TUGAS MANDIRI
KOMUNIKASI ORGANISASIONAL
(SKOM4329)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 27, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Jenis penelitian yang merupakan ciri Perspektif Scientific Management adalah
studi mengenai ….
A. pembagian kerja.
B. struktur organisasi.
C. garis dan staf.
D. waktu dan gerak.
2. Kecaman terhadap konsep Perspektif Scientific Management adalah ….
A. memiliki kecenderungan untuk lebih
mengeksploitasi pekerja daripada memberikan keuntungan.
B. menganggap pekerja sebagai manusia yang
memiliki kebutuhan dan sebagai bagian dari produksi.
C. memberi perhatian terhadap jaringan sosial
yang kompleks yang dibuat para pekerja.
D. terlalu arogan dalam membela kepentingan
organisasi/perusahaan.
3. Prespektif System School mulai populer pada ….
A. awal 40-an.
B. akhir 40-an.
C. awal 50-an.
D. akhir 50-an.
4. Tujuan utama Prespektif Scientific Management
menurut Frederick W. Taylor adalah ….
A. meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan.
B. memperjelas posisi karyawan dan atasan.
C. menghilangkan antagonisme antara pimpinan dan
karyawan.
D. mempererat hubungan kerjasama antarkaryawan.
5. Arah arus komunikasi yang terjadi dari bawah
ke atas disebut dengan ….
A. cross-chanel
communication.
B. downward
communication.
C. horizontal
communication.
D. upward
communication.
6. Bapak Andi sebagai seorang manager memberikan
informasi mengenai tugas-tugas Nita dan Heri yang merupakan karyawan baru dari
organisasi yang dipimpin Pak Andi.
Komunikasi
yang dilakukan Pak Andi termasuk dalam ….
A. cross-chanel
communication.
B. downward
communication.
C. horizontal
communication.
D. upward
communication.
7. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Level
(1972) menunjukkan tingkat keefektifan metode-metode downward communication sifatnya sangat conditional. Namun tercatat metode yang paling efektif digunakan
adalah ….
A. oral.
B. written.
C. oral
diikuti written.
D. written
diikuti oral.
8. Tujuan arus informasi dalam komunikasi
horizontal adalah ….
A. menyampaikan informasi mengenai
peraturan-peraturan yang berlaku.
B. menyamakan persepsi tujuan akhir perusahaan.
C. meningkatkan kemajuan perusahaan.
D. mengkoordinasikan pengerjaan tugas.
9. Fungsi utama budaya organisasional adalah
sebagai ….
A. pedoman penilaian tindakan anggota organisasi
benar atau salah.
B. pembentuk citra organisasi di mata masyarakat
umum.
C. faktor utama dalam menetapkan tujuan-tujuan
organisasi.
D. penentu yang penting dalam menerima anggota
baru organisasi.
10. Definisi Budaya Organisasi sebagai cara pekerjaan yang dilakukan
di tempat tertentu disampaikan oleh ….
A. Marvin Bower.
B. Edgar H. Schein.
C. Linda Smirch.
D. Terrence E. Deal.
11. Sumber utama pembentukan budaya organisasi adalah ….
A. gaya hidup para pemimpin.
B. nilai kesepakatan bersama.
C. filsafat pendiri organisasi.
D. persamaan persepsi anggota.
12. Dalam memperingati ulang tahunnya yang ke15, organisasi Mora
mengadakan acara darmawisata tahunan yang diikuti oleh seluruh anggota lama dan
anggota baru organisasi tersebut. Dalam acara itu diadakan semacam ‘renungan’
untuk mengevaluasi perkembangan organisasi. Dilihat dari caranya, pengenalan
budaya organisasi kepada anggota baru organisasi Mora adalah dengan cara ….
A. cerita.
B. simbol material.
C. bahasa.
D. acara ritual.
13. PT. Megah Raya mengizinkan anggotanya bekerja tanpa jam kerja
rutin sehingga mereka bisa mengatur sendiri jadwalnya.
PT. Megah Raya mempunyai ciri
budaya ….
A. adaptasi.
B. partisipatif.
C. misi.
D. konsisten.
14. Pembuatan key-words
dalam menentukan sebuah budaya organisasi didasarkan pada ….
A. strategi sosialisasi.
B. tujuan organisasi.
C. mayoritas persepsi.
D. kesepakatan bersama.
15. Informasi mengenai kinerja karyawan merupakan komunikasi jenis ….
A. downward communication.
B. cross-channel communication.
C. horizontal communication.
D. upward communication.
16. Bapak Yudha sebagai direktur PT. Sebari memberikan briefing kepada para karyawan yang akan
mengikuti Training Kendali Mutu di Malaysia.
Dilihat dari sifatnya, komunikasi yang dilakukan
Bapak Yudha dengan karyawannya termasuk komunikasi ….
A. persona.
B. massa.
C. intrapersona.
D. kelompok.
17. Dalam komunikasi manajemen bila terjadi komunikasi yang tidak
tepat, maka yang harus dilakukan manajer pertama kali adalah ….
A. introspeksi pada diri sendiri.
B. mengevaluasi bawahan.
C. merubah sistem komunikasi.
D. mencari solusi terbaik.
18. Dalam Managerial Grid Theory
dikenal sebuah gaya kepemimpinan yang ditandai dengan rendahnya perhatian untuk
tugas, tetapi lebih tinggi perhatian terhadap orang-orang. Gaya kepemimpinan
ini disebut dengan ….
A. impoverished style.
B. country club style.
C. middle of the road style.
D. task style.
19. Dalam gaya kepemimpinan The 3 - D Grid, yang termasuk
tipe efektif adalah ….
A. autocrat.
B. deserter.
C. executive.
D. missionary.
20. Persyaratan utama untuk menjadi pemimpin yang baik adalah ….
A. memiliki kemampuan manajerial.
B. pandai membina hubungan personal.
C. mempunyai wawasan yang luas.
D. bisa menjadi panutan bawahan.
21. Annisa sebagai seorang wanita telah meraih sukses baik sebagai ibu
rumah tangga maupun dalam bisnis katering yang telah dijalaninya selama 10
tahun terakhir sehingga ia mendapat penghargaan sebagai pengusaha katering
terbaik dari pemerintah.
Hal-hal yang telah dialami Annisa merupakan
pemenuhan kebutuhan ….
A. sekunder.
B. realisasi diri.
C. sosial.
D. dasar.
22. Gaya kepemimpinan Continuoum
Theory dikemukakan oleh ….
A. Blake dan Mouton.
B. Hersey dan Blanchord.
C. Reddin dan Likert.
D. Tanenbaum dan Schimdt.
23. Kekurangtetapan atau perbedaan arti di antara apa yang dimaksudkan
oleh si pengirim pesan dengan interpretasi si penerima disebut ….
A. komunikasi.
B. distorsi.
C. miskomunikasi.
D. interupsi.
24. Istilah ‘provisionalism’ muncul dalam iklim komunikasi supportiveness, artinya adalah anggota
organisasi ….
A. memfokuskan komunikasi mereka kepada pemecahan kesulitan mereka
secara bersama.
B. berkomunikasi dengan spontan dalam merespons terhadap sesuatu yang
terjadi.
C. memperlakukan anggota yang lain sebagai teman dan tidak menekankan
kepada kedudukan/kekuasaan.
D. bersifat fleksibel dan menyesuaikan diri pada situasi komunikasi
yang berbeda.
25. Arus informasi pesan tentang kebijakan mencakup 10 aspek. Apabila
semua personal dalam organisasi harus tahu kepada siapa harus mengontak tentang
informasi yang berkaitan dengan efisiensi dan efektifnya kinerja pekerjaan
termasuk dalam aspek ….
A. establishment of network
(kemantapan jaringan).
B. knowledge of network
(pengetahuan jaringan).
C. size and use of network
(besarnya penggunaan jaringan).
D. authentication of messages
(otentik pesan).
26. Persyaratan dasar untuk membuat suatu kebijakan efektif adalah
kebijakan harus ….
A. dibuat sesuai dengan budaya organisasi.
B. mencerminkan budaya organisasi.
C. dikomunikasikan kepada pimpinan organisasi.
D. menjadi konsekuensi secara eksternal.
27. Kebijakan adalah suatu pernyataan ….
A. khusus yang dirancang sebagai pedoman bagi pimpinan organisasi
mengenai pengambilan keputusan.
B. khusus yang dirancang sebagai pedoman bagi orang mengenai
pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
C. umum yang dirancang sebagai pedoman bagi pimpinan organisasi
mengenai pengambilan keputusan.
D. umum yang dirancang sebagai pedoman bagi setiap orang mengenai
pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 28
SAMPAI 32, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
28. Kohler mengibaratkan peran komunikasi di dalam sebuah organisasi
seperti oksigen bagi kehidupan manusia.
sebab
Melalui
komunikasi akan timbul partisipasi individu dalam organisasi yang menunjang
pencapaian tujuan organisasi.
29. Seluruh anggota sebuah organisasi harus mengetahui dan memahami
tentang terbentuknya budaya organisasi.
sebab
Budaya
organisasi merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan organisasi dan
pengembangan diri anggotanya.
30. Dalam komunikasi antarpersona bermedia terdapat kontak pribadi.
sebab
Komunikasi
bermedia menggunakan bantuan alat sehingga berlangsung secara dialogis.
31. Seorang pemimpin harus mampu menciptakan iklim yang kondusif
sehingga bawahan bisa menikmati pekerjaannya tanpa merasa tertekan.
sebab
Kerja
di bawah tekanan tidak baik untuk produktivitas, namun baik untuk kejiwaan
karyawan dan pencapaian tujuan organisasi.
32. Ketepatan komunikasi menunjukkan kemampuan orang untuk memproduksi
atau menciptakan suatu pesan dengan tepat.
sebab
Dalam
komunikasi, istilah ketepatan digunakan untuk menguraikan tingkat
ketidaksesuaian antara pengirim dan penerima pesan.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 33 SAMPAI
45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
33. Konsep-konsep utama yang perlu mendapat perhatian dalam memahami
komunikasi organisasional adalah adanya ….
1) hubungan yang terjalin
2) media komunikasi yang tepat
3) pengertian bersama
34. Dalam sebuah organisasi baik yang berorientasi komersial maupun
sosial, aktivitas komunikasi akan melibatkan beberapa fungsi, diantaranya
adalah fungsi ….
1) informatif
2) regulatif
3) edukatif
35. Menurut Udai Parcek tujuan komunikasi adalah ….
1) mendukung perubahan
2) memberikan informasi
3) pemecahan masalah
36. Informasi yang mengalir dari pihak atasan kepada bawahan dapat
dilakukan melalui beberapa metode, diantaranya ….
1) pictorial atau
gambar
2) signal atau tanda
3) written atau tulisan
37. Informasi-informasi yang diharapkan oleh para supervisor/manager
datang dari bawahan adalah ….
1) perkembangan pekerjaan dan menerima ke depan dari bawahan
2) penjelasan masalah kerja yang tidak terpecahkan bawahan
3) menyampaikan saran/ide untuk perbaikan organisasi/perusahaan
38. Lapisan kedua sebuah budaya organisasi meliputi ….
1) filosofi
2) proses berpikir
3) kegiatan protokoler
39. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektif tidaknya komunikasi
persuasif dalam komunikasi persona adalah ….
1) frame of reference
komunikan
2) jenis media yang digunakan
3) kondisi fisik dan mental komunikan
40. Komunikasi antarpersona yang efektif bertujuan untuk merubah ….
1) sikap/attitude
2) pendapat/opinion
3) keyakinan/belief
41. Kategori besar kecilnya komunikasi kelompok tidak bisa secara
pasti ditentukan oleh jumlah orangnya, melainkan ditentukan berdasarkan ….
1) ciri komunikan
2) minat komunikan
3) sifat komunikan
42. Jenis-jenis gaya komunikasi menurut Bramson sesuai dengan
penelitiannya yang berjudul ‘Trouble Maker in the Office’ diantaranya adalah ….
1) dominates takes charge
(menguasai, penentuan tugas)
2) hostile agressive
(agresif bermusuhan)
3) know-it-all (ingin
segala tahu)
43. Faktor-faktor yang mempengaruhi distorsi adalah ….
1) kelompok
2) personal
3) organisasi
44. Bila suatu organinasi tidak memiliki filosofi komunikasi, maka
yang akan terjadi adalah ….
1) hampir tidak ada atau sedikit sekali pembahasan terhadap berbagai
isu yang kontroversial (masalah karyawan, gaji, promosi, dan sebagainya)
2) terdapatnya perbedaan cara dalam mengatasi berbagai isu yang terjadi
di dalam organisasi
3) diskusi selanjutnya tetap dangkal, dan hanya membahas permukaan
dari suatu topik
45. Kriteria untuk mengevaluasi efektif tidaknya
sebuah komunikasi organisasional adalah ….
1) kepercayaan sumber
2) struktur organisasi
3) karakteristik media
No comments:
Post a Comment