TUGAS MANDIRI
SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
(PISA4470)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 38, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Pernyataan yang tepat mengenai pengertian
sistem pembelajaran bahasa adalah ....
A. susunan kegiatan yang tertata dengan rapi dan
saling berkaitan
B. terdiri dari berbagai kegiatan yang saling
berinteraksi untuk membangun fungsi tertentu
C. sebagai suatu sistem terdiri dari unsur-unsur
yang tertata rapi dan saling ber-interaksi untuk membangun fungsi dan tujuan
tertentu
D. sebagai sistem tidak akan berfungsi optimal
jika tidak didukung komponen lain
2. Langkah-langkah yang ditempuh dalam
memecahkan masalah atau mengembangkan suatu program dapat mengikuti metode
ilmiah atau pendekatan sistem. Persamaan antara metode ilmiah dengan pendekatan
sistem terutama terletak pada ....
A. komponen yang terlibat
B. langkah kerja/tahap kegiatan
C. tujuan yang ingin dicapai
D. proses trasformasi yang terjadi
3. Pendekatan sistem lebih banyak digunakan
secara luas dalam berbagai bidang karena ....
A. setiap komponen memberi sumbangan atas
berfungsinya sistem untuk mencapai tujuan tertentu
B. berbagai unsur yang saling terkait mem-punyai
tatanan tertentu
C. memandu kita untuk berpikir dan bertindak
secara teratur
D. lingkungan yang mengelilingi sesuatu dikaji
sebagai komponen terpisah
4. Jumlah siswa SD Sukamaju yang putus sekolah
semakin banyak. Para guru dan kepala sekolah berusaha mencari komponen yang
menjadi penyebabnya. Usaha yang dilakukan kepala sekolah dan guru termasuk
langkah ....
A. mengidentifikasi
B. mengembangkan
C. merevisi
D. mengevaluasi
5. Pak Sastro mengadakan penelitian untuk
mengetahui korelasi antara NEM siswa masukan dengan NEM ketika siswa lulus.
Kegiatan yang dilakukan Pak Sastro termasuk pengembangan tingkat ....
A. kelas
B. sistem
C. produk
D. organisasi
6. Setiap kali akan menyusun soal ulangan umum,
Bu Hasna selalu menyusun kisi-kisi agar soal yang dikeluarkan dapat mewakili
materi yang diajarkan. Jika materi lebih
banyak dari jumlah soal, tindakan Bu Hasna yang tepat adalah ....
A. menemukan materi-materi yang esensial yang
layak ditanyakan kepada siswa
B. membagi jumlah soal sama rata untuk semua
materi
C. menganalisis semua komponen pem-belajaran
D. menyusun soal berdasarkan materi yang
dikuasai Bu Hasna
7. Jumlah TIK yang dirumuskan tergantung kepada
....
A. kompleksitas pengetahuan
B. keinginan guru yang merumuskan
C. kebutuhan siswa
D. para perencana kurikulum
8. Menurut Jerrold E. Kemp, jika karakteristik
siswa berbeda, komponen pembelajaran yang dapat berubah adalah ....
A. materi pembelajaran
B. tujuan pembelajaran
C. sumber KBM
D. urutan KBM
9. Komponen “degree”
tercantum dalam peru-musan TIK berikut ....
A. siswa dapat menerjemahkan karangan bahasa
Inggris
B. siswa dapat menyebutkan contoh tanam-an
berakar serabut
C. siswa dapat menyebutkan 4 syarat pantun
dengan tepat
D. siswa dapat menyebutkan karya-karya Chairil
Anwar
10. Tujuan pengajaran sebaiknya dikemukakan
kepada siswa dengan alasan sebagai berikut, kecuali ....
A. siswa berdisiplin dalam melaksanakan kegiatan belajar
B. siswa mengetahui arah yang akan dituju
C. siswa mengetahui tingkat keberhasilan yang harus dicapai
D. siswa memperoleh gambaran materi yang akan dipelajari
11. Rumusan TIK yang menggunakan kata kerja operasional adalah ....
A. siswa dapat mendengar suara yang dikeluarkan guru
B. siswa dapat membedakan kalimat tunggal dengan kalimat majemuk
C. siswa dapat menikmati pembacaan puisi
D. siswa dapat mengetahui asal usul bahasa Indonesia
12. Materi yang termasuk jenis prosedur terdapat dalam rumusan TIK
....
A. siswa dapat menyebutkan 3 penyebab terjadinya banjir
B. siswa dapat mendefinisikan perubahan makna ameliorasi
C. siswa dapat mengidentifikasi tujuan penggunaan media
D. siswa dapat membuat bagan/silsilah raja-raja Mataram
13. Pembelajaran memahami isi bacaan harus ditunjang oleh
teks/wacana/buku yang baik. Teks yang baik harus memenuhi syarat berikut, kecuali
....
A. dapat digunakan untuk mencapai ber-macam-macam tujuan
B. mempermudah guru dalam proses KBM
C. teks harus asli sehingga dapat dipercaya
D. sesuai keadaan aktual para siswa
14. Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap isi wacana dapat dites
dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
Pertanyaan yang dapat diajukan adalah ....
A. Paragraf keberapa yang mengandung fakta?
B. Apa dampak perkembangan IPTEK terhadap perkembangan bahasa?
C. Mengapa wacana di atas termasuk argumentasi?
D. Wacana di atas termasuk saduran, sebutkan ciri-cirinya!
15. Memilih media instruksional secara tertutup dilakukan dengan cara
....
A. membuat rancangan media secara sistematik
B. menyusun media sesuai kebutuhan dan tujuan instruksional
C. memilih salah satu atau beberapa media yang telah tersedia
D. memilih media yang tidak diketahui oleh para siswa
16. Caha Cerios (1978) menggunakan media flowchart untuk
pemilihan ....
A. media grafis
B. media cetak
C. media film
D. modul/paket belajar
17. Memilih media jadi lebih praktis dan hemat tetapi sering dijumpai
adanya kesulitan antara lain ....
A. perlu modifikasi bentuk dan cara pemakaian
B. membutuhkan tenaga dan pikiran dalam pemanfaatannya
C. pesan yang terkandung dalam perangkat keras akan lebih baik
D. kurang sesuai dengan tujuan belajar dan kebutuhan instruksional
18. Pola penggunaan media instruksional terbagi menjadu dua yaitu
penggunaan dalam situasi kelas dan penggunaan media di luar kelas. Media luar
kelas yang pemanfaatannya secara terkontrol adalah ....
A. program kaset audio bahasa asing
B. siaran radio pendidikan
C. program siaran televisi
D. cerita untuk anak di media masa
19. Dalam pembelajaran menyimak, guru ber-fungsi sebagai sumber pembelajaran
jika ....
A. guru menyetel kaset rekaman wacana lisan atau dialog
B. guru menyuruh seorang murid membaca-kan wacana yang terdapat dalam
buku pelajaran
C. guru memutar rekaman suaranya
D. guru membacakan wacana atau cerita dari sumber tertulis
20. 1. Statistik
2. Kaset audio/video
3. Biografi
4. Handonts
Bahan-bahan di perpustakaan di atas yang termasuk referensi
adalah ....
A. 1, 2 C. 3, 4
B. 1, 3 D. 2, 4
21. Para guru ilmu-ilmu sosial dapat bekerja sama dengan ahli perpustakaan,
mengingat dalam belajar ilmu sosial banyak mem-butuhkan ....
A. buku teks dan majalah
B. buku teks dan referensi
C. media film dan kamus
D. bahan-bahan pustaka yang relevan
22. Pemanfaatan perpustakaan sebagai bahan kajian bagi siswa berfungsi
untuk ....
A. pengembangan teori belajar
B. pengembangan bahan belajar
C. penyajian bacaan teks
D. penyajian media belajar
23. Ceramah dalam strategi inkuiri membantu siswa dalam latihan
berpikir dan bekerja melalui proses akomodasi, maksudnya ....
A. menggunakan proses mental untuk mem-peroleh pengetahuan
B. mengorganisasikan persepsi yang baru
C. mengubah pola belajar menjadi pemro-sesan pengalaman
D. mengubah struktur kognitif siswa dengan gejala baru
24. Penyediaan lingkungan yang responsif dalam pendekatan inkuiri
sesuai dengan ciri atau gejala yang muncul pada sesuatu (ucapan, benda) yang
akan menentukan ....
A. perubahan konsep
B. persamaan luas ciri-ciri
C. perbedaan ruang konsep
D. perbedaan isi dan luas konsep
25. Kondisi yang diperlukan dalam pendekatan konsep adalah ....
A. kesiapan belajar, kematangan pribadi, lingkungan
B. pendidikan, sarana, guru
C. sarana, umur, guru
D. ingatan, konsep, media
26. Pendekatan mengajar, sebenarnya merupa-kan langkah menuju
penguasaan ....
A. lingkungan yang interaktif
B. konsep dan materi atas tindakan dan pengalaman
C. tujuan-tujuan belajar yang konkret
D. konsep dan prosedur yang terikat
27. Pemilihan pendekatan instruksional sesung-guhnya merupakan upaya
agar ....
A. guru lebih tepat menyajikan bahan belajar
B. tujuan yang ditetapkan cepat tercapai
C. kegiatan belajar mengajar bertahap
D. siswa semakin besar kesempatan belajar-nya untuk memperkaya
pengalaman
28. Interaksi antara guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar
sebaiknya ....
A. berpusat pada guru sebagai penyaji
B. melibatkan semua siswa secara aktif
C. ditujukan kepada siswa yang kurang
D. siswa yang penuh minat mengikuti pelajaran
29. Model pendekatan yang memandang belajar bahasa sebagai belajar
berkomunikasi sehingga kegiatan pembelajaran berfokus pada pembinaan kemampuan
menggunakan bahasa, merupakan ciri pendekatan ....
A. komunikatif
B. integratif
C. konstruksivisme
D. CBSA
30. Bu Nadia memulai pelajaran bahasa Indonesia dengan membacakan
sebuah cerita. Sambil mendengarkan, siswa diminta menuliskan nama-nama tokoh.
Setelah itu Bu Nadia mengajukan beberapa pertanyaan dan siswa menjawab secara
lisan. Menjelang akhir pelajaran Bu Nadia meminta siswa menulis-kan inti
cerita. Pendekatan yang diterapkan Bu Nadia dalam ilustrasi di atas ....
A. komunikatif
B. pengalaman berbahasa
C. integratif
D. keterampilan proses
31. Dalam suatu pembelajaran, siswa dapat menikmati karya sastra,
menanggapinya, dan menyadur karya sastra tersebut. Hal ini merupakan ....
A. hubungan berbagai konsep, materi, dan kegiatan dlaam satu bidang
studi
B. dampak pengiring pembelajaran dengan pendekatan terpadu
C. skenario pembelajaran materi sastra di kelas
D. ciri-ciri pembelajaran bahasa Indonesia yang menggunakan
pendekatan terpau
32. Agar guru tidak mengalami kesulitan dalam memetakan dan mengaitkan
konsep atau masalah dalam pendekatan terpadu, maka guru harus ....
A. memahami kurikulum acuannya dengan baik
B. menguasai alat evaluasi dan mampu menggunakannya
C. melepaskan diri dari ketergantungan terhadap buku teks
D. mengenal dengan baik watak dan minat peserta didik
33. Belajar bahasa adalah belajar bagaimana dapat menggunakan bahasa
dengan baik agar dapat berkomunikasi. Karena itu pem-belajaran bahasa yang
menggunakan pen-dekatan terpadu harus menggunakan ....
A. media dan alat yang tepat
B. tema atau subtema
C. desain aktivitas pembelajaran
D. memadukan antarkonsep
34. Begitu banyak bahan dan sumber yang dapat dipergunakan dalam
pembelajaran terpadu. Syaratnya antara lain, kecuali ....
A. mempertimbangkan aktivitas produktif siswa
B. sesuai dengan tema, tujuan, dan situasi pembelajaran
C. menantang dan memotivasi siswa
D. harus berhubungan dengan materi mata pelajaran lain
35. Belajar bahasa dengan pendekatan terpadu menggunakan waktu yang
panjang. Upaya menyiasatinya adalah, kecuali ....
A. menghilangkan curah pendapat dengan siswa
B. merumuskan tujuan pembelajaran de-ngan mempertimbangkan alokasi
waktu
C. menggabungkan tema-tema yang sama
D. menganalisis materi pelajaran untuk memperoleh materi esensial
36. Bahan yang bermakna bagi siswa akan mendorong proses belajar siswa
sesuai dengan prinsip tersebut. Oleh karena itu, materi pelajaran bahasa harus ....
A. mengutamakan berbagai tugas yang ber-makna bagi siswa
B. berupa aktivitas berkomunikasi yang sebenarnya
C. berupa bahasa/wacana dalam pemakaian
D. meningkatkan keterampilan berbahasa guru
37. Hakikat pendekatan komunikatif dalam proses belajar mengajar
diperoleh pencapaian tujuan pengiring dalam bentuk tingkah laku ....
A. biasa beraktivitas dalam kelompok
B. sesuai konsep dan prinsip yang tepat
C. interaksi siswa dengan lingkungannya
D. munculnya sikap dan apresiasi yang kuat
38. Tes yang bersifat integratif yang digunakan untuk mengukur aspek
kebahasaan dan keterampilan berbahasa adalah, kecuali ....
A. menyusun
kalimat
B. menafsirkan wacana yang dibaca atau didengar
C. mengembangkan kalimat menjadi paragraf
D. parafrase
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 39
SAMPAI 57, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
39. Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu sistem karena melibatkan
beberapa kom-ponen yang saling berinteraksi, yaitu ....
1) kurikulum
2) evaluasi
3) sarana/prasaran
40. Dalam sistem pengelolaan sekolah, masukan diolah menjadi lulusan.
Dalam sistem tersebut, yang berfungsi sebagai suprasistem adalah ....
1) kurikulum
2) alat bantu mengajar
3) dana
41. Pak Darman menyadari bahwa siswa-siswa yang diajarnya berasal dari
lingkungan yang beragam dengan kemampuan yang berbeda-beda pula. Dalam
mengajarkan materi kesastraan, apresiasi puisi, dengan latar belakang siswa
yang beragam tersebut, beberapa siswa sudah memiliki tingkat apresiasi yang
memadai dan beberapa lagi sangat rendah tingkat apresiasinya. Usaha Pak Darman
kepada siswa yang rendah tingkat apresiasinya adalah ....
1) memisahkan siswa tersebut dalam PBM
2) memberikan kesempatan untuk meng-ulang
3) memberikan tugas tambahan untuk diker-jakan di rumah
42. Jumlah dan jenis komponen pembelajaran bahasa Indonesia bervariasi
sesuai model desain yang dianut. Komponen dasar yang selalu muncul dalam setiap desain adalah ....
1) tujuan pengajaran
2) metode pembelajaran
3) evaluasi
43. Pemilihan bahan harus memperhatikan jenis materi. Jenis materi
yang termasuk konsep adalah ....
1) membedakan puisi lama dengan puisi modern
2) cara menyusun program deduktif
3) menggunakan huruf kapital
44. Etimologi dan leksikologi harus dikuasai terutama jika akan
mengajarkan ....
1) jenis dan fungsi kata
2) kata baku dan tidak baku
3) kata serapan dan terjemahan
45. Sumber pembelajaran bahasa Indonesia yang tidak cocok untuk
melatih keterampilan menyimak adalah ....
1) media massa cetak
2) kejadian yang dilihat siswa
3) buku utama dalam PBM
46. Pendekatan CBSA mempunyai dampak pengiring bukan hanya
keterlibatan mental siswa melainkan adanya ....
1) potensi
2) tendensi
3) kecenderungan dinamis
47. Dalam penerapan penilaian portofolio ada sejumlah prinsip yang
perlu diperhatikan guru ....
1) penilaian portofolio bersifat umum untuk semua siswa
2) penilaian portofolio berlangsung sepan-jang waktu
3) penilaian portofolio memandu pem-belajaran
48. Sebagai fasilitator, guru memberikan fasilitas dengan jalan
menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa belajar. Kondisi yang disiapkan antara
lain ....
1) tujuan pembelajaran
2) waktu pelaksanaan
3) alat dan sumber belajar
49. Dengan menggunakan pendekatan terpadu dalam mengajarkan materi
“memahami karya sastra lama dan membandingkannya dengan karya sastra baru”
tujuan yang di-harapkan dari siswa adalah ....
1) siswa mengetahui ciri sastra lama dan sastra baru
2) siswa menyenangi karya sastra, baik lama maupun baru
3) siswa dapat membuat pantun
50. Bagi siswa, pembelajaran bahasa Indonesia, yang dilakukan secara
terpadu memberikan manfaat ....
1) siswa bebas memilih sendiri aspek materi belajar yang
diinginkannya
2) kesalahan dalam belajar bahasa dipan-dang sebagai kewajaran
3) siswa mengalami langsung kegiatan ber-bahasa yang dipelajarinya
51. Bila terlalu luas, tema dapat dipetakan atau diorganisasikan
dengan cara ....
1) jaringan tema (theme webbing)
2) jaringan kurikulum (curiculum webbing)
3) jaringan buku (book webbing)
52. Pembelajaran bahasa dengan pendekatan bahasa juga menuntut adanya
evaluasi/ penilaian yang ....
1) ditujukan pada hasil belajar
2) dilakukan pada akhir pelajaran
3) dilaksanakan selama pembelajaran ber-langsung
53. Sebelum menyusun program satuan pelajaran guru harus menguasai dan
memahami ....
1) pendekatan yang akan digunakan
2) tujuan yang harus dicapai
3) target kurikulum acuan
54. Komunikasi fungsional dapat diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan,
antara lain ....
1) korespondensi
2) berwawancara
3) membuat cerita pendek
55. Dalam pembelajaran bahasa yang berdasar-kan pendekatan
komunikatif, siswa dibiasa-kan dalam situasi komunikasi nyata, misalnya ....
1) bermain peran
2) berkomunikasi melalui telepon
3) mengarang drama
56. Suasana aktif dan alamiah dalam pelaksana-an pendekatan terpadu
harus dikondisikan. Kondisi yang diinginkan adalah ....
1) siswa masing-masing beraktivitas sendiri-sendiri
2) kelas dikelola sedemikian rupa sehingga tercipta kegiatan
komunikasi dalam bahasa yang sedang dipelajari
3) siswa secara langsung berkomunikasi dalam bahasa saran
57. Teknik pembelajaran menyimak secara tidak langsung dapat
meningkatkan kualitas pem-belajaran menulis. Misalnya ketika seorang guru
menggunakan teknik ....
1) dengar - ulang - ucap
2) dikte
3) menyingkat/merangkum
No comments:
Post a Comment