Cloud Hosting Indonesia

04 June, 2014

Soal Komunikasi Organisasi



TUGAS MANDIRI
KOMUNIKASI ORGANISASIONAL
(SKOM4329)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  27, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Jenis penelitian yang merupakan ciri Perspektif Scientific Management adalah studi mengenai ….
A.   pembagian kerja.
B.   struktur organisasi.
C.   garis dan staf.
D.   waktu dan gerak.

2.   Kecaman terhadap konsep Perspektif Scientific Management adalah ….
A.   memiliki kecenderungan untuk lebih mengeksploitasi pekerja daripada memberikan keuntungan.
B.   menganggap pekerja sebagai manusia yang memiliki kebutuhan dan sebagai bagian dari produksi.
C.   memberi perhatian terhadap jaringan sosial yang kompleks yang dibuat para pekerja.
D.   terlalu arogan dalam membela kepentingan organisasi/perusahaan.
     
3.   Prespektif System School mulai populer pada ….
A.   awal 40-an.
B.   akhir 40-an.
C.   awal 50-an.
D.   akhir 50-an.

4.   Tujuan utama Prespektif Scientific Management menurut Frederick W. Taylor adalah ….
A.   meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan.
B.   memperjelas posisi karyawan dan atasan.
C.   menghilangkan antagonisme antara pimpinan dan karyawan.
D.   mempererat hubungan kerjasama antarkaryawan.

5.   Arah arus komunikasi yang terjadi dari bawah ke atas disebut dengan ….
A.   cross-chanel communication.
B.   downward communication.
C.   horizontal communication.
D.   upward communication.
6.   Bapak Andi sebagai seorang manager memberikan informasi mengenai tugas-tugas Nita dan Heri yang merupakan karyawan baru dari organisasi yang dipimpin Pak Andi.
Komunikasi yang dilakukan Pak Andi termasuk dalam ….
A.   cross-chanel communication.
B.   downward communication.
C.   horizontal communication.
D.   upward communication.

7.   Hasil penelitian yang dilakukan oleh Level (1972) menunjukkan tingkat keefektifan metode-metode downward communication sifatnya sangat conditional. Namun tercatat metode yang paling efektif digunakan adalah ….
A.   oral.
B.   written.
C.   oral diikuti written.
D.   written diikuti oral.

8.   Tujuan arus informasi dalam komunikasi horizontal adalah ….
A.   menyampaikan informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku.
B.   menyamakan persepsi tujuan akhir perusahaan.
C.   meningkatkan kemajuan perusahaan.
D.   mengkoordinasikan pengerjaan tugas.

9.   Fungsi utama budaya organisasional adalah sebagai ….
A.   pedoman penilaian tindakan anggota organisasi benar atau salah.
B.   pembentuk citra organisasi di mata masyarakat umum.
C.   faktor utama dalam menetapkan tujuan-tujuan organisasi.
D.   penentu yang penting dalam menerima anggota baru organisasi.

10.   Definisi Budaya Organisasi sebagai cara pekerjaan yang dilakukan di tempat tertentu disampaikan oleh ….
A.   Marvin Bower.
B.   Edgar H. Schein.
C.   Linda Smirch.
D.   Terrence E. Deal.

11.   Sumber utama pembentukan budaya organisasi adalah ….
A.   gaya hidup para pemimpin.
B.   nilai kesepakatan bersama.
C.   filsafat pendiri organisasi.
D.   persamaan persepsi anggota.

12.   Dalam memperingati ulang tahunnya yang ke15, organisasi Mora mengadakan acara darmawisata tahunan yang diikuti oleh seluruh anggota lama dan anggota baru organisasi tersebut. Dalam acara itu diadakan semacam ‘renungan’ untuk mengevaluasi perkembangan organisasi. Dilihat dari caranya, pengenalan budaya organisasi kepada anggota baru organisasi Mora adalah dengan cara ….
A.   cerita.
B.   simbol material.
C.   bahasa.
D.   acara ritual.

13.   PT. Megah Raya mengizinkan anggotanya bekerja tanpa jam kerja rutin sehingga mereka bisa mengatur sendiri jadwalnya.
PT. Megah Raya mempunyai ciri budaya ….
A.   adaptasi.
B.   partisipatif.
C.   misi.
D.   konsisten.

14.   Pembuatan key-words dalam menentukan sebuah budaya organisasi didasarkan pada ….
A.   strategi sosialisasi.
B.   tujuan organisasi.
C.   mayoritas persepsi.
D.   kesepakatan bersama.

15.   Informasi mengenai kinerja karyawan merupakan komunikasi jenis ….
A.   downward communication.
B.   cross-channel communication.
C.   horizontal communication.
D.   upward communication.

16.   Bapak Yudha sebagai direktur PT. Sebari memberikan briefing kepada para karyawan yang akan mengikuti Training Kendali Mutu di Malaysia.
Dilihat dari sifatnya, komunikasi yang dilakukan Bapak Yudha dengan karyawannya termasuk komunikasi ….
A.   persona.
B.   massa.
C.   intrapersona.
D.   kelompok.

17.   Dalam komunikasi manajemen bila terjadi komunikasi yang tidak tepat, maka yang harus dilakukan manajer pertama kali adalah ….
A.   introspeksi pada diri sendiri.
B.   mengevaluasi bawahan.
C.   merubah sistem komunikasi.
D.   mencari solusi terbaik.

18.   Dalam Managerial Grid Theory dikenal sebuah gaya kepemimpinan yang ditandai dengan rendahnya perhatian untuk tugas, tetapi lebih tinggi perhatian terhadap orang-orang. Gaya kepemimpinan ini disebut dengan ….
A.   impoverished style.
B.   country club style.
C.   middle of the road style.
D.   task style.

19.   Dalam  gaya  kepemimpinan The 3 - D Grid, yang termasuk tipe efektif adalah ….
A.   autocrat.
B.   deserter.
C.   executive.
D.   missionary.

20.   Persyaratan utama untuk menjadi pemimpin yang baik adalah ….
A.   memiliki kemampuan manajerial.
B.   pandai membina hubungan personal.
C.   mempunyai wawasan yang luas.
D.   bisa menjadi panutan bawahan.

21.   Annisa sebagai seorang wanita telah meraih sukses baik sebagai ibu rumah tangga maupun dalam bisnis katering yang telah dijalaninya selama 10 tahun terakhir sehingga ia mendapat penghargaan sebagai pengusaha katering terbaik dari pemerintah.
Hal-hal yang telah dialami Annisa merupakan pemenuhan kebutuhan ….
A.   sekunder.
B.   realisasi diri.
C.   sosial.
D.   dasar.

22.   Gaya kepemimpinan Continuoum Theory dikemukakan oleh ….
A.   Blake dan Mouton.
B.   Hersey dan Blanchord.
C.   Reddin dan Likert.
D.   Tanenbaum dan Schimdt.

23.   Kekurangtetapan atau perbedaan arti di antara apa yang dimaksudkan oleh si pengirim pesan dengan interpretasi si penerima disebut ….
A.   komunikasi.
B.   distorsi.
C.   miskomunikasi.
D.   interupsi.

24.   Istilah ‘provisionalism’ muncul dalam iklim komunikasi supportiveness, artinya adalah anggota organisasi ….
A.   memfokuskan komunikasi mereka kepada pemecahan kesulitan mereka secara bersama.
B.   berkomunikasi dengan spontan dalam merespons terhadap sesuatu yang terjadi.
C.   memperlakukan anggota yang lain sebagai teman dan tidak menekankan kepada kedudukan/kekuasaan.
D.   bersifat fleksibel dan menyesuaikan diri pada situasi komunikasi yang berbeda.

25.   Arus informasi pesan tentang kebijakan mencakup 10 aspek. Apabila semua personal dalam organisasi harus tahu kepada siapa harus mengontak tentang informasi yang berkaitan dengan efisiensi dan efektifnya kinerja pekerjaan termasuk dalam aspek ….
A.   establishment of network (kemantapan jaringan).
B.   knowledge of network (pengetahuan jaringan).
C.   size and use of network (besarnya penggunaan jaringan).
D.   authentication of messages (otentik pesan).

26.   Persyaratan dasar untuk membuat suatu kebijakan efektif adalah kebijakan harus ….
A.   dibuat sesuai dengan budaya organisasi.
B.   mencerminkan budaya organisasi.
C.   dikomunikasikan kepada pimpinan organisasi.
D.   menjadi konsekuensi secara eksternal.

27.   Kebijakan adalah suatu pernyataan ….
A.   khusus yang dirancang sebagai pedoman bagi pimpinan organisasi mengenai pengambilan keputusan.
B.   khusus yang dirancang sebagai pedoman bagi orang mengenai pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
C.   umum yang dirancang sebagai pedoman bagi pimpinan organisasi mengenai pengambilan keputusan.
D.   umum yang dirancang sebagai pedoman bagi setiap orang mengenai pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  28  SAMPAI  32,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

28.   Kohler mengibaratkan peran komunikasi di dalam sebuah organisasi seperti oksigen bagi kehidupan manusia.
sebab                 
Melalui komunikasi akan timbul partisipasi individu dalam organisasi yang menunjang pencapaian tujuan organisasi.

29.   Seluruh anggota sebuah organisasi harus mengetahui dan memahami tentang terbentuknya budaya organisasi.
sebab                 
Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan organisasi dan pengembangan diri anggotanya.

30.   Dalam komunikasi antarpersona bermedia terdapat kontak pribadi.
sebab                 
Komunikasi bermedia menggunakan bantuan alat sehingga berlangsung secara dialogis.

31.   Seorang pemimpin harus mampu menciptakan iklim yang kondusif sehingga bawahan bisa menikmati pekerjaannya tanpa merasa tertekan.
sebab                 
Kerja di bawah tekanan tidak baik untuk produktivitas, namun baik untuk kejiwaan karyawan dan pencapaian tujuan organisasi.
32.   Ketepatan komunikasi menunjukkan kemampuan orang untuk memproduksi atau menciptakan suatu pesan dengan tepat.
sebab                 
Dalam komunikasi, istilah ketepatan digunakan untuk menguraikan tingkat ketidaksesuaian antara pengirim dan penerima pesan.
PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 33   SAMPAI   45,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
33.   Konsep-konsep utama yang perlu mendapat perhatian dalam memahami komunikasi organisasional adalah adanya ….
1)   hubungan yang terjalin
2)   media komunikasi yang tepat
3)   pengertian bersama

34.   Dalam sebuah organisasi baik yang berorientasi komersial maupun sosial, aktivitas komunikasi akan melibatkan beberapa fungsi, diantaranya adalah fungsi ….
1)   informatif
2)   regulatif
3)   edukatif

35.   Menurut Udai Parcek tujuan komunikasi adalah ….
1)   mendukung perubahan
2)   memberikan informasi
3)   pemecahan masalah

36.   Informasi yang mengalir dari pihak atasan kepada bawahan dapat dilakukan melalui beberapa metode, diantaranya ….
1)   pictorial atau gambar
2)   signal atau tanda
3)   written atau tulisan

37.   Informasi-informasi yang diharapkan oleh para supervisor/manager datang dari bawahan adalah ….
1)   perkembangan pekerjaan dan menerima ke depan dari bawahan
2)   penjelasan masalah kerja yang tidak terpecahkan bawahan
3)   menyampaikan saran/ide untuk perbaikan organisasi/perusahaan

38.   Lapisan kedua sebuah budaya organisasi meliputi ….
1)   filosofi
2)   proses berpikir
3)   kegiatan protokoler

39.   Faktor-faktor yang mempengaruhi efektif tidaknya komunikasi persuasif dalam komunikasi persona adalah ….
1)   frame of reference komunikan
2)   jenis media yang digunakan
3)   kondisi fisik dan mental komunikan
40.   Komunikasi antarpersona yang efektif bertujuan untuk merubah ….
1)   sikap/attitude
2)   pendapat/opinion
3)   keyakinan/belief

41.   Kategori besar kecilnya komunikasi kelompok tidak bisa secara pasti ditentukan oleh jumlah orangnya, melainkan ditentukan berdasarkan ….
1)   ciri komunikan
2)   minat komunikan
3)   sifat komunikan

42.   Jenis-jenis gaya komunikasi menurut Bramson sesuai dengan penelitiannya yang berjudul ‘Trouble Maker in the Office’ diantaranya adalah ….
1)   dominates takes charge (menguasai, penentuan tugas)
2)   hostile agressive (agresif bermusuhan)
3)   know-it-all (ingin segala tahu)

43.   Faktor-faktor yang mempengaruhi distorsi adalah ….
1)   kelompok
2)   personal
3)   organisasi

44.   Bila suatu organinasi tidak memiliki filosofi komunikasi, maka yang akan terjadi adalah ….
1)   hampir tidak ada atau sedikit sekali pembahasan terhadap berbagai isu yang kontroversial (masalah karyawan, gaji, promosi, dan sebagainya)
2)   terdapatnya perbedaan cara dalam mengatasi berbagai isu yang terjadi di dalam organisasi
3)   diskusi selanjutnya tetap dangkal, dan hanya membahas permukaan dari suatu topik

45.   Kriteria untuk mengevaluasi efektif  tidaknya  sebuah komunikasi organisasional adalah ….
1)   kepercayaan sumber
2)   struktur organisasi
3)   karakteristik media

No comments:

Post a Comment