TUGAS MANDIRI
TEORI DAN METODE INTERVENSI SOSIAL
(SOSI4304)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI DENGAN 33,
PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Salah satu konsep filosofis yang mendukung
praktek intervensi sosial adalah ....
A. pemulihan fungsi sosial bisa berjalan dengan
baik, bila kelayan ikut berpartisipasi sebagai perwujudan tanggung jawab
sosialnya
B. pekerja sosial dalam keadaan keterikatan yang
saling menggantungkan dengan kelayan
C. setiap individu mengalami gangguan untuk
mengembangkan potensinya
D. kebutuhan setiap orang pada dasarnya tidak
berbeda dengan yang lainnya
2. Individu yang mengalami gangguan
keberfungsian sosial oleh Sitir disebut ....
A. indetified patient
B. kelayan
C. individu bermasalah
D. sistem kelayan
3. Nilai-nilai filosofis tentang konsepsi dan
produk manusia yang dapat dijadikan alat bantu untuk menjadi pedoman perlakuan
terhadap manusia, diterapkan dalam praktek intervensi sosial. Pernyataan yang tidak
termasuk ke dalam nilai filosofis tersebut ....
A. setiap orang bertanggung jawab terhadap
dirinya, tetapi dituntut juga untuk memperhatikan kepentingan orang lain atau
masyarakat
B. masyarakat berkewajiban menyediakan sumber
dan layanan bantuan untuk membantu warga agar dapat berfungsi sosial
C. setiap orang selayaknya diperlakukan sebagai
warga masyarakat yang memiliki martabat dan harga diri
D. setiap orang diakui sebagai warga yang
stereotip sesuai dengan karakteristik dan pengalaman hidupnya
4. Salah satu ciri relasi interventif adalah
....
A. sikap empatik penyantun terhadap kelayan
B. sebagai salah satu jenis relasi personal
C. sebagai saluran dari sebagian proses
intervensi
D. sebagai alat komunikasi antara kelayan dengan
pelaksana intervansi
5. Sikap yang empatik dapat dideskripsikan
sebagai berikut ....
A. kelayanan berhak menentukan alternatif
pemecahan masalah yang diusulkan pelaksana intervensi
B. penyantun berbagi perasaan dengan kelayan
secara emosional ke dalam perasaan kelayan
C. mengubah pandangan dan sikap kelayan terhadap
masalah kehidupan sosial yang dihadapinya
D. penyantun berkewajiban memaksakan kehendaknya
untuk mengatasi masalah kelayan
6. Dalam kaitannya dengan perwujudan kebutuhan
insani yang berupa kebutuhan untuk menyatakan perasaan baik yang positif maupun
negatif, maka pelaksana intervensi atau penyantun wajib ....
A. memperlakukan kelayan berdasarkan
persoalannya
B. mengadili kelayan sesuai dengan persoalan
yang dialaminya
C. menentukan arah yang ingin dituju kelayan
dalam kehidupannya
D. menampilkan dirinya sebagai pendengar yang
baik dan respon terhadap permasalahan yang dikemukakan kelayan
7. Kelayan beserta keluarganya, lingkungan
terdekatnya yang mempunyai kaitan langsung maupun tidak langsung dengan
permasalahan yang dialami kelayan disebut ....
A. pelaksana perubahan yang potensial
B. agen perubahan
C. sistem kelayan yang potensial
D. sistem kelayan
8. Tujuan suatu perubahan yang berupaya
memaksakan kehendak dari penguasa kepada para tawanan perang, melalui suatu
teknik tertentu sehingga mental mereka lumpuh, termasuk jenis perubahan ....
A. sosialisasi
B. berencana
C. intimidasi
D. indoktrinasi
9. Perubahan koersif adalah perubahan yang
dipaksakan melalui pengendalian berpikir dan pencucian otak. Pada perubahan
koersif ditandai oleh ....
A. penetapan tujuan oleh dua pihak secara
bersama-sama
B. penetapan tujuan oleh satu pihak saja
C. perbandingan kekuasaan berimbang
D. tidak sengaja oleh dua pihak
10. Perubahan yang terjadi karena ada proses yang
tidak disadari oleh bawahan yang mengidentifikasikan diri terhadap tokoh yang
berkuasa, seperti dalam hal disiplin tinggi, termasuk jenis perubahan ....
A. emulsif
B. sosialisasi
C. interaksional
D. koersif
11. Dari contoh berikut yang termasuk perubahan pemeliharaan adalah
perubahan ....
A. sistem pemerintahan, dari negara jajahan, menjadi negara
demokratis
B. susunan kepengurusan suatu organisasi
C. perkembangan yang terjadi pada manusia
D. yang terjadi secara berulang (siklus)
12. Dalam perubahan berencana, secara bertahap kelayan dilatih untuk
mengembalikan kemampuannya, Pelatihan kelayan tersebut termasuk tahapan ....
A. kondisi awal
B. proses perubahan
C. proses pengembangan
D. kondisi akhir
13. Manusia mengalami perubahan yang bertahap sesuai dengan pola
perkembangan,. ada masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan sebagainya.
Perubahan-perubahan tersebut dapat dinyatakan sebagai perubahan ....
A. siklik
B. pemeliharaan
C. terpecah
D. kecenderungan
14. Proses intervensi sosial dikonseptualisasikan sebagai suatu studi,
asesmen, perencanaan, tindakan, dan terminasi. Konsep tersebut dikemukakan oleh
....
A. Pincus dan Minahan
B. Max Siporin
C. Perlman
D. Johnson
15. Seseorang yang tidak dapat menjalankan fungsi sosialnya atau
peranannya sesuai dengan tuntutan lingkungan membutuhkan pihak lain untuk
membantu mengatasi permasalahannya. Oleh karenanya ia membutuhkan apa yang
disebut ....
A. santunan
B. teknik-teknik intervensi sosial
C. intervensi sosial
D. patologi sosial
16. Tujuan dari intervensi sosial adalah ....
A. memperbaiki lingkungan sosial kelayan
B. terjadinya perubahan berencana dari suatu keadaan tertentu keadaan
yang lainnya yang lebih baik
C. memulihkan lingkungan sosial kelayan
D. memberikan patlogi sosial
17. Menurut Anne Homes ada tiga macam teknik yang sering digunakan
dalam intervensi sosial. Ketiga teknik tersebut, yaitu ....
A. memberikan bimbingan, advokasi, dan menciptakan pekerjaan
B. memberikan konsultasi, bimbingan, dan pekerjaan yang sesuai dengan
kemampuan kelayan
C. memberikan konsultasi, bimbingan, dan material yang diperlukan
kelayan
D. usaha mempengaruhi, pemberian nasehat, dan kesempatan jaringan
kerja
18. Kepribadian yang utuh, pengetahuan yang luas, dan keterampilan
profesional perlu dimiliki pelaksana intervensi, karena hal itu dapat
mempengaruhi ....
A. relasi-relasinya yang mapan
B. kewenangannya
C. kharisma dan daya tarik pribadi
D. status dan reputasinya
19. Kharisma dan daya tarik pribadi merupakan sumber yang paling
penting dalam pemberian pengaruh. Daya tarik pelaksana intervensi dapat
ditingkatkan berdasarkan karakteristik deskriptipnya, yaitu....
A. umur, jenis kelamin, ras
B. status dan reputasi di masyarakat
C. sumber material yang dikuasainya
D. kewenangan jabatan yang dimilikinya
20. Pengertian tentang komunikasi menurut Barker adalah ....
A. sarana untuk berbagi informasi antara pihak-pihak yang
berkomunikasi
B. alat untuk memahami hal-hal yang dipercakapkan oleh dua pihak
C. pertukaran informasi secara verbal dan non verbal dengan
menggunakan berbagai cara, dimana pengetahuan disampaikan dan diterima
D. hubungan verbal antara satu pihak dengan pihak yang lainnya
21. Dalam komunikasi, sarana penyampaian pesan yang digunakan dapat
berupa verbal maupun nonverbal. Unsur yang termasuk komunikasi non verbal
adalah ....
A. isyarat, gambar, lambang-lambang
B. bahasa, isyarat, gambar
C. bahasa lisan, isyarat, gambar
D. bahasa, isyarat, lambang-lambang
22. Komunikasi yang menggunakan sarana rekaman elektronik, seperti
data rekaman komputer, audio, video, merupakan bentuk komunikasi ....
A. verbal
B. nonverbal
C. lisan
D. tertulis
23. Salah satu bentuk social intelligence adalah ....
A. kemampuan untuk memberikan perhatian terhadap
permasalahan yang sedang dihadapi kelayan
B. kedalaman pemahaman pekerja sosial terhadap masalah yang dihadapi
kelayan
C. kemampuan kelayan untuk menceritera-kan masalah yang dihadapi
dirinya
D. kemampuan pekerja sosial untuk menggali masalah yang dihadapi
kelayan
24. Informasi dan makna yang terkandung di dalam berkomunikasi dapat
ditangkap atau dimengerti oleh pihak-pihak yang berkomunikasi bila ....
A. pesan verbal maupun nonverbal dapat diintegrasikan
B. informasi atau pesan yang diterima kedua pihak dapat diterima
secara utuh
C. pesan verbal maupun nonverbal dapat diintegrasikan dan dapat
diterima secara utuh oleh kedua pihak
D. memperhatikan apa yang diinformasikan atau dipesankan oleh
masing-masing pihak
25. Menganggukkan kepala sebagai tanda setuju dan sebaliknya
menggelengkan kepala sebagai tanda tidak setuju terhadap suatu hal, merupakan
bentuk komunikasi nonverbal yang berupa ....
A. kinetik
B. proksemiks
C. aspek statis
D. aspek dinamis
26. Dari ungkapan berikut yang termasuk fungsi menutupi ungkapan yang
tidak enak didengar pihak lain adalah ....
A. Bila Anda sedang berbincang dengan teman Anda dan sudah cukup
lama, kemudian teman Anda berulang kali melihat jam tangan, dengan maksud
menyudahi perbincangan
B. Salah seorang teman mengacungkan tangannya kepada pihak lain agar
dirinya dipersilahkan berbicara lebih dahulu
C. Untuk memperkuat ucapannya, dengan geram ia mengatakan “saya tidak
senang terhadap tingkah laku anak itu”.
D. Untuk memperlihatkan kontradiksi, ia tidak lagi memperhatikan
penjelasan dari apa yang ditanyakannya
27. Untuk memperoleh data tentang gambaran lingkungan sosial dan kondisi kelayan yang sebenarnya, yang
tidak terungkap selama dilakukan wawancara, maka teknik pengumpulan data yang
tepat yang dapat digunakan oleh pekerja sosial adalah ....
A. observasi
B. pengamatan
C. kunjungan rumah
D. diskusi
28. Bila pengamat terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh objek
yang sedang diamati dan pengamat bukan penanggung jawab kegiatan, maka
objektivitas hasil pengamatan dapat dikatakan ....
A. kurang objektif
B. objektif
C. subjektif
D. bias
29. Teknik observasi diperlukan oleh pekerja sosial bila ....
A. kelayan mau berceritera secara verbal tentang semua permasalahan
yang dialaminya
B. kelayan merasa malu untuk menceriterakan semua permasalahan yang
dialaminya
C. kelayan tidak berkeberatan untuk menceriterakan tentang hubungan
suami isteri dalam mengambil keputusan
D. kelayan mau untuk menceriterakan tentang hubungan suami siteri
dalam berkomunikasi dengan pihak luar keluarga
30. Salah satu jenis wawancara menurut Zostrow adalah wawancara
terapiutik. Tujuan dari wawancara teraupik adalah ....
A. untuk mengubah lingkungan sosial kelayan sehingga keberfungsian
sosial kelayan menjadi lebih baik
B. meminta kelayan menceriterakan masalah yang dialaminya
C. untuk mengetahui apa saja yang sudah diupayakan kelayan dalam
mengatasi masalah yang dialaminya
D. mendorong kelayan untuk menyelesaikan sendiri masalah yang
dihadapinya
31. Untuk memperoleh informasi yang melatarbelakangi masalah pribadi
atau sosial yang dihadapi kelayan, maka jenis wawancara yang paling tepat
digunakan adalah wawancara ....
A. tidak langsung
B. terapiutik
C. diagnostik
D. informasiona
32. Untuk memperoleh keleluasaan pribadi, wawancara antara pekerja
sosial dengan kelayan sebaknya dilakukan di ....
A. kantor
B. di rumah kelayan
C. di taman
D.
di rumah makan
33. Kegagalan beradaptasi terhadap berbagai situasi sosial menimbulkan
masalah. Jika masalah tersebut berlarut larut, maka akan menyebabkan seseorang
mengalami ....
A. gangguan keberfungsian sosial
B. keberfungsian sosial
C. konflik sosial
D. intervensi sosial
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 34 SAMPAI
39, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
34. Perkembangan pribadi individu kelayan dipengaruhi oleh
interaksinya dengan pihak lain,
sebab
individu
kelayan dengan pihak lain dalam siatuasi dan kondisi keterkaitan yang saling
menguntungkan.
35. Segala informasi yang dipercayakan kepada pelaksana intervensi
harus dipertahankan dan dijaga kerahasiaannya,
sebab
di
dunia ini tidak ada seorangpun yang ingin dipermalukan.
36. Asesmen perlu dilakukan terus menerus sejak awal kegiatan untuk
membantu kelayan hingga tahap-tahap intervensi berlangsung,
sebab
asesmen
adalah proses upaya pekerja sosial yang berkelanjutan yang mengembangkan
pemahaman terhadap seorang pribadi di dalam situasinya, yang digunakan sebagai
landasan untuk melakukan tindakan.
37. Salah satu tujuan asesmen masalah kelayan adalah untuk membantu
pekerja sosial mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang terkait di
dalam situasi sosial khusus yang dialami kelayan,
sebab
produk
akhir dari asesmen masalah kelayan adalah menghidentifikasi dan menetapkan arah
perubahan yang ingin dicapai.
38. Perubahan berencana merupakan jenis perubahan yang paling tepat
untuk membantu kelayan,
sebab
perubahan
berencana berasal dari sebuah keputusan dari dua pihak yang berelasi yang
bertujuan untuk perbaikan sistem kepribadian atau sosial kelayan dengan
bimbingan profesional pihak luar.
39. Dalam penelitian sosial, pengamatan partisipan, merupakan salah
satu cara pengumpulan data atau informasi,
sebab
dalam pengamatan partisipan, pengamat boleh
berhubungan akrab dan terlibat langsung dengan kegiatan–kegiatan yang dilakukan
oleh objek yang diamati
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 40
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
40. Prinsip-prinsip dasar relasi intervensi hendaknya memperhatikan
kebutuhan insani. Termasuk dalam kebutuhan insani adalah ....
1) kebutuhan untuk tidak dipersalahkan menganai kesulitan yang
dideritanya
2) kebutuhan untuk diadili mengenai masalah yang dialaminya
3) kebutuhan untuk menentukan pilihan dan keputusan sendiri bagi
kehidupannya sendiri
41. Tahap-tahap pengembanan kebutuhan untuk perubahan ke arah
keberfungsian sosial kelayan adalah ....
1) pelaksana perubahan membantu sistem kelayan untuk menstimulasikan
kesadarannya bahwa mereka sedang mengalami masalah
2) pihak ketiga menyadari bahwa ada masalah pada sistem kelayan dan
mempertemukannya dengan pelaksana perubahan
3) sistem kelayan yang potensial tidak menyadari bahwa mereka
mengalami kesulitan, yang kemudian atas usahanya sendiri mencari bantuan dari
sumber lain
42. Penyebab kelayan tidak dapat mengatasi masalah sendiri adalah ....
1) kelayan tidak berdaya akibat penderitaan yang dialaminya
2) kelayan tidak memiliki mekanisme pemecahan yang efektif
3) beban pikiran yang terlalu berat yang dialami kelayan
43. Bidang-bidang permasalahan sosial antara lain adalah kenakalan
remaja, narkotik dan kemiskinan. Untuk membantu mengatasi permasalahan sosial
tersebut, maka pelaksana intervensi hendaknya ....
1) memiliki metode dan teknik pelaksanaan intervensi yang tepat
2) memiliki pengalaman yang cukup tentang intervensi yang dilakukannya
3) memiliki pengetahuan dan keahlian dalam hubungan antarpribadi
44. Yang dimaksud dengan intelegensi sosial menurut Perlman adalah
....
1) kelayan memiliki pengertian yang mendalam tentang masalahnya
sendiri
2) kelayan memiliki sikap yang tegas dalam menyelesaikan masalah yang
dihadapinya
3) kemampuan kelayan untuk berkomunikasi, baik terhadap dirinya
maupun terhadap orang lain
45. Komunikasi dapat dibedakan menjadi komunikasi verbal dan
komunikasi nonverbal. Fungsi komunikasi nonverbal antara lain adalah ....
1) untuk mengatur pihak lain
2) memberikan warna terhadap bahasa yang digunakan pada waktu
berkomunikasi
3) untuk menjelaskan ungkapan yang tidak enak didengar oleh pihak
lain
No comments:
Post a Comment