Cloud Hosting Indonesia

08 June, 2014

Soal Teori Dan Metode Intervensi Sosial



TUGAS MANDIRI
TEORI DAN METODE INTERVENSI SOSIAL
(SOSI4304)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 33,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Salah satu konsep filosofis yang mendukung praktek intervensi sosial adalah ....           
A.   pemulihan fungsi sosial bisa berjalan dengan baik, bila kelayan ikut berpartisipasi sebagai perwujudan tanggung jawab sosialnya
B.   pekerja sosial dalam keadaan keterikatan yang saling menggantungkan dengan kelayan
C.   setiap individu mengalami gangguan untuk mengembangkan potensinya
D.   kebutuhan setiap orang pada dasarnya tidak berbeda dengan yang lainnya

2.   Individu yang mengalami gangguan keberfungsian sosial oleh Sitir disebut ....    
A.   indetified patient
B.   kelayan
C.   individu bermasalah
D.   sistem kelayan
     
3.   Nilai-nilai filosofis tentang konsepsi dan produk manusia yang dapat dijadikan alat bantu untuk menjadi pedoman perlakuan terhadap manusia, diterapkan dalam praktek intervensi sosial. Pernyataan yang tidak termasuk ke dalam nilai filosofis tersebut ....
A.   setiap orang bertanggung jawab terhadap dirinya, tetapi dituntut juga untuk memperhatikan kepentingan orang lain atau masyarakat
B.   masyarakat berkewajiban menyediakan sumber dan layanan bantuan untuk membantu warga agar dapat berfungsi sosial
C.   setiap orang selayaknya diperlakukan sebagai warga masyarakat yang memiliki martabat dan harga diri
D.   setiap orang diakui sebagai warga yang stereotip sesuai dengan karakteristik dan pengalaman hidupnya

4.   Salah satu ciri relasi interventif adalah ....
A.   sikap empatik penyantun terhadap kelayan
B.   sebagai salah satu jenis relasi personal
C.   sebagai saluran dari sebagian proses intervensi
D.   sebagai alat komunikasi antara kelayan dengan pelaksana intervansi

5.   Sikap yang empatik dapat dideskripsikan sebagai berikut ....
A.   kelayanan berhak menentukan alternatif pemecahan masalah yang diusulkan pelaksana intervensi
B.   penyantun berbagi perasaan dengan kelayan secara emosional ke dalam perasaan kelayan
C.   mengubah pandangan dan sikap kelayan terhadap masalah kehidupan sosial yang dihadapinya
D.   penyantun berkewajiban memaksakan kehendaknya untuk mengatasi masalah kelayan

6.   Dalam kaitannya dengan perwujudan kebutuhan insani yang berupa kebutuhan untuk menyatakan perasaan baik yang positif maupun negatif, maka pelaksana intervensi atau penyantun wajib ....
A.   memperlakukan kelayan berdasarkan persoalannya
B.   mengadili kelayan sesuai dengan persoalan yang dialaminya
C.   menentukan arah yang ingin dituju kelayan dalam kehidupannya
D.   menampilkan dirinya sebagai pendengar yang baik dan respon terhadap permasalahan yang dikemukakan kelayan

7.   Kelayan beserta keluarganya, lingkungan terdekatnya yang mempunyai kaitan langsung maupun tidak langsung dengan permasalahan yang dialami kelayan disebut ....
A.   pelaksana perubahan yang potensial
B.   agen perubahan
C.   sistem kelayan yang potensial
D.   sistem kelayan

8.   Tujuan suatu perubahan yang berupaya memaksakan kehendak dari penguasa kepada para tawanan perang, melalui suatu teknik tertentu sehingga mental mereka lumpuh, termasuk jenis perubahan ....
A.   sosialisasi
B.   berencana
C.   intimidasi
D.   indoktrinasi

9.   Perubahan koersif adalah perubahan yang dipaksakan melalui pengendalian berpikir dan pencucian otak. Pada perubahan koersif ditandai oleh ....
A.   penetapan tujuan oleh dua pihak secara bersama-sama
B.   penetapan tujuan oleh satu pihak saja
C.   perbandingan kekuasaan berimbang
D.   tidak sengaja oleh dua pihak

10.   Perubahan yang terjadi karena ada proses yang tidak disadari oleh bawahan yang mengidentifikasikan diri terhadap tokoh yang berkuasa, seperti dalam hal disiplin tinggi, termasuk jenis perubahan ....
A.   emulsif
B.   sosialisasi
C.   interaksional
D.   koersif

11.   Dari contoh berikut yang termasuk perubahan pemeliharaan adalah perubahan ....
A.   sistem pemerintahan, dari negara jajahan, menjadi negara demokratis
B.   susunan kepengurusan suatu organisasi
C.   perkembangan yang terjadi pada manusia
D.   yang terjadi secara berulang (siklus)

12.   Dalam perubahan berencana, secara bertahap kelayan dilatih untuk mengembalikan kemampuannya, Pelatihan kelayan tersebut termasuk tahapan ....
A.   kondisi awal
B.   proses perubahan
C.   proses pengembangan
D.   kondisi akhir

13.   Manusia mengalami perubahan yang bertahap sesuai dengan pola perkembangan,. ada masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan sebagainya. Perubahan-perubahan tersebut dapat dinyatakan sebagai perubahan ....
A.   siklik
B.   pemeliharaan
C.   terpecah
D.   kecenderungan
14.   Proses intervensi sosial dikonseptualisasikan sebagai suatu studi, asesmen, perencanaan, tindakan, dan terminasi. Konsep tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Pincus dan Minahan
B.   Max Siporin
C.   Perlman
D.   Johnson

15.   Seseorang yang tidak dapat menjalankan fungsi sosialnya atau peranannya sesuai dengan tuntutan lingkungan membutuhkan pihak lain untuk membantu mengatasi permasalahannya. Oleh karenanya ia membutuhkan apa yang disebut ....
A.   santunan
B.   teknik-teknik intervensi sosial
C.   intervensi sosial
D.   patologi sosial

16.   Tujuan dari intervensi sosial adalah ....
A.   memperbaiki lingkungan sosial kelayan
B.   terjadinya perubahan berencana dari suatu keadaan tertentu keadaan yang lainnya yang lebih baik
C.   memulihkan lingkungan sosial kelayan
D.   memberikan patlogi sosial

17.   Menurut Anne Homes ada tiga macam teknik yang sering digunakan dalam intervensi sosial. Ketiga teknik tersebut, yaitu ....
A.   memberikan bimbingan, advokasi, dan menciptakan pekerjaan
B.   memberikan konsultasi, bimbingan, dan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kelayan
C.   memberikan konsultasi, bimbingan, dan material yang diperlukan kelayan
D.   usaha mempengaruhi, pemberian nasehat, dan kesempatan jaringan kerja

18.   Kepribadian yang utuh, pengetahuan yang luas, dan keterampilan profesional perlu dimiliki pelaksana intervensi, karena hal itu dapat mempengaruhi ....
A.   relasi-relasinya yang mapan
B.   kewenangannya
C.   kharisma dan daya tarik pribadi
D.   status dan reputasinya

19.   Kharisma dan daya tarik pribadi merupakan sumber yang paling penting dalam pemberian pengaruh. Daya tarik pelaksana intervensi dapat ditingkatkan berdasarkan karakteristik deskriptipnya, yaitu....
A.   umur, jenis kelamin, ras
B.   status dan reputasi di masyarakat
C.   sumber material yang dikuasainya
D.   kewenangan jabatan yang dimilikinya

20.   Pengertian tentang komunikasi menurut Barker adalah ....
A.   sarana untuk berbagi informasi antara pihak-pihak yang berkomunikasi
B.   alat untuk memahami hal-hal yang dipercakapkan oleh dua pihak
C.   pertukaran informasi secara verbal dan non verbal dengan menggunakan berbagai cara, dimana pengetahuan disampaikan dan diterima
D.   hubungan verbal antara satu pihak dengan pihak yang lainnya

21.   Dalam komunikasi, sarana penyampaian pesan yang digunakan dapat berupa verbal maupun nonverbal. Unsur yang termasuk komunikasi non verbal adalah ....
A.   isyarat, gambar, lambang-lambang
B.   bahasa, isyarat, gambar
C.   bahasa lisan, isyarat, gambar
D.   bahasa, isyarat, lambang-lambang

22.   Komunikasi yang menggunakan sarana rekaman elektronik, seperti data rekaman komputer, audio, video, merupakan bentuk komunikasi ....
A.   verbal
B.   nonverbal
C.   lisan
D.   tertulis

23.   Salah satu bentuk social intelligence adalah ....
A.   kemampuan untuk memberikan perhatian terhadap permasalahan yang sedang dihadapi kelayan
B.   kedalaman pemahaman pekerja sosial terhadap masalah yang dihadapi kelayan
C.   kemampuan kelayan untuk menceritera-kan masalah yang dihadapi dirinya
D.   kemampuan pekerja sosial untuk menggali masalah yang dihadapi kelayan

24.   Informasi dan makna yang terkandung di dalam berkomunikasi dapat ditangkap atau dimengerti oleh pihak-pihak yang berkomunikasi bila ....
A.   pesan verbal maupun nonverbal dapat diintegrasikan
B.   informasi atau pesan yang diterima kedua pihak dapat diterima secara utuh
C.   pesan verbal maupun nonverbal dapat diintegrasikan dan dapat diterima secara utuh oleh kedua pihak
D.   memperhatikan apa yang diinformasikan atau dipesankan oleh masing-masing pihak

25.   Menganggukkan kepala sebagai tanda setuju dan sebaliknya menggelengkan kepala sebagai tanda tidak setuju terhadap suatu hal, merupakan bentuk komunikasi nonverbal yang berupa ....
A.   kinetik
B.   proksemiks
C.   aspek statis
D.   aspek dinamis

26.   Dari ungkapan berikut yang termasuk fungsi menutupi ungkapan yang tidak enak didengar pihak lain adalah ....
A.   Bila Anda sedang berbincang dengan teman Anda dan sudah cukup lama, kemudian teman Anda berulang kali melihat jam tangan, dengan maksud menyudahi perbincangan
B.   Salah seorang teman mengacungkan tangannya kepada pihak lain agar dirinya dipersilahkan berbicara lebih dahulu
C.   Untuk memperkuat ucapannya, dengan geram ia mengatakan “saya tidak senang terhadap tingkah laku anak itu”.
D.   Untuk memperlihatkan kontradiksi, ia tidak lagi memperhatikan penjelasan dari apa yang ditanyakannya

27.   Untuk memperoleh data tentang gambaran lingkungan sosial  dan kondisi kelayan yang sebenarnya, yang tidak terungkap selama dilakukan wawancara, maka teknik pengumpulan data yang tepat yang dapat digunakan oleh pekerja sosial adalah ....
A.   observasi
B.   pengamatan
C.   kunjungan rumah
D.   diskusi

28.   Bila pengamat terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh objek yang sedang diamati dan pengamat bukan penanggung jawab kegiatan, maka objektivitas hasil pengamatan dapat dikatakan ....
A.   kurang objektif
B.   objektif
C.   subjektif
D.   bias

29.   Teknik observasi diperlukan oleh pekerja sosial bila ....
A.   kelayan mau berceritera secara verbal tentang semua permasalahan yang dialaminya
B.   kelayan merasa malu untuk menceriterakan semua permasalahan yang dialaminya
C.   kelayan tidak berkeberatan untuk menceriterakan tentang hubungan suami isteri dalam mengambil keputusan
D.   kelayan mau untuk menceriterakan tentang hubungan suami siteri dalam berkomunikasi dengan pihak luar keluarga

30.   Salah satu jenis wawancara menurut Zostrow adalah wawancara terapiutik. Tujuan dari wawancara teraupik adalah ....
A.   untuk mengubah lingkungan sosial kelayan sehingga keberfungsian sosial kelayan menjadi lebih baik
B.   meminta kelayan menceriterakan masalah yang dialaminya
C.   untuk mengetahui apa saja yang sudah diupayakan kelayan dalam mengatasi masalah yang dialaminya
D.   mendorong kelayan untuk menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapinya

31.   Untuk memperoleh informasi yang melatarbelakangi masalah pribadi atau sosial yang dihadapi kelayan, maka jenis wawancara yang paling tepat digunakan adalah wawancara ....
A.   tidak langsung
B.   terapiutik
C.   diagnostik
D.   informasiona

32.   Untuk memperoleh keleluasaan pribadi, wawancara antara pekerja sosial dengan kelayan sebaknya dilakukan di ....
A.   kantor
B.   di rumah kelayan
C.   di taman
D.     di rumah makan

33.   Kegagalan beradaptasi terhadap berbagai situasi sosial menimbulkan masalah. Jika masalah tersebut berlarut larut, maka akan menyebabkan seseorang mengalami ....
A.   gangguan keberfungsian sosial
B.   keberfungsian sosial
C.   konflik sosial
D.   intervensi sosial


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 34  SAMPAI   39,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

34.   Perkembangan pribadi individu kelayan dipengaruhi oleh interaksinya dengan pihak lain,
sebab                       
individu kelayan dengan pihak lain dalam siatuasi dan kondisi keterkaitan yang saling menguntungkan.

35.   Segala informasi yang dipercayakan kepada pelaksana intervensi harus dipertahankan dan dijaga kerahasiaannya,
sebab                       
di dunia ini tidak ada seorangpun yang ingin dipermalukan.

36.   Asesmen perlu dilakukan terus menerus sejak awal kegiatan untuk membantu kelayan hingga tahap-tahap intervensi berlangsung,
sebab                       
asesmen adalah proses upaya pekerja sosial yang berkelanjutan yang mengembangkan pemahaman terhadap seorang pribadi di dalam situasinya, yang digunakan sebagai landasan untuk melakukan tindakan.

37.   Salah satu tujuan asesmen masalah kelayan adalah untuk membantu pekerja sosial mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang terkait di dalam situasi sosial khusus yang dialami kelayan,
sebab                       
produk akhir dari asesmen masalah kelayan adalah menghidentifikasi dan menetapkan arah perubahan yang ingin dicapai.

38.   Perubahan berencana merupakan jenis perubahan yang paling tepat untuk membantu kelayan,
sebab                       
perubahan berencana berasal dari sebuah keputusan dari dua pihak yang berelasi yang bertujuan untuk perbaikan sistem kepribadian atau sosial kelayan dengan bimbingan profesional pihak luar.

39.   Dalam penelitian sosial, pengamatan partisipan, merupakan salah satu cara pengumpulan data atau informasi,
sebab                       
dalam pengamatan partisipan, pengamat boleh berhubungan akrab dan terlibat langsung dengan kegiatan–kegiatan yang dilakukan oleh objek yang diamati

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  40   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
40.   Prinsip-prinsip dasar relasi intervensi hendaknya memperhatikan kebutuhan insani. Termasuk dalam kebutuhan insani adalah ....
1)   kebutuhan untuk tidak dipersalahkan menganai kesulitan yang dideritanya
2)   kebutuhan untuk diadili mengenai masalah yang dialaminya
3)   kebutuhan untuk menentukan pilihan dan keputusan sendiri bagi kehidupannya sendiri

41.   Tahap-tahap pengembanan kebutuhan untuk perubahan ke arah keberfungsian sosial kelayan adalah ....
1)   pelaksana perubahan membantu sistem kelayan untuk menstimulasikan kesadarannya bahwa mereka sedang mengalami masalah
2)   pihak ketiga menyadari bahwa ada masalah pada sistem kelayan dan mempertemukannya dengan pelaksana perubahan
3)   sistem kelayan yang potensial tidak menyadari bahwa mereka mengalami kesulitan, yang kemudian atas usahanya sendiri mencari bantuan dari sumber lain

42.   Penyebab kelayan tidak dapat mengatasi masalah sendiri adalah ....
1)   kelayan tidak berdaya akibat penderitaan yang dialaminya
2)   kelayan tidak memiliki mekanisme pemecahan yang efektif
3)   beban pikiran yang terlalu berat yang dialami kelayan

43.   Bidang-bidang permasalahan sosial antara lain adalah kenakalan remaja, narkotik dan kemiskinan. Untuk membantu mengatasi permasalahan sosial tersebut, maka pelaksana intervensi hendaknya ....
1)   memiliki metode dan teknik pelaksanaan intervensi yang tepat
2)   memiliki pengalaman yang cukup tentang intervensi yang dilakukannya
3)   memiliki pengetahuan dan keahlian dalam hubungan antarpribadi

44.   Yang dimaksud dengan intelegensi sosial menurut Perlman adalah ....
1)   kelayan memiliki pengertian yang mendalam tentang masalahnya sendiri
2)   kelayan memiliki sikap yang tegas dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya
3)   kemampuan kelayan untuk berkomunikasi, baik terhadap dirinya maupun terhadap orang lain

45.   Komunikasi dapat dibedakan menjadi komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Fungsi komunikasi nonverbal antara lain adalah ....
1)   untuk mengatur pihak lain
2)   memberikan warna terhadap bahasa yang digunakan pada waktu berkomunikasi
3)   untuk menjelaskan ungkapan yang tidak enak didengar oleh pihak lain

No comments:

Post a Comment