Cloud Hosting Indonesia

02 May, 2014

Soal Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia



TUGAS MANDIRI
PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
(PISA4271)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  14, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Para ahli menyebut “seperangkat asumsi yang saling berkaitan mengenai hakikat bahasa dan hakikat pengajaran bahasa serta belajar bahasa” sebagai
A.   teknik.
B.   metode.
C.   strategi.
D.   pendekatan.

2.   Istilah yang tepat untuk “pelaksanaan (implementasi) perencanaan pengajaran di depan kelas ialah
A.   teknik.
B.   metode.
C.   strategi.
D.   pendekatan.
     
3.   Faktor yang tidak berpengaruh terhadap pemakaian suatu metode dalam pengajaran bahasa Indonesia adalah
A.   latar belakang sosiobudaya siswa.
B.   perbedaan dan persamaan antara bahasa pertama siswa dan bahasa yang dipelajari siswa.
C.   permainan dalam bahasa pertama siswa.
D.   pengetahuan dan kemampuan berbahasa yang dimiliki siswa dalam bahasa yang sedang dipelajari.

4.   Salah satu asumsi dalam pendekatan komunikatif ialah
A.   penguasaan bahasa hanya ditekankan pada kemampuan berkomunikasi.
B.   kemampuan berkomunikasi meliputi penguasaan segala sesuatu yang diperlukan seorang penutur supaya dia mampu berkomunikasi dalam masyarakat bahasanya.
C.   penguasaan bahasa meliputi kemampuan memahami bentuk-bentuk tuturan yang gramatikal.
D.   kemampuan menggunakan bentuk-bentuk tuturan yang gramatikal dalam berkomunikasi secara nyata kurang dipentingkan.

5.   Berikut ini merupakan ciri kemampuan komunikatif berbahasa, kecuali
A.   bersifat kontekstual.
B.   bersifat dinamis.
C.   melipuiti pemakaian bahasa lisan dan tulis.
D.   meliputi kompetensi bahasa isyarat.

6.   Berikut ini merupakan penjelasan pengertian pendekatan keterampilan proses, kecuali
A.   pendekatan ini sesuai digunakan dalam pengajaran bahasa Indonesia.
B.   memungkinkan siswa aktif menggunakan bahasa Indonesia.
C.   pendekatan ini sama dengan pendekatan CBSA sehingga mudah diterapkan.
D.   pengajaran bahasa Indonesia terfokus pada pembicaraan keterampilan berbahasa.

7.   Gambar yang secara tepat menunjukkan suatu komunikasi kelas yang multiarah ialah
A.   guru       guru
                           siswa
B.                    guru
                                   
                     siswa       siswa      siswa
C.                    guru
                                               
                     siswa         siswa        siswa
D.   guru
                       
                      siswa
           
8.   Berikut ini merupakan uraian tentang penerapan pendekatan integratif, kecuali
A.   penyusunan program pembelajaran.
B.   implementasi program dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas.
C.   evaluasi proses dan hasil pembelajaran.
D.   remedial sesudah hasil pembelajaran terakhir.

9.   Perhatikan butir-butir pembelajaran yang disajikan dalam suatu PSP di bawah ini:
               a. memahami bacaan
               b. membedakan antara fakta dan opini
               c. melisankan naskah drama
        d. menghayati isi naskah drama
               Menurut penilaian Anda, penjelasan yang paling tepat bagi keempat butir pembelajaran tersebut ialah
A.   pengintegrasian yang baik antara keterampilan berbicara dan menulis.
B.   pengintegrasian yang baik antara keterampilan membaca dan menulis.
C.   keterampilan membaca dan berbicara yang tidak terintegrasi.
D.   keterampilan menyimak dan berbicara yang tidak terintegrasi.

10.   Pada hakikatnya, pendekatan integratif menghendaki pengajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan secara terpadu, artinya
A.   materi pelajaran bahasa tidak disajikan dalam aspek-aspek kebahasaan dan keterampilan berbahasa secara terpisah-pisah.
B.   komponen kebahasaan, pemahaman dan penggunaan disajikan terpadu tanpa berfokus pasa salah satunya.
C.   aspek mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis masing-masing mendapat porsi yang berbeda.
D.   pembelajaran kosakata dan pembelajaran sastra diberi porsi tersendiri.

11.   Bahasa dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki fungsi, yaitu
A.   personal.
B.   instrumental.
C.   interaksional.
D.   representasional.

12.   Pengelompokan siswa dalam belajar didasarkan pada
A.   minatnya.
B.   metode diskusi kelompok kecil.
C.   keseragaman kemampuan berbicara.
D.   perkawanan.

13.   Cara pengaturan tempat duduk dan bangku siswa yang cocok untuk pengajaran dengan metode diskusi kelompok kecil ialah
A.   mengatur bangku dalam kelompok-kelompok.
B.   setiap kelompok cukup untuk 4-5 siswa.
C.   setiap kelompok diusahakan agar tidak saling mengganggu.
D.   memungkinkan guru dapat diam mengawasi siswa.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  14,  SAMPAI  29,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

14.   Melalui desain atau rancangan sistem pembelajaran, suatu pendekatan diturunkan menjadi metode.
sebab                 
Rancangan pengajaran ini dalam kegiatan belajar mengajar bahasa sehari-hari disebut dengan istilah program pengajaran.

15.   Penguasaan kemampuan kebahasaan saja sudah cukup dalam pemakaian bahasa.
sebab                 
Komponen komunikasi menjadi fungsional setelah digunakan dalam kegiatan berbahasa.

16.   Rumusan materi pelajaran yang sesuai dengan pendekatan komunikatif ialah “menulis materi pelajaran surat undangan pernikahan”.
sebab                 
Materi pelajaran tersebut merupakan materi pelajaran yang fungsional dan bermakna bagi siswa.

17.   Pendekatan integratif dipandang sebagai pendekatan yang kurang unggul dalam pembalajaran bahasa.
sebab                 
Pendekatan integratif berlandaskan pandangan ilmu bahasa dan teori belajar bahasa.



18.   Pembelajaran bahasa dengan pendekatan integratif dapat dilakukan dengan cara terpadu secara internal.
sebab                 
Yang dimaksud dengan terpadu secara internal ialah pembelajaran bahasa yang dipadukan dengan mata pelajaran lain, seperti sejarah, ilmu pengetahuan alam, biologi, matematika, dan lain-lain.

19.   Salah satu syarat PSP yang baik ialah keterpaduan ini.
sebab                 
Keterpaduan isi PSP meliputi antarunsur kebahasaan dengan aspek keterampilan berbahasa.

20.   Salah satu penerapan pendekatan integratif ialah implementasi program pembelajaran.
sebab                 
Implementasi program pembelajaran berupa kegiatan menerapkan penyusunan program pembelajaran dengan menggunakan format PSP yang lengkap.

21.   Metode langsung dan metode audio lingual tergolong metode pembelajaran bahasa berdasarkan pendekatan komunikatif.
sebab                 
Metode langsung dan metode audio lingual berorientasi pada struktur bahasa.

22.   Penggunaan prosedur eksperiensial secara teoretis kurang sesuai dibandingkan dengan prosedur struktural.
sebab                 
Prosedur eksperiensial menjadikan kegiatan komunikasi sebagai pusat.

23.   Pembahasan struktur bahasa dengan prosedur analitik dilakukan tanpa memperhatikan konteks penggunaannya.
sebab                 
Prosedur analitik tidak melibatkan situasi komunikasi.

24.   Prosedur pembelajaran yang dikemukakan oleh Littlewood berbeda dengan prosedur pembelajaran yang dikemukakan oleh Harmer.
sebab                 
Harmen mengemukakan bahwa fase kegiatan komunikatif pembelajaran tidak lagi menitikberatkan perhatian pada bentuk, tetapi pada isi.

25.   Untuk dapat memahami isi puisi, seorang pembaca harus mampu memahami makna puisi secara utuh.
sebab                 
Gaya bahasa puisi terwujud dalam pemakaian bunyi, diksi, citra, dan majas dalam puisi.

26.   Untuk memahami gaya bahasa puisi, siswa dilatih menggunakan huruf besar setelah memahami makna kata.
sebab     
Kelemahan siswa dalam memahami makna kata dapat terbantu oleh pemahaman fungsi penggunaan atau pengabaian huruf kapital dalam puisi.

27.   Pengelolaan kelas ialah kegiatan pengaturan atau pengorganisasian kelas agar mendukung proses belajar-mengajar yang berlangsung.
sebab                 
Kegiatan pengajaran ialah kegiatan membelajarkan siswa untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

28.   Kegiatan pengelolaan kelas menjadi salah satu faktor penentu keefektipan kegiatan belajar-mengajar yang terjadi.
sebab                 
Pengelolaan kelas yang baik memungkinkan siswa belajar dengan tenang, leluasa, bergairah, dan guru dapat dengan leluasa membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam belajar.

29.   Contoh pengelompokkan siswa berdasarkan perkawanan ialah siswa-siswa yang bersahabat karib dikelompokkan menjadi satu.
sebab                 
Dalam pengelompokkan ini, jumlah kelompok satu dengan yang lain kemungkinan tidak sama, bergantung jumlah siswa yang bersahabat karib.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   30   SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
30.   Penggunaan metode pengajaran bahasa dipengaruhi oleh faktor, yaitu   
1)   usia siswa
2)   latar belakang sosiobudaya siswa
3)   perbedaan dan persamaan antara struktur bahasa pertama siswa dengan bahasa kedua yang dipelajarinya

31.   Beberapa langkah pemakaian teknik resitasi adalah      
1)   membagi-bagi tugas secara kelompok atau individual
2)   membahas tugas-tugas yang akan dikerjakan bersama oleh siswa
3)   menentukan tujuan pengajaran bahasa yang diinginkan

32.   Berdasarkan pendekatan komunikatif, materi pelajaran bahasa Indonesia di dalam Kurikulum Bahasa Indonesia 1994 terdiri dari fungsi, wacana dan komponen retoris dalam
1)   pemahaman
2)   penyelesaian
3)   penggunaan

33.   Beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih butir-butir materi pelajaran ialah
1)   ragam bahasa Indonesia sesuai dengan pemakaiannya
2)   kesesuaian dengan tujuan pengajaran
3)   frekuensi pemakaian unsur materi tersebut dalam berbagai peristiwa komunikasi

34.   Beberapa prinsip penyusunan materi bahasa ialah        
1)   dari yang sederhana ke yang rumit
2)   dari teoritis ke kemampuan bahasa
3)   dari yang mudah ke yang sukar

35.   Beberapa asumsi dalam pendekatan komunikatif ialah  
1)   hakikat bahasa adalah suatu sistem untuk mengungkapkan maksud makna
2)   fungsi bahasa yang utama ialah untuk berinteraksi dan berkomunikasi
3)   pengajaran bahasa seharusnya diawali dengan tata bahasa

36.   Beberapa konsep belajar yang sesuai dengan pendekatan komunikatif adalah    
1)   materi-materi bahan pelajaran bahasa yang berguna bagi pembelajaran akan mendorong proses belajar bahasa
2)   belajar bahasa menggunakan media yang hanya dapat digunakan di dalam kelas
3)   belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi

37.   Hakikat kemampuan komunikasi adalah kemampuan yang dimiliki oleh penutur suatu bahasa untuk menggunakan        
1)   bentuk-bentuk tuturan yang sesuai dengan konteks komunikasi
2)   kaidah bahasa yang digunakannya
3)   kata-kata yang dikutip dari orang lain
38.   Beberapa asumsi ilmu bahasa yang melandasi pendekatan integratif adalah
1)   bahasa adalah sub sistem
2)   bahasa adalah suatu sistem lambang makna dalam masyarakat
3)   pemakaian bahasa bersifat prediktif

39.   Beberapa asumsi teori belajar bahasa (konsep “whole language”) yang mendasari pendekatan integratif adalah     
1)   pemakaian bahasa bersifat personal dan sosial
2)   belajar bahasa adalah belajar bagaimana membangun makna sesuai dengan konteks
3)   perkembangan bahasa adalah suatu proses pembentukan kemampuan personal-sosial yang bersifat holistik

40.   Dalam rencana pelajaran, guru dan siswa secara bersama-sama menggunakan waktu belajar dalam jam-jam pelajaran dengan kegiatan-kegiatan belajar yang telah dirancang oleh guru (bisa bersama siswa). Beberapa kegiatan tersebut hendaknya
1)   mendorong siswa untuk aktif terlibat di dalamnya
2)   membuka kemungkinan bagi siswa untuk terus bertanya
3)   memberi kesempatan siswa untuk mencapai hasil belajar optimal

41.   Dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses, beberapa sifat positif siswa yang tertanam ialah            
1)   kemandirian dalam melaksanakan tugas
2)   kecintaan terhadap kerja
3)   keberanian menghadapi kesulitan

42.   Komponen PSP yang lengkap meliputi
1)   identitas PSP, pembelajaran, tema
2)   materi pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, evaluasi
3)   tujuan pembelajaran, alat/sarana

43.   Pernyataan berikut ini yang relevan dengan karakteristik pendekatan komunikatif, yaitu
1)   tujuan pembelajaran bertitik berat pada ketepatan bahasa tulis
2)   bahasa merupakan suatu sistem untuk mengekspresikan makna
3)   kemampuan berkomunikasi merupakan tujuan utama pembelajaran

44.   Beberapa karakteristik pendekatan komunikatif ialah bahwa pendekatan tersebut
1)   memberikan tekanan pada dimensi semantik dan komunikatif
2)   menuntut siswa dalam komunikasi nyata
3)   menganggap materi sebagai aspek yang tidak memiliki peranan penting

45.   Dalam pembelajaran bahasa berdasarkan pendekatan komunikatif, peran guru sebagai
1)   pengelola kelas
2)   partisipan dalam kegiatan berkomunikasi
3)   pemeran utama dalam kegiatan pembelajaran

46.   Dalam pembelajaran bahasa yang berdasarkan pendekatan komunikatif, pembelajar berperan sebagai     
1)   pemberi dan penerima
2)   negosiator dan interaktor
3)   penguasa struktur bahasa sekaligus maknanya sesuai konteks penggunaannya

47.   Beberapa karakteristik prosedur eksperiensial ialah bahwa prosedur tersebut      
1)   membahas butir kebahasaan secara implisit dalam kegiatan berkomunikasi
2)   menganggap bahasa sebagai objek yang dipelajari secara objektif
3)   menuntut siswa terlibat dalam komunikasi nyata

48.   Kombinasi prosedur eksperiensial dengan prosedur analitik menjadi lebih baik disebabkan           
1)   dalam meningkatkan kemahiran berbahasa, penggunaan prosedur analitik lebih efektif
2)   kedua prosedur tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing
3)   meskipun dalam pembelajaran bahasa berdasarkan pendekatan komunikatif lebih cocok digunakan prosedur eksperiensial, pembahasan kaidah bahasa yang analitis tetap sangat berguna

49.   Dari prosedur pembelajaran yang diajukan oleh littlewood, terlihat bahwa pakar tersebut memadukan prosedur analitik dan eksperiensial. Hal ini tercermin     
1)   pada paduan fase struktural dan kenasi komunikatif
2)   pada paduan keseluruhan fase kegiatan
3)   khusus pada fase stukrural

50.   Tekanan pokok pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia ialah      
1)   memperbolehkan siswa berdiam diri
2)   mendorong siswa untuk terlibat aktif
3)   mengarahkan siswa untuk terlibat aktif

51.   Dalam pengajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses, kegiatan bergeser dari pengajaran ke pembelajaran. Maksudnya, peran, guru di sini ditekankan pada salah satu sarana belajar siswa. Dengan demikian aktivitas guru difokuskan pada pemberian, yaitu         
1)   bantuan kepada siswa
2)   bimbingan bagi siswa
3)   pengarahan siswa

52.   Alasan pokok penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia ialah siswa akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik jika proses belajarnya berlangsung      
1)   baik
2)   sistematis
3)   optimal

53.   Dalam mengajarkan materi “membaca cepat” menggunakan pendekatan CBSA, guru harus melakukan kegiatan, yaitu        
1)   melatih gerakan mata secara efektif
2)   menambah kosakata anak secara cepat
3)   mendorong tumbuhnya motivasi baca

54.   Dalam mengajarkan materi “menuliskan pengalaman dalam bentuk naskah drama” dengan pendekatan keterampilan proses, guru perlu melakukan kegiatan melatih pengembangan  
1)   watak tokoh
2)   alur
3)   monolog

55.   Dalam mengajarkan materi “membaca cerita membahas penokohannya” dengan pendekatan keterampilan proses, kegiatan yang perlu dilakukan ialah     
1)   melatihkan pemahaman isi cerita
2)   melatihkan identifikasi penokohan cerita
3)   mendiskusikan kelebihan dan kelemahan penokohan cerita berkaitan dengan keutuhan cerita

56.   Langkah-langkah atau prosedur penggunaan pendekatan CBSA dan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan mengidentifikasi      
1)   tujuan pembelajaran
2)   butir pembelajaran
3)   materi bahasa yang disarankan dalam butir pembelajaran

57.   Untuk menguasai keterampilan berbahasa dipersyaratkan memiliki sub-sub kemampuan, yaitu    
1)   pemahaman isi puisi
2)   pemahaman bentuk puisi
3)   pemahaman gaya bahasa puisi

58.   Berikut ini merupakan rincian sub-sub kemampuan untuk menguasai keterampilan berbahasa, yaitu         
1)   pemahaman isi puisi: pemahaman makna bunyi, makna kata, makna puisi secara utuh
2)   pemahaman bentuk puisi: puisi naratif, prosa berirama
3)   pemahaman gaya puisi: pemakaian bunyi, diksi, citra dan majas

59.   Beberapa kegiatan pokok pengelolaan kelas ialah         
1)   pengaturan lingkungan di luar kelas
2)   pengaturan ruang kelas dan peralatannya
3)   pengaturan siswa dalam belajar

60.   Contoh pengelompokan siswa berdasarkan minatnya ialah menyatukan para siswa yang memiliki kegemaran      
1)   menulis cerita
2)   memerankan drama
3)   melakukan permainan bahasa

No comments:

Post a Comment