Cloud Hosting Indonesia

16 May, 2014

Soal Telaah Kurikulum Smu 1994 dan Buku Teks



TUGAS MANDIRI
TELAAH KURIKULUM SMU 1994 DAN
BUKU TEKS
(PISA4471)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 32,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Beberapa alasan yang melatarbelakangi perubahan Kurikulum 1994 ialah sebagai berikut, kecuali
A.   Indonesia memasuki era industrialisasi.
B.   Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas.
C.   kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
D.   kamajuan zaman setelah Indonesia merdeka.

2.   Perubahan kurikulum yang terjadi beberapa kali disebabkan hal-hal berikut ini, kecuali
A.   kurikulum yang ada dianggap tidak sesuai.
B.   kurikulum mengikuti perkembangan tuntutan masyarakat.
C.   kurikulum merupakan pedoman guru.
D.   kurikulum mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.   Beberapa perbedaan pokok antara Kurikulum 1984 dengan Kurikulum 1994 ialah berikut ini, kecuali
A.   Kurikulum 1984 menggunakan satuan waktu catur wulan, sedangkan Kurikulum 1994 menggunakan satuan waktu semester.
B.   Kurikulum 1984 menggunakan istilah tujuan kurikuler dan tujuan instruksional, sedangkan Kurikulum 1994 menggunakan istilah tujuan umum, dan tujuan khusus yang merupakan tujuan kelas.
C.   Alokasi waktu pada Kurikulum 1984 adalah per pokok bahasan, sedangkan pada Kurikulum 1994 alokasi waktu ditentukan per kelas.
D.   Ruang lingkup materi yang terdapat pada Kurikulum 1984 terdiri atas 6 komponen sedangkan ruang lingkup materi pada Kurikulum 1994 hanya 4 komponen.

4.   Aspek pembelajaran berikut termuat dalam GBPP, kecuali
A.   tujuan pembelajaran.
B.   materi pembelajaran.
C.   alokasi waktu.
D.   topik pembelajaran.

5.   Fungsi rambu-rambu pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum, bagi guru bahasa Indonesia adalah sebagai
A.   petunjuk tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
B.   pemandu pembelajaran berdasarkan pendekatan tertentu.
C.   pengarah penilaian pembelajaran yang digunakan.
D.   acuan tuntutan perkembangan ilmu yang harus dicapai.

6.   Keterampilan  berbahasa berikut ini yang termasuk aspek penggunaan adalah
A.   menulis dan menyimak.
B.   menulis dan berbicara.
C.   membaca dan berbicara.
D.   membaca dan menulis.

7.   Tujuan khusus pembelajaran berikut ini yang menfokuskan aspek kemampuan membaca adalah
A.   Dapat mengungkapkan kembali dalam bentuk tulis tokoh-tokoh dalam cerpen yang disimaknya.
B.   Dapat meringkas isi bacaan yang disimaknya dalam bentuk bahasa tulis.
C.   Dapat mengungkapkan secara lisan isi cerita yang dibacanya.
D.   Dapat mengartikan kata-kata sulit dari bacaan yang dibacanya.

8.   Butir-butir pembelajaran dalam GBPP merupakan kegiatan minimal yang disarankan, maksudnya
A.   guru boleh menambah butir-butir pembelajaran yang dianggap perlu.
B.   guru boleh mengurangi butir-butir pembelajaran yang dianggap tidak perlu.
C.   guru boleh menambah dan mengurangi butir-butir pembelajaran.
D.   guru tidak boleh mengurangi dan menambah butir-butir pembelajaran.

9.   Bahasa antara lain digunakan untuk menyalurkan sikap atau perasaan, misalnya perasaan sedih, gembira, benci, dan sebagainya. Pemakaian bahasa tersebut berkaitan dengan fungsi
A.   instrumental.
B.   informatif.
C.   personal.
D.   heuristik

10.   “Jika guru ingin mengajarkan keterampilan menulis surat resmi kepada siswa, ia langsung menyuruh siswa untuk membuat surat resmi berdasarkan petunjuk dan contoh surat yang diberikan. Ia tidak memberi bekal kepada siswanya tentang: pengertian surat, ciri surat resmi, dan bentuk surat resmi”. Pembelajaran yang demikian merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang mengikuti prinsip berikut, kecuali
A.   pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan konteks bahasa yang wajar.
B.   pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan prinsip kebermaknaan,
C.   pembelajaran bahasa Indonesia pada dasarnya pembelajaran berkomunikasi.
D.   Pembelajaran bahasa Indonesia dilaku-kan secara integratif.

11.   Pengajaran kebahasaan tidak disajikan secara terpisah, tetapi disajikan dalam pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pengajaran tersebut mengikuti prinsip pendekatan
A.   komunikatif.
B.   integratif.
C.   keterampilan proses.
D.   CBSA.

12.   Seorang guru akan mengajarkan aspek kebahasaan, khususnya tentang diksi dengan tema “kesehatan”. Langkah pertama yang ia lakukan adalah menyuruh siswa mencari kata-kata yang berkaitan dengan kesehatan. Kedua, siswa disuruh mengartikan kata-kata tersebut. Ketiga, siswa disuruh membuat kalimat  dengan kata-kata tersebut. Terakhir, siswa disuruh membuat paragraf secara tertulis dengan salah satu kata sulit tersebut. Prinsip-prinsip pembelajaran berikut ini diterapkan dalam kasus pembelajaran di atas, kecuali
A.   pembelajaran bahasa berdasarkan tema tertentu.
B.   pembelajaran kebahasaan dilakukan secara intergratif.


C.   pembelajaran kebahasaan bertujuan meningkatkan kemampuan menulis.
D.   pembelajaran kebahasaan bertujuan meningkatkan kemampuan berkomuni-kasi.

13.   Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia diantaranya adalah mempertinggi kemampu-an berpikir siswa. Kegiatan pembelajaran berikut ini yang tidak  dapat mempertinggi kemampuan berpikir siswa adalah ...
A.   menghafalkan dialog naskah drama
B.   merangkum isi bacaan yang dibacanya
C.   membuat paragraf berdasarkan diagram
D.   melaporkan hasil pengamatan secara lisan

14.   Pembelajaran bahasa Indonesia berikut ini termasuk aspek pemahaman, kecuali ...
A.   menyimak pidato yang didengarkannya.
B.   membaca cerpen secara nyaring.
C.   mendeklamasikan puisi.
D.   menjawab pertanyaan dari bacaan.

15.   Seorang guru akan mengajarkan keterampilan menulis dengan tema “Lingkungan”. Siswa disuruh menentukan sendiri topik tulisannya berdasarkan tema yang telah ditentukan. Bentuk karangan yang harus ditulis adalah bentuk deskriptif. Sebelum siswa menulis, siswa disuruh membaca contoh karangan deskriptif yang telah dipersiapkan oleh guru, kemudian guru memberikan penjelasan seperlunya hal-hal yang harus diperhatikan siswa dalam menulis. Setelah itu, siswa disuruh menulis, kemudian disuruh menginformasikan tulisannya secara lisan kepada teman-temannya.
        Contoh pembelajaran di atas mengikuti prinsip-prinsip  pembelajaran berikut,  kecuali  
A.   pembelajaran bahasa adalah pembelajar-an berkomunikasi.
B.   pembelajaran bahasa dilakukan secara integratif.
C.   tema merupakan sarana pemadu berbagai aspek pembelajaran.
D.   pembelajaran kebahasaan diintegrasikan dengan pembelajaran lain.

16.   Pembelajaran bahasa Indonesia berikut ini yang termasuk aspek penggunaan adalah ...
A.   membuat paragraf berdasarkan contoh.
B.   mendengarkan informasi dari teman.
C.   menganalisis kalimat yang terdapat dalam bacaan.
D.   menyimpulkan isi teks yang disimak.

17.   Yang dimaksud dengan pembelajaran pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah ...
A.   menyerap informasi lisan atau tulis secara kritis kreatif.
B.   memahami  informasi lisan atau tulis secara individual.
C.   menanggapi informasi lisan atau tulis secara kritis.
D.   menelaah  informasi lisan atau tulis secara kreatif.

18.   Pembelajaran struktur besar manfaatnya bagi pembelajaran pemahaman dan penggunaan, karena ...
A.   setiap pembelajaran bahasa memanfaat-kan struktur sebagai dasarnya.
B.   pembelajaran struktur dapat mengarah-kan siswa untuk mengenal tatabahasa.
C.   fokus pembelajaran struktur adalah latihan menganalisis kalimat.
D.   setiap bahasa pasti memiliki struktur sebagai dasarnya.

19.   Contoh pembelajaran bahasa Indonesia yang menekankan aspek struktur adalah ...
A.   menganalisis fungsi kata tugas dalam teks yang disimak.
B.   menganalisis penulisan huruf besar/kecil dalam teks yang dibaca.
C.   mengklasifikasi jenis kata dalam teks yang disimak.
D.   mengidentifikasi penggunaan tanda baca dalam teks yang dibaca.

20.   Dalam kenyataannya, seorang guru sering mengajarkan bahasa Indonesia dengan proses berikut. Pertama, guru menjelaskan pengertian “frase” diikuti dengan contoh-contohnya. Kedua, guru menyuruh siswa mencari contoh-contoh frase dari teks yang dibacanya. Ketiga. guru menyuruh siswa membuat kalimat dengan frase tersebut secara lisan. Terakhir, guru menyuruh siswa menuliskan kalimat  yang mereka buat dalam buku mereka masing-masing.
               Contoh pembelajaran bahasa Indonesia di atas menekankan pada ...
A.   penguasaan kemampuan berbahasa.
B.   penguasaan tentang bahasa.
C.   kemampuan berkomunikasi tulis.
D.   kemampuan berkomunikasi lisan.

21.   Bahan pembelajaran kosakata yang diintegrasikan dengan pembelajaran pamahaman adalah ...
A.   menentukan arti dan jenis kata dalam teks yang dibaca.
B.   menafsirkan fungsi kata tugas dalam kalimat pada teks yang dibaca.
C.   mengidentifikasi hubungan antarkata dalam kalimat pada teks yang dibaca.
D.   mengidentifikasi hubungan antarklausa dalam kalimat pada teks yang dibaca.

22.   Untuk memperkaya perbendaharaan kosakata siswa, seorang guru menyuruh siswanya menafsirkan makna kata dalam teks yang dibaca dengan menggunakan kamus. Setelah itu, siswa disuruh membuat berbagai variasi kalimat secara tertulis dengan kata yang dicari maknanya tadi.
               Pembelajaran di atas merupakan perwujudan dari ...
A.   pengintegrasian pembelajaran kosakata dengan pembelajaran membaca.
B.   pengintegrasian pembelajaran membaca dengan pembelajaran kosakata.
C.   pengintegrasian pembelajaran kosakata dengan pembelajaran menulis.
D.   pengintegrasian pembelajaran kosakata dengan pembelajaran membaca dan menulis.

23.   Fungsi pembelajaran sastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah ...
A.   memperkenalkan berbagai ragam bahasa kepada siswa.
B.   melatih siswa agar dapat menikmati karya sastra.
C.   melatih siswa agar dapat mengapresiasi karya sastra.
D.   memperkenalkan sastra sebagai wujud kebudayaan Indonesia.

24.   Berdasarkan pendekatan kurikulum SMU 1994, pembelajaran bahasa Indonesia yang menekankan pada aspek kesusastraan adalah ..
A.   menganalisis penggunaan ejaan pada cerpen yang dibaca.
B.   menafsirkan majas yang digunakan dalam cerpen yang diapresiasi.
C.   menentukan jenis kata yang digunakan dalam cerpen yang dibaca.
D.   menafsirkan sumber penyerapan kata yang digunakan dalam cerpen yang dibaca.

25.   Pak Ahmad akan mengajarkan puisi kontemporer kepada siswanya. Sebelum mengajar, siswa disuruh mencari contoh puisi-puisi yang dimuat di majalah/koran yang terbit bulan ini. Setelah di kelas, siswa disuruh membandingkan puisi yang dibaca siswa dengan puisi lama yang sudah disiapkan Pak Ahmad. Siswa disuruh menentukan karakteristik masing-masing puisi tersebut.
               Kegiatan berikut ini  diterapkan dalam kasus pembelajaran di atas, kecuali ...
A.   kegiatan awal pembelajaran.
B.   kegiatan inti pembelajaran.
C.   kegiatan akhir pembelajaran.
D.   kegiatan proses pembelajaran.

26.   Berikut ini merupakan kegiatan yang perlu dirancang di awal pembelajaran kebahasaan, kecuali ...
A.   menjajaki pengetahuan bahasa yang sudah dikuasai siswa.
B.   menjajaki pemanfaatan pengetahuan dalam kegiatan berbahasa yang sudah dikuasai siswa.
C.   menghubungkan materi kebahasaan yang sudah diajarkan dengan materi yang akan diajarkan.
D.   menyebutkan tujuan pembelajaran kebahasaan yang harus dicapai siswa.

27.   Berikut ini merupakan kegiatan akhir pembelajaran yang dirancang dalam model pembelajaran kebahasaan, kecuali ...
A.   guru bersama siswa menyimpulkan jenis imbuhan dan fungsinya dalam penggunaan bahasa.
B.   guru bersama siswa menyimpulkan jenis imbuhan dan fungsinya dalam penggunaan bahasa dari teks yang dibaca siswa.
C.   guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat karangan dengan menggunakan jenis-jenis imbuhan yang baru dipelajarinya.
D.   guru memberikan tugas kepada siswa untuk latihan berdialog dengan meng-gunakan jenis-jenis imbuhan yang baru dipelajarinya.

28.   Kegiatan inti yang dirancang dalam model pembelajaran kebahasaan ialah ...
A.   siswa membuat definisi tentang kata-kata berimbuhan.
B.   siswa menyebutkan jenis-jenis imbuhan dalam bahasa Indonesia.
C.   siswa menjelaskan fungsi imbuhan dalam bahasa Indonesia.
D.   siswa menemukan jenis imbuhan dari teks yang dibacanya.

29.   Fungsi model pembelajaran pemahaman dalam  pembelajaran bahasa Indonesia adalah ...
A.   melatih siswa untuk dapat membaca dan menyimak.
B.   acuan pembelajaran pemahaman di kelas.
C.   tujuan pembelajaran pamahaman yang harus dicapai.
D.   strategi pembelajaran pemahaman di kelas.

30.   Kegiatan awal dalam pembelajaran menyimak dapat berupa ...
A.   Siswa menyimak teks yang diper-dengarkan.
B.   Siswa mendengarkan tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam menyimak.
C.   Siswa mengidentifikasi teks yang disimaknya berdasarkan tugas dari guru.
D.   Siswa mengungkapkan hasil simakannya berdasarkan tugas dari guru.

31.   Tujuan pembelajaran yang berbunyi ”siswa dapat membaca selintas untuk memperoleh pokok-pokok isi informasi yang dibacanya”, kegiatan pembelajarannya dapat berupa ...
A.   membaca skimming.
B.   membaca scanning.
C.   membaca intensif.
D.   membaca kreatif.

32.   Tujuan khusus pembelajaran berikut ini yang sesuai dengan model pembelajaran penggunaan adalah
A.   siswa dapat membuat sinopsis cerpen secara tertulis dari cerpen yang pernah dibacanya di rumah.
B.   siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan dari teks yang dibacanya.
C.   siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerpen yang baru disimaknya.
D.   siswa dapat menyimpulkan isi cerpen yang baru disimaknya.

PETUNJUK:        UNTUK SOAL NOMOR 33  SAMPAI DENGAN  47,   PILIHLAH!
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

33.   Pendidikan menengah diselenggarakan antara lain untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
sebab                 
Jenjang      pendidikan    yang   termasuk jalur pendidikan sekolah terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, seperti yang tercantum dalam Undang Undang nomor 2 tahun 1989 pasal 2 ayat (1).

34.   Kurikulum 1994 merupakan perbaikan dari Kurikulum 1984.
sebab                 
SK Menteri tentang pemberlakuan kurikulum didasari atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990 dan Surat Keputusan Menteri P dan K Nomor 061/u/1993, 25 Februari 1993.

35.   Di dalam pengajaran bahasa, konsep integratif menunjukkan pengertian penyajian materi bahasa secara utuh,  yaitu kesatuan penyajian antara materi pengajaran unsur-unsur bahasa dan keterampilan berbahasa.
sebab                 
Sudut pandang yang digunakan dalam pendekatan integratif ialah kenyataan pemakaian bahasa secara alamiah dalam masyarakat bahasa.

36.   Di dalam GBPP mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Pendidikan Dasar 1994, tujuan khusus pengajaran disajikan dalam komponen kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan.
sebab                 
Salah satu contoh tujuan khusus pengajaran komponen kebahasaan ialah siswa mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, pengalaman, dan pesan untuk berbagai keperluan.

37.   Latar bahasa (konteks) termasuk unsur nonlinguistik yang perlu diperhatikan dalam kegiatan berbahasa.
sebab                 
Latar bahasa mencakup tempat dan waktu berbahasa.

38.   Pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara terpadu.
sebab                 
Tema merupakan sarana pemadu berbagai aspek pembelajaran bahasa.

39.   Pembelajaran kebahasaan seharusnya dipadukan dengan pembelajaran pemahaman dan penggunaan.
sebab                 
Pembelajaran kebahasaan di antaranya mencakup pembelajaran kosakata, struktur, ejaan, dan sebagainya.

40.   Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia ditentukan berdasarkan prinsip pembelajaran bahasa.
sebab                 
Prinsip pembelajaran bahasa adalah pem-belajaran berkomunikasi.

41.   Pembelajaran penggunaan berfungsi sebagai sarana berlatih menggunakan bahasa sesuai dengan konteks sosio-kultural yang nyata.
sebab                 
Pembelajaran bahasa tanpa memperhatikan konteks sosio-kultural yang nyata tidak akan bermakna bagi siswa.

42.   Pembelajaran menulis dan membaca erat kaitannya dengan pembelajaran berbicara dan menulis.
 sebab                
Pembelajaran menyimak dan membaca merupakan dasar untuk bisa berbicara dan menulis.

43.   Pembelajaran pemahaman dan penggunaan sekaligus dapat difungsikan untuk pembelajaran kosakata.
 sebab                
Pembelajaran kosakata bukan sekedar memperkaya perbendaharaan kata, tetapi bertujuan menanamkan penguasaan pemakaian kata dalam berbahasa.

44.   Model pembelajaran kebahasaan berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran kebahasaan di kelas.
sebab                 
Model pembelajaran kebahasaan harus mencerminkan tiga langkah pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran.
45.   Salah satu tujuan khusus pembelajaran yang sesuai dengan butir pembelajaran kebahasaan adalah “siswa dapat menjelaskan fungsi tanda baca titik dalam bahasa Indonesia”.
sebab                 
Ejaan merupakan salah satu aspek pembelajaran kebahasaan di SMU.

46.   Salah satu fokus butir pembelajaran membaca, tujuan khusus pembelajarannya dapat dirumuskan “siswa dapat menyebutkan karakteristik membaca pemahaman”.
sebab                 
Rumusan tujuan “siswa dapat menyebutkan karakteristik membaca pemahaman” mengarah pada penguasaan keterampilan membaca.

47.   Menata gagasan dengan logis dalam berpidato termasuk salah satu aspek pembelajaran penggunaan.
sebab                 
               Pembelajaran penggunaan mengarahkan siswa agar terampil berbahasa, temasuk berpidato.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   48   SAMPAI   75,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
48.   Perbedaan Kurikulum 1994 dengan Kurikulum sebelumnya terletak pada
1)   tujuan pendidikan
2)   jenjang pendidikan
3)   muatan pendidikan

49.   Beberapa kelemahan Kurikulum 1975 ialah
1)   banyak menggunakan istilah yang belum seragam karena sekaligus berlaku dua pandangan = linguistik tradisional dan linguistik struktural
2)   fokus perhatian terletak pada keterampilan berbahasa
3)   pokok bahasan atau materinya lebih banyak mengandung segi pengetahuan bahasa

50.   Hubungan antara tema dengan butir-butir pembelajaran pada GBPP pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 1994 ialah
1)   butir-butir pembelajaran yang ada harus dikaitkan dengan tema yang akan dipelajari
2)   butir-butir pembelajaran merupakan bahan yang disarankan yang sedapat mungkin disesuaikan dengan tema
3)   butir-butir pembelajaran dapat diulang untuk meningkatkan keterampilan berbahasa pada satu tema atau beberapa tema

51.   Yang termasuk perangkat pedoman Kurikulum SMU 1994 adalah
1)   Landasan, Program, dan Pengembangan Kurikulum
2)   Garis-garis Besar Program Pengajaran
3)   Pedoman Pelaksanaan Kurikulum

52.   Program Pengajaran sebagai salah satu perangkat GBPP memuat aspek
1)   tujuan pembelajaran
2)   materi pembelajaran
3)   tema pembelajaran

53.   Tema pembelajaran bahasa Indonesia ber-fungsi sebagai
1)   sarana pemadu berbagai aspek pembelajaran
2)   materi pembelajaran yang harus diajarkan
3)   alat pemersatu kegiatan berbahasa

54.   Unsur luar bahasa (konteks) yang menentukan kegiatan berbahasa adalah
1)   pelaku
2)   tujuan
3)   topik

55.   Pembelajaran bahasa Indonesia berikut ini yang termasuk aspek penggunaan adalah
1)   latihan berdialog
2)   latihan menulis cerpen
3)   latihan membaca indah

56.   Pembelajaran berikut ini yang termasuk aspek penggunaan adalah
1)   menparafrasekan puisi secara tertulis
2)   mendemonstrasikan dialog naskah drama
3)   menulis laporan hasil diskusi

57.   Pembelajaran berikut ini yang termasuk pembelajaran membaca adalah
1)   menata keruntunan gagasan dalam bacaan
2)   mendiskusikan ketepatan isi bacaan dengan judul
3)   menyalin bacaan secara tepat

58.   Perencanaan bahan pembelajaran menyimak dapat dilaksanakan dengan
1)   menjawab pertanyaan detail khusus teks yang disimak
2)   menafsirkan unsur luar teks (non-linguitsik) yang disimak
3)   menentukan tujuan penulisan teks yang disimak

59.   Tujuan pembelajaran berikut ini yang menekankan aspek struktur bahasa adalah
1)   dapat membenarkan struktur kalimat yang salah dalam bacaan
2)   dapat menjelaskan fungsi kata penghubung dalam teks
3)   dapat menganalisis ketepatan pengguna-an tanda baca dalam teks

60.   Materi pembelajaran bahasa Indonesia yang menekankan aspek struktur adalah
1)   diksi dan kalimat
2)   bentukan kata dan frase
3)   klausa dan kalimat

61.   Bahan pembelajaran berikut ini yang termasuk aspek struktur adalah
1)   menganalisis fungsi awalan dan akhiran dalam kalimat
2)   menganalisis fungsi pengulangan kata dalam kalimat
3)   menganalisis fungsi kata depan dalam kalimat

62.   Berikut ini yang termasuk bahan pembelajaran kosakata adalah
1)   kata/istilah
2)   bentukan kata
3)   makna kata

63.   Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yang menekankan aspek kosakata adalah
1)   dapat menentukan makna kata-kata yang terdapat dalam bacaan
2)   dapat mengklasifikasikan jenis kata yang terdapat dalam bacaan
3)   dapat menentukan fungsi kata sambung dalam teks yang dibaca

64.   Contoh pembelajaran kosakata yang berdasarkan pendekatan Kurikulum SMU 1994 adalah
1)   menjelaskan pengertian kata abstrak dan konkret, kemudian siswa disuruh mencari contohnya
2)   menafsirkan makna kata dalam teks yang dibaca dengan menggunakan kamus
3)   mengklasifikasi jenis kata dalam teks yang dibacanya
65.   Berdasarkan Kurikulum SMU 1994,rumusan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yang menekankan aspek kesusasteraan adalah
1)   dapat menganalisis karakter setiap tokoh dalam cerpen yang dibacanya
2)   dapat memparafrasekan puisi yang dibaca dalam bentuk bahasa tulis
3)   dapat mendramatisasikan setiap peran dalam cerpen yang dibacanya

66.   Berdasarkan Kurikulum SMU 1994, materi pembelajaran bahasa Indoensia yang menekankan aspek kesusasteraan dapat berupa
1)   pengertian puisi dan prosa
2)   apresiasi puisi dan prosa
3)   dramatisasi naskah drama

67.   Tujuan khusus pembelajaran yang dirancang dalam model pembelajaran kebahasaan adalah
1)   siswa dapat memahami jenis imbuhan dalam bahasa Indonesia
2)   siswa dapat mengklasifikasi jenis imbuhan dalam teks yang disimak
3)   siswa dapat menjelaskan setiap fungsi imbuhan dalam teks yang dibaca

68.   Jika tema pembelajaranbahasa tentang “Lingkungan”, maka topik-topik pembelajaran yang dianggap sesuai adalah
1)   pembudidayaan tanaman obat di lingkungan keluarga
2)   kebersihan lingkungan sebagian dari iman
3)   Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat

69.   Kegiatan akhir pembelajaran pemahaman dapat berupa guru bersama siswa menyimpulkan
1)   definisi membaca
2)   karakter setiap tokoh cerpen yang dibacanya
3)   tema karangan yang baru dibacanya

70.   Kegiatan inti pembelajaran menyimak dapat dilakukan dengan
1)   siswa mendiskusikan ide pokok setiap paragraf yang disimaknya
2)   siswa mendiskusikan pengertian dan ciri-ciri paragraf
3)   siswa mendiskusikan penanda hubung antarkalimat dalam paragraf yang disimaknya

71.   Rumusan tujuan pembelajaran pemahaman yang tepat adalah
1)   dengan membuka kamus, siswa dapat mengartikan kata-kata sulit dalam teks yang dibacanya
2)   siswa dapat menyalin teks yang dibacanya dengan tulisan yang tepat dan rapi
3)   setelah membaca pertanyaan, siswa dapat menjawabnya berdasarkan teks yang disimaknya

72.   Model pembelajaran penggunaan berfungsi sebagai
1)   landasan pelaksanaan pengajaran untuk mengarahkan siswa agar mampu berbahasa Indonesia baik lisan atau tulis secara wajar
2)   landasan teknik mengajar untuk mengarahkan siswa agar mampu berbahasa Indonesia baik lisan atau tulis secara wajar
3)   landasan pelaksanaan pengajaran untuk mengarahkan siswa agar mampu berbahasa Indonesia baik lisan atau tulis sesuai dengan sosio-kulturalnya

73.   Kegiatan awal yang dirancang dalam model pembelajaran penggunaan adalah
1)   mengarahkan perhatian siswa untuk mempersiapkan diri berlatih berdialog di depan kelas
2)   siswa mencatat kekurangan-kekurangan peragaan dialog yang diperankan oleh temannya
3)   menyuruh siswa mempersiapkan teks yang akan dimanfaatkan untuk berdialog di depan kelas

74.   kegiatan akhir yang dirancang dalam model pembelajaran penggunaan adalah
1)   guru memberikan tugas kepada siswa untuk berlatih menulis resensi di rumah
2)   guru bersama siswa menyimpulkan karakteristik resensi berdasarkan contoh resensi yang dibaca siswa
3)   guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari contoh-contoh resensi yang dimuat dikoran

75.   Kegiatan inti yang dirancang dalam model pembelajaran penggunaan adalah
1)   memperbaiki karangan yang kurang efektif susunan kalimatnya
2)   menyebutkan karakteristik kalimat efektif berdasarkan karangan yang dibacanya
3)   menyusun beberapa kalimat agar menjadi paragraf yang baik

No comments:

Post a Comment