TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN MEDIA MASSA
(SKOM4324)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 26, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Fungsi kegiatan memotivasi, supervisi dan
komunikasi dengan para karyawan untuk mencapai hasil-hasil yang efektif
merupakan cakupan dari manajemen ....
A. administratif
B. operatif
C. koordinatif
D. konsolidatif
2. Kebutuhan manusia adalah konsep utama
landasan pemasaran, contoh kebutuhan so-sial adalah ....
A. sandang
B. pangan
C. keamanan
D. ekspresi diri
3. Kesemua unsur atau perangkat bauran
pema-saran idealnya ditujukan untuk memberikan ....
A. keuntungan sebesar-besarnya kepada produsen
B. kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen
yang dipilih
C. kenaikan omset penjualan semata-mata
D. pemerataan keuntungan bagi mata rantai
distribusi
4. Jumlah nilai yang ditukarkan konsumen de-ngan
manfaat dari memiliki atau menggu-nakan produk atau jasa, merupakan arti luas
dari ....
A. kualitas
B. kebutuhan
C. harga
D. permintaan
5. Faktor intern yang mempengaruhi keputusan
penetapan harga adalah ....
A. sifat pasar dan permintaan
B. kebijakan pemerintah
C. biaya produksi
D. harga dan tawaran pesaing
6. Penyajian lisan melalui pembicaraan dan
wawancara dengan seseorang atau lebih agar terjadi transaksi, merupakan
kegiatan ....
A. advertensi
B. personal selling
C. sales promotion
D. publisitas
7. Usaha merangsang permintaan dari suatu
produk, melalui berita-berita yang bersifat komersial mengenai produk tersebut,
lewat media massa merupakan kegiatan ....
A. advertensi
B. personal selling
C. sales promotion
D. publisitas
8. Dalam pemasaran, prakarsa komunikasi ber-asal
dari ....
A. penjual semata-mata
B. pembeli semata-mata
C. penjual atau pembeli
D. pemasok barang semata-mata
9. Salah satu karakteristik komunikasi massa
adalah ....
A. single source
B. many receivers
C. homogeneity
D. immediate feedback
10. Pada “model jarum hipodermik” media massa dianggap
....
A. tidak terarah
B. efeknya lemah
C. mempengaruhi pada khalayak yang pro-aktif
D. mempengaruhi secara langsung
11. Peran pemuka pendapat (opinion leaders) sangat menonjol pada model
....
A. jarum hipodermik
B. komunikasi satu tahap
C. komunikasi dua tahap
D. komunikasi antar pribadi
12. Formula dalam proses komunikasi massa yang dinyatakan dengan
pertanyaan “Who, says what, to whom, in which channel with what effect”
merupakan rumusan dari ....
A. Wilbur Schramm
B. Harold Lasswell
C. Marvin De Fleur
D. Aubrey B. Fisher
13. Menurut Everett M. Rogers, era keempat dalam sejarah perkembangan
komunikasi massa adalah era komunikasi ....
A. tulisan
B. cetakan
C. telekomunikasi
D. interaktif
14. Komunikator pada media massa mempunyai sifat ....
A. perorangan
B. melembaga
C. individual
D. kemasyarakatan
15. Pojok merupakan opini yang ditulis dengan ....
A. gaya bahasa resmi
B. muatan isi bersifat analisis pemecahan masalah
C. cenderung mengajak ikut memikirkan dan merenungkan topiknya
D. menampilkan kesan sepintas yang impre-sif dengan bahasa yang agak
lucu
16. Laporan suatu peristiwa yang bersifat menje-laskan dalam bentuk
feature disebut ....
A. ulasan
B. reportase
C. opini
D. editorial
17. Iklan pariwisata, sumbangan bencana banjir, termasuk ke dalam
jenis iklan ....
A. layanan masyarakat
B. komersial
C. publikasi
D. konvensional
18. Periklanan dalam arti modern, merupakan suatu “gejala masyarakat
modern” gejala ini ditandai dengan adanya ....
A. barang/jasa yang tidak dijual bersamaan dengan pemberian informasi
B. komunikasi tatap muka
C. pemberian informasi cenderung menga-baikan peran media massa
D. transaksi langsung
19. Teknik producing dan directing pertelevisian di Indonesia, jika
dibandingkan dengan tele-visi siaran di Amerika Serikat pada saat ini ....
A. masih lebih rendah
B. lebih canggih
C. sama kecanggihannya
D. sama-sama memakai teknologi lama
20. Menurut Fraser P. Seitel di dalam bukunya “The Practice of Public
Relations” yang tergolong publik masa depan adalah ....
A. para karyawan dan pelanggan saat itu da-ri suatu organisasi
B. mahasiswa dan pelanggan yang potensial
C. publik yang laten
D. publik yang aktif
21. Pada perusahaan media massa, yang terma-suk dalam stakeholders
internal adalah ....
A. konsumen
B. penyalur
C. manajemen dan top executive
D. pemasok
22. Bisnis media dalam kehidupan dewasa ini lak-sana berbisnis dalam
pusaran air media (in a media whirlpool), artinya ....
A. perbedaan tradisional antara media cetak dan elektronik makin
kabur
B. perbedaan tradisional antara media cetak dan elektronik makin
tajam
C. perkembangan media elektronik menu-runkan minat pembaca surat
kabar
D. perkembangan email semakin memper-tinggi minat baca “surat kabar
elektronik”
23. Dalam dunia stasiun radio “rip-and-read” berarti ....
A. mempekerjakan karyawannya yang be-kerja merangkap di stasiun radio
lain
B. stasiun radio lebih banyak menggantikan program hiburan dengan
program berita
C. menyesuaikan format program dengan demografi khalayak
D. radio sebagai media sekunder bagi agen periklanan
24. Dalam kaitannya dengan proses pemben-tukan pendapat umum di bidang
politik, ekonomi dan sosial budaya di Inggris, yang dijuluki sebagai “pilar
pertama” adalah ....
A. ratu
B. parlemen
C. gereja
D. pers
25. The politician atau “politisi” merupakan se-butan untuk publisher
yang ....
A. berperan lebih banyak keterlibatannya di kalangan staf
B. tinggi taraf keterlibatannya baik sikap keramahtamahan maupun
sikap negatif-nya terhadap staf
C. tinggi sikap negatifnya tetapi rendah sikap ramah tamahnya dalam
keterlibatannya dengan staf
D. rendah taraf keterlibatannya baik sikap keramahtamahan maupun
sikap negatif-nya terhadap staf
26. Pelayanan satu arah pada pembaca yang dapat menyaksikan halaman
dan cerita surat kabar muncul di layar televisi disebut ....
A. teletext
B. videotext
C. audiotext
D. audiovideotext
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 27 SAMPAI
33, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
27. Perusahaan harus memutuskan merek pro-duknya meskipun perusahaan
lain tanpa me-rek,
sebab
keputusan
pemberian merek itu penting se-bagai identifikasi kategori produk itu sendiri.
28. Perusahaan harus berusaha menyebarluas-kan informasi produk dengan
jalan mempe-ngaruhi konsumen agar menciptakan permin-taan atas produk itu,
selanjutnya dipelihara dan dikembangkan melalui kegiatan promosi,
sebab
konsumen
tidak akan membeli suatu produk yang tidak dikenalnya walaupun produk ter-sebut
berkualitas dan bermanfaat.
29. Booklet atau leaflet merupakan salah satu dari bentuk media-massa,
sebab
booklet
atau leaflet merupakan penerbitan yang bersifat periodik.
30. Tajuk rencana juga merupakan pencerminan masyarakat setempat atau
pembacanya me-ngenai suatu masalah tertentu,
sebab
manajemen
editorial harus menempatkan po-sisinya dengan tepat sejalan dengan
perkem-bangan masyarakat sehingga tajuk rencana merupakan pencerminan resmi
dari media cetak itu sendiri.
31. Setiap perusahaan memiliki urutan prioritas publik yang berbeda
meskipun industrinya sama,
sebab
tingkat
pembagian publik menyangkut prio-ritas yang harus diperhatikan perusahaan.
32. Ukuran besar kecilnya jumlah pembaca pada majalah tidak sepenting
pada surat kabar atau televisi,
sebab
majalah
pada dewasa ini menjual kualitas daripada kuantitas kepada pembaca.
33. Sebagai media massa, pers tidak berdiri sen-diri, eksistensinya
berdasarkan pada toleransi masyarakat terhadap pers,
sebab
makin
luas masyarakatnya makin tergantung pula mereka pada saluran-saluran informasi
yang lebih meluas baik materi informasinya maupun sumber informasi dan
penerimanya/ khalayaknya.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 34
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
34. Pertukaran merupakan konsep inti pemasaran yang terjadinya harus
memenuhi beberapa syarat, diantaranya yaitu ....
1) paling sedikit ada dua pihak yang masing-masing memiliki nilai
bagi pihak lainnya
2) masing-masing pihak harus mau melak-sanakan pertukaran dengan
pihak lain
3) masing-masing pihak harus mampu ber-komunikasi dan saling
menyerahkan
35. Menurut Philip Kotler, strategi produk memer-lukan pengambilan
keputusan yang terkoor-dinasi mengenai ....
1) product-item
2) product-line
3) product-mix
36. Yang termasuk perantara pada saluran dis-tribusi adalah ....
1) pedagang besar
2) pengecek
3) agen
37. Pengecer harus aktif melakukan dan menga-wasi kegiatan usahanya di
bidang ....
1) pengangkutan
2) penyimpanan
3) pembelanjaan
38. Selain memberikan informasi dan menghibur, media massa juga
berfungsi ....
1) mendidik
2) memperdaya
3) mempengaruhi
39. Tajuk rencana “editorial” mempunyai unsur ....
1) tulisan lebih merupakan pendapat (opini)
2) pendapat yang ditulis merupakan pencer-minan resmi atau sikap
paling formal dari media tersebut
3) secara teknis tidak perlu ditempatkan pa-da halaman tertentu yang
tetap atau khas
40. Karya jurnalistik, antara lain mempunyai ciri ....
1) mengutamakan kecepatan/aktualitas
2) isi pesan harus faktual
3) improvisasi tidak terbatas
41. Alasan pokok perusahaan media massa seba-gai institusi dan
industri harus mengenal pub-lik organisasinya adalah untuk ....
1) mengidentifikasikan segmen khalayak se-cara tepat
2) menciptakan skala prioritas berhubung terbatasnya anggaran dan
sumber-sumber daya lainnya
3) mempersiapkan pesan-pesannya agar cepat dan mudah diterima
42. Penting untuk dipahami beberapa pengaruh perilaku membeli
pelanggan terhadap harga, bahwa harga ....
1) memaksa pembeli memberi prioritas ter-hadap keinginan dan
kebutuhan mereka
2) membantu pembeli memilih kualitas pro-duk
3) dapat pula melayani pelanggan sebagai indeks penampilan status
sosial pelang-gan
43. Menurut Prof. Onong Uchjana Effendy, media massa Indonesia tidak
berorientasi kepada khalayak, kemungkinan karena ....
1) khalayak Indonesia tidak ada yang mera-sa berkepentingan terhadap
media massa
2) orang-orang media massa tidak merasa penting bertanya kepada
khalayak apa yang dibutuhkan dari media massa
3) tidak adanya dana melakukan penelitian khalayak
44. Budaya media dalam perspektif media massa diartikan sebagai ....
1) media massa yang muncul sebagai pro-duk kebudayaan
2) kebiasaan memanfaatkan media massa
3) budaya yang disalurkan oleh suatu sub kelompok melalui media massa
45. Proses aktivitas penerbitan pers meliputi ga-bungan ....
1) bagian redaksi
2) tata usaha
3) percetakan
No comments:
Post a Comment