Cloud Hosting Indonesia

04 June, 2014

Soal Komunikasi Pemasaran



TUGAS MANDIRI
KOMUNIKASI PEMASARAN
(SKOM4328)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 29,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang dianggap sebagai Bapak Pelopor Pemasaran Sosial adalah ....     
A.   Philip Kotler
B.   Everet M. Rogers
C.   GD Wiebe
D.   Luck

2.   Khalayak dalam pemasaran sosial dikenal dengan ....   
A.   audience
B.   stimultan
C.   receiver
D.   target adopter
     
3.   Suatu perusahaan yang terorganisasi yang dilakukan suatu kelompok untuk mempengaruhi orang lain agar ingin menerima, mengubah ide baru, sikap dan perilaku, disebut ....
A.   kampanye perubahan sosial
B.   komunikasi antar manusia
C.   perubahan sosial
D.   konsep perubahan perilaku

4.   Salah satu unsur pokok dalam proses kampanye perubahan sosial adalah tujuan terhadap agen perubahan yang diinginkan. Unsur ini disebut ....
A.   cause
B.   change agent
C.   target adopter
D.   channel

5.   Unsur proses kampanye perubahan sosial yang mencakup individu, organisasi atau persekutuan yang bertujuan membawa masyarakat ke arah perubahan disebut ....
A.   cause
B.   change agent
C.   target agent
D.   channel

6.   Kampanye sosial yang mengajak orang lain untuk berhenti merokok dapat dikategorikan dalam tipe produk sosial yang disebut ....
A.   tangible product
B.   intangible product
C.   social practice
D.   value

7.   Penggunaan alat-alat kontrasepsi dalam keluarga berencana merupakan hasil dari program kampanye perubahan sosial yang disebut ....
A.   tangible product
B.   intangible product
C.   social practice
D.   value

8.   Atribut eksternal pada target adopter adalah ....
A.   sosiodemografi
B.   profil psikologis
C.   karakteristik perilaku
D.   karakteristik ekonomi

9.   Untuk mengetahui siapa target adopter kita, perlu diketahui atribut internalnya, yaitu ....
A.   sosiodemografi
B.   profil psikologis
C.   karakteristik perilaku
D.   karakteristik ekonomi

10.   Fine mengatakan bahwa bauran pemasaran tidak bisa dilihat dari 4 P saja, namun harus ....
A.   3 P
B.   5 P
C.   6 P
D.   7 P

11.   Yang dimaksud Produser  dalam 7 P ialah ....
A.   pembeli
B.   pemasar
C.   penjual
D.   pengiklan

12.   Yang dimaksud dengan Probe dalam 7 P adalah ....
A.   riset pasar
B.   pembeli
C.   penempatan
D.   produk

13.   isu utama dalam pemetaan perubahan sosial menekankan pada ada tidaknya aspek yang memberi atau menolak perubahan sehingga pemasar sosial dapat terpengaruh. Isu ini disebut dengan istilah ....
A.   kemungkinan peristiwa
B.   tempat jarak dan insentitas pengaruh
C.   tingkat kemampuan pengawasan
D.   prioritas

14.   Isu yang lebih memikirkan bagaimana suatu perubahan terjadi disebut dengan ....
A.   kemungkinan peristiwa
B.   tempat jarak dan intensitas pengaruh
C.   tingkat kemampuan pengawasan
D.   prioritas

15.   Perubahan yang cepat dan luas dimana jangka waktu yang diperlukan berkisar satu sampai dua tahun, disebut suatu perubahan yang ....
A.   tidak stabil
B.   bergolak
C.   stabil
D.   transisi

16.   Perubahan yang memerlukan jangka waktu lama antara lima sampai dua puluh tahun disebut ....
A.   tidak stabil
B.   bergolak
C.   stabil
D.   transisi

17.   Prioritas utama dalam perubahan sosial terletak pada lingkungan ....
A.   alam
B.   teknologi
C.   politik
D.   pendidikan

18.   Survey yang dilakukan untuk mengetahui isi surat kabar, majalah dan sebagainya, disebut ....
A.   analisis isi media
B.   survey opini publik
C.   analisis kecenderungan legislative
D.   survey opini pemimpin

19.   Dalam penelitian data diperoleh dari pejabat atau public figure yang membantu menentukan kecenderungan pemilihan pejabat. Metode penelitian ini disebut ....
A.   analisa media
B.   survey opini publik

C.   analisis kecenderungan legislatif
D.   survey opini pemimpin

20.   Kepanjangan huruh S pada kata SWOT adalah ....
A.   Sense
B.   Source
C.   Strength
D.   Stimulus

21.   Analisis SWOT banyak dipergunakan dalam mengevaluasi suatu perusahaan. Kepanjangan huruf W pada kata SWOT adalah ....
A.   Weakness
B.   Wolfen
C.   Word
D.   Wiper

22.   Kepanjangan huruf T pada kata SWOT adalah ....
A.   Timeless
B.   Threath
C.   Tutorial
D.   Transparant

23.   Suatu keputusan pemasaran sosial yang ingin mengetahui kelompok target adopter sebaiknya menggunakan teknik ....
A.   riset penempatan posisi
B.   uji kemasan
C.   uji produk
D.   riset segmentasi

24.   Bila ingin mengetahui perilaku dan kepuasan yang diinginkan konsumen, maka teknik yang digunakan sebaiknya adalah ....
A.   uji pemasaran
B.   pra uji materi komunikasi
C.   uji kemasan
D.   riset penempatan posisi

25.   Keputusan pemasar sosial yang akan melihat merek apa yang paling cocok untuk produknya sebaiknya menggunakan teknik ....
A.   uji kemasan
B.   riset penempatan posisi
C.   uji produk
D.   riset segmentasi

26.   Suatu ajakan langsung yang memberikan nilai ekstra atau insentif adalah kegiatan ....
A.   sales promotion
B.   promosi
C.   iklan
D.   publisitas
27.   Suatu bentuk promosi yang meniadakan pembayaran langsung terhadap berita komersial atas suatu produk disebut ....
A.   sales promotion
B.   publisitas
C.   iklan
D.   promosi

28.   Salah satu sifat komunikasi periklanan adalah ....
A.   pribadi
B.   massive
C.   personal
D.   tertutup

29.   Komunikasi periklanan mempunyai sifat yang dapat meresap kemana-mana dan kapan saja hal ini sesuai dengan sifatnya yang ....
A.   pervasiveness
B.   public in nature
C.   massive
D.   personal selling

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   30   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
30.   Pemsaran sosial adalah ilmu yang terkait dengan ....
1)   manajemen
2)   komunikasi
3)   psikologi

31.   Dua konsep komunikasi pemasaran yang utama adalah berupa ....
1)   keterkaitan dengan pihak lain
2)   tanggung jawab sosial pemasar
3)   penyebaran ide atau isu-isu sosial

32.   Fokus utama perubahan sosial di Indonesia adalah perubahan ....
1)   pengetahuan
2)   sikap
3)   perilaku

33.   Kegagalan kampanye informasi lebih banyak dikarenakan ....
1)   sasaran tidak terjangkau
2)   orang cenderung menghindari informasi yang tidak diperlukan
3)   heterogenitas tingkat kepercayaan seseorang
34.   Unsur utama dalam proses kampanye perubahan sosial, diantaranya adalah ....
1)   change strategy
2)   change agent
3)   change market

35.   Unsur utama dalam proses kampanye perubahan sosial diantaranya adalah ....
1)   channel
2)   regulation
3)   cause

36.   Sasaran perubahan sosial diantaranya adalah ....
1)   change in value
2)   change in action
3)   behavioral chance

37.   Kampanye relatif efektif bila memperhatikan beberapa faktor, diantaranya ....
1)   kekuatan
2)   intensitas
3)   keberadaan kantor agen

38.   Yang dimaksud dengan produk sosial adalah ....
1)   idea
2)   practice
3)   intangible product

39.   Hal penting dalam mempersepsi nilai dari suatu produk harus dikaitkan dengan ....
1)   need
2)   want
3)   habbit

40.   Yang dimaksud 3 P dalam kampanye, diantaranya adalah ....
1)   pengiriman secara pribadi
2)   proses penyampaian
3)   penjualan

41.   Perencana pelaksanaan kampanye perubahan sosial, meliputi beberapa tahapan diantaranya ....
1)   meneliti populasi
2)   perencanaan program bauran pemasaran
3)   mendesain lingkungan pemasaran sosial

42.   Dalam melihat tingkatan kelas yang ada di masyarakat populasi target adopter membagi status sosial ekonomi dalam 3 bagian, diantaranya tingkatan ....
1)   AB
2)   C
3)   D
43.   Isu utama dalam pemetaan perubahan masa depan lingkungan diantaranya ialah ....
1)   tempat, jarak dan intensitas pengaruh
2)   kemungkinan peristiwa
3)   prioritas

44.   Suatu perubahan dapat dibedakan ke dalam beberapa faktor yang dilihat dari waktu perubahannya terjadi, diantaranya adalah ....
1)   tidak stabil
2)   transisi
3)   stabil

45.   Menganalisa data lingkungan dapat menggunakan beberapa metode, diantaranya ialah ....
1)   analisis SWOT
2)   identifikasi isu
3)   skenario terkontrol

No comments:

Post a Comment