TUGAS MANDIRI
ADAT DAN BUDAYA INDONESIA
(PPKN3303)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Seorang anak menirukan cara makan orang
tuanya, dan memperhatikan tata cara kehidupan yang ada di sekitarnya.
Dari pernyataan di atas kita dapat
mengambil kesimpulan bahwa kebudayaan merupakan hasil
A. transmisi biologis.
B. unsur genetis.
C. transmisi sosial.
D. proses belajar.
2. Salah satu alat yang penting untuk
melestarikan budaya ialah
A. kemauan.
B. bahasa.
C. pola pikir.
D. perilaku.
3. Pernyataan yang tidak tepat tentang
kebudayaan di Indonesia juga bersifat univeral adalah
A. masyarakat Minangkabau dengan latar belakang
sistem kekerabatannya, bersifat unilateral.
B. masyarakat Jawa dalam penentuan ahli waris
bersistem bilateral.
C. masyarakat Minangkabau dalam pola pengasuhan
anak bersistem bilateral.
D. masyarakat Jawa dalam sistem perkawinan
bersifat bilateral.
4. Masyarakat percaya bahwa di alam semesta ini
dihuni oleh makhluk halus, roh halus dan sebagian masyarakat ada yang
memujanya.
Pernyataan
di atas termasuk dalam corak
A. komunal.
B. relegio magis.
C. visual.
D. kontan.
5. Aktivitas kebudayaan yang disebut hukum
adalah putusan-putusan melalui suatu mekanisme yang diberi kuasa dan pengaruh
di dalam masyarakat.
Ciri
huklum di atas disebut
A. attribute of intension of universal
application.
B. attribute of authority.
C. attribute of obligation.
D. attribute of sanction.
6. Sekelompok orang melaksanakan kegiatan gotong
royong bekerja sama berdasarkan rasa solidaritas, tanpa pamrih.
Hal di atas termasuk dalam
tingkatan adat
A. aturan khusus.
B. norma-norma.
C. hukum
D. nilai budaya.
7. Adat Indonesia yang menganjurkan bila setelah
bepergian dari suatu tempat yang jauh sebaiknya membawa oleh-oleh untuk kerabat
dekat atau tetangga termasuk memiliki nilai
A. norma hidup bertetangga.
B. gotong royong.
C. bergaya
hidup mewah.
D. berbudi luhur.
8. Proses sosialisisi yang berbeda ditentukan
oleh
A. susunan kebudayaan dan lingkungan sosial.
B. pola hidup para pemimpin setempat.
C. sisten perekonomian daerah setempat.
D. pendidikan yang diikuti marganya.
9. Tidak termasuk unsur normatif yang bersifat
esensiol adalah unsur yang
A. bersifat mengantur.
B. menyangkut kepercayaan.
C. menyangkut penilaian.
D. bersifat mendukung.
10. Orang yang mengalami hambatan dalam proses internalisasi,
sosialisasi maupun enkulturasi disebut
A. distancer.
B. distonsi.
C. deviants.
D. destroyer.
11. Ketika ada orang yang meninggal, para tetangga berdatangan untuk
membantu segala sesuatu yang diperlukan sampai dengan pemakamannya.
Hal di atas termasuk dalam
A. kebiasaan-kebiasaan yang baik.
B. adat-istiadat.
C. pola-pola perilaku.
D. patter of behavior.
12. Bagian yang tidak termasuk dalam proses belajar kebudayaan dari
masyarakat yang bersangkutan
A. internalisasi.
B. sosialisasi.
C. enkulturasi.
D. alternalisasi.
13. Di bawah ini tidak termasuk unsur teknologi
A. alat-alat transper.
B. makanan.
C. bahasa.
D. pakaian dan perhiasan.
14. Fungsi dari kebudayaan ialah
A. mengatur hubungan antar manusia.
B. melestarikan adat istiadat.
C. memenuhi hubungan masyarakat.
D. tempat berkumpulnya adat istiadat.
15. Keturunan dilihat dari garis kakak, bapak, anak disebut
A. lurus ke bawah.
B. lurus ke atas.
C. menyimpang.
D. generasi penerus.
16. Untuk mencegah nasib malang ibu dan anak yang lahir di luar
perkawinan, ada lembaga-lembaga dalam masyarakat agar dapat menyelamatkan ibu
dan anak dari ancaman sanksi. Lembaga tersebut di antaranya
A. lembaga perkawinan.
B. lembaga kawin darurat.
C. lembaga siap tolong.
D. lembaga kawin adat.
17. Ciri hubungan antara kerabat ayah dengan anak adalah sama eratnya
dengan hubungan kerabat ibu dengan anak, terdapat pada masyarakat
A. patrilineal.
B. matrilineal.
C. parental.
D. unilateral.
18. Pemeliharaan anak yatim pada masyarakat patrilineal berada di
lingkungan kerabat
A. saudara perempuan.
B. saudara laki-laki.
C. ayah.
D. ibu.
19. Di bawah ini tidak termasuk dalam karakteristik keluarga
A. ada peran-peran dilakukan.
B. mempertahankan kebiasaan-kebiasaan.
C. diikat oleh suatu lembaga perkawinan.
D. ditandai dengan hidup bersama.
20. Di bawah ini yang tidak termasuk fungsi keluarga ialah
A. afeksi.
B. material.
C. perlindungan.
D. penentuan status.
21. Susunan keluarga yang menganut sistem unilateral tercermin pada
suku
A. Sunda.
B. Jawa.
C. Batak.
D. Madura.
22. Sistem pewarisan yang menentukan bahwa hanya anak laki-laki
sajalah yang berhak menjadi ahli waris terhadap harta orang tuanya, terdapat
pada masyarakat
A. bilateral.
B. alternerend.
C. matrilineal.
D. patrilineal.
23. Kegiatan tolong-menolong dalam pekerjaan-pekerjaan kecil seperti
mengganti atap rumah, menggali sumur disebut
A. guyuban.
B. tetulang.
C. nyurung.
D. sambatan.
24. Dampak negatif dari hubungan paguyuban ialah
A. proses sosial menjadi dinamis.
B. menimbulkan perpecahan antar warga.
C. pemanfaatan waktu menjadi tidak efisien.
D. hubungan antar warga menjadi kurang baik.
25. Potensi non fisik yang ampuh bagi pembangunan desa ialah
A. masyarakat desa.
B. lembaga sosial.
C. lembaga pendidikan.
D. perangkat pamong desa.
26. Kegiatan pengerasan jalan kampung termasuk bentuk kerja sama yang
timbul dari
A. inisiatif perangkat desa.
B. instruksi dari atas.
C. inisiatif masyarakat.
D. keputusan warga.
27. Kerja bakti merupakan suatu kegiatan pengerahan tenaga tanpa
bayaran untuk
A. menyalin hubungan antar warga.
B. mempersiapkan masyarakat terampil.
C. menghambat biaya operasional.
D. menyelesaikan pekerjaan kepentingan umum.
28. Yang tidak termasuk unsur dalam masyarakat adalah
A. interaksi sosial.
B. stratifikasi sosial.
C. ilmu pengetahuan sosial.
D. lembaga-lembaga sosial.
29. Perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama dan disertai dengan
serangkaian perubahan-perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lembut
disebut
A. unilier.
B. revolusi.
C. universal.
D. evolusi
30. Teori yang menyatakan bahwa manusia dan masyarakat serta
kebudayaan mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan-tahapan tertentu
bermula dari bentuk yang sederhana kemudian bentuk yang kompleks sampai pada
tahap yang sempurna, dinamakan
A. unilinear theories of evoluation.
B. universal theory of evoluation.
C. multilinear theory of evoluation.
D. partlinear thories of evoluation.
31. Dalam suatu daerah diketahui suatu perubahan. Pihak-pihak yang
menghadapi suatu perubahan dinamakan
A. intended change.
B. agent of change.
C. planned change.
D. unintended change.
32. Upaya perkawinan dari waktu ke waktu mengalami perubahan sesuai
dengan perkembangan zaman. Perubahan tersebut terjadi pada sistem
A. adat-istiadat.
B. kesenian.
C. organisasi sosial.
D. religi.
33. Faktor yang menghalangi terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan
adalah
A. penduduk yang heterogen.
B. kontak dengan kebudayaan lain.
C. sikap masyarakat yang sangat tradisional.
D. sistem terbuka dalam lapisan masyarakat.
34. Perubahan kebudayaan yang tidak seimbang yang dapat menimbulkan
berbagai krisis, ketegangan konflik di istilahkan
A. discultural.
B. cultural lag.
C. pertentangan budaya.
D. konflik budaya.
35. Pengaruh kebudayaan mesyarakat lain akan lebih efisien bila
dilakukan melalui
A. surat kabar.
B. siaran televisi.
C. jaringan internet.
D. kontak langsung.
36. Keterbelakangan yang di alami masyarakat yang tinggal di desa-desa
terpencil disebabkan
A. budaya.
B. adat istiadat.
C. norma masyarakat.
D. pendidikan.
37. Perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi dalam sistem
ide yang dimiliki bersama oleh parawarga atau sejumlah warga masyarakat yang
bersangkutan.
Di bawah ini yang tidak termasuk dalam perubahan
kebudayaan
A. sistem politik.
B. teknologi.
C. norma.
D. bahasa.
38. Keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak-anak disebut
A. keluarga batik.
B. keluarga besar.
C. kerabat sedarah.
D. keluarga lengkap.
39. Perubahan dari masyarakat materilineal, patrilineal menjadi
masyarakat bilateral dapat ditandai dengan perubahan
A. adat pewarisan.
B. cara mendidik.
C. adat perkawinan.
D. pola pikir.
40. Faktor yang mendorong perubahan sistem kekerabatan diantaranya
faktor ekonomi yang dapat menyebabkan manusia menjadi
A. realistis.
B. ekonomis.
C. sosialis.
D. individualistis.
41. Salah satu faktor pendorong perubahan sistem kekerabatan ialah
pola pikir manusia secara rasional yang mempertimbangkan segi positif dan
negatif.
Dari suatu hal pernyataan di atas tergolong dalam
faktor
A. penerapan.
B. pengetahuan.
C. pendidikan.
D. sosiologis.
42. Yang tidak termasuk unsur pokok kebudayaan menurut Melville dan J
Herskovits ialah
A. alat-alat teknologi.
B. keluarga.
C. sistem ekonomi.
D. kepemimpinan.
43. Corak khas dari suatu kebudayaan dapat diamati dari segi
A. daerah tempat tinggal masyarakat tersebut.
B. hasil ekonomi dari penduduk setempat.
C. pola hidup konsuntif yang khusus.
D. pranata-pranata memiliki pola sosial yang spesifik.
44. Berdasarkan kriteria mata pencaharian dan sistem ekonomi, kesatuan
masyarakat suku bangsa di dunia di bagi kedalam 6 macam; diantaranya Postoral
Societies. Istilah tersebut kelompok masyarakat
A. peternak.
B. peladang.
C. petani.
D. perahu.
45. Culture alrea dapat di lihat dari unsur kebudayaan fisik dan unsur
kebudayaan abstrak, yang termasuk dalam unsur kebudayaan abstrak ialah
A. sistem perekonomian.
B. transportasi.
C. alat hasil budaya.
D. hasil industri.
46. Marginal kultur area masuk dalam daerah kebudayaan
A. rimba tropik.
B. berburu dan meramu.
C. tatique.
D. Andes Selatan.
47. Klasifikasi suatu bangsa yang didasarkan pada sistem lingkaran
hukum adat di Indonesia dibagi menjadi 19 daerah kebudayaan dikemukakan oleh
A. Kluckholn.
B. Melville J. Herskovits.
C. Van Vollenhoven.
D. Bronis Lau Malnouski.
48. Pencampuran kebudayaan yang menyebab-kan kebudayaan setempat
terdekat bahkan hilang sama sekali oleh hadirnya kebudayaan baru tersebut
A. akulturasi.
B. asimilasi.
C. santhere.
D. distorsi.
49. Suku bangsa yang memiliki kebiasaan berburu dan mengumpulkan
biji-bijian di daerah kebudayaan Dataran Kalifornia adalah
A. Yurok.
B. Osmaha.
C. Wirre beg.
D. Miuok.
50. Penyebaran kebudayaan di kepulauan Caribbean di negara-negara
Venezuela dan Columbia bagian utara di bawa oleh bangsa
A. Spanyol.
B. Inggris.
C. Afrika.
D. Belanda.
51. “Nik Corridor” termasuk daerah geografi yang sebagian besar
penduduknya
A. nelayan.
B. bertani.
C. beternak.
D. berburu.
52. Syarat terjadinya perubahan kebudayaan diantaranya
A. ilmu pengetahuan.
B. peralatan hasil budaya.
C. sistem kepemimpinan.
D. keinginan masyarakat.
53. Yang tidak termasuk faktor penyebab perubahan suatu kebudayaan
ialah
A. adanya konflik.
B. adanya program.
C. perubahan jumlah penduduk.
D. peperangan.
54. Faktor penghambat perubahan kebudayaan ialah
A. pemimpin yang dapat menggerakkan.
B. inovasi pengetahuan.
C. sikap masyarakat yang tradisional.
D. kontak dengan budaya lain.
55. Perubahan budaya masyarakat dapat melalui bidang
A. adat - istiadat.
B. sopan - santun.
C. pendidikan.
D. keahlian.
56. Proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu individu ke
individu lain dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain yang disebut difusi
termasuk faktor pendorong jalannya perubahan
A. sistem terbuka dalam lapisan masyarakat.
B. kontak dengan kebudayaan lain.
C. sikap menghargai karya seseorang.
D. penduduk yang histerogen.
57. Desa adalah suatu hasil perpaduan antara kegiatan sekelompok
manusia dengan lingkungannya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografi,
sosial, ekonomi dan lain-lain. Batasan tersebut dikemukakan oleh
A. Kuncoroningrat.
B. Sutarjo Kartahadikusumo.
C. Prof. Drs. Bintarto.
D. William Aqburu.
58. Masing-masing daerah menyebut desa dengan istilah yang berbeda.
Kata gampang yang berarti desa digunakan di
A. Tapanuli.
B. Aceh.
C. Ambon.
D. Sulawesi.
59. Di bawah ini tidak termasuk faktor yang dapat mempengaruhi
perkembangan desa
A. mata pencaharian.
B. adat - istiadat.
C. pendidikan.
D. urbanisasi.
60. Suatu desa dengan ciri-ciri lembaga desa berfungsi dengan baik,
prasarana memadai ada prasarana memadai ada pembaharuan, pendidikan SD lebih
dari 60% di sebut desa
A. swasembada.
B. swadaya.
C. swakarya.
D. swadesa.
61. Fungsi desa adalah
A. tempat bertemunya semua warga masyarakat.
B. sumbang bahan mentah maupun sumber tenaga kerja.
C. pengambilan keputusan musyawarah.
D. pengatur para tenaga kerja.
62. Hambatan masalah pembangunan di Flores dikerenakan
A. kekurangan tenaga kerja.
B. perkembangan teknologi terlalu cepat.
C. tanah tidak subur dan miskin sumber alam.
D. masuknya budaya lain ke daerah.
63. Agama dari penduduk pribumi yang disebut Kaharingan dianut oleh
suku
A. Batak.
B. Badui.
C. Sunda.
D. Dayak.
64. Masyarakat yang terdekat menggunakan pengelolaan irigasi subak
A. Nias.
B. Aceh.
C. Bali.
D. Dayak.
65. Anggapan bila tidak dilakukan upacara cuci negeri maka akan ada
yang sakit atau meninggal. Upacara tersebut terdapat di
A. Maluku Tengah.
B. Bugis - Makasar.
C. Minangkabau.
D. Kalimantan Tengah.
66. Mencari nafkah di kota lebih mudah dari pada mencari nafkah di
desa. Hal tersebut menimbulkan
A. sosialisasi.
B. mobilisasi.
C. urbanisasi.
D. transmigrasi.
67. Interrelation yaitu hubungan antara dua gejala atau lebih dalam
satu wilayah dinyatakan di bawah ini, kecuali
A. pengundulan hutan menjadi banjir.
B. daerah subur, penduduknya padat.
C. banyaknya pengangguran, rawan kejahatan.
D. pendidikan rendah,miskin, tidak aman.
68. Interaksi antara desa dengan kota dapat menimbulkan wilayah
A. transmit fringe.
B. urban fringe.
C. ekonomie city.
D. variation city.
69. Interaksi desa dengan kota dapat menimbulkan beberapa akibat. Di
bawah ini yang tidak termasuk akibat interaksi desa dengan kota yang bersifat
positif
A. pengetahuan penduduk lebih meningkat.
B. mudahnya transportasi dari desa ke kota.
C. perubahan tata guna lahan di desa sangat cepat.
D. banyak pengetahuan masuk ke desa.
70. Sistem kekerabatan di Kalimantan Tengah berdasarkan prinsip
A. patrilineal.
B. matrilineal.
C. bilateral.
D. ambilineal.
No comments:
Post a Comment