Cloud Hosting Indonesia

02 June, 2014

Soal Manajemen Media Massa



TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN MEDIA MASSA
(SKOM4324)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 26,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Fungsi kegiatan memotivasi, supervisi dan komunikasi dengan para karyawan untuk mencapai hasil-hasil yang efektif merupakan cakupan dari manajemen ....          
A.   administratif
B.   operatif
C.   koordinatif
D.   konsolidatif

2.   Kebutuhan manusia adalah konsep utama landasan pemasaran, contoh kebutuhan so-sial adalah ....       
A.   sandang
B.   pangan
C.   keamanan
D.   ekspresi diri
     
3.   Kesemua unsur atau perangkat bauran pema-saran idealnya ditujukan untuk memberikan ....
A.   keuntungan sebesar-besarnya kepada produsen     
B.   kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih
C.   kenaikan omset penjualan semata-mata
D.   pemerataan keuntungan bagi mata rantai distribusi

4.   Jumlah nilai yang ditukarkan konsumen de-ngan manfaat dari memiliki atau menggu-nakan produk atau jasa, merupakan arti luas dari ....
A.   kualitas
B.   kebutuhan
C.   harga
D.   permintaan

5.   Faktor intern yang mempengaruhi keputusan penetapan harga adalah ....
A.   sifat pasar dan permintaan
B.   kebijakan pemerintah
C.   biaya produksi
D.   harga dan tawaran pesaing

6.   Penyajian lisan melalui pembicaraan dan wawancara dengan seseorang atau lebih agar terjadi transaksi, merupakan kegiatan ....
A.   advertensi
B.   personal selling
C.   sales promotion
D.   publisitas

7.   Usaha merangsang permintaan dari suatu produk, melalui berita-berita yang bersifat komersial mengenai produk tersebut, lewat media massa merupakan kegiatan ....
A.   advertensi
B.   personal selling
C.   sales promotion
D.   publisitas

8.   Dalam pemasaran, prakarsa komunikasi ber-asal dari ....
A.   penjual semata-mata
B.   pembeli semata-mata
C.   penjual atau pembeli
D.   pemasok barang semata-mata

9.   Salah satu karakteristik komunikasi massa adalah ....
A.   single source
B.   many receivers
C.   homogeneity
D.   immediate feedback

10.   Pada “model jarum hipodermik” media massa dianggap ....
A.   tidak terarah
B.   efeknya lemah
C.   mempengaruhi pada khalayak yang pro-aktif
D.   mempengaruhi secara langsung

11.   Peran pemuka pendapat (opinion leaders) sangat menonjol pada model ....
A.   jarum hipodermik
B.   komunikasi satu tahap
C.   komunikasi dua tahap
D.   komunikasi antar pribadi

12.   Formula dalam proses komunikasi massa yang dinyatakan dengan pertanyaan “Who, says what, to whom, in which channel with what effect” merupakan rumusan dari ....
A.   Wilbur Schramm
B.   Harold Lasswell
C.   Marvin De Fleur
D.   Aubrey B. Fisher

13.   Menurut Everett M. Rogers, era keempat dalam sejarah perkembangan komunikasi massa adalah era komunikasi ....
A.   tulisan
B.   cetakan
C.   telekomunikasi
D.   interaktif

14.   Komunikator pada media massa mempunyai sifat ....
A.   perorangan
B.   melembaga
C.   individual
D.   kemasyarakatan

15.   Pojok merupakan opini yang ditulis dengan ....
A.   gaya bahasa resmi
B.   muatan isi bersifat analisis pemecahan masalah
C.   cenderung mengajak ikut memikirkan dan merenungkan topiknya
D.   menampilkan kesan sepintas yang impre-sif dengan bahasa yang agak lucu

16.   Laporan suatu peristiwa yang bersifat menje-laskan dalam bentuk feature disebut ....
A.   ulasan
B.   reportase
C.   opini
D.   editorial

17.   Iklan pariwisata, sumbangan bencana banjir, termasuk ke dalam jenis iklan ....
A.   layanan masyarakat
B.   komersial
C.   publikasi
D.   konvensional

18.   Periklanan dalam arti modern, merupakan suatu “gejala masyarakat modern” gejala ini ditandai dengan adanya ....
A.   barang/jasa yang tidak dijual bersamaan dengan pemberian informasi
B.   komunikasi tatap muka
C.   pemberian informasi cenderung menga-baikan peran media massa
D.   transaksi langsung

19.   Teknik producing dan directing pertelevisian di Indonesia, jika dibandingkan dengan tele-visi siaran di Amerika Serikat pada saat ini ....
A.   masih lebih rendah
B.   lebih canggih
C.   sama kecanggihannya
D.   sama-sama memakai teknologi lama

20.   Menurut Fraser P. Seitel di dalam bukunya “The Practice of Public Relations” yang tergolong publik masa depan adalah ....
A.   para karyawan dan pelanggan saat itu da-ri suatu organisasi
B.   mahasiswa dan pelanggan yang potensial
C.   publik yang laten
D.   publik yang aktif

21.   Pada perusahaan media massa, yang terma-suk dalam stakeholders internal adalah ....
A.   konsumen
B.   penyalur
C.   manajemen dan top executive
D.   pemasok

22.   Bisnis media dalam kehidupan dewasa ini lak-sana berbisnis dalam pusaran air media (in a media whirlpool), artinya ....
A.   perbedaan tradisional antara media cetak dan elektronik makin kabur
B.   perbedaan tradisional antara media cetak dan elektronik makin tajam
C.   perkembangan media elektronik menu-runkan minat pembaca surat kabar
D.   perkembangan email semakin memper-tinggi minat baca “surat kabar elektronik”

23.   Dalam dunia stasiun radio “rip-and-read” berarti ....
A.   mempekerjakan karyawannya yang be-kerja merangkap di stasiun radio lain
B.   stasiun radio lebih banyak menggantikan program hiburan dengan program berita
C.   menyesuaikan format program dengan demografi khalayak
D.   radio sebagai media sekunder bagi agen periklanan

24.   Dalam kaitannya dengan proses pemben-tukan pendapat umum di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya di Inggris, yang dijuluki sebagai “pilar pertama” adalah ....
A.   ratu
B.   parlemen
C.   gereja
D.   pers

25.   The politician atau “politisi” merupakan se-butan untuk publisher yang ....
A.   berperan lebih banyak keterlibatannya di kalangan staf
B.   tinggi taraf keterlibatannya baik sikap keramahtamahan maupun sikap negatif-nya terhadap staf
C.   tinggi sikap negatifnya tetapi rendah sikap ramah tamahnya dalam keterlibatannya dengan staf
D.   rendah taraf keterlibatannya baik sikap keramahtamahan maupun sikap negatif-nya terhadap staf

26.   Pelayanan satu arah pada pembaca yang dapat menyaksikan halaman dan cerita surat kabar muncul di layar televisi disebut ....
A.   teletext
B.   videotext
C.   audiotext
D.   audiovideotext

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 27  SAMPAI   33,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

27.   Perusahaan harus memutuskan merek pro-duknya meskipun perusahaan lain tanpa me-rek,
sebab                       
keputusan pemberian merek itu penting se-bagai identifikasi kategori produk itu sendiri.

28.   Perusahaan harus berusaha menyebarluas-kan informasi produk dengan jalan mempe-ngaruhi konsumen agar menciptakan permin-taan atas produk itu, selanjutnya dipelihara dan dikembangkan melalui kegiatan promosi,
sebab                       
konsumen tidak akan membeli suatu produk yang tidak dikenalnya walaupun produk ter-sebut berkualitas dan bermanfaat.

29.   Booklet atau leaflet merupakan salah satu dari bentuk media-massa,
sebab                       
booklet atau leaflet merupakan penerbitan yang bersifat periodik.

30.   Tajuk rencana juga merupakan pencerminan masyarakat setempat atau pembacanya me-ngenai suatu masalah tertentu,
sebab                       
manajemen editorial harus menempatkan po-sisinya dengan tepat sejalan dengan perkem-bangan masyarakat sehingga tajuk rencana merupakan pencerminan resmi dari media cetak itu sendiri.

31.   Setiap perusahaan memiliki urutan prioritas publik yang berbeda meskipun industrinya sama,
sebab                       
tingkat pembagian publik menyangkut prio-ritas yang harus diperhatikan perusahaan.

32.   Ukuran besar kecilnya jumlah pembaca pada majalah tidak sepenting pada surat kabar atau televisi,
sebab                       
majalah pada dewasa ini menjual kualitas daripada kuantitas kepada pembaca.

33.   Sebagai media massa, pers tidak berdiri sen-diri, eksistensinya berdasarkan pada toleransi masyarakat terhadap pers,
sebab                       
makin luas masyarakatnya makin tergantung pula mereka pada saluran-saluran informasi yang lebih meluas baik materi informasinya maupun sumber informasi dan penerimanya/ khalayaknya.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   34   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
34.   Pertukaran merupakan konsep inti pemasaran yang terjadinya harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya yaitu ....
1)   paling sedikit ada dua pihak yang masing-masing memiliki nilai bagi pihak lainnya
2)   masing-masing pihak harus mau melak-sanakan pertukaran dengan pihak lain
3)   masing-masing pihak harus mampu ber-komunikasi dan saling menyerahkan

35.   Menurut Philip Kotler, strategi produk memer-lukan pengambilan keputusan yang terkoor-dinasi mengenai ....
1)   product-item
2)   product-line
3)   product-mix

36.   Yang termasuk perantara pada saluran dis-tribusi adalah ....
1)   pedagang besar
2)   pengecek
3)   agen

37.   Pengecer harus aktif melakukan dan menga-wasi kegiatan usahanya di bidang ....
1)   pengangkutan
2)   penyimpanan
3)   pembelanjaan

38.   Selain memberikan informasi dan menghibur, media massa juga berfungsi ....
1)   mendidik
2)   memperdaya
3)   mempengaruhi

39.   Tajuk rencana “editorial” mempunyai unsur ....
1)   tulisan lebih merupakan pendapat (opini)
2)   pendapat yang ditulis merupakan pencer-minan resmi atau sikap paling formal dari media tersebut
3)   secara teknis tidak perlu ditempatkan pa-da halaman tertentu yang tetap atau khas

40.   Karya jurnalistik, antara lain mempunyai ciri ....
1)   mengutamakan kecepatan/aktualitas
2)   isi pesan harus faktual
3)   improvisasi tidak terbatas
41.   Alasan pokok perusahaan media massa seba-gai institusi dan industri harus mengenal pub-lik organisasinya adalah untuk ....
1)   mengidentifikasikan segmen khalayak se-cara tepat
2)   menciptakan skala prioritas berhubung terbatasnya anggaran dan sumber-sumber daya lainnya
3)   mempersiapkan pesan-pesannya agar cepat dan mudah diterima

42.   Penting untuk dipahami beberapa pengaruh perilaku membeli pelanggan terhadap harga, bahwa harga ....
1)   memaksa pembeli memberi prioritas ter-hadap keinginan dan kebutuhan mereka
2)   membantu pembeli memilih kualitas pro-duk
3)   dapat pula melayani pelanggan sebagai indeks penampilan status sosial pelang-gan

43.   Menurut Prof. Onong Uchjana Effendy, media massa Indonesia tidak berorientasi kepada khalayak, kemungkinan karena ....
1)   khalayak Indonesia tidak ada yang mera-sa berkepentingan terhadap media massa
2)   orang-orang media massa tidak merasa penting bertanya kepada khalayak apa yang dibutuhkan dari media massa
3)   tidak adanya dana melakukan penelitian khalayak

44.   Budaya media dalam perspektif media massa diartikan sebagai ....
1)   media massa yang muncul sebagai pro-duk kebudayaan
2)   kebiasaan memanfaatkan media massa
3)   budaya yang disalurkan oleh suatu sub kelompok melalui media massa

45.   Proses aktivitas penerbitan pers meliputi ga-bungan ....
1)   bagian redaksi
2)   tata usaha
3)   percetakan

No comments:

Post a Comment