Cloud Hosting Indonesia

17 May, 2014

Soal Adat dan Budaya Indonesia



TUGAS MANDIRI
ADAT DAN BUDAYA INDONESIA
(PPKN3303)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Seorang anak menirukan cara makan orang tuanya, dan memperhatikan tata cara kehidupan yang ada di sekitarnya.
      Dari pernyataan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kebudayaan merupakan hasil
A.   transmisi biologis.
B.   unsur genetis.
C.   transmisi sosial.
D.   proses belajar.

2.   Salah satu alat yang penting untuk melestarikan budaya ialah
A.   kemauan.
B.   bahasa.
C.   pola pikir.
D.   perilaku.
     
3.   Pernyataan yang tidak tepat tentang kebudayaan di Indonesia juga bersifat univeral adalah
A.   masyarakat Minangkabau dengan latar belakang sistem kekerabatannya, bersifat unilateral.
B.   masyarakat Jawa dalam penentuan ahli waris bersistem bilateral.
C.   masyarakat Minangkabau dalam pola pengasuhan anak bersistem bilateral.
D.   masyarakat Jawa dalam sistem perkawinan bersifat bilateral.

4.   Masyarakat percaya bahwa di alam semesta ini dihuni oleh makhluk halus, roh halus dan sebagian masyarakat ada yang memujanya.
               Pernyataan di atas termasuk dalam corak
A.   komunal.
B.   relegio magis.
C.   visual.
D.   kontan.

5.   Aktivitas kebudayaan yang disebut hukum adalah putusan-putusan melalui suatu mekanisme yang diberi kuasa dan pengaruh di dalam masyarakat.
               Ciri huklum di atas disebut
A.   attribute of intension of universal application.
B.   attribute of authority.
C.   attribute of obligation.
D.   attribute of sanction.
6.   Sekelompok orang melaksanakan kegiatan gotong royong bekerja sama berdasarkan rasa solidaritas, tanpa pamrih.
               Hal di atas termasuk dalam tingkatan adat
A.   aturan khusus.
B.   norma-norma.
C.   hukum
D.   nilai budaya.

7.   Adat Indonesia yang menganjurkan bila setelah bepergian dari suatu tempat yang jauh sebaiknya membawa oleh-oleh untuk kerabat dekat atau tetangga termasuk memiliki nilai
A.   norma hidup bertetangga.
B.   gotong royong.
C.   bergaya  hidup mewah.
D.   berbudi luhur.

8.   Proses sosialisisi yang berbeda ditentukan oleh
A.   susunan kebudayaan dan lingkungan sosial.
B.   pola hidup para pemimpin setempat.
C.   sisten perekonomian daerah setempat.
D.   pendidikan yang diikuti marganya.

9.   Tidak termasuk unsur normatif yang bersifat esensiol adalah unsur yang
A.   bersifat mengantur.
B.   menyangkut kepercayaan.
C.   menyangkut penilaian.
D.   bersifat mendukung.

10.   Orang yang mengalami hambatan dalam proses internalisasi, sosialisasi maupun enkulturasi disebut
A.   distancer.
B.   distonsi.
C.   deviants.
D.   destroyer.

11.   Ketika ada orang yang meninggal, para tetangga berdatangan untuk membantu segala sesuatu yang diperlukan sampai dengan pemakamannya.
               Hal di atas termasuk dalam
A.   kebiasaan-kebiasaan yang baik.
B.   adat-istiadat.
C.   pola-pola perilaku.
D.   patter of behavior.

12.   Bagian yang tidak termasuk dalam proses belajar kebudayaan dari masyarakat yang bersangkutan
A.   internalisasi.
B.   sosialisasi.
C.   enkulturasi.
D.   alternalisasi.

13.   Di bawah ini tidak termasuk unsur teknologi
A.   alat-alat transper.
B.   makanan.
C.   bahasa.
D.   pakaian dan perhiasan.

14.   Fungsi dari kebudayaan ialah
A.   mengatur hubungan antar manusia.
B.   melestarikan adat istiadat.
C.   memenuhi hubungan masyarakat.
D.   tempat berkumpulnya adat istiadat.

15.   Keturunan dilihat dari garis kakak, bapak, anak disebut
A.   lurus ke bawah.
B.   lurus ke atas.
C.   menyimpang.
D.   generasi penerus.

16.   Untuk mencegah nasib malang ibu dan anak yang lahir di luar perkawinan, ada lembaga-lembaga dalam masyarakat agar dapat menyelamatkan ibu dan anak dari ancaman sanksi. Lembaga tersebut di antaranya
A.   lembaga perkawinan.
B.   lembaga kawin darurat.
C.   lembaga siap tolong.
D.   lembaga kawin adat.

17.   Ciri hubungan antara kerabat ayah dengan anak adalah sama eratnya dengan hubungan kerabat ibu dengan anak, terdapat pada masyarakat
A.   patrilineal.
B.   matrilineal.
C.   parental.
D.   unilateral.

18.   Pemeliharaan anak yatim pada masyarakat patrilineal berada di lingkungan kerabat
A.   saudara perempuan.
B.   saudara laki-laki.
C.   ayah.
D.   ibu.


19.   Di bawah ini tidak termasuk dalam karakteristik keluarga
A.   ada peran-peran dilakukan.
B.   mempertahankan kebiasaan-kebiasaan.
C.   diikat oleh suatu lembaga perkawinan.
D.   ditandai dengan hidup bersama.

20.   Di bawah ini yang tidak termasuk fungsi keluarga ialah
A.   afeksi.
B.   material.
C.   perlindungan.
D.   penentuan status.

21.   Susunan keluarga yang menganut sistem unilateral tercermin pada suku
A.   Sunda.
B.   Jawa.
C.   Batak.
D.   Madura.

22.   Sistem pewarisan yang menentukan bahwa hanya anak laki-laki sajalah yang berhak menjadi ahli waris terhadap harta orang tuanya, terdapat pada masyarakat
A.   bilateral.
B.   alternerend.
C.   matrilineal.
D.   patrilineal.

23.   Kegiatan tolong-menolong dalam pekerjaan-pekerjaan kecil seperti mengganti atap rumah, menggali sumur disebut
A.   guyuban.
B.   tetulang.
C.   nyurung.
D.   sambatan.

24.   Dampak negatif dari hubungan paguyuban ialah           
A.   proses sosial menjadi dinamis.
B.   menimbulkan perpecahan antar warga.
C.   pemanfaatan waktu menjadi tidak efisien.
D.   hubungan antar warga menjadi kurang baik.

25.   Potensi non fisik yang ampuh bagi pembangunan desa ialah
A.   masyarakat desa.
B.   lembaga sosial.
C.   lembaga pendidikan.
D.   perangkat pamong desa.

26.   Kegiatan pengerasan jalan kampung termasuk bentuk kerja sama yang timbul dari
A.   inisiatif perangkat desa.
B.   instruksi dari atas.
C.   inisiatif masyarakat.
D.   keputusan warga.

27.   Kerja bakti merupakan suatu kegiatan pengerahan tenaga tanpa bayaran untuk
A.   menyalin hubungan antar warga.
B.   mempersiapkan masyarakat terampil.
C.   menghambat biaya operasional.
D.   menyelesaikan pekerjaan kepentingan umum.

28.   Yang tidak termasuk unsur dalam masyarakat adalah
A.   interaksi sosial.
B.   stratifikasi sosial.
C.   ilmu pengetahuan sosial.
D.   lembaga-lembaga sosial.

29.   Perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama dan disertai dengan serangkaian perubahan-perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lembut disebut
A.   unilier.
B.   revolusi.
C.   universal.
D.   evolusi

30.   Teori yang menyatakan bahwa manusia dan masyarakat serta kebudayaan mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan-tahapan tertentu bermula dari bentuk yang sederhana kemudian bentuk yang kompleks sampai pada tahap yang sempurna, dinamakan
A.   unilinear theories of evoluation.
B.   universal theory of evoluation.
C.   multilinear theory of evoluation.
D.   partlinear thories of evoluation.

31.   Dalam suatu daerah diketahui suatu perubahan. Pihak-pihak yang menghadapi suatu perubahan dinamakan
A.   intended change.
B.   agent of change.
C.   planned change.
D.   unintended change.

32.   Upaya perkawinan dari waktu ke waktu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. Perubahan tersebut terjadi pada sistem
A.   adat-istiadat.
B.   kesenian.
C.   organisasi sosial.
D.   religi.

33.   Faktor yang menghalangi terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan adalah
A.   penduduk yang heterogen.
B.   kontak dengan kebudayaan lain.
C.   sikap masyarakat yang sangat tradisional.
D.   sistem terbuka dalam lapisan masyarakat.

34.   Perubahan kebudayaan yang tidak seimbang yang dapat menimbulkan berbagai krisis, ketegangan konflik di istilahkan
A.   discultural.
B.   cultural lag.
C.   pertentangan budaya.
D.   konflik budaya.

35.   Pengaruh kebudayaan mesyarakat lain akan lebih efisien bila dilakukan melalui
A.   surat kabar.
B.   siaran televisi.
C.   jaringan internet.
D.   kontak langsung.

36.   Keterbelakangan yang di alami masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil disebabkan
A.   budaya.
B.   adat istiadat.
C.   norma masyarakat.
D.   pendidikan.

37.   Perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama oleh parawarga atau sejumlah warga masyarakat yang bersangkutan.
               Di bawah ini yang tidak termasuk dalam perubahan kebudayaan
A.   sistem politik.
B.   teknologi.
C.   norma.
D.   bahasa.

38.   Keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak-anak disebut
A.   keluarga batik.
B.   keluarga besar.
C.   kerabat sedarah.
D.   keluarga lengkap.

39.   Perubahan dari masyarakat materilineal, patrilineal menjadi masyarakat bilateral dapat ditandai dengan perubahan
A.   adat pewarisan.
B.   cara mendidik.
C.   adat perkawinan.
D.   pola pikir.

40.   Faktor yang mendorong perubahan sistem kekerabatan diantaranya faktor ekonomi yang dapat menyebabkan manusia menjadi
A.   realistis.
B.   ekonomis.
C.   sosialis.
D.   individualistis.

41.   Salah satu faktor pendorong perubahan sistem kekerabatan ialah pola pikir manusia secara rasional yang mempertimbangkan segi positif dan negatif.
               Dari suatu hal pernyataan di atas tergolong dalam faktor
A.   penerapan.
B.   pengetahuan.
C.   pendidikan.
D.   sosiologis.

42.   Yang tidak termasuk unsur pokok kebudayaan menurut Melville dan J Herskovits ialah
A.   alat-alat teknologi.
B.   keluarga.
C.   sistem ekonomi.
D.   kepemimpinan.

43.   Corak khas dari suatu kebudayaan dapat diamati dari segi
A.   daerah tempat tinggal masyarakat tersebut.
B.   hasil ekonomi dari penduduk setempat.
C.   pola hidup konsuntif yang khusus.
D.   pranata-pranata memiliki pola sosial yang spesifik.

44.   Berdasarkan kriteria mata pencaharian dan sistem ekonomi, kesatuan masyarakat suku bangsa di dunia di bagi kedalam 6 macam; diantaranya Postoral Societies. Istilah tersebut kelompok masyarakat
A.   peternak.
B.   peladang.
C.   petani.
D.   perahu.

45.   Culture alrea dapat di lihat dari unsur kebudayaan fisik dan unsur kebudayaan abstrak, yang termasuk dalam unsur kebudayaan abstrak ialah
A.   sistem perekonomian.
B.   transportasi.
C.   alat hasil budaya.
D.   hasil industri.

46.   Marginal kultur area masuk dalam daerah kebudayaan
A.   rimba tropik.
B.   berburu dan meramu.
C.   tatique.
D.   Andes Selatan.

47.   Klasifikasi suatu bangsa yang didasarkan pada sistem lingkaran hukum adat di Indonesia dibagi menjadi 19 daerah kebudayaan dikemukakan oleh
A.   Kluckholn.
B.   Melville J. Herskovits.
C.   Van Vollenhoven.
D.   Bronis Lau Malnouski.

48.   Pencampuran kebudayaan yang menyebab-kan kebudayaan setempat terdekat bahkan hilang sama sekali oleh hadirnya kebudayaan baru tersebut
A.   akulturasi.
B.   asimilasi.
C.   santhere.
D.   distorsi.

49.   Suku bangsa yang memiliki kebiasaan berburu dan mengumpulkan biji-bijian di daerah kebudayaan Dataran Kalifornia adalah
A.   Yurok.
B.   Osmaha.
C.   Wirre beg.
D.   Miuok.

50.   Penyebaran kebudayaan di kepulauan Caribbean di negara-negara Venezuela dan Columbia bagian utara di bawa oleh bangsa
A.   Spanyol.
B.   Inggris.
C.   Afrika.
D.   Belanda.

51.   “Nik Corridor” termasuk daerah geografi yang sebagian besar penduduknya
A.   nelayan.
B.   bertani.
C.   beternak.
D.   berburu.

52.   Syarat terjadinya perubahan kebudayaan diantaranya
A.   ilmu pengetahuan.
B.   peralatan hasil budaya.
C.   sistem kepemimpinan.
D.   keinginan masyarakat.

53.   Yang tidak termasuk faktor penyebab perubahan suatu kebudayaan ialah
A.   adanya konflik.
B.   adanya program.
C.   perubahan jumlah penduduk.
D.   peperangan.

54.   Faktor penghambat perubahan kebudayaan ialah
A.   pemimpin yang dapat menggerakkan.
B.   inovasi pengetahuan.
C.   sikap masyarakat yang tradisional.
D.   kontak dengan budaya lain.

55.   Perubahan budaya masyarakat dapat melalui bidang
A.   adat - istiadat.
B.   sopan - santun.
C.   pendidikan.
D.   keahlian.

56.   Proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lain dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain yang disebut difusi termasuk faktor pendorong jalannya perubahan
A.   sistem terbuka dalam lapisan masyarakat.
B.   kontak dengan kebudayaan lain.
C.   sikap menghargai karya seseorang.
D.   penduduk yang histerogen.

57.   Desa adalah suatu hasil perpaduan antara kegiatan sekelompok manusia dengan lingkungannya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografi, sosial, ekonomi dan lain-lain. Batasan tersebut dikemukakan oleh
A.   Kuncoroningrat.
B.   Sutarjo Kartahadikusumo.
C.   Prof. Drs. Bintarto.
D.   William Aqburu.

58.   Masing-masing daerah menyebut desa dengan istilah yang berbeda. Kata gampang yang berarti desa digunakan di
A.   Tapanuli.
B.   Aceh.
C.   Ambon.
D.   Sulawesi.

59.   Di bawah ini tidak termasuk faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan desa
A.   mata pencaharian.
B.   adat - istiadat.
C.   pendidikan.
D.   urbanisasi.

60.   Suatu desa dengan ciri-ciri lembaga desa berfungsi dengan baik, prasarana memadai ada prasarana memadai ada pembaharuan, pendidikan SD lebih dari 60% di sebut desa
A.   swasembada.
B.   swadaya.
C.   swakarya.
D.   swadesa.

61.   Fungsi desa adalah
A.   tempat bertemunya semua warga masyarakat.
B.   sumbang bahan mentah maupun sumber tenaga kerja.
C.   pengambilan keputusan musyawarah.
D.   pengatur para tenaga kerja.

62.   Hambatan masalah pembangunan di Flores dikerenakan
A.   kekurangan tenaga kerja.
B.   perkembangan teknologi terlalu cepat.
C.   tanah tidak subur dan miskin sumber alam.
D.   masuknya budaya lain ke daerah.

63.   Agama dari penduduk pribumi yang disebut Kaharingan dianut oleh suku
A.   Batak.
B.   Badui.
C.   Sunda.
D.   Dayak.

64.   Masyarakat yang terdekat menggunakan pengelolaan irigasi subak
A.   Nias.
B.   Aceh.
C.   Bali.
D.   Dayak.

65.   Anggapan bila tidak dilakukan upacara cuci negeri maka akan ada yang sakit atau meninggal. Upacara tersebut terdapat di
A.   Maluku Tengah.
B.   Bugis - Makasar.
C.   Minangkabau.
D.   Kalimantan Tengah.

66.   Mencari nafkah di kota lebih mudah dari pada mencari nafkah di desa. Hal tersebut menimbulkan
A.   sosialisasi.
B.   mobilisasi.
C.   urbanisasi.
D.   transmigrasi.

67.   Interrelation yaitu hubungan antara dua gejala atau lebih dalam satu wilayah dinyatakan di bawah ini, kecuali
A.   pengundulan hutan menjadi banjir.
B.   daerah subur, penduduknya padat.
C.   banyaknya pengangguran, rawan kejahatan.
D.   pendidikan rendah,miskin, tidak aman.

68.   Interaksi antara desa dengan kota dapat menimbulkan wilayah
A.   transmit fringe.
B.   urban fringe.
C.   ekonomie city.
D.   variation city.

69.   Interaksi desa dengan kota dapat menimbulkan beberapa akibat. Di bawah ini yang tidak termasuk akibat interaksi desa dengan kota yang bersifat positif
A.   pengetahuan penduduk lebih meningkat.
B.   mudahnya transportasi dari desa ke kota.
C.   perubahan tata guna lahan di desa sangat cepat.
D.   banyak pengetahuan masuk ke desa.

70.   Sistem kekerabatan di Kalimantan Tengah berdasarkan prinsip
A.   patrilineal.
B.   matrilineal.
C.   bilateral.
D.   ambilineal.

No comments:

Post a Comment