Cloud Hosting Indonesia

14 June, 2014

Soal Kapita Selekta Pembelajaran Matematika

TUGAS MANDIRI
KAPITA SELEKTA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(PAMA4401)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 41  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Matematika tersusun secara hierarkis, logis, dan sistematis dari konsep yang sederhana sampai pada konsep yang kompleks oleh karena itu matematika dikatakan sebagai ....
A.   kupulan sistem
B.   suatu struktur
C.   sistem deduktif
D.   ratunya ilmu

2.   Matematika dipandang sebagai bahasa atau alat yang akurat untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial, ekonomi, fisika, kimia, biologi dan teknik, oleh karena itu matematika disebut sebagai .... 
A.   ratunya ilmu
B.   suatu struktur
C.   kumpulan sistem
D.   ilmu deduktif
     
3.   Matematika adalah pola, berpikir dan pola mengorganisasikan. Hal ini dikemukakan oleh ....
A.   Jonson dan Rising           
B.   James dan James
C.   Reys, dkk
D.   Kline

4.   Salah satu orientasi pembelajaran mate-matika di sekolah adalah bidang ....
A.   psikologis
B.   aljabar
C.   evaluasi
D.   afektif

5.   Berikut ini yang termasuk dalam “fakta” pada objek langsung matematika adalah ....
A.   himpunan
B.   turunan suatu fungsi
C.   =, sebagai simbol sama dengan
D.   bujur sangkar

6.   Kemampuan untuk mengkoordinasikan serta mengembangkan proses berpikir dengan cara merekam, membuat, analisis dan sintesis merupakan kapabilitas yang bersifat ....
A.   motorik
B.   pembentukan sikap
C.   kognitif
D.   tetap

7.   Salah satu contoh kapabilitas sikap adalah ....
A.   menyeleaikan persamaan kuadrat
B.   kemapuan menggunakan tangga garis bilangan dalam menentukan hasil penjumlahan bilangan
C.   mendemontrasikan pemakaian abakus
D.   tidak menyenangi materi peluang dalam matematika

8.   Untuk mengetahui seseorang memiliki kemampuan melalui kecepatan, ketepatan, dan kelancaran gerakan otot-otot serta anggota badan, maka orang tersebut dikatakan memiliki kapabilitas ....
A.   sikap
B.   motorik
C.   intelektual
D.   kognitif

9.   Hasil belajar manusia harus didasarkan kepada pengamatan tingkah laku manusia yang terlihat melalui stimulus respon dan belajar bersyarat. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Gagne
B.   D.F. Skiner
C.   Baruda
D.   Pavlov

10.   Dalil yang dikemukakan oleh Throndike salah satunya adalah dalil kesiapan. Dalil tersebut mengemukakan bahwa ....
A.   seseorang siap melakukan tindakan balasan akibat tindakan yang diberikan-nya
B.   seseorang akan berhasil dalam belajar apabila orang tersebut betul-betul telah siap untuk melakukan kegiatan belajar
C.   prinsip utama dalam belajar adalah pengulangan
D.   seseorang harus siap menerima tindakan yang diberikan guru dalam belajar

11.   Seorang guru selalu memberi contoh kerapihan dalam menulis di papan tulis kepada siswanya. Hal ini merupakan contoh penerapan teori belajar menurut ....
A.   Pavlov
B.   Baruda
C.   Thorndike
D.   D.F. Skiner

12.   Tingkah laku yang bersifat refleks dan ditimbulkan oleh rangsangan yang datangnya dari lingkungan disebut ....
A.   operant
B.   respondent
C.   stimulus
D.   respon

13.   Respon yang diperoleh dari beberapa stimulus yang terindentifikasi sehingga menyebabkan respon yang relatif tetap disebut ....
A.   operant conditioning
B.   operant respondent
C.   respondent conditioning
D.   stimulus respon conditioning

14.   Tahap-tahap perkembangan intelektual manusia menurut Jean Peaget secara berurutan adalah tahap-tahap ....
A.   sensori motor, praoperasi, operasi konkret, operasi formal
B.   praoperasi, sensori motor, operasi konkret, operasi formal
C.   praoperasi, operasi konkret, sensori motor, operasi formal
D.   sensori motor, operasi konkret, praoperasi, sensori motor, operasi formal

15.   Seorang anak yang masih belum mengenal konsep kekekalan materi menurut Jean Peaget berada pada tahap ....
A.   enaktif
B.   proaperasi
C.   operasi konkret
D.   operasi formal

16.   Tahapan di mana seorang anak sudah melibatkan mental yang merupakan gambaran dari objek-objek, tak perlu lagi memanipulasi objek secara langsung, disebut tahap ....
A.   simbolik
B.   formal
C.   ikonik
D.   enaktif

17.   Teori perkembangan yang dikemukakan Bruner mempunyai kesamaan dengan teori perkembangan Peaget. Ciri tingkah laku yang berada pada tahap sensori motor Peaget sama sengan ciri tingkahlaku pada tahap perkembangan Bruner, yaitu tahap ....
A.   enaktif
B.   ikonik
C.   formal
D.   simbolik

18.   Dalam proses perumusan dan penyusunan ide-ide seorang anak akan lebih mudah mengingatnya jika menggunakan benda-benda konkret. Dalil yang sesuai dengan proses di atas adalah dalil ....
A.   penyusunan
B.   notasi
C.   pengontrasan
D.   pengaitan

19.   Seorang anak dituntut untuk berusaha sendiri mencari pemecahan masalah serta pengetahuan yang menyertainya metode yang digunakan pada proses di atas merupakan metode Bruner yang terkenal, yaitu metode ....
A.   mandiri
B.   penyusunan
C.   permainan
D.   penemuan

20.   Konsep terapan dari konsep matematika menurut Dienes adalah ....
A.   ide-ide matematika mengenai kategori dan hubungan bilangan
B.   penggunaan dalil-dalil dalam pemecahan masalah
C.   sifat-sifat bilangan yang merupakan akibat dari penyajian bilangan itu sendiri
D.   himpunan ide-ide abstrak

21.   Tahap belajar konsep menurut Dienes yang kegiatannya sudah mulai mengamati sifat kesamaan atau ketidaksamaan, keteraturan atau ketidakteraturan suatu konsep yang diwakili oleh benda-benda konkret merupakan ciri dari tahap ....
A.   pemformalan
B.   penelaahan sifat bersama
C.   permainan
D.   bermain bebas

22.   Konsep Dienes yang harus dipelajari melalui pengalaman yang mengikut sertakan banyak variabel-variabel. Prinsip belajat yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah prinsip ....
A.   dinamika
B.   konstruktivitas
C.   variabilitas
D.   persepsi variabilitas

23.   Di bawah ini yang merupakan pola pendekat-an yang harus di lakukan dalam belajar dan mengajar matematika menurut Dinenes, kecuali ....
A.   proses abstraksi harus dihindarkan
B.   matematika sebaiknya dipelajari dan diajarkan sebagai ilmu seni
C.   konsep yang diajarkan dalam matematika harus berkaitan dengan konsep yang sudah dipahami sebelumnya
D.   pengalian suasana konkret ke perumusan abstrak menggunakan simbol

24.   Menurut Van Hiele, tahapan di mana anak sudah mampu mengetahui hubungan yang terkait antara suatu bangun geometri dengan bangun geometri lainnya adalah ....
A.   tahap analisis
B.   tahap pengurutan
C.   tahap deduksi
D.   tahap keakuratan

25.   Manfaat teori belajar Van Hiele adalah ....
A.   guru dapat berkomunikasi langsung dengan siswa
B.   anak dapat memahami geometri dengan pengertian
C.   anak dapat belajar melalui penemuan
D.   anak banyak berlatih soal-soal yang sulit

26.   Teori intelegensi dari Guilford ditampilkan dalam bentuk model yang dikenal dengan struktur model ....
A.   intelektual Guilford
B.   intelegensi Guilford
C.   kognitif Guilford
D.   psikologi Guilford

27.   Menurut Guilford kemampuan untuk menyimpan informasi yang telah diperoleh dikenal dan dimengerti kemudian mengeluar-kan untuk menjawab tantangan termasuk salah satu tipe operasi, yaitu ....
A.   pengamatan
B.   ingatan
C.   produk konvergen
D.   produk divergen

28.   Menurut Guilford isi yang berkaitan dengan representasi benda konkret maupun abstrak termasuk dalam ....
A.   isi gambaran
B.   isi semantik
C.   isi simbol
D.   isi tingkah laku

29.   Respon tunggal yang berupa gambar, kata, simbol atau gagasan secara keseluruhan yang utuh termasuk dalam dimensi produk belajar menurut Guilford, yaitu ....
A.   satuan
B.   relasi
C.   sistem
D.   transformasi

30.   Salah satu tipe belajar menurut Ausubel adalah ....
A.   mengajar dengan metode diskusi, sedangkan siswa belajar dengan cara bermakna
B.   mengajar dengan metode diskusi, sedangkan siswa belajar dengan cara menghafal
C.   mengajar dengan metode ceramah, sedangkan siswa belajar dengan cara bermakna
D.   mengajar dengan metode penemuan, sedangkan siswa belajar dengan diskusi

31.   Menurut Ausebel prasyarat yang harus dipenuhi dalam menyusun materi pelajaran secara bermakna dan disajikan dengan ceramah adalah ....
A.   tugas-tugas yang diberikan anak sesuai dengan kemampuan ekonomi
B.   tugas-tugas yang diberikan bersifat afektif
C.   tugas-tugas yang diberikan bersifat psikomotor
D.   tugas-tugas yang diberikan disesuaikan dengan tingkat perkembangan intelektual anak

32.   Menurut Ausubel ada dua prinsip untuk menyajikan materi pelajaran, salah satu diantaranya adalah ....
A.   materi yang baru diintegrasikan degnan materi lama yang telah dipelajari siswa
B.   materi yang sulit hanya diberikan kepada siswa-siswa yang pandai
C.   materi yang disajikan harus menarik perhatian siswa
D.   siswa diberi dalil untuk pemantapan materi yang baru

33.   Cara yang dapat digunakan untuk mem-belajarkan suatu bahan pelajaran disebut ....
A.   pendekatan pembelajaran
B.   metode pembelajaran
C.   teknik pembelajaran
D.   strategi pembelajaran

34.   Pendekatan yang diterapkan dalam pem-belajaran satu keuntungan yaitu sesuai dengan perkembangan mental anak adalah pendekatan ....
A.   intuitif
B.   induktif
C.   deduktif
D.   spiral

35.   Untuk membuktikan dalil atau teorema dalam geometri Euclides, biasanya seorang guru menggunakan pendekatan ....
A.   induktif
B.   deduktif
C.   intuitif
D.   spiral

36.   Pendekatan pembelajaran di bawah ini sering digunakan pemecahan masalah matematika ....
A.   informal
B.   analitik
C.   induktif
D.   spiral

37.   Seorang guru mengajarkan konsep luas daerah trapesium dengan memberikan rumus luas trapesium tanpa disajikan proses penurunan rumus tersebut, kemudian dilanjut-kan dengan contoh penggunaannya. Pen-dekatan yang digunakan pada proses pembelajaran di atas adalah pendekatan ....
A.   analitik
B.   sintetik
C.   informal
D.   formal

38.   Metode ceramah paling sering digunakan dalam pembelajaran, karena paling mudah dan relatif murah, namun metode tersebut mempunyai kelemahan ....
A.   tiap siswa tidak mempunyai kesempatan yang sama
B.   pengetahuan yang diberikan melalui ceramah lebih mudah terlupakan
C.   tidak dapat menampung kelas besar
D.   guru sulit memberikan bahan pelajaran secara urut

39.   Suatu pertanyaan yang kemungkinan jawabannya lebih dari satu disebut pertanyaan ....
A.   tingkat tinggi
B.   tingkat rendah
C.   terbuka
D.   tertutup
     


40.   Berikut ini adalah materi matematika yang merupakan masalah bagi siswa SMP yaitu ....
A.   selesaikan 3x + 4 = x2
B.   selesaikan x2 + 2x + 6 = 0
C.   hitunglah volum kubus jika diketahui luas alasnya 49m2
D.   hitunglah 7254 x 0,145

41.   Topik pembelajaran matematika di bawah ini yang dapat disampaikan dengan metode laboratorium adalah ....
A.   memperkirakan tinggi pohon
B.   menggambar grafik fungsi
C.   menentukan rata-rata dari suatu data
D.   meneliti jaring-jaring kubus dan balok

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   42   SAMPAI   50   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
42.   Matematika disebut suatu sistem deduktif, jika memuat sekumpulan unsur berikut, yaitu ....
1)   objek langsung atau tak langsung
2)   aksioma atau postulat
3)   teorema atau dalil

43.   Pernyataan berikut ini yang termasuk dalam konsepsi Demunth adalah ....
1)   pembelajaran matematika berorientasi pada dunia sekeliling
2)   pembelajaran matematika berorientasi pada hasil belajar
3)   pembelajaran matematika berorientasi pada matematika sebagai alat

44.   Matematika sekolah berfungsi sebagai wahana untuk meningkatkan....
1)   kesanggupan siswa dalam menghadapi kehidupan dunia yang selalu berkembang
2)   ketajaman penalaran siswa
3)   kemampuan berkomunikasi

45.   Kemampuan yang termasuk dalam objek tak langsung matematika adalah kemampuan ....
1)   menyelidiki
2)   memecahkan masalah
3)   berkomunikasi

46.   Arti kapabilitas menurut Gagne adalah ....
1)   kemampuan yang dimiliki manusia karena ia belajar
2)   kemampuan manusia dalam berkomuni-kasi
3)   penampilan-penampilan yang dapat diamati sebagai hasil belajar
47.   Di bawah ini yang dapat mengakibatkan perubahan tingkah laku dan meningkatkan belajar adalah ....
1)   penguatan
2)   hukuman
3)   kebencian dan penghindaran

48.   Dalil-dalil Bruner yang berkaitan dengan pengajaran matematika adalah dalil ....
1)   pengaitan
2)   notasi
3)   keanekaragaman

49.   Pembelajaran matematika dengan meng-gunakan metode diskusi mempunyai kele-bihan yaitu ....
1)   tiap siswa mempunyai kesempatan yang sama
2)   siswa terlibat aktif
3)   memupuk sifat kerja sama yang ilmiah

50.   Di bawah ini yang merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam pem-belajaran dengan penemuan terbimbing adalah ....
1)   guru menyatakan masalah kemudian membimbing siswa menyelesaikannya
2)   siswa memahami masalah kemudian menyederhanakan masalah
3)   guru memberikan instruksi seminimal mungkin dan siswa mengikuti instruksi dan berusaha menemukan sendiri penyelesaian masalah

No comments:

Post a Comment