersebut dalam pembelajaran di kelasnya dan melihat hasilnya dengan memberikan
tes pada siswa pada akhir pembelajaran. Termasuk jenis rancangan penelitian
kelas yang manakah yang digunakan oleh Pak Darma?....
A. experiment
B. observation
C. stimulated recall
D. analisis interaksi
20. “The Effect of Playing Play Station on Vocabulary Mastery of the
First Year Students of SLTP X”
Dari judul penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa playing
play station adalah variabel ....
A. independent
B. dependent
C. intervening
D. moderator
21. Berikut yang termasuk penelitian eksperimen adalah penelitian
tentang ....
A. survey implementasi suatu metode
B. hubungan antara dua metode
C. pengujian efektifitas suatu metode
D. pengembangan sebuah metode baru
22. Urutan langkah penelitian eksperimen yang benar adalah ....
A. merumuskan masalah setelah merumuskan hipotesis
B. merumuskan hipotesis setelah merumuskan masalah
C. melakukan kajian pustaka sebelum merumuskan hipotesis
D. mengajukan hipotesis setelah membuat instrument
23. Setelah membaca referensi tentang penggunaan skema untuk
meningkatkan kemampuan menulis siswa, Pak Danny mencoba teknik tersebut dalam
pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 2 SMU. Pertama-tama dia mengajarkan kepada
siswanya bagaimana mengarang dengan menggunakan skema. Setelah diajarkan dalam
beberapa kali pertemuan kemudian Pak Danny memberikan tes mengarang dengan
menggunakan skema. Setelah tes Pak Danny menyimpulkan bahwa penggunaan skema
dapat meningkatkan kemampuan mengarang. Desain penelitian eksperimen yang
manakah yang digunakan oleh Pak Danny dalam melakukan penelitiannya? ....
A. rancangan eksperimen yang sebenarnya
B. rancangan studi kasus bentuk tunggal
C. rancangan yang hanya postes pada kelompok ekuivalen
D. rancangan perbandingan kelompok static
24. Berikut adalah ciri-ciri stimulated recall, kecuali ....
A. recall support
B. instruction
C. akurasi recall
D. recall procedure
25. Pengumpulan data pada stimulated recall dilakukan peneliti dengan
cara ....
A. merekam proses pembelajaran
B. mengobservasi proses pembelajaran
C. mengomentari proses pembelajaran
D. melaporkan proses pembelajaran
26. Stimulated recall dilakukan untuk ....
A. mencatat hal-hal penting yang dilakukan responden
B. mengobservasi kegiatan belajar responden
C. melihat tingkah laku responden
D. mengetahui strategi dan proses berfikir responden
27. Stimulated recall dapat digunakan dalam penelitian dengan
permasalahan ....
A. metode apakah yang paling tepat untuk mengajarkan simple past
tense
B. bagaimana siswa menggunakan vocabulary secara tepat dalam kalimat
C. seberapa banyak wacana yang dapat dibaca siswa dalam satu hari
D. bagaimana siswa belajar dalam cooperative learning
28. Bu Yani ingin mengetahui cara guru mengajukan pertanyaan pada
siswa dalam pembelajaran reading. Untuk itu, Bu Yani melakukan penelitian
dengan teknik stimulated recall. Dia merekam dengan video kegiatan pembelajaran
tersebut. Setelah itu, Bu Yani memberikan hasil rekaman pada guru tersebut
untuk dilihat kembali dan dikomentari sesuai pertanyaan yang diberikan oleh Bu
Yani. Bu Yani memberikan waktu lima hari pada guru tersebut untuk melakukan
recall yang diminta dan akan datang mengambilnya.
Dari uraian di atas, recall apakah yang dilakukan Bu Yani
....
A. Nonreason recall
B. consecutive recall
C. delayed recall
D. nonrecent recall
29. Kelemahan studi kasus adalah ....
A. yang diteliti hanya satu variabel
B. banyak variabel yang diteliti
C. peneliti tidak dapat melakukan generalisasi
D. peneliti tidak dapat melakukan manipulasi
30. Penelitian berikut yang dapat dilakukan dengan studi kasus adalah
....
A. Bagaimana communicative approach dilaksanakan di SLTP di DKI
Jakarta?
B. Bagaimana siswa kelas 5 SD X belajar vocabulary dengan menggunakan
realia?
C. Sejauhmanakah kemampuan mem-baca Bahasa Inggris siswa SMU di
daerah terpencil?
D. Bagaimana proses belajar Bahasa Inggris di SD?
31. Seorang peneliti mengadakan studi kasus di satu kelas tentang
pengajaran vocabulary dengan drill. Dari hasil yang didapat dinyatakan bahwa
dengan drill penguasaan vocabulary siswa meningkat. Namun hal ini dipertanyakan
apakah jika cara ini dilakukan pada kelas lain hasilnya akan sama. Pertanyaan
ini adalah pertanyaan yang berhubungan dengan ....
A. kesahihan internal
B. kesahihan eksternal
C. keterandalan internal
D. keterandalan eksternal
32. Pada studi kasus tunggal dikenal desain ABAB. Apa yang dilakukan
seorang peneliti pada tahap A kedua? ....
A. Menentukan tingkah laku yang akan diobservasi
B. melakukan intervensi
C. melakukan observasi
D. mengembalikan kondisi awal
33. Setelah melakukan intervensi dan mengembalikan situasi pada
kondisi pertama, seorang peneliti kembali mengamati tingkah laku siswa untuk
kemudian memberikan intervensi. Dalam studi kasus tunggal tahap ini disebut
tahap ....
A. A pertama
B. A kedua
C. B pertama
D. B kedua
34. Salah satu tujuan kaji tindak adalah ....
A. memperbaiki proses pembelajaran
B. mencari siswa yang berbakat
C. membandingkan hasil belajar antar kelas
D. memberi keterampilan meneliti pada guru
35. Berikut ini adalah peran guru dalam kaji tindak, kecuali
....
A. perancang penelitian
B. sumber informasi
C. pengolah hasil penelitian
D. peneliti
36. Rumusan permasalahan yang dapat dijadikan sebagai kegiatan kaji
tindak adalah ....
A. Faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa sulit menggunakan Bahasa
Inggris lisan?
B. Mengapa siswa di kelas saya sulit memahami simple persent tense
untuk orang ketiga tunggal?
C. Apakah guru-guru di sekolah ini membuat RP setiap mengajar?
D. Mengapa tidak seorang siswapun di tempat saya mengajar lancar
berbahasa Inggris
37. Fungsi kaji tindak adalah ....
A. mencobakan keampuhan metode pembelajaran bahasa
B. mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
C. memecahkan permasalahan sehubungan dengan pembelajaran
D. memberikan kerja tambahan kepada guru
38. Berikut adalah kolabarator yang bisa bekerja sama untuk kaji
tindak, kecuali ....
A. orang
tua
B. teman sejawat
C. kepala sekolah
D. siswa
39. Berikut adalah kegiatan persiapan kaji tindak, kecuali ....
A. melaksanakan tes
B. identifikasi masalah
C. analisis masalah
D. diskripsi situasi
40. Manfaat laporan kaji tindak adalah ....
A. sebagai bukti bahwa kita telah melaksanakan kaji tindak
B. sebagai informasi pada orang tua tentang hal yang dilakukan guru
di kelas
C. membantu guru untuk memperbaiki proses pembelajaran dan
melaksanakan penelitian
D. digunakan sebagai angka kredit untuk naik pangkat
kalau boleh sekalian jawaban soalnya dunk pak. suwun
ReplyDelete